1 ) Uncen Miliki Dekan Baru
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2935:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Written by Layanan Informasi
Friday, 15 June 2012 16:18
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengangkat Dekan Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih (Uncen) Periode 2012-2016, Apolo Safanpo. Selain pengangkatan Apolo, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso menyaksikan pengambilan sumpah dan serah terima jabatan sejumlah petinggi di Lingkungan Ditjen Dikti. Djoko berharap para pejabat terpilih mampu menunjukan loyalitasnya sesuai dengan tuntutan Rencana Strategis Kemdikbud, termasuk peningkatan kesempatan pendidikan tinggi bagi generasi muda Papua.

…dst

2 ) Dekan FEUI Jadi Staf Khusus Presiden SBY
http://news.detik.com/read/2012/06/15/150757/1942316/10/dekan-feui-jadi-staf-khusus-presiden-sby

Jumat, 15/06/2012 15:07 WIB
Jakarta Presiden SBY mengangkat seorang staf khusus baru bidang ekonomi, yaitu Firmanzah, yang juga menjabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). “Sudah sejak 2-3 hari lalu,” jawab Firmanzah saat ditanya sejak kapan resmi menjadi seorang staf khusus kepresidenan bidang ekonomi. Kepada detikcom yang menemui di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (15/6/2012), Firmanzah mengaku hingga kini belum menerima Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan dirinya. Namun, dia telah memastikan Keppres itu sudah disahkan Presiden SBY. “Keppres sudah ditandatangani, hanya saya belum terima,” ujar pria kelahiran 1976 ini sembari naik ke dalam pesawat Kepresiden RI yang akan terbang ke Los Cabos, Meksiko.

…dst

3 ) Jadi Staf Khusus Presiden, Dekan FE UI Mundur
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/16/373/648307/jadi-staf-khusus-presiden-dekan-fe-ui-mundur

Sabtu, 16 Juni 2012 10:57 wib
JAKARTA – Setelah mendapat tugas sebagai staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bidang ekonomi, Firmanzah mundur dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI). “Saya sudah mengajukan pengunduran diri ke Universitas Indonesia untuk posisi dekan,” ujar Firmanzah. Firmanzah telah menjalankan tugas sebagai staf ahli Presiden SBY selama beberapa hari. Meski telah diangkat sebagai staf khusus, dia mengaku belum mendapat salinan keppres pengangkatan dirinya sebagai staf khusus Presiden. Lebih lanjut Firmanzah bertutur, staf khusus Presiden merupakan dunia yang baru baginya. “Ini sebuah dunia baru karena selama ini besar di kampus. Sekarang saya mendampingi Presiden,” pungkasnya.

…dst

4 ) PTN Minta Diberi Kebebasan Lebih
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/16/10112374/PTN.Minta.Diberi.Kebebasan.Lebih

Sabtu, 16 Juni 2012 | 10:11 WIB
KOMPAS.com — Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada, Sofian, mengatakan, perguruan tinggi negeri (PTN) jangan diperlakukan seperti pegawai kecamatan yang seluruh kebijakannya harus mendapat persetujuan dari atasan. “PTN harus diberi otonomi untuk mengambil kebijakan dalam tata kelola maupun yang berkaitan dengan akademik. Institusi ini tidak bisa diperlakukan seperti pegawai kecamatan,” kata Sofian saat ditemui di Jakarta, Jumat (15/6/2012). Sofian mencontohkan, dalam hal pembiayaan, jika PTN diberi otonomi akan mampu menyerap calon mahasiswa yang kurang mampu. “Terbukti dari pembiayaan yang mandiri, UGM dan Universitas Indonesia (UI) mampu menyerap 18-19 persen mahasiswa kurang mampu, atau lebih banyak 12 persen dari PTN lain yang belum berani mengambil langkah yang sama,” kata dia.

