1 ) Kemdikbud Akan Luncurkan Warisan Budaya Nasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/428

06/19/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan meluncurkan catatan berisi Warisan Budaya Nasional (Warbudnas) untuk melindungi budaya nasional Indonesia. Selain itu, Warbudnas juga diluncurkan untuk penetapan anggaran pelestarian budaya. Demikian dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang kebudayaan, Wiendu Nuryanti, saat menerima sejumlah wartawan, di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, pada Selasa (19/6) siang. Wiendu menjelaskan, saat ini Kemdikbud sudah memiliki catatan atau registrasi berisi data-data budaya nasional. “Tercatat ada 2108 budaya nasional. Pencatatan itu dilakukan UPT-UPT di seluruh Indonesia, misalnya balai arkeologi, dan lain-lain,” ujarnya. Selanjutnya, catatan yang sudah ada tersebut akan ditetapkan secara resmi menjadi Warisan Budaya Nasional (Warbudnas). Dokumen Warbudnas juga akan diserahkan ke pemerintah daerah agar memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam melestarikan budaya daerah.

…dst

2 ) Kemdikbud Desak Malaysia Buat Pernyataan Tertulis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/19/20355726/Kemdikbud.Desak.Malaysia.Buat.Pernyataan.Tertulis

Selasa, 19 Juni 2012 | 20:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendesak Pemerintah Malaysia membuat keterangan tertulis. Desakan itu dilakukan terkait klaim atas kesenian asli Sumatera Utara, Tari Tor-tor dan Gondang Sambilan.Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, mengaku telah membuka komunikasi dengan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia. Dalam kesempatan itu, pihak Malaysia berjanji akan segera membuat keterangan tertulis atas desakan dari Pemerintah Indonesia. “Kita sudah berkomunikasi dengan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia. Kita ingin tahu secara persis, apa tujuan mereka mencatat (mendaftarkan) kesenian Tor-tor dan Gondang Sambilan secara jelas,” kata Wiendu, Selasa (19/6/2012).

…dst

3 ) Sikapi Perdebatan Tari Tor-tor, PPI: Indonesia Bisa Belajar dari China
http://news.detik.com/read/2012/06/20/032556/1945667/10/sikapi-perdebatan-tari-tor-tor-ppi-indonesia-bisa-belajar-dari-china

Rabu, 20/06/2012 03:25 WIB
Jakarta Perdebatan soal tari Tor-tor yang tengah dipertimbangkan Malaysia menjadi salah satu khazanah budaya perlu disikapi dengan bijak oleh Indonesia. Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Zulham Effendi, menilai Indonesia bisa belajar dari China. “Mari kita belajar dari China, bagaimana tarian Barongsai dan permainan Liong mereka ada di sebagian besar pelosok tanah air tanpa China melakukan protes. Kebudayaan China terus berkembang dan terus menyatu dalam kehidupan masyarakat setempat sehingga kebudayaan ini telah menjadi bagian dirinya. Diaspora China melalui kebudayaan telah memudahkan masyarakat setempat menerima etnis China,” kata Zulham dalam rilisnya yang diterima detikcom, Rabu (20/6/2012). Menurut Zulham, keterbukaan dalam kebudayaan akan membuat budaya Indonesia mudah diterima di luar negeri. Selain untuk syiar budaya, dalam kasus tari Tor-tor ini, Zulham mengatakan keterbukaan budaya juga merupakan aspirasi warga Mandailing yang tinggal di Malaysia.

…dst

4 ) Ijazah Palsu – 4 Pejabat Rektorat Unissula Diperiksa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/504594/

