1 ) Kemendikbud Genjot Bangun Politeknik
http://www.jpnn.com/read/2012/08/22/137355/Kemendikbud-Genjot-Bangun-Politeknik-

Rabu, 22 Agustus 2012 , 06:46:00
JAKARTA – Penghentian sementara atau moratorium pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) sejatinya baru akan berakhir pada 2014. Namun, kebijakan tersebut bersifat longgar. Buktinya, tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana membangun politeknik negeri baru di sejumlah wilayah. Salah satunya di Jawa Timur (Jatim). Ada tiga politeknik negeri yang akan dibangun di Jatim. Selain itu, Kemendikbud akan mendirikan sejumlah akademi komunitas. Akademi tersebut adalah perguruan tinggi yang mencetak mahasiswa setingkat D-I dan D-II dari lulusan SMK (sekolah menengah kejuruan). Bakal ada akademi komunitas di setiap kabupaten. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, politeknik negeri baru di Jatim akan dibangun di Banyuwangi, Madiun, dan Madura. Sementara itu, akademi komunitas bakal didirikan di Pacitan. Pendirian sejumlah PTN itu mulai dikebut pada 2013. Djoko mengatakan, setelah pengesahan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti), pendirian PTN baru cukup ketat. Kampus-kampus baru harus mengantongi standar minimal perguruan tinggi yang ditetapkan Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Terkait moratorium pendirian PTN baru, hal itu tidak berlaku untuk pendidikan tinggi berbasis vokasi. “Selama masa moratorium ini, justru perguruan tinggi vokasi kita perkuat,” ujar Djoko.

…dst

2 ) Dibuka Beasiswa Doktor Ilmu Komputer di Melbourne
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/22/12454251/Dibuka.Beasiswa.Doktor.Ilmu.Komputer.di.Melbourne

Rabu, 22 Agustus 2012 | 12:45 WIB
KOMPAS.com – Universitas RMIT, Melbourne, Australia, menawarkan beasiswa untuk meraih gelar PhD di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (TI) Internasional. Jika Anda berminat, beasiswa ini menyediakan biaya kuliah dan biaya hidup. Penyelenggara menawarkan beasiswa yang akan menutupi biaya kuliah doktor selama tiga setengah tahun ditambah biaya hidup sebesar 15.000 dolar Australia. Selain itu, ada juga sistem mengajar assistantship yang dapat menjadi bagian dari beasiswa tersebut. Peluang beasiswa ini akan terbuka untuk Anda, hanya jika Anda memenuhi kualifikasi terbaik untuk menjadi mahasiswa internasional, memenuhi persyaratan bahasa Inggris RMIT dari IELTS 6.5, tidak menjadi warga negara atau penduduk tetap Australia atau Selandia Baru, menunjukkan potensi Anda untuk menyelesaikan sebuah proyek penelitian doktoral, misalnya menerbitkan karya ilmiah seperti tesis, makalah konferensi atau artikel jurnal, serta telah lulus dengan nilai brilian, misalnya dengan indeks prestasi kumulatif minimal 3.5 dari indeks 4 dari universitas unggulan.

…dst

3 ) Bursa Rektor UI, Gumilar Belum Mendaftarkan Diri
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/21/342327/293/14/Bursa-Rektor-UI-Gumilar-Belum-Mendaftarkan-Diri

Selasa, 21 Agustus 2012 19:34 WIB
JAKARTA–MICOM: Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI Endriatrtono Sutarto menyebutkan sejauh ini Gumilar R Somantri belum mendaftarkan diri menjadi bakal calon rektor UI periode 2012-2017. “Hingga saat ini belum mendaftar,” ujarnya. Terakhir 10 orang yang mendaftar. Karena Kantor Sekretariat Pemilihan Rektor UI 2012 diliburkan sejak 16 Agustus 2012 dan aktif kembali 27 Agustus 2012 mendatang. “Jadi saya belum update lagi berapa banyak yang sudah mendaftar. Mungkin nungguin selesai berlebaranan,” ujarnya tanpa menyebutkan nama calon yang sudah mendaftar, Selasa (21/8).

