1 ) Selamat Ujian, Peserta SNMPTN!
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645477/selamat-ujian-peserta-snmptn

Selasa, 12 Juni 2012 07:07 wib
JAKARTA – Pagi ini, 618.804 lulusan SMA/sederajat akan bertarung memperebutkan kursi perguruan tinggi negeri (PTN) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Para peserta SNMPTN tersebut akan bersaing mendapatkan satu dari 164.697 kursi PTN yang disediakan oleh 61 PTN se-Nusantara. Kesempatan para peserta Ujian Tulis SNMPTN tahun ini bertambah dengan disediakannya sekira 16.500 kursi tambahan oleh seluruh PTN di Tanah Air. Penambahan ini diterapkan mengingat pendaftar Ujian Tulis SNMPTN tahun ini meningkat 14 persen dibandingkan tahun lalu. Pada hari pertama ini, Selasa (12/6/2012), peserta Ujian Tulis SNMPTN akan mengerjakan soal ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi (TBS). TPA diujikan sejak 2009. Ia akan mengukur bakat dan kemampuan peserta ujian di bidang keilmuan (akademik) yang menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan bernalar siswa tersebut. Dalam satu sesi tes, peserta ujian akan mengerjakan empat jenis soal, yaitu tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

…dst

2 ) Masyarakat Diimbau Rasional dalam Menyikapi Calo SNMPTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/388

06/11/2012
Jakarta — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis akan dilaksanakan selama dua hari, 12-13 Juni 2012. Untuk mengantisipasi adanya usaha percaloan yang dilakukan secara tidak bertanggung jawab oleh pihak-pihak tertentu, ketua SNMPTN, Akhma Loka, mengimbau masyarakat untuk lebih rasional dan lebih berhati-hati dengan rayuan dan bujukan pihak-pihak tertentu untuk memberikan imbalan jika mereka nanti dinyatakan lulus. “Mereka tidak melakukan apapun untuk kelulusan anda, jadi jangan tertipu!,” tegas Akhma Loka, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (11/06). Dia menggambarkan, jika ada seratus orang yang diyakinkan pelaku bahwa nomor ujian mereka akan muncul pada saat kelulusan dan setidaknya ada dua nomor ujian yang benar dinyatakan lulus, maka akan sangat merugikan masyarakat karena memberikan imbalan atas apa yang tidak dilakukan calo tersebut.

…dst

3 ) Jangan Tertipu Iming-iming Kelulusan SNMPTN
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/12/079409965/Jangan-Tertipu-Iming-Iming-Kelulusan-SNMPTN

Selasa, 12 Juni 2012 | 10:01 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Akhmaloka mengimbau calon mahasiswa tidak tergiur bujuk rayu pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengaku dapat meloloskan siswa masuk PTN yang ia inginkan. “Kami imbau agar hati-hati dan tidak tergiur iming-iming seperti itu,” kata Akhmaloka dalam konferensi pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Senin, 11 Juni 2012. Ia menjelaskan, masa ujian SNMPTN biasanya akan membuat pihak-pihak tidak bertanggung jawab mencoba menipu. Mereka menebar janji dapat membuat calon mahasiswa pasti masuk ke PTN jika calon mahasiswa itu menyerahkan sejumlah uang. “Mereka biasanya berjanji mau membantu agar calon siswa bisa pasti masuk ke PTN,” kata Akhmaloka. Namun nyatanya, pihak yang tidak bertanggung jawab itu tidak pernah melakukan apa pun untuk membuat si calon mahasiswa pasti masuk ke PTN.

