1 ) Menteri Pendidikan Sedunia Kumpul di Yogya
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/04/079414682/Menteri-Pendidikan-Sedunia-Kumpul-di-Yogya

Rabu, 04 Juli 2012 | 10:26 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Menteri pendidikan anggota East Asia Summit berkumpul selama tiga hari hingga 5 Juli 2012 besok di Yogyakarta guna membahas kerja sama bidang pendidikan antara negara maju dengan negara ASEAN. Sebagai pembukaan kegiatan yang baru pertama kali digelar itu, pada Selasa malam rombongan yang dipimpin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia M. Nuh itu bersilaturahmi dengan Raja Keraton Yogyakarta di kediamannya. Sekitar 125 anggota delegasi dari 18 negara tersebut sempat menyambangi Museum Sultan Hamengku Buwono IX sebelum menggelar paparan kegiatannya. Kerabat Keraton Yogyakarta turut mendampingi rombongan itu, seperti KGPH Hadiwinata, GBPH Joyokusumo, GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Condroningrat. Juga, ada putri HB X, GKR Maduretno. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Sheraton Yogyakarta itu melibatkan 10 negara ASEAN ditambah Korea Selatan, Cina, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Selandia Baru, India, dan Australia. Muhammad Nuh mengungkapkan dalam kegiatan yang mengusung tema “Straightening Global Partnership for Education and Humanity” itu akan membahas kerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang makin baik antarnegara.

…dst

2 ) Dorong Semua PTN Jadi Badan Hukum
http://www.jpnn.com/read/2012/07/03/132750/Dorong-Semua-PTN-Jadi-Badan-Hukum-

Selasa, 03 Juli 2012 , 04:40:00
JAKARTA – Sebentar lagi rancangan undang-undang perguruan tinggi (RUU PT) digedok DPR. Setelah aturan tersebut disahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menjadi badan hukum (PTN BH). “Silahkan jika upaya ini ingin dimaknai renkarnasi, metamorfosis, atau jelmaan dari BHMN (Badan Hukum Milik Negara, red),” kata Mendikbud Mohammad Nuh di gedung DPR, Selasa (3/7). Dia menegaskan, terjadi perbedaan yang cukup signifikan antara BHMN dengan PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) yang akan dia dorong pendiriannya setelah RUU PT tadi digedok. Menteri asal Surabaya itu mengatakan, masyarkat tidak perlu takut atau khawatir dengan adanya pembentukan PTN BH ini. Terutama kekhawatiran yang disebabkan takut biaya kuliah akan tinggi seperti masa BHMN dulu. Nuh mengatakan, dengan masih adanya keterangan PTN, maka kampus bertitel PTN BH tidak seotonom ketika berlabel BHMN. Skenario pendirian PTN BH ini adalah dimulai dengan perubahan status tujuh kampus negeri eks BHMN. Ketujuh kampus itu adalah, UI, UGM, ITB, IPB, UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Unair, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

…dst

3 ) Bahas RUU PT, DPR Soroti Badan Hukum PTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/03/373/658045/bahas-ruu-pt-dpr-soroti-badan-hukum-ptn

Selasa, 03 Juli 2012 15:04 wib
JAKARTA – Meski Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku tidak mengajukan perubahan berarti dalam draf Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), anggapan berbeda datang dari anggota Komisi X DPR, Renny Marlinawati. Bahkan, Renny menilai, beberapa perubahan yang diajukan pemerintah bersifat krusial.
“Kalau Pak Menteri menganggap tidak ada perubahan yang signifikan, itu sah-sah saja. Tapi menurut kami ada perubahan yang bersifat krusial dalam draf tersebut,” kata Renny di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2012). Menurut Renny, dibandingkan draf terakhir April lalu, banyak pasal yang diusulkan pemerintah tapi justru dibatalkan. “Salah satunya pasal anggaran untuk penelitian. Setelah kami minta detail anggaran, pemerintah tidak bisa memberikannya,” ujarnya.

…dst

4 ) ITS bebaskan SPP tim juara kontes robot
http://www.antaranews.com/berita/319510/its-bebaskan-spp-tim-juara-kontes-robot

Selasa, 3 Juli 2012 14:41 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Rektor ITS Surabaya Prof Dr Triyogi Yuwono DEA langsung membebaskan sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) bagi anggota tim robot yang menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) 2012 di Bandung (1/7). “Saya sudah minta petugas TU untuk membebaskan SPP mereka untuk semester ini,” katanya kepada ANTARA di sela-sela menyambut kedatangan tim robot RI-NHO di Rektorat ITS Surabaya, Selasa.Tim robot ITS yang menjadi juara umum itu tiba di Stasiun KA Gubeng, Surabaya, pukul 07.30 WIB, lalu diarak melalui Gubeng, Jalan Yos Sudarso, Jl dr Moestopo, Darmahusada, Kertajaya, dan akhirnya ke kampus ITS. “Yang penting, komitmen kami untuk mereka, apakah pembebasan kuliah itu satu semester atau satu tahun (dua semester), nanti akan kami sesuaikan dengan peraturan yang ada. Tapi, semester ini sudah langsung dibebaskan,” katanya. Bahkan, katanya, pihaknya juga akan berupaya mencarikan beasiswa bagi tim robot RI-NHO yang menjuarai KRI 2012 itu. “Paling tidak, uangnya bisa untuk mengganti biaya hidup mereka selama satu semester,” katanya. Selain itu, robot RI-NHO yang memenangkan KRI tidak akan dibongkar untuk kontes tahun depan, tetapi akan dibiarkan apa adanya untuk dipamerkan dalam ruang khusus guna mengingat prestasi tim robot ITS.

…dst

5 ) Inilah Finalis Mahasiswa Berprestasi 2012
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/15585151/Inilah.Finalis.Mahasiswa.Berprestasi.2012

Rabu, 4 Juli 2012 | 15:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengadakan seleksi mahasiswa berprestasi. Tahun ini, seperti dikutip dari laman www.dikti.go.id, terpilih 27 mahasiswa untuk kategori Program S-1/D-IV dan Program Diploma untuk berkompetisi pada babak final yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 13-16 Juli 2012. Inilah 27 finalis mahasiswa berprestasi 2012:

…dst

6 ) Pameran Pendidikan di EAS 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/455

07/03/2012
Yogyakarta – Pada pertemuan EAS (East Asia Summit) 2012 yang digelar pertama kali di Yogyakarta pada tanggal 3-5 Juli 2012, diselenggarakan juga Pameran Pendidikan dari berbagai universitas, insititut, serta instansi pemerintah yang menampilkan produk-produk yang diunggulkan, sebagai informasi bagi peserta EAS. Berbagai karya tulis dan informasi pendidikan ditampilkan pada pameran ini. Diharapkan melalui pameran ini para delegasi khususnya delegasi luar negeri dapat melihat perkembangan pendidikan di Indonesia.

