1 ) Biaya Kuliah Tahun 2013 Turun 10 Persen dengan BOPTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/561

08/07/2012
Yogyakarta — Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) mulai diberikan ke PTN pada tahun ajaran baru 2012. Diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Ia mengatakan, peraturan menteri untuk BOPTN telah selesai. Sekarang Kemdikbud sedang menyiapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk alokasi anggaran. “Mudah-mudahan September bisa cair, jumlahnya lebih kurang 1,5 triliun,” demikian disampaikan Mendikbud usai memberi orasi ilmiah kepada mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu (6/08). BOPTN tahun 2012 dianggarkan melalui APBN-Perubahan, untuk satu semester. Dana tersebut akan digunakan seutuhnya untuk biaya operasional PTN. “Misalkan bayar listrik, bayar gaji honorer, untuk penelitian,” kata Mendikbud. Untuk tahun 2013, BOPTN dianggarkan untuk keperluan PTN selama satu tahun. Jumlahnya akan lebih besar dari yang diterima sekarang. Mendikbud menegaskan, target pemberian BOPTN adalah untuk menurunkan biaya pendidikan di PTN. Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNPB) PTN saat ini diperkirakan Rp12 triliun. Kalau BOPTN bisa menyumbang 30 persen dari jumlah tersebut, atau kira-kira Rp4 triliun, maka biaya pendidikan akan turun 10-20 persen.

…dst

2 ) Menteri Nuh: Biaya Kuliah Turun Tahun Depan
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/07/079421866/Menteri-Nuh-Biaya-Kuliah-Turun-Tahun-Depan

Selasa, 07 Agustus 2012 | 06:58 WIB
TEMPO.CO , Yogyakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh memastikan pada 2013 biaya kuliah di Perguran Tinggi Negeri bisa turun sampai 10 persen. Menurut kalkulasi Nuh, besaran nilai Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) akan makin besar dan alokasinya pada tahun depan langsung diberikan untuk dua semester sekaligus. “Logikanya, kalau 2013, anggaran untuk operasional kampus Rp12 triliun, 30 persennya atau Rp 4 triliun untuk BOPTN, artinya tahun depan biaya kuliah mestinya turun 10 persen,” kata Nuh seusai meresmikan pembukaan Ospek mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin, 6 Agustus 2012. Dia melanjutkan, tahun depan perumusan aturan yang membahas mekanisme pengelolaan BOPTN juga sudah selesai. Jadi, semua kampus negeri pasti sudah menerima prosedur resmi mengenai penggunaan BOPTN sehingga tak seperti tahun ini yang masih proses transisi. “Untuk sementara ini belum ada petunjuk resmi, tapi sebenarnya penggunaanya jelas untuk biaya operasional, seperti gaji pegawai honorer, biaya riset, bayar listrik dan semacamnya,” kata Nuh.

…dst

3 ) Kemdikbud Siapkan Rekrutmen Calon Guru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/562

08/07/2012
Yogyakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun ini menyiapkan calon guru profesional. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengasramakan mahasiswa calon guru. Meski belum tahu persis berapa jumlah calon guru yang akan diasramakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, memastikan bahwa sebelum diasramakan calon guru ini diseleksi terlebih dahulu. “Jadi tidak serta merta mereka yang masuk UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) akan masuk di sini (asrama), harus dites dulu,” demikian disampaikan Mendikbud di Yogyakarta, Minggu (6/08). Mendikbud mengatakan, ada tiga lapis calon guru yang akan diasramakan. Pertama, para mahasiswa semester 7 atau 8 akan diasramakan terlebih dahulu, baru layer kedua mahasiswa semester 5 dan 6, dan layer ketiga mahasiswa semester 1 dan 2. Mahasiswa layer pertama disiapkan untuk mengisi kekosongan guru yang akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan adanya calon guru yang diasramakan, maka setiap LPTK harus memiliki asrama. Dan Mendikbud telah memastikan, semua Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) negeri telah memiliki asrama.

…dst

4 ) Mahasiswa Calon Guru Diasramakan dan Ikatan Dinas
http://www.jpnn.com/read/2012/08/07/136053/Mahasiswa-Calon-Guru-Diasramakan-dan-Ikatan-Dinas-

07 August 2012
YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus merancang strategi membenahi kualitas guru yang belum meningkat tajam. Selain menyasar para guru langsung, mereka juga melakukan pembenahan mulai mahasiswa calon guru. Yaitu dengan diasramakan dan ikatan dinas. Disela kunjungannya ke Unviersitas Negeri Yogyakarta (UNY) kemarin (6/8) Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, perbaikan kualitas guru tidak hanya cukup dengan meningkatkan kualitas guru yang sudah mengajar saja. “Tetapi meningkatkan kemampuan dan profesionalitas sejak mahasiswa itu juga tidak kalah penting,” ucap dia. Diantara formulasi untuk menggenjot kualitas guru sejak dini adalah, Kemendikbud akan mengasramakan para mahasiswa calon guru. Tidak tanggung-tanggung, mahasiswa calon guru tadi diasramakan selama empat tahun. Untuk tahun ini, Kemendikbud akan mulai proyek pemanasan dengan mengasramakan mahasiswa calon guru untuk yang sudah tingkat akhir.

