1 ) Audit Keuangan-Mendikbud Masih Tunggu Laporan BPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/16165777/Mendikbud.Masih.Tunggu.Laporan.BPK

Jumat, 1 Juni 2012 | 16:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengaku telah mendengar kabar tentang hasil audit laporan keuangan Kemendikbud yang berstatus Disclaimer (tidak memberikan pendapat). Akan tetapi, secara tegas ia mengaku belum mendapat laporan resmi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ia juga mengatakan belum diberitahu posisi apa yang menyebabkan status negatif kembali tersemat di kementeriannya. “Kami sudah mendengar kabar dari berbagai sumber, tapi kami belum menerima dokumen hasil audit BPK untuk tahun anggaran 2011/2012,” kata Nuh, Jumat (1/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.
Status disclaimer merupakan peringkat paling buruk dalam rapor audit yang dikeluarkan BPK. Status yang paling baik adalah wajar tanpa pengecualian. Pada tahun 2010 Kemendikbud juga memperoleh status disclaimer.

…dst

2 ) Mendikbud Bantah PTN Penyebab Disclaimer
http://www.jpnn.com/read/2012/06/02/129240/Mendikbud-Bantah-PTN-Penyebab-Disclaimer-

Sabtu, 02 Juni 2012 , 00:28:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membantah jika pengelolaan keuangan perguruan tinggi negeri (PTN) yang sebelumnya berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menjadi penyebab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperoleh opini Disclaimer dari BPK atas hasil audit tahun anggaran 2011. “Saya rasa pengelolaan keuangan 7 BHMN yang saat ini sedang masa transisi ke Badan Layanan Umum (BLU) ataupun PTN murni bukanlah penyebab disclaimer. Karena masa transisi mereka itu sudah sesuai aturan PP No.66 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan,” terang Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/6). Pola sistem keuangan 7 BHMN yang terdiri dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga saat ini dinilai sudah dalam jalur yang benar. “Mereka akan tetap mengikuti pola sistem keuangan di masa transisi ini sampai akhir tahun 2012. Sedangkan tahun pengelolaannya berjalan sampai tahun 2013. Jadi, ya tidak ada yang salah,” jelas Nuh.

…dst

3 ) Kemendikbud Ragukan Audit BPK
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xnhd1-kemendikbud-ragukan-audit-bpk

Jumat, 01 Juni 2012, 16:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meragukan hasil audit BPK yang memberikan opini Disclaimer. Mendikbud Mohammad Nuh yakin pihaknya setidaknya pantas mendapatkan penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP), bahkan bisa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Teman-teman di Kemendikbud siap diuji, baik secara akademik maupun profesional. Setidaknya kami pantas mendapatkan WDP. Bahkan kami optimistis hasil uji tersebut bisa WTP,” kata Nuh usai konferensi pers Hasil UN SMP/MTs Tahun 2012 di Gedung Kemendikbud, Jumat (1/6) sore. Sebelumnya, BPK menetapkan Kemendikbud sebagai satu-satunya kementerian yang mendapatkan opini Disclaimer. Nuh menyatakan pihaknya belum mendapatkan dokumen resmi hasil audit BPK. “Kami sedang melakukan konfirmasi dan klarifikasi untuk menanyakan bagian mana di Kemendikbud yang terkena Disclaimer,” ujar Nuh.

…dst

4 ) Dilarang Mendaftar SNMPTN dengan Foto Jejaring Sosial
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xjmc-dilarang-mendaftar-snmptn-dengan-foto-jejaring-sosial

Jumat, 01 Juni 2012, 15:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur ujian tertulis atau keterampilan tidak diperkenankan menyertakan foto tidak resmi seperti yang biasa digunakan pada jejaring sosial untuk mendaftar ujian. “Panitia Lokal Bandung masih menemukan banyak foto pada kartu tanda bukti pendaftaran SNMPTN 2012 yang tidak sesuai dengan ketentuan telah ditetapkan panitia,” kata Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNMPTN 2012, Weny Widyowati di Bandung, Jumat (1/6). Beberapa kesalahan yang sering dilakukan calon peserta, menurut Weny, adalah menyertakan foto tidak resmi seperti yang digunakan pada jejaring sosial, menggunakan baju tidak berkerah, ukuran foto terlalu kecil, atau letak foto tidak proporsional. “Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan panitia SNMPTN 2012, yaitu foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, raport, atau dokumen resmi lainnya, dan harus berwarna,” jelasnya.

