1 ) Guru Besar PTS Berpeluang Pimpin Kopertis
http://www.jpnn.com/read/2012/07/21/134420/Guru-Besar-PTS-Berpeluang-Pimpin-Kopertis-

Sabtu, 21 Juli 2012 , 03:40:00
JAKARTA — Untuk menjadi koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) tidak mutlak harus dari kalangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kalangan internal perguruan tinggi swasta (PTS), juga sangat memungkinkan. Informasi yang diperoleh di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen-Dikti) ternyata hanya mensyarat-utamakan guru besar dan tercatat sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tanpa embel-embel negeri atau swasta. Syarat lainnya, yang dicalonkan minimal berpangkat eselon II. “Syarat utama akademik menjadi koordinator Kopertis adalah guru besar dan dosen di salah satu perguruan tinggi. Diprioritaskan mereka yang sudah berpangkat eselon II,” jelas Analisis Kepegawaian Dikti, John Frits Torihoran di kantor Dikti, Jakarta, Jumat (20/7). Menurut John Frits, penunjukan koordinator Kopertis seperti Kopertis IX wilayah Sulawesi merupakan wewenang Dikti. Pihak Dikti-lah, katanya, yang mengusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekaligus dilantik oleh Mendikbud. Masih kata John, Frits, penunjukan guru besar sebagai koordinator Kopertis tidak asal tunjuk. Pihak Dikti, sebutnya, tetapi terlebih dahulu melakukan pemantauan dan seleksi terhadap beberapa calon yang dianggap pantas menakhodai Kopertis.
“Penilaian oleh Dikti memang sifatnya interen, dan tanpa pemberitahuan kepada bersangkutan (calon koordinator),” beber John.

…dst

2 ) Mahasiswa UI Terpilih Jadi Mapres Nasional 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/21/373/666507/mahasiswa-ui-terpilih-jadi-mapres-nasional-2012

Sabtu, 21 Juli 2012 16:03 wib
JAKARTA – Satu lagi prestasi berhasil disumbangkan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Iman Usman. Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI ini terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Nasional 2012. Iman keluar sebagai Mapres Nasional setelah menyisihkan 16 finalis dari lebih kurang 90 kandidat Mapres dari berbagai perguruan tinggi negeri se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dirjen Dikti Kemendikbud), belum lama ini.

…dst

3 ) Unika Soegijapranata Sabet Pustakawan Berprestasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512794/

Saturday, 21 July 2012
SEMARANG – Pustakawan Unika Soegijapranata Semarang Rikarda Ratih Saptaastuti berhasil menyabet prestasi pada kategori pustakawan berprestasi dalam Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012 di Yogyakarta, 13-16 Juli lalu. Pada lomba pustakawan yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) tersebut, Rikarda Ratih berhasil menyabet juara III. Pada lomba tersebut ditampilkan 90 orang finalis yang lulus tahap desk evaluation dan terbagi enam katagori.Yakni dosen, ketua program studi, pustakawan, tenaga administrasi akademik, tenaga pengelola keuangan,dan laboran. “Untuk masing-masing kategori terdiri dari 15 orang finalis. Berdasarkan seleksi calon peserta yang mengajukan berkas untuk tahap desk evaluation sebanyak 261 orang,” kata Kepala Humas Unika Soegijapranata Juang Saksono, kemarin. Ratih merupakan satu-satunya yang mewakili perguruan tinggi swasta (PTS).

…dst

4 ) Penilaian Ujian Masuk UGM Berhenti Sementara
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/20/079418347/Penilaian-Ujian-Masuk-UGM-Berhenti-Sementara

Jum”at, 20 Juli 2012 | 22:20 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Rektor Universitas Gadjah Mada, Pratikno mengatakan telah meminta penghentian sementara proses penilaian hasil ujian masuk Program Internasional S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM. Penilaian disetop selama proses investigasi kasus joki berjalan. Kata dia proses penilaian akan dilakukan setelah Tim Pencari Fakta (TPF) UGM memastikan peserta yang memakai joki hanya 52 orang. “Kami sepakat, pelajari lebih dalam dulu sampai menjelang pengumuman, untuk lihat apakah ada hasil ujian yang perlu di-drop karena kasus ini,” kata Pratikno kepada Tempo pada Jumat, 20 Juli 2012. Pendalaman bisa bermanfaat untuk menggali kembali kemungkinan ada bukti lain yang memengaruhi proses penilaian. Sehingga pihaknya menempatkan evaluasi ini sebagai prioritas. “Kami selesaikan dulu evaluasi terhadap seluruh rangkaian sistem ujian masuk, jika tak ada masalah, penilaian bisa mulai dilakukan,” ujar dia.