…dst

7 ) Indonesia dan India Jadi “Pilot Project” Pendidikan Vokasi EAS
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/456

07/03/2012
Yogyakarta — Pertemuan pejabat senior di bawah Menteri Pendidikan atau disebut dengan EAS Senior Officials Meeting on Education (EAS SOM-ED) di Yogyakarta hari pertama telah menghasilkan beberapa poin kesepakatan. Poin pertama adalah tentang implementasi dalam kerja sama antar anggota EAS. Setidaknya ada 13 proyek kerja sama yang ditindaklanjuti dalam pertemuan ini. Salah satunya adalah implementasi dalam pendidikan vokasi. Untuk pendidikan vokasi, Indonesia bekerja sama dengan India untuk mengembangkan pilot project bidang engineering. “Setelah engineering, nanti akan diperluas pada aspek pariwisata dan dikembangkan bersama negara-negara lain,” Demikian diungkapkan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemdikbud, Ananto Kusuma Seta, usai pertemuan EAS hari pertama di Yogyakarta, Selasa (3/07).

…dst

8 ) ASEAN Curriculum Source Book Diluncurkan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/461

07/04/2012
Yogyakarta — Komitmen para Menteri Pendidikan di ASEAN dalam menguatkan hubungan orang ke orang dalam lingkup masyarakat ASEAN direfleksikan hari ini. Komitmen tersebut ditandai dengan peluncuran “ASEAN Curriculum Source Book” yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh pada pembukaan 7th ASED Meeting, di Yogyakarta, Rabu (4/07). ASEAN Curriculum Source Book ini merupakan bantuan dari USAID, dan merupakan buku penting dalam menguatkan rasa keASEANan di kalangan masyarakat ASEAN. Buku ini akan menjadi acuan bagi para guru dan siswa dalam mengembangkan kurikulum di sekolah dasar dan sekolah menengah tentang kehidupan internasional umumnya, ASEAN pada khususnya.

…dst

9 ) Membongkar “Kebohongan” Anggaran Pendidikan 20 Persen?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/13575176/Membongkar.Kebohongan.Anggaran.Pendidikan.20.Persen.

Rabu, 4 Juli 2012 | 13:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pasca reformasi anggaran pendidikan mendapatkan porsi 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Setidaknya itu dinyatakan dalam amandemen keempat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (3). Kendati demikian, nyatanya yang jatuh untuk operasional dan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terbilang kecil. Demikian diungkapkan pengamat pendidikan Darmaningtyas. “Setidaknya sejak tahun 2008 anggaran pendidikan memang 20 persen tetapi sebetulnya yang jatuh untuk operasional kecil,” katanya kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (4/7/2012). Dia memberikan contoh. Dari anggaran pendidikan tahun 2012 sekitar sebesar Rp 289 triliun yang dikelola Kemdikbud RI untuk operasional hanya Rp 64 triliun. Kemana sisanya? Darmaningtyas menuturkan, selebihnya dipergunakan untuk membiayai pendidikan yang diurus kementerian atau lembaga lain. Misalnya, Kementerian Agama, Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Statistik dan lain sebagainya. “Anggaran yang dikelola Kemdikbud itu kecil.” tuturnya.

…dst

10 ) Menagih Janji Kemendikbud
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/04/95/658570/menagih-janji-kemendikbud

Rabu, 04 Juli 2012 11:59 wib
Uang Kuliah Tunggal
Beberapa waktu yang lalu dunia pendidikan Indonesia khususnya perguruan tinggi negeri (PTN) kembali dikejutkan oleh kebijakan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (SE Dirjen Dikti) No. 488/E/T/2012 tanggal 21 Maret 2012 tentang penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di PTN. Pembayaran biaya kuliah dengan sistem UKT adalah jumlah seluruh pengeluaran seorang mahasiswa selama di kampus kemudian dibagi dengan delapan semester masa kuliahnya. Besaran inilah yang kemudian dibebankan kepada mahasiswa sebagai biaya setiap semester yang ditempuhnya selama empat tahun. UKT diterapkan agar nantinya mahasiswa tidak akan mengalami pungutan-pungutan lain selama masa kuliahnya.

…dst

11 ) Aksi Demo
Mahasiswa UI Tuntut Pembatalan Kenaikan Biaya Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/11201647/Mahasiswa.UI.Tuntut.Pembatalan.Kenaikan.Biaya.Kuliah.

Rabu, 4 Juli 2012 | 11:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia melakukan aksi demo di depan Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI), Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/7/2012). Mereka menyatakan penolakan atas kenaikan Dana Pengembangan (DP) Profesi FKG UI dari Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta rupiah. “Tuntutan kami ada dua. Pertama, kami menolak dana kegiatan profesi di FKG . Dan kedua, menuntut transparansi SUC (Student Unit Cost), yaitu daftar kenaikan biaya kuliah yang menjadi alasan DP itu mahal,” kata Faldo Maldini, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Faldo menambahkan, mahasiswa sudah membicarakan masalah ini kepada dekanat, tetapi tidak mendapatkan tanggapan yang jelas. Oleh karena itu, BEM UI menuntut kepada rektorat untuk turut andil menuntaskan masalah biaya perkuliahan di FKG.”Ada keanehan. Dekanat menjelaskan, ini kebijakan rektorat. Rektorat bilang ini adalah masukan dari dekanat,” tambah Faldo.

…dst

12 ) Mahasiswa UI Paksa Masuk Rektorat
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/07/04/m6mjve-mahasiswa-ui-paksa-masuk-rektorat

Rabu, 04 Juli 2012, 14:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Mahasiswa UI yang berdemo di depan gedung rektorat, Rabu (4/7) mencoba untuk masuk menerobos pintu utama gedung tersebut. Mereka berbaris sambil berteriak menyoraki tuntutan mereka terhadap pihak rektorat kampus. Kekecewaan mahasiswa kini sudah mencapai puncaknya. Mereka memaksa untuk bisa berkomunikasi langsung dengan rektor, wakil rektor, dekan FKGUI dan kepala keuangan untuk membicarakan keluhan mereka mengenai kenaikan biaya profesi di FKG, mekanisme BOP-B dan transparansi dana.Menurut Iqbal, Ketua Pusat Pergerakan (Pusgrak), mahasiswa sudah berusaha untuk meminta pihak rektorat untuk mengadakan forum dan berkomunikasi langsung, namun permintaan mereka tidak diacuhkan. “Lebih dari 2 minggu kita minta kepastian,” katanya pada Republika, Rabu (4/7).