…dst

5 ) Ujian Tulis SNMPTN Makin Diperketat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188218/Ujian-Tulis-SNMPTN-Makin-Diperketat

02 Juni 2012
SEMARANG-Keketatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dengan pilihan Universitas Negeri Semarang (Unnes) terpastikan meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan hal itu di sela-sela rapat koordinasi wilayah II SNMPTN belum lama ini. Rapat diikuti sembilan utusan panitia lokal dan tiga PTN pencetak naskah ujian. Dia mengemukakan, hingga Kamis (31/5) pukul 12.00, jumlah pendaftar 30.537 orang. “Dari jumlah itu, 12.757 pendaftar pada pilihan pertama, 14.359 pilihan kedua, dan 3.421 pilihan ketiga,” katanya. Mereka, lanjut Agus akan memperebutkan 1.668 kursi yang tersedia di Universitas Konservasi itu pada jalur tersebut. Sebagai pembanding, tahun 2011 lalu dengan daya tampung lewat SNMPTN Ujian Tulis 3.153 terdapat 29.119 pendaftar. “Itu dengan perincian pendaftar pilihan pertama 11.957, pilihan kedua 13.697, dan pilihan ketiga 3.465,” katanya.

…dst

6 ) Bidik Misi Dongkrak Peserta SNMPTN Ujian Tulis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499837/

Saturday, 02 June 2012
YOGYAKARTA – Sejak ditutup tepat pukul 24.00 WIB pada 31 Mei 2012, calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis (utul) untuk wilayah Yogyakarta mencapai 36.218 orang. Selanjutnya, calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus diharapkan segera menghubungi panitia lokal penyelenggara SNMPTN di Yogyakarta. “Kami akan berusaha memenuhi fasilitas penunjang ujian bagi calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus. Apalagi dari kepanitiaan SNMPTN pusat tidak menyediakan soal khusus seperti huruf braille. Agar semua berjalan baik, peserta bisa segera menghubungi panitia,”kata Ketua Panitia Lokal SNMPTN Yogyakarta Budi Widyobroto kemarin. Ditemui di kantornya, Budi mengaku hingga saat ini telah ada 12 calon mahasiswa di kelas IPA yang menyatakan diri memiliki kebutuhan khusus. Pihaknya akan mengklarifikasi sebelum ujian dilaksanakan pada 12–13 Juni 2012. “Akan kami pastikan dulu karena beberapa hari lalu saja sudah ada dua calon mahasiswa yang menyatakan berkebutuhan khusus,tapi ternyata normal. Bagi tunanetra, solusinya tentu soal akan dibacakan petugas yang kami sediakan,”ucapnya.

…dst

7 ) Pendidikan Pancasila Harus Digiatkan Lagi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/01/129217/Pendidikan-Pancasila-Harus-Digiatkan-Lagi-

Jum’at, 01 Juni 2012 , 18:07:00
JAKARTA – Wakil Presiden RI, Boediono, mengatakan hari lahirnya Pancasila 1 Juni hendaknya dijadikan momentum untuk menghilangkan egoisme diri dan kelompok demi satu tujuan yakni menegakkan Bhineka Tunggal Ika. Dia mengatakan, egoisme hanya menyingkirkan kebhinekaan yang sudah terpelihara selama ini oleh bangsa Indonesia. “Kita juga harus menolak egoisme, baik itu dalam agama, suku dan etnis. Ke depan kita harus melawan egoisme itu,” ujar Boediono saat peringatan hari lahirnya Pancasila di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (1/6). Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menambahkan, peringatan lahirnya Pancasila itu juga hendaknya dijadikan momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan evaluasi kondisi negeri sekarang ini. Dia menilai, pentingnya bangsa Indonesia mengingat kembali sejarah pemikiran dan gagasan para pendiri bangsa terdahulu. “Peringatan hari Pancasila menjadi momentum untuk mengevaluasi keadaan bangsa sekarang ini,” tegas Boediono.

