1 ) Ini Syarat Kampus Swasta Dapatkan Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/09583870/Ini.Syarat.Kampus.Swasta.Dapatkan.Bidik.Misi

Rabu, 1 Agustus 2012 | 09:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Batalnya rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) berimbas pada penundaan kucuran “jatah” beasiswa Bidik Misi bagi perguruan tinggi swasta (PTS). Pemberian Bidik Misi bagi PTS semula direncanakan sebagai kompensasi dari kenaikan harga BBM. Akan tetapi, peluang mendapatkan beasiswa ini masih memungkinkan. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Illah Sailah mengungkapkan, ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi PTS untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Menurut Illah, harus ada kesepakatan dari kedua belah pihak, Kemdikbud dan PTS, sebelum beasiswa Bidik Misi resmi dikucurkan. Pasalnya, PTS penerima Bidik Misi tidak bisa lagi menggali partisipasi pendanaan dari mahasiswa miskin penerima beasiswa tersebut.

…dst

2 ) Bidik Misi untuk PTS Tak Dibatalkan, Hanya Ditunda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/09553583/Bidik.Misi.untuk.PTS.Tak.Dibatalkan.Hanya.Ditunda

Rabu, 1 Agustus 2012 | 09:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menegaskan, program beasiswa Bidik Misi untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak dibatalkan. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Illa Sailah, menyampaikan, kementerian masih terus berupaya agar Kementerian Keuangan (Kemkeu) segera mencabut tanda bintang pada pos anggaran beasiswa siswa miskin dalam APBN-Perubahan 2012. “Jadi bukan dibatalkan, tetapi ditangguhkan oleh Kemkeu menyusul harga BBM yang batal naik. Artinya di-pending, sampai kondisi keuangan negara memungkinkan dan bisa didistribusikan untuk beasiswa,” kata Illa kepada para wartawan, Selasa (31/7/2012) malam, di Jakarta.”Bidik Misi itu hanya gumpalan kecil jika dibandingkan anggaran pendidikan lainnya. Masih kami perjuangkan agar tanda bintangnya dicabut,” lanjutnya.

…dst

3 ) Kemdikbud dan Kemhan Tandatangani Nota Kesepahaman Bela Negara Mahasiswa
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/543

07/31/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dalam menyelenggarakan latihan dasar bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Latihan dasar tersebut merupakan komponen pendukung pertahanan negara. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Drektur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso, dan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan, Pos M. Hutabarat, di kantor Kemdikbud, hari Selasa (31/7). Penandatangan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro. Dalam kesempatan ini Menhan mengatakan, setiap warga negara wajib hukumnya melakukan pembelaan negara. Bela negara dari lingkup kementerian pertahanan adalah melakukan pembinanaan militer dan non militer.

…dst

4 ) KY dan UGM Kerjasama Awasi Hakim
http://nasional.kompas.com/read/2012/07/31/19033869/KY.dan.UGM.Kerjasama.Awasi.Hakim

31 July 2012
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Yudisial (KY) bekerjasama dengan Pusat Kajian Anti (Pukat) Korupsi UGM untuk mengawasi kinerja dan perilaku hakim dalam proses peradilan. Kerjasama selama dua tahun itu diwujudkan dalam bentuk kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang berorientasi pemberdayaan masyarakat pengguna peradilan. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSoc Sc dan Ketua KY Prof D. Eman Suparman, SH M.H, di Fakultas Hukum UGM Yogyakarta, Selasa (31/7/2012). Disaksikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni, Prof Dr Dwikorita Karnawati, M.Sc, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FH UGM Dr Sigit Riyanto, SH, LLM dan Direktur Pukat Korupsi, Zainal Arifin Mochtar, SH, LLM. Pratikno menyatakan, UGM siap bekerjasama untuk memperkuat peran KY dalam mengawasi sistem peradilan. Pengawasan terhadap proses peradilan tidak hanya dilakukan oleh KY namun juga harus melibatkan masyarakat luas. “Karena pengawasan dari masyarakat itulah yang paling penting,” katanya.

