1 ) “Selamat Datang UI Baru! ”
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/417/675715/selamat-datang-ui-baru

Kamis, 09 Agustus 2012 17:47 wib
JAKARTA – Penunjukan Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso menjadi pejabat sementara (Pjs) rektor Universitas Indonesia (UI) mendapat tanggapan positif dari gerakan UI Bersih. Selama ini, gerakan UI Bersih dikenal vokal memperjuangkan UI yang transparan dan bersih dari korupsi. Effendi Gazali dari UI Bersih berujar, rencana penunjukan pejabat eselon satu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menempati posisi Pjs rektor UI ditanggapi beragam oleh berbagai kalangan. Salah satu kritik mereka adalah, salah satu masalah di UI ialah adanya indikasi korupsi. Apakah kemudian pantas jika Pjs yang ditunjuk berasal dari kementerian yang laporan keuangannya disclaimer menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tapi, menurut Effendi dan UI Bersih, mengingat waktu yang sudah mendesak, maka bisa saja pejabat eselon satu dari kementerian yang relevan, dalam hal ini Kemendikbud, yang turun tangan menyelesaikan masalah. Kepemimpinan di UI sendiri akan kosong jika pada 14 Agustus tidak ada Pjs rektor, mengingat pada tanggal tersebut masa jabatan Gumilar sebagai rektor UI berakhir.

…dst

2 ) Dirjen Dikti Jadi Pjs Rektor UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/373/675632/dirjen-dikti-jadi-pjs-rektor-ui

Kamis, 09 Agustus 2012 15:39 wib
JAKARTA – Mulai 14 Agustus mendatang, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) akan memiliki pemimpin baru. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso akan memimpin kampus kuning tersebut hingga terpilih rektor baru. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menunjuk Djoko sebagai pejabat sementara rektor UI. “Hal ini sesuai dengan permintaan majelis wali amanah (MWA) UI. Efektif per 14 Agustus,” kata Nuh kepada Okezone, Kamis (9/8/2012). Djoko akan memimpin UI sambil tetap menjalankan tugasnya sebagai dirjen Dikti Kemendikbud. Menurut Nuh, nantinya Djoko akan dibantu oleh para pelaksana harian di UI. “Tugas Pak Djoko sebagai Pjs rektor UI akan dibantu p[ara wakil rektor. Artinya, operasional UI akan tetap berjalan normal,” imbuhnya.

…dst

3 ) Dirjen Pendidikan Tinggi Jadi Pjs Rektor UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/09/339614/293/14/Dirjen-Pendidikan-Tinggi-Jadi-Pjs-Rektor-UI

Kamis, 09 Agustus 2012 16:54 WIB
JAKARTA–MICOM: Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Bagir Manan mengatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso akan menjabat sebagai pejabat sementara (Pjs) sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI). “Pjs rektor UI akan melaksanakan proses jalannya pemilihan rektor UI,” kata Bagir usai menghadiri rapat MWA di Perpustakaan UI Depok, Kamis (9/8). Ia mengatakan, Djoko Santoso akan menjabat sementara rektor UI setelah Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri akan mengakhiri jabatan pada 14 Agustus 2012. Bagir mengatakan, sesuai dengan surat MWA pada 27 Juli 2012 yang meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menunjuk pejabat eselon satu pada kementerian tersebut. Ia berharap proses pemilihan rektor tidak berlangsung lama dan diharapkan dalam dua bulan sudah terpilih rektor baru. “Saya harap tidak ada gangguan lagi dalam pemilihan rektor,” ujarnya. (Ant/OL-04)

…dst

4 ) BEM UI Tak Inginkan Pjs Rektor
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/417/675689/bem-ui-tak-inginkan-pjs-rektor

Kamis, 09 Agustus 2012 16:56 wib
JAKARTA – Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menunjuk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso tidak disambut baik pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Meski belum mendengar kabar resmi tentang penunjukan Pjs rektor UI tersebut, Ketua BEM UI Faldo Maldini menegaskan, pihaknya tetap menginginkan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri lengser dari kursi kepemimpinan di UI sebelum masa jabatannya habis. “BEM UI tidak melihat siapa yang ditunjuk sebagai Pjs rektor. Kami tetap tidak terima Gumilar dilepaskan masa jabatannya pada 14 Agustus nanti. Kami tetap meninginkan rektor lepas jabatan pada 12 Agustus,” ujar Faldo ketika dihubungi Okezone, Kamis (9/8/2012).

