1 ) Kemendikbud Andalkan Civic Education Cegah Separatis Papua
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/12/m5hshp-kemendikbud-andalkan-civic-education-cegah-separatis-papua

Selasa, 12 Juni 2012, 13:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Semangat separatis, diakui atau tidak, telah tumbuh di kalangan mahasiswa Papua, baik yang berkuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta. Bagaimana antisipasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terhadap pemasalahan ini? Menurut Dirjen Pendidikan Tinggi di Kemendikbud, Djoko Santoso, yang penting adalah bagaimana lembaga pendidikan bisa memberikan pendidikan yang baik bagi warga Papua.”Pendidikan yang baik tentunya juga memasukkan apa yang disebut civic education (pendidikan kewarganegaraan),’ tutur Djoko, saat dihubungi di Kampus UGM, Selasa (12/6). Dirjen berkunjung ke Yogya untuk memantau pelaksaan SNMPTN yang dilaksankan di UGM, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

…dst

2 ) Perguruan Tinggi Negeri Dilarang Naikkan Biaya Pendidikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/391

06/12/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melarang perguruan tinggi negeri (PTN) menaikkan biaya pendidikan yang berasal dari mahasiswa. “Tidak ada kenaikan SPP (sumbangan pembinaan pendidikan), karena sudah dapat bantuan operasional perguruan tinggi negeri,” katanya seusai melakukan inspeksi mendadak di hari pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (12/06). Mendikbud menjelaskan, saat ini pemerintah menerapkan sistem insentif dan disinsentif bagi semua PTN. Jika sumber dana sebuah PTN berasal dari masyarakat, maka secara otomatis penerimaan yang berasal dari pemerintah akan dikurangi. Namun jika pendanaannya didapat dari kerja sama dengan industri dan penelitian, maka pemerintah akan memberi insentif tambahan. “Tambahannya disesuaikan dengan koefisien proporsionalitasnya,” kata Mendikbud.

…dst

3 ) Kuliah di UI Boleh Bayar SPP Rp100 Ribu
Penentuan SPP PTN Diatur Ketat
http://www.jpnn.com/read/2012/06/12/130428/Kuliah-di-UI-Boleh-Bayar-SPP-Rp100-Ribu-

Selasa, 12 Juni 2012 , 22:43:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) masih terus mematangkan gagasan SPP tunggal untuk perguruan tinggi negeri (PTN). Direncanakan, aturan mengenai SPP tunggal tersebut akan terbit pertengahan tahun ini. “Sekarang semua dipersiapkan semua. Segera direalisir. Jadi, kita tunggu saja perkembangannya,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh usai melakukan sidak SNMPTN di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (12/6). Nuh menjelaskan, SPP tunggal ini pada prinsipnya bukan menyamaratakan besaran biaya kuliah di seluruh PTN. Akan tetapi, yang dimaksud dengan SPP tunggal adalah biaya yang dipungut kepada mahasiswa hanya satu jenis, dan hanya satu kali dalam setahun ….cut…PTN harus bisa memilih. Jika ingin mendapatkan insentif berupa Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPT), maka PTN dilarang menaikkan biaya SPP. “Sebaliknya, jika PTN menaikkan biaya SPP, maka tidak akan mendapatkan insentif,” tukasnya.Di tempat yang sama, Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar R Somantri mengatakan, pihaknya menyetujui dan sepakat dengan adanya gagasan mengenai SPP tunggal. Menurutnya, di UI saat ini juga sudah menggunakan sistem SPP berkeadilan, di mana besaran SPP berkisar antara Rp 100 ribu – Rp 7,5 juta per tahun. Besaran tersebut, ditentukan berdasarkan kemampuan orang tua.

…dst

4 ) PTN di Padang Tak Naikkan Uang Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/10140871/PTN.di.Padang.Tak.Naikkan.Uang.Kuliah

Rabu, 13 Juni 2012 | 10:14 WIB
Kompas.com – Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Padang yakni Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini. “UNP sendiri tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus SNMPTN tahun 2012,” kata Rektor UNP yang juga penanggungjawab SNMPTN Panitia Lokal (Panlok) 17 Padang, Z. Mawardi Effendi, Selasa (12/6). Dia menyebutkan, UNP mengerti keluhan orangtua tentang biaya yang harus dikeluarkan calon mahasiswa sewaktu pendaftaran ulang yang terbilang cukup besar. “Malah di UNP uang sumbangan kegiatan mahasiswa baru (SKMB) turun mencapai 26 persen,” tuturnya. Mawardi menambahkan, kebijakan kampusnya itu sesuai surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) PTN agar tidak menaikan uang pendidikan.

…dst

5 ) Fakultas Kedokteran Unair Jadi Incaran Calon Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/16503482/Fakultas.Kedokteran.Unair.Jadi.Incaran.Calon.Mahasiswa

Selasa, 12 Juni 2012 | 16:50 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) masih menjadi jurusan favorit yang diperebutkan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Dari total peserta yang tercatat di Unair untuk program IPA, hampir 2.500 siswa memilih FK Unair. Padahal, tahun ini Unair hanya memiliki kuota penerimaan mahasiswa baru 942 untuk fakultas kedokteran. “Jumlah itu adalah 20 persen dari total 4.710 kuota yang tersedia untuk 33 program studi jenjang strata satu. Sisanya diambil dari jalur undangan dan jalur mandiri,” kata Ketua panitia lokal 50 SNMPTN, Surabaya, Achmad Syahrani, Selasa (12/6).

…dst

6 ) Siapkan Rp 155 Juta untuk Masuk Fakultas Kedokteran Unibraw
http://surabaya.detik.com/read/2012/06/12/150623/1939271/475/siapkan-rp-155-juta-untuk-masuk-fakultas-kedokteran-unibraw?991104topnews
Selasa, 12/06/2012 15:06 WIB

Malang – Universitas Brawijaya (Unibraw) mematok uang Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP) bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran sebesar Rp 155 juta. Sumbangan sebesar itu merupakan jalur mandiri tanpa mengikuti tes tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Kuota di Fakultas Kedokteran tahun ini 738 kursi dan sampai hari ini jumlah total pedaftar SNMPTN sebesar itu,” ujar Humas Universitas Brawijaya Susantinah Rahayu, Selasa (22/6/2012). Ia merinci, untuk jurusan keperawatan sebanyak 135 kursi, ilmu gizi sebanyak 164, pendidikan dokter gigi 80 kursi, kebidanan 55 kursi, farmasi 70 kursi. “Untuk biaya SPFP sebesar Rp 30 juta, kalau mandiri Rp 155 juta,” urainya.

