1 ) Innalillahi Wainna Ilaihi Raji’un
Prof. Istiantoro, Direktur Jakarta Eye Center, Berpulang
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/09/03014179/prof.istiantoro.direktur.jakarta.eye.center..berpulang

09 Juni 2012
Jakarta, Kompas – Presiden Direktur Jakarta Eye Center Prof dr Istiantoro Sukardi, SpM(K) berpulang, Jumat (8/6) pukul 03.50, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Ia menderita kanker prostat stadium lanjut. Almarhum dikenal memajukan bedah katarak di Indonesia. Semasa hidupnya, almarhum pernah menjadi Kepala Departemen Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RS Cipto Mangunkusumo (1991-1997) serta pengajar dan dosen Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM (1972-2007) hingga diangkat menjadi guru besar tahun 2006. Pria kelahiran Ponorogo, Jatim, 15 Oktober 1941, itu meninggalkan dua anak dan empat cucu. Almarhum dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jumat siang. Sebelumnya, jenazah disemayamkan di FKUI dan di rumahnya di Jalan Ciniru I/17, Kebayoran Baru. Almarhum salah satu penasihat Gerakan Mata Hati, kegiatan nirlaba yang membudayakan penyadaran kesehatan dan serangkaian pengobatan. Sekretaris Perusahaan PT Nitra Sanatadharma, Muharyanto, mengatakan sudah lama almarhum menderita kanker prostat. Muharyanto mengenang almarhum sebagai dokter yang visioner dan mengikuti perkembangan ilmu bedah mata. Atas dedikasinya di bidang kesehatan mata, almarhum mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri, termasuk The Asia Pacific Association of Cataract and Refractive Surgeons Award (2004). (ADH)

>>>>

2 ) Lembaga Akreditasi PT Dibentuk di Sejumlah Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/130006/Lembaga-Akreditasi-PT-Dibentuk-di-Sejumlah-Daerah-

Jum’at, 08 Juni 2012 , 19:46:00
JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengembangkan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) ke beberapa daerah untuk menangani proses akreditasi Perguruan Tinggi (PT) yang ada di wilayah tersebut. Pasalnya, Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang sudah ada saat ini dinilai tidak sanggup melayani proses akreditasi program studi yang jumlahnya mencapai 6.000 prodi. “Mengenai keberadaan LAM ini, merupakan kebutuhan yang mendesak untuk mendukung BAN-PT dalam melakukan proses akreditasi di lingkungan perguruan tinggi,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/6). Nuh menjelaskan, pendirian LAM tersebut akan diatur ke dalam Rancangan UU Perguruan Tinggi (RUU PT) yang saat ini tengah dibahas di DPR, khususnya pada bab penjaminan mutu pendidikan.”Kalau semua akreditasi prodi dilakukan oleh BAN-PT pasti akab berat sekali. Karena butuh energi yang luar biasa. Maka itu, LAM yang disebar di berbagai daerah, yang nantinya akan melakukan akreditasi pada PT di wilayah tersebut ,” jelasnya.

…dst

3 ) Jurnal Ilmiah
PTN Terbitkan Jurnal Ilmiah Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/22092689/PTN.Terbitkan.Jurnal.Ilmiah.Internasional

Jumat, 8 Juni 2012 | 22:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Guna mengembangkan kualitas penelitian dan karya ilmiah kalangan perguruan tinggi di Indonesia, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau MRPTNI akan membuat jurnal ilmiah berkelas internasional. Pada Juli ini rencananya akan diluncurkan tiga jurnal, masing-masing bidang sosial, sains dan teknologi, serta kesehatan. Ketua Majelis Rektor MRPTNI Idrus Paturusi mengemukakan, penerbitan jurnal internasional dibutuhkan karena peneliti Indonesia kesulitan memublikasikan tulisan di jurnal ilmiah internasional di luar negeri. “Persiapan untuk penerbitan jurnal internasional sudah mulai dilakukan. Kami menggandeng profesor dan doktor yang ahli di bidangnya,” kata Rektor Universitas Hasanuddin Makassar ini. Menurut Idrus, para rektor akan membahas lebih lanjut penerbitan jurnal ilmiah internasional ini pada 18 Juni. Pembuatan jurnal ilmiah internasional di dalam negeri, kata Idrus, karena peneliti Indonesia kesulitan untuk menembus jurnal ilmiah internasional. Akibatnya, para peneliti, yang utamanya dosen, asal-asalan saja mengejar jurnal ilmiah internasional di luar negeri. “Padahal kualitasnya terkadang bukan jurnal internasional,” kata Idrus.

