1 ) Dirjen Dikti: pendidikan nasional masih terhambat SDM
http://www.antaranews.com/berita/312859/dirjen-dikti-pendidikan-nasional-masih-terhambat-sdm

Senin, 28 Mei 2012 12:25 WIB
Kupang (ANTARA News) – Pendidikan nasional masih bergelut dengan masalah sumber daya guru dan dosen, selain masalah ketersediaan infrastruktur sarana prasarana serta anggaran dan dukungan nyata dari pemerintah daerah dalam pengembangan kualifikasi sumber daya manusia para pendidik. Keempat hal itu (SDM guru-dosen, infrastruktur, anggaran dan dukungan), merupakan faktor utama penghambat kualifikasi dan mutu pendidikan di Indonesia yang masih harus membutuhkan campur tangan semua pihak untuk mencari solusi dan pemecahan bersama,” kata Wakil Direktur Pendidikan dan Ketenagaan Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Agussusilo Hadi, di Kupang, Senin.Ia mengatakan hal tersebut pada rangkaian kegiatan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Bupati Alor, Manggarai Timur dan Rote Ndao, sebelum Seminar Sehari Pendidikan Kawasan Daerah Perbatasan di Kupang itu digelar.

…dst

2 ) Beasiswa Dosen Berlaku Sama untuk PTN/PTS
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/27/m4oxv8-beasiswa-dosen-berlaku-sama-untuk-ptnpts

Minggu, 27 Mei 2012, 23:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan, pemerintah memberlakukan sama perolehan beasiswa untuk dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) ke luar negeri. “Sekarang dosen Perguruan Tinggi Negeri dan swasta punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan program beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri,” kata Muslim Kasim di Padang, Ahad (28/5). Ia menjelaskan, sepanjang dosen sudah punya tanda atau bukti diterima pada suatu perguruan tinggi di luar negeri, sudah dapat mengusulkan beasiswa ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemerintah akan menanggung semua biaya kuliah dan biaya hidup selama menjalankan pendidikan pada perguruan tinggi yang diinginkan tersebut. Dalam kesempatan itu, Wamendikbud menantang dosen Akademi Kebidanan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang, untuk meraih beasiswa tersebut.

…dst

3 ) Pendaftaran SNM PTN Jalur Ujian Tulis
Antisipasi Protes Manipulasi Nilai Rapor
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128661/Antisipasi-Protes-Manipulasi-Nilai-Rapor-#

Senin, 28 Mei 2012 , 05:45:00
JAKARTA – Hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi ngeri (SNM PTN) jalur undangan telah diumumkan. Saat ini, panitia kosentrasi laporan dugaan adanya permainan pengatrolan nilai rapor yang menjadi penentu kelulusan. Selain itu panitia juga serius mencegah keberadaan joki dan pendaftar ganda dalam SNM PTN 2012. Pendaftar ganda cukup merugikan karena bisa mengacaukan kuota. Sebelum menjelaskan tentang antisipasi protes hasil SNM PTN jalur undangan, anggota Pokja Informasi dan Humas Panitia SNM PTN 2012 Bambang Hermanto melengkapi informasi yang sudah disampaikan terkait pendaftaran SNM PTN jalur ujian tulis. Dihubungi di Jakarta, Minggu (27/5), Bambang menuturkan, tidak semua peserta yang gagal SNM PTN jalur undangan digratiskan ketika akan mendaftar SNM PTN jalur ujian tulis. “Masyarakat harus tahu ini, supaya jangan sampai ada salah pandangan,” kata dia. Bambang menerangkan, penggratisan biaya pendaftaran SNM PTN jalur ujian tulis dikhususkan hanya untuk pendaftar program Bidik Misi yang gagal SNM PTN jalur undangan. Bagi pendaftar Bidik Misi baru yang tidak mengikuti SNM PTN jalur undangan, tetapi langsung ikut SNM PTN jalur ujian tulis, juga digratiskan dari biaya pendaftaran.

