1 ) Kemdikbud Akan Klarifikasi Status Disclaimer dari BPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/11233812/Kemdikbud.Akan.Klarifikasi.Status.Disclaimer.dari.BPK

Rabu, 27 Juni 2012 | 11:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengklarifikasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan Kemdikbud tahun 2011. Berdasarkan LHP BPK, ada temuan sebesar Rp 696 miliar dalam laporan keuangan Kemdikbud yang penggunaannya dianggap tidak jelas. Hal itulah yang kemudian menyebabkan BPK menyematkan status disclaimer pada Kemdikbud.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, LHP yang dikeluarkan BPK sejak 18 Juni 2012 baru diterima olehnya pada Selasa (26/6/2012) sore. Dalam LHP tersebut dicantumkan 10 temuan pemeriksaan BPK dalam Laporan Keuangan Kemdikbud Tahun 2011. Menurut Nuh, ada satu item dalam LHP BPK yang dianggapnya janggal. Item tersebut juga yang akhirnya membuat jumlah temuan di Kemdikbud mencapai Rp 696 miliar untuk tahun anggaran 2011.

…dst

2 ) Juarai Kompetisi Sains Dunia, Luthfi Dapat Beasiswa Unggulan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/10520789/Juarai.Kompetisi.Sains.Dunia.Luthfi.Dapat.Beasiswa.Unggulan

Rabu, 27 Juni 2012 | 10:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan beasiswa unggulan kepada siswa berprestasi, Muhammad Luthfi Nurfakhri. Luthfi adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bogor, yang berhasil menjadi juara III dalam Intel International Science and Engineering (ISEF) 2012 yang berlangsung di Pennsylvania, Amerika Serikat pada Mei 2012 lalu. Secara simbolis, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad menyerahkan beasiswa tersebut pada Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta. Dalam sambutannya, Hamid mengapresiasi baik pencapaian salah seorang putra terbaik Indonesia yang kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Ia berjanji, selain memberikan beasiswa unggulan, pihaknya akan mengembangkan hasil penelitian dan memproses hak paten atas alat yang diciptakan para siswa peserta ISEF 2012.”Selain beasiswa, kami akan urus hak patennya. Apa pun juga, hasil karya anak-anak kita ini jangan sampai hilang ditelan zaman, dan harus dikembangkan,” kata Hamid.

…dst

3 ) Para Sejarawan dari IAHA Akan Gelar Konferensi di Surakarta
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/438

06/26/2012
Jakarta — Para sejarawan yang tergabung dalam International Associations of Historian of Asia (IAHA) akan menggelar konferensi yang ke-22 di Surakarta, tanggal 2 sampai dengan 6 Juli 2012. Forum ini adalah forum terbesar bagi para sejarawan di seluruh dunia yang mengkaji tentang Asia, ujar mantan Presiden IAHA Taufik Abdullah, di Jakarta, Selasa (26/6). Kegiatan tersebut dipusatkan di Hotel Sahid Jaya Surakarta dan diikuti 400 peserta dari berbagai negara.Tema konferensi tahun 2012 ini adalah “Remembering the Past, Experiencing the Present, Exploring The Future”. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh direncanakan membuka acara tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyambut baik kegiatan Konferensi IAHA tersebut.

…dst

4 ) Indonesia Akan Kirim Nota Diplomasi kepada Malaysia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/14091675/Indonesia.Akan.Kirim.Nota.Diplomasi.kepada.Malaysia

Selasa, 26 Juni 2012 | 14:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan tiga langkah untuk menghadapi sikap Malaysia. Pernyataan ini terkait tindakan Malaysia yang beberapa kali mengklaim kesenian dan budaya Indonesia. Seperti diketahui, Malaysia melakukan klaim sepihak atas tari Pendet, lagu “Rasa Sayange”, reog Ponorogo, dan yang terakhir kabarnya Malaysia juga tengah melirik tari Tor-tor serta lagu “Poco-poco”.”Mengenai Tor-tor, kita telah melakukan tiga kali dialog dengan Malaysia. Katanya itu hanya salah persepsi,” kata Wiendu di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

…dst

5 ) Rendang sudah Terdaftar di UNESCO
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/27/329106/293/14/Rendang-sudah-Terdaftar-di-UNESCO