…dst

4 ) Dibuka, Peluang Sarjana Pendidikan Mengajar di Daerah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/21/1820049/Dibuka.Peluang.Sarjana.Pendidikan.Mengajar.di.Daerah

Selasa, 21 Agustus 2012 | 18:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah membuka peluang dan kesempatan bagi sarjana pendidikan terbaik untuk kembali mengikuti tes seleksi online gelombang kedua program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T). Pendaftaran tes seleksi online gelombang kedua dibuka hingga 26 Agustus 2012. Supriadi Rustad, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (21/8/2012) mengatakan, Kemendikbud menunjuk 17 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) penyelenggara program SM-3T untuk mensosialisasikan tes gelombang kedua tersebut. Peluang menjadi pengajar pada program SM-3T pada tahun ini ditambah untuk bidang pendidikan IPA, IPS, sejarah, geografi, seni, dan bimbingan konseling.

…dst

5 ) Empat Mahasiswa FPIPS UPI Ikuti Program Transfer Credit di Malaysia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/200393

Selasa, 21/08/2012 – 14:01
BANDUNG,(PRLM).-Empat mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia akan bertolak ke Malaysia untuk mengikuti program Student Mobility and Credit Transfer Program Malaysia, Indonesia, Thailand. Keempat mahasiswa yang akan berangkat pada awal September mendatang ini adalah Kendid Syahid, Abdul Majid, Vitri Dwi Martini, dan Fitri Amaliana Hadi dari Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata FPIPS. Dekan FPIPS UPI Prof. Karim Suryadi menuturkan, para mahasiswa ini akan menjalani studi selama satu semester di Universiti Teknologi Mara dan Universiti Putra Malaysia. Program Student Mobility and Credit Transfer ini sendiri sudah berlangsung sejak 2010, dan sampai saat ini telah ada 19 orang mahasiswa UPI yang mengikuti program ini dengan menggunakan skim beasiswa dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri.

…dst

6 ) Program S-2 Bahasa Inggris Segera Dibuka di Biak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/22/11171484/Program.S-2.Bahasa.Inggris.Segera.Dibuka.di.Biak

Rabu, 22 Agustus 2012 | 11:17 WIB
BIAK, KOMPAS.com – Pengelola program pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura kelas Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan segera membuka pendidikan magister atau S-2 Bahasa Inggris untuk menjawab kebutuhan guru di kawasan Teluk Cenderawasih. Pembukaan pendaftaran menunggu persetujuan dari pihak rektorat di Jayapura.
“Untuk pengelola Uncen kelas Biak sampai sekarang telah siap menerima pendaftaran, ya kapan waktunya kami masih menunggu persetujuan rektorat Universitas Cenderawasih Jayapura,” ujarnya di Biak, Rabu (22/8/2012). Pengelola pendidikan doktoral Uncen kelas Biak, Leonard Makuker mengakui, program itu mendesak untuk direalisasikan tahun ini untuk memenuhi permintaan guru di wilayah Kabupaten Biak Numfor dan Supiori. Dia mengakui pendidikan magister Bahasa Inggeris akan banjir peminat karena pendidikan pascasarjana tersebut dibutuhkan kalangan guru setempat.

…dst

7 ) Kursi Roda “Pintar”, Awalnya untuk Tugas Akhir…
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/22/10560264/Kursi.Roda.Pintar.Awalnya.untuk.Tugas.Akhir.

Rabu, 22 Agustus 2012 | 10:56 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Wahyu Mohammad Ihsan dan Arif Priyanto harus merampungkan tugas akhir. Namun, mereka berpikir keras untuk membuat suatu produk yang berguna. Juli lalu, dua mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) jurusan Mekatronika ini pun menciptakan kursi roda pintar untuk mempermudah penyandang cacat melakukan aktivitas. “Kursi roda yang kami sebut ‘Reconfiguration Wheel Chair’ itu merupakan hasil riset kami selama setahun untuk tugas akhir,” kata Arif seperti ditulis di laman resmi PENS. Arif bertugas merancang mekanik, mengatur kecepatan, dan mobilitas kursi roda itu, sementara Wahyu bertugas membuat mekanik dan kontrol lengan untuk mengatur ketinggiannya. Kursi roda mereka ini dikontrol dengan menggunakan remote yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur ketinggian kursi sesuai kebutuhan. Dengan demikian, penyandang cacat tidak perlu meminta bantuan orang lain bila ingin mengambil benda, misalnya untuk benda yang terjatuh ke lantai, pengguna kursi roda bisa menyetel kursi lebih rendah dengan menggunakan remote agar bisa mengambil benda tersebut.