…dst

4 ) Mendikbud: RUU PT Tak Melawan Kebebasan Akademik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/14481027/Mendikbud.RUU.PT.Tak.Melawan.Kebebasan.Akademik

Jumat, 8 Juni 2012 | 14:48 WIB
AKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, ditundanya pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) oleh DPR disebabkan karena Kemendikbud menilai diperlukan penyempurnaan draft RUU-PT. Ia juga menolak anggapan sebagian pihak yang menolah RUU PT dengan alasan melawan kebebasan akademik. Nuh menjelaskan, landasan awal dari RUU-PT adalah membuka secara luas kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik. “Apa iya RUU-PT mengekang kebebasan akademik? Saya rasa justru sebaliknya,” kata Nuh, Jumat (8/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Dijelaskan Nuh, kebebasan akademik bisa dilihat dari diberikannya kewenangan penuh pada perguruan tinggi untuk mengembangkan akademik keilmuan di segala bidang sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Selain itu, setiap perguruan tinggi (negeri) juga diberikan keleluasaan untuk memilih jenis tata kalola keuangannya, otonom, atau semi otonom.

…dst

5 ) Perguruan Tinggi Dukung Antiplagiarisme
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/2150076/Perguruan.Tinggi.Dukung.Antiplagiarisme.

Jumat, 8 Juni 2012 | 21:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perguruan tinggi negeri dan swasta mendukung berbagai upaya internal kampus dan pemerintah untuk melawan plagiarisme. Ajakan untuk menindak tegas pelaku dan meng-online-kan karya ilmiah terus didorong. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Idrus Paturusi mengatakan, setiap kampus perlu mengembangkan sistem sendiri untuk memerangi plagiarisme, baik untuk kalangan mahasiswa dan dosen. “Dorongan untuk memublikasikan karya ilmiah mahasiswa S1-S3 secara online mesti ditingkatkan. Jika publikasi ilmiah di tiap kampus dilakukan secara terbuka, pelacakan atas plagiarisme bisa lebih mudah,” kara Rektor Universitas Hasanuddin Makassar itu, Jumat (8/6/2012). Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid mengatakan, dalam setiap kesempatan APTSI mendorong semua PTS untuk bersikap tegas terhadap pelaku plagiarisme. Ajakan untuk meng-online-kan skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa di tiap kampus terus dilakukan.

…dst

6 ) Perguruan Tinggi Lawan Plagiarisme
Minat Memublikasikan Masih Rendah
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/09/0300382/perguruan.tinggi.lawan.plagiarisme.

09 Juni 2012
Jakarta, kompas – Perguruan tinggi negeri dan swasta mendukung sejumlah upaya internal kampus dan pemerintah untuk melawan plagiarisme. Ajakan untuk menindak tegas pelaku dan meng-online-kan karya ilmiah terus didorong. Idrus Paturusi, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), yang dihubungi dari Jakarta, Jumat (8/6), mengatakan, tiap perguruan tinggi perlu mengembangkan sistem sendiri untuk memerangi plagiarisme, baik untuk kalangan mahasiswa maupun dosen. Dalam pembuatan tugas akhir, misalnya, dosen pembimbing mesti cermat dalam memeriksa karya ilmiah mahasiswa yang dibimbingnya. “Di kalangan dosen pun, plagiarisme tetap bisa terjadi. Kampus harus bertindak tegas terhadap dosen seperti ini,” kata Idrus. Menurut dia, dorongan untuk memublikasikan karya ilmiah mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 secara online mesti didorong. Jika publikasi ilmiah di tiap kampus dilakukan secara terbuka, pelacakan atas plagiarisme bisa lebih mudah dilakukan. Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid mengatakan, dalam tiap kesempatan, APTSI mendorong semua PTS agar bersikap tegas kepada pelaku plagiarisme. Ajakan untuk meng-online-kan skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa di tiap kampus terus dilakukan.