…dst

4 ) PTN Siap Pecat Mahasiswa yang Jadi Joki SMPTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/12/m5hdo6-ptn-siap-pecat-mahasiswa-yang-jadi-joki-smptn

Selasa, 12 Juni 2012, 08:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Empat perguruan tinggi negeri (ptn) di Bandung siap menjatuhkan sanksi pemecatan kepada mahasiswa mereka yang tertangkap karena ketahuan menjadi joki Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Sekretaris Eksekutif Panitia lokal Bandung SNMPTN 2012 Asep Gana Suganda dalam konferensi pers di Sekretariat Panitia lokal Kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (12/6), mengatakan panitia telah memiliki strategi khusus untuk mengenali praktik perjokian dalam SNMPTN. “Tentu tidak bisa kami kemukakan apa strategi khusus itu. Tapi panitia telah menyiapkan antisipasi untuk mencegah terjadinya praktik perjokian,” ujar Asep Gana Suganda.Peserta SNMPTN yang tertangkap melakukan kecurangan selama ujian berlangsung langsung digugurkan oleh panitia. Sedangkan mahasiswa PTN yang menjadi joki akan dikeluarkan dari perguruan tinggi.

…dst

5 ) Cegah Kecurangan SNMPTN- Panlok Siapkan Strategi Khusus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502647/

Tuesday, 12 June 2012
BANDUNG – Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Bandung menyiapkan langkah khusus untuk mengantisipasi kecurangan dalam pelaksanaan SNMPTN. Namun, Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panlok Bandung Asep Ghana Suganda enggan mengungkapkan lebih jauh langkah khusus tersebut.”Lucu dong kalau saya terangkan apa langkah khusus itu, sama saja memberi kesempatan bagi mereka yang akan berbuat curang,” ujar Asep,kemarin. Menurut dia, langkah khusus tersebut sudah sesuai prosedur dan mekanisme penanganan kecurangan yang terjadi dalam SNMPTN.”Soal penggeledahan atau apapun itu, yang pasti kami punya cara untuk mengantisipasinya,” katanya.

…dst

6 ) Kuota Penerimaan SNMPTN Ditambah Sepuluh Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/387

06/11/2012
Jakarta — Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 menyiapkan kurang lebih 15-16 ribu kursi tambahan bagi calon mahasiswa baru tahun angkatan 2012. Angka tersebut merupakan sepuluh persen dari kuota awal penerimaan yaitu 164.697 kursi. “Prinsipnya secara nasional sepuluh persen, tapi teknisnya ada di PTN,” demikian diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Senin (11/06). Mendikbud mengatakan, setiap PTN memiliki pertimbangan untuk menentukan program studi mana yang harus ditambah. “Bisa jadi ada PTN yang menambah sembilan persen, namun di PTN lain sebelas persen”, katanya. Ada dua pertimbangan yang mendukung pengambilan kebijakan ini. Pertama, pertimbangan infrastruktur PTN yang memungkinkan untuk menambah kuota. Kedua, perbaikan dalam rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosennya. “Kami berani menambah sepuluh persen, karena masih ada ruang pengoptimalan volume dan kualitas infrastruktur dan dosen,” katanya.

…dst

7 ) Syarat PTN untuk Tambah Daya Tampung
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/11/373/645377/syarat-ptn-untuk-tambah-daya-tampung

Senin, 11 Juni 2012 19:41 wib
JAKARTA – Penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 sebesar 10 persen tidak dapat dilakukan begitu saja. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). M Nuh menyebutkan, jumlah pendaftar yang meningkat sekira 14 persen dibandingkan tahun lalu menjadi alasan utama agar tiap PTN meningkatkan daya tampung. “Jumlah pendaftar meningkat, maka kuotanya juga harus ditambah. Maka, kami meminta agar para rektor PTN seluruh Indonesia menambah daya tampung di perguruan tinggi mereka,” kata M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/6/2012).

…dst

8 ) Mendikbud Sidak SNMPTN Ujian Tulis di UNJ
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/08323392/Mendikbud.Sidak.SNMPTN.Ujian.Tulis.di.UNJ

Selasa, 12 Juni 2012 | 08:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada pelaksanaan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kali ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang masuk dalam panitia lokal 30 DKI Jakarta dipilih menjadi lokasi sidak, Selasa (12/6/2012). Didampingi Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka, bersama Rektor UNJ, Bedjo Sujanto, Nuh langsung meninjau lokasi digelarnya ujian tulis di gedung Diksanapati UNJ. Ia pun menyempatkan diri menilik proses pelaksanaan ujian di kelas khusus yang diisi belasan peserta ujian tulis berkebutuhan khusus.