…dst

4 ) Cegat Permainan Joki dan Pendaftar Ganda
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128670/Cegat-Permainan-Joki-dan-Pendaftar-Ganda-

Senin, 28 Mei 2012 , 06:36:00
JAKARTA – Pelaksanaan tes SNM PTN jalur ujian tulis masih bulan depan. Tetapi panitia sudah antisipasi penyakit kronis ujian ini. Diantara penyakit kronis SNM PTN jalur ujian tulis adalah praktek perjokian. Selain itu panitia juga menutup kemungkinan terjadi pendaftar ganda. Untuk antisipasi praktek perjokian, Rochmat mengatakan panitia tidak bisa menjelaskan secara vulgar cara-caranya. “Jika kita terangkan saat ini, nanti para joki bisa mencari siasat baru,” kata Sekretaris Umum Panitia SNM PTN 2012 Rochmat Wahab, Minggu (27/5). Untuk itu, Rochmat berupaya meyakinkan masyarakat supaya tidak mencemaskan keberadaan joki. Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat ikut andil dalam kelancaran SNM PTN jalur ujian tulis. Partisipasi yang paling utama, masyarakat diminta tidak tergiur iming-iming joki. Kepada para joki sendiri, dia meminta menyudahi prakteknya. Jika ketahuan, calon mahasiswa yang memanfaatkan praktek joki bisa rugi. Sebab pendaftaran mereka berpeluang besar dianulir. Sementara bagi para joki yang rata-rata mahasiswa tingkat lanjut, hukuman besar siap menanti jika ketahuan. Selain dikeluarkan dari kampus, mereka juga bisa dipidana karena unsur penipuan dan sebagainya.

…dst

5 ) Kriteria Penerima Bidikmisi Jalur Undangan Ditentukan PTN Masing-Masing
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/356

05/27/2012 (All day)
Jakarta — Untuk menjaring penerima bantuan pendidikan Bidikmisi melalui jalur undangan, setiap perguruan tinggi negeri memiliki kriteria masing-masing. Baik dari penilaian akademik melalui rapot, maupun penilaian latar belakang daerah, sekolah, dan alumni. “Semua tergantung PTN nya mau mempertimbangkan kriteria seperti apa,” demikian disampaikan Sekretaris Umum SNMPTN 2012, Rochmat Wahab, di Gedung Kemdikbud, Sabtu (26/05). Meski kriteria penerimaan ditentukan oleh masing-masing PTN, kriteria miskin dan berprestasi tetap harus terpenuhi. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta ini mengimbau bagi siapapun yang mendaftar, sangat diharapkan untuk jujur. “Kalau teridentifikasi ada kecurangan, akan digugurkan, dan bukan hanya akan diketahui di tempat mendaftar, tapi akan terbaca secara nasional,” kata Rochmat. Dan kepada pihak sekolah, penanggung jawab TIK SNMPTN 2012, Tri Yogi, mengingatkan agar tidak ikut melakukan kecurangan dengan memanipulasi nilai siswa. Karena kalau sampai terbukti sekolah berbuat curang, maka sekolah tersebut akan dikenakan sanksi masuk daftar hitam selama dua tahun. “Tidak usah dimanipulasi, kita tidak melihat nilai. Yang dilihat itu rangking,” jelas Rektor Institut Teknologi Sepuluh November ini.

…dst

6 ) Kuota Undangan SNMPTN Tak Terpenuhi-Lakukan Kecurangan, Sekolah Diblokir Dua Tahun
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498461/

Monday, 28 May 2012
JAKARTA– Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengaku kuota lulusan sekolah menengah yang diterima melalui jalur undangan tidak terpenuhi tahun ini. Sekretaris Umum SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, siswa berprestasi yang diterima melalui jalur undangan SNMPTN tahun ini mencapai 53.401 orang atau 22,55%. Padahal, kuota yang diberikan sebanyak 58.329 kursi. Dia mengatakan, kuota yang tidak terpenuhi ini karena tidak semua perguruan tinggi negeri mendapatkan peminat yang sesuai. Selain itu, ada standar nilai sekolah tertentu yang diinginkan PTN, namun tidak semua peserta memilikinya. Menurut dia,bangku kosong yang tersisa dari jalur undangan tidak akan diperjualbelikan, tapi akan diisi untuk jalur tertulis.Setelah pengumuman jalur undangan, rektor masing-masing PTN akan memverifikasi jumlah kuota program studi di kampus yang dipimpinnya.