…dst

13 ) Mahasiswa Kepung Rektorat UI
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/07/04/m6miz4-mahasiswa-kepung-rektorat-ui

Rabu, 04 Juli 2012, 13:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, mengepung gedung rektorat UI. Aksi tersebut merupakan lanjutan untuk meminta penjelasan dari pihak rektorat mengenai kenaikan biaya masuk profesi Fakultas Gigi Kedokteran Universitas Indonesia (FKGUI), Rabu (7/3). Aksi mahasiswa UI “Occupy Rektorat UI” tersebut menuntut 3 hal, yaitu hapuskan dana pengembangan, adakan mekanisme BOP-B di program profesi, dan menegakan transparansi UI. “Adanya indikasi korupsi, karena tidak ada transparansi UI,” kata Faldo, ketua BEM UI. Hal tersebut telah diajukan oleh KPK dan sedang masuk tingkat penyelidikan. Mahasiswa mengaku tidak bisa mengetahui masalah keuangan tersebut. “Kita sampai sekarang tidak bisa mengakses ‘Student Unit Cost’ (SUC)” kata Faldo. Selain masalah SUC, mahasiswa mengkomentari rektor masalah biaya profesi mahasiswa FKGUI yang naik dari Rp10 juta menjadi Rp15 juta. Padahal sebelum dia menjabat, dikampanyenya dulu dia mengatakan untuk tidak akan menaikan biaya kuliah.

…dst

14) Dirmawa UI: Demo Jangan Pakai Kata Kotor
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/07/04/m6mkup-dirmawa-ui-demo-jangan-pakai-kata-kotor

Rabu, 04 Juli 2012, 14:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Mahasiswa UI yang ‘menduduki’ rektorat kecewa karena niat untuk menemui rektor untuk memintra transparansi keuangan kandas. Direktur Kemahasiswaan UI, Kamarudin, menyampaikan informasi kalau para pihak yang ingin mereka temui sedang tidak berada ditempat. “Namun kalau memang ada perwakilan mahasiswa yang ingin berkomunikasi, kami siap menerimanya,” ujar Kamarudin.Kamarudin juga menyampaikan keluhannya kepada Mahasiswa saat dia berdiri di depan barisan para almamater kuning tersebut. Dia juga menyatakan kekecewaanya terhadap mahasiswa UI yang sedang melakukan aksi. “Bukan aksi mahasiswa UI kalau harus berteriak-teriak mengeluarkan kata-kata kotor,” ucapnya.

…dst

15 ) Pemberhentian Dekan FK Dikhawatirkan Menambah Kisruh di UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/04/330704/293/14/Pemberhentian-Dekan-FK-Dikhawatirkan-Menambah-Kisruh-di-UI

Rabu, 04 Juli 2012 01:07 WIB
Jakarta–MICOM: Surat yang dilayangkan oleh Rektor UI, Gumilar Soemantri terkait pemilihan dekan baru di FK mendapat kecaman.Dalam surat tertanggal 26 Juni 2012 tersebut, Rektor UI menyatakan bahwa FK harus mengajukan tiga nama calon dekan baru selambat-lambatnya 3 Agustus 2012. Rektor UI, Gumilar R Sumantri selanjutnya akan menentukan siapa yang akan terpilih sebagai Dekan definitif. Sejak dilayangkannya surat tersebut, banyak mendapat reaksi keras dari para dekan dan para pengajar dari berbagai fakultas yang menghadiri rapat Senat Akademik Universitas (SAU). Mereka menilai keputusan itu bersifat sepihak dan diskriminatif. Karena itu mempertanyakan keputusan tersebut. Sebab meski masa bakti Dekan FK, Dr. Ratna Sitompul memang berakhir pada April lalu, tapi ada banyak dekan lain yang juga sudah habis masa baktinya.Pertanyaannya adalah mengapa hanya Ratna yang diberhentikan.

…dst

16 ) BEM UI: Pemilihan Rektor UI Masih Belum Jelas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/1214038/BEM.UI.Pemilihan.Rektor.UI.Masih.Belum.Jelas

Selasa, 3 Juli 2012 | 12:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Proses pemilihan Rektor Universitas Indonesia (Pilrek UI) masih belum memperoleh kepastian. Seperti diketahui, pemilihan Rektor UI diundur. Dan hingga kini, belum ada kejelasan mengenai batas waktu pengundurannya. Hal itu dikatakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ui, Faldo Maldini kepada Kompas.com, Selasa (3/7/2012), di Jakarta.”Proses Pilrek UI masih ditunda, dan belum jelas sampai kapan,” kata Faldo. Ia menjelaskan, penundaan proses Pilrek UI dipicu oleh masih menggantungnya status UI di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Faldo menilai, panitia Pilrek UI tak memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan terus melanjutkan proses pemilihan tersebut.

…dst

17 ) Masa Jabatan Rektor UI Bisa Diperpanjang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/13282358/Masa.Jabatan.Rektor.UI.Bisa.Diperpanjang

Selasa, 3 Juli 2012 | 13:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Masa jabatan Rektor Universitas Indonesia (UI) saat ini, Gumilar R Somantri, kemungkinan akan diperpanjang. Hal itu merupakan konsekuensi dari ditundanya proses pemilihan rektor di kampus tersebut. Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI Endriartono Sutarto mengatakan, berdasarkan putusan sela PTUN, masa jabatan Rektor UI dapat diperpanjang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hingga putusan PTUN terkait gugatan Senat Universitas (SU) UI resmi dikeluarkan. “Menurut PTUN, Mendikbud bisa memperpanjang selama PTUN belum menetapkan hasil dari masalah yang digugat,” kata Endriartono kepada Kompas.com, Selasa (3/7/2012), di Jakarta. Akan tetapi, kata dia, Pansus Pilrek UI juga memiliki mekanisme lain menyikapi permasalahan tersebut, yakni memberikan kewenangan kepada Mendikbud untuk memilih rektor sementara setelah masa jabatan rektor saat ini habis pada 14 Agustus 2012.