…dst

5 ) Kuliah Gratis di UGM, Permata Bingung Biaya Transportasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/20123382/Kuliah.Gratis.di.UGM.Permata.Bingung.Biaya.Transportasi

Selasa, 7 Agustus 2012 | 20:12 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Permata Sari Telaumbanua (18 ) asal Nias adalah salah satu dari 1.102 mahasiswa baru penerima beasiswa Bidik Misi. Kepada Kompas,com, Permata merasa bersyukur mendapat beasiswa Bidik Misi sehingga bisa kuliah di UGM. Dia juga merasa bangga dan tidak menyangka bisa kuliah di salah satu universitas top di Indonesia ini. Bahkan, kata Permata, kedua orang tuanya tidak percaya kalau dirinya diterima di UGM. “Bukan senang ataupun gembira, sebaliknya ayah saat itu justru meminta saya untuk membatalkan melanjutkan kuliah karena memikirkan beratnya biaya yang harus ditanggung kelak,” kata Pani, pangilan akrab Permata. Tekad dan keinginan keras Pani menjadikan ayahnya luluh. Hal itu setelah dia menjelaskan kepada orangtuanya bahwa tidak membayar uang serupiah pun untuk biaya kuliah di UGM.

…dst

6 ) UGM Bebaskan Biaya Kuliah 1.102 Mahasiswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/20062731/UGM.Bebaskan.Biaya.Kuliah.1.102.Mahasiswa.Miskin.

Selasa, 7 Agustus 2012 | 20:06 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kali ini Universitas Gadjah Mada (UGM) konsisten dengan predikatnya sebagai kampus kerakyatan. Konsistensi itu ditunjukan dengan kebijakan pembebasan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama satu semester bagi seluruh mahasiswa baru sebanyak 10.700 orang. Bukan hanya itu, sekitar 23 persen dari 10.700 mahasiswa atau 1.280 mahasiswa mendapatkan pembebasan sumbangan SPMA. Dan sebanyak 1.102 mahasiswa miskin menerima beasiswa Bidik Misi dengan kuliah gratis selama 8 semester. Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSoc Sc mengatakan, kebijakan pembebasan SPP dan SPMA bagi mahasiswa dari keluarga berpendapatan terendah terbawah tersebut, sebagai bentuk komitmen UGM untuk meningkatkan akses pendidikan bagi mahasiswa miskin.

…dst

7 ) DPR Kaji Rencana Anggaran Fungsi Pendidikan 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/19325497/DPR.Kaji.Rencana.Anggaran.Fungsi.Pendidikan.2013

Selasa, 7 Agustus 2012 | 19:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Total anggaran fungsi pendidikan untuk RAPBN 2013 untuk sementara mencapai Rp 125,25 triliun. Menteri Pendidikan dan Kebudataan (Mendikbud), M Nuh, mengatakan, dana ini dialokasikan untuk mendukung pendidikan menengah universal (PMU) meliputi bantuan operasional sekolah untuk sekolah menengah (BOS-SM), sarana dan prasarana, tunjangan guru non-PNS, guru binaan provinsi dan guru daerah khusus. Namun, DPR berpendapat, postur anggaran ini, masih harus dikaji ulang. Pendapat ini menjadi kesimpulan raker Komisi X DPR RI dan pemerintah. “Sebagaimana hasil keputusan Raker 25 Juni 2012 yaitu melakukan kajian secara komprehensif mengenai legalitas dan efektifitas pengalokasian dan penggunaan anggaran pendidikan yang terdistribusi pada postur anggaran pendidikan,” ungkap Wakil Ketua Komisi X DPR, Utut Adianto saat memimpin raker di Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2012) siang.

…dst

8 ) Dana Pendidikan Rp 43 M Tanpa Sepengetahuan Dewan
http://www.jpnn.com/read/2012/08/07/136081/Dana-Pendidikan-Rp-43-M-Tanpa-Sepengetahuan-Dewan-

Selasa, 07 Agustus 2012 , 07:26:00
TIMIKA – Terkait Pelaksanaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOPDA), untuk pembiayaan Program Pendidikan 12 Tahun Plus yang dikatakan masih menunggu izin prinsip dari DPRD, ditanggapi anggota dewan, dalam hal ini Ketua Komisi C DPRD Mimika, Nurman S Karupukaro dan Anggota Komisi C Anastasia Tekege, SAg.Kepada Radar Timika, Senin (6/8) Anastasia Tekege mengatakan, apabila ada program seperti ini yang menggunakan anggaran yang cukup besar mencapai Rp 43 miliar lebih, seharusnya disampaikan atau disosialisasikan ke dewan, sebab hingga saat ini dewan tidak pernah tahu tentang anggaran sebesar tersebut. Lanjut Anastasia, untuk diketahui bahwa anggaran Rp 43 miliar tersebut tidak pernah diketahui oleh dewan, dan tidak pernah dibahas dalam pembahasan APBD, sehingga apabila kemudian tiba-tiba ada statement yang mengatakan, bahwa hal itu menunggu izin prinsip dari DPRD, maka ini menurutnya justru menjadi tanda tanya, alokasi dana dari mana yang dianggarkan untuk biaya sebesar ini. “Pada dasarnya semua kita menginginkan pendidikan maju, akan tetapi bukan berarti kemudian pembiayaannya bisa dari mana saja,” ujarnya. Ia mencontohkan untuk BOPDA tahun 2011 lalu yang bermasalah dikatakan dia, bahwa itu bermasalah disebabkan adanya masalah pertanggungjawaban dari kepala sekolah, sehingga dana tersebut dikembalikan ke kas daerah dan menjadi silva. Namun kalau menjadi silva lantas dari mana anggaran Rp 43 miliar tersebut?