Rabu, 27 Juni 2012 05:17 WIB
PADANG–MICOM: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mendaftarkan rendang makanan khas tradisional berasal dari Sumatra Barat ke UNESCO. “Makanan tradisional dari Sumbar didaftarkan ke UNESCO pada 2010 dengan nomor registrasi 776,” kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Achyaruddin di Padang, Selasa (26/6). Menurut dia, tidak menjadi persoalan lagi bagi masyarakat Sumbar walaupun Malaysia mengklaim rendang sebagai warisan budaya. “Kalau ada yang berani mengaku sebagai pemilik warisan budaya yang telah ditetapkan UNESCO, negara yang bersangkutan bisa dituntut,” katanya. Semua orang menaruh hormat dan menghargai yang telah diputuskan oleh UNESCO. “Pengakuan dari UNESCO tersebut dapat mengakat pamor negara yang bersangkutan dan dianggap sebagai negara berbudaya tinggi,” kata Achyaruddin.

…dst

6 ) KONFERENSI LINGUISTIK
Peran Bahasa Inggris Digugat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/04511191/Peran.Bahasa.Inggris.Digugat

Rabu, 27 Juni 2012 | 04:51 WIB
Bandung, Kompas – Perlu tidaknya bahasa Inggris dalam pembangunan di Indonesia digugat. Gugatan dilontarkan Hywel Coleman OBE, perwakilan dari University of Leeds, Inggris, pada Konferensi Internasional Linguistik IX yang diadakan British Council, University of Leeds, dan Institut Teknologi Bandung, Selasa (26/6), di Bandung. Meskipun sering kali dipandang representasi kemajuan, bahasa Inggris tak selalu menjadi faktor kemajuan ekonomi. Banyak negara belum juga berkembang meski mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Di sisi lain, dominasi bahasa Inggris menghadang upaya pemeliharaan keanekaragaman linguistik. “Dalam situasi tertentu, bahasa Inggris memberi peran yang diharapkan, sedangkan beberapa yang lain mungkin agak mengejutkan,” kata Hywel, kemarin. Ia tak memungkiri dalam situasi yang lain, ada kemungkinan tingginya risiko ketergantungan berlebihan terhadap bahasa Inggris di saat bahasa lokal dan nasional bisa berperan lebih penting. Hywel mengambil studi kasus di Indonesia dalam upaya mengidentifikasi kontribusi tepat yang dapat diberikan bahasa Inggris terhadap pembangunan nasional. Namun, itu pendapat pribadi penulis dan tidak mewakili kebijakan British Council.
Konferensi tiga hari (26-28 Juni) yang diikuti 30 pembicara dari sejumlah negara ini dibuka Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mark Canning dan Rektor ITB Akhmaloka.

…dst

7 ) UNIMED Perpanjang Masa Pendaftaran Ulang Jalur Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132054/Perpanjang-Masa-Pendaftaran-Ulang-Jalur-Bidik-Misi-

Rabu, 27 Juni 2012 , 07:39:00
MEDAN-Universitas Negeri Medan (Unimed) memperpanjang pendaftaran ulang bagi mahasiswa yang diterima lewat Jalur Bidik Misi, sampai dengan tanggal 5 Juli 2012 mendatang. Apabila sampai pada batas waktu yang telah ditentukan tersebut, mahasiswa yang bersangkutan tidak juga mendafatar ulang, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut dianggap gugur. Hal ini disampaikan ketua panitia SNMPTN Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd, saat dikonfirmasi Selasa (26/6).Dalam kesempatan yang sama, sekretaris SNMPTN Panlok Unimed, Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd, menyampaikan nama-nama mahasiswa Jalur Bidik Misi yang diterima di Unimed, namun belum melakukan daftar ulang.

…dst

8 ) Bupati Tantang Unpak Buka Fakultas Kedokteran
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132064/Bupati-Tantang-Unpak-Buka-Fakultas-Kedokteran-

Rabu, 27 Juni 2012 , 08:33:00
BOGOR― Bogor memiliki beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta. Namun, tak satu pun yang membuka fakultas kedokteran. Padahal, Bogor membutuhkan banyak tenaga dokter spesialis untuk dipekerjakan di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun puskesmas. Atas dasar itulah, Bupati Bogor Rachmat Yasin menantang Rektor Universitas Pakuan (Unpak) untuk segera membuka fakultas kedokteran di Unpak. Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu menyebutkan, saat ini Kabupaten Bogor telah memiliki empat RSUD, yakni RSUD Cibinong, Ciawi, Cileungsi dan Leuwiliang. RSUD ini butuh dokter spesialis yang memadai.”Kalau Unpak buka fakultas kedokteran, kita siap bantu menyiapkan tempat praktik calon dokter di RSUD,” tutur RY di sela-sela syukuran khitanan putra CEO Radar Bogor (Grup JPNN), Hazairin Sitepu, kemarin. Bak gayung bersambut, Rektor Unpak, Bibin Rubini menyatakan siap merealisasikan tantangan Bupati Bogor tersebut. Namun, dia mengakui membuka program studi, apalagi fakultas kedokteran bukanlah perkara sepele.

