1 ) Penerima Bidikmisi Dijaring Sejak SD
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/555

08/06/2012
Yogyakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, saat ini kementerian sedang memantapkan sistem bantuan siswa miskin (BSM) terintegrasi. Sistem ini akan memuat data siswa miskin sejak SD, dan memungkinkan data siswa penerima BSM bisa dipakai hingga ke perguruan tinggi untuk penerima Bidikmisi. “Dengan sistem tersebut, adik-adik kita di SD punya kepastian dan tidak perlu putus sekolah,” demikian disampaikan Mendikbud di Yogyakarta, Minggu (5/08). Mendikbud mengatakan, sistem BSM terintegrasi akan mulai diterapkan pada tahun 2013 mendatang. Selain itu, sistem ini juga akan dikawinkan dengan program keluarga harapan (PKH). “Kalau data-data ini terintegrasi, kita tidak perlu susah-susah mencarinya saat dibutuhkan,” tuturnya.

…dst

2 ) Kuota Bidikmisi Tahun 2013 Ditingkatkan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/554

08/06/2012
Yogyakarta — Sebaran penerima beasiswa pendidikan untuk siswa miskin berprestasi (Bidikmisi) harus didorong hingga ke daerah. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan sosialisasi berkesinambungan ke sekolah-sekolah di daerah.”Jangan sampai kelompok di perkotaan saja yang mendapatkan kesempatan. Karena yang tahu informasinya hanya di perkotaan,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, usai bersilaturahmi dengan civitas akademika SMP/SMA Al-Ma’arif, Pajeksan, Yogyakarta, Minggu (5/08). Dengan disahkannya undang-undang pendidikan tinggi, kata Menteri Nuh, maka payung hukum untuk membuka akses 20 persen bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu, dan daerah terluar, terdepan, dan tertinggal semakin kuat. Tahun 2012 ini, kuota pokok penerimaan Bidikmisi sebesar 30 ribu mahasiswa. Melalui APBN-P, kuota tersebut mendapat penambahan 12 ribu orang, menjadi 42 ribu, termasuk 2 ribu diantaranya untuk perguruan tinggi swasta (PTS).

…dst

3 ) Kuota Bidik Misi 2013 Digenjot Jadi 60 Ribu ~ Program Jalan Terus Meskipun Menteri dan Presiden Berganti
http://www.jpnn.com/read/2012/08/06/135923/Kuota-Bidik-Misi-2013-Digenjot-Jadi-60-Ribu-

06 August 2012
YOGYAKARTA – Meski sistem pencairan beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) masih bolong-bolong, tahun depan pemerintah berniat menambah kuotanya. Tahun depan pemerintah menarget kuota Bidik Misi naik antara 50 ribu hingga 60 ribu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini masih menghitung ulang penganggaran untuk penambahan kuota Bidik Misi tadi. “Kenaikan ini sudah menjadi instruksi presiden waktu rapat di tempat kita (Kemendikbud). Insya Allah terwujud,” ujar Mendikbud Mohammad Nuh saat safari Ramadan di komplek Al Ma”arif Yogyakarta, Minggu (5/8). Nuh menjelaskan kuota pokok Bidik Misi tahun ini adalah 30 ribu. Dalam pengajuan APBN-P 2012 Kemendikbud meminta tambahan kuota Bidik Misi sebanyak 12 ribu. Dengan demikian kuota Bidik Misi 2012 sebanyak 42 ribu. Termasuk 2 ribu di antaranya dialokasikan untuk PTS. “Naikknya harus signifikan. Kalau cuma naik satu persen, bukan naik namanya,” ujar dia. Nuh juga menegaskan bahwa program Bidik Misi ini program jangka panjang. Tidak boleh berhenti pada 2013, 2014, dan tahun-tahun berikutnya. Meskipun menteri atau presidennya ganti, Nuh mengatakan Bidik Misi tetap jalan. Jika nanti Bidik Misi dihentikan berarti melanggar amanah UU Pendidikan Tinggi (Dikti).