…dst

5 ) Pjs Rektor UI Jalankan Tugas Selama Dua Bulan
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/417/675671/pjs-rektor-ui-jalankan-tugas-selama-dua-bulan

Kamis, 09 Agustus 2012 16:32 wib
DEPOK – Masa jabatan rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri berakhir pada 14 Agustus 2012. Setelah itu, secara resmi Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso akan menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) rektor UI hingga terpilihnya rektor UI yang definitif. Hal itu diungkapkan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI Bagir Manan sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh. MWA berharap surat penunjukkan Mendikbud kepada dirjen Dikti sudah sampai kepada MWA UI, Jumat, 10 Agustus, besok. Bagir memprediksi, tugas Pjs rektor UI akan berlangsung selama dua bulan lamanya hingga ada rektor UI terpilih. Sebab, sesuai jadwal rektor UI akan terpilih pada 9 Oktober 2012. “Kami berharap Pjs rektor menjalankan tugasnya paling lama dua bulan hingga terpilih rektor definitif. Kami berharap tidak ada hal-hal yang mengganggu proses itu. Apa masalahnya tinggal milih orang, calonnya banyak, ada yang milih, ada yang dipilih,” tuturnya kepada wartawan di Perpustakaan UI, Kamis (9/8/2012).

…dst

6 ) Pojok Korea Hadir di Perpustakaan UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/09/17195440/Pojok.Korea.Hadir.di.Perpustakaan.UI

Kamis, 9 Agustus 2012 | 17:19 WIB
DEPOK, KOMPAS.com- Rektor Universitas Indonesia Gumilar R Somantri dan Duta Besar Korea Selatan, Kim Young menandatangani Nota Kesepahaman untuk membentuk Pojok Korea (Korean Corner) di Perpustakaan Baru UI, Lantai 3. Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan di Kampus UI Depok, Kamis (9/8/2012). Pojok Korea di Perpustakaan UI menempati ruangan seluas 8 X 5 meter. Kedutaan Besar Korea akan memfasilitasi berbagai informasi seputar Korea melalui medium buku, film, katalog, pakaian khas korea dan sebagainya. Pembentukan “Pojok Korea” ini menjadi perlambang dari kerjasama yang erat antara dua negara. Kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan diharapkan mampu menjadi sebuah model hubungan kerjasama yang khusus, sehingga kedua negara dapat memperoleh manfaat positif. Korea memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia, mengingat pada tahun 1998, di mana banyak investor asing meninggalkan Indonesia, investor Korea justru menanamkan investasinya di Indonesia. Tercatat saat ini investasi dari Korea Selatan salah satu yang terbesar di Indonesia dengan nilai mencapai USD1,15 miliar di 524 proyek.

…dst

7 ) Mahasiswa FK Undip Raih Dua Medali
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/09/195417/Mahasiswa-FK-Undip-Raih-Dua-Medali-

SEMARANG – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip berhasil meraih dua medali dalam Indonesian Medical Olym­piad (IMO) 2012. Medali perak dan pe­runggu itu diraih dari cabang lomba kardiorespirasi dan gastroenterohepatologi. Kepala UPT Humas Undip Agus Nar­yoso mengatakan, IMO merupakan olim­piade kedokteran terbesar antaruniversitas yang diadakan pertama kali di Indonesia.Kegiatan ini juga mendapat perhatian dari International Federation of Medical Students Associations (IFMSA) se­hingga berpeluang untuk menjadi kompetisi kedokteran bertaraf internasional. “Olimpiade ini diikuti 326 peserta yang terdiri atas 38 tim untuk cabang kardiorespirasi, 38 tim cabang gastroenterohepatologi, 27 tim cabang muskuloskletal, 20 tim cabang urologi-reproduksi, dan 25 tim pada cabang neurologi,” ujarnya.IMO pertama itu diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, belum lama ini. Dalam ajang itu, lanjutnya, FK Undip mengirimkan 10 orang dalam lima tim yang berlaga di lima cabang. Mereka adalah David Hani Kartadi dan Ihsan Fadilah (cabang muskuloskeletal), Raras Rachmandiar dan Eko Budi­dhar­maja (cabang gastroenterohepatologi), Samuel Raditya W dan Nida Hanifah N (cabang Kardiorespirasi), Rahmawati dan Firdawati (cabang Neurologi), juga Nur Ade Oktaviyanti dan Aisyah Nur Pratiwi (cabang urologi-reproduksi). (J9-60)