…dst

5 ) Kasus Perjokian Juga Terjadi di Universitas Brawijaya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/21/11401577/Kasus.Perjokian.Juga.Terjadi.di.Universitas.Brawijaya

Sabtu, 21 Juli 2012 | 11:40 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Lagi-lagi kasus perjokian ditemukan dalam ujian mandiri yang digelar perguruan tinggi. Setelah sebelumnya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Airlangga Surabaya, kini ditemukan pula joki yang “beroperasi” pada ujian mandiri Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Sebanyak tiga orang yang diduga joki pada pelaksanaan Tes Mandiri Seleksi Program Minat dan Kemampuan (SPMK) Universitas Brawijaya (UB) diamankan polisi. Ujian mandiri sendiri digelar pada Kamis (19/7/2012) lalu. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kerja Sama UB, Ristika, Jumat (20/7/2012). Menurut Ristika, dalam pelaksanaan ujian tahun-tahun sebelumnya, selalu aman dan tidak ditemukan kasus perjokian. “Joki-joki itu sudah dikuntit oleh petugas sejak di Sleman, Semarang. Ada kelompoknya. Namun, yang saya dengar, tiga orang telah tertangkap di UB,” ujar Ristika.

…dst

6 ) ITB Buka Jurusan Keamanan Informasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/20/m7gfiv-itb-buka-jurusan-keamanan-informasi

Jumat, 20 Juli 2012
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Berkembang pesatnya ilmu teknologi informasi (TI) membuat salah satu institusi pendidikan seperti Institut Teknologi BANDUNG (ITB) mulai memikirkan kerawanan akan bocornya informasi. Hal tersebut ditandai dengan minimnya keamanan TI di sejumlah perangkat. Untuk membantu meningkatkan keamanan TI, maka mulai tahun ini ITB mulai membuka program studi (prodi) baru mengenai bidang Keamanan Informasi. “Ide untuk mendirikan jurusan teknik keamanan informasi ini sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun yang lalu. Pengajuan proposal pun sudah disampaikan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) namun baru direstui oleh pemerintah pada minggu kemarin,” kata Penanggung Jawab Program ITB, Yusep Rohmansyah di Bandung, Jumat (20/7). Yusep menuturkan bahwa jurusan keamanan informasi sangat penting digalakkan di tengah kemajuan TI yang semakin meningkat, serta ditambah petugas keamanan internet di Indonesia masih sangat minim. “Seperti contoh dalam suatu Bank dijaga oleh satu satpam, tentunya itu sangat berisiko tinggi. Yah, begitulah kondisi kemanan internet di Indonesia saat ini,” ujarnya.

…dst

7 ) Horee..2013, Mahasiswa PTN Hanya Bayar SPP
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/20/m7fv9c-horee2013-mahasiswa-ptn-hanya-bayar-spp

Jumat, 20 Juli 2012, 10:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG– Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan bahwa mulai tahun 2013 para mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) hanya akan dibebankan biaya SPP. “Pada nantinya biaya selain SPP akan ditutupi oleh dana Bantuan Operasional (BO) PTN. Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih dalam penghitungan anggaran,” kata Akhmaloka saat ditemui wartawan di gedung rektorat ITB, Kamis (18/7) sore. Akhmaloka mengatakan, bahwa dana yang dikeluarkan oleh pemerintah nanti termasuk dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Setengah dari jumlah tersebut berasal dari tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN). Sedangkan sisanya diperoleh dari partisipasi mahasiswa di PTN melalui biaya SPP, sumbangan pembangunan gedung, dana hibah penelitian dan lain-lain,” ujarnya. Dalam hal ini pemerintah, lanjutnya, pada tahun 2012 telah menggelontorkan dana BO PTN hampir mencapai Rp 1,5 triliun. “Sedangkan untuk tahun depan, pemerintah akan meningkatkan jumlahnya sekitar Rp 3,5 triliun melalui APBN 2013.