…dst

4 ) Beasiswa Bidik Misi PTS Terancam Gagal
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/517215/

Monday, 06 August 2012
JAKARTA – Program pemberian beasiswa Bidik Misi untuk PerguruanTinggi Swasta (PTS) terancam gagal karena Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menangguhkan anggaran untuk beasiswa di APBN Perubahan 2012.
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Illa Sailah mengatakan, Kemenkeu masih memberikan tanda bintang pada pos anggaran tersebut karena pemerintah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Tanda bintang ini pun belum dapat ditentukan kapan akan dicabut karena masih menunggu kondisi keuangan negara yang stabil. Namun, Kemendikbud masih akan terus berupaya melakukan pendekatan dengan Kemenkeu untuk segera mencabut tanda bintang tersebut.Tidak hanya itu, Kemendikbud juga akan mencari pos anggaran lain jika memang beasiswa Bidik Misi PTS ini tidak jadi diturunkan.”Kami tetap akan mencari dana dari satker (satuan kerja) dulu. Bisa saja dari bunga dana abadi pendidikan. Namun,kami masih mencari celah dari dana satker itu,” papar Illa di Gedung Kemendikbud, Jakarta,kemarin.

…dst

5 ) Tawaran Bantuan Mengalir ke Siswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/06/13561226/Tawaran.Bantuan.Mengalir.ke.Siswa.Miskin

Senin, 6 Agustus 2012 | 13:56 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Sejumlah orang menawarkan bantuan kepada anak miskin dan anak jalanan yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Tujuh siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Mandiri Kota Depok, atau disebut Sekolah Master (masjid terminal), sebelumnya diberitakan kesulitan mengatasi biaya pendaftaran kuliah. Mereka sedang mencari solusi pembiayaan di kampus barunya atau ke mana saja yang bersedia membantu. “Ada seorang ibu dari Semarang menelpon, dia menawarkan tempat indekos di sana gratis. Ibu ini juga sedang membantu pengurusan bantuan keringanan biaya di Kampus Undip,” tutur Nurrohim, pembina PKBM Bina Insan Mandiri Kota Depok, Senin (6/8) di Depok. Tawaran bantuan juga datang dari seorang lelaki yang mengaku direksi sebuah bank. “Namanya Pak Gatot, dia minta kami mendata semua siswa yang lolos dan kesulitan biaya masuk. Dia akan memperjuangkan mendapat bantuan,” tutur Nurrohim.

…dst

6 ) Mereka Terganjal Biaya Masuk ke PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/06/08491116/Mereka.Terganjal.Biaya.Masuk.ke.PTN

Senin, 6 Agustus 2012 | 08:49 WIB
Tanpa banyak ingar- bingar, tujuh siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Insan Mandiri Kota Depok lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Mereka menjawab segala keterbatasan dengan rasa syukur dan hasil yang maksimal.Tujuh siswa yang mampu menembus perguruan tinggi negeri (PTN) itu adalah Alfis Syahrin (Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta/UNJ), Andika Ramadhan Febriansyah (Jurusan Sejarah UNJ), Bagus Pangke (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ), Dwi Wulansari (Jurusan Sastra Indonesia UNJ), Mohamad Irvan (Jurusan Sejarah Universitas Diponegoro), Muhammad Muar (Jurusan Manajemen Universitas Jenderal Soedirman), dan Prayudo (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ). Sebagian dari mereka adalah pengamen terminal, mantan buruh bangunan, anak sopir angkot, anak sopir taksi, dan anak tukang cuci pakaian.

…dst

7 ) Menteri Nuh Desak Kasus Joki UGM Ditindak Tegas
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/06/079421661/Menteri-Nuh-Desak-Kasus-Joki-UGM-Ditindak-Tegas

Senin, 06 Agustus 2012 | 12:05 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan praktek perjokian di Universitas Gadjah Mada harus ditindak tegas. “Pokoknya pelanggaran akademik ditindak tegas,” kata dia. Nuh mengatakan ini usai menghadiri acara buka bersama di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Ma’arif Kota Yogyakarta pada Ahad malam, 5 Agustus 2012. Meski demikian, ia enggan berkomentar banyak tentang kasus ini. Bahkan, ia sendiri tak menjelaskan terperinci pernyataan untuk menindak tegas itu ditujukan untuk siapa. “Tanya Rektor,” katanya singkat. Praktek perjokian di UGM terungkap pada hari pertama ujian masuk mahasiswa program internasional Fakultas Kedokteran, pertengahan Juli lalu. Mereka beroperasi dengan memodifikasi telepon seluler yang ditempelkan di bagian tubuh mereka.