…dst

7 ) Undip Umumkan Mahasiswa Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/22202773/Undip.Umumkan.Mahasiswa.Jalur.Undangan

Minggu, 27 Mei 2012 | 22:20 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com- Universitas Diponegoro Semarang, Minggu (27/5/2012), mengumumkan nama-nama mahasiswa baru yang diterima melalui jalur undangan. Pengumuman disampaikan lewat internet yakni melalui laman Undip di http://www.undip.ac.id. Ketua Panitia SNMPTN Undip tahun 2012 Prof dr Hertanto Wahyu Subagio MS Sp GK mengimbau agar peserta yang diterima memperhatikan petunjuk registrasi, agar jangan sampai keliru atau salah karena bisa merugikan bagi peserta itu sendiri. Semua tatacara disajikan lengkap di laman undip. “Bagi yang belum diterima jangan terlalu berkecil hati dan patah semangat, masih ada beberapa kesempatan untuk bisa belajar di Undip salah satunya bisa mendaftar melalui jalur Ujian Tulis yang pendaftarannya masih di buka sampai dengan 31 Mei 2012 secara online melalui laman www.snmptn.ac,” ujarnya melalui keterangan pers, Minggu.

…dst

8 ) SNMPTN Jalur Undangan Undip- Peserta Bisa Regristrasi Mulai 1 Juni
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498494/

Monday, 28 May 2012
SEMARANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan di Undip telah diumumkan resmi sejak Sabtu (26/5) lalu. Para peserta yang dinyatakan lolos dapat melakukan registrasi akademik mulai 1–6 Juni 2012. Ketua Panitia SNMPTN Undip Hertanto Wahyu Subagio mengatakan, para peserta masih dapat mengakses pengumuman di www.undip.ac.id. “Pengumuman ini serentak dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia,”katanya, kemarin. Para peserta yang dinyatakan lolos agar memahami petunjuk registrasi yang dipaparkan pada laman yang dimiliki Undip tersebut.

…dst

9 ) 1.526 siswa lulus SNMPTN jalur undangan USU
http://www.antaranews.com/berita/312743/1526-siswa-lulus-snmptn-jalur-undangan-usu

Minggu, 27 Mei 2012 17:17 WIB
Medan (ANTARA News) – Sebanyak 1.526 siswa yang mendaftar program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2012 jalur undangan, dinyatakan lulus diterima di Universitas Sumatera Utara yang akan menempati 47 program studi di perguruan tinggi negeri itu. “Sesuai dengan pengumuman panitia pusat SNMPTN tahun 2012, USU melalui SNMPTN jalur undangan tahun akademik 2012/2013 menerima sebanyak 1.526 orang mahasiswa baru untuk 47 program studi S-1 reguler,” kata Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan, Minggu. Ia mengatakan bagi calon mahasiswa yang telah lulus seleksi tersebut, selanjutnya diwajibkan melakukan pelaporan pada tanggal 12 Juni 2012 pukul 08.00 WIB untuk eksakta dan 13 Juni 2012 pukul 10.30 WIB untuk non eksakta di Gelanggang Mahasiswa Jalan Universitas Kampus USU Medan.

…dst

10 ) Pendaftar SNMPTN di Makassar Capai 15 Ribu Orang
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636618/pendaftar-snmptn-di-makassar-capai-15-ribu-orang

Senin, 28 Mei 2012 10:52 wib
MAKASSAR – Hingga kemarin, peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis yang mendaftar melalui online pada Panitia Lokal (Panlok) 82 Universitas Hasanuddin (Unhas) mencapai 15 ribu orang. Padahal, kuota yang disiapkan untuk 3.500 orang. Pendaftaran SNMPTN yang dimulai sejak 10 Mei 2012 ini akan berakhir 31 Mei. “Bagi yang ingin masuk melalui jalur ini, namun belum memasukkan data secara online agar secepatnya mendaftar. Sebab pendaftaran akan ditutup pada Kamis (31/5) malam mendatang,” kata Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar di Makassar, kemarin. Menurut Dahlan, selain melalui jalur SNMPTN, Unhas juga menyiapkan jalur undangan dan Bidik Misi. Untuk semua jalur, Unhas menyediakan kuota 5.000 atau sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun akademik 2011/2012, tercatat 5.623 mahasiswa baru yang diterima Unhas dari berbagai jalur penerimaan.