…dst

5 ) UGM : PTN jangan diperlakukan seperti pegawai kecamatan
http://www.antaranews.com/berita/316341/ugm–ptn-jangan-diperlakukan-seperti-pegawai-kecamatan

Jumat, 15 Juni 2012 22:29 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Sofian Effendi, PhD mengatakan perguruan tinggi negeri jangan diperlakukan seperti pegawai kecamatan, yang seluruh kebijakannya harus mendapat persetujuan dari atasan. “PTN harus diberi otonomi untuk mengambil kebijakaan dalam tata kelola maupun yang berkaitan dengan akademik. Institutsi ini tidak bisa diperlakukan seperti pegawai kecamatan,” kata Sofian saat ditemui di Jakarta, Jumat. Sofian mencontohkan, dalam hal pembiayaan, PTN jika diberi otonomi akan mampu menyerap calon mahasiswa yang kurang mampu. “Terbukti dari pembiayaan yang mandiri, UGM dan Universitas Indonesia (UI) mampu menyerap 18–19 persen mahasiswa kurang mampu, atau lebih banyak 12 persen dari PTN lain yang belum berani mengambil langkah yang sama,” kata dia. Sofian menjelaskan, pemerintah setiap tahun memberi subsidi enam juta per tahun per mahasiswa PTN dari 18 juta biaya rata-rata pendidikan di universitas negeri. Sementara 12 juta sisanya harus ditanggung oleh mahasiswa tanpa melihat kemampuan ekonomi keluarga. “Jumlah 12 juta yang inilah yang sulit dipenuhi oleh orang tua mahasiswa yang kurang mampu. UGM dan UI dengan subsidi silang terbukti bisa membantu mereka,” kata Sofian.

…dst

6 ) Jangan Takut Pecat Dosen Plagiat
Instruksi Kemenag untuk Tegakkan Kedisiplinan Intelektual
http://www.jpnn.com/read/2012/06/16/130832/Jangan-Takut-Pecat-Dosen-Plagiat-

Sabtu, 16 Juni 2012 , 08:07:00
AMBON – Kementerian Agama (Kemenag) masih terpukul terhadap kasus plagiat seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta yang terbongkar beberapa waktu lalu. Kemenag meminta dosen tidak takut memecat dosen yang terlibat praktek plagiat dalam skala keterlaluan. Instruksi keras itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Nur Syam ketika menghadiri ramah tamah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di Ambon kemarin (15/6). Mantan rektor IAIN Sunan Ampel, Surabaya itu menyebut praktek plagiat sudah masuk kategori kejahatan intelektual. ”Jadi langkah rektor UIN Jakarta memecat dosen yang bersangkutan saya rasa tepat,” kata dia. Sebab, praktek ini bisa menjadi contoh bagi-bagi rektor lainnya untuk tidak segan-segan menindak oknum dosen nakal. Selama ini, jenis hukuman bagi dosen yang terlibat praktek plagiat masih terlalu ringan. Sehingga, kejadian serupa terus terulang. Nur Syam menjelaskan, upaya rektor menjatuhkan sanksi tegas berupaya pemecatan kepada anak buahnya yang terlibat plagiat ini memang beresiko. Seperti terjadi di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, sang rektor digugat di pengadilan tata usaha Negara (PTUN) oleh dosen yang sudah dipecat.

…dst

7 ) Pendidikan Australia
Mahasiswa Asing Langsung Dapat Visa Kerja
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/16/13294457/Mahasiswa.Asing.Langsung.Dapat.Visa.Kerja