…dst

8 ) Biaya Masuk UM Undip Turun 10-20 Persen
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/21/193387/Biaya-Masuk-UM-Undip-Turun-10-20-Persen

21 Juli 2012
SEMARANG – Biaya masuk Universitas Diponegoro (Undip) melalui jalur Ujian Mandiri (UM) dipastikan turun 10-20 persen tiap program studi (prodi). Penurunan itu terkait dengan adanya bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang mulai dialokasikan oleh pemerintah pada tahun ini. “Penurunan biaya masuk ini hanya kami berlakukan pada Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) rata-rata 10-20 persen tiap prodi,” ujar Rektor Undip Prof Soedharto P Hadi, kemarin. Dari data sementara, jumlah peminat UM mencapai 14.944 orang. Jumlah itu terdiri atas 7.895 IPA, 4.750 IPS, 1.893 IPC, dan 406 peserta untuk tes lanjutan D-3. Dari sekian banyak prodi di Undip, Fakultas Kedokteran masih menjadi pilihan favorit dengan 2.911 pendaftar. UM Undip kali ini akan digelar di 14 kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Bandung, Pangkalanbun, Batam, Makasar, Denpasar, Bekasi, Lamandau, dan Semarang. Pendaftaran UM untuk lokasi ujian Kota Semarang telah ditutup, kemarin (20/7), tapi untuk lokasi ujian di luar kota sudah ditutup sehari sebelumnya.

…dst

9 ) Mahasiswa PENS ciptakan kursi roda pintar
http://www.antaranews.com/berita/322741/mahasiswa-pens-ciptakan-kursi-roda-pintar

Sabtu, 21 Juli 2012 10:43 WIB | 1853
Surabaya (ANTARA News) – Dua mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Wahyu Mohammad Ihsan dan Arif Priyanto, menciptakan kursi roda pintar untuk mempermudah penyandang cacat melakukan aktivitas. “Kursi roda yang kami sebut` Reconfiguration Wheel Chair` itu merupakan hasil riset kami selama setahun untuk tugas akhir,” kata Arif yang bertugas merancang mekanik, mengatur kecepatan, dan mobilitas itu di Surabaya, Sabtu. Didampingi rekannya Wahyu yang membuat mekanik dan kontrol lengan untuk mengatur ketinggiannya, ia menjelaskan` kursi roda yang dikontrol menggunakan remote itu dapat diposisikan ketinggiannya sesuai kebutuhan pengguna. “Setidaknya, ada tiga tingkatan transformasi, yaitu transformasi minimum, strandar dan maksimal,” kata mahasiswa semester akhir jurusan Mekatronika PENS itu. Menurut Wahyu, pengaturan itu membuat penyandang cacat tidak perlu meminta bantuan orang lain bila ingin mengambil benda, misalnya untuk mengambil benda yang letaknya di atas, seperti buku di rak lemari.

…dst

10 ) Mendikbud Melantik Sembilan Rektor dan Direktur Politeknik Negeri
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/521

07/20/2012
Jakarta — Sembilan rektor dan direktur politeknik negeri dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, hari ini, Jumat (20/07). Pelantikan yang dilakukan di Graha Utama Kemdikbud ini disertai dengan serah terima memorandum akhir jabatan dari rektor lama universitas Padang kepada rektor baru. Dalam sambutannya, Mendikbud menyampaikan pentingnya akuntabilitas tata kelola perguruan tinggi. Sebagai jenjang tertinggi dalam pendidikan, diharapkan perguruan tinggi bisa menegakkan prinsip transparansi, efisiensi dan efektivitas. “Kalau bukan perguruan tinggi, siapa lagi yang diharapkan untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut,” ujarnya.Termasuk untuk proses-proses pembudayaan dan pembelajaran, perguruan tinggi merupakan tumpuan terakhir untuk memenuhi kekurangan-kekurangan dari pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. Untuk itu, Mendikbud meminta agar keberadaan perguruan tinggi jangan sampai dijadikan sebagai beban. Tapi justru sebagai bagian penting dari proses pendidikan.