…dst

8 ) Rektor Sementara UI Pejabat Kementerian Pendidikan
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/06/079421587/Rektor-Sementara-UI-Pejabat-Kementerian-Pendidikan

Senin, 06 Agustus 2012 | 05:00 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan pengganti sementara Rektor Universitas Indonesia Gumilar R. Somantri yang berakhir masa jabatannya pada 14 Agustus ini adalah pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Yang jelas, permintaan MWA (Majelis Wali Amanat) pejabat eselon I Kemendikbud,” katanya usai menghadiri acara buka puasa bersama di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Ma’arif Kota Yogyakarta, Minggu, 5 Agustus 2012 petang. “Perintahnya orang Dikbud,” kata M. Nuh, mempertegas kembali calon pengganti Gumilar. Sebuah situs www.anakui.com membuat polling atas sejumlah nama yang layak maju sebagai Rektor UI. Hingga Senin 6 Agustus 2012 dini hari, nama Anis Baswedan mendapat dukungan hingga 38 persen dari total 743 pemilih. Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding dukungan untuk Gumilar sebesar 5 persen. Nama lain yang disebut dalam polling itu adalah Purnawan Junadi mantan Direktur Pascasarjana UI, Chan Basarudin Dekan Fakuktas Ilmu Komputer UI, Bambang Sugiarto Dekan Fakultas Teknik UI, dan Bambang Wibawarta Dekan Fakultas Ilmu Budaya UI.

…dst

9 ) HUT RI, Anemon Unila “Upacara” Bawah Laut
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/06/373/673816/hut-ri-anemon-unila-upacara-bawah-laut

Senin, 06 Agustus 2012 13:32 wib
JAKARTA – Upacara bendera pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) sudah biasa kita lakukan setiap tahun. Tetapi, dalam rangka memeringati HUT RI ke-68, 17 Agustus mendatang, Klub Selam Anemon Universitas Lampung (Unila) akan merayakannya dengan cara yang berbeda. Anemon akan melakukan pengibaran dan penurunan sang saka Merah Putih di bawah laut. Aksi ini juga merupakan kegiatan kampanyekan pelestarian laut. “Kami juga ingin menunjukan bahwa ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di bawah laut,” ungkap Ketua Umum Anemon Faisal Rais, seperti dinukil dari laman Unila, Senin (6/8/2012). Faisal mengimbuh, penyelaman kali ini akan dilakukan di Pasir Timbul dekat Pulau Tegal, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Hingga saat ini, empat anggota Anemon siap mengikuti penyelaman tersebut, yakni Faisal Rais, Nopriyadi Ismail, Muchlis Aditya, dan Adi Ilhan. Para penyelam merupakan mahasiswa Jurusan Biologi Angkatan 2008.

…dst

10 ) MWA IPB Akan Gelar Pemilihan Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/06/13091626/MWA.IPB.Akan.Gelar.Pemilihan.Rektor

Senin, 6 Agustus 2012 | 13:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyetujui draf tata cara pemilihan Rektor IPB dan akan mencari pemimpin akademik profesional dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Persetujuan mengenai draf tata cara pemilihan rektor IPB tersebut dihasilkan melalui sidang paripurna MWA IPB pada Jumat (3/8/2012) lalu. Hal itu diungkapkan Ketua MWA IPB Prof Dr Muhammad Chozin, Senin (6/8/2012). Chozin menjelaskan, payung hukum MWA IPB adalah PP 154 Tahun 2000, sedangkan yang menjadi rujukan adalah Ketetapan MWA IPB Nomor 62 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Rektor IPB. “Pasal paling krusial dalam pembahasan pada rapat paripurna Jumat lalu adalah terkait dengan Pasal 11 yaitu tentang Tahap Penetapan Bakal Calon Rektor,” ujar Chozin. Rapat paripurna menyepakati secara umum proses pemilihan rektor dimulai dengan penjaringan Bakal Calon Rektor (BCR) IPB yang melibatkan sivitas akademika dan tenaga kependidikan IPB. Selanjutnya, diadakan seleksi administrasi Bakal Calon Rektor IPB dilakukan oleh Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB.

…dst

11 ) Menyusun Anggaran Pribadi ala Mahasiswa Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/06/10475628/Menyusun.Anggaran.Pribadi.ala.Mahasiswa.Baru

Senin, 6 Agustus 2012 | 10:47 WIB
KOMPAS.com – Jadi mahasiswa? Wah, tentu berbagai perasaan berkecamuk antara bahagia dan khawatir. Apalagi, Anda yang harus tinggal jauh dari orang tua. Segala urusan harus ditangani sendiri, mulai dari waktu hingga urusan keuangan. Urusan keuangan termasuk yang paling krusial. Anda harus menyesuaikan agar kiriman orang tua, dana beasiswa atau hasil jerih payah Anda melalui kerja sampingan tidak menguap begitu saja. Banyak mahasiswa baru tak tahu cara mengatur keuangan mereka dan hanya melakukan kebiasaan masing-masing atau yang dipelajari dari orang tua. Ada kata bijak mengungkapkan bahwa orang-orang dewasa merumuskan rencana dan mengikutinya sementara anak-anak melakukan apa yang mereka rasa enak. Jika Anda sudah berstatus mahasiswa sekarang dan berpikir bahwa Anda bisa lebih baik dengan uang yang Anda akan kelola, Anda harus serius membuat anggaran pribadi. Ingat, ini akan menjadi kebiasaan yang baik untuk sepanjang hidup Anda.