…dst

9 ) Paket Soal SNMPTN Tulis Masih Misteri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/20250030/Paket.Soal.SNMPTN.Tulis.Masih.Misteri

Senin, 11 Juni 2012 | 20:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah paket soal yang akan digunakan dalam ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) masih misteri. Pasalnya sampai saat ini belum ada “bocoran” mengenai berapa paket soal yang akan digunakan dalam ujian tulis tersebut. Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka membantah pemberitaan di sejumlah media (cetak dan elektronik) yang mengabarkan jumlah paket soal yang akan digunakan. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan menyampaikan hal tersebut demi alasan keamanan dan kelancaran pelaksanaan ujian tulis tahun ini. “Berapa paket yang akan digunakan? Itu rahasia, yang pasti lebih dari satu,” kata Akhmaloka, di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (11/6/2012). Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengaku enggan membeberkan jumlah paket soal untuk mencegah praktik joki pada ujian tulis tahun ini. “Ini kan demi keamanan, kalau kita sampaikan nanti ada pihak yang memanfaatkan,” ujarnya.

…dst

10 ) Hindari Joki, Jumlah Variasi Soal SNMPTN Dirahasiakan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/11/130291/Hindari-Joki,-Jumlah-Variasi-Soal-SNMPTN-Dirahasiakan-

Senin, 11 Juni 2012 , 20:00:00
JAKARTA–Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Akhmaloka menegaskan, panitia SNMPTN tidak akan mengumumkan jumlah variasi jenis soal yang akan digunakan pada ujian SNMPTN. Cara ini guna menghindari adanya oknum nakal ataupun joki yang kerap merajalela saat pelaksanaan SNMPTN. “Untuk jumlah jenis variasi soal yang akan diujikan di dalam SNMPTN 2012 ini tidak akan kami umumkan. Tapi yang pasti lebih dari satu jenis,” ungkap Akhmaloka di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (11/6). Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menegaskan, merahasiakan jumlah soal ini dinilai cara yang ampuh untuk menghindari bermainnya para joki atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

…dst

11 ) SMNPTN, 876 Kursi untuk Papua
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/03363069/SMNPTN.876.Kursi.untuk.Papua

Selasa, 12 Juni 2012 | 03:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengalokasikan jatah khusus untuk calon mahasiswa asal Papua dan Papua Barat dalam Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal itu dilakukan untuk mendukung program Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UPB4) sekaligus mendongkrak angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Papua. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso, di Jakarta, Senin (11/6/2012), mengatakan, 450 kursi disediakan Kemdikbud melalui beasiswa bidik misi, dan sisanya 426 kursi menjadi tanggungan pemerintah daerah. “Pendaftar SNMPTN dari Papua jumlahnya sedikit. Maka kami beri perhatian khusus,” ungkap Djoko.

…dst

12 ) 3.600 Peserta Ikut SNMPTN di UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/417/645495/3-600-peserta-ikut-snmptn-di-ui

Selasa, 12 Juni 2012 08:00 wib
DEPOK – Selama dua hari, 3.600 peserta akan mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Universitas Indonesia (UI) Depok. UI juga menyiapkan 1.200 panitia lokal (panlok) yang bertugas mengawal jalannya ujian. Mereka akan berjaga di sejumlah lokasi ujian. Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani berkata, UI sendiri menerima 1.700 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Ujian digelar di lima fakultas yaitu Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dengan 1.100 peserta ujian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang menampung 1.000 peserta ujian, Fakultas Ekonomi (FE) dengan 600 peserta ujian, dan Fakultas Keperawatan dengan 400 poeserta ujian.

…dst

13 ) Peserta SNMPTN Berkebutuhan Khusus Diistimewakan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/22391388/Peserta.SNMPTN.Berkebutuhan.Khusus.Diistimewakan

Senin, 11 Juni 2012 | 22:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan memberikan layanan khusus kepada peserta ujian berkebutuhan khusus. Tidak membedakan paket atau jenis soalnya, tetapi panitia langsung memberikan pendampingan khusus bagi masing-masing peserta. Ketua SNMPTN 2012, Akhmaloka menjelaskan, masing-masing peserta berkebutuhan khusus akan diberikan dua pengawas untuk mendampingi. Seorang pengawas bertugas membacakan soal, dan seorang lainnya membantu mentransformasikan jawaban peserta pada lembar jawaban. Selain itu, waktu mengerjakan soal juga ditambah 30 menit. Mengingat ada waktu yang diperlukan untuk menyampaikan dan mentransformasikan jawaban peserta ke lembar jawaban yang disediakan.

