1 ) Unpad Berikan Penghormatan Terakhir pada Almarhum Prof. Dr. Yudha Bhakti Ardiwisastra, SH., MH
http://www.unpad.ac.id/archives/59267

[Unpad.ac.id, 15/08/2012] Usai sudah pengabdian Guru Besar Fakultas Hukum Unpad, pakar Hukum Internasional, Prof. Dr. Yudha Bhakti Ardiwisastra, SH., MH. Salah satu putra terbaik yang dimiliki Unpad ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (14/08) pukul 16.00 di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung karena sakit. Setelah disemayamkan di rumah duka, keluarga besar Unpad memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum pada Rabu (15/08) di Mesjid Al Jihad Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung. Selanjutnya, almarhum akan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cibarunai Sarijadi, Bandung.

…dst

2 ) Kemdikbud Bersiap Sambut Upacara HUT RI ke-67
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/578

08/15/2012
Jakarta — Halaman Kantor Kemdikbud yang terletak di Jalan Sudirman Senayan Jakarta sejak seminggu terakhir ini, terus berbenah. Merapikan tanaman, memasang umbul-umbul, spanduk, dan baliho serta menghias kain merah putih yang terpasang di sepanjang pagar Kantor Kemdikbud adalah beberapa aktivitas yang berlangsung belakangan ini. Pohon yang rindang dan rumput yang hijau menambah asri suasana. Semua aktivitas itu adalah untuk menyemarakkan upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Kantor Kemdikbud, Jumat, 17 Agustus 2012. Upacara akan berlangsung pada pukul 07.00 WIB. Sebanyak 1.000 pegawai negeri sipil di lingkungan Kemdikbud, mulai dari pejabat eselon I, II,III, IV, dan staf akan mengikuti upacara ini. Pembina Upacara adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

…dst

3 ) Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip Jadi Favorit
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/2232384/Fakultas.Kesehatan.Masyarakat.Undip.Jadi.Favorit

Rabu, 15 Agustus 2012 | 22:32 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2012 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu fakultas terfavorit. Itu terlihat dari tingginya animo calon mahasiswa yang mendaftar untuk kuliah di fakultas tersebut. Tahun ini ribuan mahasiswa memperebutkan 451 kursi yang disediakan FKM Undip. Bahkan mahasiswa asing pun berminat mendalami ilmu kesehatan masyarakat di FKM. Para calon mahasiswa tersebut mendaftar dari berbagai jalur pendaftaran di FKM Undip. Peminat tertinggi dari jalur undangan, yang mencapai 2.333 pendaftar, padahal jumlah mahasiswa yang diterima di jalur ini hanya 110 orang. Begitu juga peminat FKM yang mendaftar di jalur SNMPTN Tulis mencapai 2.150, dan yang ikut seleksi melalui jalur Ujian Mandiri dan Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) kemitraan sebanyak 1.753 orang.

…dst

4 ) Dana Tersendat, Pembangunan RS Unibraw Dihentikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/11415641/Dana.Tersendat.Pembangunan.RS.Unibraw.Dihentikan

Rabu, 15 Agustus 2012 | 11:41 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Pembangunan Rumah Sakit Akademik Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, dihentikan karena tersendatnya anggaran yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Rektor Unibraw, Yogi Sugito, mengatakan pembangunan sudah dihentikan beberapa waktu lalu dan kini masih menunggu pencairan dana dari APBN.”Bangunan fisik yang sudah selesai baru sekitar 50 persen atau senilai Rp300 miliar. Untuk menuntaskannya juga masih menunggu anggaran dari APBN karena sumber dana utama pembangunan rumah sakit akademik ini dari pemerintah pusat,” katanya di Malang, Rabu (15/8/2012). Rencananya, rumah sakit ini akan dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar dan akan menghabiskan anggaran hingga Rp 600 miliar. Pembangunan dijadwalkan tuntas selama empat tahun sejak peletakan batu pertama pada tahun 2009.