Sabtu, 16 Juni 2012 | 13:29 WIB
ADELAIDE, KOMPAS.com — Mahasiswa asing yang sedang belajar di Australia mulai tahun depan akan mendapatkan visa untuk kerja, apa pun bidang studi yang mereka tempuh. Langkah yang dilakukan oleh pemerintahan Partai Buruh ini mendapatkan tentangan dari serikat buruh. Koresponden Kompas L Sastra Wijaya di Australia melaporkan, serikat buruh mengkhawatirkan bahwa lapangan pekerjaan akan diisi oleh para mahasiswa asing sehingga mengurangi kesempatan bagi warga Australia sendiri. Dalam aturan baru ini, nantinya para mahasiswa hanya perlu memiliki kemampuan “bahasa Inggris memadai”, asuransi kesehatan, serta lolos pemeriksaan karakter dan kesehatan untuk bisa mendapatkan visa bekerja. Menteri Imigrasi Australia Chris Bowen mengatakan, perluasan visa Skilled Graduate ini akan membantu dunia pendidikan Australia yang bernilai 18 miliar dollar bersaing dengan negara-negara lain guna menarik para mahasiswa. Dengan adanya peraturan ini, sekitar 220.000 mahasiswa asing di Australia akan bisa bekerja di bidang apa saja setelah mereka selesai sekolah.

…dst

8 ) Bekal Rp600 Ribu, Juli Kuliah di IPB
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/16/373/648362/bekal-rp600-ribu-juli-kuliah-di-ipb

Sabtu, 16 Juni 2012 14:13 wib
JAKARTA – Biasanya, sebagai mahasiswa baru kita akan mendaftar ulang di kampus dengan ditemani orangtua. Tetapi, di tengah hiruk-pikuk masa pendaftaran mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor (IPB), Juliana datang seorang diri. Juli, demikian dia biasa disapa, merupakan alumnus SMA 1 Tayu Pati, Jawa Tengah. Tidak hanya seorang diri, dia juga hanya membawa uang Rp600 ribu, pemberian guru-guru sekolahnya, ketika mendatangi kampus pilihannya tersebut. Juli memang datang bukan dari keluarga berada. Sang ibu hanya bekerja sebagai pengupas kacang. Sementara sang ayah, meninggalkan Juli dan adiknya sejak kecil. “Ibu mengupas kacang hingga tangannya melepuh, dan dibayar Rp20 ribu untuk tiap karung kacang yang dikupasnya. Sementara ayah tiri saya menjadi supir, penghasilannya sekira Rp500 ribu per bulan, itu pun tidak tentu,” ujar Juli.

…dst

9 ) 1.000 Maba IPB Kuliah Gratis!
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/16/373/648332/1-000-maba-ipb-kuliah-gratis

Sabtu, 16 Juni 2012 12:05 wib
JAKARTA – Tahun ini, seribu mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) akan mengikuti kuliah gratis hingga lulus. Mereka merupakan peserta program Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Direktur Kemahasiswaan IPB Rimbawan berujar, 876 di antara mahasiswa Bidik Misi IPB adalah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan. “Sisa 124-nya akan kami saring dari SNMPTN jalur Ujian Tulis dan Ujian Talenta Masuk IPB,” ujar Rimbawan, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu (16/6/2012). Selain Bidik Misi, IPB juga menyiapkan kuota 127 beasiswa lain untuk mahasiswa baru yang kurang mampu.

…dst

10 ) UNS Tetap Berlakukan UKT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/16/189715/UNS-Tetap-Berlakukan-UKT

16 Juni 2012
SOLO – Kendati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa waktu lalu menunda penerapan uang kuliah tunggal (UKT) hingga 2013, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS tetap memberlakukan sistem itu tahun ini. Dia mengungkapkan, kebijakan tersebut diberlakukan lantaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) telah menyerahkan keputusan pemberlakuan UKT kepada setiap rektor. Dengan adanya hal itu, rektor memilih untuk melajutkan kebijakan tersebut. `’Dengan kondisi itu, sejumlah rektor dari beberapa universitas sepakat memberlakukan kebijakan tersebut,” ungkapnya. Sistem UKT telah diterapkan kepada peserta SNMPTN 2012 dari jalur undangan yang pembayarannya telah berakhir 5 Juni. `’Nanti yang lolos SNMPTN jalur tulis juga akan diberi sistem pembayaran yang sama karena memang kami tidak akan menunda pelaksanaannya,” paparnya.

