Kuota Penerimaan SNMPTN Ditambah Sepuluh Persen

06/11/2012
Jakarta — Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 menyiapkan kurang lebih 15-16 ribu kursi tambahan bagi calon mahasiswa baru tahun angkatan 2012. Angka tersebut merupakan sepuluh persen dari kuota awal penerimaan yaitu 164.697 kursi.

“Prinsipnya secara nasional sepuluh persen, tapi teknisnya ada di PTN,” demikian diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Senin (11/06).

Mendikbud mengatakan, setiap PTN memiliki pertimbangan untuk menentukan program studi mana yang harus ditambah. “Bisa jadi ada PTN yang menambah sembilan persen, namun di PTN lain sebelas persen”, katanya.

Ada dua pertimbangan yang mendukung pengambilan kebijakan ini. Pertama, pertimbangan infrastruktur PTN yang memungkinkan untuk menambah kuota. Kedua, perbaikan dalam rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosennya. “Kami berani menambah sepuluh persen, karena masih ada ruang pengoptimalan volume dan kualitas infrastruktur dan dosen,” katanya.

Kebijakan untuk menaikkan kuota sepuluh persen diambil dengan mempertimbangkan kenaikan jumlah pendaftar yang mencapai 14 persen. Meskipun penambahan kursi tidak sebanyak kenaikan jumlah pendaftar, namun dengan adanya penambahan ini akan memperluas kesempatan calon mahasiswa baru untuk sekolah di PTN pilihannya. (AR)

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/387