…dst

9 ) Gumilar Belum Mendaftar Kembali Jadi Calon Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/15501413/Gumilar.Belum.Mendaftar.Kembali.Jadi.Calon.Rektor

Selasa, 7 Agustus 2012 | 15:50 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) UI, Endriantono Sutarto, membantah bahwa Rektor UI saat ini, Gumilar Rusliwa Somantri, sudah mendaftarkan diri kembali sebagai calon rektor periode 2012-2017. Hal itu disampaikannya menyusul kabar yang menyebutkan Gumilar telah mencalonkan diri kembali sebagai rektor di pilrek berikutnya. “Kami belum menerima pendaftar atas nama Rektor UI saat ini,” kata Endriantono, Selasa (7/8/2012), di kampus UI, Depok. Dia menambahkan, secara aturan Gumilar tetap berhak mencalonkan diri kembali sebagai Rektor UI untuk periode selanjutnya. Akan tetapi, semua persyaratan yang diberlakukan tetap harus dipenuhi jika Gumilar benar-benar mencalonkan diri. “Boleh saja, itu kan hak beliau dan tak bisa dihalangi. Tidak ada larangan untuk kembali mencalonkan diri, asalkan persyaratannya sama-sama dipenuhi,” tuturnya.

…dst

10 ) UI Harapkan Masukan Masyarakat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/15400450/UI.Harapkan.Masukan.Masyarakat

Selasa, 7 Agustus 2012 | 15:40 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Peran serta masyarakat sangat diharapkan pada proses pemilihan Rektor Universitas Indonesia (Pilrek UI) yang akan kembali digelar mulai 8 Agustus mendatang. Meski tidak memiliki hak suara untuk memilih, informasi dan masukan dari masyarakat dinilai akan mengoptimalkan proses seleksi pemimpin UI selanjutnya.Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pilrek UI, Endriantono Sutarto mengatakan, pihaknya memberikan ruang terbuka dan luas untuk seluruh masyarakat agar mau berpartisipasi memberikan masukan dan informasi terkait kandidat yang telah ditetapkan sebagai calon Rektor UI.”Kita harapkan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Mungkin ada informasi jika salah satu calon pernah tersandung masalah pidana dan lain-lain,” kata Endriantono, Selasa (8/7/2012), di kampus UI, Depok.

…dst

11 ) Masyarakat Diajak Pantau Pemilihan Rektor UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/1453274/Masyarakat.Diajak.Pantau.Pemilihan.Rektor.UI

Selasa, 7 Agustus 2012 | 14:53 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Panitia Pemilihan Rektor Universias Indonesia (UI) membuka kesempatan bagi seluruh civitas akademika UI dan masyarakat untuk memantau para calon rektor yang terdaftar. Panitia memberi waktu tanggapan masyarakat dalam proses pemilihan Rektor UI periode 2012-2017. Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto, menjelaskan masyarakat dapat memberi tanggapan soal calon rektor yang terdaftar secara online maupun langsung. Panitia menjadwalkan adanya tanggapan masyarakat berupa informasi, klarifikasi, maupun laporan lainnya pada 27 Agustus – 21 September. “Kami terbuka terhadap laporan dari masyarakat soal para calon rektor UI yang terdaftar. Kita semua ingin melaksanakan proses pemilihan yang terbuka dan melibatkan partisipasi masyarakat,” kata Endriartono, Selasa (7/8/2012) di kampus UI, Depok.

…dst

12 ) Mendikbud Kantongi Nama Pjs Rektor UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/14093448/Mendikbud.Kantongi.Nama.Pjs.Rektor.UI

Selasa, 7 Agustus 2012 | 14:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku sudah mengantongi nama pejabat sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) jelang berakhirnya masa bakti Rektor UI saat ini, Gumilar Rusliwa Somantri. Namun, Nuh masih enggan menyebutkan nama dan inisial pejabat tingkat eselon I itu sampai masa bakti Gumilar berakhir, yaitu 14 Agustus mendatang.Nuh mengatakan bahwa nama calon Pjs itu akan segera dikirim ke Majelis Wali Amanat (MWA) UI seminggu sebelumnya. Nama itu akan dipertimbangkan dan disahkan untuk mengisi posisi Rektor UI sampai terpilih rektor definitif berikutnya pada tanggal 9 Oktober.

…dst

13 ) Gugatan Dicabut, Pilrek UI Dilanjutkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/13481310/Gugatan.Dicabut.Pilrek.UI.Dilanjutkan

Selasa, 7 Agustus 2012 | 13:48 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Proses pemilihan rektor Universitas Indonesia (pilrek UI) kembali dilanjutkan. Proses dilanjutkan setelah tak ada lagi ganjalan untuk melanjutkan proses pilrek menjelang berakhirnya masa kepemimpinan Rektor UI, 14 Agustus mendatang. Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) UI Endriantono Sutarto mengatakan, proses pilrek UI dapat kembali dilanjutkan setelah gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dicabut oleh penggugat utama. Proses pendaftaran akan berlangsung pada 8-31 Agustus. “Putusan sela dari PTUN membuat Majelis Wali Amanat (MWA) UI menunda proses pilrek. Tetapi itu sudah dicabut, maka pilrek sudah bisa dilanjutkan,” kata Endriantono kepada para wartawan, di kampus UI Depok, Selasa (7/8/2012).