…dst

5 ) SM-3T Angkatan II Memperluas Keterjangkauan
http://www.dikti.go.id/?p=4346&lang=id

31 July 2012
Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) pada angkatan kedua akan memperluas daerah jangkauannya. Setelah pada angkatan sebelumnya program ini menjangkau empat provinsi, pada angkatan kedua jumlah daerah sasaran bertambah menjadi delapan provinsi yang terkatagori 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Penjelasan ini disampaikan oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi , Supriadi Rustad dihadapan tidak kurang dari 80 Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menghadiri Rapat Koordinasi Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, di Jakarta, Senin (30/7). Tampak juga hadir pada acara tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Suyanto, Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kemenkokesra Agus Hartono serta para pimpinan perguruan tinggi penyelenggara program SM-3T.

…dst

6 ) Program SM-3T – Hari Ini Peserta Ikuti Tes Online
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/515865/

Wednesday, 01 August 2012
SEMARANG – Mulai hari ini (Rabu, 1/8) hingga 4 Agustus mendatang para peserta Program Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) akan mengikuti tes secara online di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Peserta yang mengikuti tes berjumlah 250 orang yang sebelumnya dinyatakan lolos pada seleksi administrasi pada 23–25 Juli lalu.Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jateng-DIY.Antara lain Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Pancasakti, Universitas Muhammadiyah Purworejo,Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Semarang. Pelaksanaan tes akan dipusatkan di Gedung IT Badan Pengembang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan FMIPA Unnes. Bagi peserta yang lolos seleksi selanjutnya ditempatkan di sejumlah kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur,Sulawesi Utara,NTT, Provinsi NAD,Kepulauan Riau, Papua Barat,dan Papua.”Mereka akan mengabdi setahun dan setiap bulannya memperoleh uang biaya hidup dan asuransi kesehatan,”ungkap Ketua PPG Unnes Abdurrahman kemarin.

…dst

7 ) Keinginan untuk Uji Materi Mulai Muncul
http://cetak.kompas.com/read/2012/08/01/02254768/keinginan..untuk.uji.materi.mulai.muncul.

01 Agustus 2012
SEMARANG, KOMPAS – Keinginan untuk melakukan uji materi terhadap Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang baru disetujui DPR mulai muncul. Hal ini disebabkan banyaknya keinginan perguruan tinggi yang tidak diakomodasi dalam undang-undang tersebut. Demikian pokok persoalan yang mengemuka dalam diskusi “Pro dan Kontra UU Pendidikan Tinggi” yang diselenggarakan Kompas Perwakilan Jawa Tengah, Selasa (31/7). Diskusi itu dihadiri sejumlah rektor perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Tengah. Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia Eko Budihardjo mengatakan, sejak awal, penyusunan UU itu tidak banyak melibatkan banyak pihak, terutama swasta, sehingga kepentingan perguruan tinggi swasta tidak terakomodasi. “Jangan percayakan pembuatan UU hanya kepada politisi,” kata Eko. Eko menyoroti persoalan diakomodasinya perguruan tinggi asing dan perguruan tinggi negeri yang harus ada di setiap provinsi. Ia juga mengingatkan, pertemuan forum rektor seluruh dunia dalam Deklarasi Lima pada tahun 1989 menyepakati adanya kebebasan akademis dan otonomi perguruan tinggi. Pengajar Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang, Sudharto, mendukung jika ada pihak-pihak yang akan mengajukan uji materi UU Pendidikan Tinggi.

…dst

8 ) Kemdikbud: Jangan Risaukan Masuknya PT Asing
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/11250473/Kemdikbud.Jangan.Risaukan.Masuknya.PT.Asing

Rabu, 1 Agustus 2012 | 11:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Illa Sailah, mengimbau semua pihak untuk tidak risau dan merasa terancam dengan kemungkinan masuknya perguruan tinggi asing ke Indonesia. Kerisauan berpotensi muncul pasca-disahkannya Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) pertengahan Juli lalu. UU Dikti ini menjadi payung hukum yang melegalkan perguruan tinggi asing menyelenggarakan pendidikan tinggi di Indonesia. “Tidak perlu risau, semua sudah diatur oleh Undang-Undang,” kata Illah kepada Kompas.com, Selasa (31/7/2012) malam, di Jakarta. Illah pun menyampaikan, ekspansi perguruan tinggi asing ke Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi tanpa perlu menggerus budaya dan nasionalisme mahasiswa Indonesia di dalamnya.