…dst

7 ) Joki SNMPTN akan Ditindak Tegas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/12/m5ik4i-joki-snmptn-akan-ditindak-tegas

Selasa, 12 Juni 2012, 23:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Panitia lokal seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri Universitas Palangka Raya (Unpar) akan menindak tegas praktik perjokian dalam ujian tulis masuk PTN. “Tindakan tegas yang kami berikan tidak hanya akan didiskualifikasi akan tetapi dilaporkan ke kepolisian untuk ditindak secara hukum,” kata ketua panitia lokal seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) Universitas Palangka Raya (Unpar), Kumpiadi Widen, Selasa. Guna mengantipasi kasus perjokian yang bisa saja terjadi saat pelaksanaan ujian SNMPTN, para pengawas diberikan pembekalan untuk bisa mengidentifikasi peserta yang mencurigakan. Pembekalan kepada para pengawas untuk menerima pengarahan dari panitia lokal terkait tugas selama ujian, seperti memeriksa kecocokan antara foto pendaftaran dan peserta ujian sampai tata cara.

…dst

8 ) Panitia Jamin Perjokian SNMPTN Terdeteksi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502943/38/

Wednesday, 13 June 2012
JAKARTA – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melakukan upaya maksimal untuk mendeteksi kasus perjokian dengan membentuk tim khusus. Tim gabungan yang melibatkan aparat kepolisian menggunakan metode reaksi cepat yang diyakini mampu melacak berbagai metode perjokian yang bisa mengurangi kualitas hasil SNMPTN. Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka tidak bersedia mengungkapkan bagaimana metode yang akan diterapkan karena akan mengganggu proses pengawasan. Dia hanya menandaskan, pelaku perjokian biasanya adalah siswa yang sudah lolos SMPT dua tahun sebelumnya.

…dst

9 ) Cegah Joki SNMPTN, Ribuan Pengawas Disebar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/1413102/Cegah.Joki.SNMPTN.Ribuan.Pengawas.Disebar

Selasa, 12 Juni 2012 | 14:13 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Untuk mengantisipasi aksi kecurangan dan praktik perjokian dalam ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Panitia Lokal 50 Surabaya menyebar 12.900 tenaga pengawas dari kalangan dosen. Ketua Panitia Lokal 50 SNMPTN, Achmad Syahrani, menjelaskan para pengawas itu disebar di tiga jurusan. Masing-masing 1.500 pengawas IPA di kampus ITS, 1.400 pengawas jurusan IPS di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan 10.000 pengawas jurusan IPC (IPA+IPS) di kampus Universitas Airlangga (Unair).

…dst

10 ) 17 Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Seleksi di UNJ
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/392

06/12/2012
Jakarta — Sebanyak 17 siswa berkebutuhan khusus ikut melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (12/06). Para peserta SNMPTN yang berasal dari pendidikan khusus dan layanan khusus (PKLK) ini dibantu dua orang pengawas dalam mengerjakan soal-soal SNMPTN. “Yang ikut di sini ada tuna daksa, tuna netra, dan tuna rungu. Semuanya harus diberi layanan,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai menyemangati siswa PKLK tersebut. Dari 17 orang yang seharusnya mengikuti ujian, baru 15 orang yang telah siap mengerjakan soal saat waktu tanda ujian dibunyikan. “Dua lagi belum hadir,” kata Mendikbud.

…dst

11 ) SNMPTN BERKEBUTUHAN EKSTRA- Fisik Bukan Penghalang Meraih Impian Masuk PTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502960/

Wednesday, 13 June 2012
Pukul 05.30 WIB,Meutia Dara Herlani,20,pamit kepada ibu dan kedua adiknya untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).Warga Kampung Citeureup, Batujajar,Kabupaten Bandung Barat ini sangat berharap bisa lulus ujian dan menggapai citacitanya menjadi pengajar sekolah luar biasa (SLB). Keinginan Meutia menjadi pengajar ini bukan tanpa alasan.Dia tahu betul orangorang yang memiliki keterbatasan fisik yang memang sangat antusias dengan pendidikan.Meutia bisa merasakan hal itu,sebab dia sendiri memiliki keterbatasan.Gadis murah senyum ini tidak bisa melihat sama sekali sejak lahir.

…dst

12 ) Mahasiswa UNJ Dampingi Peserta Berkebutuhan Khusus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/15005597/Mahasiswa.UNJ.Dampingi.Peserta.Berkebutuhan.Khusus

Selasa, 12 Juni 2012 | 15:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta menjadi pendamping bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri berkebutuhan khusus. Para mahasiswa yang menjadi pendamping itu merupakan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Keguruan. “Mahasiswa yang mendampingi murid sudah terbiasa menghadapi para penderita cacat karena yang mereka lakukan sesuai dengan bidang pendidikannya,” ujar Syamsi, dosen Bahasa Arab yang ditemui saat sedang mengawasi peserta SNMPTN berkebutuhan khusus di Gedung Daksinapati, UNJ, Rawamangun, Jakarta, Selasa (12/6/2012). Setiap peserta berkebutuhan khusus dibantu dua pendamping. Seorang pendamping bertugas membacakan soal dan seorang lainnya membantu peserta memindahkan jawaban peserta ke lembar jawaban.

…dst

13 ) Peserta SNMPTN Berkebutuhan Khusus Diberikan Waktu Ekstra
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/12/06/12/m5hryo-peserta-snmptn-berkebutuhan-khusus-diberikan-waktu-ekstra

Selasa, 12 Juni 2012, 13:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebanyak 13 peserta berkebutuhan khusus mengikuti SNMPTN 2012 yang berlokasi di Fakultas Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB). Para peserta tersebut tuna netra, tuna daksa, dan empat orang mengalami kecelakaan. Untuk para peserta berkebutuhan khusus, Panitia Lokal Bandung untuk SNMPTN 2012 menyatakan akan memberikan pelayanan tambahan bagi mereka.”Untuk peserta berkebutuhan khusus, kita beri tambahan waktu 30 menit bagi mereka dari jadwal satu setengah jam yang telah ditentukan. Hal tersebut dilakukan karena mereka dipastikan membutuhkan tambahan waktu tersebut,” kata Sekretaris Eksekutif I Panlok Bandung Asep Gana Suganda saat ditemui wartawan di ITB, Selasa (12/6).