…dst

9 ) Penjaringan Calon Rektor UI Dimulai di Kampus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/13152978/Penjaringan.Calon.Rektor.UI.Dimulai.di.Kampus

Rabu, 27 Juni 2012 | 13:15 WIB
DEPOK, KOMPAS.com- Menyongsong pemilihan Rektor Universitas Indonesaia (UI) masa bakti 2012-2017, Senat Akademik Fakultas Teknik (FTUI) membentuk Tim Konvensi FTUI. Tim terdiri dari beberapa orang dosen perwakilan dari ketujuh departemen yang ada di dalam FTUI.Tim Konvensi FTUI ini bertujuan untuk memfasilitasi sosialisasi mengenai siapa saja para bakal calon rektor dari FTUI kepada para sivitias akademika FTUI. Tujuan akhirnya untuk mempersatukan suara dari FTUI kepada calon yang nantinya terpilih.Bakal calon rektor dari FTUI bersama-sama melakukan sosialisasi pekan ini. Para balon rektor dari FTUI ini memaparkan dengan jelas visi dan misi serta strategi mereka untuk memajukan Universitas Indonesia tercinta apabila nantinya mereka terpilih menjadi rektor.Para bakal calon rektor dari FTUI yang ikut sosialisasi adalah Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng; Prof. Ir. Rinaldy Dalimi, M.Sc., Ph.D; dan Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng.

…dst

10 ) Prodi Ilmu Komunikasi Layak Jadi Pilihan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/1545526/Prodi.Ilmu.Komunikasi.Layak.Jadi.Pilihan

Selasa, 26 Juni 2012 | 15:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Program Studi Ilmu Komunikasi perlu diperhitungkan untuk dipilih sebagai program studi pilihan bagi para calon mahasiswa. Pasalnya, kebutuhan akan pakar ilmu komunikasi akan terus meningkat seiring dengan era baru dan kemajuan teknologi informasi. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, Andi Faisal Bakti mengatakan, jika dilihat perkembangannya beberapa tahun ke belakang, Ilmu Komunikasi hingga saat ini masih dan akan terus berkembang dengan pesat. “Era baru perkembangan sangat pesat sejak 12 tahun lalu. Bayangkan apa yang akan terjadi di belasan tahun berikutnya,” kata Andi saat ditemui Kompas.com, dalam seminar “Strategic Communication In a New Media Culture,”, Selasa (26/6/2012), di Bidakara, Jakarta.

…dst

11 ) PMB UII Diwarnai Perjokian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506439/

Wednesday, 27 June 2012
YOGYAKARTA– Proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2012/2013 di Univeristas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, diwarnai perjokian. Salah seorang calon mahasiswa yang akan masuk Fakultas Psikologi sengaja menggunakan joki agar dapat diterima di fakultas tersebut,Sabtu (23/6). Kasus ini terbongkar melalui validasi data computer based test (CBT). Saat verifikasi tersebut, diketahui ada pergantian orang, yaitu antara calon mahasiswa dengan joki yang akan menggantikannya. Atas temuan tersebut panitia akhirnya menginterogasi keduanya dan mereka mengaku perbuatannya tersebut. “Selain terpantau dalam nomor pendaftaran saat akan memasuki ruang tes,joki tersebut memakai nama calon mahasiswa. Padahal calon mahasiswa itu perempuan sedangkan jokinya laki-laki,” ungkap Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UII, Syamsudin, kemarin. Dari hasil keterangan pelaku, katadia,diketahuijikacalon mahasiswa tersebut sudah dua kali gagal menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi.Adapun jokinya diketahui salah satu mahasiswa Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM). “Karena ini sudah melanggar ketentuan, maka yang bersangkutan baik calon mahasiswa maupun joki, diproses sesuai dengan aturan yang ada, baik sanksi adminsitrasi maupun hukum yang ada,”katanya.