…dst

9 ) Dosen UNY Presentasi Makalah di Konferensi Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671902/dosen-uny-presentasi-makalah-di-konferensi-internasional

Rabu, 01 Agustus 2012 18:33 wib
JAKARTA – Dosen Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Ali Mustadi terpilih menjadi salah satu pembicara dalam konferensi internasional. Pada konferensi bertajuk Comparative Education Society of Asia (CESA) 2012 itu Ali berbagi ilmu mengenai pentingnya kompetensi komunikatif bagi seorang guru. Dalam konferensi yang berlangsung di Chulalongkorn University, Thailand, Ali menyajikan karya ilmiah berjudul “Redesigning English Course for Elementary School Teacher Education Based on Communicative Competence”. Demikian, seperti dikutip dari laman UNY, Rabu (1/8/2012). Melalui konferensi ini, partisipan berkesempatan untuk mendengarkan, berbagi, dan mendiskusikan berbagai isu pendidikan bersama anggota yang hadir. Partisipan juga dapat mempresentasikan hasil penelitian terbaru, berdiskusi dengan anggota CESA dari seluruh penjuru dunia, serta melakukan kunjungan terhadap sekolah lokal di negara tersebut. Konferensi CESA 2012 dihadiri utusan dari berbagai perguruan tinggi dari 22 negara dengan 293 makalah yang kemudian dipresentasikan secara paralel.

…dst

10 ) Repositori ITS Terbaik se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671872/repositori-its-terbaik-se-indonesia

Rabu, 01 Agustus 2012 17:15 wib
JAKARTA – Webometrics for Institutional Repository merupakan pemeringkatan sekira 1.240 repositori institusi di seluruh dunia. Pada dasarnya, ada dua sistem pemeringkatan untuk repositori di Webometrics, yaitu Top Institutional Repository dan Top Repository. Top Institutional Repository merupakan pemeringkatan institusi yang memiliki repositori, sedangkan Top Repository merupakan pemeringkatan repositori karena satu institusi bisa jadi memiliki dua repositori. Pada pemeringkatan versi Juli 2012, repositori institusi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berada dalam urutan teratas di tingkat nasional dan urutan 14 di tingkat dunia. Disusul Universitas Sumatera Utara (USU) di posisi kedua serta peringkat 20 skala internasional. Sementara itu, di peringkat ketiga ada Universitas Diponegoro (Undip) dengan rangking 36 dunia, dan rangking empat dihuni oleh Universitas Andalas (Unand) Padang yang berada di posisi ke-42 pada tingkat global. Sementara di peringkat lima bertengger Institut Pertanian Bogor (IPB) yang meraih peringkat 94 di tingkat internasional.

…dst

11 ) Peringkat Repositori Undip Terus Turun
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671904/peringkat-repositori-undip-terus-turun

Rabu, 01 Agustus 2012 18:37 wib
JAKARTA – Sejak 2010, dalam pemeringkatan Webometrics for Institutional Repository, peringkat Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, di tingkat nasional cenderung turun. Pada 2010, Undip berhasil menempati posisi pertama dalam kategori repositori institusi sementara di pemeringkatan versi Juli 2012 harus puas berada di tempat ketiga dalam skala nasional. Berdasarkan hasil pemeringkatan Webometrics for Institutional Repository Juli 2010, Undip mengukuhkan diri sebagai universitas dengan repositori institusi terbaik se-Indonesia dan urutan 49 di tingkat dunia. Pada Januari 2011, posisi Undip di tingkat nasional masih bertahan sebagai jawara namun dalam skala internasional, rangking Undip turun ke urutan 55. Namun, di tahun yang sama pada periode kedua, yakni Juli 2011, Undip harus turun ke peringkat kedua di tingkat nasional. Namun di tingkat global, posisi Undip kembali menanjak ke peringkat 48. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (1/8/2012).

…dst

12 ) Indikator Webometrics Berubah
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671790/indikator-webometrics-berubah

Rabu, 01 Agustus 2012 15:40 wib
JAKARTA – Setiap tahun, Lembaga Pemeringkatan Webometrics merilis daftar peringkat perguruan-perguruan tinggi dunia. Pada laporan yang dirilis Juli 2012 ini, Webometrics mengumumkan perubahan metodologi pemeringkatannya. Sebelumnya, Webometrics memiliki empat indikator penilaian peringkat perguruan tinggi yaitu visibility, website page size, rich files, dan Google scholarship. Visibility merupakan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Website page size menunjukkan jumlah halaman website yang tertangkap oleh empat search engines (Google, Yahoo, Live Search/Bing, dan Exalead). Rich Files merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc), dan Microsoft Powerpoint (.ppt), namun tidak termasuk xls atau latex atau tex) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Sedangkan Google Scholarship menunjukkan jumlah paper dan sitasi yang tertangkap di Google Scholar (http://scholar.google.com) untuk setiap domain website universitas.