…dst

14 ) 803 Pendaftar SNMPTN di Solo tidak Ikut Ujian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/12/325762/293/14/803-Pendaftar-SNMPTN-di-Solo-tidak-Ikut-Ujian

Selasa, 12 Juni 2012 17:50 WIB
SOLO–MICOM: Sebanyak 803 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Kepanitiaan Lokal 44 Surakarta, Jawa Tengah, tidak mengikuti ujian hari pertama, Selasa (12/6). Penanggung jawab SNMPTN Lokal 44 Surakarta Ravik Karsidi mengakui tingkat ketidakhadiran peserta yang mencapai 4,2% dari total pendaftar 18.740 itu terhitung besar. Pada tahun SNMPTN lalu, dari 17.389 pendaftar yang tidak hadir hanya 530 orang. Ravik yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengaku panitia belum mengetahui pasti penyebabnya. Mereka hanya menduga ketidakhadiran peserta itu dikarenakkan yang bersangkutan telah diterima melalui jalur undangan, sengaja mengundurkan diri, atau membeli dua formulir. “Kami masih melakukan penelusuran lebih lanjut,” jelasnya.

…dst

15 ) Undip Tambah 800 Kursi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/13/189420/Undip-Tambah-800-Kursi

13 Juni 2012
SEMARANG- Tahun ini Universitas Diponegoro (Undip) menambah daya tampung penerimaan mahasiswa baru sebanyak 10%. Melalui beragam jalur masuk, total daya tampung Undip yang telah ditetapkan saat ini mencapai 8.000 kursi. “Kami akan tambah 10% atau sekitar 800 kursi. Penambahan tersebut untuk mengejar Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi pada tahun 2014 agar bisa mencapai 34%,” kata Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, kemarin. Saat ini mereka yang berusia 18-21 tahun dan kuliah masih rendah, yakni berkisar 26%. Dengan penambahan daya tampung, dia berharap bisa meningkatkan APK pendidikan tinggi.

…dst

16 ) Kampus Negeri Cuma Tampung 25 Persen Lulusan
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/12/079410039/Kampus-Negeri-Cuma-Tampung-25-Persen-Lulusan

Selasa, 12 Juni 2012 | 14:40 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Jumlah lulusan SMA dan SMK tahun ini meningkat. Salah satunya terlihat dari lonjakan jumlah pendaftar SNMPTN 2012 di seluruh Indonesia yang mencapai 14 persen atau sekitar 70-80 orang lebih banyak dibanding tahun lalu. Namun daya tampung kampus negeri hanya untuk satu orang dari empat orang peminat. Ketua SNMPTN Pusat Akhmaloka di Bandung mengatakan, dari jumlah lulusan SMA dan SMK sebanyak 2,5 juta orang tahun ini, hanya sekitar 600 ribu orang yang bisa ditampung kampus negeri. Di antaranya oleh 61 perguruan tinggi negeri peserta SNMPTN dan 30 politeknik negeri. “Pendaftar ke swasta juga sekitar 600 ribu orang,” katanya di kampus ITB, Selasa, 13 Juni 2012. Rencananya, kata Akhmaloka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menaikkan jumlah daya tampung kampus negeri se-Indonesia sebanyak 10 persen. Kenaikan itu seiring rencana bantuan operasional perguruan tinggi negeri. “Itu masih di atas kertas. Dananya masih harus menunggu persetujuan DPR dalam perubahan APBN,” ujar Rektor ITB itu.

…dst

17 ) PTN Karantina Mahasiswa Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/373/646271/ptn-karantina-mahasiswa-jalur-undangan

Rabu, 13 Juni 2012 09:23 wib
SEMARANG – Ketika ratusan ribu peserta Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengerjakan soal ujian, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) mengarantina para mahasiswa baru yang diterima melalui jalur undangan. Seperti yang terlihat di Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kedua PTN di Semarang ini mengarantina ribuan calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN undangan. “Para calon mahasiswa yang lolos SNMPTN undangan harus mengikuti lapor diri dan pembekalan yang pelaksanaannya memang bersamaan dengan ujian tulis SNMPTN,” kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin, kemarin. Agus menyebutkan, ada 3.779 calon mahasiswa yang lolos SNMPTN undangan untuk 50 program studi dari delapan fakultas yang ada di Unnes. “Karena itu, lapor diri ini sering disebut karantina. Mereka yang sudah lolos SNMPTN undangan memang tidak boleh ikut SNMPTN jalur Ujian Tulis. Kalau mereka tidak hadir saat lapor diri, ya dianggap gugur SNMPTN undangan,” katanya.

…dst

18 ) Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi
Sembilan Mahasiswa Raih IPK 4,0
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/13/189419/Sembilan-Mahasiswa-Raih-IPK-40

13 Juni 2012
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) menetapkan, indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi selama empat semester minimal 2,75. Mereka yang memiliki nilai di bawah standar minimal itu diharuskan mengikuti pembinaan intensif Pembantu Dekan III di fakultas masing-masing. Kabag Kesejahteraan Mahasiswa Undip Retno Nur Kadarwati mengatakan, hingga periode kedua (2010) mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi berjumlah 725 orang. Dari jumlah itu, nilai IPK sembilan orang mahasiswa mencapai 4,0. “Mereka yang nilai IPK di bawah 2,75, kurang dari 10%. Kami meminta Pembantu Dekan III melakukan pembinaan secara intensif terhadap mereka yang memiliki nilai di bawah standar minimal tersebut,” ujar dia didampingi Kasubag Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Damami, Senin (11/6).