…dst

8 ) Mahasiswa Undip Tolak Penerapan Tarif Tunggal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xp6q-mahasiswa-undip-tolak-penerapan-tarif-tunggal

Jumat, 01 Juni 2012, 17:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG–Ratusan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, Jumat menggelar unjuk rasa menolak penerapan tarif tunggal atau satu komponen biaya perkuliahan yang akan diterapkan di perguruan tinggi. Para mahasiswa dari berbagai fakultas itu melakukan “long march” dari Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Undip menuju Rektorat untuk menyampaikan sikap penolakannya terhadap rencana penerapan tarif tunggal di perguruan tinggi. Menurut Zulfikar, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip yang mengikuti aksi tersebut, penerapan tarif tunggal itu pada akhirnya justru akan merugikan mahasiswa karena membuat biaya kuliah kian mahal. “Sistem pembayaran sekarang ini, mahasiswa memang dibebani biaya seperti sumbangan pengembangan institusi (SPI), praktikum, responsi dan kegiatan Pendukung (PRKP) yang biasanya dibayar di depan,” kata mahasiswa angkatan 2007 itu. Setelah itu, kata dia, mahasiswa masih dibebani sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) setiap semester, namun besarannya relatif kecil sehingga tidak memberatkan mahasiswa dalam memenuhi komponen pembayaran tersebut.

…dst

9 ) Uang Kuliah Capai Tujuh Juta per Semester, Mahasiswa Undip Demo
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/01/m4xpwe-uang-kuliah-capai-tujuh-juta-per-semester-mahasiswa-undip-demo

Jumat, 01 Juni 2012, 17:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Penerapan sistem uang kuliah tunggal Universitas Diponegoro (Undip) mendapat penolakan dari mahasiswa. Pasalnya, dengan sistem tersebut, uang kuliah bisa mencapai Rp 7 juta per semester.Merasa keberatan, ratusan mahasiswa Undip menggelar aksi penolakan tersebut di depan gedung Widya Puraya Rektorat pada Jumat (1/6).Orator demo Zulfikar Mufti (23 tahun) mengatakan, tarif tunggal akan sangat memberatkan mahasiswa. Perbedaan tarif tunggal dengan yang berlaku saat ini adalah pembayaran di muka dan biaya per semester. “Saat ini uang pembangunan dibayar di muka, sedangkan jika tarif tunggal berlaku akan dibagi rata per semester,” ujar mahasiswa FISIP tersebut. Dampaknya, uang per semester pun akan besar. Zulfikar mengatakan, jika dihitung maka besarnya uang kuliah untuk FISIP dapat mencapai Rp 4 juta per semester. Bahkan Fakultas Hukum bisa mencapai Rp 7 juta per semester. Rektor Undip Sudharto mengatakan sepakat dengan penolakan mahasiswa.

…dst

10 ) Tim 7 Summit Tiba di Tanah Air
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323591/293/14/Tim-7-Summit-Tiba-di-Tanah-Air-

Sabtu, 02 Juni 2012 05:38 WIB
JAKARTA–MICOM: Tim 7 Summit Expedition 2010-2012 Indonesia tiba di Tanah Air, Jumat (1/6) setelah dalam ekspedisi terakhirnya berhasil mendaki dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi dunia Everest (8.848 mdpl). “Semua ini bisa berhasil sekarang karena kerja sama yang tim yang luar biasa. Tim yang terdiri dari orang-orang yang tidak mempunyai pamrih. Mereka ingin menjadi 7 summiter dan mengibarkan merah putih dan bendera Wanadri di puncak-puncak dunia,” kata Ketua Harian Tim 7 Summit Yoppi Rikson Saragih. Tim 7 Summits Expedition 2010-2012 berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Everest pada tanggal 19 Mei 2012 pukul 07.49 waktu Tibet-China. Pendakian tersebut dilakukan oleh empat pendaki yang dibagi menjadi dua tim yaitu Tim Utara dan Tim Selatan.