…dst

11 ) Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pendidikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/520

07/20/2012
Jakarta – Tindakan penyalahgunaan narkoba yang cukup tinggi khususnya di kalangan pelajar atau mahasiswa telah menyebabkan banyaknya generasi muda kehilangan produktivitas dan integritrasnya. Tentu saja kondisi tersebut sangat merugikan negeri ini, karena generasi muda merupakan penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet perjuangan negeri ini. Sebagai wujud konkret upaya bersama dalam penanggulangan masalah narkoba di lingkungan pendidikan, Kemdikbud melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Badan Narkotika Nasional, antara Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Naim dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Gories Mere. Penandatanganan dilakukan di Hotel Bidakara Jakarta pada (13/7). Mendikbud Muhammad Nuh dalam sambutannya yang diwakili Sesjen Kemdikbud Ainun Naim mengatakan, penanggulangan penyalahgunaan narkoba ini sangat penting dalam lingkungan pendidikan, di lingkungan siswa maupun di lingkungan pendidik atau tenaga kependidikan.

…dst

12 ) Gara-gara Tulisan Tank Leopard
Unhan Tiba-tiba Nonaktifkan Dosen Al Araf
http://www.pikiran-rakyat.com/node/196722

Jumat, 20/07/2012 – 18:58
JAKARTA,(PRLM).-Universitas Pertahanan (Unhan) secara tiba-tiba menonaktifkan dosen tidak tetapnya bernama Al Araf. Penonaktifan itu diduga karena sebelumnya dia mengkritisi Kementerian Pertahanan (Kemhan) lewat tulisan tentang pembelian tank Leopard yang dimuat di sebuah harian nasional beberapa waktu lalu. Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen (Purn) TNI Syarifuddin Tipe mengatakan, pihaknya menonaktifkan Al Araf sejak 17 Juli 2012 kemarin. Menurut dia, Al Araf dinonaktifkan karena tidak komitmen dengan janji pertamanya yang akan mengkomunikasikan lebih dulu dengan pihak universitas sebelum membuat sebuah opini tentang kebijakan di Kementerian Pertahanan (Kemhan). “Dia out of commitment, makanya kita tegur dengan cara yang lain,” kata Syarifuddin kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (20/7). Menurut Syarifuddin, dalam pengakuan Al Araf, dua bulan lalu, yang bersangkutan pernah menulis soal Sukhoi dan gara-gara itu pihaknya ditelepon Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. “Kata Menhan waktu itu, gimana dosen yang bernama Al Araf itu, bilangin kalau buat tulisan masalah kebijakan negara konsultasi dulu sama kita, lalu saya jawab baik pak saya sampaikan,” ucapnya menirukan.

…dst

13 ) Aptisi Minta Pemerintah Keluarkan PP Dana Penelitian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/21/09502620/Aptisi.Minta.Pemerintah.Keluarkan.PP.Dana.Penelitian.

Sabtu, 21 Juli 2012 | 09:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) meminta ketegasan pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait bantuan dana penelitian yang diberikan kepada perguruan tinggi swasta. Bantuan dana penelitian tersebut merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang disahkan 13 Juli 2012. “Harus ada PP yang menyebutkan secara jelas mengenai jumlah dana penelitian yang diberikan. Jangan hanya seikhlasnya,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Edy Suandi Hamid saat dihubungi di Jakarta, Jumat (20/7/2012). Menurut Edy hingga saat ini gedung maupun fasilitas belajar mengajar PTS, terutama sekolah tinggi sebagian besar berasal dari bantuan masyarakat. “Bahkan ada dari tanah wakaf untuk menyumbang pendirian PTS,” katanya. Saat ini tercatat ada 3.016 PTS di Indonesia dan 5 persen di antaranya atau sekitar 150 PTS masih menempati rumah toko (ruko). Gedung-gedung PTS yang berbentuk ruko atau bahkan rumah juga banyak ditemukan bukan hanya di Jawa melainkan di luar Jawa, seperti di kota Palu.

…dst

14 ) UM Undip Digelar Serentak di 14 Kota-Total Peserta 14.944 Orang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512798/

Saturday, 21 July 2012
SEMARANG– Pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan digelar serentak di 14 kota di Indonesia, Minggu (22/7). Masing-masing Semarang, Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Pangkalan Bun, Lamandau, Denpasar, Makassar,dan Batam. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti UM sebanyak 14.944 peserta. Terdiri dari 7.895 untuk IPA, 4.750 untuk IPS, 1.893 untuk IPC, dan 406 peserta untuk tes lanjutan D3. “Dari total jumlah tersebut, sebanyak 2.911 peserta merupakan pemilih Fakultas Kedokteran. Dengan demikian, kedokteran masih menjadi pilihan favorit saat masuk Undip,” katanya, kemarin. UM undip, nantinya dilaksanakan di 31 tempat lokasi.Sebanyak 16 lokasi untuk IPA, 9 lokasi untuk IPS, dan 6 tempat lokasi untuk IPC. Materi yang diujikan untuk kemampuan IPA di antaranya Matematika Dasar,Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia. Sedangkan untuk kemampuan IPS adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris,dan Kewarganegaraan.