…dst

11 ) Mahasiswa STKIP Bangkalan tolak komersialisasi pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/316288/mahasiswa-stkip-bangkalan-tolak-komersialisasi-pendidikan

Jumat, 15 Juni 2012 18:25 WIB
Bangkalan (ANTARA News) – Puluhan aktivis mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bangkalan, Madura, Jumat sore, berunjuk rasa di depan kantor rektorat menolak praktik komersialisasi pendidikan di kampus itu. Aktivis mahasiswa perwakilan dari berbagai tingkatan ini datang ke depan kantor rektorat dengan membawa berbagai poster dan spanduk yang berisi kecaman atas kebijakan lembaga itu yang dinilai telah melakukan komersialisasi pendidikan.Juru bicara mahasiswa Hannan dalam orasinya menyatakan, praktik komersialisasi pendidikan yang dilakukan pihak rektorat telah merugikan mahasiswa, bahkan akan banyak mahasiswa di kampusnya yang terancam putus kuliah.
“Jika hal ini dibiarkan, maka jangan harap generasi muda bangsa ini bisa mengenyam pendidikan dengan baik,” kata Hanannan.

…dst

12 ) “Peace Corps” di Indonesia diperpanjang
http://www.antaranews.com/berita/316248/peace-corps-di-indonesia-diperpanjang

Jumat, 15 Juni 2012 15:56 WIB
Malang (ANTARA News) – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengemukakan bahwa program “Peace Corps” di Indonesia masih akan diperpanjang hingga tahun-tahun berikutnya. “Program ini pasti akan tetap berjalan hingga jangka waktu yang cukup panjang, namun untuk saat ini masih bergerak di bidang pendidikan, yakni untuk pengajaran Bahasa Inggris,” kata Scot Marciel di Malang, Jatim, Jumat. Duta Besar AS mengatakan hal itu kepada wartawan disela acara penutupan sekaligus pelepasan para relawan “Peace Corps”, setelah belajar Bahasa Indonesia secara intensif di Batu dan Malang yang didampingi oleh para dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Setelah belajar Bahasa Indonesia dengan warga Kota Batu dan Malang selama 10 pekan, para relawan Peace Corps tersebut dilepas untuk mengajar selama dua tahun di seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim).Lebih lanjut Dubes mengatakan, untuk saat ini masih terfokus di bidang pendidikan karena sesuai komitmen, bahkan pemerintah Indonesia juga mendorong untuk mengutamakan bidang pengajaran Bahasa Inggris.

…dst

13 ) Kerja Sama Pendidikan-UII-RMUTTO Kembangkan Penelitian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/503727/

Saturday, 16 June 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Rajamanggala University of Technologi Tawan-Ok (RMUTTO),Thailand menjalin kerja sama pengembangan pendidikan dan penelitian.”Kedua pihak sepakat mengembangkan beberapa program kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid kemarin. Menurut dia, beberapa program kerja sama itu antara lain, program dual degree untuk mahasiswa jenjang sarjana, pertukaran pelajar dan tenaga kependidikan, pertukaran budaya, conference programs, dan kolaborasi penelitian.

…dst

14 ) IPB Ajak Masyarakat Melek Gizi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/16/130849/IPB-Ajak-Masyarakat-Melek-Gizi-

16 Juni 2012
BOGOR – PT Sarihusada dan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dalam bidang peningkatan gizi masyarakat melalui program `AMG Connect’ (Ayo Melek Gizi–Community and Nutrition Education Center). Dengan kerjasama tersebut, FEMA IPB dan Sarihusada akan memfasilitasi pendidikan gizi bagi 200 kader penggiat edukasi gizi masyarakat, termasuk kader posyandu di wilayah Bogor. Presiden Direktur PT Sarihusada, Boris Bourdin menyatakan, masalah pengetahuan dan pemenuhan gizi masyarakat masih menjadi salah satu tantangan pembangunan di Indonesia. Melalui Program ini Sarihusada ingin berpartisipasi dalam upaya peningkatan pengetahuan gizi masyarakat melalui kegiatan edukasi bekerjasama dengan lembaga yang kompeten. Dalam hal ini FEMA IPB.

