1 ) Bidikmisi untuk PTS Tak Dibatalkan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/551

08/02/2012
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan bahwa program beasiswa Bidikmisi untuk perguruan tinggi swasta (PTS) yang tahun ini baru pertama kali diadakan, dan rencananya akan diberikan semester tahun ini ditunda, bukan dibatalkan. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Illah Sailah, menyampaikan, Kemdikbud masih terus berupaya agar Kementerian Keuangan segera mencabut tanda bintang pada pos anggaran beasiswa siswa miskin dalam APBN-Perubahan 2012. “Ini kesalahpahaman dalam membuat berita saja. Saya tidak pernah mengatakan bahwa beasiswa Bidikmisi untuk PTS dibatalkan, tetapi ditangguhkan dulu. Oleh karena itu kami sekarang ini justru sedang mencari sumber dana lain. Kalau tidak dari APBN-P, barangkali dari program yang bisa diefisiensikan,” kata Illa ketika ditemui seusai rapat di Gedung C lantai 7, Senayan Jakarta, (1/8). Sampai saat ini jumlah penerima beasiswa Bidikmisi sudah mencapai 92 ribu orang. Pada awal dicanangkan tahun 2010, penerima beasiswa Bidikmisi sebanyak 20 ribu orang. Setahun berikutnya bertambah menjadi 30 ribu, dan tahun ini penerimanya adalah 42 ribu orang.

…dst

2 ) Program Bidik Misi untuk PTS Tetap Berlanjut
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/02/337634/293/14/Program-Bidik-Misi-untuk-PTS-Tetap-Berlanjut

Kamis, 02 Agustus 2012 00:08 WIB
JAKARTA–MICOM: Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Illa Sailah menegaskan program Bidik Misi untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan tetap berjalan. “Jadi program bidik misi untuk 2.000 mahasiswa PTS tidak dibatalkan, namun ditangguhkan,” kata Illah Sailah kepada wartawan di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (1/8). Ia menegaskan hal itu terkait munculnya pendapat bahwa bidik misi untuk PTS dibatalkan. Padahal program itu hanya ditangguhkan. Kini pihaknya berupaya agar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat mengubah tanda bintang pada pos anggaran beasiswa siswa miskin dalam APBN-Perubahan 2012. Menurut Illah, menyusul harga BBM yang batal naik Kemenkeu menunda dulu distribusi beasiswa, sampai kondisi keuangan negara memungkinkan. Seperti diketahui, beasiswa bidik misi akan diberikan pada 2.000 mahasiswa miskin di PTS sebagai kompensasi kenaikan harga BBM. Pemberian beasiswa bidik misi itu bagi PTS merupakan yang pertama kali dan dianggarkan senilai Rp12 miliar. Jika dibagi, setiap mahasiswa mendapat suntikan dana Rp6 juta untuk satu semester atau Rp1 juta setiap bulan.

…dst

3 ) 2015 Alokasi Anggaran Bidik Misi 20 Persen
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/01/337531/293/14/2015-Alokasi-Anggaran-Bidik-Misi-20-Persen

Rabu, 01 Agustus 2012 23:42 WIB
SOLO–MICOM: Alokasi anggaran untuk program bidik misi ditargetkan bisa mencapai 20% pada 2015. Dengan begitu, jumlah calon mahasiswa dari keluarga miskin yang bisa diserap perguruan tinggi menjadi lebih banyak. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haris Iskandar mengatakan itu di di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/8). “Sekarang ini baru 80 ribu mahasiswa. Pada 2015 diharapkan bisa sampai 110 ribu mahasiswa,” katanya seusai memberikan sosilisasi Undang-Undang Pendidikan Tinggi kepada para rektor dan pejabat sejumlah perguruan tinggi di wilayah Solo Raya itu. Tahun depan, menurut Haris, program bidik misi juga akan diberlakukan pada perguruan tinggi swasta (PTS). Namun, dia tidak menyebutkan berapa jatah untuk masing-masing PTS. “Itu sedang direncanakan,” katanya.