…dst

12 ) Trisakti Kumpulkan Rp 2.000 per Orang untuk KPK
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/27/063413206/Trisakti-Kumpulkan-Rp-2000-per-Orang-untuk-KPK

Rabu, 27 Juni 2012 | 11:41 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Asep Iwan Iriawan, mengatakan pihaknya hari ini, 27 Juni 2012, akan mulai mengumpulkan saweran untuk biaya pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. “Kami sebagai anak bangsa merasa perlu mendukung dan merestui pembangunan kembali gedung KPK walaupun hanya lewat uang Rp 2.000,” kata Asep saat dihubungi. Menurut Asep, saweran itu tidak mematok target tertentu. “Berapa pun yang terkumpul, walaupun cuma Rp 20 ribu, akan kami kirimkan ke KPK,” katanya. Sebelum acara seremonial dilaksanakan, cukup banyak masyarakat kampus yang ikut menyumbang. Penyumbang berasal dari mahasiswa, dosen, bahkan petugas kebersihan. “Sudah ada ratusan orang, padahal acara belum dimulai. Sekarang jadinya harus saya simpan dulu di map merah,” ujar Asep.

…dst

13 ) Pengusaha Boston Pecut Semangat Wirausaha Anak ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653755/pengusaha-boston-pecut-semangat-wirausaha-anak-its

Selasa, 26 Juni 2012 14:03 wib
JAKARTA – Budaya wirausaha terus-menerus ditanamkan dalam hati generasi muda Indonesia. Demikian pula halnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Tidak tanggung-tanggung, ITS bahkan menghadirkan wirausaha asal Boston sebagai pembicara dalam kuliah tamu di Jurusan Teknik Lingkungan (TL) ITS. Habib Rahman adalah seorang pengusaha asal Boston, Amerika Serikat (AS). Dalam kuliah tamu tersebut, Habib pun berbagi sejumlah tips dan langkah penting bagi kawula muda ketika terjun dalam dunia wirausaha. Dia berkata, untuk menjadi seorang wirausahawan handal, ada tiga langkah awal yang harus dilakukan. “Pertama, pahami tujuan dan keinginan diri sendiri. Kemudian tentukan cara yang paling tepat untuk memperoleh tujuan tersebut. Dan yang terakhir, keyakinan bahwa tujuan tersebut dapat diraih,” tutur Habib, seperti dikutip dari ITS Online, Selasa (26/6/2012).

…dst

14 ) Garnesa Unesa Siap Tempur di KMLI
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653906/garnesa-unesa-siap-tempur-di-kmli

Rabu, 27 Juni 2012 10:03 wib
JAKARTA – Mobil Listrik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) siap berlaga dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI). Mobil besutan Tim Mekatronika Unesa itu diberi nama Garuda Unesa (Garnesa). Garnesa merupakan hasil karya para mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Unesa. Mobil tersebut tengah disiapkan untuk menempuh kompetisi yang akan berlangsung di Politeknik Negeri Bandung, Jawa Barat, November mendatang.Menguji kesiapan Garnesa, maka beberapa waktu lalu diadakan test drive dengan berkeliling di sekitar kampus Ketintang Unesa. Kecepatan sekira 50 km per jam masih belum mencapai target yang ditetapkan tim Mekatronika. “Mobil tersebut ditargetkan berkecepatan 60-80 km per jam,” kata salah satu mekanik mobil Garnesa Munif Efendi, seperti dikutip dari laman Unesa, Rabu (27/6/2012).

…dst

15 ) Mahasiswa Unesa Ciptakan Penyaring Air dari Cangkang Kerang
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/372/653903/mahasiswa-unesa-ciptakan-penyaring-air-dari-cangkang-kerang

Rabu, 27 Juni 2012 09:04 wib
JAKARTA – Bekeinginan mengubah mindset bangsa Indonesia dari konsumtif menjadi produktif menjadi landasan Yulianto Laksmono Putra menciptakan inovasi. Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini membuat “Steril Purifire Water Alat Pengolah Air dengan Media Cangkang Kerang.” Pembuatan alat tersebut bermula dari penelitian dari Yulianto di Desa Padimunegoro, Sukodono, Sidoarjo. Di desa tersebut dia yang menemukan pertama kandungan besi (Fe) dan mangan (Mg) yang melimpah pada air. Selain itu, mahasiswa jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) itu juga melihat adanya limbah cangkang kulit kerang yang dibiarkan begitu saja.