…dst

5 ) Masih 10 Nama di Bursa Balon Rektor UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/20233199/Masih.10.Nama.di.Bursa.Balon.Rektor.UI

Rabu, 15 Agustus 2012 | 20:23 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Sejak dibuka 8 Agustus lalu, masih sepuluh orang yang mendaftar sebagai bakal calon rektor Universitas Indonesia (UI) dalam bursa pendaftaran pemilihan rektor periode 2012-2017. Tanpa menyebutkan nama calon yang sudah mendaftar, Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI, Endriartono Sutarto, mengatakan, sudah banyak orang yang mencari informasi mengenai pemilihan, namun belum mendaftar hingga saat ini. Panitia pemilihan sendiri masih menerima pendaftaran hingga 31 Agustus. Pendaftaran dilakukan secara online di laman resmi pemilihan Rektor UI. Panitia kembali membuka pendaftaran pemilihan bakal calon rektor UI setelah gugatan ke pengadilan tata usaha negara (PTUN) dicabut oleh pihak penggugat. Sebelumnya, Senat Universitas UI (SU-UI) melayangkan gugatan kepada PTUN terkait status kampus hingga putusan sela dikeluarkan.

…dst

6 ) 10 orang calon Rektor UI
http://www.antaranews.com/berita/327812/10-orang-calon-rektor-ui

Rabu, 15 Agustus 2012 17:10 WIB
Depok (ANTARA News) – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) Endriartono Sutarto mengatakan, saat ini sudah 10 orang yang mendaftar sebagai calon rektor UI periode 2012-2017. “Belum ada penambahan jumlah orang yang mendaftar masih 10 orang,” katanya kepada ANTARA News di Depok, Rabu. Menurut dia, banyak yang menanyakan dan mencari informasi terkait pemilihan rektor tersebut, tapi mereka belum mendaftar. Panitia masih menunggu pendaftaran hingga 31 Agustus 2012. Proses pendaftaran mulai dibuka 8 hingga 31 Agustus 2012. Ia mengatakan, sebelumnya pansus sudah membuka pendaftaran bakal calon rektor, namun karena adanya putusan sela dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), maka pelaksanaan pemilihan rektor ditunda. “Gugatan telah dicabut sehingga proses pemilihan bisa berjalan kembali,” ujarnya.

…dst

7 ) Djoko Dipilih karena Pengalaman
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/519916/38/

Wednesday, 15 August 2012
JAKARTA– Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso kemarin resmi dilantik menjadi pejabat sementara (pjs) rektor Universitas Indonesia (UI). Djoko dilantik di Gedung A Kemendikbud sekitar pukul 10.00 WIB. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, alasan dipilihnya Djoko karena dia menjabat sebagai dirjen Dikti atau masih menjabat sebagai pegawai eselon I di Kemendikbud. Hal ini sesuai dengan permintaan Majelis Wali Amanat (MWA) UI agar Mendikbud memilih pjs rektor UI dari pejabat eselon I di lingkungannya. Pertimbangan kedua, Djoko memiliki pengalaman mengelola perguruan tinggi, yakni saat menjadi rektor Institut Teknologi Bandung (ITB). Nuh mengaku tidak akan memilih pjs rektor yang tidak sepadan sehingga minimal yang dipilih ialah yang pernah menjabat sebagai orang nomor satu di suatu perguruan tinggi negeri (PTN). “Karena Djoko mampu mengendalikan dan mengayomi UI selama dalam proses pemilihan rektor (pilrek),” katanya di Gedung Kemendikbud.

…dst

8 ) Mobil Balap Formula Mahasiswa Indonesia Menuju Jepang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/15500152/Mobil.Balap.Formula.Mahasiswa.Indonesia.Menuju.Jepang

Rabu, 15 Agustus 2012 | 15:50 WIB
KOMPAS.com — Dua mobil balap formula karya mahasiswa dari dua perguruan tinggi di Indonesia bakal ikut berlaga di The 10th Student Formula SAE Competition di Ogasayama Sport Park, Shizuoka World Cup Stadium, Airo-City, Jepang, 3-7 September mendatang. MushikaOne, mobil balap formula besutan tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bimasakti, karya tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada, siap bertarung dengan 75 mobil balap formula karya mahasiswa dari negara lain. Seperti dilansir oleh Antara, kedua mobil balap formula karya anak bangsa itu berhak ikut dalam ajang balapan yang sudah berlangsung sejak tahun 80-an itu setelah dinyatakan memenuhi standar otomotif internasional atau Society of Automotive Engineers Standar (SAE). MushikaOne dirancang oleh tim mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin ITB dan dipimpin oleh Ketua Tim MushikaOne, Tri Aghna Satriya. Mobil balap single seat berkapasitas 600 cc itu menghabiskan dana sekitar Rp 250 juta.