…dst

19 ) Penyerapan Bidik Misi di PTN Tak Merata
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/373/646259/penyerapan-bidik-misi-di-ptn-tak-merata

Rabu, 13 Juni 2012 08:51 wib
BANDUNG – Penyerapan siswa miskin berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat beasiswa siswa miskin berprestasi (Bidik Misi) ternyata belum merata. Jatah bidik misi yang ada di tiap PTN ada yang belum memenuhi kuota, ada juga yang melebihi hingga PTN harus meminta tambahan kuota.Misalnya kuota Bidik Misi yang ada di empat PTN di Bandung, yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjdjaran (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitass Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD). Rektor UPI Sunaryo Kartadinata menyebutkan tahun ini UPI untuk program Bidik Misi, UPI menyediakan 600 kuota, dan 590 di antaranya sudah terisi. Kata Sunaryo, peminat Bidik Misi di UPI merupakan tertinggi secara nasional. Sehingga kuota Bidik Misi UPI perlu ditambah.

…dst

20 ) UPI Bandung Minta Tambahan Kuota Beasiswa Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/12402759/UPI.Bandung.Minta.Tambahan.Kuota.Beasiswa.Bidik.Misi

Selasa, 12 Juni 2012 | 12:40 WIB
Kompas.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung meminta tambahan kuota mahasiswa untuk program beasiswa dari keluarga ekonomi lemah atau beasiswa bidik misi, karena tinggal 10 kursi tersisa dari 600 kursi yang dialokasikan. Rektor UPI Sunaryo Kartadinata dalam konferensi pers menjelang ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Bandung, Selasa, mengatakan dari 600 kursi yang tersedia untuk jalur bidik misi, 590 kursi telah diisi melalui jalur undangan. Menurut dia, UPI adalah salah satu universitas favorit yang menerima jumlah tertinggi mahasiswa program bidik misi secara nasional setiap tahun.

…dst

21 ) Kouta Bidik Misi di ITS Tambah 200 Kursi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645758/kouta-bidik-misi-di-its-tambah-200-kursi

Selasa, 12 Juni 2012 16:02 wib
JAKARTA – Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kuota 30 ribu program Beasiswa Bidik Misi. Program yang diberikan bagi para pelajar tidak mampu ini disebar lewat berbagai jalur penerimaan di tiap perguruan tinggi. Untuk kuota tiap kampus, Kemendikbud memberikan otonomi kepada masing-masing kampus. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, terjadi kenaikan jumlah yang signifikan untuk penerimaan mahasiswa baru program Bidik Misi. Jika sebelumnya kuota penerimaan mahasiswa Bidik Misi 800 orang, kali ini ITS dijatah untuk menyediakan 1.000 kursi. ”Tapi memang tidak mudah mencari mahasiswa bidik misi. Kita harus mencari calon mahasiswa yang benar-benar tidak mampu, pintar, dan juga mau kuliah,” ujar Rektor ITS Tri Yogi Yuwono, seperti dinukil dari ITS Online, Selasa (12/6/2012).

…dst

22 ) Kuota program Bidik Misi di ITS dan Unair naik
http://www.antaranews.com/berita/315744/kuota-program-bidik-misi-di-its-dan-unair-naik

Rabu, 13 Juni 2012 11:27 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Jatah mahasiswa baru penerima beasiswa “Bidik Misi” untuk ITS pada tahun ini naik dari 800 menjadi 1.000 orang, sedangkan Unair dari 750 menjadi 850 orang. “Tahun ini, jatah Bidik Misi di ITS memang meningkat, tapi mencari mahasiswa yang miskin dan berprestasi itu tidak mudah,” kata Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA di Surabaya, Rabu. Untuk menjamin ketepatan sasaran program Bidik Misi, kata Guru Besar Teknik Mesin itu, ITS telah membentuk tim yang terdiri dari dekan, ketua jurusan, dosen, dan mahasiswa untuk melakukan verifikasi dan visitasi. “Yang jelas, jumlah mahasiswa baru program Bidik Misi yang naik itu memberi kesempatan besar untuk dapat melanjutkan studi secara gratis di ITS. Jangan khawatir akan biaya hidup dan akomodasi, karena pemerintah sudah menyediakan,” katanya.

…dst

23 ) India Berikan Beasiswa untuk Warga Indonesia
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/12/079410060/India-Berikan-Beasiswa-untuk-Warga-Indonesia

Selasa, 12 Juni 2012 | 16:29 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh mengatakan pemerintah India menawarkan 23 beasiswa tahunan kepada pelajar Indonesia untuk tingkat S1 dan S2 pada tahun ini. India juga memberikan 105 beasiswa untuk program pelatihan singkat di bawah ITEC dan Colombo Plan. Hal itu diungkapkan Gurjit Singh saat bertemu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2012. Ia berharap pelajar dan pegawai pemerintahan Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini. Pemerintah India menyediakan pelatihan teknis untuk pegawai pemerintahan, sektor swasta, dan negeri, universitas, serta KADIN. Pelatihan itu di bawah dua program pelatihan bilateral. Menurut Pradeep K. Gupta, Sekretaris Kedua Kedutaan Besar bidang Pendidikan, dalam kurun lebih dari satu dekade lebih dari 1.500 warga negara Indonesia mengikuti program-program pelatihan di India di bawah skema Program Kerja Sama Ekonomi dan Teknis India (ITEC) dan Kerja Sama Teknis (TCS) dari Colombo Plan.

…dst

24 ) Jumlah LPTK Dibatasi
Calon Guru Diseleksi secara Khusus
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/13/03345832/jumlah.lptk.dibatasi
atau http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/0905002/Calon.Guru.Diseleksi.secara.Khusus

Rabu, 13 Juni 2012 | 09:05 WIB
Jakarta, Kompas – Jumlah lembaga pendidikan tenaga kependidikan, terutama yang swasta, dinilai perlu dibatasi untuk menjaga kualitas guru yang dihasilkan. Ada 374 lembaga: 32 negeri dan 342 swasta. Sebanyak 32 lembaga negeri itu terdiri dari 12 universitas dan 20 fakultas. Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab dan Rektor Universitas Negeri Jakarta Bedjo Sujanto, Senin (11/6), di Jakarta. “Ini gara-gara euforia sertifikasi guru. Pengendaliannya penting karena kualitas LPTK yang beragam,” kata Rochmat. Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto enggan menyebut jumlah ideal lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK). Di UNJ saja, lulusannya sekitar 5.000 mahasiswa per tahun. Kebutuhan guru wilayah DKI Jakarta 3.000 guru. “Guru PNS di Jakarta 76.000 orang. Per tahun pensiun kira-kira 3.000 guru. Artinya, ada oversupply dari UNJ saja. Padahal, ada puluhan LPTK swasta di Jakarta,” kata Bedjo.