…dst

13 ) Webometrics, Jurnal Ilmiah RI Masih Rendah
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671783/webometrics-jurnal-ilmiah-ri-masih-rendah

Rabu, 01 Agustus 2012 15:34 wib
JAKARTA – Salah satu ukuran penilaian dalam pemeringkatan Webometrics adalah seberapa banyak karya ilmiah dari perguruan-perguruan tinggi di dunia masuk ke publikasi jurnal ilmiah internasional. Oleh Webometrics, perhitungan tersebut diwakili oleh parameter Presence. Dari hasil pemeringkatan Webometrics terbaru pada Juli 2012 terlihat, kelemahan perguruan-perguruan tinggi Indonesia adalah pada publikasi karya ilmiah ke jurnal ilmiah internasional. Peringkat tertinggi untuk jumlah karya ilmiah yang masuk database Scimago adalah Universitas Indonesia (UI) yang menempati peringkat dunia ke-1.730. Setelah UI ada Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat ke-1.871 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di rangking 1.999. “Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dalam publikasi di jurnal internasional, terutama pada jurnal internasional yang high-impact atau banyak dirujuk pada karya ilmiah lain,” demikian seperti dilansir keterangan tertulis Universitas Gunadarma kepada Okezone, Rabu (1/8/2012). Universitas Gunadarma sendiri merupakan satu-satunya kampus swasta yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 besar website perguruan tinggi Indonesia paling eksis versi Webometrics.

…dst

14 ) 10 Website Kampus Indonesia Paling Eksis di Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671749/10-website-kampus-indonesia-paling-eksis-di-dunia

Rabu, 01 Agustus 2012 15:06 wib
JAKARTA – Baru-baru ini, lembaga pemeringkatan Webometrics mengeluarkan daftar pemeringkatan teranyar untuk website perguruan-perguruan tinggi dunia. Dalam peringkat Webometrics edisi Juli 2012, 361 website perguruan tinggi Indonesia masuk dalam daftar pemeringkatan. Angka ini naik dari daftar peringkat Webometrics Januari lalu, yakni 352 website. Pemeringkatan Webometrics sendiri melibatkan 20 ribu laman resmi kampus-kampus dari seluruh dunia. Dari daftar tersebut, sembilan dari sepuluh besar website kampus paling eksis di Indonesia adalah website milik perguruan tinggi negeri (PTN). Laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama untuk wilayah Indonesia. Dalam peringkat dunia, UGM berada di posisi ke-379, dan peringkat kesembilan di lingkup ASEAN. Setelah UGM ada Universitas Indonesia (UI) di peringkat ke-507 dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di rangking ke-568. Sementara itu, satu-satunya laman resmi perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk 10 besar ini adalah milik Universitas Gunadarma. Ia berada di peringkat keenam atau peringkat ke-740 dunia.

…dst

15 ) MAHASISWA UGM TELITI DAUN CENGKEH JADI ANTIMALARIA – Terbukti Lebih Aktif dari Klorokuin
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/515868/

Wednesday, 01 August 2012
Malaria sampai saat ini masih menjadi penyakit yang ditakuti,baik di negara berkembang maupun negara maju.Di lain pihak,zat aktif klorokuin yang selama ini digunakan untuk penyembuhan malaria sudah mulai mengalami kekebalan. Kebutuhan akan zat aktif baru akhirnya menjadi kebutuhan antimalaria.Dan ternyata dalam minyak daun cengkeh kebutuhan itu dapat dipenuhi,yakni (1)-N-(3,4 dimetoksibenzil)-1,10 Fenantrolinium Bromida. Data dari WHO pada 2010, terdapat 81 juta kasus positif malaria dengan 117.704 kematian tiap tahunnya di dunia. Di Indonesia,penyakit yang disebabkan nyamuk anopheles ini tergolong penyakit menular yang masih menjadi masalah utama.