…dst

14 ) SNMPTN dalam Gelap, Mutia Tetap Ingin Jadi Guru
http://regional.kompas.com/read/2012/06/12/08584822/SNMPTN.dalam.Gelap.Mutia.Tetap.Ingin.Jadi.Guru

Selasa, 12 Juni 2012 | 08:58 WI
BANDUNG, KOMPAS.com- Meutia Dara Herlani adalah seorang peserta ujian saringan nasional masuk perguruan tinggi negeri yang mengalami kebutaan total. Kondisi tersebut tidak menghalanginya untuk mengikuti ujian saringan nasional masuk perguruan tinggi negeri. “Saya ingin jadi guru,” ujar lulusan SLB A Kota Cimahi, Selasa (12/6/2012). Mutia datang bersama Didin Suhendar, ayahnya. Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Cimahi ini menuturkan bahwa anaknya berkeinginan untuk kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Luar Biasa.

…dst

15 ) SNMPTN Dikawal 500 Polisi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/12/130355/SNMPTN-Dikawal-500-Polisi-

Selasa, 12 Juni 2012 , 08:33:00
BANDUNG – Sebanyak 500 personel kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung dikerahkan pada 100 titik. Hal tersebut dimaksudkan guna menjaga pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dimulai Selasa (12/6) hingga Rabu (13/6).
“Setidaknya, ada 100 titik untuk pengamanan pelaksanaan SNMPTN tahun 2012 di wilayah hukum Polrestabes Bandung, dijaga,” ujar Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Rosdiana kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Senin (11/6).

…dst

16 ) Prestasi Melorot, Beasiswa Bidik Misi Bakal Dicabut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/13362055/Prestasi.Melorot.Beasiswa.Bidik.Misi.Bakal.Dicabut

Senin, 11 Juni 2012 | 13:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Para mahasiswa penerima beasiswa bidik misi diingatkan untuk mempertahankan prestasi akademiknya. Pasalnya, ancaman pencabutan beasiswa akan diterima jika mereka tidak bisa memenuhi syarat yang ditentukan.”Hanya dicabut hak beasiswanya, bukan didrop out. Karena mahasiswa memiliki hak untuk tetap kuliah,” kata Rektor Universitas Negeri Jakarta, Bedjo Sujanto, di Jakarta (11/6/12). Ia menjelaskan, kriteria pencabutan beasiswa adalah ketika indeks prestasi mahasiswa menurun di bawah standar selama dua semester berturut-turut. Selain itu, sesuai dengan filosofinya, hak beasiswa bidik misi juga akan dicabut jika mahasiswa bersangkutan ternyata tidak berasal dari keluarga yang benar-benar miskin. “Setelah kita lakukan visitasi ternyata dia mampu secara ekonomi, atau tidak menunjukkan kepiawaiannya sebagai mahasiswa berprestasi dengan IP minimal 2,75, maka hak bidik misinya akan kita cabut,” ujarnya.

…dst

17 ) 12 Juni 2012, Batas Akhir Daftar Ulang Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/20155126/Besok.Batas.Akhir.Daftar.Ulang.Jalur.Undangan

Senin, 11 Juni 2012 | 20:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Akhmaloka mengultimatum seluruh siswa yang lolos di jalur undangan untuk datang ke PTN pilihan guna melakukan verivikasi pada Selasa (12/6/2012) besok. Siswa yang tidak melakukan verivikasi pada esok hari dinyatakan mengundurkan diri dan gugur haknya untuk masuk PTN melalui jalur undangan. “Siswa yang lolos jalur undangan, besok harus melakukan daftar ulang dan verivikasi. Jika tidak, maka kami anggap gugur,” kata Akhmaloka, Senin (11/6/2012), di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta. Dijelaskannya, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, besok merupakan waktu untuk melakukan daftar ulang. Semua siswa yang dinyatakan lolos jalur undangan harus melakukan verivikasi data di PTN yang dipilihnya.