…dst

25 ) Awal Juli, Unanda Resmi Jadi PTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/373/646301/awal-juli-unanda-resmi-jadi-ptn

Rabu, 13 Juni 2012 10:05 wib
PALOPO – Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo segera ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN). Unanda akan ditetapkan bersama 12 perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di Indonesia. Penetapan Unanda menjadi PTN ini tinggal menunggu SK dari pemerintah pusat. Pimpinan 13 PTS yang akan jadi PTN itu diundang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) menghadiri rapat penyiapan sumber daya manusia besok, di Hotel Grand Sahid, Jakarta. “Alhamdulillah, Unanda sudah memasuki fase detik-detik menuju negeri. Ada 13 pimpinan PTS yang diundang mengikuti rapat terkait penegerian ini di Jakarta,” ujar Rektor Unanda Palopo, Prof. DR. Lauddin Marsuni saat menggelar jumpa pers di Palopo, kemarin. Ke-13 PTS yang akan berubah jadi PTN tersebut yakni Unanda Palopo (Sulsel), Universitas Teuku Umar (Aceh), Universitas Samudera Langsa (Aceh), Politeknik Ketapang (Kalbar), Universitas Graha Nusantara (Sumut), Politeknik Sendawar Nunukan (Kaltim), Politeknik Terpikat Sambas (Kalbar), Universitas Sulawesi Barat (Sulbar), Politeknik Banyuwangi, Universitas Kolaka (Sulteng), Politeknik Muara Teweh, dan Universitas Timor (NTT).

…dst

26 ) Universitas Baru
PTS Technopreneurs Didirikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/16095426/PTS.Technopreneurs.Didirikan

Selasa, 12 Juni 2012 | 16:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Universitas swasta baru bakal beroperasi pada tahun 2013. Universitas yang berbasis pada pengembangan technopreneur ini didirikan fisikawan Indonesia ternama, Profesor Yohanes Surya. Perguruan tinggi swasta bernama Surya University dibuka di Gading Serpong, Tangerang. Yohanes Surya di Jakarta, Selasa (12/6/2012), mengatakan, universitas ini dibuat untuk mendukung lahirnya teknologi terdepan di Indonesia, termasuk juga lewat technopreneur. Untuk itu, Prof Yo, demikian Yohanes sering disapa, menggandeng para doktor Indonesia di luar negeri untuk menjadi pengajar.

…dst

27 ) ITS Targetkan ‘Go’ Internasional 2015
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/07/m58z0t-its-targetkan-go-internasional-2015

Jumat, 08 Juni 2012, 00:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Surabaya–Globalisasi manusia akan terjadi tahun 2015 nanti. Banyaknya serangan pegawai dari luar negeri maupun mahasiswa memaksa instansi pendidikan menyiapkan SDM-nya. Beberapa instansi pendidikan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) telah dikenal oleh dunia internasional. Hasilnya, banyak mahasiswa asing yang datang untuk belajar di kampus tersebut. Untuk itu, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, tidak ingin ketinggalan dan menargetkan dapat pengakuan internasional dari dunia internasional. Kepala International Office ITS, Maria Anityasari mengungkapkan, pengenalan ke civitas akademika ini merupakan langkah strategis yang harus dicapai tahun ini, yaitu penguatan internal kampus. Sebab, target ‘Go’ Internasional ITS tinggal sebentar lagi, yaitu tahun 2015. “Kita targetkan 2015 ITS dapat pengakuan internasional dan menjadi kampus Internasional,” kata dia, Kamis (7/6).

…dst

28 ) Semua Prodi ITS Sudah Terakreditasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645754/semua-prodi-its-sudah-terakreditasi

Selasa, 12 Juni 2012 15:04 wib
JAKARTA – Kualitas sebuah program studi (prodi) dalam lembaga pendidikan diukur melalui akreditasi. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang cukup diminati para pelajar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya selalu berupaya mendapatkan akreditasi untuk tiap prodi baik secara nasional maupun internasional. Namun, beberapa waktu lalu, tersiar kabar jika sejumlah program studi di ITS memiliki akreditasi yang kedaluwarsa. Kabar ini pun mendapat penjelasan dari Pembantu Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Herman Sasongko. Herman menyatakan, semua prodi di ITS telah mengajukan pembaharuan akreditasi sejak 16 Mei lalu. ”Masalahnya bukan karena program studi ITS tidak terakreditasi, tapi hanya belum diperpanjang,” ungkap Herman, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (12/6/2012).

…dst

29 ) Bandung Akan Miliki Institut Seni
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/373/646330/bandung-akan-miliki-institut-seni

Rabu, 13 Juni 2012 11:02 wib
BANDUNG – Pemerintah daerah Bandung kini tengah bersiap menghadapi perubahan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) menjadi Institut Seni Indonesia (ISI). Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengaku, saat ini pihaknya tengah menegosiasi perubahan tersebut. Kata Heryawan, Pemerintah Provinsi Jabar sudah membicarakan perubahan status STSI tersebut dengan Ketua STSI Endang Caturwati dan Komisi X DPR RI. “Kami sudah ngobrol-ngobrol tentang perubahan STSI menjadi institut, tinggal dipertajam lagi nantinya,” kata Heryawan dalam pembukaan West Java Wayang Festival 2012 di Kampus STSI Bandung, kemarin malam. Heryawan berkata, STSI tidak hanya berubah status jadi ISI. STSI akan menempati tempat dan gedung baru di lahan seluas 30 hektare (ha) yang akan dibeli dengan biaya dari APBN. ISI nantinya akan menempati gedung seluas tujuh ha di lahan seluas 30 ha tersebut. “Biaya dari APBN. Kami juga akan membantu dan mendukung pembangunannya,” sebutnya.