…dst

18 ) Mahasiswa ITS ikuti olimpiade matematika di Bulgaria
http://www.antaranews.com/berita/319547/mahasiswa-its-ikuti-olimpiade-matematika-di-bulgaria

Selasa, 3 Juli 2012 18:30 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, terpilih mengikuti Olimpiade Matematika Internasional (IMO) yang akan diselenggarakan di Bulgaria 26 Juli hingga 1 Agustus. Dua mahasiswa ITS itu Satria Stanza dan Kristoful Fahim, akan berjuang bersama enam mahasiswa Indonesia lainnya untuk meraih gelar juara. “Saya sudah tiga kali ini ikut, tapi tahun ini ada adik kelas yang juga terpilih, sehingga dari ITS ada dua peserta. Dari Indonesia ada delapan mahasiswa yang terseleksi dari 25 mahasiswa,” kata Satria, mahasiswa F-MIPA ITS angkatan 2008 ini, di Surabaya, Selasa. Ia menjelaskan tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti olimpiade tersebut, mengingat pada dua olimpiade sebelumnya soal yang diujikan tidak jauh berbeda.”Tapi, saya sendiri hanya bisa mengerjakan 2-3 soal, sedangkan pemenangnya bisa mengerjakan sembilan soal dan bahkan hampir sepuluh soal terselesaikan. Peserta yang bagus itu dari Israel, Polandia, Iran, dan Rusia,” katanya.

…dst

19 ) Nuh: RUU-PT Harus Terhindar dari Hal Teknis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/15453245/Nuh.RUU-PT.Harus.Terhindar.dari.Hal.Teknis

Selasa, 3 Juli 2012 | 15:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) harus terhindar dari persoalan-persoalan yang sifatnya teknis. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk menjamin lamanya usia RUU tersebut. Sebab, hal-hal teknis berpotensi mengalami perubahan dalam waktu dekat.”Kita hindari di RUU ini persoalan teknis. Agar tidak cepat diubah, karena perubahan akan lebih sulit dari pada membuat UU itu sendiri,” kata Nuh, seusai rapat kerja bersama DPR, Selasa (3/7/2012), di Gedung DPR, Jakarta. Ia kembali menegaskan bahwa RUU-PT hanya mengatur konsep besar tentang pendidikan tinggi. Segala hal yang bersifat teknis hanya sedikit disinggung dalam RUU dan akan diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Menteri (Permen). “Yang wilayahnya eksekusi kita atur dalam PP dan Permen. UU ini hanya menyantolkan saja,” tegasnya.

…dst

20 ) RUU PT Siap Disahkan
Banyak Persoalan Kontroversial Belum Terselesaikan
http://cetak.kompas.com/read/2012/07/04/04351489/ruu.pt.siap.disahkan

Rabu,04 Juli 2012
Jakarta, Kompas – Komisi X DPR serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyepakati mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi pada masa sidang keempat DPR, Juli ini. Beberapa pasal yang kontroversial akan disempurnakan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam Rapat Kerja Pembahasan RUU PT bersama Komisi X DPR di Jakarta, Selasa (3/7), mengatakan, secara substansi, RUU PT sudah siap. Pasal-pasal dalam RUU PT yang mengatur hal teknis dipindah dalam bentuk peraturan pemerintah atau peraturan menteri. Usulan pemerintah yang baru, RUU PT terdiri atas 59 pasal atau lebih ringkas dari draf sebelumnya pada 26 Juni yang berjumlah 102 pasal. Syamsul Bachri, Wakil Ketua Komisi X DPR, mengatakan, dalam pekan ini, usulan pemerintah segera dibahas panitia kerja (panja) RUU PT Komisi X DPR.

…dst

21 ) Tak Ada Perubahan Signifikan dalam RUU Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/15065443/Tak.Ada.Perubahan.Signifikan.dalam.RUU.Pendidikan.Tinggi

Selasa, 3 Juli 2012 | 15:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, tak ada perubahan signifikan dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT). Hal itu dikatakannya sesaat setelah menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR, Selasa (3/7/2012), di Gedung DPR, Jakarta. “Tak ada perubahan yang signifikan, tapi lebih menekankan pada hal-hal yang sangat teknis,” kata Nuh. Nuh menjelaskan, berdasarkan draf RUU-PT terakhir, 26 Juni 2012, ada beberapa pasal dan ayat yang dinilainya tidak perlu diatur dalam RUU-PT. Misalnya, mengenai ijazah. Nuh beranggapan, RUU-PT hanya perlu mencantumkan sedikit jika aturan main mengeluarkan ijazah akan diatur selanjutnya oleh Peraturan Pemerintah (PP) ataupun Peraturan Menteri (Permen).

…dst

22 ) Dijadikan bahasa Indonesia, bahasa Melayu alami degradasi
http://www.antaranews.com/berita/319656/dijadikan-bahasa-indonesia-bahasa-melayu-alami-degradasi

Rabu, 4 Juli 2012 07:03 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pakar Bahasa Melayu Yusmar Yusuf mengatakan, bahasa Melayu yang menjadi akar dari bahasa Indonesia semakin mengalami degradasi karena banyak kata sudah berubah dari makna awalnya. “Sebagai bahasa yang dituturkan oleh banyak manusia, mau tak mau, dia akan mengalami `pengeroyokan` oleh penutur bahasa kedua dalam jumlah yang ramai,” kata Guru Besar Kajian Masyarakat Melayu Universitas Riau itu saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.Fakta ini sebagaimana Bahasa Inggris yang ditutur oleh orang di Hongkong, Malaysia dan lain-lain, yang mengalami degradasi makna dan struktur. Yusmar Yusuf memberi contoh, kata “alih-alih”, dalam bahasa Melayu berarti “tak disangka-sangka”, hari ini sudah berubah makna dalam Bahasa Indonesia, dan bahkan orang Melayu sendiri jadi tak mengerti apa arti kata “alih-alih” itu.”Demikian pula, orang Melayu menjadi bingung, ketika kata `seronok` dikeroyok menjadi wakil dari erotisme dan sensualitas. Padahal artinya, amat positif, yakni menyenangkan, enak, sedap dan lezat,” kata Budayawan Riau itu.