…dst

11 ) Tawaran Beasiswa Mengalir dari PTN untuk Novi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636592/tawaran-beasiswa-mengalir-dari-ptn-untuk-novi

Senin, 28 Mei 2012 09:48 wib
SURABAYA – Prestasi Novi Wulandari, siswa SMA Negeri 2 Lamongan, dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini menyita perhatian sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Tak kurang mulai Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hingga Universitas Brawijaya (UB) menawarkan beasiswa kepada peraih nilai UN IPA terbaik kedua nasional ini. Tak hanya menawarkan biaya pendidikan, kampus-kampus ternama itu bahkan siap menanggung biaya hidup Novi selama menempuh kuliah. “Saya sudah ditawari untuk kuliah di UI, UGM, dan UB. Mereka menawarkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah,” kata Novi Wulandari di rumahnya. Novi menuturkan, tawaran dari ITS pun datang melalui gurunya. Tawaran tersebut sangat menggiurkan karena tak sebatas hingga selesai strata-1 (S-1). ITS bahkan siap menanggung biaya pendidikan dan biaya hidup Novi bila mau melanjutkan S-2 di ITS kelak. “Katanya saya bisa meneruskan sampai ke S-2 secara gratis. Biaya hidup juga ditanggung,” ujar Novi.

…dst

12 ) Polisi Selidiki Kasus Manipulasi Nilai di FK Unissula
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/23445021/Polisi.Selidiki.Kasus.Manipulasi.Nilai.di.FK.Unissula.

Minggu, 27 Mei 2012 | 23:44 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan, Minggu (27/5/2012), menyatakan pihaknya akan menelusuri kasus pemalsuan nilai di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (Unisulla) Semarang. Hal tersebut disampaiakannya setelah ada laporan mengenai dugaan tersebut dari pihak universitas. Selain itu, polisi juga akan melakukan verifikasi dari surat kaleng yang diterima terkait modus pemalsuan nilai tersebut. Ia mengaku menerima surat kaleng terkait kasus manipulasi nilai dan ijazah palsu mahasiswa di FK Unissula. Surat kaleng itu, ungkapnya, menginformasikan tentang alur pemalsuan nilai yang dilakukan DH alias Ferry yang tercatat sebagai mahasiswa FK Unissula angkatan 2004. Pada surat tersebut dijelaskan adanya dugaan kasus yang melibatkan pejabat rektorat kampus. Dijelaskan pula modus pelaku dalam menyebarkan jasa perekrutan mahasiswa yang ingin masuk FK namun nilainya tidak memenuhi standar. Selain itu juga diinformasikan adanya jalur belakang untuk masuk di FK dengan biaya hingga ratusan juta rupiah. “Surat itu hanya informasi, benar tidaknya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya Minggu (27/5/2012).

…dst

13 ) Pejabat Rektorat Unissula Bisa Diseret
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498316/

Monday, 28 May 2012
SEMARANG – Kasus ijazah palsu di lingkungan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tak menutup kemungkinan menyeret beberapa pejabat kampus ini. Kapolrestabes Semarang,Kombes Elan Subilan, mengatakan pada kasus yang dilaporkan pada Senin (23/4) lalu, pihaknya sudah menetapkan satu tersangka, Dwi Hartono alias Ferry,mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2004.Ferry telah ditahan sejak 24 Mei lalu.”Kalau dianalogikan sebagai pohon-pohon, tentu kami mencari pohon tertinggi (tersangka utama) dari kasus itu,”katanya ketika ditemui di ruangannya,kemarin.

…dst

14 ) UGM, UI, ITS, ITB Bantu Bangun Mobnas Listrik
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/28/52768/ugm_ui_its_itb_bantu_bangun_mobnas_listrik/#.T8L8OrpA1Ig

28 Mei 2012 00:01 WIB
Purwokerto, (Analisa). Produksi massal mobil nasional tenaga listrik akan disusun bersama pakar mobil listrik dari empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal tersebut dikemukakan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek) Gusti Muhammad Hatta dalam pers rilis dari Tim Staf Khusus Menegristek yang diterima ANTARA di Purwokerto, Sabtu (26/5) pagi. Gusti mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi juga akan mengadakan penelitian yang komprehensif agar mobil listrik tersebut siap digunakan, termasuk bagaimana memroduksi baterai dan infrastruktur pengisian listrik yang mesti tersedia dengan baik. “Infrastruktur stasiun isi ulang baterai harus dibuat. Kalau tidak, bagaimana mobil bisa jalan jauh,” kata Gusti. Menurut menteri, mobil listrik yang diusung menjadi mobil nasional sangat dibutuhkan karena bisa menjadi solusi terhadap permasalahan krisis energi yang dihadapi Indonesia.