…dst

16 ) Mahasiswa Brawijaya Gelar Solidaritas Rohingya
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/01/078420785/Mahasiswa-Brawijaya-Gelar-Solidaritas-Rohingya

Rabu, 01 Agustus 2012 | 21:26 WIB
TEMPO.CO, Malang–Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar aksi solidaritas etnis Rohingya, minoritas muslim di Myanmar. Para mahasiswa mengumpulkan dana bantuan dengan mengedarkan kotal amal di persimpangan depan kampus Universitas Brawijaya Malang. Selama dua jam terkumpul dana sumbangan dari masyarakat berupa uang tunai Rp 900 ribu. “Dana yang terkumpul disalurkan melalui ACT (aksi cepat tanggap),” kata juru bicara aksi, Rizal Fahrudin Rahman, Rabu 1 Agustus 2012. Dana yang terkumpul bakal dibelanjakan aneka kebutuhan bagi pengungsi dari etnis Rohingya. Aksi penggalangan dana akan dilanjutkan malam ini. Rizal berharap masyarakat Malang peduli untuk membantu sesama umat muslim yang ditimpa musibah. Terutama saat bulan puasa, yang pahalanya bakal dilipatgandakan.

…dst

17 ) Unej Datangkan Pakar Matematika Belgia dan Ceko
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/01/m82xkt-unej-datangkan-pakar-matematika-belgia-dan-ceko

Rabu, 01 Agustus 2012, 21:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER – Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Universitas Jember (Unej), Rabu (1/8), mengadakan kuliah umum dengan mendatangkan dua pakar matematika dari Belgia, Prof Dominique Buset dan dari Republik Ceko, Prof Premek Holub. Prof Premek Holub merupakan akademisi dari University of West Bohemia Plzen, Republik Ceko. Sementara Prof Dominique Buset dari Universite Libre de Bruxelles Belgia. Keduanya memberikan kuliah dengan tema “Public Lecture on Optimal Network Topology”. Prof Premek dalam kuliahnya menerangkan bahwa dalam matematika dan ilmu komputer terdapat teori graf yang merupakan cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf. “Satu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi. Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik yang melambangkan simpul yang dihubungkan oleh garis-garis yang melambangkan sisi atau garis berpanah yang melambangkan busur,” paparnya.

…dst

18 ) Peningkatan Status ISI Tak Pengaruhi Jati Diri
http://www.dikti.go.id/?p=4337&lang=id

31 July 2012
DENPASAR, KOMPAS.com–Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S MA mengatakan, peningkatan status ISI menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) tidak akan mempengaruhi dan mengurangi jati diri lembaga pendidikan tinggi seni. “Peningkatan status itu tidak akan meniadakan jurusan-jurusan ilmu budaya yang ada selama ini, justru program studi yang ada akan ditambah,” kata Rektor ISI Denpasar, Prof Wayan Rai di Denpasar, Selasa. Ia mengatakan, ISI Denpasar dengan peningkatan status itu akan menambah satu fakultas ilmu budaya yang selama ini belum dimiliki. Oleh sebab itu peningkatan status jangan dipertentangkan, justru sebaliknya lebih memacu perkembangan lembaga pendidikan tinggi seni di masa mendatang.

…dst

19 ) Pemilihan Sembilan Dekan UI Segera Dilakukan
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/01/373/671881/pemilihan-sembilan-dekan-ui-segera-dilakukan

Rabu, 01 Agustus 2012 17:33 wib
DEPOK – Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rosliwa Somantri bersiap memilih sembilan dekan di lingkungan kampus UI yang telah habis masa jabatannya. Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, menyatakan, kesembilan dekan tersebut telah habis masa jabatannya pada Februari hingga April 2012. Jabatan mereka kemudian diperpanjang oleh Gumilar. Namun, pada 27 Juli lalu, Gumilar menerima surat dari Majelis Wali Amanat (MWA) yang isinya meminta agar melakukan pemilihan dekan bagi semua dekan yang telah habis masa jabatannya. “Jabatan dekan kemudian diemban oleh wakil dekan sebagai pejabat sementara (Pjs), yang bertugas untuk melakukan pemilihan dekan baru,” kata Siane, Rabu (1/8/2012). Sebelumnya, kata Siane, dari sembilan dekan tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Ratna Sitompul lebih dulu habis masa jabatannya pada April 2012. “MWA meminta diberlakukan hal yang sama. Kalau dekan FK tidak diperpanjang maka berlaku pula untuk dekan lainnya. Maka ditunjuklah PJS dekan yaitu wakil dekan,” imbuhnya.