…dst

30 ) Tim UPPM UB Ikuti Wisata Posdaya IPB
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645816/tim-uppm-ub-ikuti-wisata-posdaya-ipb

Selasa, 12 Juni 2012 19:03 wib
JAKARTA – Sebanyak 12 orang tim Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB), Malang, mengikuti Wisata Posdaya yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB). Tidak sekadar berwisata, mereka juga akan mempelajari kehidupan masyarakat sekitar. Dalam wisata ini, peserta bermalam di Posdaya Kenanga Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat. Selama dua hari satu malam, peserta akan berada di tengah-tengah masyarakat. “Wisata Posdaya ini adalah terobosan baru. Bukan sekadar jalan-jalan, tapi menikmati alam dengan meningkatkan informasi tentang pemberdayaan. Rombongan dari UB ini merupakan peserta pertama yang ikut Wisata Posdaya.

…dst

31 ) Mashuri, Si Doktor Pasir Besi dari ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645743/mashuri-si-doktor-pasir-besi-dari-its

Selasa, 12 Juni 2012 13:02 wib
JAKARTA – Dosen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Mashuri menciptakan bahan penyerap gelombang mikro dengan bahan baku yang jauh lebih murah. Pasir besi yang dipilihnya sebagai bahan utama riset pun menjadi yang pertama dan satu-satunya di dunia saat ini. Bahkan, lewat riset tersebut, Mashuri meraih gelar doktor. Saat ini, teknologi siluman (stealth technology) banyak digunakan pada badan pesawat terbang atau kapal untuk keperluan militer. Penggunaan Radar Absorber Materials (RAM) yang mampu mengaburkan gelombang radar pun dijual dengan harga yang mahal. Dalam disertasinya, Mashuri mengunakan metode kopresipitasi dalam pembuatan RAM, yakni, sebuah metode sintesis senyawa anorganik dengan cara pengendapan lebih dari satu substansi. Dengan metode tersebut, dia menyulap pasir besi menjadi RAM dengan harga yang relatif jauh lebih murah.

…dst

32 ) Penghargaan Luar Negeri – Hatta Raih Honoris Causa di Slovakia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/502833/

Wednesday, 13 June 2012
JAKARTA – Ketua Umum PAN Hatta Rajasa kembali meraih penghargaan gelar doktor honoris causa (HC) dalam bidang ekonomi dari Universitas De Nitra, Slovakia, yang merupakan universitas terbaik di negara tersebut. Apa yang diberikan kepada Hatta Rajasa ini merupakan kehormatan dunia bagi anak negeri ini. “Saya berangkat Sabtu malam ke sana untuk menerima gelar kehormatan tersebut,” kata Hatta dalam rilisnya kemarin. Menurut salah satu kandidat calon presiden (capres) 2014 ini, gelar tersebut diberikan kepadanya karena kampus tersebut menilai dirinya dianggap memiliki peran dalam bidang politik, dan khususnya bidang ekonomi di Indonesia dan negara sekitarnya.

…dst

33 ) Mobnas listrik diproduksi massal 2013
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1339495936/mobnas-listrik-diproduksi-massal-2013

Selasa, 12 Juni 2012 17:12 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Jika tidak ada aral melintang Indonesia segera memproduksi secara massal mobil listrik nasional pada April 2013. “Mudah-mudahan jika semua lancar, mobil listrik dapat diproduksi massal mulai April 2013 dengan jumlah produksi awal sebanyak 10.000 unit,” kata Dahlan usai meninjau PT Nipress Tbk produsen baterai (accu), di Narogong, Cileungsi, Jawa Barat, Selasa. Menurut Dahlan, prototipe mobil listrik nasional akan diluncurkan pada 10 Agustus 2012 bertepatan dengan Hari Kembangkitan Teknologi Nasional. Ia menjelaskan empat varian mobil listrik yang akan diproduksi yaitu, kendaraan sekelas Carry, Avanza, Yaris, dan kelas premium Ferrari. “Prototipe empat varian mobil listrik tersebut sudah selesai, tinggal meminta kesiapan pasokan baterai jenis lithium ferro posphate,” kata Dahlan.

…dst

34 ) “Saya Akan Datang Bila Dipanggil KPK”
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/12/373/645890/saya-akan-datang-bila-dipanggil-kpk

Selasa, 12 Juni 2012 15:54 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Ravik Karsidi mengkau siap dipanggil dan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Saya akan datang bila dipanggil KPK, bahkan diperiksa sekali pun. Tetapi hingga saat ini belum ada surat pemanggilan terkait dengan kasus itu,” ungkap Ravik saat ditanya soal Kasus korupsi yang melibatkan Angelina Sondakh dan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang salah satunya UNS, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2012). Meskipun UNS disebut-sebut KPK dalam kasus korupsi di Kemendikbud, namun Rektor UNS mengaku tidak mengetahui adanya aliran dana Rp40 miliar. “Setelah dilakukan pengecekan anggaran tahun 2012 Rp448 miliar, semuanya sesuai dengan Keppres Nomor 80 tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa dan mekanisme Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti),” jelasnya.

…dst

35 ) Lima Orang Indonesia Belajar Gandum di Slowakia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/12/22321293/Lima.Orang.Indonesia.Belajar.Gandum.di.Slowakia

Selasa, 12 Juni 2012 | 22:32 WIB
NITRA, KOMPAS.com — Lima orang mahasiswa dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, saat ini belajar budidaya gandum di Universitas Pertanian Slowakia di Nitra, 57 kilometer dari Ibu Kota Slowakia, Bratislava. Setelah lulus, mereka akan mengembangkan gandum di Indonesia.Wartawan Kompas Subur Tjahjono melaporkan dari Nitra, Selasa (12/6/2012), kelima mahasiswa tersebut adalah Elisabeth Sianturi dan Doni Hariadi yang mempelajari agronomi, Silvia Permatasari mempelajari hama dan penyakit tanaman gandum, Nunung Hidayati mempelajari pascapanen gandum, dan Nurwanita Ekasari Putri mempelajari pemuliaan tanaman gandum.