…dst

14 ) Sudah 10 Pendaftar Calon Rektor UI Gantikan Gumilar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/07/339019/293/14/Sudah-10-Pendaftar-Calon-Rektor-UI-Gantikan-Gumilar

Selasa, 07 Agustus 2012 18:37 WIB
JAKARTA–MICOM: Sudah ada 10 orang yang mendaftar mencalonkan diri untuk menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2012-2017 dan seluruhnya berasal dari luar UI.”Harapan saya, pihak luar ini melihat UI sebagai lembaga pendidikan yang harus dikedepankan. Jangan sampai ternoda oleh konflik yang sedemikian keras seperti sekarang ini. Kepentingan UI-lah yang harus dijunjung, jangan kepentingan pribadi,” kata Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto di Jakarta, Selasa (7/8).Adapun kans rektor incumbent Gumilar Rusliwa Somantri, menurut mantan Panglima TNI itu, tetap berpeluang walau sempat ada ancaman penolakan dari pihak mahasiswa apabila Gumilar terpilih lagi.

…dst

15 ) DPR Minta Mendikbud Kawal Pemilihan Rektor UI
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/07/079421950/DPR-Minta-Mendikbud-Kawal-Pemilihan-Rektor-UI

Selasa, 07 Agustus 2012 | 14:16 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Agus Hermanto meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengawal pemilihan Rektor Universitas Indonesia. Pasalnya, pemilihan rektor sudah didahului dengan gonjang-ganjing pertikaian rektor versus dekan. Bahkan, sembilan dekan telah mengajukan mosi tidak percaya Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri. Agus mengatakan Mendikbud Mohammad Nuh harus mencermati alasan pemberhentian tujuh dekan dan satu ketua pascasarjana tak lama sebelum pemilihan rektor. Muncul spekulasi di internal UI, pergantian ini dalam rangka memuluskan langkah Gumilar untuk kembali maju sebagai rektor.”Karena ini juga ada kaitannya dengan Menteri Nuh, kami akan minta dia mengawal,” ujar Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 7 Agustus 2012. Setelah masa reses, yang akan berakhir Rabu, pekan depan, kata Agus, Komisi akan memanggil Menteri Nuh untuk melakukan klarifikasi.

…dst

16 ) “Incumbent” tak dilarang ikut pemilihan rektor UI
http://www.antaranews.com/berita/326122/incumbent-tak-dilarang-ikut-pemilihan-rektor-ui

Selasa, 7 Agustus 2012 16:48 WIB
Depok (ANTARA News) – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) Endriratono Sutarto menegaskan tak ada pelarangan bagi “incumbent” untuk maju kembali dalam pemilihan rektor UI periode 2012-2017. Dalam keterangan persnya di ruang VVIP Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) di Depok, Selasa, Endriartono Sutarto mengatakan tak ada pelarangan bagi incumbent untuk maju kembali, kalau memenuhi persyaratan tentunya harus diterima.”Hak untuk ikut pemilihan rektor tak bisa kita halangi,” katanya. Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri akan mengakhiri masa jabatannya pada 14 Agustus 2012. Untuk sementara jebatan rektor akan diisi oleh pejabat eselon I di Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).Menurut dia, untuk mencalonkan diri sebagai rektor UI, calon harus memiliki gelar doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi dan wajib membuat pernyataan tertulis bahwa dirinya bersedia menjadi rektor UI. Selain itu diwajibkan juga menyertakan surat keterangan sehat dari empat rumah sakit negeri, yakni RS Fatmawati, RS Persahabatan, RS Cipto Mangunkusumo, dan RSPAD Gatot Soebroto.

…dst

17 ) Muar Akhirnya Bisa Kuliah di Unsoed
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/1456214/Muar.Akhirnya.Bisa.Kuliah.di.Unsoed

Selasa, 7 Agustus 2012 | 14:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Alumni Universitas Jenderal Soedirman Purwokerta, Jawa Tengah, tergerak menggalang bantuan untuk siswa miskin yang masuk ke kampus itu. Salah satunya bantuan untuk Muhammad Muar, siswa Pusat Kegiatan Belajar Bina Insan Mandiri Kota Depok. Muar diterima di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Unsoed. Namun, Muar kesulitan menutup biaya pendaftaran di kampus itu. “Kami menggerakan teman-teman alumni. Salah satunya adalah eks Direktur Bank Mandiri yang mau membantu dia,” tutur Nurfahmi Budi, alumni Unsoed Purwokerto yang bekerja di Jakarta, Selasa (7/8/2012). Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah beasiswa penuh selama kuliah. Para alumni Unsoed, kata Budi, kemungkinan akan bekerjasama dalam pengembangan pendidikan di sana. Sebelumnya bantuan juga ditawarkan oleh warga Semarang, direksi Bank Niaga, dan pimpinan lembaga pendidikan tinggi.