…dst

7 ) Jangan Remehkan Hal-Hal Sepele
Naskah Soal Tiba di Panlok H-2 sampai H-1
http://www.jpnn.com/read/2012/06/09/130049/Jangan-Remehkan-Hal-Hal-Sepele-

Sabtu, 09 Juni 2012 , 07:46:00
JAKARTA – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis bakal dihelat awal pekan depan dan diikuti 618.670 peserta. Belajar dari pengalaman tahun lalu, panitia pun mewanti-wanti peserta agar tidak meremehkan hal-hal yang terlihat sepele. Misalnya, mengetahui lokasi tempat tes H-1 atau H-2 ujian tulis. “Meskipun masih dalam satu provinsi dengan tempat tinggal peserta, peserta jangan meremehkan,” kata Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (8/6). Rektor UNY itu menyebutkan, tahun lalu banyak peserta yang terlambat masuk ruang ujian gara-gara belum tahu tempat ujian. Keterlambatan itu terjadi karena mereka tak mempelajari terlebih dahulu bahwa untuk menuju lokasi ujian harus berkali-kali oper angkutan umum. Menurut Rochmat, lokasi ujian tidak hanya ditempatkan di kampus. Tapi, juga ruang kelas milik sekolah di beberapa titik. “Untuk itu, paling aman sehari sebelum ujian sudah tahu lokasi ujiannya bahkan posisi tempat duduknya,” terangnya. Untuk pelaksanaan tes tulis, belum ada pengumuman perubahan seperti SNMPTN jalur ujian tulis tahun lalu. Peserta ujian sudah mulai masuk ruang ujian pukul 07.30 WIB untuk mengisi formulir dan sejenisnya. Ujian baru dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama, pengerjaan soal ujian tes potensi akademik untuk program IPA, IPS, dan IPC dimulai pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB. Selanjutnya disusul tes bidang studi dasar, yakni matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris mulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

…dst

8 ) Pakai GPS-mu untuk Cari Lokasi SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/417/643982/pakai-gps-mu-untuk-cari-lokasi-snmptn

Jum’at, 08 Juni 2012 18:05 wib
JAKARTA – Apakah kamu sudah mengetahui lokasi ujianmu pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jika belum, segeralah menyurvei lokasi ujianmu agar tidak tersasar ketika ujian. Cara tradisional yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengunjungi langsung lokasi ujianmu, maksimal satu hari sebelum pelaksanaan Ujian Tulis SNMPTN 2012. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan memanfaatkan fitur global positioning system (GPS) pada telefon genggam atau perangkat elektronik lain. Mengapa menyurvei lokasi ujian begitu penting? Menurut Kepala Humas Universitas Diponegoro (Undip) Agus Naryoso, dengan melihat tempat ujian lebih dahulu, para peserta diharapkan tidak salah lokasi dan membuang waktu untuk mencari tempat ujian yang benar. Survei juga akan mencegah peserta dari terlambat karena telah mengetahui rute yang akan dilalui. “Salah satu faktor untuk lolos SNMPTN adalah kesiapan peserta dalam menghadapi tes. Selain belajar, mengetahui lokasi ujian terlebih dahulu juga diharapkan dapat menjadi salah satu persiapan yang cukup penting,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (8/6/2012).