…dst

18 ) Mendikbud: SPP Kuliah Tidak Naik
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645593/mendikbud-spp-kuliah-tidak-naik

Selasa, 12 Juni 2012 10:28 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin tidak ada kenaikan uang kuliah pada tahun ini. Sementara penerapan Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) Tunggal masih dalam persiapan. “Tahun ini tidak ada kenaikan SPP di PTN. Untuk penerapan SPP Tunggal semoga tahun depan bisa dilaksanakan,” ujar M Nuh di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (12/6/2012). Nuh menyebutkan, pembiayaan PTN berasal dari tiga blok, yakni SPP mahasiswa, dana dari pemerintah, dan kerjasama penelitian. Di bidang SPP mahasiswa, banyak variasi akan merumitkan. “Pemerintah ingin menerapkan insentif dan disinsentif. Jadi, jika kampus menerima lebih banyak dari sektor SPP, maka jumlah dana pemerintah akan dikurangi. Tapi jika didapat dari sektor kerjasama penelitian, maka pemerintah akan menambahkan insentif dari anggaran,” kata mantan Menteri Komunikasi dan Informartika (Menkominfo) tersebut.

…dst

19 ) UNS Ngotot Berlakukan TKT
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502635/

Tuesday, 12 June 2012
SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah merilis tarif kuliah tunggal (TKT) melalui laman resminya di http://spmb.uns.ac.id/ belum lama ini. “Di http://spmb.uns.ac.id/ sudah diumumkan biaya (tarif) kuliah tunggal dan syarat-syaratnya. Bahkan sudah bisa diunduh,” ujar Kepala Humas UNS Tundjung W Sutirto kepada SINDO di ruang kerjanya kemarin. Disinggung surat resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang pelaksanaan TKT, dia menjelaskan, kalau dimuat di laman resmi berarti sudah ada surat resmi dari kementerian terkait. Namun dirinya tidak tahu pasti apakah TKT ini ditunda atau tidak. Sebab, informasi yang dihimpun SINDOterakhir menyebutkan Mendikbud Muhammad Nuh menunda sementara TKT dan baru diterapkan di 2013. “Seharusnya kalau sudah diumumkan di laman itu berarti sudah ada surat resminya. Kalau ditunda tidaknya TKT itu bukan ranah saya, karena PR II UNS yang lebih berwewenang,” tukasnya.

…dst

20 ) Horeee! Biaya Masuk Jalur Mandiri Unpad Turun
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/11/325512/293/14/Horeee-Biaya-Masuk-Jalur-Mandiri-Unpad-Turun

Senin, 11 Juni 2012 15:16 WIB
BANDUNG–MICOM: Universitas Padjadjaran (Unpad) menurunkan biaya Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013. Usai memberikan pengarahan kepada orang tua calon mahasiswa jalur undangan di Kampus Unpad, Bandung, Senin (11/6), Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan penuruan biaya masuk dilakukan merata di seluruh program studi dengan besaran yang berbeda-beda. “Ini dilakukan untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap SMUP, supaya lebih ramah sosial,” ujarnya. Ganjar menyebutkan biaya SMUP untuk Fakultas Kedokteran yang tadinya Rp177 juta turun menjadi Rp95 juta, Fakultas Hukum turun dari Rp42 juta menjadi Rp30 juta dan Fakultas Komunikasi yang sebelumnya Rp47 juta berkurang menjadi Rp35 juta.

…dst

21 ) Unila Akan Turunkan Biaya Kuliah
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/11/373/645128/unila-akan-turunkan-biaya-kuliah

Senin, 11 Juni 2012 17:03 wib
JAKARTA – Tahun ini, Universitas Lampung (Unila) akan menghitung ulang biaya kuliah bagi para mahasiswanya. Ditargetkan, uang kuliah mahasiswa Unila akan turun 10-20 persen. Rektor Unila Sugeng P Harianto berkata, pihaknya memang sedang dalam transisi pengaturan uang kuliah sejak dikeluarkannya kebijakan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Meski kebijakan BOPTN tersebut akan diterapkan mulai tahun depan, Unila berencana menerapkannya mulai tahun ini sebagai masa transisi. “Tahun ini pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp8,1 miliar sebagai dana BOPTN Unila. Dana tersebut dapat bertambah jika Unila mampu menekan Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap tahunnya,” kata Sugeng, seperti dinukil dari situs Unila, Senin (11/6/2012).