…dst

16 ) FTIP Unpad Luncurkan 4 Produk Agrobisnis Inovatif
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653827/ftip-unpad-luncurkan-4-produk-agrobisnis-inovatif

Selasa, 26 Juni 2012 17:02 wib
JAKARTA – Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung meluncurkan sejumlah program inovasi agrobisnis besutan para mahasiswa. Berawal dari mata kuliah Desain Produk dan Manajemen Proyek Teknik yang berbasis kewirausahaan, dihasilkan empat produk inovatif yang telah dirancang oleh kelompok mahasiswa FTIP Unpad.Keempat produk tersebut terdiri atas produk pangan dan nonpangan. Untuk kategori pangan terdapat inovasi berupa Beras Rendah Kalori “Lumbung Sehat” dan konsep pengembangan produk agroindustri dalam bentuk sosial media yang bertajuk “Rumah Cemilan Online.” Sementara untuk produk nonpangan berbentuk suplemen dari limbah putih telur yang diberi nama “TamagoVit”, serta alat pertanian multichopper bertajuk “Sphiita Chopper”.

…dst

17 ) Industri Pangan Tak Akan Habis Diekplorasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653837/industri-pangan-tak-akan-habis-diekplorasi

Selasa, 26 Juni 2012 18:05 wib
JAKARTA – Untuk memajukan sebuah industri, diperlukan inovasi yang tidak berkesudahan. Maka, guna memacu semangat inovasi dalam bidang agrikultur, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung menghelat seminar yang bertajuk Masa Depan Pengembangan Produk Agroindustri di Indonesia. Dalam seminar tersebut, hadir berbagai pembicara yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ferry Sofwan Arif, Bussiness Development “Food Review” Andang Setiadi, dan dosen Unpad Iwan Setiawan. Masing-masing pembicara menekankan pentingnya kreativitas dalam suatu proses penemuan produk. Menurut Ferry, 44 juta jiwa penduduk Jabar sangat ideal untuk produk agribisnis.

…dst

18 ) Unhas Genjot Nilai Tambah Kakao
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/654050/unhas-genjot-nilai-tambah-kakao

Selasa, 26 Juni 2012 16:46 wib
BANTAENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng akan menggandeng Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) terkait pengolahan kakao. Menurut Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, selama ini kakao hanya dijual dalam bentuk biji. Untuk menaikkan nilai jual, maka kakao akan dijual dalam bentuk bubuk dan pasta. “Unhas telah memiliki sebuah mesin pengolah kakao, menjadi bubuk maupun pasta. Pengolahan ini dilakukan agar kakao Bantaeng bernilai lebih dibandingkan penjualan dalam bentuk biji,” jelas Nurdin, Selasa (27/6/2012). Menurut Nurdin, harga jual antara biji dengan bubuk dan pasta tentu berbeda, sehingga Pemkab juga akan menyiapkan dana untuk pengolahan tersebut. Peluang berharga ini pun memerlukan persiapan sebaik mungkin. Lebih lanjut, salah satu guru besar Unhas tersebut berkata, dari sisi sumber daya alam di Indonesia cukup melimpah. Baik pangan maupun energi dan ditunjang iklim. “Namun, karena tanpa pengolahan itulah, maka produk pertanian kita akan selalu dinilai rendah,” jelasnya.

…dst

19 ) Muhammadiyah Beri Beasiswa 71 Mahasiswa Thailand Selatan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/26/329055/293/14/Muhammadiyah-Beri-Beasiswa-71-Mahasiswa-Thailand-Selatan

Selasa, 26 Juni 2012 19:53 WIB
JAKARTA–MICOM: Muhammadiyah memberi beasiswa kepada 71 mahasiswa baru asal Thailand Selatan untuk berkuliah di 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, 15 mahasiswa di antaranya akan berkuliah di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.”Ini merupakan tindak lanjut konkret dari kesepakatan yang dilakukan Muhammadiyah untuk mendamaikan konflik di Thailand Selatan bersama pemerintah RI,” kata Rektor Uhamka Prof Dr Suyatno di sela Seminar Komunikasi Internasional di Jakarta, Selasa (26/6). Pada tahun ini total pelamar dari Patani dan Yala, Thailand ada 119 orang dan yang lolos seleksi 71 orang. Mereka para calon mahasiswa Thailand itu telah diseleksi pada 22 Juni 2012 oleh tim Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah.