…dst

15 ) IPB diminta siapkan ahli silvikultur handal
http://www.antaranews.com/berita/312788/ipb-diminta-siapkan-ahli-silvikultur-handal

Minggu, 27 Mei 2012 23:19 WIB
Bogor (ANTARA News) – Institut Pertanian Bogor diminta semaksimal mungkin untuk mempersiapkan ahli-ahli silvikultur yang handal.”Usulan menanam kembali agar hutan kita lestari, budi daya bagaimana membangun hutan secara `well manage` menjadi tantangan tersendiri bagi para ahli silvikultur,” kata staf pengajar Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB Dr Ir Supriyanto melalui kantor Humas IPB, Minggu. Menurut dia, hutan di Indonesia terbagi pada hutan negara dan hutan rakyat, di mana keduanya membutuhkan ahli silvikultur dimaksud. Ia mengemukakan, mengapa Indonesia perlu banyak tenaga ahli silvikultur, karena tenaga mereka dibutuhkan untuk dapat membangun hutan-hutan di Indonesia dengan manajemen yang baik. Supriyanto memberi contoh bahwa luas hutan negara yang mencapai 130 juta hektare, ternyata 43 juta hektare di antaranya belum terjamah.

…dst

16 ) Empat ISI Ditugasi Membangun ISBI
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/349

05/22/2012
Banjarmasin — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program untuk memperluas tugas Institut Seni Indonesia (ISI) dengan menambahkan fungsi budaya di dalamnya, sehingga namanya menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). “Tahap awal, empat ISI yang ada saat ini akan ditugasi membangun ISBI baru,” ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, saat bertemu dengan seniman dan dinas pendidikan Banjarmasin pada Forum Grup Diskusi di Banjarmasin, Selasa (22/05). Keempat ISI tersebut adalah, ISI Padang Panjang membantu membangun ISBI Aceh; ISI Yogyakarta untuk ISBI Kalimantan; ISI Surakarta untuk ISBI Makassar, Sulawesi Selatan, dan ISI Denpasar untuk ISBI Papua. Adapun tujuan mendirikan ISBI, kata Ibnu, diharapkan menjadi salah satu sarana pengembangan warisan budaya bangsa dan dapat menghasilkan sarjana dan budaya yang peka dan tanggap terhadap masalah sosial, budaya, etika, moral dan akademis. ISBI akan menjawab permasalahan strategis pada penataan SDM seni dan budaya. “Diharapkan ISBI dapat membangun insan-insan Indonesia yang bangga dengan kesenian,” katanya.

…dst

17 ) Kompos Spesial Besutan Civitas Academica ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/372/636220/kompos-spesial-besutan-civitas-academica-its

Minggu, 27 Mei 2012 12:03 wib
JAKARTA – Ampas tembakau dari sebuah perusahaan rokok mencapai enam ton per harinya. Sementara untuk membuang sampah tersebut perusahaan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Padahal, sampah ini dapat menjadi barang berguna jika dimanfaatkan dengan tepat. Civitas academiKa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Mukhammad Muryono menemukan cara untuk dapat mengolah sampah tembakau tersebut menjadi barang baru yang bermanfaat. Muryono pun menyulap ampas tembakau menjadi pupuk kompos spesial. Apa yang menjadikan produk besutan akademisi dari jurusan Biologi ITS ini menjadi istimewa? Jika membuat pupuk kompos biasanya memerlukan waktu berminggu-minggu, maka pupuk kompos ala Muryono bersama timnya hanya memerlukan waktu empat hari. Namun, seakan tidak mau gegabah, dia mengungkapkan akan meneliti kembali kompos buatannya. “Hitung-hitungan dan praktik kan tidak selalu sama,” kata Muryono, seperti dikutip dari ITS Online, Minggu (27/5/2012).