…dst

11 ) ANGKLUNG
“I Have a Dream” Pecahkan Rekor Dunia
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/02/02311027/i.have.a.dream..pecahkan..rekor.dunia.

Sabtu, 02 Juni 2012
SELAT MALAKA, KOMPAS – Setidaknya 500 orang memecahkan rekor dunia dengan bermain angklung di atas kapal pesiar Voyager of the Seas yang tengah melintasi Selat Malaka, Jumat (1/6). Rekor itu diberikan setelah memainkan lagu “I Have a Dream” yang dipopulerkan grup musik ABBA dan Westlife. Pemecahan rekor yang dilangsungkan pada pukul 13.00 waktu setempat di Auditorium La Scala itu dilakukan oleh peserta tur yang diboyong PT Pazia Pillar Mercycom. Kapal pesiar berbobot mati 140.000 ton itu tengah berlayar melintasi Selat Malaka dari Thailand ke Singapura. Pergelaran angklung dipimpin Mugi Pangestu, pengajar angklung di Jaya Suprana School of Performing Arts. Rekor yang dipecahkan adalah pergelaran angklung dengan peserta terbanyak yang dilakukan di atas kapal pesiar yang berlayar. “Korporasi swasta memang harus menunjukkan dukungannya terhadap pelestarian budaya Indonesia,” kata Jaya Suprana dari Museum Rekor Dunia Indonesia. Jaya mengharapkan aset budaya dari Indonesia terus diperkenalkan kepada dunia, tetapi jangan sampai malah dilupakan di dalam negeri. Saat ini beberapa negara mulai gencar mempelajari angklung, mulai dari China, Korea, hingga Amerika Serikat. Beberapa jam sebelum pertunjukan, panitia sempat memainkan angklung di dek kapal yang berdekatan dengan kolam renang. Permainan itu mengundang wisatawan asing untuk mendekat, bertanya, hingga ikut mencobanya.

…dst

12 ) Mahasiswa IPB Ciptakan Kebab Buah
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323609/293/14/Mahasiswa-IPB-Ciptakan-Kebab-Buah-

Sabtu, 02 Juni 2012 07:05 WIB
BOGOR–MICOM: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor memperkenalkan kebab buah (Si Babah) sebagai sebuah kampanye mencintai buah lokal Indonesia. “Kebab buah ini adalah hasil Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan IPB dengan bahan baku buah lokal,” kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti MSi di Bogor, Jumat (1/6). Ia menjelaskan, dalam sebuah pameran di Jakarta, yang juga dihadiri Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Dr Illah Sailah, gerai Si Babah yang ditampilkan banyak pengunjung yang tertarik dengan atraksi pembuatan kebab buah itu. Menurut dia, mahasiswa IPB juga melakukan kampanye buah lokal di Jakarta yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB. “Kampanye itu bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah lokal,” katanya. Menurut dia, antusiasme masyarakat terhadap kampanye ini cukup tinggi terbukti dengan partisipasi pengguna jalan yang peduli dengan buah lokal tengah membubuhkan tanda tangan serta pernyataan pada kain putih yang telah disediakan.

…dst

13 ) UGM Kembangkan Es Krim Herbal
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323583/293/14/UGM-Kembangkan-Es-Krim-Herbal