…dst

15 ) IPB gelar pelatihan antikorupsi
http://www.antaranews.com/berita/316318/ipb-gelar-pelatihan-antikorupsi

Jumat, 15 Juni 2012 20:29 WIB |
Bogor (ANTARA News) – Direktorat Sumber Daya Manusia Institut Pertanian Bogor menggelar pelatihan tematik mengenai antikorupsi. Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, M.Si di Bogor, Jumat menjelaskan, dua narasumber dihadirkan pada pelatihan itu, yakni Dr Nimmi Zulbainarni dan drh Rahmat Hidayat, M.Si. Ia menjelaskan, pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumberdaya Manusia IPB itu dalam rangka memberikan pendidikan antikorupsi terhadap para sivitas akademika, khususnya para pejabat di IPB. Narasumber pertama Nimmi Zulbainarni mengatakan bahwa korupsi terjadi karena dua faktor yakni internal dan eksternal. Menurut dia, beberapa pendapat menyebutkan faktor internal penyebab korupsi di antaranya korupsi akan terus berlangsung selama masih terdapat kesalahan tentang memandang kekayaan.

…dst

16 ) Ikatan Aumni ITB Gelar Workshop Alat Peraga IPA
http://www.pikiran-rakyat.com/node/192574

Sabtu, 16/06/2012 – 13:13
BANDUNG, (PRLM).-Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan workshop sehari dengan mengusung tema ” Pengenalan dan Pengembangan Alat Peraga IPA Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPA di Tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Acara yang diikuti oleh kurang lebih dari 70 guru SD, SMP, dan SMA dari wilayah Bandung dan sekitarnya dilaksanakan di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha 10, Bandung, Sabtu (16/6). Ikatan Alumni ITB bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) dalam melangsungkan acara tersebut. Widyaiswara P4TK IPA Achmad Sjaichu mengungkapkan, kegiatan ini sebagai upaya sosialisasi penggunaan alat peraga untuk pelajaran IPA kepada guru-guru. “Digelarnya acara ini agar mereka tahu kalau sudah banyak alat-alat peraga untuk melengkapi pelajaran IPA yang dapat digunakan,” katanya saat ditemui di sela-sela acara.

…dst

17 ) Dua Mahasiswa Luwu Kena Tembakan Senjata Kawannya
http://news.detik.com/read/2012/06/16/061444/1942733/10/dua-mahasiswa-luwu-kena-tembakan-senjata-kawannya?n991102605

Sabtu, 16/06/2012 06:14 WIB
Makassar Dua mahasiswa asal Luwu tertembak oleh senjata rakitan dari kelompoknya sendiri saat hendak melakukan penyerangan ke asrama mahasiswa Bulukumba, Jl Baji Gau, Makassar, pukul 01.00 Wita. Beruntung aksi penyerangan ini bisa digagalkan kepolisian. Rencana penyerangan ini digagalkan oleh puluhan personel kepolisian dari Polrestabes Makassar dan Polsek Tamalate, di Jl Andi Mappaodang, Sabtu (16/6/2012). Saat hendak dibubarkan, beberapa orang mahasiswa masih sempat menembakkan senjata api rakitannya. Akibatnya, dua rekan mereka justru terkena peluru di bagian pinggang. Keduanya dilarikan ke rumah sakit Dr Wahidin Sudirohusodo untuk menjalani perawatan.

…dst

18 ) Kasus Beasiswa Siswa Miskin-Polres Bidik Tersangka Baru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/503720/

Saturday, 16 June 2012
SUKOHARJO – Penyidik Polres Sukoharjo membidik tersangka baru untuk kasus dugaan korupsi Beasiswa Siswa Miskin (BSM).Pasalnya,dalam pelimpahan tersangka Djoko Raino Sigit, penyidik belum menyertakan Pasal 55 atau pihak yang turut serta melakukan tindakan pidana. “Saat ini masih mendalami soal kemungkinan keterlibatan pihak yang lain dalam kasus BSM,” jelas Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Andis Arfan Tofani kemarin. Hanya saja, Andis belum mau memberikan keterangan lebih lanjut terkait pihak yang dibidik. Dia hanya mengatakan saat ini tengah diselidiki dan didalami. Terkait penyelidikan tersebut dibenarkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Dwi Samudji. Menurutnya, sangat mungkin ada pihak lain yang diduga terlibat dalam kasus BSM yang melibatkan mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo Djoko Raino Sigit.