…dst

18 ) Prof Pratikno Dilantik sebagai Rektor UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/10420339/Prof.Pratikno.Dilantik.sebagai.Rektor.UGM

Senin, 28 Mei 2012 | 10:42 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Prof Dr Pratikno resmi dilantik sebagai rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta periode 2012-2017 menggantikan Prof Dr Sudjarwadi, Senin (28/5) di Balai Senat, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebelum dilantik, Pratikno mengucapkan sumpah di hadapan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan para hadirin.Pelantikan dilakukan Ketua Majelis Wali Amanat UGM Sofyan Effendi. Setelah dilantik, Pratikno menandatangani surat pelantikan rektor baru UGM. Pada waktu sama, Sudjarwadi juga menandatangani surat pemberhentian sebagai Rektor UGM periode 2007-2012.

…dst

19 ) Mahasiswa Ditantang Peduli Komunitas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/20102548/Mahasiswa.Ditantang.Peduli.Komunitas

Minggu, 27 Mei 2012 | 20:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Unilever mengadakan sebuah kompetisi Unilever Leadership Actions on Sustainability (ULAS) yang ditujukan bagi mahasiswa untuk membantu mengembangkan ide dan mewujudkannya guna mengatasi berbagai masalah yang terjadi di komunitas lingkungan mereka. Periode kompetisi yang mendapat dukungan penuh dari Unilever Indonesia dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini dimulai sejak 24 Mei 2012 dan akan berakhir pada November 2012. Indrijati Rahayoe, Leadership & Organization Development Manager PT Unilever Indonesia, Tbk, di Jakarta, Minggu (27/5/2012), mengatakan, kompetisi ULAS ini adalah program pilot dari kampanye Sustainability Unilever di sektor akademisi.

…dst

20 ) Bantuan Khusus untuk Sekolah dengan Kelulusan Nol Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/351

05/25/2012
Jakarta — Dari hasil pemetaan nilai UN, diketahui bahwa ada empat sekolah yang memiliki kelulusan nol persen. Total siswa tidak lulus dari keempat sekolah tersebut adalah 41 orang. “Sekolah-sekolah tersebut dua berada di Sumatera Utara, satu di Maluku Utara, dan satu di Sulawesi Tenggara,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh para wartawan di Gedung Kemdikbud, Kamis (24/05). Untuk keempat sekolah tersebut, akan disiapkan intervensi khusus untuk membantunya. Intervensi khusus telah terbukti membantu sekolah yang tahun lalu tidak lulus seratus persen membenahi kualitasnya, dan lulus seratus persen pada tahun ini. “Intervensinya sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi,” tuturnya.

…dst

21 ) Matematika Favorit Siswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636575/matematika-favorit-siswa

Senin, 28 Mei 2012 09:01 wib
SURABAYA – Hasil ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK 2012 menampilkan fakta mengejutkan. Nilai mata pelajaran (Mapel) Matematika jauh lebih tinggi daripada mapel lain termasuk Bahasa Indonesia. Padahal selama ini mapel Matematika kerap menjadi momok bagi para peserta UN. Sesuai data Dindik Jatim, UN SMA IPA yang diikuti 72.680 siswa, diketahui bahwa untuk sebaran distribusi prosentase nilai terbanyak pada mapel Matematika. Dari total 72.680 peserta UN, 52.268 siswa atau 71,92 persen siswa yang mendapatkan rentang nilai 9,00-9,99.

…dst

22 ) Kebebasan Akademik, Kebebasan yang Mencekik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/10480954/Kebebasan.Akademik.Kebebasan.yang.Mencekik

SYAMSUL RIZAL
Senin, 28 Mei 2012 | 10:48 WIB
Tulisan Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia, berjudul “Kebebasan Akademik Itu…” (Kompas, 5/5) perlu dicermati. Saat ini sangat jarang kita temui pendapat yang ideal, bernas, dan penuh pengayaan buat masyarakat, khususnya masyarakat akademik. Pendapat beliau yang sangat mengharukan itu saya kutip kembali. Otonomi universitas akan menumbuhkan budaya akademik yang mengajarkan nilai-nilai ilmu pengetahuan, argumentasi dengan dasar ilmiah dalam setiap pengambilan keputusan. Budaya akademik yang demikian akan melahirkan hubungan kolegial yang egaliter dan sehat atas dasar saling menghormati dan memberdayakan di antara para ilmuwan. Apabila universitas dijadikan bagian dari birokrasi pemerintah, akan tumbuh budaya birokrasi yang lamban, tidak efisien, dan korup. Universitas di Indonesia akan semakin tidak mampu mengejar perkembangan ilmu dan akan kalah bersaing dengan universitas di dunia.