…dst

9 ) Anda Mau Ikut SNMPTN? Ingat, Jangan Sampai Lupa yang Satu Ini
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m5909b-anda-mau-ikut-snmptn-ingat-jangan-sampai-lupa-yang-satu-ini

Kamis, 07 Juni 2012, 20:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Menjelang pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 12 dan 13 Juni 2012 nanti, Panitia Lokal Bandung kembali mengingatkan pentingnya pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN. “Karena Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN merupakan syarat mutlak ketika berlangsungnya ujian tulis dan keterampilan SNMPTN. Kartu itu juga sebagai bukti bahwa calon peserta telah melakukan prosedur pendaftaran SNMPTN yang sah,” ujar Weny Widyowati, humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012. Weny mengimbau kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN, mereka bisa segera datang ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung di Kampus ITB Jl Ganesha No. 10 Bandung, Gedung Rotunda atau hubungi Call Centre SNMPTN 2012: 0804-1-450-450.

…dst

10 ) Siswa Lolos SNPTN Undangan-Tak Lapor Diri Dianggap Mundur
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501684/

Saturday, 09 June 2012
SEMARANG – Kepala UPT Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sucipto Hadi Purnomo menginformasikan, bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan, wajib memenuhi undangan lapor diri pada 19, 20, 21 Juni 2012. Bagi mereka yang tidak datang pada tanggal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri dan kehilangan kesempatan menjadi mahasiswa baru di Unnes. “Jadi tidak hanya mereka yang diterima melalui SNMPTN jalur undangan.Juga bagi mereka yang diterima sekaligus pada program beasiswa bidik misi melalui SNMPTN Jalur undangan. Jika tidak datang dianggap mengundurkan diri,” kata Sucipto kemarin. Pada saat lapor diri, calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas sebagaimana tercantum dalam Pengumuman Rektor tentang Registrasi Mahasiswa Baru. Berkait dengan pembayaran SPP, besaran biaya direncanakan akan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta registrasi. unnes.ac.id.”Pembayaran mulai 11–18 Juni 2012.”

…dst

11 ) Kuota Bidikmisi PTS Kecil
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188968/Kuota-Bidikmisi-PTS-Kecil

09 Juni 2012
SEMARANG- Mulai tahun ini mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menerima alokasi beasiswa bidikmisi. Hanya saja, kuotanya masih kecil dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY Dr Bambang Supriyadi mengatakan, beasiswa tersebut dialokasikan untuk mahasiswa yang kuliah di program studi (prodi) dengan akreditasi A. PTS di DIY mendapat kuota hanya 22 mahasiswa. “Hanya tujuh PTS yang menjadi sasaran program bidikmisi. Padahal, jumlah prodi yang terakreditasi A mencapai 60,”katanya saat dihubungi, Selasa (5/6). Bambang menyebutkan, jumlah PTS di DIY 112 yang terdiri atas 514 prodi. Kuota penerima beasiswa ini cenderung kecil, karena ditentukan berdasarkan jumlah orang miskin. “Penentuan kuota bidikmisi kenapa relatif kecil, karena jumlah orang miskin di DIY juga sedikit. Jadi, seolah-olah jumlahnya kecil,” ungkapnya. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng Mustafid mengatakan, tidak tahu pasti kuota mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa bidikmisi. “Saya tidak tahu berapa jumlahnya, karena masih dibahas di tingkat pusat,” katanya.

…dst

12 ) Tak Terbukti Miskin-63 Pendaftar Bidik Misi Unnes Gugur
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501729/

Saturday, 09 June 2012
SEMARANG – Karena tidak terbukti sebagai warga miskin, 63 pendaftar beasiswa bidik misi melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan dinyatakan tidak lolos seleksi. Dari hasil survei yang dilakukan oleh tim survei Unnes, ke- 63 pendaftar tersebut hanya mengaku miskin namun kenyataannya dinilai mampu. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin menyebutkan, kuota bidik misi yang dialokasikan di Unnes melalui SNMPTN jalur undangan sekitar 64% atau 994 beasiswa dari total 1.450 kuota yang disediakan. Dengan tidak lolosnya 63 pendaftar,kuota bidik misi pada SNMPTN jalur undangan terisi 931 pendaftar. “Survei yang kami lakukan dengan menerjunkan tim baik di wilayah Jawa maupun luar Jawa,”katanya. Usai dilakukan pengumuman SNMPTN jalur undangan, pihaknya telah menerjunkan tim survei atau verifikator sebanyak 150 personel untuk melakukan pembuktian datadata calon penerima bidik misi.