…dst

23 ) UGM-Yale University Bahas Posisi Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/04/373/658559/ugm-yale-university-bahas-posisi-indonesia

Rabu, 04 Juli 2012 14:03 wib
JAKARTA – Menggandeng salah satu universitas terkemuka asal Amerika Serikat, yakni Yale University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menggelar konferensi internasional. Berlangsung selama dua hari, 9-10 Juli 2012, akan hadir 96 pembicara dari 10 negara pada konferensi internasional bertajuk “The 5th International Indonesia Forum” (The 5th IIF) itu.Menurut Sekretaris Eksekutif UGM Djoko Moerdiyanto, penyelenggaraan konferensi internasional berada di bawah koordinasi Kantor Urusan Internasional UGM. Secara khusus, panitia mengusung tema “Between the Mountain and the Sea: Positioning Indonesia”, dengan pembicara berasal dari berbagai universitas ternama dunia.”Ada yang dari Harvard University dan Cornell University, juga dari Berkeley University, Michigan State University, Sydney Universiy, dan tentunya kedua universitas penyelenggara, UGM dan Yale University,” tutur Djoko, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (4/7/2012).

…dst

24 ) UGM Dukung Fakultas Teknik di Myanmar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/508220/

Wednesday, 04 July 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan United Mercury Group (UMG) University untuk menginisiasi berdirinya Fakultas Teknik di universitas yang ada di Myanmar tersebut. Rencananya, UGM akan membuka empat program studi, yakni Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Geologi dan Teknik Elektro. Realisasi dari bentuk kerja sama tersebut adalah pengiriman tenaga pengajar UMG untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di UGM, bahkan UGM secara khusus ikut serta membantu menyusun kurikulum pendidikan teknik. Rektor UGM Profesor Pratikno menyambut baik kerja sama tersebut karena bisa membuka peluang bagi akademisi Myanmar untuk menjalin kerja sama dengan mitra di luar negeri pascadibukanya keran demokrasi di negara tersebut.

…dst

25 ) Schlumberger Dukung Pendidikan UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/15453848/Schlumberger.Dukung.Pendidikan.UI

Rabu, 4 Juli 2012 | 15:45 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Universitas Indonesia dan Schlumberger menjalin kerjasama berupa sumbangan E&P (Exploration and Production) software Schlumberger state-of-the-art Petrel™, yang akan digunakan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan dalam eksplorasi migas kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Bantuan senilai 3,7 juta USD diberikan ke pihak UI pada Rabu (4/7/2012) di Kampus UI Depok, Jawa Barat. Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman ini, Wakil Rektor UI Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri, Sunardji mengatakan geosciences memiliki peran penting dalam menjaga keamanan energi, terutama dalam mencari reservoir hidrokarbon di bawah permukaan.

…dst

26 ) Biaya Kuliah Jalur Mandiri & SNMPTN di Unnes Sama
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/04/373/658552/biaya-kuliah-jalur-mandiri-snmptn-di-unnes-sama

Rabu, 04 Juli 2012 13:04 wib
JAKARTA – Biaya kuliah melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya. Namun, hal ini tidak berlaku di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa Unnes yang diterima lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) sama besarnya dengan mahasiswa jalur SNMPTN.”Tidak ada perbedaan biaya. Bahkan lewat SPMU juga akan kami kucurkan 300 Beasiswa Bidik Misi yang membuat para penerimanya bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester dan tiap bulan mendapatkan biaya hidup Rp600 ribu per bulan,” ungkap Ketua Panitia SPMU 2012 M Khafid, seperti disitat dari situs Unnes, Rabu (4/7/2012).

…dst

27 ) Lima PKM Unhas Siap Bersaing di Pimnas
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/04/373/658547/lima-pkm-unhas-siap-bersaing-di-pimnas

Rabu, 04 Juli 2012 12:03 wib
JAKARTA – Lima judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) siap berlaga dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25 di Universitas Muhammadiah Yogyakarta (UMY). Lima judul yang lolos adalah hasil seleksi dari 106 judul penelitian dari Unhas yang dibiayai oleh Dikti.Lima judul yang lolos terdiri atas dua judul program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP), dua judul untuk program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKMT), dan judul untuk Program Kreativitas Pengabdian Mahasiswa (PKMM). Untuk lolos Pimnas, akumulasi nilai harus memenuhi 45 persen nilai proposal dan 55 persen dari Monitoring dan Evaluasi (Monev). Karya ilmiah yang lolos dari Unhas dinilai oleh Rindam Latief dari Fakultas Pertanian dan Farida Patittingi dari Fakultas Hukum Unhas.

…dst

28 ) Ekspedisi Biodiesel Ketiga Tempuh Jawa-Bali
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/15070546/Ekspedisi.Biodiesel.Ketiga.Tempuh.Jawa-Bali

Selasa, 3 Juli 2012 | 15:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Ekspedisi Biodiesel Jawa-Bali yang diprakarsai oleh Universitas Tanjungpura bersama Universitas UTM Malaysia, dan perguruan tinggi negeri lainnya secara resmi dilepas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Selasa (3/7/2012) di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta. Ekspedisi yang ketiga kalinya ini akan menempuh jarak 1.400 kilometer, melalui kota-kota di Banten, Jakarta, Bandung, Magelang, Semarang, Surabaya, dan Bali.”Kegiatan ini sudah dilakukan tiga kali. Pertama mengambil rute di Kalimantan Barat. Kedua Singapura-Malaysia, dan ketiga Jawa-Bali. Kami mengikutsertakan perguruan tinggi Malaysia dan Laos, sedangkan perguran tinggi di Indonesia selain Universitas Tanjungpura adalah Unpad Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Universitas Diponegoro Semarang, dan Universitas Udayana Bali,” kata Rektor Universitas Tanjungpura Prof Thamrin Usman.

…dst

29 ) Mahasiswa ASEAN Ikuti Ekspedisi Biodiesel Jawa-Bali
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/14190784/Mahasiswa.ASEAN.Ikuti.Ekspedisi.Biodiesel.Jawa-Bali

Selasa, 3 Juli 2012 | 14:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melepas puluhan mahasiswa dari sejumlah negara ASEAN dalam kegiatan Biodiesel Expedition Trans Jawa-Bali di Plaza Insan Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (3/7/2012).. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka uji coba biodisel yang dikembangkan oleh mahasiswa tersebut. “Mereka mengembangkan biodesel, sekarang diuji coba menggunakan bahan tersebut. Mereka konsentrasi di energinya, bukan mobilnya. Jadi apakah memiliki efesiensi yang sama dengan yang lain atau tidak, tergantung pada hasil uji coba yang menggunakan bis nanti. Rute perjalanan dari Jawa sampai Bali, sekitar 1400 kilometer. ” ungkap Nuh.