…dst

8 ) Mahasiswa Luar Kota Wajib di Rusunawa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/09/195420/Mahasiswa-Luar-Kota-Wajib-di-Rusunawa-

09 Agustus 2012
SEMARANG – Mulai tahun ini, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) penerima Beasiswa Bidik­misi yang berasal dari luar kota diharuskan tinggal di rumah susun sederhana sewa mahasiswa (ru­sunawa). Mahasiswa penerima beasiswa tersebut kelak mendapat bantuan biaya hidup dan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola PTN. Hal itu disampaikan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, di sela-sela pemantauan verifikasi mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) dan Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Kemitraan, kemarin, di Kampus Undip Tem­balang. Jumlah mahasiswa Undip penerima Beasiswa Bidikmisi terus meningkat. “Tahun lalu 500 orang. Jumlah itu naik menjadi 800 orang pada tahun ini,” ujarnya. Peningkatan jumlah juga terjadi pada mahasiswa yang mengajukan keringanan, baik biaya maupun cara pembayaran. Pada 2011, Undip membantu 1.670 mahasiswa kurang mampu, sedangkan tahun ini, jumlahnya bertambah menjadi 1.700 mahasiswa. Sebanyak 800 kuota Beasiswa Bidikmisi tahun ini antara lain dialokasikan di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (769 mahasiswa) dan Ujian Mandiri (31 mahasiswa). Meski kuota jalur SNMPTN besar, tidak menutup kemungkinan kuota yang tidak terpenuhi bisa dialokasikan kepada mahasiswa tidak mampu yang diterima melalui Ujian Mandiri.

…dst

9 ) Unnes – Chiang Mai University Gelar Kursus Budaya
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/373/675549/unnes-chiang-mai-university-gelar-kursus-budaya

Kamis, 09 Agustus 2012 13:48 wib
JAKARTA – Sepuluh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkesempatan untuk mendatangi negeri Thailand dalam rangka mengikuti program “Pre ASEAN Thai Language and Culture Awareness” besutan Unnes dan Chiang Mai University. Program ini akan memperkenalkan bahasa dan budaya Thailand. Selama 14 hari, peserta akan belajar secara langsung di Negeri Gajah Putih tersebut dengan mendatangi kuil Budha dan berinteraksi dengan para biksu di sana, berwisata kuliner, hingga mengikuti kursus tari-tarian tradisional. Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof. Fathur Rokhman memaparkan, program ini terbuka bagi seluruh mahasiswa Unnes. Tetapi, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi para mahasiswa yang ingin mendaftar.

…dst

10 ) ITB Kaji Pembentukan Pusat Inovasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/08/m8g2i3-itb-kaji-pembentukan-pusat-inovasi

Rabu, 08 Agustus 2012, 23:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Institut Teknologi Bandung (ITB) mengkaji pembentukan pusat inovasi sebagai jembatan antara peneliti di lingkungan akademik, industri, dan perwakilan pemerintah. Rektor ITB Akhmaloka di Bandung, Rabu, mengatakan bahwa pusat inovasi tersebut sebagai wadah yang akan menghasilkan kolaborasi sinergis antara dunia akademik, industri, dan pemerintah. “Kami coba memikirkan mungkin tidak di kampus-kampus, atau mungkin di ITB itu ada pusat untuk inovasi yang kemudian juga ada industri, akademisi, bisa juga dari pemerintah. Tidak mesti pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah,” tuturnya. Menurut Akhmaloka, akademisi tidak bisa sendirian untuk menghasilkan inovasi tanpa kerja sama dengan industri dan pemerintah. “Tidak mungkinlah mengembangkan sesuatu tanpa kolaborasi dengan pemerintah maupun industri, itu penelitian untuk kepentingan penelitian, bukan untuk kepentingan perbaikan kehidupan manusia,” ujarnya.