…dst

19 ) 62 Persen Siswi SMP Pernah Berzina
http://www.jpnn.com/read/2012/06/16/130842/62-Persen-Siswi-SMP-Pernah-Berzina-

Sabtu, 16 Juni 2012 , 09:17:00
BOGOR- Indonesia kini memiliki predikat anyar. Yakni negara dengan pengakses situs porno nomor satu sedunia. Torehan ini sungguh memalukan. Pasalnya, satu setengah tahun lalu posisi Indonesia masih di urutan tujuh, namun satu bulan silam justru merangsek naik ke posisi teratas. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun membenarkan torehan buruk ini. “Menurut data dari search engine yang kami dapat, terakhir sekitar satu bulan lalu memang menyebutkan, Indonesia menjadi negara pengakses situs pornografi tertinggi di dunia,” jelas Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, kemarin. Walau tidak membeberkan secara rinci berapa besaran angkanya, Gatot menyatakan ini merupakan pekerjaan rumah dan tugas yang harus terus diselesaikan jajarannya. Karena, Kominfo memiliki tanggung jawab moral dalam meminimalisir akses ke situs konten mesum itu. “Kami akan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan permasalahan ini,” sambungnya.

…dst

20 ) 3.000 pelajar Deklarasi tolak narkoba
http://www.antaranews.com/berita/316410/3000-pelajar-deklarasi-tolak-narkoba

Sabtu, 16 Juni 2012 13:06 WIB
Kediri (ANTARA News) – Sebanyak 3.000 pelajar dari Kota Kediri, Jawa Timur, mendeklarasikan diri menolak dan menjauhi narkoba. “Sekarang ini, banyak remaja bahkan anak-anak yang sudah mengonsumsi narkoba. Ini, tentunya sangat mengkhawatirkan,” kata Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri, saat ditemui dalam acara gerak jalan kreatif di Taman Sekartaji Kota Kediri Kompol Lilik Dewi Indarwati, Sabtu. “Kami jemput bola dan terus koordinasi dengan keluarga, jangan sampai mereka kembali mengonsumsi. Yang bisa kami lakukan saat ini adakah rehabilitasi terutama bagi pecandu,” katanya. Ia mengungkapkan, sampai saat ini hanya ada lima pengguna narkotika yang sudah menjalani rehabilitasi. Jumlah itu memang sedikit, dibandingkan dengan jumlah pengguna yang sebenarnya.

…dst

21 ) YouTube Indonesia hadir
http://www.antaranews.com/berita/316037/youtube-indonesia-hadir

Kamis, 14 Juni 2012 16:37 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Situs berbagi video YouTube kini hadir di domain lokal www.youtube.co.id “Pengguna YouTube di Indonesia akan lebih mudah mengakses, memilih, dan menonton video,” kata Rudy Ramawy Country Head Google Indonesia. Menurut Rudy, kehadiran YouTube di Indonesia bertujuan untuk memunculkan konten-konten video yang ada di Indonesia. “Kami berharap YouTube Indonesia dapat memacu para pegiat konten video untuk memajukan karya mereka, dalam segi kualitas,” katanya. Sementara itu Director of Product Management YouTube untuk Asia Pasifik, Adam Smith, mengatakan pengguna YouTube Indonesia dapat menyaksikan tayangan langsung Olimpiade yang diadakan di London mulai 27 Juli hingga 12 Agustus, “So Indonesia let’s broadcast ourselves,” tutup Rudy Ramawy.(nta)