…dst

15 ) Bank Mandiri Beri Beasiswa ITB
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512787/

Saturday, 21 July 2012
BANDUNG – PT Bank Mandiri Tbk memberikan bantuan senilai Rp1,54 miliar kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) kemarin. Bantuan tersebut akan dialokasikan untuk mendukung train of trainers (TOT) bagi dosen dan mahasiswa senior ITB tentang The 7th Habists of Highly Effective College Student. Selain itu, bank pelat merah tersebut juga memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa ITB yang berprestasi senilai Rp1,2 miliar. Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu implementasi program bina lingkungan Bank Mandiri. “Salah satu upaya yang dilakukan Bank Mandiri untuk memperkuat mental generasi muda, yaitu melalui sejumlah program pendidikan, di antaranya program Wirausaha Mandiri.

…dst

16 ) Sampoerna Academy Terima 150 Siswa Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/07/21/134458/Sampoerna-Academy-Terima-150-Siswa-Baru-

Sabtu, 21 Juli 2012 , 14:33:00
BOGOR–Sampoerna Academy, sekolah berasrama setingkat SMA meresmikan penerimaan 150 siswa-siswi baru di SMA Sampoerna, Kampus Bogor, angkatan 2012-2013. 150 siswa ini berasal dari berasal dari 21 provinsi di Indonesia. Para siswa ini berhasil menyisihkan ribuan pendaftar setelah melewati lima proses seleksi yaitu seleksi dokumen, tes akademis, tes psikologi, tes wawancara, Focus Group Discussion (FGD) serta kunjungan ke rumah calon siswa (home visit).Dari jumlah tersebut, 136 siswa-siswi mendapat beasiswa sekolah gratis. Bantuan beasiswa ini berasal dari bank swasta nasional dan sejumlah sponsor lainnya. “Masyarakat membutuhkan pengembangan kualitas dan kesempatan memperoleh pendidikan untuk melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang terbaik di Indonesia. Siswa-siswi Sampoerna Academy ini adalah yang terpilih dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin Indonesia yang berkualitas di masa depan,” kata Managing Director Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/7).

…dst

17 ) 58 Mahasiswa UB Lanjut Kuliah di Taiwan & Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/21/373/666506/58-mahasiswa-ub-lanjut-kuliah-di-taiwan-jepang

Sabtu, 21 Juli 2012 15:06 wib
JAKARTA – Sebanyak 58 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) akan berangkat ke Taiwan dan Jepang guna melanjutkan perkuliahan. Para peserta program double degree tersebut tersebar di National Central University, Miyazaki University, National Chiayi University, dan National Pingtung University of Science and Technology (NPUST). Ke-58 mahasiswa ini berasal dari 13 program studi, yakni Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Matematika, Kimia, Fisika, Ilmu Tanaman, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Pertanian, Manajemen, Administrasi Bisnis, Ekonomi Pertanian, dan Ilmu Ternak. Pelepasan mahasiswa Program double degree ini dipimpin langsung oleh Direktur Lilik Sulistyowati. Dalam kesempatan tersebut diatur jadwal pemberangkatan berdasar program studi, kebudayaan pada masing-masing negara serta persiapan pemberangkatan seperti visa, dan sebagainya. Menurut Lilik, tidak seperti awal program, kucuran dana program double degree akhir-akhir ini mulai seret. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menggunakan biaya sendiri terutama dari jurusan Manajemen.