…dst

9 ) Unsoed Jalin Kerjasama dengan PT di Thailand
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/15/m8sfkf-unsoed-jalin-kerjasama-dengan-pt-di-thailand

Rabu, 15 Agustus 2012, 15:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand. Kerja sama yang dijalin, antara lain dalam bentuk Joint Degree Program, kerjasama penelitian, dan rencana penyelenggaraan program Double Degree. ”Kesepakatan kerjasama itu, kami putuskan setelah rombongan pimpinan Unsoed mengadakan kunjungan ke empat universitas di Thailand, pada 6 hingga 9 Agustus lalu,” kata Koordinator Bidang Akademik Program Studi Magister Biologi UNSOED, Dr Romanus Edy Prabowo, Rabu (15/8). Dia menyebutkan, undangan ke Thailand, awlanya datang dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok yang baru, Dr Yunardi, dalam rangka Courtesy Call sekaligus pembicaraan kerjasama perguruan tinggi (PT) Republik Indonesia dengan beberapa perguruan tinggi Kerajaan Thailand.

…dst

10 ) UNS Persiapkan Sekolah Vokasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/15/373/678068/uns-persiapkan-sekolah-vokasi

Rabu, 15 Agustus 2012 14:10 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menggabungkan 23 program studi Diploma yang ada menjadi sekolah vokasi. Sekolah ini diharapkan bisa menelurkan lulusan dengan keahlian di bidang tertentu “Dalam sekolah vokasi nantinya yang utama adalah menghasilkan tenaga ahli. Jadi bukan soal keilmuannya,” kata Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi saat bertemu wartawan di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/8/2012). Ravik berujar, penggabungan program studi Diploma menjadi sekolah vokasi saat ini dalam tahap persiapan. Termasuk tim yang menangani juga sudah terbentuk. “Rencananya pada 2013 mendatang sekolah vokasi UNS sudah berdiri,” jelasnya.Lebih lanjut Ravik mengimbuh, Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU PT) yang baru saja disahkan menyebutkan, mahasiswa Diploma berhak melanjutkan ke program Sarjana. Bahkan, mereka juga bisa menempuh pendidikan hingga jenjang doktor.

…dst

11 ) LPTK Mesti Dibenahi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/20570477/LPTK.Mesti.Dibenahi

Rabu, 15 Agustus 2012 | 20:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) dinilai bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah kualitas dan profesionalisme guru yang rendah. Pemerintah justru harus memperbaiki lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai penghasil guru. “Kalau gugatan uji materi yang diajukan para guru ke Mahakamah Agung dikabulkan, Kemendikbud semestinya terlebih dahulu membenahi LPTK sebagai pabrik guru, bukan malah menggelar UKG. Selain itu, kami berkeyakinan mengukur kualitas dan kinerja guru sebaiknya dilakukan secara holistik dan melibatkan kepala sekolah serta pengawas, bukan malah memberi soal-soal pilihan ganda, kata Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) Retno Listyarti, Rabu (15/8/2012) di Jakarta.

…dst

12 ) Bahas Kerancuan Jenis Kelamin, PR Undip Raih Penghargaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/15/373/678060/bahas-kerancuan-jenis-kelamin-pr-undip-raih-penghargaan

Rabu, 15 Agustus 2012 17:08 wib
JAKARTA – Pencapaian Pembantu Rektor Pengembangan Kerjasama (PRPKS) Universitas Diponegoro (Undip) Sultana MH Faradz ini patut dicontoh. Tak mau kalah dari anak didiknya dalam mencetak prestasi, Sultana baru-baru ini meraih penghargaan Freedom Institute Center For Democracy, Nationalism and Market Economy Studies.Achmad Bakrie X Award 2012 untuk bidang kesehatan tersebut diraih Sultana berkat penemuan ilmiahnya yang mengungkap pemahaman aspek seluler dan molekuler dari kelambanan intelektual dan kerancuan kelamin, beserta pewarisan genetis dan penanganannya.Menurut Sultana, kerancuan kelamin dapat diderita oleh laki-laki maupun perempuan. Sultana mengungkap, beberapa tanda perempuan yang menderita kerancuan kelamin adalah dia tidak memiliki payudara dan klitorisnya membesar. Sebaliknya, jika hal ini terjadi pada laki-laki, dia memiliki payudara yang mengembang serta penis dan testis yang kecil.