…dst

13 ) Dikeluhkan, Penundaan Uang Kuliah Tunggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188974/Dikeluhkan-Penundaan-Uang-Kuliah-Tunggal-

09 Juni 2012
SOLO- Penundaan penerapan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan menimbulkan gejolak masyarakat, terutama orang tua yang memiliki anak yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Pengumuman penundaan terlalu berdekatan dengan jadwal pembayaran kuliah yang akan dilakukan pada 12-13 Juni. Orang tua siswa dari kalangan ekonomi menengah ke bawah akan keberatan mencari tambahan biaya yang harus dibayar. Sebagaimana diketahui, jika menggunakan UKT maka biaya awal masuk kuliah jauh lebih ringan. “Jika ditunda akan ada gejolak. Tapi, kami adalah perguruan tinggi negeri. Jika ada hitam di atas putih mengenai penundaannya, kami tetap patuh,” kata Pembantu Rektor II Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum, Rabu (6/6). Penundaan penerapan UKT akan menyebabkan UNS harus menata kembali urusan administrasi. Yakni, menghitung kembali besaran biaya yang harus dibayarkan per semester. Pasalnya, saat ini UNS telah selesai menghitung nominal biaya per semester berdasarkan sistem UKT. Bahkan, saat ini daftar biaya telah diumumkan melalui website universitas, http://spmb.uns.ac.id.

…dst

14 ) Dubes Jepang Angkat Jempol untuk Pendidikan di Uncen
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/08/m5agvl-dubes-jepang-angkat-jempol-untuk-pendidikan-di-uncen

Friday, 08 June 2012, 14:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori memuji pola pendidikan di Universitas Cendrawasih ketika melakukan lawatan ke Provinsi Papua. Menurut Yoshinory, kampus yang berada di Ibukota provinsi Papua merupakan salah satu Universitas terbaik yang ada di Indonesia. “Salama kunjungan saya ke Papua, saya juga mendatangi universitas Cenderawasih dan saya kira, proses pendidikan disana sudah sangat baik dan merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, Kata Yoshinory di Jayapura, Jumat (8/6). Dia mengatakan, salah satu tujuan pihaknya ke Papua adalah mewakili pemerintah Jepang untuk memberikan donasi kepada provinsi papua di bidang pendidikan. “Bidang kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang adalah peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu pemerintah jepang memutuskan untuk membantu proyek United Nation Word Food Programe (WFP) dalam hal Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) berbasis makanan Lokal,” katanya. Yoshinory lebih lanjut mengatakan, pemerintah Jepang saat ini juga tengah intensif melakukan kerja sama pertukaran pelajar antar kedua negara, dirinya berharap perwakilan dari Provinsi Papua ada yang diberi kesempatan untuk ke Jepang.

…dst

15 ) Mendikbud: Banyak Pihak Manfaatkan Masalah UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/19510983/Mendikbud.Banyak.Pihak.Manfaatkan.Masalah.UI

Jumat, 8 Juni 2012 | 19:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai berlarut-larutnya masalah di Universitas Indonesia (UI) lantaran banyak ditumpangi kepentingan. Menurutnya, sejumlah pihak memanfaatkan situasi menyusul akan digelarnya pemilihan rektor pada Agustus mendatang. “UI kebanyakan penumpang, dengan banyak kepentingan. Hati-hati antara menyelesaikan masalah dengan pembentukan opini,” kata Nuh, Jumat (8/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Diungkapkan Nuh, saat ini masalah UI semakin ditarik keluar. Melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan aktivis yang notabene datang dari internal, dan ‘menggoyang’ ketenangan kampus seperti Gerakan Save UI dan UI Bersih. Padahal, menurutnya sebagai sebuah institusi harusnya UI bisa menyelesaikan masalah secara internal dan kekeluargaan sehingga tidak “gaduh” dan mengganggu suasana akademis di kampus tersebut.