…dst

4 ) RUU PENDIDIKAN TINGGI
Uji Materi ke MK Dipersilakan
http://cetak.kompas.com/read/2012/08/02/03143735/uji.materi.ke.mk.dipersilakan

02 Agustus 2012
Solo, Kompas – Keinginan sejumlah pihak untuk mengajukan uji materi terhadap Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang akan segera disahkan menjadi Undang-undang Pendidikan Tinggi ini tidak akan dihalang-halangi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersilakan siapa saja yang ingin mengajukan uji materi terhadap undang-undang itu kelak. Hal ini dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar seusai Sosialisasi Undang-undang Pendidikan Tinggi di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Rabu (1/8). Acara ini juga dihadiri separa rektor perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Solo dan sekitarnya. “Boleh-boleh saja, silakan. Tetapi apa benar ada pro dan kontra, barangkali karena belum paham. Justru kegiatan sosialisasi ini untuk memberi pemahaman mengenai RUU (rancangan undang-undang) yang akan disahkan ini. RUU ini justru merupakan rahmat bagi banyak pihak,” kata Harris. Menurut Harris, RUU Pendidikan Tingi (PT) ini sebenarnya bukan sekadar pengganti Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang dicabut Mahkamah Konstitusi (MK). Ia mengatakan, RUU Pendidikan Tinggi disusun sebagai amanat dari Pasal 31 Ayat (5) UU Sistem Pendidikan Nasional, yakni pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

…dst

5 ) Legislator minta pemerintah penuhi janji biaya PTN murah
http://www.antaranews.com/berita/325083/legislator-minta-pemerintah-penuhi-janji-biaya-ptn-murah

Rabu, 1 Agustus 2012 22:55 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Rohmani meminta pemerintah memenuhi janjinya untuk menjadikan biaya pendidikan tinggi negeri lebih murah. “Sejak adanya Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (BPH) biaya pendidikan tinggi negeri menjadi mahal dan tidak terkontrol, meski akhirnya dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi,” katanya di Jakarta, Rabu. Menurut legislator yang membidangi masalah pendidikan, kebudayaan, olahraga dan pariwisata itu, seharusnya dengan disahkannya undang-undang pendidikan tinggi maka biayanya lebih murah. “Tidak seperti saat ini banyak anggota masyarakat yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri,” katanya. Untuk itu Rohmani meminta pemerintah konsisten terhadap janjinya yang akan membuat murah biaya pendidikan tinggi negeri. Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kata dia, sudah mengatakan hal tersebut kepada masyarakat. “Semoga hal tersebut tidak sekadar janji untuk meredam penolakan terhadap disahkannya undang-undang pendidikan tinggi,” katanya.

…dst

6 ) LIPI Masuk 100 Lembaga Riset Terbaik Dunia
http://sains.kompas.com/read/2012/08/02/16250642/LIPI.Masuk.100.Lembaga.Riset.Terbaik.Dunia

Kamis, 2 Agustus 2012 | 16:25 WIB
JOHANNESBURG, KOMPAS.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masuk dalam daftar 100 besar lembaga riset terbaik versi Webometrics. LIPI masuk di urutan 99 di antara 7532 lembaga riset lain yang ada di dunia. Peringkat yang diraih LIPI adalah hasil pemeringkatan Webometrics yang dipublikasikan pada bulan Juli 2012 ini. Situs tersebut memublikasikan pemeringkatan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli. Pemeringkatan Webometrics disusun berdasarkan 4 kategori penilaian, yakni Size, Visibility, Rich Files serta Scholar. Kategori Size, berbobot 10 persen, menilai berdasarkan jumlah laman yang bisa diakses lewat search engine. Visibilitas melihat tautan ke situs lembaga riset tersebut (50 persen). Rich Files dilihat dari file tipe pdf, doc, ppt dan ps yang bisa diakses (10 persen). Scholar dilihat dari paper yang terindeks di Google Scholar, berbobot 30 persen.

…dst

7 ) UGM Peringkat Pertama Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/02/17412149/UGM.Peringkat.Pertama.Indonesia.

Kamis, 2 Agustus 2012 | 17:41 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada kembali menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics. Menurut pengumuman yang dirilis pada akhir Juli 2012, UGM berada di peringkat kesembilan dalam daftar 100 besar perguruan tinggi (PT) terbaik di Asia Tenggara dan peringkat ke-379 dunia. Menanggapi hasil peringkat UGM yang dirilis Webometrics, Kepala Humas UGM Wijayanti, SIP, MSc, mengatakan, peringkat yang dicapai UGM tersebut sebagai salah satu parameter untuk mengukur capaian dari upaya yang telah dilakukan UGM selama ini. “Artinya, penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi menggunakan laman (website) UGM semakin membudaya,” kata Wijayanti kepada wartawan, Kamis (2/8/2012). Dengan bandwith sebesar 250 mbps yang disediakan oleh PPTIK UGM, tambahnya, civitas akademika mempunyai keleluasaan untuk mengunggah karya-karyanya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