…dst

22 ) Desain Roket Gama-Sat 2 UGM Terbaik di Komurindo 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/11/373/645131/desain-roket-gama-sat-2-ugm-terbaik-di-komurindo-2012

Senin, 11 Juni 2012 18:02 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali mendapat predikat desain roket terbaik dalam Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012. Pencapaian Tim Gama-Sat 2 ini mengukuhkan posisi UGM di Komurindo sebelumnya. Hal ini disampaikan salah satu anggota Tim Gama-Sat 2 Fitri Rahmaningrum. “Tahun lalu, kita juga dapat penghargaan desain terbaik,” ujar Fitri, seperti dikutip dari situs UGM, Senin (11/6/2012)…cut…Juara pertama dalam Komurindo 2012 diraih oleh tim EEPISky G-03 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, disusul tim Rise Of Ganesha asal Institut Teknologi Bandung (ITB), dan tim Eagle Two milik Politeknik Negeri Bandung. Untuk juara harapan diraih oleh StarPENSKY-X1 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, tim Graksa Ganesha asal ITB, dan tim Neo Arjuna asal Universitas Komputer Indonesia Bandung.

…dst

23 ) UNY Curi 1 Gelar Komurindo
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502632/

Tuesday, 12 June 2012
YOGYAKARTA – Tim Roket Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menjadi juara favorit dalam Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012 yang diselenggarakan di Pantai Congot, Kabupaten Kulonprogo,7–10 Juni lalu. Roket juara yang diberi nama Pasupati ini dipiloti oleh Susanto Fibriantoro, Muhtar Lutfi Ansori dan Nur Cahyono, serta dibimbing Dosen Fakultas Teknik UNY Didik Hariyanto MT. Rektor UNY Rochmat Wahab mengutarakan gagasan besar dari kegiatan Komurindo 2012 adalah meningkatkan wawasan dan keterlibatan masyarakat dalam bidang teknologi kedirgantaraan.Karena itu,minat masyarakat terhadap bidang peroketan dan kedirgantaraan perlu ditanamkan dan dikembangkan.

…dst

24 ) Proyek Rp45 M, ITS Siap Diperiksa KPK
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645528/proyek-rp45-m-its-siap-diperiksa-kpk

Selasa, 12 Juni 2012 09:01 wib
SURABAYA – Dugaan Korupsi dana proyek sarana dan prasarana menyeret sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil Rektor di PTN itu. Salah satu PTN yang disebut-sebut adalah Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). ITS diduga menerima dana proyek pengadaan sarana dan prasarana senilai Rp45 Milliar. Menanggapi hal itu, Rektor ITS Tri Yogi Yuwono mengaku siap diperiksa oleh penyidik KPK. Tak hanya itu, pihak ITS juga telah melakukan penelusuran lebih jauh atas kasus tersebut. “Dari hasil penelusuran yang kami lakukan, tidak ada proyek senilai Rp45 miliar di ITS seperti yang telah disebutkan di media massa selama ini,” kata Tri Yogi tegas, di ruang ITS Media Center Gedung Rektorat ITS lantai 1, kemarin. Hasil dari penelusuran, lanjutnya, ditemukan beberapa proyek yang ada di ITS. Proyek senilai Rp34 Milliar dan Rp80 Milliar itu merupakan proyek pengadaan peralatan dan pembangunan gedung dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). “Tapi semua proyek pengadaan tersebut sudah dijalankan sesuai prosedur yang ada,” tegasnya.