Wednesday, 20 June 2012
SEMARANG – Penyidik Polrestabes Semarang terus mengusut kasus pemalsuan ijazah dan manipulasi nilai di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Rencananya, penyidik hari ini memanggil empat pejabat rektorat universitas tersebut. “Rencananya ada empat pejabat rektorat yang akan kami periksa hari ini (besok), mereka juga panitia penerimaan mahasiswa baru,” kata Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Augustinus Berlianto Pangaribuan. Namun,Augustinus enggan membeberkan nama-nama pejabat rektorat yang akan dipanggil untuk dimintai keterangannya terkait kasus ijazah palsu itu. Augustinus menyatakan, hasil penyidikan sementara ini ada lima mahasiswa FK Unissula yang mengaku mendapat bocoran jawaban ujian masuk penerimaan mahasiswa baru melalui jasa Dwi Hartono alias Ferry, mahasiswa FK Unissula angkatan 2004, yang sudah ditetapkan tersangka. “Salah satu mahasiswa yang kami periksa, inisialnya A, mengaku hanya duduk di depan komputer saat ujian. Tidak mengerjakan soal, namun hasil ujian ternyata keluar hingga bisa diterima di FK Unissula. Pengakuanya sengaja karena sudah membayar,”katanya.

…dst

5 ) Ujian Mandiri Diusulkan Jadi Ujian Tulis Bersama PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/19/18420566/Ujian.Mandiri.Diusulkan.Jadi.Ujian.Tulis.Bersama.PTN

Selasa, 19 Juni 2012 | 18:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian mandiri yang menjadi kewenangan masing-masing perguruan tinggi negeri, diusulkan dapat dilakukan secara bersama-sama pada tahun 2013. Ujian mandiri bersama ini, untuk menggantikan seleksi nasional ujian masuk perguruan tinggi negeri jalur tulis yang bakal dihapus. “Tahun 2013 rencananya SNMPTN tulis dihapus, diganti SNMPTN undangan saja. Meski demikian, tetap ada keinginan untuk tetap memiliki ujian masuk PTN secara tertulis, yang sifatnya bersama-sama dengan mengalihkan ujian mandiri jadi ujian tulis bersama,” kata Akhmaloka, Ketua Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia, yang dihubungi dari Jakarta, Selasa (19/6/2012).

…dst

6 ) Lulusan Paket C Masih Terganjal untuk Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/19/18335779/Lulusan.Paket.C.Masih.Terganjal.untuk.Kuliah

Selasa, 19 Juni 2012 | 18:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Anak-anak sekolah rumah (homeschooling) yang memegang ijazah Paket C (setara SMA) masih ada yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan kuliah. Penyebabnya karena pemegang ijazah Paket C diragukan kualitasnya. Wakil Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena) Budi Trikorayanto menyayangkan perlakuan diskriminatif dari beberapa perguruan tinggi terhadap pemegang ijazah Paket C. “Anak-anak homeschooling itu umumnya anak usia sekolah, bukan yang gagal ujian nasional di SMA lalu ikut Paket C. Tetapi perlakuan terhadap anak-anak homeschooling pemegang ijazah Paket C masih diskriminatif,” kata Budi, Selasa (19/6/2012) di Jakarta. Menurut Budi, di dalam ijazah Paket C telah jelas tertulis bahwa kedudukannya setara dengan ijazah SMA sederajat sekolah formal. Standar kelulusan peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) A (setara SD), B (setara SMP), dan C (setara SMA) sama seperti standar kelulusan di sekolah formal.

…dst

7 ) Akuntabilitas dan Ekuitas Penerimaan Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/20/09074415/Akuntabilitas.dan.Ekuitas.Penerimaan.Mahasiswa

Rabu, 20 Juni 2012 | 09:07 WIB
Peran mahasiswa dalam penentuan arah bangsa sudah terbukti dalam sejarah republik ini. Merekalah tulang punggung pembentukan sebuah masyarakat madani yang dilandasi oleh cara hidup dan berpikir demokratis, beradab, serta memiliki keunggulan kompetitif dalam berhadapan dengan negara-negara lain di era global ini.Berbeda dengan pendidikan dasar dan menengah yang menjadi kewajiban konstitusional negara untuk menyediakannya, kursi yang tersedia di perguruan tinggi memang tidak sebanding dengan jumlah lulusan pendidikan menengah atas. Oleh karena itu, seleksi mahasiswa baru, terutama di universitas negeri, menempati peran yang sangat besar dalam menentukan siapa yang nantinya akan dididik menjadi calon pemimpin bangsa.