…dst

8 ) Rektor UI Diminta Cabut Surat Pemberhentian Dekan
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/02/079420997/Rektor-UI-Diminta-Cabut-Surat-Pemberhentian-Dekan

Kamis, 02 Agustus 2012 | 17:44 WIB
TEMPO.CO, Depok – Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri pada Jumat, 3 Agustus 2012 akan mencabut surat pemberhentian atas sejumlah Dekan UI. Hal itu sesuai dengan hasil rapat koordinasi Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) dengan Tim Transisi UI hari ini. “Tadi sudah rapat, MWA sudah meminta rektor untuk mencabutnya,” kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya UI Bambang Wibawarta usai menghadiri rapat tersebut, Kamis, 2 Agustus 2012. Sebelumnya, Gumilar telah memberhentikan sembilan dekan di lingkungan UI yang masa jabatannya diperpanjang. Pemberhentian itu dilakukan atas surat dari Majelis Wali Amanat. Majelis Wali Amanat meminta rektor melakukan proses pemilihan dekan baru pada setiap fakultas yang dekannya sudah selesai masa jabatannya. “Tadi sudah disepakati, keputusan itu salah dan harus dicabut,” kata Bambang.

…dst

9 ) UI: Pemberhentian Dekan Sah, Jangan Dibesar-besarkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/02/12301417/UI.Pemberhentian.Dekan.Sah.Jangan.Dibesar-besarkan

Kamis, 2 Agustus 2012 | 12:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Siane Indriani mengimbau agar semua pihak tidak membesar-besarkan langkah Rektor UI Gumilar R Somantri memberhentikan tujuh dekan fakultas dan satu kepala program pascasarjana di UI. Pasalnya, pemberhentian itu tidak melanggar dan sesuai dengan aturan yang ada.
“Jangan dibesar-besarkan. Pemberhentian itu sah secara aturan dalam kelembagaan,” kata Siane kepada Kompas.com, Kamis (2/8/2012) di Jakarta. Dia menjelaskan, mereka yang diberhentikan telah habis masa jabatannya pada 30 dan 31 Juli 2012. Atas dasar itu, Rektor UI kemudian memberhentikan tujuh dekan dan satu kepala program pascasarjana pada 31 Juli 2012. Untuk sementara, posisi para dekan itu digantikan oleh para wakil dekan sampai dekan selanjutnya dipilih oleh rektor UI yang baru. “Masa jabatan dekan itu sudah habis, sah saja jika Rektor memberhentikan. Itu pun bukan alasan pribadi, melainkan ada masukan dari Majelis Wali Amanat. Secara lembaga, bawahan harus menaati keputusan atasannya,” pungkasnya.

…dst

10 ) 9 Dekan Nyatakan Mosi Tak Percaya terhadap Rektor UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/02/12161065/9.Dekan.Nyatakan.Mosi.Tak.Percaya.terhadap.Rektor.UI

Kamis, 2 Agustus 2012 | 12:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sembilan dekan fakultas di Universitas Indonesia (UI) menandatangani mosi tidak percaya terhadap Rektor UI Gumilar Soemantri, Jumat (31/8/2012), menyusul pemberhentian sejumlah dekan yang dinilai dilakukan secara sepihak. Mosi dikirimkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dengan permintaan untuk mengganti Gumilar per 1 Agustus dan menggantinya dengan Wakil Rektor Bidang I. Kesembilan dekan yang menandatangani mosi tidak percaya itu adalah Dekan Fakultas Kedokteran Ratna Sitompul, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Bambang Irawan, Dekan Fakultas MIPA Adi Basukriadi, Dekan Fakultas Teknik Bambang Sugiarto, Dekan Fakultas Psikologi Wilman Dahlan Mansoer, Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Bambang Wibawarta, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bambang Shergi Laksmono, Dekan Fakutas Kesehatan Masyarakat Bambang Wispriyono, dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer T. Basaruddin. Dari kesembilan dekan yang menandatanganinya, tujuh di antaranya adalah dekan yang diberhentikan oleh Gumilar. Kompas.com masih mengusahakan keterangan dari para dekan yang menandatangani mosi ini.

