Perguruan Tinggi Negeri Dilarang Naikkan Biaya Pendidikan

06/12/2012

Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melarang perguruan tinggi negeri (PTN) menaikkan biaya pendidikan yang berasal dari mahasiswa. “Tidak ada kenaikan SPP (sumbangan pembinaan pendidikan), karena sudah dapat bantuan operasional perguruan tinggi negeri,” katanya seusai melakukan inspeksi mendadak di hari pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (12/06).

Mendikbud menjelaskan, saat ini pemerintah menerapkan sistem insentif dan disinsentif bagi semua PTN. Jika sumber dana sebuah PTN berasal dari masyarakat, maka secara otomatis penerimaan yang berasal dari pemerintah akan dikurangi. Namun jika pendanaannya didapat dari kerja sama dengan industri dan penelitian, maka pemerintah akan memberi insentif tambahan.  “Tambahannya disesuaikan dengan koefisien proporsionalitasnya,” kata Mendikbud.

Untuk itu, selain memberi bantuan operasional kepada perguruan tinggi negeri, Mendikbud menyampaikan akan terus mendorong tumbuhnya kerja sama antara PTN dengan industri. “Jangan sekali-sekali menaikkan dari sisi masyarakat, karena akan diberi disinsentif,” tegasnya. (AR)