…dst

18 ) UGM Gelar Pemilihan Remaja Islam Teladan DIY
http://ramadhan.republika.co.id/berita/ramadhan/kabar-ramadhan/12/07/20/m7g8sw-ugm-gelar-pemilihan-remaja-islam-teladan-diy

Oleh Webmaster – 20 July 2012
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Ajang Idol (pemilihan idola) yang sering tidak memperhatikan akhlak membuat keprihatinan tersendiri bagi sekelompok aktivis mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Adalah kelompok studi mahasiswa Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM yang tergelitik untuk menggelar sebuah pemilihan idol baru di DIY. CCRC memprakarsaii adanya pemilihan remaja Islam teladan di DIY. Ketua Panitia pemilihan Rahmi Khamsita mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memilih remaja berprestasi dan berahlak mulia. “Ini memang baru pertama digelar di DIY,” terangnya di UGM, Jumat (20/7). Kegiatan tersebut kata dia, digelar untuk memadukan antara kecerdasan, kreativitas namun memiliki nilai keagamaan yang kuat.

…dst

19 ) Gema Keadilan-ITB Bersihkan Sampah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512672/

Saturday, 21 July 2012
BANDUNG – Gema Keadilan Kota Bandung membersihkan sampah dan kotoran di Terminal Cicaheum, kemarin. Mereka turut menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengelolaansampah. ” DiITBhampirbisadibilangtidakadasampah, selainitu mereka juga mempunyai mesin pencacah sampah,” ujar Ketua UmumDPDGemaKeadilanKota BandungAndri Rusmana. Gema Keadilan juga bakal menyediakan 200 tempat sampah di Terminal Cicaheum,Leuwipanjang, dan Cibeureum.”Ini adalah mimpi kita semua khususnya warga Kota Bandung agar tidakadatempatpembuangansampah, karena semua sampahnya telah diolah,” ucapnya. Berdasarkan pantauan, sedikitnya 50 anggota Gema Keadilan yang mengenakan seragam abu-abu membersihkansetiapsudut Cicaheum.

…dst

20 ) Manusia purba lebih pintar soal nutrisi
http://www.antaranews.com/berita/322442/manusia-purba-lebih-pintar-soal-nutrisi

Kamis, 19 Juli 2012 18:20 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Boleh jadi orang modern zaman sekarang harus banyak belajar kepada manusia purba yang hidup puluhan ribu tahun lalu, karena mereka ternyata lebih pintar dalam urusan pola makan dan obat-obatan herbal. Manusia purba Neanderthal–yang pernah hidup 24-30 ribu tahun lalu–sempat dikira hanya memakan daging. Tapi Dailymail mewartakan penelitian yang menyebutkan bahwa manusia purba juga pemakan sayur mayur. Para peneliti dari Spanyol, Inggris, dan Australia mengklaim telah menemukan bukti molekuler pertama tentang kebiasaan pola makan manusia Neanderthal. Manusia purba itu tak cuma memakan makanan yang dimasak, tapi mereka juga paham soal nutrisi dan manfaat medis yang dikandung makanan. Hasil penelitian yang mencermati kandungan mikrofosil plak di gigi manusia purba dari El Sirdn, Spanyol, mengarah kepada pola makan yang tidak cuma daging, tapi juga sayur, buah, dan kacang-kacangan.

…dst

21 ) Langgar Jam Kerja, PNS Kena Sanksi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512681/

Saturday, 21 July 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) akan menindak tegas jika ada pegawai negeri sipil (PNS) yang melanggar jam kerja pada bulan puasa. Tindakan tegas tersebut berupa pemotongan tunjangan kinerja.”Pemberian sanksi ini tanggung jawab lembaga. Kami hanya mendorong agar mereka menaati peraturan agar pelayanan masyarakat tetap stabil,”kata Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto di Jakarta kemarin. Menurut Tasdik, instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, Senin– Kamis, jam kerjanya selama pukul 08.00-15.00 WIB dan waktu istirahat pukul 12.00 WIB-12.30 WIB. Jumat jam kerja pada pukul8.00-15.30 WIB dan jam istirahat pukul 11.30-12.30 WIB. Sedangkan instansi yang bekerja enam hari, jam pulang kerjanya dimajukan satu jam. “Mereka harus bekerja selama 32.50 jam per minggu,”ujarnya. Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerbitkan kebijakan pengurangan jam kerja PNS selama bulan puasa.”Jam masuk agak lebih siang, kemudian jam pulang sedikit lebih awal,” kata Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Sekretariat Daerah Jawa Tengah Muhammad Masrofi di Semarang kemarin.

