Tadi pagi ada pertanyaan di milis ds5k tentang pembiayaan beasiswa LN, sorry baru sempat ditanggapi saat ini. Saya bagi ke milis evaluasi, milis DG, milis kopertis 4 dan web Kopertis 12 karena diskusi ini (terutama surat edaran terkait) perlu juga diketahui oleh yang membutuhkan informasi pembiayaan beasiswa LN Dikti.

===================================================================
From: “hamzah”<hxxxx@yahoo.com>
Sender: ds5k@yahoogroups.com
Date: Mon, 23 Jul 2012 06:24:59 +0000
Subject: Re: [ds5k] tanya pembiayaan DAAD, IGSP dan BLN Dikti

Pertanyaan:
Mhn info apakah ada perbedaan scheme pembiayaan antara yg bersumber pure DAAD, IGSP DAAD, dan BLN DIKTI ? Ataukah tergantung dgn kota lokasi studi krn dgr2 ada beda living cost dibbp kota tertentu’ apakah calon pd tahun yg sama bisa apply dg mencoba semuanya mengingat timingnya juga ada perbedaan dan menetapkan pilihan jikalau ada yg accepted.maaf jika pertanyaannya uda pernah ada yg menyampaikan’ Warm regards.

===================================================================

Tanggapan:
Untuk negara tujuan Jerman biaya hidup dari Dikti untuk semua kota di Jerman berlaku sama, hanya 2 negera tujuan yaitu Jepang dan Inggeris ada dibedakan di Tokyo atau di luar Tokyo, di London atau di luar London, 20 negera lainnya termasuk Jerman berlaku sama biaya hidup dari Dikti untuk semua kota.
Silakan baca:
Surat Edaran Direktur Diktendik Dikti no. 472/E4.4/2012 tentang penetapan standar biaya Program Beasiswa pendidikan Magister/Doktor (S2/S3) luar negeri untuk dosen tetap, tenaga kependidikan tetap, dan calon dosen PT Tahun 2012
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Kepdirdiktendik472-E4.4-2012.pdf

Keputusan ini berlaku untuk semua beasiswa luar negeri yang dikelola Diktendik Dikti, termasuk Beasiswa Unggulan LN, Beasiswa S2/S3 Luar Negeri, Beasiswa IGSP, Beasiswa DDIP.
Rincian komponen bisa baca halaman 23-25 beasiswa unggulan Dikti terbitan tahun 2012
http://beasiswa.dikti.go.id/bu/index.php/download/file/panduan_bu_diktendik_201211

Untuk besaran beasiswa DAAD yang langsung dikelola pemerintah Jerman juga mirip yaitu living allowance (monthly) ero 1.000 (sama untuk semua kota) ditambah travel, health insurance, study and research allowance. Besaran beasiswa DAAD bisa nampak di penjelasan setiap program yang mereka tawarkan http://www.daadjkt.org/index.php?daad-scholarships-support-programs
Beda dengan beasiswa Dikti adalah kalo Dikti tidak jelas cantumkan pasti ada tersedia bantuan program khusus (seminar dan tugas akhir), tergantung pada semester dan DIPA, sedangkan dari DAAD jelas cantumkan ada research allowance.

Semoga bermanfaat, salam, Fitri