…dst

16 ) MWA dorong implementasi inovasi IPB
http://www.antaranews.com/berita/314913/mwa-dorong-implementasi-inovasi-ipb

Jumat, 8 Juni 2012 22:05 WIB
Bogor (ANTARA News) – Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor mendorong inovasi yang telah diciptakan dapat direalisasikan untuk kehidupan masyarakat luas. “MWA mendorong agar inovasi-inovasi yang telah dilahirkan IPB agar bisa diaplikasikan ke masyarakat sehingga lebih bermanfaat,” kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Muhamad Achmad Chozin, MAgr saat ditemui usai sidang pleno khusus MWA di Kampus IPB Barangsiang, Jumat. Chozin mengatakan, prestasi IPB meraih penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) selama empat tahun berturut-turut perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan setiap tahunnya. Namun, lanjut dia, yang terpenting adalah inovasi tersebut diimplementasikan. Misalnya melakukan kerja sama dengan dunia industri, dan swasta.”Jadi semua inovasi yang diciptakan ada manfaatnya bagi pihak lain. Terutama masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya petani,” katanya.

…dst

17 ) Siap Go International, ITS Tempuh 4 Langkah Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643694/siap-go-international-its-tempuh-4-langkah-ini

Jum’at, 08 Juni 2012 14:05 wib
JAKARTA – Untuk menuju world class university, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, harus melengkapi berbagai kualifikasi yang dibutuhkan. International Office (IO) sebagai pemegang amanah internasionalisasi pun kian semangat bergerak mengenalkan ITS ke dunia internasional. Salah satu caranya lewat website IO. Kepala IO ITS Maria Anityasari menjelaskan, IO memiliki rencana strategis empat tahun menuju internasionalisasi. Tahun pertama adalah tahap pembenahan organisasi dan peningkatan efisiensi. ”Intinya, internal ITS harus siap dulu,” tutur Maria, seperti dilansir dari ITS Online, Jumat (8/6/2012). Pada tahap ini, lanjut Maria, ada tiga aspek yang akan disiapkan. Pertama, sumber daya manusia (SDM) meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Pasalnya, ketiganya dinilai belum siap menghadapi internasionalisasi, terutama para karyawan. Terkait hal tersebut, pihak IO telah berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa dan Budaya ITS untuk menggelar pelatihan bahasa Inggris untuk para karyawan.

…dst

18 ) BNI bantu 174 mahasiswa berprestasi Universitas Diponegoro
http://www.antaranews.com/berita/314920/bni-bantu-174-mahasiswa-berprestasi-universitas-diponegoro

Jumat, 8 Juni 2012 22:28 WIB
Semarang (ANTARA News) – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Semarang menyalurkan bantuan beasiswa kepada 174 mahasiswa berprestasi dari Universitas Diponegoro Semarang sebagai komitmen dalam memajukan pendidikan. “Selama ini BNI peduli untuk bidang pendidikan, baik pendidikan usia dini hingga pendidikan perguruan tinggi,” kata Chief Executive Officer PT BNI Wilayah Semarang, Bambang Kuncoro, di Semarang, Jumat. Hal tersebut diungkapkan dia usai penyerahan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi Undip dengan total bantuan senilai Rp993,6 juta yang diberikan kepada 174 mahasiswa Undip yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan.Ia menjelaskan sebenarnya ada dua kategori beasiswa yang diberikan BNI untuk membantu pengembangan pendidikan, yakni kepada mereka yang dalam kondisi tidak mampu secara ekonomi, serta mereka yang pintar dan berprestasi. Beasiswa yang disalurkan kepada 174 mahasiswa Undip itu merupakan kategori mahasiswa berprestasi, kata dia, dengan total nilai Rp993,6 juta untuk tahap pertama dari beasiswa pendidikan yang akan disalurkan tahun ini kepada Undip.