…dst

30 ) Rektor ITB: Lembaga Pendidikan Tak Boleh Terisolasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/11534365/Rektor.ITB.Lembaga.Pendidikan.Tak.Boleh.Terisolasi

Selasa, 3 Juli 2012 | 11:53 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, lembaga pendidikan tidak boleh bekerja secara terisolasi dari lembaga-lembaga lain yang ada di masyarakat dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan teknologi. Akhmaloka juga mengungkapkan, lembaga-lembaga pendidikan tidak boleh bekerja secara sendiri-sendiri. Hal itu disampaikannya dalam sambutan peringatan 92 tahun pendidikan tinggi teknik di Indonesia, di Aula Barat ITB, Bandung, Selasa (3/7/2012).”Iptek tidak akan menjadi agent of development jika lembaga-lembaga pendidikan iptek bekerja sendiri-sendiri, secara terisolasi dari lembaga-lembaga lain di masyarakat,” ujarnya.

…dst

31 ) Status Unsulbar Tunggu Perpres
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/04/373/658452/status-unsulbar-tunggu-perpres

Rabu, 04 Juli 2012 11:26 wib
MAJENE – Status Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Kabupaten Majene menjadi universitas negeri segera terealisasi. Sebab, prosesnya tinggal menunggu penerbitan Peraturan Presiden (Perpres). “Syarat yang diminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah dipenuhi. Kita sudah serahkan semuanya untuk menunggu tahapan lanjutan sehingga kampus tersebut bisa dinegerikan,” ujar Rektor Unsulbar, Muin Liwa di Majene, kemarin.Beberapa syarat yang diserahkan, di antaranya adalah rekapitulasi aset sarana dan prasana, serta aset sumber daya manusia (SDM), termasuk di dalamnya dosen dan pegawai. Optimistis serupa disampaikan Pembantu Rektor II Unsulbar Basram Bustam yang juga selaku tim percepatan penegerian Unsulbar. Dia menyatakan, pasca penyerahan aset, Unsulbar sudah tidak akan ada rintangan yang berarti.

…dst

32 ) Wapres: Pancasila Sesuai Ajaran Alquran
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/07/04/m6lgsb-wapres-pancasila-sesuai-ajaran-alquran

Rabu, 04 Juli 2012, 00:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK — Sejumlah sila dalam Pancasila seluruhnya paralel dengan nilai luhur yang dianut umat Islam sesuai ajaran Alquran sehingga harus sungguh-sungguh melaksanakan prinsip mulia dengan konsisten dan konsekuen. Hal ini dikatakan Wakil Presiden Boediono saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-7 Antar-Pondok Pesantren, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Ke-1 Antar-Lembaga Al Quran, Musyawarah Nasional (Munas) Ke-4 Jam`iyyatul Qurra`Wal Huffazh, di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (3/7). Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Perumahan Rakyat Jan Faried, Gubernur Kalbar Cornelis MH, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Agil Siroj. Wapres menilai, tidaklah lengkap keislaman seseorang bila masih berbuat zalim kepada sesamanya dan keadilan sebagai nilai universal harus terus diupayakan baik dalam hubungan antar manusia, antar negara, antara pemimpin dan yang dipimpin, antara majikan dan buruh, antara guru dan murid, antara hakim dan yang dihakimi, dan terutama antara yang kuat dan yang lemah.

…dst

33 ) 90 Mahasiswa Indonesia Raih Beasiswa ke Eropa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/13020185/90.Mahasiswa.Indonesia.Raih.Beasiswa.ke.Eropa

Rabu, 4 Juli 2012 | 13:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 90 mahasiswa Indonesia meraih beasiswa Erasmus Mundus untuk mengikuti program studi S-1, S-2, dan S-3 dari Uni Eropa. Program ini diberikan kepada mahasiswa Indonesia mulai tahun akademik 2012. Penerima beasiswa Erasmus Mundus tahun ini akan menempuh pendidikan sekurang-kurangnya di dua perguruan tinggi berlainan dan terletak di negara Eropa yang berbeda. Duta Besar atau Kepala Delegasi Uni Eropa di Indonesia Julian Wilson secara langsung memberikan sertifikasi beasiswa tersebut kepada para mahasiswa penerima di Jakarta, Rabu (4/7/2012). “Selamat kepada para penerima beasiswa atas keberhasilan mereka melalui proses seleksi yang diikuti oleh peserta dari sejumlah negara di seluruh dunia itu,” kata Julian.

…dst

34 ) Indonesia Penerima Terbanyak Beasiswa Eropa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/04/14141320/Indonesia.Penerima.Terbanyak.Beasiswa.Eropa

Rabu, 4 Juli 2012 | 14:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara dengan penerima beasiswa Erasmus Mundus terbanyak dari Asia Tenggara. Tahun 2012 ini, sebanyak 90 mahasiswa Indonesia menjadi bagian 2.000 penerima beasiswa Erasmus Mundus dari seluruh dunia. “Tahun ini, jumlah penerima beasiswa Erasmus Mundus asal Indonesia adalah yang terbanyak untuk kawasan Asia Tenggara,” kata Duta Besar atau Kepala Delegasi Uni Eropa di Indonesia, Julian Wilson saat acara seremoni pemberian beasiswa kepada 90 mahasiswa Indonesia, di Jakarta, Rabu (4/7/2012). Ia menjelaskan, untuk kawasan Asia, Indonesia berada di urutan kelima. Adapun, di tingkat dunia, Indonesia berada di posisi 10 sebagai negara terbanyak yang memperoleh beasiswa Erasmus Mundus dari 160 negara penerima.

…dst

35 ) Indonesia-Brunei Bahas Kerja Sama Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/12301969/Indonesia-Brunei.Bahas.Kerja.Sama.Pendidikan

Selasa, 3 Juli 2012 | 12:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan Brunei Darussalam, Pehin Abubakar Apong, Selasa (3/7/2012), di Jakarta. Pertemuan tersebut digelar di ruang kerja Mendikbud dan membahas kelanjutan kerjasama antar kedua negara.Saat dijumpai Kompas.com seusai pertemuan, Nuh mengatakan, selain sebagai Menteri Pendidikan Brunei Darussalam, kedatangan Abubakar Apong juga bertindak sebagai Ketua The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), sebuah organisasi antar menteri pendidikan di wilayah Asean.”Beliau datang dalam rangka memperkuat kerjasama pendidikan Indonesia-Brunei, khususnya mengenai pertukaran pelajar,” kata Nuh.Sebagai Ketua SEAMEO, kata Nuh, Abubakar Apong juga berencana melakukan monitoring pada pusat pendidikan yang didirikan oleh menteri pendidikan se-Asean dan enam di antaranya berada di Indonesia.