…dst

25 ) KPK Siapkan Modul Pendidikan Anti-Korupsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/16084783/KPK.Siapkan.Modul.Pendidikan.Anti-Korupsi

Senin, 11 Juni 2012 | 16:08 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Pendidikan antikorupsi di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sebentar lagi akan bisa dilaksanakan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sudah merancang modul pendidikan antikorupsi untuk lembaga pendidikan jenjang SD hingga perguruan tinggi. Hal tersebut disampaikan Pimpinan KPK Bambang Wijdojanto, usai menghadiri seminar Diskresi dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi di Univesitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Senin (11/6/12). Menurut Bambang, pendidikan merupakan salah satu fokus KPK dalam pemberantasan korupsi saat ini. “Sebagai langkah awal, KPK telah menyusun modul pendidikan antikorupsi bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Hal itu dilakukan untuk membangun sistem integritas nasional,” katanya.

…dst

26 ) RUU PT Diharapkan Tekan Biaya Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/11/16512992/RUU.PT.Diharapkan.Tekan.Biaya.Kuliah

Senin, 11 Juni 2012 | 16:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Lambannya pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) oleh pemerintah menyebabkan biaya masuk universitas negeri saat ini masih mahal. Padahal, dalam RUU tersebut sudah dirumuskan untuk menggratiskan biaya masuk perguruan tinggi. “Karena RUU-nya belum selesai, jadi sementera ini masih ada pungutan. RUU itu belum final, kalau sudah semua calon mahasiswa digratisin pendaftarannya,” jelas Muslim, Komisi X DPR RI, di Jakarta, Senin (11/6/2012). Muslim menjelaskan, pembahasan RUU tersebut sebenarnya sudah selesai namun pemerintah belum mau mengesahkan. Dalam RUU tersebut antara lain disebutkan pembatasan biaya masuk PTN sehingga perguruan tinggi tidak bisa mematok biaya lebih tinggi dari plafon yang ditetapkan.

…dst

27 ) Nah Lho… Guru Berijazah Palsu Lulus Uji Kompetensi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/11/m5gjpc-nah-lho-guru-berijazah-palsu-lulus-uji-kompetensi

Senin, 11 Juni 2012, 22:21 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Seorang guru di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang diduga memiliki ijazah palsu dari Fakultas Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pakuan Bogor lulus uji kompetensi. “Ada salah seorang guru yang menjadi korban ijazah palsu itu terpanggil memenuhi peryaratan sertifikasi,” kata Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan (PMPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Mahdar kepada wartawan, Senin (11/6). Guru yang dinyatakan lolos uji kompetensi oleh Panitia Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), kata Mahdar, akhirnya tidak dapat memenuhi panggilan untuk proses seleksi lebih lanjut karena ijazahnya palsu.Ijazah palsu yang didapat dari perkuliahan jarak jauh di SMA Negeri 13 Kecamatan Limbangan, Garut, kata Mahdar, tentu menimbulkan kerugian materi dan beban moral bagi para gurunya.”Saya sendiri jadi kasihan, karena ijazahnya palsu ibu guru yang terpanggil lolos uji kompetensi itu dilarang oleh kami datang ke Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, karena nanti akan didiskualifikasi,” katanya.

…dst

28 ) Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Indonesia untuk Instruktur BIPA di China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/386

06/11/2012
Beijing — Atase pendidikan Republik Indonesia di China melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bahasa Indonesia untuk Instruktur BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Acara ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Indonesia Center BFSU (Beijing Foreign Studies University) pada tanggal 28 Mei sampai dengan 8 Juni 2012 yang diselenggarakan di Kampus BFSU. Peserta kegiatan berjumlah 20 orang yang terdiri dari Dosen BFSU, Peking University dan Instruktur Kursus Bahasa Indonesia untuk Tour Guide yang ada di Kota Beijing. Peserta diklat dibagi dalam dua kelompok yaitu kelas yang khusus untuk memperdalam kemampuan sebagai instruktur BIPA yang diikuti oleh para akademisi dari BFSU dan Peking University, sementara kelas yang lain adalah para instruktur kursus Bahasa Indonesia untuk tour guide.