…dst

20 ) Mahasiswa Muslim Thailand Pilih Studi di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/20505367/Mahasiswa.Muslim.Thailand.Pilih.Studi.di.Indonesia

Selasa, 26 Juni 2012 | 20:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pelajar muslim dari Thailand lebih memilih melanjutkan studi di perguruan tinggi Islam Indonesia. Hal itu nampak dari 119 mahasiswa muslim Thailand yang mendaftarkan diri ke 13 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro, mengatakan, alasan rata-rata mahasiswa muslim Thailand memilih perguruan tinggi Islam di Indonesia adalah kemiripan budaya dan kondisi sosial kedua negara. Hal itu membuat para mahasiswa Thailand kerasan mengenyam pendidikan di Indonesia. Uhamka Jakarta sendiri tahun ini menerima 15 mahasiswa baru dari Thailand.”Dari segala sisi, mereka lebih nyaman dan merasa at home kuliah di Indonesia, padahal secara jarak, mereka lebih dekat ke Malaysia,” kata Gunawan di Kampus Uhamka, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

…dst

21 ) UHAMKA Jakarta Siap Didik Mahasiswa Thailand
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/26/m67ywh-uhamka-jakarta-siap-didik-mahasiswa-thailand

Selasa, 26 Juni 2012, 17:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – -Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA) Jakarta, Prof Dr Suyatno mengungkapkan siap mendidik generasi muda asal provinsi Yala dan Patani, Thailand Selatan.. Mereka akan mengikuti kuliah program S1 tahun akademik 2012-2013. ”Mereka berjumlah 15 orang dan akan mengambil program studi Farmasi, Psikologi, Pendidikan Islam, Perbankan Syariah, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Bahasa Inggris. Selain itu mereka juga mendapatkan beasiswa dari UHAMKA,” ujar Suyatno kepada wartawan di Kampus UHAMKA Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (26/6). Lebih lanjut Suyatno menjelaskan, para mahasiswa Thailand ini telah mendapatkan beasiswa UHAMKA yang merupakan bagian dari program beasiswa PP Muhammadiyah yang diberikan kepada para generasi muda asal Yala dan Patani, Thailand Selatan.

…dst

22 ) Penerimaan Siswa Baru
Nuh: Seleksi Akademik Wajib!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/12052050/Nuh.Seleksi.Akademik.Wajib.

Rabu, 27 Juni 2012 | 13:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, kemampuan akademik merupakan prinsip utama pada seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Menurutnya, seleksi akademik wajib dilakukan di seluruh sekolah (SMP-SMA) dan jangan ditafsirkan sebagai bentuk diskriminasi. “Seleksi akademik itu prinsip penerimaan siswa baru. Jangan salah menafsirkan. Ini supaya tak ada yang bahagia di atas penderitaan orang lain,” kata Nuh, Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.Ia mengungkapkan, diwajibkannya tes akademik pada penerimaan siswa baru, khususnya di sekolah-sekolah negeri, karena tes akademik merupakan tes yang paling lazim jika dibandingkan dengan “tes” kemampuan finansial. Baik itu melalui nilai rapor, atau pun berdasarkan hasil ujian nasional (UN). Nuh menekankan, tes yang dilakukan tak boleh melenceng dari norma akademik.

…dst

23 ) Kemendikbud Susun Database Sekolah Nakal
Untuk Antisipasi Pelanggaran di PSB
http://www.jpnn.com/read/2012/06/25/131765/Kemendikbud-Susun-Database-Sekolah-Nakal-

Senin, 25 Juni 2012 , 05:15:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih mencium potensi pelanggaran pada masa pendaftaran siswa baru (PSB) tahun ajaran 2012-2013. Untuk itu, insititusi berslogan Tut Wuri Handayani tersebut sedang menyusun database sekolah-sekolah nakal yang nantinya bisa diakses masyarakat. Proyek itu dikomando oleh jajaran Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. “Program ini merupakan instruksi langsung dari pak Menteri (Mohammad Nuh, red),” ujar Irjen Kemendikbud Haryono Umar di Jakarta, Minggu (24/6). Mantan pimpinan KPK itu menambahkan, program tersebut akan dikebut auditor Itjen Kemendikbud bersama dengan tim dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan).Haryono menuturkan, tim pembuat database sekolah nakal ini akan mulai bekerja pekan ini. Dia berharap, tim tersebut bisa menyelesaikan tugasnya setelah masa PSB 2012-2013 selesai sekitar pertengahan bulan depan.