Sabtu, 02 Juni 2012 03:39 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan es krim herbal yang dibuat dari bahan nabati dan jamu-jamuan, seperti jahe, temulawak, kunyit, dan kencur. “Es krim yang diberi label Herbatic (Herbal Nabati Ice Cream) itu dibuat dengan mengombinasikan sari kacang merah dan jamu-jamuan,” kata salah seorang mahasiswa Elok Pawening Maharani di Yogyakarta, Jumat (1/6). Menurut dia, pemilihan bahan nabati dan jamu-jamuan sebagai bahan baku berawal dari keprihatinan mereka terhadap rendahnya minat masyakat Indonesia untuk mengonsumsi jamu.  “Jamu merupakan minuman menyehatkan, tetapi tidak praktis dan kurang diminati masyarakat. Untuk itu, kami mencoba berinovasi mengemas jamu dalam bentuk yang lebih menarik, yakni es krim,” katanya. Ia mengatakan bahwa es krim Herbatic bersifat menyehatkan karena dalam jahe, temulawak, kunyit, dan kencur mengandung zat aktif minyak atsiri, zingerone, antimikrobia, antioksidan, polifenol, curcumin, shogaol, geraniol, dan alkaloid.

…dst

14 ) UNS Mengembangkan Dua Model Mobil Listrik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188219/UNS-Mengembangkan-Dua-Model-Mobil-Listrik

02 Juni 2012
SOLO- Sesuai dengan roadmap mobil listrik sebagai mobil nasional, pemerintah akan memproduksi mobil listrik 10.000 unit per tahun. Produksi secara massal mulai dilakukan pada 2018 dan prototipe mobil listrik akan siap pada 2014. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS menjelaskan, hal itu sesuai dengan permintaan presiden. Berdasarkan roadmap riset prototipe, pada tahun 2013 terpasang platform chassis drivetrain untuk tiga unit. Pada 2014, prototipe P1 mobil sudah jadi. Setahun kemudian membuat prototipe P2 evaluasi metode produksi. Lalu 2016 mempersiapkan produksi dan promosi. “Kami optimistis hal ini akan terwujud. Pemerintah menggandeng universitas sebagai periset dan pihak industri,” kata Ravik, Senin (28/5). Ravik akhir pekan kemarin mengikuti paparan mobil listrik di hadapan presiden bersama rektor empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

…dst

15 ) Tingkatkan Vokasi, Undip Gandeng Universitas Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639622/tingkatkan-vokasi-undip-gandeng-universitas-jepang

Jum’at, 01 Juni 2012 16:05 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggandeng Akashi National College of Technology (ANCT) Jepang dalam pendidikan vokasi. Nota kesepahaman itu meliputi komitmen kerjasama dalam pertukaran staf fakultas dan peneliti, pertukaran mahasiswa, kegiatan penelitian bersama (joint research), pertukaran materi akademik, serta publikasi dan informasi lainnya. Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor Undip Sudharto P Hadi dengan President ANCT Jun Kyokane.Dalam sambutannya, Sudharto mengemukakan, sebagai universitas negeri, Undip juga memiliki program vokasi, contohnya program profesi. “Untuk menunjang Visi Undip menjadi universitas riset pada 2020, maka kami mengembangkan kurikulum program kerjasama seperti pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama dengan beberapa perguruan tinggi baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar Sudharto, seperti dilansir dari situs Undip, Jumat (1/6/2012).

…dst

16 ) Universitas Malaysia Belajar Pengelolaan Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639626/universitas-malaysia-belajar-pengelolaan-unpad

Jum’at, 01 Juni 2012 17:03 wib
JAKARTA – Untuk memperkaya ilmu pengetahuan, kita dapat mempelajarinya dari berbagai cara. Mulai dari sumber di Tanah Air hingga berguru ke luar negeri. Hal ini pula yang mendasari Universiti Malaysia Terengganu (UMT) menyambangi Universitas Padjadjaran (Unpad). Kedatangan ini dengan maksud untuk meningkatkan kinerja para pegawai UMT.Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai khususnya dalam bidang sarana dan prasarana, 19 pegawai bagian technical mengunjungi Unpad. “Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengenalan sejauh mana Unpad mengelola kampusnya,” ujar Ketua bagian technical UMT Mohd Zahanafi bin Hassan, seperti dinukil dari laman Unpad, Jumat (1/6/2012).