…dst

8 ) KKN PPM UGM Luncurkan Edu-Eco-Tourism Gerabah Kasongan
http://www.dikti.go.id/?p=5149&lang=id

21 August 2012
YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Guna membantu penguatan ekonomi akibat melemahnya permintaan ekspor gerabah Kasongan sebagai dampak krisis ekonomi dunia, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) meluncurkan kegiatan Promotion Days Wisata Edukasi (edu-eco-tourism). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Kajen, Kalipucang, Sembungan dan Gedongan, Desa Bangunjiwo, Kasihan Bantul DIY dengan melibatkan sekolah-sekolah yang ada di DIY. Wisata edukasi itu dikemas secara sangat cerdas oleh mahasiswa KKN-PPM UGM karena memadukan keunggulan kerajinan gerabah di Kasongan, keunikan seni dan budaya di Sembungan, pertanian yang subur di Gedongan dan peternakan serta kerajinan di Kalipucang.

…dst

9 ) Tiga Sasaran Pendidikan Menengah Universal
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/590

08/21/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, ada tiga sasaran Pendidikan Menengah Universal (PMU). Sasaran pertama adalah untuk menaikkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan menengah secara signifikan. Karena saat ini setidaknya terdapat 235 kabupaten/kota yang APK nya di bawah rata-rata nasional. “Kalau tidak pakai PMU, APK 90 persen itu baru dicapai tahun 2040, dengan PMU akan dicapai pada tahun 2020” demikian disampaikan Mendikbud usai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyinggung PMU dalam pidato kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, Kamis (16/08). Kedua, PMU ditujukan untuk memperkecil disparitas antar kabupaten/kota. Ada 71 kabupaten/kota yang saat ini rata-rata APKnya di bawah 50 persen. Dengan PMU ini, diharapkan akan mendongkrak APK di kabupaten/kota tersebut agar mempersempit disparitas APK nya dengan kabupaten/kota lainnya. “PMU ini akan menaikkan yang di bawah rata-rata. Karena kalau digenjot dari bawah, APKnya tercapai dan disparitasnya kecil,” katanya.

…dst

10 ) BJ Habibie: pesawat N250 masih yang terbaik
http://www.antaranews.com/berita/328635/bj-habibie-pesawat-n250-masih-yang-terbaik

Senin, 20 Agustus 2012 21:07 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Mantan Presiden RI Bacharudin Jusuf Habibie atau yang akrab dipanggil BJ Habibie mengatakan pesawat N250 yang proyeknya sempat terhenti di tengah jalan merupakan salah satu pesawat terbaik. “N250 is still the best,” kata Habibie di sela-sela Open House menyambut Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah di kediamannya di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta, kemarin. Habibie mengatakan pesawat tersebut akan dapat terbang dalam lima tahun ke depan dengan perubahan rancangan pesawat yang serba digital. “Kami akan `redesign` (desain ulang) pesawat, salah satunya mesin. Ini perlu karena ada gap teknologi kurang lebih 20 tahunan,” ujar pemilik 46 paten di bidang Aeroneutika itu. Pada Sabtu lalu (11/8/12) dilakukan penandatanganan proyek pengembalian dan penyelesaian kembali pesawat N250 yang sempat terhenti.

…dst

11 ) Remaja temukan cara diagnosa kanker pankreas 168 kali lebih cepat
http://www.bbc.co.uk/indonesia/mobile/olahraga/2012/08/120821_usteencancer.shtml

22 August 2012
Seorang remaja berusia 15 tahun, Jack Andraka, menciptakan tes kanker pankreas 168 kali lebih cepat dan 1.000 kali lebih murah dibandingkan dengan uji yang ada. Jack Andraka telah mengajukan paten untuk tes kanker pankreas dan kini tengah melakukan penelitian lebih lanjut di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Amerika Serikat. Andraka menemukan cara untuk tes kanker pankreas ini dengan menggunakan Google. Remaja asal Maryland ini memenangkan hadiah sebesar US$75.000 dalam lomba Intel International Science and Engineering Fair bulan Mei lalu atas temuannya. Ia mengatakan mesin pencari dan bahan sains yang gratis di online membantunya menciptakan tes kanker ini. Andraka mengatakan kepada wartawan BBC Matta Danzico, gagasan untuk menciptakan tes kanker ini muncul saat ia mengikuti kelas biologi.

…dst