…dst

12 ) Beasiswa PhD Ini Khusus untuk Kandidat Asal Indonesia!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/06/11183697/Beasiswa.PhD.Ini.Khusus.untuk.Kandidat.Asal.Indonesia

Senin, 6 Agustus 2012 | 11:18 WIB
KOMPAS.com – Peluang besar terbuka bagi kandidat asal Indonesia, Anda yang berniat melanjutkan studi Doktoral (S-3) di luar negeri. Maastricht University memberikan kesempatan bagi 5 orang mahasiswa asal Indonesia untuk meneruskan studi S-3 Ilmu Sosial selama 4 tahun. Dengan berpusat di International Centre for Integrated assessment and Sustainable development (ICIS), Maastricht University, lima mahasiswa S-3 terpilih berpeluang terlibat dalam program penelitian “Social and economic effects of partnering for change in agricultural commodity chains: A Southern perspective.” Program penelitian ini merupakan kerja sama antara Universitas Maastricht (Belanda) dengan Universitas Lampung dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Program ini didanai oleh DIKTI Indonesia dan Akademi Seni dan Ilmu Pengetahuan Belanda. Tujuan dari program penelitian ini adalah menganalisis dampak sosial dan ekonomi kemitraan keberlanjutan sertifikasi global yang bertujuan untuk menghubungkan produksi pertanian bagi konsumsi Selatan Utara.

…dst

13 ) Tim Formula UGM Siap Ikut Lomba FSAE di Jepang
http://www.tribunnews.com/2012/08/06/tim-formula-ugm-siap-ikut-lomba-fsae-di-jepang

06 August 2012
TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Tim Formula UGM, Bimasakti, akan dilepas secara resmi oleh rektor UGM, Prof Dr Pratikno, Senin (6/8/2012) siang ini. Pelepasan akan dilakukan di Balairung rektorat UGM pada pukul 11.00 WIB. Tim Bimasakti akan segera bertolak ke Jepang guna mengikuti Lomba Formula Society of Automotive Engineer (FSAE) 2012. Kompetisi itu sendiri akan berlangsung di Jepang, 3 hingga 7 September 2012 mendatang. Sebelumnya, tim Bimasakti UGM telah dinyatakan lolos screening dokumen oleh panitia FSAE. Mereka pun siap kembali berlaga sebagai perwakilan dari Indonesia.

…dst

14 ) Mahasiswa Sulap Lumpur Lapindo Jadi Baterai
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/517078/

Monday, 06 August 2012
SEMARANG – Tim mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil menciptakan baterai berbahan baku lumpur Sidoarjo. Hasil rekayasa tersebut juga sempat membuat tiga mahasiswa Unnes yakni kata Aji Christian Bani Adam dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Umarudin dari FMIPA,Oki Prisnawan Dani dari Fakultas Ekonomi,dan Yoga Pratama dari Fakultas Ilmu Keolahragaan berhasil menyabet gelar juara II pada Kompetisi Technopreneurship 2012 yang diselenggarakan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) di Banten beberapa waktu lalu. Aji memaparkan mereka menciptakan baterai ini bermula ketika rasa keprihatinannya terhadap semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo yang terjadi sejak 2006.Hingga kini, semburan tak kunjung berhenti.