…dst

19 ) STMIK AMIKOM Latih Mental Wirausaha Melalui Kuliner
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501690/

Saturday, 09 June 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta terus mencari terobosan baru guna membentuk jiwa kewirausahaan bagi mahasiswanya. Baik melalui jalur akademik maupun nonakademik. Salah satunya melalui festival kuliner. Festival kuliner berlangsung selama lima hari,yaitu mulai Selasa (5/6) hingga Sabtu (9/6) atau hari ini di basement Unit IV Kampus STMIK AMIKOM.Festival diselenggarakan oleh entrepreneurkampus STMIK AMIKOM. Panitia penyelenggara Rinto Trijatmiko mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 21 stan.Jumlah ini terdiri atas 10 stan mahasiswa STMIK AMIKOM dan 21 stan berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta.

…dst

20 ) Krim Tabir Surya dari Biji Bakau
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643845/krim-tabir-surya-dari-biji-bakau

Sabtu, 09 Juni 2012 11:34 wib
JAKARTA – Berbagai perawatan dan produk kecantikan digunakan oleh kaum hawa untuk menjaga kecantikan tubuh dan wajahnya. Salah satu produk yang menjadi andalan adalah tabir surya untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari. Siapa sangka jika ternyata tabir surya dapat terkandung dalam tanaman bakau yang biasa digunakan sebagai penahan abrasi? Kandungan tabir surya dalam biji bakau ini ditemukan Peneliti Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Linawati Hardjito. Dia pun berhasil menciptakan krim perawatan sehari-hari berbahan dasar alami dan ramah lingkungan tersebut. Penelitian yang dilakukan Linawati sejak 2003 itu dilakukan di pesisir Kalimantan. Masyarakat setempat, konon telah memanfaatkan biji bakau ini sebagai bedak ketika hendak melaut. Dengan demikian, hasil penelitian Linawati ini semakin menguatkan tradisi yang sudah berlangsung lama di tengah masyarakat ini.

…dst

21 ) PAGELARAN TEATER VIETNAM DI UGM-Kisahkan Kaum Muda Mencari Jati
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501725/

Saturday, 09 June 2012
Untuk pertama kalinya penari dan musisi Vietnam beserta penata koreografi tari dari Jerman dan Prancis menyuguhkan pertunjukkan teater,tari dan musik di pusat kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM . Pagelaran berdurasi 65 menit berjudul Nhieu Mat ini dilakukan oleh sembilan penari dan dua musisi ini menggabungkan unsur-unsur gerak,suara,dan musik modern dengan tradisional. Dalam karya ini Raphael Hilllebrand dan Sebastian Ramirez sang koreografer tari memperluas bahasa tari menjadi ekspresi yang kaya dan beragam. Unsur-unsur teater,teks yang dilisankan, musik dan lagu tradisional Vietnam menjadi satu bagian karya unik yang menggabungkan seni dari dua benua yang berbeda yaitu benua Asia dan Eropa.

…dst

22 ) Future Leader Jaring Mahasiswa Unggul
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188970/Future-Leader-Jaring-Mahasiswa-Unggul

09 Juni 2012
JAKARTA- XL meluncurkan program XL Future Leader, suatu pemberdayakan sosok-sosok muda dari para mahasiswa terbaik Indonesia. Program ini merupakan bagian dari program Indonesia berprestasi yang telah dikembangkan sejak lima tahun yang lalu. “Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi generasi muda melalui pengembangan di tiga kompetensi bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan Indonesia yang mampu bersaing di dunia,” kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, di sela-sela peluncuran program di Jakarta, Rabu (6/6). Hadir Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Firmansyah serta Presiden Direktur GE Indonesia – Handry Satriago.