…dst

20 ) Joki Ujian Masuk Unair Belum Jadi Tersangka
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/01/079420703/Joki-Ujian-Masuk-Unair-Belum-Jadi-Tersangka

Rabu, 01 Agustus 2012 | 14:10 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya mengaku kesulitan melacak jaringan dan membuktikan praktik perjokian yang melibatkan beberapa mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Wakil Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kota Besar Surabaya, Ajun Komisaris Polisi Sudamiran, mengatakan hingga saat ini kasus masih dalam proses penyelidikan. “Masih penyelidikan, sudah kami panggil belasan orang saksi,” kata Sudamiran kepada Tempo, Rabu, 1 Agustus 2012. Untuk tahap awal ini, meski telah mengarah pada keterlibatan seorang mahasiswa, namun masih diperlukan beberapa bukti untuk menjadikan mahasiswa tersebut sebagai tersangka.Polisi saat ini sedang mencari bukti siapa sebenarnya yang menjadi joki, pengguna jasa joki, serta jaringan joki. “Masih proses, semua ini agak rumit karena dugaan kami ada jaringannya,” ujar dia.

…dst

21 ) SPP Progresif, Kompensasi untuk Mahasiswa “Tua”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/1636289/SPP.Progresif.Kompensasi.untuk.Mahasiswa.Tua.

Rabu, 1 Agustus 2012 | 16:36 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi, mendukung pemberlakuan sumbangan pembinaan pendidikan progresif (SPP progresif) yang akan diterapkan oleh Universitas Brawijaya, Malang, untuk mahasiswa angkatan 2008. Menurutnya, sudah seharusnya kebijakan ini diberlakukan untuk mahasiswa yang sudah melewati masa kuliah selama empat tahun.”Batas waktu kuliah adalah empat tahun. Lebih dari itu, sudah sepantasnya ada kompensasi yang harus mereka tanggung,” ujar Sukemi ketika dihubungi, Rabu (1/8/2012). Kenaikan SPP sebesar 15 persen tersebut dinilai wajar. Mahasiswa “tua”, begitu diistilahkan oleh Sukemi, dinilai telah menutup akses untuk mahasiswa baru. Padahal, setiap perguruan tinggi memiliki target jumlah mahasiswa masuk dan keluar yang harus dipenuhi. Terlebih lagi, mahasiswa-mahasiswa tersebut makin besar menelan subsidi negara.

…dst

22 ) Tolak SPP Progresif, Mahasiswa Unibraw Ajukan Petisi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/1430062/Tolak.SPP.Progresif.Mahasiswa.Unibraw.Ajukan.Petisi

Rabu, 1 Agustus 2012 | 14:30 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Mahasiswa Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang mengajukan petisi penolakan pemberlakuan sumbangan pembinaan pendidikan progresif (SPP Progresif) yang mulai diberlakukan di semester baru untuk mahasiswa angkatan 2008. Petisi yang ditujukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) berisi permohonan kepada Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh untuk membatalkan kebijakan tersebut. “Beberapa hari lalu petisi itu dibuat teman-teman. Sekarang masih dalam pengumpulan dukungan,” ujar Ladito Risang Bagaskoro, Menteri Kebijakan Eksekutif Mahasiswa (EM) Unibraw, Rabu (1/8/2012). Petisi yang diunggah melalui laman www.change.org itu sudah menerima 77 dukungan hingga hari ini. Para mahasiswa masih membutuhkan lebih banyak dukungan untuk membatalkan kenaikan 15 persen dari SPP tahun sebelumnya.