…dst

15 ) FK Undip Catat Prestasi di IMO 2012
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/517081/

Monday, 06 August 2012
SEMARANG – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih prestasi pada Indonesian Medical Olympiad (IMO) 2012 di FK Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, belum lama ini. Pada ajang tersebut, dua prestasi diperoleh yakni juara II pada lomba Kardiorespirasi dan juara III di lomba Gastroenterohepatologi. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengutarakan FK Undip mengirimkan sepuluh orang yang terbagi ke dalam lima tim. Mereka adalah David Hani Kartadi dan Ihsan Fadilah (cabang muskuloskeletal), Raras Rachmandiar dan Eko Budidharmaja (cabang gastroenterohepatologi), Samuel Raditya W dan Nida Hanifah N (cabang Kardiorespirasi), Rahmawati dan Firdawati (cabang Neurologi), serta Nur Ade Oktaviyanti dan Aisyah Nur Pratiwi (cabang urologi-reproduksi). “Ada dua tahapan lomba, yaitu babak penyisihan dan babak final,” paparnya kemarin. (susilo himawan)

…dst

16 ) Mahasiswa UII PPL di Australia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/517080/

Monday, 06 August 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) kembali akan mengirimkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (Prodi PBI FPSB) untuk praktik pengalaman lapangan (PPL) ke Australia. Pada tahun ini ada empat mahasiswa PBI FPSB yang terpilih untuk kegiatan tersebut yaitu, Ahmida Rizki Aulia, Nurrohman Syamsuri,Septa Pratama, dan Trie Lestari Handayani. Mereka bertolak ke Australia pada September mendatang. PPL ke Negeri Kanguru akan berlangsung selama dua pekan. Kaprodi PBI FPSB UII Nizamuddin Sadiq mengatakan program tersebut merupakan program unggulan Prodi PBI FPSB UII.

…dst

17 ) UKG Acuan Evaluasi Bagi LPTK
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/558

08/06/2012
Yogyakarta — Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap 1 telah selesai. Hingga hari Sabtu (4/08) lalu, sebanyak 460 ribu hasil UKG tersebut telah diketahui. Proses penilaian masih berlangsung hingga tanggal 12 Agustus 2012. “Masih ada satu minggu lagi, saya optimis masih bisa mencapai angka 700 ribu,” demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saat ditanya mengenai evaluasi UKG, di Yogyakarta, Minggu (5/08). UKG selain sebagai acuan pemetaan kompetensi guru, juga akan digunakan untuk melihat kualitas Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) yang merupakan produsen guru. Hasil UKG ini akan menjadi koreksi bagi semua LPTK baik negeri maupun swasta. “Nanti kita petakan semua, misalkan perguruan tinggi X, saya sampaikan, ini loh lulusan sampean nilainya seperti ini, jadi untuk koreksi sekalian,” ujarnya. Mendikbud menyatakan, perbaikan kompetensi merupakan pekerjaan besar. Tantangan harus dijalani dan kritik tidak akan pernah berhenti. “Tapi kita tidak boleh mundur. Murid saja diuji, apalagi gurunya. Jadi ada instrospeksi diri. Intinya, perbaikan tidak boleh berhenti,” kata Menteri Nuh.

…dst

18 ) Pengukuran Kinerja Guru Dilakukan Tahun Depan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/559

08/06/2012
Yogyakarta — Setelah Uji Kompetensi Guru (UKG) selesai dilaksanakan, pemerintah akan melanjutkan proses perbaikan kompetensi guru dengan pelatihan dan dibarengi dengan pengukuran kinerja guru. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Yogyakarta, Minggu (5/08).”UKG rampung bulan Oktober, tahun depan pelatihan-pelatihannya dimulai,” kata Menteri Nuh. UKG merupakan ujian multi objective. Selain ingin mengetahui kompetensi profesionalitas, juga untuk mengetahui apakah pedagogik dalam pengajaran yang dilakukan berjalan dengan baik atau tidak. “Melalui UKG, kita ingin mengetahui sumurnya para guru ini ada isinya apa tidak. Itu yang kita uji melalui uji kompetensi profesionalnya. Kalau ada airnya, pompanya jalan apa tidak? Pedagogiknya jalan apa tidak?” kata Mendikbud.

…dst

19 ) Gagal Lulus Uji Kompetensi Awal
32 Ribu Guru Ikuti Diklat
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/06/338599/293/14/32-Ribu-Guru-Ikuti-Diklat