…dst

11 ) Gumilar Berhentikan Tujuh Dekan di UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/02/11342371/Gumilar.Berhentikan.Tujuh.Dekan.di.UI

Kamis, 2 Agustus 2012 | 11:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak delapan orang pejabat di lingkungan Universitas Indonesia (UI) diberhentikan oleh Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri. Mereka adalah tujuh orang dekan dan seorang kepala program pascasarjana. Informasi mengenai pemberhentikan delapan dekan ini dari surat elektronik dari Pelita UI atau organisasi perempuan lintas fakultas di UI. Dalam surat elektronik tersebut disebutkan, tujuh dekan yang diberhentikan adalah Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Bambang Wibawarta), Dekan fakultas Teknik (Bambang Sugiarto), Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (Bambang Wispriyono), Dekan fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (Adi Basukriadi), Dekan fakultas Kedokteran Gigi (Bambang Irawan), Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan (Dewi Irawaty), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Bambang Shergi Laksmono) dan Ketua Program Pascasarjana (Chandra Wijaya).

…dst

12 ) Konflik UI, Mahasiswa Terjepit di Tengah
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/02/079420961/Konflik-UI-Mahasiswa-Terjepit-di-Tengah

Kamis, 02 Agustus 2012 | 15:52 WIB
TEMPO.CO, Depok – Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Faldo Maldini menilai konflik di kampusnya semakin parah akibat sikap tidak produktif dari kedua kubu yang berseteru. Dia mengaku amat prihatin melihat suasana di kampusnya saat ini. “Sudah kacau dan parah,” kata Faldo usai rapat Majelis Wali Amanat (MWA) UI yang baru saja digelar, Kamis siang, 2 Agustus 2012. Menurut Faldo, MWA tidak sepatutnya mendorong Rektor UI mengadakan pemilihan untuk mengganti sejumlah dekan yang habis masa jabatannya. “Ini kesalahan interpretasi atas administrasi pengelolaan kampus,” katanya. Pergantian dekan, menurut Faldo, adalah kewenangan Rektor, bukan urusan MWA. Tapi di sisi lain, Faldo juga menyayangkan sikap sejumlah dekan yang menolak diberhentikan dan mengajukan mosi tak percaya kepada rektor. “Para dekan itu reaktif dan tidak etis,” kritiknya tajam.

…dst

13 ) Mahasiswa IPB bina anak pemulung
http://www.antaranews.com/berita/325286/mahasiswa-ipb-bina-anak-pemulung

Kamis, 2 Agustus 2012 20:54 WIB
Bogor (ANTARA News) – Sebanyak 26 mahasiswa tingkat persiapan bersama (TPB) IPB membina anak-anak pemulung di Desa Cibanteng, Kabupaten Bogor. “Anak-anak tersebut dibina melalui kegiatan Sanggar Didik Impian (SDI) yang terpusat di Majelis Talim Al Hidayah Kebon Kopi RT01/RW02 Desa Cibanteng, Kecamatan Dramaga,” kata Luqman Setiadi, mahasiswa pengajar SDI di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Lukman bersama pengajar di SDI berharap dengan didirikannya sanggar itu akan dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa pada kondisi sosial di sekelilingnya. “Siswa dan masyarakat perlu didorong akan pentingnya pendidikan pada masa depan, selain mengajarkan mereka untuk mencintai ilmu pengetahuan,” katanya. Menurut Lukman, ada pengalaman lucu saat pertama kali mengajar di SDI. Ia sempat diidolakan oleh anak muridnya yang berumur 4–5 tahun itu. “Baju saya hampir sobek ditarik-tarik mereka,” katanya. Ia menjelaskan bahwa anak-anak Desa Cibanteng itu dapat memperoleh ilmu dengan gratis dari mahasiswa IPB yang dengan penuh pengabdian rela berbagi ilmu untuk salah satu desa lingkar kampus ini. Sanggar Didik Impian, kata dia, adalah sebuah nama yang unik dan dipilih oleh kelompok mahasiswa sebagai label untuk kegiatan belajar mengajar yang mulai aktif sejak 28 Oktober 2011.