…dst

18 ) Beasiswa Bidikmisi
Dana Tak Terserap Bakal Dialihkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/11023031/Dana.Tak.Terserap.Bakal.Dialihkan

Selasa, 7 Agustus 2012 | 11:02 WIB
YOGYA, KOMPAS.com — Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi yang tidak terserap perguruan tinggi tertentu akan dialihkan ke perguruan tinggi lain. Target mahasiswa yang diberi Bidikmisi tetap mahasiswa berprestasi secara akademik, tetapi memiliki hambatan ekonomi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin (6/8/2012), di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, mengatakan, kuota Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi) yang tidak terpenuhi bisa dilihat dari dua sisi. Bisa jadi PTN kurang gigih mencari mahasiswa berprestasi, tetapi kurang mampu, atau bisa jadi juga karena tingkat perekonomian masyarakat yang meningkat. “Meski demikian, jumlah penerima beasiswa Bidikmisi akan terus ditingkatkan,” kata Nuh. Besarnya beasiswa tetap Rp 600.000 per bulan.

…dst

19 ) Kuota Bidik Misi Bisa Dialihkan
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/373/674220/kuota-bidik-misi-bisa-dialihkan

Selasa, 07 Agustus 2012 08:33 wib
JAKARTA – Pemerintah menegaskan tidak akan menutup beasiswa Bidik Misi, meski tiap tahun penerimanya tidak mencapai kuota. Program ini ditujukan bagi 20 persen mahasiswa kurang mampu di masing-masing perguruan tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, jika tidak terserap di satu daerah, kuota Bidik Misi dapat dialihkan perguruan tinggi negeri (PTN) ke daerah lain. “Kebijakan ini untuk keberpihakan bagi warga yang kurang mampu dan ingin anaknya masuk perguruan tinggi,” kata Nuh di Jakarta, kemarin. Diketahui, pada 2011 beasiswa Bidik Misi mencapai kuota 40 ribu kursi, namun yang terserap hanya 15.300 kursi untuk 92 PTN. Minimnya mahasiswa yang mengambil beasiswa tersebut disinyalir akibat kurang sosialisasi, terutama bagi calon mahasiswa dari kawasan pelosok pedesaan.

…dst

20 ) 9 Anak Nduga Disekolahkan di Australia
http://www.jpnn.com/read/2012/08/07/136043/9-Anak-Nduga-Disekolahkan-di-Australia-

Selasa, 07 Agustus 2012 , 02:28:00
WAMENA – Bupati Nduga, Yairus Gwijangge telah mengirim 9 putra-putri terbaik asal Nduga untuk sekolah ke luar negeri. Mereka mengeyam pendidikan setara SMP dan SMA di Sekolah ST John”s College Darwin Australia. Kesembilan putra-putri yang masih berusia anak-anak itu terdiri dari 5 putra dan 4 putri asli Kabupaten Nduga. Mereka secara resmi sejak 22 Juli 2012 telah diantar oleh Bupati Nduga bersama Ny. Debora Nirigi ke sekolah di ST John”s College Darwin Australia dan resmi diterima secara baik di sekolah itu dan juga sudah tercatat secara resmi menjadi siswa/i di sekolah tersebut. Sebagai komitmen bersama antara pihak Pemerintah Kabupaten Nduga dalam hal ini Bupati Nduga Yairus Gwijangge dan pimpinan Sekolah ST John”s College Darwin, pada 24 Juli 2012 dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara kedua belah pihak. Bupati Nduga, Yairus Gwijangge,S.Sos,M.Si kepada Cenderawasih Pos di Wamena kemarin mengatakan langkah kerja sama yang cukup brilian ini dengan mengirimkan putra/i Kabupaten Nduga masuk di sekolah yang bertaraf internasional itu sebagai investasi jangka panjang, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) putra/i Nduga yang handal, berkarakter, dan memiliki etos kerja yang baik di kemudian hari, secara umum di Indonesia dan lebih khusus di Kabupaten Nduga.

…dst

21 ) Beasiswa Parsial S-1 dan S-2 ke UK, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/368/674566/beasiswa-parsial-s-1-dan-s-2-ke-uk-siapa-mau

Selasa, 07 Agustus 2012 17:02 wib
JAKARTA – Keinginan melanjutkan pendidikan ke luar negeri tidak jarang harus terkubur lantaran ketiadaan biaya. Beruntung, saat ini peluang tersebut semakin luas karena banyak sponsor yang menawarkan program beasiswa baik parsial maupun penuh.Salah satunya adalah Globe Education yang memberikan beasiswa parsial kepada pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Inggris, yaitu University of Chester. Berdiri sejak 1839, Universitas of Chester kini menduduki peringkat empat dari 318 perguruan tinggi yang menerima aplikasi UCAS terbanyak di Inggris (berdasarkan UCAS 2011). Selain itu, berdasarkan The Independent University Guide 2012, universitas yang terletak di utara Inggris ini berada di peringkat pertama untuk tingkat kepuasan pelajar. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (7/8/2012).

…dst

22 ) Fujitsu buka program beasiswa ke Hawaii
http://www.antaranews.com/berita/326095/fujitsu-buka-program-beasiswa-ke-hawaii

Selasa, 7 Agustus 2012 14:30 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Fujitsu-JAIMS Foundation membuka program beasiswa pendidikan manajemen “Global Leaders for Innovation and Knowledge 2013” selama tiga setengah bulan ke Hawaii, Amerika Serikat. Dalam siaran pers Fujitsu-JAIMS Foundation yang diterima ANTARA News, Selasa, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad S. Sofwan mengatakan nantinya peserta program beasiswa akan menikmati kesempatan kursus manajemen di kelas dan praktik di lapangan.Pengajar dalam kursus tersebut antara lain Dr. Ikujiro Nonaka, salah satu figur yang masuk dalam daftar “Top 20 Influential Business Thinkers.” Selain itu dijelaskan pula bahwa peserta program beasiswa Fujitsu akan mendapatkan biaya pendidikan, uang saku untuk biaya hidup dan tiket pesawat. Untuk mengajukan aplikasi beasiswa tersebut, calon peserta harus memenuhi beberapa persyaratan yakni bahwa yang bersangkutan sudah memiliki gelar sarjana dari semua latar belakang dan punya pengalaman kerja penuh minimal selama tiga tahun (diutamakan lima tahun).