…dst

36 ) Mahasiswa Anarkis akan Dipecat
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/06/12/m5ij4u-mahasiswa-anarkis-akan-dipecat

Selasa, 12 Juni 2012, 23:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR – Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus Prof Dr Pasolang Pasapa n menyatakan akan memecat sejumlah Mahasiswa yang melakukan pengrusakan secara anarkis pascademonstrasi di Kampusnya di Makassar, Sulawesi Selatan. “Kita mengambil tindakan tegas segera memecat mahasiswa yang telah merusak seluruh fasilitas Rektorat dan berbuat anarkis di kampus,” ujar Rektor di Makasar, Selasa (12/6).Ia menyebutkan, sekitar 10 mahasiswa telah diketahui identitasnya berdasarkan saksi-saksi di tempat kejadian. Dua mahasiswa telah ditahan polisi bernama Alv (24) dan GD (23) yang sementara ini tengah menjalani pemeriksaan intensif.”Peristiwa ini membawa kerugian materil dan moril serta mencoreng nama baik kampus UKI Paulus. Kita sementara proses penegakan disiplin kampus. Ini sudah tindak pidana murni, dan semua yang terlibat akan mendapat sanksi tegas,” ucapnya.

…dst

37 ) Pendidik dan Pembohong
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/09322779/Pendidik.dan.Pembohong

Rabu, 13 Juni 2012 | 09:32 WIB OLEH SAIFUR ROHMAN
Kejaksaan Agung kembali memeriksa dua tersangka kasus korupsi pengadaan peralatan dan penunjang laboratorium pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Kamis (7/6/2012). Hal itu merupakan tindak lanjut dari penetapan tersangka sejak 29 November 2011. Diduga kerugian negara mencapai Rp 5 miliar. Sebelumnya tersiar kabar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tersandung kasus pengadaan laboratorium senilai Rp 54 miliar. Pada saat yang tak berjauhan, dalam pembangunan perpustakaan di Universitas Indonesia ada dugaan korupsi pengadaan teknologi informasi dan pencairan sejumlah uang melalui pemalsuan tanda tangan. Tindak pidana itu merugikan negara senilai Rp 21 miliar.

…dst

38 ) Korupedia Akan Berikan Efek Jera kepada Koruptor
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/12/21290949/Korupedia.Akan.Berikan.Efek.Jera.kepada.Koruptor

Selasa, 12 Juni 2012 | 21:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Transparency International Indonesia (TII), Selasa (12/6/2012) malam, di Warung Daun Cikini, meluncurkan sebuah website yang mendokumentasikan para koruptor secara abadi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera dan sanksi sosial kepada para koruptor. Juga sebagai langkah perlawanan praktik tindak pidana korupsi. Situs yang diberi nama “Korupedia: Ensiklopedia Koruptor Indonesia. Situs ini merupakan inisiatif sukarela dari orang-orang yang sudah jengah dengan berkembangnya korupsi di Tanah Air. Para pendirinya seperti, Heru Hendratmoko, Teten Masduki, Natalia Soebagjo, Danang Widoyoko (ICW), Deva Rachman, Catharina Widyasrini, Aboe Prajitno, Billy Khaerudin, Alex Junaidi, Metta Dharmasaputra. Selain daftar para koruptor yang akan dipublikasi di situs www.korupedia.org itu, situs tersebut juga dilengkapi dengan tautan berita terkait korupsi di Indonesia. “Seluruh data akan kami verifikasi terlebih dahulu, lengkap dengan tautan terbaru. Setelah itu baru kami publikasikan di Korupedia,” ujar Teten.

…dst

39 ) Daftar koruptor Indonesia tersedia di korupedia.org
http://www.antaranews.com/berita/315658/daftar-koruptor-indonesia-tersedia-di-korupediaorg

Selasa, 12 Juni 2012 22:05 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Transparency International bersama sejumlah redaktur media nasional dan aktivis media sosial meluncurkan portal ensiklopedia koruptor di Indonesia, korupedia.org. “Kami melalui korupedia.org ingin mendokumentasikan mereka-mereka yang pernah diputus oleh pengadilan sebagai koruptor,” kata Sekretaris Jenderal Transparency International, Teten Masduki, di Jakarta, Selasa malam. Teten mengatakan peluncuran korupedia.org dilatarbelakangi ketidak-efektifan sanksi sosial yang diberikan kepada mereka yang telah diputus melakukan korupsi secara tetap oleh lembaga peradilan, baik Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, ataupun Mahkamah Agung. “Media online lebih murah dan mudah diakses oleh masyarakat umum,” kata Teten menjelaskan alasan penggunaan media online.

…dst

40 ) Palsukan Ijazah, Mantan Bupati Sragen Dituntut Setahun Penjara
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/11/m5g555-palsukan-ijazah-mantan-bupati-sragen-dituntut-setahun-penjara

Senin, 11 Juni 2012, 16:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono dituntut satu tahun penjara karena diduga melakukan pemalsuan ijazah saat mencalonkan diri menjadi bupati. Tuntutan tersebut dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum, Yohannes Suyatno di Pengadilan Negeri Semarang, Senin (11/5). Menurut JPU, Untung terbukti secara sah telah melakukan pemalsuan ijazah. Dia didakwa telah melanggar Pasal 263 ayat 2 KUHP tentang Pemalsuan Surat sebagai dakwaan primer.Dengan ijazah palsu, Untung maju sebagai bupati Sragen dalam dua periode yakni 2000-2005 dan 2005-2010. Ijazah yang dipalsukan diantaranya ijazah SMA Sembada Jakarta nomor resgistrasi LAA Nomor 001054. Setelah diselidiki ternyata ijazah tersebut bukan atas nama Untung melinkan Ratna Hidayat, siswi SMA Negeri 6 Jakarta.Pemalsuan pun semakin jelas terbukti saat pihak SMA Sembada menyatakan tak memiliki siswa bernama Untung. Ijazahnya pun keluar pada tahun 1971 padahal SMA Sembada baru berdiri pada tahun 1980.