…dst

24 ) PSB Rawan Pungutan
Gandeng ICW, Ombudsman Buka Posko Pengaduan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131914/PSB-Rawan-Pungutan-

Selasa, 26 Juni 2012 , 07:40:00
JAKARTA – Musim penerimaan siswa baru (PSB) dan mahasiswa baru (PMB) sudah mulai dibuka. Biasanya, suara sumbang terkait sekolah atau universitas yang meminta pungutan bakal santer terdengar. Tidak ingin suara-suara itu menguap percuma, Indonesia Coruption Watch (ICW) dan Ombudsman RI membuka posko pengaduan PSB dan PMB.Posko tersebut resmi dibuka kemarin. Dalam acara pembukaan tersebut, Ombudsman RI Substansi Pendidikan, Budi Santoso mengatakan kalau persoalan pungutan selalu muncul tiap tahun. Tidak mau praktik kotor itu terus berlanjut, Ombudsman ingin menggunakan kuasanya. “Kami bisa mengeluarkan rekomendasi untuk diberi sanksi,” ujarnya. Lebih lanjut dia menjelaskan kalau dibeberapa daerah posko tersebut sudah disosialisasikan. Rencananya, posko akan dibuka selama tiga bulan atau sampai Oktober nanti. Pertimbangan cukup lamanya posko dibuka adalah, praktik penarikan pungutan biasanya masih dilakukan meski proses PSB berakhir.

…dst

25 ) Nuh Siapkan Tim Investigasi Rekayasa Kelulusan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/132028/Nuh-Siapkan-Tim-Investigasi-Rekayasa-Kelulusan-

Selasa, 26 Juni 2012 , 23:58:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, dalam waktu dekat segera menurunkan tim investigasi guna menyelidiki adanya dugaan rekayasa nilai tes masuk ke SMAN 5 Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Menurutnya, hal ini jika dibiarkan maka dikhawatirkan akan menjadi contoh buruk bagi sekolah RSBI.”Saya akan menurunkan tim investigasi segera mungkin. Ini akan menjadi catatan saya dan kita akan verifikasi semua data-data sekolah tersebut,” ungkap Nuh kepada JPNN ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (26/6) malam. Nuh mengakui, pihaknya sangat kecewa jika hal ini benar-benar terjadi di lapangan. Maka dari itu, lanjut Nuh, beberapa kali pihaknya menyampaikan bahwa prinsip dasar masuk di sekolah RSBI harus mengutamakan kemampuan akademik. “Prestasi akademik itu prinsip dasar. Karena ini masuk di sekolah unggulan. Yang dinilai itu nilai prestasi akademik, bukan saling adu besaran uang dan sebagainya,” ujarnya.

…dst

26 ) SMAN 5 Palangka Raya Diduga Rekayasa Kelulusan Calon Siswa
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131957/SMAN-5–Palangka-Raya-Diduga-Rekayasa-Kelulusan-Calon-Siswa-

Selasa, 26 Juni 2012 , 11:03:00
PALANGKA RAYA – Koordinator Bidang Akademik Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) SMAN 5 Palangka Raya, Aldiarto Gandrung mengungkapkan terjadi praktik rakayasa dalam meluluskan calon siswa baru di sekolah favorit di Kalimantan Tengah itu.Aldiarto menyebut ada perubahan besar-besaran pada rekapitulasi hasil tes akademik. Dia mencatat ada 24 siswa yang tes akademiknya lulus, tetapi dinyatakan tidak lulus. Kemudian ada 26 siswa yang semestinya tidak lulus, tetapi ternyata dinyatakan lulus.”Hasil tes itu berubah. Mereka yang seharusnya lulus tiba-tiba tidak lulus. Padahal banyak berasal dari daerah yang dengan susah-payah mengikuti tes di Palangka Raya untuk masuk SMA Plus yang katanya terbaik,” tutur Aldiarto kepada Kalteng Pos (JPNN Grup).

…dst

27 ) Amien Rais: Ekonomi Indonesia Lagi Gendeng
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132095/Amien-Rais:-Ekonomi-Indonesia-Lagi-Gendeng-

Rabu, 27 Juni 2012 , 11:45:00
JAKARTA–Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menegaskan, saat ini Indonesia berada pada pilihan apakah menjadi bangsa merdeka dengan kapitalisme merajalela, atau kehidupan merdeka dimana semua rakyat sejahtera dan terpenuhi kebutuhan hidupnya. “Jangan kira kalau kita memiliki parlemen saja berarti kita sudah sejahtera. Bung Karno sudah lama mengingatkan negara Eropa dan AS (Amerika Serikat) itu mengusung demokrasi politik saja, maka tak adil juga,” kata Amien, Rabu (27/6), di Jakarta. Hal itu diungkapkan Amien, saat memberi testimoni pada sarasehan yang digelar “Megawati Institute” dalam rangka kegiatan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno yang dibuka Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Rabu (27/6), di Jakarta. Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN, itu menceritakan, salah satu pemikiran kritis atas revolusi Perancis yang menghasilkan kebebasan politik. Namun, belum tentu bisa bebas dalam hal ekonomi. Contohnya, seorang buruh pabrik bisa saja melempar seorang pejabat negara dengan suara politiknya. Namun keadaan itu belum tentu terjadi di ekonomi.