…dst

23 ) Tim Formula UGM Lolos ke FSAE Jepang
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/06/m8cc0o-tim-formula-ugm-lolos-ke-fsae-jepang

Senin, 06 Agustus 2012, 22:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Tim Formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta lolos ke ‘The 10th Student Formula SAE Competition’ di Jepang, 3-7 September 2012. “Kami telah lolos skrining dokumen, sehingga berhak maju ke kompetisi itu,” kata Ketua Tim Formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Akmal Irfan Majid di Yogyakarta, Senin (6/8). Menurut dia, kompetisi ini mengujikan kemampuan rancang bangun, adu kecepatan dan ketahanan, serta kemampuan mempresentasikan produk kepada pengguna mengenai kendaraan jenis formula tingkatan mahasiswa.”Kami akan berusaha maksimal dalam setiap kategori lomba, meskipun baru pertama kali mengikuti kompetisi tersebut. Beberapa masalah teknis yang ada sudah diatasi, dan kami siap berkompetisi di tingkat internasional,” katanya.Ia mengatakan dalam kompetisi formula tingkat internasional tersebut, ada beberapa hal yang dinilai, yakni ‘static event’ dan ‘dynamic event’. ‘Static event’ meliputi ‘technical inspection’ yang ketat seperti kesesuaian regulasi, uji pengereman, uji batas suara, uji kemiringan dan kebocoran cairan, dan berat kendaraan. Semua itu sebagai syarat keamanan untuk masuk ke tahap ‘dynamic event’.

…dst

24 ) Undip Gelar Lokakarya tentang Bioteknologi Kelautan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/11205324/Undip.Gelar.Lokakarya.tentang.Bioteknologi.Kelautan

Selasa, 7 Agustus 2012 | 11:20 WI
SEMARANG, KOMPAS.com — Bioteknologi kelautan terus mendapat perhatian kalangan perguruan tinggi di Tanah Air. Selama empat hari berturut-turut, Senin kemarin hingga Jumat (10/8/2012), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang bekerja sama dengan Universitas California Santa Cruz Amerika Serikat menggelar Workshop and Field Training on Marine Biotechnology. Kegiatan workshop berlangsung tiga hari (Senin-Rabu) di Kampus Undip Tembalang, Semarang, dan field training di Marine Station Teluk Awur Jepara (Kamis-Jumat). Sejumlah pakar dari Universitas California Santa Cruz Amerika Serikat tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Menurut Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip Prof Dr Muhamaad Zainuri DEA, kegiatan itu diikuti perwakilan mahasiswa kelautan berbagai jenjang se-Indonesia. Workshop juga merupakan bentuk pengembangan dari kompetensi sumber daya manusia di FPIK Undip.

…dst

25 ) Undip & Universitas California Eksplorasi Biota Laut RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/373/674486/undip-universitas-california-eksplorasi-biota-laut-ri

Selasa, 07 Agustus 2012 15:23 wib
JAKARTA – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bersama Universitas California meneliti potensi Biotek Kelautan Indonesia. Hal ini mengemuka dalam workshop dan field training mengenai bioteknologi kelautan yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari mahasiswa berbagai jenjang se-Indonesia yang berlangsung selama tiga hari di Kampus Undip Tembalang dan dua hari di Teluk Awur Marine Station, Jepara.Pada acara yang berlangsung sejak 6 Agustus 2012 itu, Dekan FPIK Undip Muhammad Zainuri berkata, bioteknologi kelautan merupakan upaya untuk mengeksplorasi jenis-jenis biota laut Indonesia yang mempunyai peluang untuk digunakan sebagai obat. Sebab, lanjutnya, biota laut Nusantara sudah dikenali mempunyai banyak bahan obat dan antioksidan yang bermanfaat bagi manusia.

…dst

26 ) Universitas Jenderal Soedirman Dirikan Pusat Penelitian Kedelai
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/06/338690/293/14/Universitas-Jenderal-Soedirman-Dirikan-Pusat-Penelitian-Kedelai

Senin, 06 Agustus 2012 17:08 WIB
BANYUMAS–MICOM: Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, mendirikan Pusat Penelitian dan Produksi Benih Kedelai guna mendukung program swasembada kedelai.”Pusat Penelitian dan Produksi Benih Kedelai (PPPBK) yang berada di bawah LPPM Unsoed diluncurkan Rektor Unsoed Prof Drs Edy Yuwono PhD sore ini,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed Totok Agung Dwi Haryanto di Cilongok, Banyumas, Senin (6/8).Menurut dia, PPPBK merupakan kelanjutan dari komitmen Unsoed untuk membangun kemandirian kedelai. “Kami sudah punya varietas kedelai Slamet. Sebetulnya kami sudah memiliki Soybean Research and Development Center atau SRDC, tapi lembaga ini mengalami stagnan dan tidak berkembang,” katanya.