Senin, 06 Agustus 2012 05:29 WIB
JAKARTA–MICOM: Sekitar 32 ribu guru yang tidak lulus pada Uji Kompetensi Awal (UKA) sedang menjalani diklat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun, tidak semuanya dapat mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengambang Sumber Daya Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan, Kemendikbud, Unifah Rosyidi, di Jakarta, Minggu (5/8) ,mengungkapkan jika peserta memenuhi standar nilai yang ditentukan pada diklat, mereka dapat langsung mengikuti PLPG 2013. Namun, mereka yang tidak lulus wajib mengikuti UKA kembali di tahun 2013. UKA merupakan tahapan yang harus diikuti semua calon peserta sertifikasi guru 2012 yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar dan profesionalisme guru yang akan mendapatkan sertifikasi. Bagi calon peserta sertifikasi guru yang lolos dalam UKA, dapat mengikuti PLPG. Di akhir PLPG, peserta akan diberikan uji kompetensi akhir, yang menentukan lulus tidaknya guru mendapatkan sertifikat pendidik. Seperti diketahui,jumlah guru yang mengikuti UKA pada bulan Februari 2012 sebanyak 281.019 peserta. Dari jumlah tersebut, 32.226 peserta dinyatakan tidak lulus, dan harus mengikuti pembinaan atau diklat.

…dst

20 ) Mohammad Nuh
Ini Memang Kelalaian Kami
http://www.jpnn.com/read/2012/07/31/135422/Ini-Memang-Kelalaian-Kami-

Selasa, 31 Juli 2012 , 22:00:00
MESKI mendapat penentangan dari sebagian guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tetap bersikeras menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dijadwalkan 30 Juli hingga 12 Agutus 2012. Namun di hari pertama, instalasi program untuk ujian secara online amburadul. Fakta ini tidak sesuai dengan statemen petinggi Kemdibud sehari sebelum UKG digelar, yang menyebut ujian untuk para guru ini siap 100 persen. Itu baru persoalan teknis. Tujuan UKG sendiri masih dipertanyakan sejumlah kalangan. Untuk apa sih? Kemdikbud bilang, ini dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas guru di Indonesia, Pelaksanaan UKG ini sendiri pun diharapkan dapat memberikan pemetaan kualitas guru dengan mengukur empat kompetensi. Yakni, kompetensi akademis, kompetensi psikologis, kompetensi pedagogis, dan kompetensi sosial.

…dst

21 ) Nilai Uji Kompetensi Guru Jauh dari Standar
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/06/079421605/Nilai-Uji-Kompetensi-Guru-Jauh-dari-Standar

Senin, 06 Agustus 2012 | 06:14 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan hasil nilai Uji Kompetensi Guru jauh dari standar. Dari penilaian pada tiga hari pelaksaan UKG, nilai rata-rata bertengger pada angka 44,5. Nilai itu masih di bawah standar yang ditentukan sebesar 70. “Tidak usah malu,” katanya, mengomentari angka rata-rata yang masih rendah itu. Ia mengatakan ini usai menghadiri acara buka puasa bersama di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Ma’arif Kota Yogyakarta, Ahad 5 Agustus 2012. Dengan nilai itu, kata dia, guru tak perlu merasa terhinakan. “Kalau guru gara-gara UKG ada internet ngadat terus menjadi beban, iki guru cap opo,” katanya. “Baru mendapat tantangan gitu aja sudah klepek-klepek. “Seorang guru, kata dia, harus punya semangat yang lebih keras lagi.

…dst

22 ) Kasus Dugaan Korupsi Proyek Pengadaan Simulator SIM
Mahasiswa RI di Australia Kecam Aksi Arogan Polri
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/08/06/67285/mahasiswa_ri_di_australia_kecam_aksi_arogan_polri/#.UB-BD6DdZ6E

06 Agustus 2012 06:15 WIB
Jakarta, (Analisa). Kasus dugaan korupsi proyek pengadaan simulator SIM di Korlantas Polri menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali mereka yang tinggal di Australia. Warga Negara Indonesia (WNI) di Australia berharap dari kasus ini tidak lahir Cicak vs Buaya Jilid II. “Beberapa mahasiswa dan WNI di Australia mengikuti dengan serius perkembangan kasus Simulator SIM. Kita pernah punya pengalaman konflik cicak-buaya yang menghabiskan cukup banyak energi, kami berharap kasus ini tidak menjelma menjadi konflik Cicak-Buaya jilid dua,” ujar koordinator Komunitas Mahasiswa dan Warga Indonesia di Melbourne (Indomelb), Aminudin M Ramdhan, dalam rilis yang diterima detikcom, kemarin. Pihaknya mendukung penuh KPK untuk terus mengusut tuntas kasus Simulator SIM, dan menyeret siapapun yang terlibat dalam kasus ini tanpa kecuali. “Kami mengecam segala tindakan yang menghalang-halangi penyidikan kasus Simulator SIM oleh KPK. Karena sesuai Undang-Undang, KPK harus diberi kewenangan penuh dalam menyidik kasus ini,” tuturnya.

…dst