…dst

22 ) Penggunaan internet dalam komunikasi politik makin luas
http://www.antaranews.com/berita/316115/penggunaan-internet-dalam-komunikasi-politik-makin-luas

Kamis, 14 Juni 2012 22:23 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) – Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute, Gun Gun Haryanto menyatakan, penggunaan internet dalam dunia komunikasi politik semakin meluas. “Tentu saja tidak bisa kita lepaskan dari lingkungan dinamis yang terjadi di dunia, kawasan Asia dan Indonesia sendiri,” kata Gun Gun di Palangka Raya, Kamis. Menurut dosen tetap Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, faktor yang berpengaruh terhadap semakin intensifnya penggunaan internet dalam komunikasi politik di Indonesia. Pertama, internet menjadi sebuah media baru yang revolusioner di dunia, karena merupakan “perkawinan” antara media cetak, audio dan video yang menawarkan komunikasi dua arah. Kedua, Indonesia juga terpengaruh oleh dinamisasi penggunaan internet yang terjadi di Asia. Jika pada tahun 2000 pengguna internet di Asia hanay kurang lebih 114.304.000 pengguna, maka pada 2011 menjadi 932.393.209 dari jumlah populasi 3.879.740.877.

…dst

23 ) KESEHATAN GIGI
Permenkes Diundur
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/16/0415063/permenkes.diundur

16 juni 2012
Jakarta, Kompas – Kementerian Kesehatan mengundurkan penerapan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1871 Tahun 2011. Peraturan itu mencabut Permenkes No 339/1989 yang mengatur pekerjaan tukang gigi. Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes Supriyantoro mengatakan, Jumat (15/6), di Jakarta, Kemenkes menetapkan, Permenkes No 021/2012 tentang masa peralihan berlakunya Permenkes 1871/2011 diperpanjang hingga September 2012. Selama ini, praktik tukang gigi dilindungi Permenkes No 339/1989 yang menetapkan wewenang tukang gigi adalah membuat dan memasang gigi tiruan berbahan aklirik. Mereka dilarang melakukan tindakan lain. Selama pengunduran masa berlaku, tukang gigi dapat bekerja. Seiring dengan itu, Kemenkes menyosialisasikan dan mempersiapkan pembinaan. “Tetapi, belum diputuskan, tingkat kompetensi yang akan dilatihkan kepada para tukang gigi,” kata Supriyantoro. Belum pula diputuskan apakah mereka tetap bisa praktik mandiri atau tidak.

…dst

24 ) ANTIBIOTIKA
Ketergantungan Menguat
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/16/04170264/ketergantungan.menguat

16 Juni 2012
Jakarta, Kompas – Sebanyak 90 persen kebutuhan bahan baku obat-obatan untuk sebagian besar antibiotika dipenuhi lewat impor, terutama dari China dan India. Lemahnya industri farmasi menimbulkan ketergantungan kuat terhadap antibiotika impor. “Amoksisilin, salah satu antibiotika yang penggunaannya secara nasional mencapai 1.000 ton per tahun, impor sepenuhnya. Industri dalam negeri yang mampu mencukupi 300 ton per tahun selama dua tahun terakhir sudah tutup,” kata Direktur Pusat Teknologi Farmasi dan Medika pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bambang Marwoto, Jumat (15/6), di Jakarta.

…dst

25 ) 1.853 Penderita Stroke, 211 Meninggal
Usia 15 Tahun Bisa Terserang Stroke
http://www.jpnn.com/read/2012/06/14/130614/Usia-15-Tahun-Bisa-Terserang-Stroke-

Kamis, 14 Juni 2012 , 12:01:00
SAMARINDA – Sekali lagi terbukti penyakit stroke tak pandang usia. Remaja 15 tahun di Samarinda tercatat sebagai penderita paling muda penyakit yang menyerang jaringan otak tersebut. Data yang diinput Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim sejak 2010, tersebutlah 11 penderita stroke dengan usia 15 hingga 25 tahun. Penderita usia muda itu tersebar di beberapa daerah. Yakni, masing-masing dua penderita di Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), Berau, dan Nunukan. Masing-masing satu penderita di Paser, Kutai Barat, dan Bulungan. Sedangkan penderita berusia 65 tahun ke atas ada 502 orang. Total di Kaltim ada 1.853 penderita stroke, 211 orang di antaranya meninggal. Samarinda menduduki peringkat pertama untuk penderita stroke di Benua Etam. Ada 711 yang terserang. Di Balikpapan ada 441 penderita, dan Kukar 230 penderita.