…dst

11 ) RS Unair Fokus Pasien Kaya
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/09/373/675360/rs-unair-fokus-pasien-kaya

Kamis, 09 Agustus 2012 10:12 wib
SURABAYA – Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) menetapkan diri melayani pasien kaya. Mereka berupaya mencegah pasien berobat ke luar negeri. Direktur Utama RS Universitas Airlangga, Surabaya, Prof. Muh Dikman Angsar SpOG(K) berkata, permintaan layanan kesehatan orang kaya sangat tinggi. Mulai dari keinginan menyembuhkan penyakit sampai keinginan untuk mempercantik diri. “Kesadaran hidup mereka juga tinggi. Sehingga selektif dalam memilih layanan kesehatan,” ujarnya seusai penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Dinkes Kota Surabaya untuk pelayanan pasien peserta Jamkesmas nonkuota kemarin. Sayangnya, kata Dikman, layanan kesehatan untuk orang kaya itu tidak diperhatikan pemerintah. Akibatnya, banyak di antara mereka yang ke luar negeri. Dikman menunjukan, saat ini rumah sakit pemerintah lebih memprioritaskan melayani pasien miskin. Mulai dari penyedian Jamkesmas dan Jamkesmas nonkuota (Jamkesda dan SKTM).

…dst

12 ) Binus International Berkampus di Mal
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/08/373/675189/binus-international-berkampus-di-mal

Rabu, 08 Agustus 2012 18:20 wib
JAKARTA – Universitas Bina Nusantara (Binus) Internasional membuka kampus baru untuk mahasiswa program S-1. Uniknya, cabang baru tersebut berlokasi di dalam pusat perbelanjaan (mal) FX, Senayan, Jakarta Selatan, tepatnya di lantai enam. Dalam sambutannya, Rektor Binus Hardjanto Prawobo mengungkap, adanya kampus ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas mahasiswa dan kualitas pendidikan di Binus Internasional. “Bukan ruangan yang ingin ditonjolkan tapi semangat teman-teman untuk mengisi dengan pendidikan,” ujar Hardjanto saat launching kampus baru di FX, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2012). Dia menyebut, diperlukan kerjasama yang baik antara orangtua, mahasiswa, dan dosen sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Binus Internasional. “Sehingga tidak hanya menghasilkan mahasiswa berkelas dunia tapi juga karya yang bertaraf internasional,” paparnya.

…dst

13 ) Tersedia 6 Beasiswa Riset di Australia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/09/12195870/Tersedia.6.Beasiswa.Riset.di.Australia

Kamis, 9 Agustus 2012 | 12:19 WIB
KOMPAS.com – The International Postgraduate Research Scholarship (IPRS) membuka kesempatan melakukan penelitian di Curtin University, Australia, pada tahun 2013. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 1 Juni 2012 dan ditutup pada tanggal 31 Agustus mendatang.
Beasiswa untuk semua jurusan dan bidang studi ini dibuka untuk semua pelamar dari seluruh negara, kecuali Selandia Baru. Tak tertutup kemungkinan untuk calon mahasiswa bisa melamar kesempatan ini. IPRS akan memberikan enam beasiswa bagi penelitian yang terpilih. Beasiswa akan diberikan berdasarkan prestasi akademik dan kemampuan riset yang memenuhi syarat untuk memulai penelitian pada tahun 2013. IPRS menanggung biaya kuliah selama dua tahun untuk gelar Master Research dan tiga tahun untuk gelar doktor, serta asuransi kesehatan dan biaya hidup selama beasiswa. Selain itu, para penerima beasiswa akan menerima Australian Postgraduate Award (APA) senilai 23.728 dollar AS yaitu uang saku bebas pajak yang setiap tahun.