…dst

8 ) 89 calon mahasiswa USU tidak mendaftar ulang
http://www.antaranews.com/berita/317015/89-calon-mahasiswa-usu-tidak-mendaftar-ulang

Selasa, 19 Juni 2012 19:00 WIB
Medan (ANTARA News) – Sebanyak 89 dari jumlah 1.526 calon mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan dan bidik misi, tidak mendaftar ulang ke perguruan tinggi itu sesuai waktu ditetapkan. Kabag Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan Selasa, mengatakan, calon mahasiswa yang lolos SNMPTN jalur undangan dan bidik misi itu sebelumnya diwajibkan mendaftar ulang pada 12-13 Juni 2012. Namun, jelasnya, bagi mereka yang tidak mendaftar ulang dianggap mengundurkan diri karena sampai sekarang tidak memberitahukan alasan ketidakhadiran calon mahasiswa itu.

…dst

9 ) Ini Dia Alasan Jalur Mandiri PTN Lebih Mahal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/19/m5uo0w-ini-dia-alasan-jalur-mandiri-ptn-lebih-mahal

Selasa, 19 Juni 2012, 12:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Sudharto P Hadi menyatakan, penyelenggaraan jalur masuk mandiri untuk calon mahasiswa baru lebih mahal dibandingkan jalur masuk lainnya karena penerapan subsidi silang. “Kami memiliki tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri baik undangan maupun tulis, serta jalur penerimaan secara mandiri,” kata dia, di Semarang, Selasa. Menurut dia, sistem subsidi silang merupakan langkah untuk membantu kalangan mahasiswa miskin dengan menerapkan subsidi biaya dari kalangan mahasiswa yang mampu, antara lain dijaring dari penerimaan mahasiswa jalur mandiri tersebut. “Karena itu, biaya masuk dari jalur mandiri memang lebih mahal dibandingkan melalui SNMPTN karena pembiayaan mereka itu nantinya untuk subsidi silang bagi mahasiswa yang kurang beruntung secara ekonomi,” kata dia lagi.

…dst

10 ) Program Pascasarjana Murah Marak di Daerah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/19/14471361/Program.Pascasarjana.Murah.Marak.di.Daerah

Selasa, 19 Juni 2012 | 14:47 WIB
KOMPAS.com — Tingginya minat masyarakat daerah akan pendidikan pascasarjana membuat program pendidikan pascasarjana dengan harga murah marak. Pembukaan cabang-cabang di daerah itu diduga kuat tanpa melalui prosedur resmi Kemendikbud. Demikian disampaikan oleh Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi, Warasdi. Ia mengungkapkan, banyak laporan dan keluhan masyarakat dari berbagai kota yang masuk ke YLKI mengenai pendidikan pascasarjana. “Kita mendapat laporan pengaduan banyak pihak dari masyarakat dan dunia pendidikan perihal begitu maraknya pendidikan pascasarjana murah yang datang dari luar Jambi dan membuka cabang di daerah-daerah,” kata Warasdi, Selasa (19/6/2012).Menurut dia, maraknya pembukaan program pendidikan pascasarjana di daerah-daerah disebabkan lemahnya sistem kontrol pemerintah pusat dan daerah terhadap dinamika pendidikan tinggi, khususnya program pascasarjana, sehingga mereka bisa dengan leluasa tumbuh di daerah-daerah yang jauh dari pantauan pusat maupun pemprov.

…dst

11 ) Kasus Angie, Rektor Universitas Pattimura Klaim Proyeknya Sesuai Prosedur
http://news.detik.com/read/2012/06/20/124848/1946043/10/kasus-angie-rektor-universitas-pattimura-klaim-proyeknya-sesuai-prosedur?n991102605