…dst

26 ) Ekonomi Dikedepankan, Rasa Aman di Papua Terabaikan
http://news.detik.com/read/2012/06/16/114550/1942797/10/ekonomi-dikedepankan-rasa-aman-di-papua-terabaikan?n991103605

Sabtu, 16/06/2012 11:45 WIB
Jakarta Pemerintah dinilai separuh-paruh dalam membangun Papua. Ekonomi dikedepankan namun rasa aman dan harga diri terabaikan. “Masalah Papua yakni salah pendekatan dan keamanan represif. Seharusnya lebih komprehensif. Menitikberatkan masalah ekonomi, sementara rasa aman dan harga diri diabaikan,” ujar Tim Kajian Papua LIPI, Adriana Elisabeth. Adriana mengatakan itu dalam diskusi polemik Sindo Radio ‘Papua yang Tak Kunjung Reda’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2012). Adriana menilai kepemimpinan di Papua lemah. Pelaku kekerasan di Papua juga tidak pernah diungkap. “Selalu disebut orang tak dikenal,” kata dia. Adriana menyarankan agar penempatan aparat dan intelijen di Papua ditata kembali. Sebab kekerasan yang tidak bisa diatasi menunjukkan persoalan konflik yang tidak selesai.

…dst

27 ) Papua Ingin Diperlakukan Bak Warga Yogyakarta & Surabaya
http://news.detik.com/read/2012/06/16/124541/1942846/10/papua-ingin-diperlakukan-bak-warga-yogyakarta-surabaya

Sabtu, 16/06/2012 12:45 WIB
Jakarta Warga Papua sejak Kongres Rakyat Papua pada tahun 2000 sudah berubah. Mereka sudah menanggalkan senjata dan kini ingin diperlakukan seperti warga Yogyakarta dan Surabaya. “Dialog itu penting, tapi jauh lebih penting dialog untuk memperlakukan rakyat Papua sama seperti rakyat Yogyakarta, Surabaya dan lainnya. Mau ke mana-mana kita selalu aman,” ujar Natalis Pigay, Intelektual Muda Papua. Natalis mengatakan itu dalam diskusi polemik Sindo Radio bertajuk ‘Papua yang Tak Kunjung Reda’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2012).

…dst

28 ) DPR Papua Keluarkan 10 Sikap
“Silakan Ambil Kekayaan Papua, Bukan Nyawa Orang Papua”
http://www.jpnn.com/read/2012/06/16/130834/Silakan-Ambil-Kekayaan-Papua,-Bukan-Nyawa-Orang-Papua-

Sabtu, 16 Juni 2012 , 08:29:00
JAYAPURA – Insiden kericuhan di Perumnas III Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua yang mengakibatkan tewasnya pentolan KNPB, Musa Mako Tabuni (32), termasuk beberapa korban karena dianiaya massa KNPB dan sejumlah kerugian material lainnya mendapat perhatian serius Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). DPRP mengeluarkan 10 sikap atas insiden yang terjadi di Waena, Kamis (14/6) lalu. Sepuluh sikap ini dibacakan langsung oleh Waket I DPRP Yunus Wonda dengan disaksikan 10 anggota DPRP lainnya. Poin pertama DPRP menyampaikan turut berbelasungkawa atas korban yang meninggal dan turut prihatin bagi korban yang terluka akibat ekses insiden Kamis (14/6) lalu. Baginya siapa pun warga negara yang tinggal di atas tanah ini maka negara wajib melindungi.

…dst