…dst

14 ) UAD Ganjar Mahasiswa Rp20 Juta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/516204/

Thursday, 02 August 2012
YOGYAKARTA– Sebanyak 49 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memperoleh tali asih dari manajemen UAD atas prestasinya mengharumkan nama kampus.Tali asih yang diberikan berupa uang pembinaan dengan total Rp20 juta. “Nilai dari uang yang kami berikan mungkin tidak seberapa. Namun ini menjadi bentuk penghargaan kami terhadap prestasi yang telah mereka raih selama ini,” kata Rektor UAD Kasiyarno belum lama ini. Puluhan mahasiswa tersebut telah mempersembahkan banyak medali bagi UAD. Antara lain medali emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 belum lama ini,kejuaraan robot nasional, kewirausahaan dan sejumlah cabang kompetisi olahraga seperti tapak suci. “UAD sudah sekian lama memiliki tradisi juara.Tahun 2012 target mutu kami adalah menjuarai 10 kejuaraan nasional dan satu kejuaraan.Ternyata target tersebut terlampaui sangat jauh,”kata Kasiyarno bangga.

…dst

15 ) Mahasiswa Udinus Menangi Lomba Internasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/02/194651/Mahasiswa-Udinus-Menangi-Lomba-Internasional

02 Agustus 2012
SEMARANG – Di tengah gencarnya pencarian sumber energi alternatif, Satria Pinandita, mahasiswa Teknik Elektro Udinus berhasil menemukan baterai ”energi hijau” berbahan dasar tanah lempung (tanah liat). Baterai ini bisa memberikan alternatif penyelesaian masalah keterbatasan sumber energi yang saat ini dirasakan semakin mendesak. Karena bahan dasarnya berupa tanah liat yang mudah didapat di mana-mana, sedangkan elektrodanya dari logam seng dan tembaga, maka baterai ini sangat ramah lingkungan dan bisa dengan mudah dirakit dengan biaya sangat murah. Baterai ini mampu menghasilkan daya sebesar 2 mWatt per sel (tegangan 1 Volt, arus 2 mAmpere). Dengan menyusun baterai secara seri-paralel bisa dihasilkan tegangan dan arus sesuai yang diinginkan. Sebagai contoh untuk mengisi baterai telepon selular, bisa dilakukan dengan merangkai secara seri dan paralel dari 10 sel baterai atau lebih (tergantung kapasitas arus pengisian yang diinginkan).

…dst

16 ) Universitas Brawijaya Tetap Berlakukan SPP Progresif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/02/15155779/Universitas.Brawijaya.Tetap.Berlakukan.SPP.Progresif

Kamis, 2 Agustus 2012 | 15:15 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Universitas Brawijaya tetap akan memberlakukan sumbangan pembinaan pendidikan progresif (SPP Progresif) untuk mahasiswa “tua”. Dengan demikian, kebijakan ini bisa mendorong angka kelulusan mahasiswa lama yang belum lulus hingga saat ini.Pembantu Rektor 3 Universitas Brawijaya Ainurrasyid menjelaskan, keputusan SPP Progresif tidak bisa diganggu gugat. Apalagi, SK sudah diteken Rektor UB Yogi Sugito sejak tahun 2006. Ainurrasyid mengatakan, total mahasiswa tua yang belum lulus diperkirakan Ainurrayid mencapai 1.000 mahasiswa. Besaran SPP mereka Rp 500.000 hingga Rp 900.000 per semester. “Naik 15 persen. (Mereka) menginjak tahun ketujuh, kalau tetap tidak lulus langsung kami DO (drop out),” tegasnya di Gedung Rektorat, Rabu (2/8/2012). Namun, dia menyampaikan koreksi bahwa pemberlakuan bukan ditujukan kepada angkatan 2008 yang baru empat tahun berada di kampus. SPP progresif diberlakukan bagi mahasiswa angkatan 2006 yang sudah memasuki tahun ketujuh di kampus.

…dst

17 ) Unpad Terima 9000 Mahasiswa Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/02/m83qz2-unpad-terima-9000-mahasiswa-baru

Kamis, 02 Agustus 2012, 07:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG–Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun 2012 yang diselenggarakan di Stadion Jati Padjadjaran, Kampus Jatinangor diikuti oleh 9000 mahasiswa baru. Mahasiswa baru tersebut terdiri dari berbagai strata, mulai dari Pascasarjana, Pendidikan Spesialis dan Profesi, Program Sarjana serta Program Diploma. Rektor Unpad, Ganjar Kurnia, dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam penerimaan ini termasuk didalamnya adalah mahasiswa bidik misi. “Dalam tiga tahun terakhir, Unpad menerima 500, 700, dan 900 orang mahasiswa yang masuk ke dalam kelompok ini. Selain pembebasan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan, mereka akan pula mendapatkan beasiswa dari negara sebesar Rp.600.000 per bulan”,terangnya. Menurutnya program bidik misi ini merupakan program Dikti sejak tiga tahun lalu. “Tujuannya adalah meningkatkan aksesibilitas bagi mereka yang secara ekonomis kurang mampu tetapi memiliki kemampuan akademis tinggi”,imbuhnya.