Rabu, 20/06/2012 12:48 WIB
Jakarta Rektor Universitas Pattimura, Ambon, HPB Tetelepta akhirnya memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sang rektor mengklaim proyek di universitasnya yang tengah disidik KPK sesuai prosedur. Menurut Telepata, anggaran yang digunakan untuk proyek pengadaan alat penunjang pendidikan dan laboratorium itu sudah sesuai dengan prosedur yang ada. “Semua wajar-wajar saja kok, sesuai prosedur,” tuturnya di kantor KPK, Jl Rasuna Said, Jaksel, Rabu (16/6/2012). Tetelepta menjalani pemeriksaan sebagai saksi bagi tersangka Angelina Sondakh dalam kasus dugaan suap pembahasan anggaran universitas di Kemendiknas tahun 2010. Mengenai perkara yang menjerat Angie, dia mengaku tidak tahu menahu. “Saya tidak tahu soal itu. Sedangkan setahu saya, proyek tersebut juga tidak diikuti oleh Kemendiknas,” kata Telepata. Tetelepta mengaku tidak menghadiri pemanggilan KPK pada Selasa 19 Juni lantaran belum menerima surat panggilan. “Saya baru dapat surat panggilannya tadi malam jam 9,” ujar Tetelepta.

…dst

12 ) Dirjen Dikti: Media Adalah Lembaga Pendidikan Informal
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/20/373/650286/dirjen-dikti-media-adalah-lembaga-pendidikan-informal

Rabu, 20 Juni 2012 10:12 wib
JAKARTA – Sumber ilmu pengetahuan tidak terbatas. Kegiatan belajar dapat dilakukan tanpa mengenal ruang dan waktu. Ternyata, media juga menjadi sebuah sarana pembelajaran di samping lembaga pendidikan formal dan informal. Hal ini disampaikan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso ketika menjadi keynote speaker dalam acara Okezone Ngampus : Be The Real Okezone’s Journalist di Kampus Moestopo. “Media adalah sarana lain untuk pendidikan meski jenisnya tidak termasuk lembaga formal atau informal,” kata Djoko, di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jalan Hang Lekir, Jakarta, Rabu (20/6/2012).

…dst

13 ) Hari Ini Forum Rektor Gelar Diskusi di Unissula
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/20/190098/Hari-Ini-Forum-Rektor-Gelar-Diskusi-di-Unissula

20 Juni 2012
SEMARANG – Forum Rektor Indonesia akan mengadakan pertemuan bertajuk ”Universitas sebagai Gerbong Terakhir Penjaga Moralitas Bangsa”, Rabu (20/6) di Unissula Semarang. Sebanyak 86 pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia diundang menghadiri acara tersebut. Menurut Ketua Forum Rektor Indonesia 2013 Prof Dr Laode M Kamaluddin, sejak pertama berdiri Forum Rektor Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan masukan dan mendukung program-program pemerintah demi suksesnya pembangunan nasional.Para pembicara dalam forum tersebut antara lain Prof Ir Eko Budihardjo MSc (Ketua Forum Rektor 2000-2002), Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc (Ketua 2008-2009), Prof Dr Usman Rianse (Ketua 2011-2012), Prof Dr Anwar Arifin (Staf Ahli Komisi X DPR-RI). Moderator Prof Laode M Kamaluddin PhD, Ketua Forum Rektor 2013-2014.

…dst

14 ) Peserta Ujian Masuk PTAIN Naik 150 Persen
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/19/327290/293/14/Peserta-Ujian-Masuk-PTAIN-Naik-150-Persen

Selasa, 19 Juni 2012 21:00 WIB
JAKARTA–MICOM: Sebanyak 54.637 calon mahasiswa mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Ujian tertulis itu dilakukan serentak di 52 PTAIN seluruh Indonesia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Selasa (19/6). “Jumlah pendaftar SPMB tahun ini naik 150% daripada tahun sebelumnya, yakni berjumlah 54.637 orang di seluruh Indonesia. Sedangkan pada 2011 jumlahnya hanya 22 ribu,” ungkap Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam di kantor Kemenag, Jakarta. Menurutnya, peningkatan jumlah pendaftar tahun ini menunjukkan tingginya ekspektasi masyarakat terhadap PTAIN. Sebab, PTAIN juga mempelajari integrasi ilmu murni Islam, akhlak, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

…dst

15 ) 54 Ribu Calon Mahasiswa, Ujian SPMB-PTAIN
Peminat Jurusan Tarbiyah Masih Mendominasi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/20/131226/54-Ribu-Calon-Mahasiswa,-Ujian-SPMB-PTAIN-