…dst

23 ) Kebebasan Akademik Itu…
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/05/1237102/Kebebasan.Akademik.Itu.

Sabtu, 5 Mei 2012 | 12:37 WIB
Oleh Sulistyowati Irianto
Tahun 2050, penduduk dunia diramalkan mencapai 9 miliar. Manusia akan menghadapi problem sangat kompleks. Mulai dari kekurangan pangan, air bersih, krisis energi, ancaman penyakit, kerusakan hutan, hingga semakin hancurnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Bagaimanakah sikap para ilmuwan Indonesia menghadapi masalah kemanusiaan di masa depan? Mampukah perguruan tinggi di Indonesia melahirkan puncak kreativitas dan inovasi, sejajar dengan perguruan tinggi lain di dunia? Universitas adalah gerakan moral tempat lahirnya produksi dan reproduksi ilmu pengetahuan. Para ilmuwan dengan kapasitas intelektual dan kepeduliannya yang tinggi punya potensi sangat besar untuk ikut mengatasi berbagai persoalan dunia di masa depan. Namun, potensi itu saja tak cukup. Ada hal mendasar yang sangat dibutuhkan, yaitu kebebasan akademik! Inilah landasan moral para ilmuwan untuk bekerja memaksimalkan kemampuan intelektualnya. Jika menghendaki bangsa yang kuat, kebebasan akademik tak boleh dibatasi oleh siapa pun, bahkan harus didukung sepenuhnya oleh negara melalui perangkat hukum.

…dst

24 ) Gigi palsu bermagnet mulai jadi pilihan
http://www.antaranews.com/berita/312617/gigi-palsu-bermagnet-mulai-jadi-pilihan

Sabtu, 26 Mei 2012 14:55 WIB
Pekanbaru (ANTARA News) – Penggunaan gigi palsu bermagnet mulai menjadi pilihan banyak orang di kota besar untuk mengatasi masalah gigi, kata Ketua Ikatan Kedokteran Gigi Estetik Indonesia (IKGEI) Drg. Rudi Wigianto. Dalam seminar “Riau Dental Scientific Expo” di Pekanbaru, Sabtu, Rudi menjelaskan, gigi palsu bermagnet yang ditempatkan pada gusi dengan implan pasak lebih bisa menambah perekatan gigi palsu ke gigi asli yang tersisa dibandingkan teknologi yang ada sebelumnya. “Dengan begitu, pengguna gigi palsu bermagnet tak perlu lagi menggunakan kawat penyangga dan tak perlu takut gigi palsu tak sengaja tertelan saat tidur,” katanya. Menurut praktisi gigi dari Asia Afrika Dental, Fransiska Sisilia, penggunaan gigi palsu bermagnet juga cukup aman. “Gigi palsu bermagnet aman, bahkan radiasi magnetik telepon selular lebih besar dari magnet gigi palsu,” katanya. Rudi menjelaskan, meski teknologi gigi palsu bermagnet sudah berkembang di Eropa sejak tahun 1950-an namun penggunaan jenis gigi palsu tersebut baru diperkenalkan di Indonesia tahun 2011. (F012)

…dst

25 ) Hikmahanto: Soal Grasi Corby, SBY Berpotensi Langgar Sumpah Presiden
http://news.detik.com/read/2012/05/28/033108/1925960/10/hikmahanto-soal-grasi-corby-sby-berpotensi-langgar-sumpah-presiden?n991102605

Senin, 28/05/2012 03:31 WIB
Jakarta, Kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan grasi terhadap terpidana narkoba, Schapelle Corby, berpotensi melanggar sumpah presiden. Sebab salah satu isi sumpah presiden adalah mematuhi segala undang-undang dan peraturan, termasuk konvensi internasional. “Pemberian grasi kepada Corby berpotensi melanggar sumpah presiden untuk menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaanya selurus-lurusnya,” ujar Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (27/5/2012). Hikmahanti menjelaskan sejak tahun 1997, Indonesia telah meratifikasi United Nations Convention Againts Illicit Traffic in Narcotic Drugs and Psychotropic Substances tahun 1988 dengan UU No 7 tahun 1997.

…dst