…dst

17 ) Mahasiswa Udinus Jadi Duta Google
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188222/Mahasiswa-Udinus-Jadi-Duta-Google

02 Juni 2012
SEMARANG-Empat mahasiswa Prodi Teknik Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi Google Ambasador atau Duta Google untuk wilayah Indonesia. Bersama 120 mahasiswa di negara-negara Asia Tenggara mereka akan mengikuti pertemuan selama tiga hari di Singapura pertengahan Juli mendatang. Putranto Adhi Nugroho, mengungkapkan awal proses seleksi tahap pertama dilakukan terbuka secara online pada bulan Maret. Setiap peserta diminta mengisi formulir terdiri dari pengalaman organisasi, biodata, esai ringkas tentang kegiatan bidang teknologi informasi dalam bahasa Inggris. Dua minggu kemudian usai pengumuman lolos tahap pertama, peserta diminta mengisi administrasi, seperti paspor dan pernyataan keiikutsertaan. Sebanyak 33 mahasiswa di Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia diumumkan lolos pada 18 Mei lalu. “Kita tidak menyangka bisa lolos padahal saat itu belum punya paspor. Akhirnya panitia memberi waktu dua minggu untuk mengurusnya,” ujarnya, Kamis (31/5), di Kampus Udinus.

…dst

18 ) Ilmuwan Jepang akan teliti gempa di Palu
http://www.antaranews.com/berita/313748/ilmuwan-jepang-akan-teliti-gempa-di-palu

Jumat, 1 Juni 2012 23:53 WIB
Palu (ANTARA News) – Tiga ilmuwan asal Jepang akan meneliti gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah, sekaligus memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan masyarakat setempat. Ketiga ilmuwan itu adalah Junji Kiyono dari Universitas Kyoto, serta Yusuke Ono dan Tatsuya Noguchi dari Universitas Tottori, kata Junji Kiyono mengatakan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam seminar ilmiah “Observasi Gempa dan Mitigasi Bencana Alam” yang dilaksanakan di Universitas Tadulako Palu, Jumat. Junji Kiyono membandingkan gempa bumi yang terjadi di Aceh pada 2004 dan gempa di Jepang pada 2011. Menurutnya, gempa bumi yang menyebabkan tsunami di Aceh dan di Jepang ada persamaan, yakni gelombang air laut naik secara perlahan dan sekitar 10 detik kemudian kecepatan air akan meningkat. Dia mengaku tertarik melakukan penelitian di Palu karena wilayah ini mirip dengan kondisi geografis di Jepang.

…dst

Lain-Lain
19 ) SUAP CEK PERJALANAN
Misteri Tanggal 8 Juni 2004
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/02/05575157/Misteri.Tanggal.8.Juni.2004

Sabtu, 2 Juni 2012 | 05:57 WIB
KOMPAS.com – Banyak hal terjadi pada 8 Juni 2004. Salah satunya Pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Setelah pemilihan itu, terkuaklah skandal korupsi yang menyisakan misteri hingga kini.
Pada tanggal itu juga, perusahaan perkebunan PT First Mujur Plantation and Industry mengajukan kredit ke Bank Artha Graha untuk membeli lahan perkebunan sawit di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Apa hubungan Pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) dengan pembelian lahan perkebunan sawit oleh PT First Mujur Plantation and Industry? Dua peristiwa ini seperti sengaja dibuat “berkabut”. Dalam sidang kasus suap Pemilihan DGS BI dengan terdakwa Nunun Nurbaeti, saksi-saksi yang dihadirkan mengungkapkan kaitan kedua peristiwa itu.

…dst

20 ) RI Usulkan Kartu Perjalanan Bagi Relawan Bencana
http://internasional.kompas.com/read/2012/06/02/05302445/RI.Usulkan.Kartu.Perjalanan.Bagi.Relawan.Bencana