…dst

13 ) Indonesia bisa kembangkan teknologi dirgantara
http://www.antaranews.com/berita/327775/indonesia-bisa-kembangkan-teknologi-dirgantara

Rabu, 15 Agustus 2012 15:22 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mantan Presiden Republik Indonesia yang juga mantan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie meyakini bahwa generasi muda Indonesia mampu mengembangkan teknologi kedirgantaraan di masa depan. “Sumber daya manusia bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi kedirgantaraan itu. Buktinya sudah ada pesawat N250 yang bisa dihasilkan dan itu bukan mimpi,” kata BJ Habibie disela kunjungan di Taman Pintar Yogyakarta, Rabu.Menurut dia, pengembangan teknologi kedirgantaraan di tanah air sangat penting dilakukan karena akan bisa menghubungkan jarak antar pulau-pulau di tanah air yang cukup jauh.Terlebih lagi, lanjut dia, pertumbuhan penumpang pesawat terbang di Indonesia dalam 10 tahun terakhir sangat pesat sehingga hal tersebut sudah membuktikan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan pesawat terbang.”Saat ini, tidak perlu lagi saling salah menyalahkan. Yang harus dilakukan saat ini adalah memperjuangkan agar teknologi dirgantara di Indonesia bisa semakin maju,” katanya.

…dst

14 ) Nilai Rata-rata UKG Gelombang Pertama 4,5
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/08133064/Nilai.Rata-rata.UKG.Gelombang.Pertama.4.5

Rabu, 15 Agustus 2012 | 08:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Syawal Gultom mengungkapkan, nilai rata-rata nasional uji kompetensi guru (UKG) gelombang pertama adalah 4,5. Menurut dia, nilai rata-rata ini sudah menggambarkan apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan para guru dalam meningkatkan kompetensinya. Dia mencontohkan, misalnya untuk mata pelajaran Matematika, apakah guru kesulitan di Aljabar, Geometri, atau Statistik. Berdasarkan hasil UKG, Kemdikbud akan mendesain diklatnya. “Hasil UKG ini masukan berharga bagi guru untuk mengembangkan diri sendiri, masukan bagi sekolah untuk membina guru, penyelenggara diklat, serta lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK),” kata Syawal di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (14/8/2012).

…dst

15 ) Bulan Sabit, Antara Sains dan Simbol
http://sains.kompas.com/read/2012/08/15/14334565/Bulan.Sabit.Antara.Sains.dan.Simbol

Rabu, 15 Agustus 2012 | 14:33 WIB
Oleh M Zaid Wahyudi
Bulan sabit telah lama dijadikan simbol dari segala hal yang bernuansa islami. Penggunaannya sangat luas, mulai dari simbol di atas kubah masjid, gerakan kepalangmerahan, lambang partai politik, hingga lambang sejumlah negara. Bentuk yang paling banyak digunakan adalah sabit tegak mirip huruf C. Bentuk bulan sabit berbeda-beda bergantung dari posisi tempat terkait di muka Bumi. Di sekitar khatulistiwa, posisi bulan sabit seperti huruf C telentang. Menjauhi khatulistiwa, bentuknya makin miring mirip huruf C. “Di daerah yang terletak pada 40-60 derajat Lintang Utara atau Lintang Selatan, bentuk bulan sabit terlihat tegak seperti huruf C,” kata Judhistira Aria Utama dari Laboratorium Bumi dan Antariksa, Universitas Pendidikan Indonesia, Senin (6/8).

…dst

16 ) 2013, Diklat Guru Online Dimulai
http://www.jpnn.com/read/2012/08/14/136879/2013,-Diklat-Guru-Online-Dimulai-

Selasa, 14 Agustus 2012 , 21:24:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menindaklanjuti hasil pemetaan terhadap Uji Kompetensi Guru (UKG). Tindaklanjuti ini dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan dan latihan secara daring (online) pada 2013.Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan, materi diklat dirancang berdasarkan hasil pemetaan meliputi proses mempelajari materi, melatihkannya, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan untuk mengukur perubahan kompetensi pada guru.”Nanti uji kompetensi tidak berhenti di sini. Kita punya 2.979 TUK (tempat uji kompetensi) dan laboratorium komputer aktif yang bisa digunakan untuk diklat online. Jadi nanti uji kompetensi ini akan dilanjutkan dengan diklat online,” terang Syawal di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (14/8).

…dst