…dst

29 ) Kemdikbud Buka Posko PPDB
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/385

06/11/2012
…cut…Posko PPDB ini melayani pengaduan masyarakat mulai pukul 8.00 sampai dengan 16.00 setiap hari kerja. Lebih lanjut Ibnu Hamad menghimbau agar masyarakat yang mengirimkan laporan ke Posko PPDB dapat menyebutkan data aktualnya. Data aktual yang dimaksud yaitu bagaimana kejadiannya, dimana, kapan, pelaku, dan identitas pelapor (nama, alamat, nomor telepon). Pelapor yang melaporkan informasi ke Posko PPDB akan dijamin kerahasiannya. “Kalau melaporkan ke media, Kemdikbud tidak menjamin kerahasiaannya.” ujar Ibnu Hamad. Laporan faktual yang disampaikan ke Posko PPDB akan diverifikasi oleh auditor Inspektorat Jenderal Kemdikbud dan unit-unit terkait.
Masyarakat yang akan melaporkan informasi seputar PPDB dapat menghubungi:

…dst

30 ) Mendikbud: Ambil Racun Dalam Buku Kontroversi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/07251621/Mendikbud.Ambil.Racun.Dalam.Buku.Kontroversi

Selasa, 12 Juni 2012 | 07:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai urusan perbukuan harus ditata ulang. Menurutnya, harus ada langkah efektif untuk mengambil racun dari buku-buku yang beredar tanpa harus mematikan pendapatan si penerbit. “Urusan perbukuan harus ditata ulang. Ambil racunnya, tapi jangan matikan pendapatan orang,” kata Nuh di Jakarta, Selasa (12/6/2012).Hal itu dikatakan Nuh menyusul semakin maraknya buku-buku kontroversial yang masuk ke lingkungan sekolah. Setelah dihebohkan oleh soal cerita “Bang Maman Dari Kali Pasir”, yang teranyar adalah novel porno berjudul “Tak Hilang Sebuah Nama” dan “Tambelo Kembalinya Si Burung Camar” yang beredar di perpustakaan Sekolah Dasar (SD) Negeri Cempaka Arum kota Bandung.

…dst

31 ) Honorer K2 Tetap Akan Dites
Hanya K1-K2 yang Diproses jadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/12/130312/Hanya-K1-K2-yang-Diproses-jadi-CPNS-

Selasa, 12 Juni 2012 , 00:56:00
JAKARTA–Desakan Komisi II DPR RI agar ada lagi pengangkatan honorer menjadi CPNS diluar honorer kategori satu (K1) dan kategori dua (K2), ditolak pemerintah. Dalam rapat kerja Komisi II DPR RI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menegaskan, tidak ada lagi pengangkatan CPNS di luar K1 dan K2. “Yang diurus pemerintah hanya K1 dan K2. Kalau ada honorer yang teranulir (di Jawa Tengah) itu masuk K2,” tegas Azwar, Senin (11/6). Sikap tegas pemerintah ini, lanjutnya, untuk menciptakan rasa keadilan bagi anak negeri. “Kita bukan hanya punya honorer saja, tapi juga ada lulusan dari perguruan tinggi yang ingin ikut seleksi CPNS. Kalau semua dijatah buat honorer, dimana letak keadilannya,” ujarnya.

…dst

32 ) Honorer K2 Dites Desember 2012
http://www.jpnn.com/read/2012/06/11/130305/Honorer-K2-Dites-Desember-2012-

Senin, 11 Juni 2012 , 21:46:00
JAKARTA–Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 tentang revisi PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS sudah dinyatakan honorer kategori dua (K2) akan diangkat menjadi CPNS mulai 2013 sampai 2014. Pengangkatan honorer K2 ini melalui proses seleksi sesama honorer K2. Tidak otomatis diangkat jadi CPNS sebagaimana honorer K1. Nah, untuk proses tes seleksi K2 ini direncakana dilakukan Desember 2012. “Memang dalam rencana kerja kami, pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS mulai tahun depan. Tapi saya ingin tesnya dilakukan tahun ini dan hanya sekali agar bisa melihat berapa kuota honorer K2 yang diangkat. Apalagi tes ini dilakukan bertingkat, mulai pengetahuan umum sampai kompetensi profesi,” beber Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR di Senayan, Senin (11/6).

…dst