…dst

27 ) Bangun 6 Gedung, UNS Anggarkan Rp133 M
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/06/373/674063/bangun-6-gedung-uns-anggarkan-rp133-m

Senin, 06 Agustus 2012 18:24 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menganggarkan dana Rp133 miliar untuk membangun enam gedung di lingkungan UNS. Keenam gedung itu adalah RS Pendidikan, Gedung Pusat Pengembangan Bisnis, Asrama Mahasiswa, Gedung Pusdiklat, Masjid Nurul Huda dan Kantor Pendidikan Teknik Kejuruan.”Anggaran itu berasal dari APBN tahun 2012,” ungkap Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS kepada wartawan, seusai peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusdiklat di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/8/2012).Rektor bertutur, gedung Pusdiklat yang dibangun mulai hari ini akan terdiri dari empat lantai dengan total luas 6.210 meter persegi. “Sesuai jadwal akan rampung selama 120 hari dengan anggaran Rp20,286 miliar,” jelasnya.

…dst

28 ) UNS Bangun Gedung Rp 20 Miliar
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/06/079421706/UNS-Bangun-Gedung-Rp-20-Miliar

Senin, 06 Agustus 2012 | 14:24 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta memulai pembangunan Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan senilai Rp 20,2 miliar. Gedung empat lantai tersebut memiliki luas 6.210 meter persegi. Pembangunan gedung yang menggunakan dana pemerintah pusat itu dimaksudkan agar setiap kegiatan di lingkup kampus tidak diselenggarakan di luar kampus. “Tidak perlu ke hotel atau ke tempat yang jauh. Cukup di dalam kampus saja biar lebih hemat,” kata Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi saat peletakan batu pertama, Senin, 6 Agustus 2012. Dia mengatakan di UNS terdapat 19 pusat studi yang kerap mengadakan seminar atau diskusi. Selama ini, penyelenggaraan acara lebih banyak di luar kampus karena terbatasnya ruangan yang bisa digunakan. “Jika nanti sudah selesai dibangun, saya minta diadakan di kampus saja. Apalagi ada pelayanan sekelas hotel bintang 3,” dia melanjutkan.

…dst

29 ) Wow, Mahasiswa Baru Unpad Pecahkan Rekor MURI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/06/m8awsh-wow-mahasiswa-baru-unpad-pecahkan-rekor-muri

Senin, 06 Agustus 2012, 04:24 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebanyak 700 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Hukum Universitas di Padjadjaran (Unpad) bersama-sama pecahkan rekor Muri, dengan kategori Rangkaian Tali Sepatu Terbanyak dengan Mengikat Talinya di Indonesia bertempat di kampusnya Jalan Dipatiukur. Berdasarkan pantauan Republika, ratusan peseta tampak mengelilingi seputaran halaman dalam Unpad Dipatiukur, dengan menggunakan seragam olahraga dengan dilengkapi sepatu ikat yang bertali. Ribuan peserta tersebut adalah mahasiswa baru yang sedang dalam masa orientasi di Fakultas Ekonomi Unpad. Sementara itu, rute yang dikelilingi peserta pemecah rekor Muri tersebut, dimulai dari Gedung 1 Rektorat lama, Fakultas hukum, Fakultas ekonomi Bisnis S1, Fakultas ekonomi Bisnis D3 dan kembali lagi ke Gedung 1 Rektorat lama.

…dst

30 ) Tunjangan Profesi Dongkrak Peminat Ilmu Keguruan
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/373/674537/tunjangan-profesi-dongkrak-peminat-ilmu-keguruan

Selasa, 07 Agustus 2012 18:05
JAKARTA – Perhatian pemerintah kepada para guru melalui tunjangan sertifikasi berdampak positif pada dunia pendidikan keguruan.Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) Bujang Rahman mengaku, upaya pemerintah tersebut membuat peminat fakultas yang dipimpinnya meningkat drastis. “Kebijakan pemberian tunjangan profesi guru berpeluang memberikan efek ganda bagi peningkatan mutu guru di masa mendatang,” ujar Bujang, seperti dinukil dari laman Unila, Selasa(7/8/2012).Di sisi lain, kata Bujang, meningkatnya pendaftar di FKIP akan meningkatkan pula persaingan yang harus mereka tempuh. Terlebih, Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) ini sudah menjadi primadona dalam seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi.

…dst

31 ) Bahasa Mandarin Bekal Terobos Pasar Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/373/674547/bahasa-mandarin-bekal-terobos-pasar-dunia

Selasa, 07 Agustus 2012 18:31 wib
JAKARTA- Bahasa asing merupakan hal yang mahal di dunia pekerjaan. Dewasa ini, keterampilan berbahasa asing seringkali dijadikan tolok ukur untuk melihat potensi diri seseorang. Ternyata, tidak hanya bahasa Inggris yang banyak diminati dan tersedia kelembagaannya, bahasa Mandarin pun sudah dijadikan suatu kebutuhan untuk perbekalan menerobos pasar dunia.Di Yogyakarta misalnya, Ketua Asosiasi Pendidik dan Pengembangan Bahasa Mandarin (APPBIMI) DIY Nicodemus Sanny mengemukakan, sekolah Bahasa Mandarin semakin merebak seiring dengan banyaknya perusahaan asing. “Apalagi, sekarang perusahaan mandarin sudah membuka Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia,” ujar Sanny seperti dilansir dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (7/8/2012).