…dst

28 ) Doed Joesoef: Jangan Hanya Membangun Ekonomi
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/27/12470193/Doed.Joesoef.Jangan.Hanya.Membangun.Ekonomi

Rabu, 27 Juni 2012 | 12:47 WIB
KOMPAS.com – Bangsa Indonesia kini tengah mengalami multikrisis. Tidak hanya krisis di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang politik, sosial, dan kultural. Tantangannya adalah bagaimana memecahkan persoalan yang multikompleks ini. “Sayangnya, para pemimpin negeri ini tidak, atau tidak mau, menyadari hal itu. Mereka menganggap kesulitan kita sekarang ini terjadi hanya karena ekonomi kita ini belum terbangun dengan baik. Akibatnya, perhatian hanya dipusatkan pada pembangunan ekonomi. Dan, karena pembangunan ekonomi dianggap sebagai jawaban, logis saja jika jalannya pembangunan itu didasarkan pada diktum penalaran ilmu ekonomi,” kata Daoed Joesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (1978-1983). Ia menambahkan, sesungguhnya, pendapat yang menyatakan bahwa pembangunan ekonomi dapat menyelesaikan persoalan yang dialami bangsa ini adalah pendapat yang picik. Semasa menjadi anggota Kabinet Pembangunan III, kata Daoed Joesoef, dirinya sudah mengingatkan Presiden Soeharto bahwa pembangunan yang berorientasi pada ekonomi itu akan gagal. Namun, itu tidak ditanggapi.

…dst

29 ) Amien Rais: Masyarakat Sudah Miskin Kok Galang Dana Gedung Baru KPK
http://news.detik.com/read/2012/06/27/113831/1951929/10/amien-rais-masyarakat-sudah-miskin-kok-galang-dana-gedung-baru-kpk?n990102mainnews

Rabu, 27/06/2012 11:38 WIB
Jakarta Mantan Ketua MPR Amien Rais tampaknya tidak setujudengan penggalangan dana gedung baru KPK. Menurut Amien, masyarakat sudah miskin dan jangan dibebani yang macam-macam. “Masyarakat itu sudah miskin kok pakai galang-galang,” ujar Amien. Amien mengatakan itu usai Sarasehan Kebangsaan Bung Karno tentang Kepemimpinan Sosial Demokrasi di Hotel Four Season, Jl Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2012). Amien menyarankan gedung baru KPK menggunakan dana dari APBN. Amien juga meminta anggota DPR untuk tidak menolak pembangunan gedung baru KPK.”Jadi berikanlah gedungnya,” kata mantan Ketua Umum PAN ini.

…dst

30 ) Hindari KKN Pada Penerimaan CPNS, Kementerian PAN-RB Gandeng ICW
http://news.detik.com/read/2012/06/27/125133/1952034/10/hindari-kkn-pada-penerimaan-cpns-kementerian-pan-rb-gandeng-icw?n991102605

Rabu, 27/06/2012 12:51 WIB
Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan melakukan pembenahan dalam sistem rekrutmen CPNS. Salah satunya adalah dengan cara melibatkan ICW untuk mengawasi jalannya seleksi penerimaan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam acara penandatangan MoU Kementerian PAN-RB dan ICW tentang Pengembangan Sistem Anti Korupsi dan Nepotisme dalam Proses Seleksi Pegawai Negeri Sipil sebagai Bagian dari Pelaksanaan Proses Reformasi Birokrasi di Gedung Kementerian PAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (27/6/2012).”Kita berupaya untuk melibatkan semua. Melibatkan kampus, pemerintah daerah dan juga masyarakat dalam hal ini ICW untuk melakukan pengawasan dalam seleksi CPNS,” ujar Azwar. Selain menggandeng ICW, dia menyatakan pihaknya juga akan melakukan perubahan dalam sistem seleksi penerimaan CPNS. Caranya adalah dengan meminta tiap instansi yang akan menerima pegawai baru untuk melakukan pemetaan formasi pegawai.

…dst