Sabtu, 2 Juni 2012 | 05:30 WIB
LONDON, KOMPAS.com – Delegasi Indonesia pada SOM II APEC di Kota Kazan, Rusia menyampaikan usulan awal tentang perlunya kartu perjalanan bagi relawan yang mengurusi bencana. “Konsep tersebut langsung disambut positif sejumlah besar ekonomi APEC yang hadir pada pertemuan Emergency Preparedness Working Group APEC,” ujar Koordinator Fungsi Pensosbud dan Pendidikan KBRI Moskow, M. Aji Surya kepada ANTARA London, Jumat (1/6/2012). Setelah pada SOM I APEC di Moskow Indonesia menggagaskan Blue Economy, kini delegasi RI maju selangkah lagi dengan konsep kartu perjalanan bagi personel bencana yang berasal dari ekonomi APEC. Mereka yang terlibat dalam kegiatan bantuan penanganan bencana diharapkan tidak terkendala oleh masalah kelengkapan dokumen perjalanan sehingga ketika bencana terjadi di salah satu negara APEC akan dengan cepat dibantu oleh negara lainnya.

…dst

21 ) Kasus Bunuh Diri di Indonesia Memprihatinkan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323573/293/14/Kasus-Bunuh-Diri-di-Indonesia-Memprihatinkan

Sabtu, 02 Juni 2012 03:11 WIB
SLEMAN–MICOM: Kasus bunuh diri di Indonesia belakangan ini dinilai cukup memprihatinkan karena angkanya cenderung meningkat sehingga perlu mendapat perhatian serius pemerintah. “Kasus bunuh diri menempati satu dari 10 penyebab kematian di setiap negara,” kata Ketua Lembaga Kajian dan Pencegahan Bunuh Diri (LKPBD) Kunang-kunang Al Qodir Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Wiranata Adi, di Sleman, Jumat (1/6). Menurut dia, bunuh diri merupakan satu dari tiga penyebab utama kematian pada kelompok umur 15 hingga 44 tahun dan nomor dua untuk kelompok 10 hingga 24 tahun. Ia mengatakan, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia pada 2010 melaporkan angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6 hingga 1,8 per 100 ribu jiwa. “Angka itu bisa jadi masih lebih besar lagi mengingat fenomena bunuh adalah ibarat gunung es, yang tampak hanya puncaknya sementara yang tertutup dan ditutupi sesungguhnya lebih besar lagi,” katanya.

…dst

22 ) Sudah 161 Butir Kristal Keluar dari Air Mata Tina
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/01/058407602/Sudah-161-Butir-Kristal-Keluar-dari-Air-Mata-Tina

Jum”at, 01 Juni 2012 | 08:21 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Gadis dengan air mata kristal, Tina Agustina, 19 tahun, sudah mengeluarkan lebih dari 161 butir air mata kristal sejak 23 Mei 2012. Sepanjang 2011 saja, dari air matanya sudah keluar 72 butir batu. “Bentuknya keras. Pernah coba dipecahkan dengan gelas, tapi melesat,” kata Tina di Bandung, Kamis, 31 Mei 2012. Kemarin, gadis asal Sumedang itu memeriksakan diri ke RS Mata Cicendo Bandung.
Menurut Tina, batu itu keluar dari kelopak mata kiri dan kanan di bagian bawah. Air mata kristal itu harus dikeluarkan. “Kalau tidak, batunya membesar,” kata warga Desa Cisalak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang itu. Air mata kristal itu, ujarnya, mulai keluar sejak September 2011. Dulu warnanya hitam. Mulai 23 Mei 2012, kristal itu berwarna bening. Dari tayangan rekaman video dan foto, besarnya batu itu seukuran butir kacang hijau. Namun ada pula yang terlihat bentuknya seperti sudah diasah. “Kalau ada orang yang percaya, terserah saja,” kata lulusan SMP pada 2007 lalu itu.

…dst

23 ) Korban Sukhoi Superjet Terima Asuransi Lebih Dari 1 M
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/02/m4yqay-korban-sukhoi-superjet-terima-asuransi-lebih-dari-1-m

Saturday, 02 June 2012, 06:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap keluarga korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 akan menerima pembayaran asuransi sebesar Rp 1,25 miliar. Kepastian tersebut diperoleh dalam pernyataan resmi pimpinan perusahaan penerbangan Sukhoi melalui siaran pers Kedutaan Besar Rusia, Jumat (1/6).

…dst