…dst

18 ) 6.274 Mahasiswa Kuliah S-1 di USU
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/02/373/672108/6-274-mahasiswa-kuliah-s-1-di-usu

Kamis, 02 Agustus 2012 10:08 wib
MEDAN – Sebanyak 2.930 dari 11.542 peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB PTN) dinyatakan lulus ke Universitas Sumatera Utara (USU). Jumlah ini ditambah dengan siswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 3.344 orang. Dengan penambahan ini, jumlah mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di USU untuk tahun ajaran baru 2012/2013 sebanyak 6.274 orang untuk pendidikan sarjana baik regular maupun mandiri. “Itu belum ditambah untuk jalur diploma yang pendaftarannya sudah kami buka sejak hari ini,” ucap Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi di Medan, kemarin. Bisru menyatakan, sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), USU menjaring mahasiswa baru melalui jalur nasional sebanyak 60 persen dan 40 persen melalui jalur lokal. Sementara untuk program diploma akan ditampung sebanyak 2.920 orang melalui penerimaan lokal. “Khusus program diploma kami bentuk panitia tersendiri, tidak seperti S-1. Untuk itu sistem pendaftarannya kami berlakukan secara manual, seperti biasanya,” kata Bisru.

…dst

19 ) Tes Seleksi CPNS 2012 Bakal Digelar Serentak
http://news.detik.com/read/2012/08/02/161259/1981645/10/tes-seleksi-cpns-2012-bakal-digelar-serentak?n990102mainnews

Kamis, 02/08/2012 16:12 WIB
Jakarta Sejumlah lembaga negara dan kementerian membuka lowongan calon pegawai negeri sipil untuk tahun 2012. Nah, rencananya tes seleksi CPNS bakal digelar serentak. “Jadinya serentak. Tadi kita sudah berkumpul membicarakan ini,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Azwar Abubakar, di kantornya Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (2/8/2012). Terkait ada tidaknya perubahan jadwal tes seleksi CPNS, Azwar masih belum dapat memastikan. Sebab penyelenggaraan tes terkait dengan pencetakan kertas soal ujian. “Kalau soal perubahan nggak tahu apakah ujiannya September awal atau bergeser sedikit. Karena ini tadi saya dengar masih belum ditentukan siapa yang akan cetak soal. Biarkan tender yang mengurus mencetak,” sambung Azwar. Dia menegaskan saat ini masih menunggu keputusan siapa yang akan mencetak soal. “Juga mencetaknya di mana. Biar tidak bocor soalnya,” ucap Azwar.

…dst

20 ) PNS Dilarang Tambah Libur di Luar Cuti Bersama
http://www.jpnn.com/read/2012/08/02/135653/PNS-Dilarang-Tambah-Libur-di-Luar-Cuti-Bersama-

02 Agustus 2012
JAKARTA–Dua minggu menjelang Lebaran Idul Fitri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) kembali memberikan warning kepada pimpinan instansi baik pusat maupun daerah untuk memperhatikan kinerja pegawainya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah selalu menetapkan cuti bersama dua hari di luar libur Lebaran Idul Fitri. “Mohon pimpinan instansi tegas dengan penegakan disiplin PNS saat jelang dan pascalebaran Idul Fitri. Jangan sampai PNS menambah-nambah libur di luar waktu yang ditetapkan pemerintah, utamakan pelayanan kepada masyarakat” kata Sekretaris KemPAN&RB Tasdik Kinanto yang dihubungi, Kamis (2/8). Bagi PNS yang akan mengambil hak cutinya di luar cuti bersama, Tasdik mewanti-wanti agar pimpinan instansi jangan kebablasan. Artinya, harus diperhitungkan dengan tepat berapa pegawai yang diberi hak cutinya dan tidak. Apalagi di instansi-instansi yang bersentuhan dengan layanan publik seperti rumah sakit. “Pegawai rumah sakit jangan sampai lebih banyak yang ambil cutinya daripada yang masuk. Pimpinan instansi harus memperbanyak pegawai yang masuk daripada cuti. Minimal 60 persen pegawai harus masuk. Sebab, orang sakit tidak mengenal waktu libur atau tidak,” terangnya.

…dst