…dst

36 ) Ahli dari Jepang bicara protein di Kampus Unej
http://www.antaranews.com/berita/319646/ahli-dari-jepang-bicara-protein-di-kampus-unej

Rabu, 4 Juli 2012 03:15 WIB
Jember (ANTARA News) – Sebanyak lima ahli protein dari Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat akan berbicara pada seminar dan kongres “Indonesian Protein Society” di kampus Universitas Jember, Jawa Timur, 6-8 Juli 2012. Ketua panitia seminar dan kongres Tri Agus Siswoyo, PhD di Jember, Selasa menjelaskan para ahli yang akan hadir itu adalah Prof Toshiharu Hase dari “Institute for Protein Research” dan Prof Tomohiko Yamazaki dari “National Institute for Materials Science”, keduanya dari Jepang. Korea Selatan menghadirkan dua ahli, yakni Prof Sang Yeol Lee dan Prof Kyun Oh Lee dari “Gyeongsang National University”, sedangkan dari “National Institute of Health” Amerika Serikat hadir Prof Nico Tjandra. “Pembicara lain adalah Prof Dr Maggy Thenawidjaja Suhartono dari IPB Bogor dan dari Universitas Jember adalah, Prof Dr Ir Bambang Sugiharto, MAgrSc,” katanya.

…dst

37 ) ITB Beri Penghargaan untuk Pak Raden
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/508175/

Wednesday, 04 July 2012
BANDUNG – Suyadi alias Pak Raden mendapat penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama dari Institut Teknologi Bandung (ITB), karena telah menunjukkan jasa dan prestasi sebagai pelopor di bidang industri kreatif klaster animasi dan tokoh animator.”Saya tidak percaya mendapat penghargaan ini, terima kasih banyak,” ujar Pak Raden di Aula Barat ITB, Jalan Ganeca,Kota Bandung, kemarin. Di usianya yang mendekati 80 tahun,Pak Raden mengaku tersanjung dengan penghargaan tersebut.Menurut dia,penghargaan ini tak pernah diimpikan, yang terasa sekarang hanya kesenangan yang tak terhingga. “Saya berharap para generasi muda bangkit dan memiliki kreativitas lebih dari ini, sehingga bisa berperan untuk mengembangkan bangsa,” kata Pak Raden.

…dst

38 ) Banyak Orang Tak Tahu Pak Raden Alumnus ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/03/373/658001/banyak-orang-tak-tahu-pak-raden-alumnus-itb

Selasa, 03 Juli 2012 14:15 wib
BANDUNG – Pak Raden mendapat penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penghargaan kepada pria dengan nama lengkap Raden Suyadi dan terkenal lewat peran Pak Raden di film Si Unyil, diberikan dalam peringatan 92 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia, ITB di Aula Barat ITB, Jalan Ganeca, Bandung.Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Komunikasi ITB Hasanudin Z Abidin berkata, ada 18 penghargaan yang diberikan kepada tokoh yang terkait ITB. Salah satunya kepada Pak Raden yang merupakan pelopor bidang Industri Kreatif Animasi dan tokoh animator.”Banyak yang tak tahu beliau itu alumnus ITB. Diberi penghargaan atas perannya sebagai animator. Beliau juga pendongeng sejati,” kata Hasanudin, Selasa (3/7/2012).

…dst

39 ) Mahasiswa UGM Ubah Urin Kambing Jadi Pupuk Organik
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/03/372/658262/mahasiswa-ugm-ubah-urin-kambing-jadi-pupuk-organik

Rabu, 04 Juli 2012 09:02 wib
JAKARTA – Pemanfaatan susu kambing Ettawa sudah biasa dilakukan oleh para peternak. Namun, urin kambing pun bisa disulap menjadi produk baru dengan nilai ekonomis tinggi. Ya, di tangan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta urin kambing Ettawa diubah menjadi pupuk cair bernama pupuk urin organik Ettawa alias Purinowa. Pupuk cair ini dibuat dari urin kambing peranakan Ettawa yang telah difermentasi. Diformulasi dengan bahan-bahan organik, pupuk cair ini ternyata mampu menjaga dan memelihara kesuburan tanah dan tanaman. Sang inovator, yakni Munif Khoriunamala, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM mengatakan, ide ini muncul setelah kelompok peternak kambing Ettawa di daerah Dusun Barak I, Margoluwih, Sayegan, Sleman, mangeluhkan bau tidak sedap urin di kandang kambing hingga membuat para tetangga terganggu. Lalu, Munif bersama anggota timnya membuat ide untuk memanfaatkan urin tersebut untuk diolah menjadi pupuk organik.

…dst

40 ) UNS Bisa Hemat Rp 200 Juta/ Tahun
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/04/191487/UNS-Bisa-Hemat-Rp-200-Juta-Tahun

04 Juli 2012
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Go Open Source (IGOS) yang diprakarsai Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Kemenristek) bersama empat Kementerian lainnya, dengan bermigrasi ke Open Source Software (OSS). Dengan migrasi tersebut, kata Pembantu Rektor IV UNS Dr Widodo Muktiyo SE MComm, universitas setidaknya bisa menghemat anggaran hingga Rp 200 juta per tahun. `’Selama ini UNS melakukan agreement dengan Microsoft yang nilainya Rp 200 juta per tahun. Dengan beralih ke open source, anggaran tersebut bisa dihemat,” katanya dalam jumpa pers pelatihan Training of Trainer (TOT) berbasis OSS di Hotel Novotel Solo, kemarin. Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Prof Dr Ir Gusti Muhammad Hatta MS mengemukakan, pihaknya terus menggeber penggunakan OSS di lingkungan instansi pemerintah melalui program IGOS. Penggunaan software legal tersebut memiliki banyak kelebihan, di antaranya menghemat biaya yang cukup besar.

…dst

41 ) Alat Deteksi Gempa Sederhana dari UNY
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/03/372/658264/alat-deteksi-gempa-sederhana-dari-uny

Rabu, 04 Juli 2012 10:05 wib
JAKARTA – Saat ini, telah banyak alat deteksi gempa mulai dari yang sederhana hingga sangat canggih. Namun, tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berupaya menciptakan pendeteksi gempa sederhana yang mampu dibuat secara mandiri oleh masyarakat.Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) UNY ini beranggotakan Asep Abdul Syukur (Pendidikan Fisika), serta Rahmat Hidayat dan Muh Nana Aviciena (Pendidikan Teknik Elektronika). Tiga sekawan ini berhasil membuat Early Earthquake Warning System sebagai alat peringatan gempa dini sederhana berbasis mikrokontroler atmega8 dengan output suara (sirine).