…dst

32 ) Mudik Gratis ITS Siapkan 10 Bus
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/07/417/674371/mudik-gratis-its-siapkan-10-bus

Selasa, 07 Agustus 2012 13:02 wib
JAKARTA – Mudik merupakan salah satu tradisi yang sangat kental terasa ketika mendekati Hari Lebaran. Berbondong-bondong para perantau menyiapkan diri untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul dengan orang-orang terkasih. Menyadari hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mencoba memfasilitasi mahasiswa, karyawan, hingga masyarakat sekitar kampus untuk kembali ke kampung halaman. Panitia Ramadan di Kampus (RDK) 33 pun menggelar Mudik Bareng Gratis dengan menyediakan sebanyak 10 bus. Menurut Penanggung Jawab (PJ) RDK 33 Eka Putri Anugrahing Widi, acara mudik gratis ini terselenggara berkat dukungan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. ”Sebanyak 10 bus ini disediakan langsung oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur sebagai bentuk kerjasama dengan panitia RDK 33,” ungkap Eka, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (7/8/2012).

…dst

33 ) PGRI Tak Percaya Akurasi Hasil UKG
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/07/12043190/PGRI.Tak.Percaya.Akurasi.Hasil.UKG

Selasa, 7 Agustus 2012 | 12:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sulistiyo, mengaku tidak percaya dengan akurasi hasil Uji Kompetensi Guru (UKG). Pasalnya, penyelenggaraan UKG tidak diimbangi dengan persiapan dan pelaksanaan yang optimal.”Kami memang tidak percaya dengan hasil UKG yang sistemnya tak baik, terlebih soalnya juga banyak masalah, terutama dalam proses digitalisasinya,” kata Sulistiyo kepada Kompas.com, Selasa (7/8/2012), di Jakarta.Lebih dari itu, Sulistiyo juga meragukan paparan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tentang adanya guru peserta UKG yang mendapat nilai nol. Dia merasa tak percaya bahwa guru, khususnya yang telah disertifikasi, tidak memiliki kompetensi sama sekali.

…dst

34 ) Kemdikbud Akan Berlakukan Diklat Online
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/08/195274/Kemdikbud-Akan-Berlakukan-Diklat-Online

08 Agustus 2012
JAKARTA – Dari hasil uji kompetensi guru (UKG) yang sedang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan diketahui peta kompetensi para guru. Guru yang masih belum memenuhi standar kompetensi, wajib mengikuti diklat. Diklat setelah UKG itu rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2013. “Sekarang baru kita rancang, kita akan gelar diklat pada 2013 berdasarkan hasil UKG 2012,” ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud Syawal Gultom, setelah rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI, di Gedung DPR Jakarta, kemarin. Menurutnya, dari analisis hasil UKG dapat diketahui mana saja yang akan menjadi prioritas untuk dikembangkan. Dia mengaku akan mengutamakan diklat bagi guru yang kompetensi dan kemampuannya masih di bawah rata-rata. “Tujuannya, kita harus mengantarkan mereka sampai memenuhi persyaratan kualitas,” kata Syawal.

…dst

35 ) Pemerintah kucurkan dana bantuan guru swasta rp13,7 miliar
http://www.antaranews.com/berita/326006/pemerintah-kucurkan-dana-bantuan-guru-swasta-rp137-miliar

Selasa, 7 Agustus 2012 06:54 WIB
Bangkalan, 7/8 (ANTARA) – Pemerintah tahun ini mengucurkan dana bantuan sebesar Rp13,7 miliar untuk Penyelenggara Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS) di Bangkalan, Madura.Menurut Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron, Selasa, bantuan itu disengaja diberikan untuk membantu biaya operasi pendidikan lembaga diniyah, dan kelancaran proses belajar mengajar.”Bantuan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru swasta dan guru madrasah diniyah yang ada di Kabupaten Bangkalan ini,” kata Fuad Amin.Ia menjelaskan, secara simbolis, penyerahan bantuan dana kepada para guru dan lembaga pendidikan diniyah di Kabupaten Bangkalan itu telah diserahkan Senin (6/8) malam di pendopo pemkab setempat bersamaan dengan acara peringaran Nuzulul Quran di pendopo Pemkab Bangkalan. Bantuan diserahkan secara langsung kepada masing-masing lembaga penerima bantuan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pemotongan dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya.

…dst

36 ) Indonesia Punya Lima Kapal Selam pada 2020
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/07/078421947/Indonesia-Punya-Lima-Kapal-Selam-pada-2020

Selasa, 07 Agustus 2012 | 14:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Hartind Asrin menargetkan pembangunan tiga kapal selam hasil transfer teknologi dengan Korea Selatan akan selesai pada 2020. Jika ketiganya sudah selesai, Indonesia akan memiliki total lima kapal selam. “Setiap kapal selam minimal bisa dibangun dalam kurun waktu tiga tahun,” kata Hartind kepada Tempo, Selasa, 7 Agustus 2012. Spesifikasi tiga kapal baru dari Korea Selatan itu, menurut Hartind, menyamai spesifikasi kapal selam milik Angkatan Laut Malaysia. Kapal selam bernama Skorpene tersebut dibangun di Prancis dan Spanyol, dengan induk perusahaannya di Prancis. “Sedangkan dua yang sudah kita miliki sebelumnya berasal dari Jerman. Sama-sama bertenaga diesel,” kata dia.

…dst