Rabu, 20 Juni 2012 , 07:28:00
JAKARTA – Secara serentak 54 ribu calon mahasiswa mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) kemarin (19/6). Pendaftar yang meminati rumpun jurusan Tarbiyah (pendidikan) masih mendominasi. Pelaksanaan SPMB-PTAIN kemarin digelar di 52 PTAIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh mahasiswa tadi memperebutkan sekitar 52 ribu kuota yang tersebar di 760 program studi (prodi). Pengumuman hasil SPMB-PTAIN ini akan dilaksanakan pada 13 Juli mendatang. Bagi calom mahasiswa yang tidak lulus SPMB-PTAIN ini, masih berpeluang masuk PTAIN melalui ujian mandiri di masing-masing kampus.

…dst

16 ) Para Dokter Tuntut Peningkatan Kesejahteraan
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/19/95359/Para-Dokter-Tuntut-Peningkatan-Kesejahteraan/3

Selasa, 19 Juni 2012 15:35 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menginginkan peningkatan kesejahteraan dokter. Aspirasi tersebut disampaikan IDI dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi IX DPR terkait persiapan pelaksanaan Badan Pengelola Jaminan Sosial I pada 1 Januari 2014 nanti. “IDI meminta agar kesejahteraan dokter ditingkatkan menuju implementasi BPJS I Kesehatan 1 Januari 2014,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nova Rianti Yusuf, dalam pernyataan tertulis, Selasa (19/6).Komisi Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DPR telah mengundang Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia pada 18 Juni 2012 untuk membahas hal itu.

…dst

17 ) Hakim Tolak Gugatan Mahasiswa Terhadap Kapolri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/06/19/m5vgaw-hakim-tolak-gugatan-mahasiswa-terhadap-kapolri

Selasa, 19 Juni 2012, 22:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tim Advokasi Gerakan Rakyat mengajukan gugatan praperadilan terhadap penangkapan dan penahanan mahasiswa Yayasan Administrasi Indonesia (YAI), M Agung Tuanany saat melakukan unjuk rasa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada akhir Maret 2012 lalu. Namun majelis hakim menolak gugatan tersebut dalam putusan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/6). “Menolak permohonan praperadilan seluruhnya. Menyatakan penangkapan dan penahanan oleh termohon adalah sah menurut hukum,” kata Ketua Majelis Hakim, Suko Harsono saat membacakan putusan, Selasa (19/6).Suko menjelaskan dalam UU Nomor 9/1999 diatur mengenai demonstrasi atau melakukan unjuk rasa. Dalam melakukan unjuk rasa, harus ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian dan jika tidak ada pemberitahuan, maka aksi unjuk rasa dapat dibubarkan. Sedangkan pemohon tidak dapat menunjukkan ijin pemberitahuan tersebut. Penangkapan dan penahanan terhadap Agung, lanjutnya, telah berdasarkan laporan polisi No. 397/K/IV/2012/ RES JP tanggal 2 April 2012 dengan pelapor seorang polisi yang bertugas dalam penanganan demo itu.

…dst

18 ) Praperadilan Ditolak, Penangkapan Mahasiswa Pendemo BBM Sah
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/06/20/57774/praperadilan_ditolak_penangkapan_mahasiswa_pendemo_bbm_sah/#.T-Fn_5HdZ6E

20 Juni 2012 Pkl. 06:52 WIB
Jakarta, (Analisa). Gugatan praperadilan Tim Advokasi Gerakan Rakyat (TEGAR) terhadap Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menyusul penangkapan Muchammad Agung Septiadi, mahasiswa yang berdemo menolak kenaikan harga BBM, ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Hakim menilai penangkapan Agung sah dan sudah sesuai prosedur. “Menolak permohonan praperadilan seluruhnya. Menyatakan penangkapan dan penahanan oleh termohon adalah sah menurut hukum,” kata hakim tunggal, Sukoharsono, di PN Jakarta Selatan, Selasa (19/6). Salah satu pertimbangan hakim adalah tidak adanya bukti surat pemberitahuan untuk berdemo dari pemohon ke kepolisian. Selain itu, semua alat bukti dan keterangan saksi dari pihak kepolisian sudah lengkap. Sehingga penahanan termohon sudah sah dan sesuai prosedur. “Pemohon tidak dapat menunjukkan bukti pemberitahuan mengenai aksi demo hingga akhir persidangan,” ujar Sukoharsono dalam pertimbangannya.