…dst

42 ) “Feel Indonesia”, Merasakan Indonesia dari Beragam Bangsa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/20125690/Feel.Indonesia.Merasakan.Indonesia.dari.Beragam.Bangsa

Selasa, 3 Juli 2012 | 20:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesian Week digelar mulai Senin (2/7/2012), sebagai bagian dari acara Multicultural Week yang diadakan oleh Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) di Beppu, Jepang. Acara ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan selama 5 hari hingga Jumat (6/7/2012). Di acara ini, setiap hari panitia menyelenggarakan beraneka acara yang akan diakhiri dengan Grand Performance sebagai acara puncak Indonesian Week berupa gabungan penampilan drama, tari, dan lagu. Uniknya, partisipan Indonesian Week ini tidak terbatas hanya pada kalangan mahasiswa Indonesia, tapi juga berbagai macam mahasiswa internasional, yang berpartisipasi di bermacam atraksi seni dan budaya Indonesia. Bertema ‘Feel Indonesia’, Dahlan Nariman, Vice-Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development and Learning Support Center (EDLSC) di Ritsumeikan Asia Pacific University/APU), Jepang, mengatakan, panitia Indonesia Week bermaksud menyuguhkan suasana Indonesia kepada para pelajar di APU. “Agar mereka bisa merasakan langsung Indonesia mulai dari kebudayaan, makan an, dan lagu-lagu Indonesia,” ujar Dahlan di Beppu, Jepang, Selasa (3/7/2012).

…dst

43 ) “Indonesian Week” Siap Digelar di Kampus APU Jepang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/02/11341883/.Indonesian.Week.Siap.Digelar.di.Kampus.APU.Jepang

Senin, 2 Juli 2012 | 11:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rasa cinta dan bangga menjadi Indonesia akan lebih terasa bila kita berada di luar negeri. Rasa itulah yang menggelora di dada para mahasiswa Indonesia di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, Jepang, dalam rangkaian ‘Indonesian Week’. ‘Indonesian Week’ merupakan ajang perkenalan budaya Indonesia kepada mahasiswa di Kampus APU, yang terletak di kota Beppu, wilayah Oita, atau sekitar 1000 km sebelah barat laut kota Tokyo. Sebagai acara tahunan, ‘Indonesian Week 2012’ digelar dengan menampilkan berbagai penampilan seni dan budaya Indonesia selama sepekan, mulai 3-8 Juli 2012. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selama sepekan, tema Indonesia akan semarak di Kampus APU dengan aneka pertunjukan yang ditampilkan, mulai dari pameran kerajinan, parade seni, konser musik dangdut, festival kuliner, hingga acara puncak berupa Pergelaran Budaya yang menampilkan berbagai atraksi tarian dan seni Indonesia.

…dst

44 ) Rahasia APU Menyiapkan SDM di Era Globalisasi (II)
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/03/15584571/Rahasia.APU.Menyiapkan.SDM.di.Era.Globalisasi.II

Selasa, 3 Juli 2012 | 15:58 WIB
*Oleh Dahlan Nariman
KOMPAS.com – Kegiatan formal dan informal di kampus Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Jepang, memiliki andil sangat besar dalam mengkondisikan orang-orang dari berbagai negara ke dalam satu komunitas dalam hubungan satu sama lain yang sangat mencair (melting relation). Aktivitas-aktivitas akademik dan non-akademik tersebut, yang di-setting secara sengaja atau tidak sengaja oleh pihak universitas, sebenarnya menjadi arena pembentukan jiwa lulusannya, yang dianggap sedang matching dengan kondisi bursa kerja di era globalisasi ini. Memang, tak sedikit pihak yang khawatir, jika kita banyak berhubungan dengan orang asing berbeda budaya, bukankah identitas kita semakin nyaris hilang tak berbekas. Namun, berdasarkan pengalaman di APU, jawabannya tergantung diri kita masing-masing. Jika kita ingin larut, memang gampang sekali identitas diri kita hilang larut dalam budaya lain.

…dst

45 ) Jepang Selidiki Kertas Fotokopi Indonesia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/508181/38/

Wednesday, 04 July 2012
TOKYO – Pemerintah Jepang akan menyelidiki dugaan praktik dumping terhadap kertas fotokopi produksi perusahaan Indonesia yang tersebar di negara itu. Penyelidikan dilakukan setelah delapan perusahaan kertas Jepang mengajukan keluhan khusus terhadap Indonesia lewat pihak Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Perindustrian (METI) Jepang, 10 Mei lalu. “Selama dua bulan kami mempertimbangkan untuk memproses tidaknya keluhan delapan perusahaan kertas Jepang itu.Setelah ditemukan bukti yang kuat dari mereka, kami putuskan untuk memproses keluhan tersebut sesuai prosedur Badan Perdagangan Dunia (WTO) Artikel 8 GATT (General Agreement on Tariffs and Trade 1994) mengenai kesepakatan anti-dumping,” papar Direktur Penyelidikan Perdagangan Biro Kerja Sama Ekonomi METI Keiichi Iwase kepada SINDO di kantornya, kemarin.

…dst

46 ) Hasil Riset “Partikel Tuhan” Bocor
http://sains.kompas.com/read/2012/07/04/12015784/Hasil.Riset.Partikel.Tuhan.Bocor

Rabu, 4 Juli 2012 | 12:01 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Video dari Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN) beredar di internet. Video itu diduga bocoran hasil riset tentang “Partikel Tuhan” yang akan diumumkan pada Rabu (4/7/2012) ini pukul 14.00 WIB.”Kami telah mengobservasi adanya partikel baru,” kata juru bicara CERN, Joe Incandela, dalam video yang pertama kali beredar di situs Science News itu. “Kami memiliki bukti cukup kuat bahwa memang ada sesuatu di sana. Untuk memastikan karakteristiknya, kami masih membutuhkan waktu,” lanjut Incandela. Incandela tampak begitu yakin dalam video tersebut. Ia mengungkapkan bahwa apa yang diungkapkannya adalah sesuatu yang penting dan signifikan dalam sains, terutama terkait soal pencarian partikel Tuhan.”Di sisi lain kami menemukan peluruhan dua foton, misalnya, yang menunjukkan pada kita bahwa itu adalah boson, partikel dengan putaran integer,” ungkap Incandela. “Dan kami tahu bahwa massanya sekitar 100 kali proton. Ini adalah partikel paling masif yang eksis,” tambahnya.

…dst