…dst

14 ) GN-OTA Targetkan Beasiswa untuk 30.000 Anak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/09/09260615/GN-OTA.Targetkan.Beasiswa.untuk.30.000.Anak

Kamis, 9 Agustus 2012 | 09:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) menargetkan beasiswa untuk 30.000 anak pada tahun ajaran baru. Pasalnya, jumlah penerima bantuan melalui Yayasan GN-OTA pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 21.000 anak. “Mulai tahun ajaran baru saat ini, GN-OTA menargetkan untuk memberikan beasiswa kepada 30.000 anak sebagai bentuk partisipasi menuntaskan wajib belajar sembilan tahun,” kata pemimpin Yayasan GN-OTA, Gendis Siti Hatmanti, seusai pemberian bantuan dari Universitas Mercu Buana kepada sejumlah pelajar melalui GN-OTA, Jakarta, Rabu (8/8/2012). Pemberian beasiswa akan dilakukan merata di seluruh daerah di Indonesia. Untuk merealisasikan target tersebut, Gendis mengatakan, Yayasan GN-OTA akan menggandeng sejumlah pihak, mulai dari pihak swasta hingga lembaga pendidikan.

…dst

15 ) Koperasi Pegawai Setjen Kemdikbud Terbaik Nasional 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/567

08/09/2012
Palangkaraya — Koperasi pegawai Sekretariat Jenderal (Kopeg Setjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinobatkan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional tahun 2012. Atas kemenangan tersebut, kopeg setjen Kemdikbud mendapat penghargaan dari kepala negara, Presiden Susilo bambang Yudhoyono. Penghargaan yang diberikan pada Hari Koperasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 12 Juli lalu ini, memberikan kebanggaan bagi keluarga besar Kopeg Setjen Kemdikbud yang kini dipimpin oleh M. Marpaung, Msi. “Penghargaan ini adalah untuk semua keluarga besar Kopeg Setjen Kemdikbud,” tutur Marpaung di kantornya, gedung C lantai 2 Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

…dst

16 ) Komite Pendidikan Pimpinan Wapres Bikin Rancu
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/09/m8ha34-komite-pendidikan-pimpinan-wapres-bikin-rancu

Kamis, 09 Agustus 2012, 14:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rohmani mengatakan, komite pendidikan yang dipimpin Wakil Presiden Boediono menimbulkan kerancuan dalam pengelolaan pendidikan nasional. “Dengan adanya komite pendidikan tersebut pembahasan anggaran pendidikan menjadi berbelit-belit,” katanya di Jakarta, Kamis (9/8). Menurut legislator yang membidangi masalah pendidikan, kebudayaan, olah raga dan pariwisata itu, setiap pembahasan anggaran antara pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan DPR, tidak bisa diputuskan secara bersama-sama. Kemendikbud, kata dia, tidak bisa memutuskan sendiri kebijakan postur anggaran pendidikan karena harus melibatkan komite pendidikan. “Pembahasan postur anggaran di Komisi X tidak berarti apa-apa jika pada akhirnya keputusan dengan pemerintah tersebut harus mendapat persetujuan komite pendidikan. Selain pembahasan berbelit-belit. Hak konstitusional DPR dalam proses penganggaran dikebiri,” katanya.

…dst

17 ) Uji Kompetensi Guru
Ini Jawaban Mendikbud Soal Kritik terhadap UKG
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/09/15411732/Ini.Jawaban.Mendikbud.Soal.Kritik.terhadap.UKG

Kamis, 9 Agustus 2012 | 15:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menjawab kritik yang dilontarkan oleh publik terkait penyelenggaraan uji kompetensi guru (UKG). Meski masih banyak kelemahan secara teknis maupun substansi dalam penyelenggaraannya, Nuh menegaskan bahwa UKG penting untuk memperbaiki kualitas guru di Indonesia. “Program ini bukan untuk membuka aib, tetapi untuk melakukan perbaikan kualitas dan kinerja guru. Adapun hasil UKG nanti hanya akan menampilkan nilai rata-rata per provinsi dan kabupatennya saja, bukan perorangan,” katanya saat pemaparan lanjutan rapat kerja bersama dengan Komisi X DPR RI, di Senayan, Jakarta, Kamis (9/8/2012).
Nuh tak menampik adanya sejumlah masalah dalam teknis pelaksanaan UKG di berbagai daerah. Namun, menurutnya, kementerian berupaya memperbaiki kegagalan yang sudah terjadi sehingga tidak terulang di gelombang berikutnya.

…dst