ITS Juara Umum Kontes Robot Tingkat Nasional

07/02/2012
Bandung — Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) meraih dua gelar dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) Tingkat Nasional 2012 di Bandung. Robot RI-NHO yang memenangi perlombaan KRI dan robot V-yu yang menang di KRSI mengantarkan ITS meraih juara umum tahun 2012 ini. Kegiatan kontes robot tingkat nasional ini berlangsung dari tanggal 30 Juni hingga 1 juli 2012, di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso mengucapkan selamat kepada semua peserta yang telah mampu mengaplikasikan hasil pembelajaran ke karya nyata berupa robot. “Semua peserta telah mampu mengorganisasi tim dan menghasilkan karya nyata,” ujarnya. Dirjen Dikti secara resmi menutup kegiatan tersebut Minggu (1/7) kemarin.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang hadir menyaksikan jalannya perlombaan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wahana mengembangkan kreatifitas dan ajang berkreasi bagi mahasiswa. “Mereka ditantang memahami persoalan, kemudian membuat desain dan aplikasinya untuk memecahkan masalah tersebut,” ujar Mendikbud menambahkan.

Kegiatan selama dua hari tersebut mempertandingkan kategori KRI, KRCI Beroda, KRCI Berkaki, KRCI Humanoid, dan KRSI. Untuk kategori KRI, tim ITS meraih juara I mengalahkan 23 pesaingnya. Sedangkan untuk kategori KRCI Beroda juara diraih Politeknik Negeri Bandung. Robot Universitas Gajah Mada (UGM) menyabet juara di kategori KRCI Berkaki, sedangkan robot EROS dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi yang terbaik di KRCI Humanoid. Juara dari kontes robot tersebut akan mewakili Indonesia di kontes robot tingkat internasional. (NW)

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/449