…dst

23 ) IPB Gelar Pelatihan untuk Guru PAUD
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643812/ipb-gelar-pelatihan-untuk-guru-paud

Jum’at, 08 Juni 2012 17:16 wib
JAKARTA – Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB menggelar pelatihan bagi guru PAUD. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti puluhan guru dari 51 PAUD binaan IPB yang ada di 17 Desa Lingkar Kampus IPB dan 1 PAUD dari Bogor Timur. Salah satu narasumber pelatihan tersebut, yakni Melly Latifah mengungkapkan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan guru-guru PAUD dari 17 Desa Lingkar Kampus IPB mengenai pendidikan holistik dan berbasis karakter. “Kami menyadari tidak semua guru PAUD memiliki konsep mendidik anak yang memadai dan sesuai dengan ilmu atau teori tumbuh kembang anak, psikologi anak, serta pendidikan yang tepat untuk anak usia dini,” ujar Melly, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (8/6/2012).

…dst

24 ) Peraturan soal kewajiban ibu beri ASI terus disosialisasikan
http://www.antaranews.com/berita/314909/peraturan-soal-kewajiban-ibu-beri-asi-terus-disosialisasikan

Jumat, 8 Juni 2012 21:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, Slamet Riyadi Yuwono, mengatakan bahwa sosialisasi PP 33 tahun 2012 tentang pemberian ASI harus terus berjalan. Hal itu dia sampaikan pada jumpa pers tentang sosialisasi peraturan baru ini di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat. Peraturan pemerintah tersebut pada dasarnya adalah mewajibkan seluruh ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka selama enam bulan pertama, sehingga pemenuhan gizi dan kualitas nutrisi pertama untuk bayi dapat terpenuhi dalam periode emas tersebut, papar Slamet. “Peraturan ini harus diterapkan guna memenuhi hak bayi dalam mendapatkan ASI eksklusif,” ujar dia. Imbauan kepada ibu dan keluarga bayi untuk menolak konsumsi susu formula untuk bayi, serta promosi susu formula, juga diterapkan dalam Peraturan Pemerintah yang disahkan pada April.

…dst

25 ) 4 Keajaiban Langit di Bulan Juni
http://sains.kompas.com/read/2012/06/01/11065159/4.Keajaiban.Langit.di.Bulan.Juni

Jumat, 1 Juni 2012 | 11:06 WIB
KOMPAS.com — Bulan Juni ini adalah bulan yang istimewa bagi para penggemar skywatching. Ada banyak fenomena astronomi mengagumkan yang bisa dilihat di bulan ini. Dari sekian fenomena astronomi yang terjadi, setidaknya ada tiga yang cukup istimewa dan satu yang tergolong langka. Apa saja? Berikut fenomena-fenomena tersebut :

…dst

26 ) Buku Porno Beredar di SD
http://www.jpnn.com/read/2012/06/09/130062/Buku-Porno-Beredar-di-SD-

Sabtu, 09 Juni 2012 , 09:28:00
BANDUNG- Dunia pendidikan tercoreng. Dua buku berbau porno serta sadisme beredar di tiap sekolah dasar di Kota Bandung, salah satunya SD Cempaka Arum. Dua buku itu merupakan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk perpusatakaan sekolah yang bersumber dari Kemendiknas. Kepala SD Cempaka Arum, Ahmad Taufan mengaku tidak mengetahui ada buku di perpusatakaan yang isinya tidak sesuai dengan peruntukan siswa sekolah dasar. Namun ketika ada imbauan dari pengawas dan Kabid SD Kota Bandung untuk melakukan pengecekan terhadap buku-buku hasil DAK, dia langsung memeriksa semua buku diperpustakaan dan juga buku bahan mengajaran. “Saya sangat kaget ketika membacanya ada dua judul buku yang menurut saya benar-benar tak pantas untuk diberikan ke sekolah meskipun buku tersebut memang jenisnya merupakan novel, bukan buku ajaran,” Ahmad yang ditemui di sekolahnya, kemarin (8/6).Dua judul buku itu yakni “Tidak Hilang Sebuah Nama” karya Galang Lutfianto dan Tambelo Kembalinya Si Burung Camar karya Redhite. Buku-buku itu diterbitkan Era Adi Citra Inter Media.

…dst