…dst

19 ) Pembunuh Mahasiswi Unsuri Kena 12 Tahun
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/504701/

Wednesday, 20 June 2012
SIDOARJO – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo menjatuhkan vonis 12 tahun penjara terhadap Nizar Ismail 25,warga RT 28 RW 26 Desa Kedungrejo,Waru, pelaku pembunuhan terhadap Suhartini Artika Sari,20,mahasiswi Universitas Sunan Giri (Unsuri). majelis hakim yang diketuai Edi Parulian menyatakan Nisar terbukti bersalah melanggar Pasal 338 KUHP. Atas putusan ini,jaksa Bambang Sutoyo mengaku cukup puas karena hukuman yang dijatuhkan hanya setahun lebih ringan dari tuntutan yang diajukannya. Namun dia tetap menyatakan pikir-pikir. Sementara penasihat hukum Nizar,Yusti E Pattikawa, menilai putusan majelis hakim tidak memenuhi rasa keadilan dan dia bakal mengajukan banding. “Kami akan mengajukan banding atas putusan hakim,”ujarnya.

…dst

20 ) Mahasiswi UK Petra Gantung Diri
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/504705/

Wednesday, 20 June 2012
SURABAYA – Seorang mahasiswi, Zaza Yesika Sinjaya, 19, ditemukan tewas tergantung di kamar kos Jalan Siwalankerto dengan tali rafia yang terikat di besi teralis.Diduga,mahasiswi semester VI UK Petra Surabaya ini bunuh diri. Dugaan itu muncul karena saat ditemukan tidak ada bekas luka apapun pada tubuh mahasiswi asal Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Kecuali bekas jeratan tali di bagian leher. Menurut Kapolsek Wonocolo Kompol Machali, jasad Zaza kali pertama ditemukan teman kos sekitar pukul 21.00 WIB.Saat itu,tubuhnya tergantung dengan seutas tali rafia. Saat itu Zaza diduga masih hidup karena tubuhnya terasa hangat. Karena itulah, temanteman Zaza langsung melarikannya ke poliklinik setempat. Sayang, nyawa gadis manis itu tidak tertolong lagi. Hingga saat ini anggota Polsek Wonocolo masih menyilidiki kasus ini. Beberapa teman korban, termasuk kekasihnya telah dipanggil untuk diperiksa.Namun, dugaan sementara korban nekat melakukan aksi gantung diri karena persoalan asmara.

…dst

21 ) Pemerintah Hentikan Pengembangan RSBI
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/18/079411342/Pemerintah-Hentikan-Pengembangan-RSBI

Senin, 18 Juni 2012 | 17:13 WIB
TEMPO.CO, Makassar – Mulai tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menghentikan pengembangan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), menyusul akan dilakukannya evaluasi terhadap program itu.”Selama ini banyak bermunculan wacana mengenai keburukan RSBI. Kami bersama DPR akan melakukan evaluasi dan riset tentang keberadaan RSBI ini,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Profesor Musliar Kasim seusai membuka Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan 2012, di Hotel Clarion, Makassar, Ahad malam, 17 Juni 2012.

…dst

22 ) PNS Pun Berebut PPDB Jalur Gakin
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/504708/

Wednesday, 20 June 2012
SURABAYA– Fasilitas bebas biaya dan bebas seleksi nilai benar-benar membuat penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur mitra keluarga atau jalur keluarga miskin (gakin) menjadi primadona. Tak heran jika banyak pihak mengincarnya, termasuk para pegawai negeri sipil (PNS). Fakta ini ditemukan dari hasil verifikasi SMAN 3 Surabaya. OknumPNS ditemukanmenyertakan surat keterangan tidak mampu (SKM) dari kelurahan. Pihak SMA 3 pun langsung menanyakan ke kelurahan.”Kata kelurahan sih, orangnya minta dan memohon dengan serius akhirnya dapat SKM,”ujar Kepala SMAN 3 Surabaya Johanes Mardijono, kemarin.

…dst