…dst

41 ) Buka 13.873 Kuota CPNS Baru
Juli Pendaftaran, Agustus Tes
http://www.jpnn.com/read/2012/06/13/130465/Buka-13.873-Kuota-CPNS-Baru-

Rabu, 13 Juni 2012 , 06:14:00
JAKARTA – Pemerintah kembali membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kali ini untuk pelamar umum. Izin prinsip kuota formasi CPNS baru yang diusulkan instansi pusat dan daerah sudah disahkan. Pendaftaran dilakukan Juli, sedangkan tes dihelat pada minggu ketiga Agustus. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, pihaknya telah menyetujui izin prinsip kuota formasi. Izin prinsip tersebut ditetapkan untuk 17 instansi pemkab/pemkot, 3 instansi pemprov, dan 22 instansi pusat. Kuota CPNS baru dari pelamar umum yang sudah ditetapkan untuk instansi daerah adalah 1.904 kursi. Sedangkan untuk instansi pusat adalah 11.733 kursi. Selain itu juga ada kuota CPNS baru untuk seleksi ulangan di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, sebanyak 236 kursi. Jadi, total ada 13.873 kuota. Eko menegaskan, pengalokasian kuota ini tidak main-main. Kuota ini didistribusikan untuk fomasi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan tenaga mendesak lainnya seperti sipir penjaga tahanan. Selain itu, di instansi pusat juga dialokasikan untuk mengisi pos CPNS ikatan dinas. Posisi atau pos pekerjaan ini terbebas dari kebijakan moratorium CPNS baru. Kemen PAN-RB bersama konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mulai membuka pendaftaran CPNS baru formasi pelamar umum. “Rincian teknis akan kami rapatkan besok (hari ini, red),” papar Eko. Di antara yang akan dirembuk dengan konsorsium ini adalah teknis pembuatan soal ujian, pengadaan soal, pengawasan, pelaksanaan, pemantauan, pemeriksaan naskah jawaban, hingga pengumuman.

…dst

42 ) Nasib Honorer Diluar K1-K2 Tak Jelas
http://www.jpnn.com/read/2012/06/12/130436/Nasib-Honorer-Diluar-K1-K2-Tak-Jelas-

Selasa, 12 Juni 2012 , 23:53:00
JAKARTA–Para tenaga honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Indonesia pesimis pengangkatan honorer jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa tuntas di 2014. Mereka memprediksi masalah yang sama akan muncul lagi ketika terjadi pergantian presiden. “Pasti muncul lagi deh honorer tertinggal, karena sekarang ini di lapangan banyak sekali honorernya,” kata Penasehat Forum Honorer Kabupaten Malang, Nurul Yaqin, yang dihubungi, Selasa (12/6). Menurutnya, pengklasifikasian tenaga honorer tertinggal menjadi dua kelompok yakni kategori satu (K1) dan K2, malah menjadi sumber masalah. Padahal, masih banyak tenaga honorer yang tidak termasuk K1 dan K2. “Kenapa kita dikotak-kotakan begitu. Harusnya kita diperlakukan sama. Kalau seperti ini, apa ada jaminan tidak akan ada lagi payung hukum baru untuk menangani masalah honorer. Sebab, masih banyak honorer yang tidak terakomodir,” terangnya. Dia mencontohkan kasus honorer di Jawa Tengah. Sebanyak 1000-an honorer teranulir yang belum terselesaikan masalahnya. “Mereka itu sudah dites dan diumumkan lulus tes. Tapi kemudian tiba-tiba dibatalkan sepihak oleh pemerintah. Nah ini mereka mau diapain, masa cuma K1 dan K2 yang diurusin pemerintah,” ketusnya.

…dst

43 ) Juli, Pendaftaran Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/12/130363/Juli,-Pendaftaran-Seleksi-CPNS-

Selasa, 12 Juni 2012 , 09:24:00
EMPAT LAWANG – Kabar gembira bagi pencari kerja khususnya di Empat Lawang. Dijadwalkan Agustus mendatang Pemkab Empat Lawang akan menggelar seleksi penerimaan CPNS formasi 2012. “Hasil rapat 8 Juni di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) RB, ada 17 kabupaten kota yang direstui bakal melaksanakan seleksi CPNS formasi 2012, salah satunya Empat Lawang,” ujar Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri SE MM melalui Kepala BKD Januarsah Hambali SH MH.
Dikatakannya, penerimaan CPNS mulai pendaftarannya pada akhir Juli, kemudian dilanjutkan seleksi serentak minggu kedua Agustus. “Jadwal masih dalam tahapan koordinasi yang disesuaikan kesiapan kabupaten/kota pelaksana. Karena sesuai instruksi kementerian, seleksi dilakukan serentak,” ujarnya. Untuk Empat Lawang, kuota penerimaan kemungkinan besar, sekitar 300 orang. Dengan klasifikasi khusus, guru dan kesehatan. “Khusus formasi umum dipastikan tidak ada,” katanya.

…dst

44 ) Pendaftaran Praja IPDN Sepi Peminat
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/373/646303/pendaftaran-praja-ipdn-sepi-peminat

Rabu, 13 Juni 2012 10:23 wib
SIMALUNGUN – Pendaftaran calon praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) di Kabupaten Simalungun, sepi peminat. Sampai batas akhir pendaftaran akhir Mei lalu, hanya 39 orang yang mengambil formulir pendaftaran. “Kami hanya sebatas memfasilitasi para pelamar untuk melanjutkan proses seleksi di provinsi. Para pelamar yang lulus nanti diseleksi sesuai kemampuan intelektual yang dimiliki,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Simalungun Anna J Girsang.Para pelamar akan diberikan nomor seleksi pada 20 Juni dan mengikuti tahapan seleksi, meliputi tes kesehatan, psikotes, dan kesamaptaan di tingkat provinsi. Penilaian akhir akan dilakukan di Kementerian Dalam Negeri.

…dst

45 ) Jakarta Tuan Rumah Pameran Filateli Tingkat Dunia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/12120528/Jakarta.Tuan.Rumah.Pameran.Filateli.Tingkat.Dunia

Rabu, 13 Juni 2012 | 12:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sukses menyelenggarakan pameran filateli tingkat Asia Pasifik pada tahun 1993, 1995, dan 2008, serta pameran filateli tingkat dunia untuk remaja pada 1996, tahun ini Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pameran filateli tingkat dunia. Mengambil tema “Bringing to the world of peace through stamp”, pameran ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 18-24 Juni 2012 mendatang. Ketua Persatuan Filateli Indonesia (PFI), R Soeyono mengatakan, sedikitnya 70 negara telah mendaftar untuk mengikuti ajang prestasi filateli tingkat dunia ini. Pameran berskala internasional yang ke IV di Indonesia dalam bidang filateli ini akan menampilkan lebih dari 2.522 frame yang berasal dari negara peserta dan terdiri dari 11 kelas, termasuk di dalamnya koleksi kehormatan serta 80 stamp dealer dari dalam dan luar negeri.