…dst

23 ) Dosen PT BHMN Sebaiknya Dikelola Pusat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/13280523/Dosen.PT.BHMN.Sebaiknya.Dikelola.Pusat

Rabu, 1 Agustus 2012 | 13:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan masukan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar tata kelola dosen diatur secara terpusat. Khususnya, dosen-dosen yang bertugas di tujuh perguruan tinggi berstatus Badan Hukum Milik Negara. Menurutnya, dosen-dosen di PT BHMN seharusnya berada di bawah Kemdikbud. Tata kelola dosen yang terpusat, menurut Sultan, akan memberikan banyak pengaruh pada pelaksanaan pendidikan tinggi di Indonesia. Pasalnya, kebijakan itu nantinya akan memberi wewenang penuh pada Kemdikbud untuk mendistribusikan dosen antar daerah.”Menurut saya dosen agar ditarik ke pusat. Khususnya dosen di tujuh PT BHMN agar ada keseimbangan kampus antara di Jawa dan luar Jawa, khususnya di timur Indonesia,” kata Sri Sultan, saat ditemui Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (31/7/2012). Sesuai aturan, status seluruh dosen yang mengajar di tujuh PT BHMN bukan dosen yang berstatus pegawai negeri sipil, melainkan pegawai universitas. Hal itu merupakan implikasi dari hidupnya semangat otonomi kampus di PT BHMN.

…dst

24 ) USU Umumkan Hasil UMB-PT
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/08/01/66328/usu_umumkan_hasil_umbpt/#.UBlJrqDdZ6E

01 Agustus 2012
Medan, (Analisa). Universitas Sumatera Utara (USU) mengumumkan hasil ujian tertulis seleksi Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) 2012, Selasa (31/7) petang.
Pengumuman itu dipublikasikan mulai pukul 18.00 WIB di situs universitas ini, yaitu www.usu.ac.id, situs Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Pusat, www.penerimaan.or.id, dan papan pengumuman di kantor Panitia Ujian Masuk Lokal (PUML) USU, Kampus USU Padang Bulan. Demikian disampaikan Kepala Humas USU, Bisru Hafi SSos Msi, kepada wartawan, kemarin. Berdasarkan data tertulis yang diterima Analisa, kemarin, USU menerima sebanyak 2.930 mahasiswa baru melalui jalur ujian ini. Mereka terdiri dari program sarjana (S-1) jalur reguler dan mandiri. Program studi dengan jumlah penerimaan tertinggi adalah Prodi Ilmu Hukum dengan 263 mahasiswa baru, Ilmu Kesehatan Masyarakat (262), Akuntansi (158), Manajemen (156), dan Pendidikan Kedokteran (121). Sementara, prodi dengan jumlah penerimaan paling minim umumnya adalah prodi di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB), yaitu Sastra Batak (15), Sastra Melayu (16), Sastra Arab (20), dan Etnomusikologi (25).

…dst

25 ) Rp 675 Miliar untuk Pendidikan Gratis di DKI Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/01/14533740/Rp.675.Miliar.untuk.Pendidikan.Gratis.di.DKI.Jakarta

Rabu, 1 Agustus 2012 | 14:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana untuk pendidikan gratis sebesar Rp 675 miliar. Dana tersebut akan diberikan mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA untuk membiayai anggaran biaya investasi dan operasional sekolah. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan anggaran tersebut akan diberikan pada sekolah negeri sebesar Rp 304 miliar dan sekolah yang dikelola swasta sebesar Rp 352 miliar. Sisanya, digunakan untuk tunjangan tambahan bagi guru honor yaitu sebanyak Rp 18 miliar. “Tunjangan itu dibagi untuk 11 ribu orang. Jadi, ada tambahan tunjangan sebesar Rp 400 ribu per bulan,” ujar Taufik, seusai menyerahkan kartu gratis sekolah 12 Tahun di SMKN 13 Rawabelong, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (1/8/2012).

…dst

26 ) SBY Kecewa dengan Kualitas Guru
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/31/079420465/SBY-Kecewa-dengan-Kualitas-Guru

01 Agustus 2012
TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono kecewa dengan kualitas yang dimiliki oleh para guru di Tanah Air. “Dari 285 ribu guru yang ikut uji kompetensi, ternyata 42,25 persen masih di bawah rata-rata kita,” kata SBY seusai sidang kabinet terbatas di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa, 31 Juli 2012. Kepala Negara meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk serius meningkatkan kompetensi guru. Jika guru mempunyai kompetensi yang mumpuni, maka anak didik bisa mendapatkan pengajaran yang lebih baik. Menurut Presiden SBY, wajar kalau pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru. “Gaji, tunjangan, ini dibenarkan, karena guru punya peran dan tugas amat penting untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan,” ujarnya. Namun, meningkatkan kemampuan para pendidik juga harus diutamakan.

…dst