…dst

22 ) Janjikan SK CPNS Honorer K1 Januari 2013
http://www.jpnn.com/read/2012/07/21/134423/Janjikan-SK-CPNS-Honorer-K1-Januari-2013-

Sabtu, 21 Juli 2012 , 04:15:00
JAKARTA – Ada kabar baik bagi para tenaga honorer kategori 1 yang tengah menunggu pengangkatan. KemenPAN dan RB menjanjikan bakal menyelesaikan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) berupa Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelum bulan Oktober tahun ini. Hal tersebut memungkinkan kepastian pengangkatan para tenaga honorer K1 tahun 2012.”Kita upayakan juklak dan juknis pengangkatan honorer K1 akan segera diselesaikan. Kalau bisa bulan Oktober ini selesai,”ujar Sekretaris KemenPAN dan RB Tasdik Kinanto, di gedung KemenPAN dan RB, kemarin (20/7). Pernyataan Tasdik tersebut dibenarkan oleh WamenPAN dan RB Eko Prasojo. Dia memaparkan, saat ini pihaknya sedang berupaya menyelesaikan juklak dan juknis tersebut sebelum akhir tahun. Eko pun memastikan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan para tenaga honorer K1 yang telah lulus uji publik di daerahnya masing-masing bisa diberikan pada 1 Januari tahun depan. “Kita upayakan per 1 Januari 2013, SK CPNS sudah diterima para tenaga honorer K1 yang sudah lulus uji public,”jelas Eko.

…dst

23 ) Pemerintah Minta Masyarakat Waspadai Calo
http://www.jpnn.com/read/2012/07/21/134433/Pemerintah-Minta-Masyarakat-Waspadai-Calo-

Sabtu, 21 Juli 2012 , 06:19:00
JAKARTA – Moratorium CPNS sejatinya baru berakhir pada Desember tahun ini. Namun, pemerintah membikin pengecualian dengan melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di bidang pelayanan dasar dan jabatan yang dikecualikan. Dari 61.560 kursi yang disediakan, hanya terserap 14.560 saja. Sejumlah lembaga negara dan kementrian pun sudah mulai menggelar penerimaan CPNS. Waktu pendaftaran masing-masing lembaga maupun kementrian memang berbeda.Namun, ujian kompetensi dasar akan dilakukan serentak pada 8 September mendatang. “Semoga kalau tidak ada halangan, ujiannya bisa tetap tanggal 8 September,” ujar Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Aparatur KemenPAN dan RB) Ramli Naibaho dalam jumpa pers di gedung KemenPAN dan RB, kemarin (20/7). Ramli menuturkan, ujian yang berlangsung pada 8 September mendatang merupakan ujian kompetensi dasar. Sementara ujian kompetensi bidang bergantung pada masing-masing lembaga dan kementrian. “Bahkan ada yang duluan uji kompetensi bidangnya seperti Kemenkum dan HAM,” kata dia.

…dst

24 ) Inilah Instansi yang Rekrut CPNS Reguler 2012
http://www.jpnn.com/read/2012/07/21/134422/Inilah-Instansi-yang-Rekrut-CPNS-Reguler-2012-

Sabtu, 21 Juli 2012 , 03:58:00
Instansi Pusat:
Kementerian Luar Negeri
Kementerian Hukum dan HAM
Kementerian Keuangan
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kementerian Kesehatan
Kementerikan Pendidikan dan Kebudayaan (khusus dosen)
Kementerian Dalam Negeri (khusus IPDN)
Kementerian Perdagangan
Sekjen BPK
Sekjen MA
Sekretariat Negara
Badan Pusat Statistik (khusus ikatan dinas)
Badan Intelegen Nasional (ikatan dinas)
BPKP (ikatan dinas)
Badan Koordinasi Penanaman Modal
Badan Pertanahan Nasional
BPOM
BMKG
BNP2TKI
LKPB
BNN

25 Instansi Daerah :

Kota Sungai Penuh
Kab Banyuasin
Kab Musirawas
Kab Empat Lawang
Kota Lubuk Linggau
Kab Lebong
Provinsi Bangka Belitung
Kab Bangka Barat
Kab Bangka Tengah
Kab Anambas
Kab Bogor
Kota Bandung
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Bali
Kab Badung
Kota Balikpapan
Kab Tojo Una-una
Kab Manggarai Timur
Kab Tulang Bawang
Provinsi Jawa Timur
Kota Surabaya
Kota Sibolga
Kab Labuhan Batu Utara
Kab Kubu Raya
Kab Labuhan Baru Selatan

Sumber: Kemenpan-RB.