1 ) Masa Orientasi Mahasiswa Baru IPB Hadirkan 2 Menteri
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/613

09/01/2012
Bogor — Masa orientasi mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini terasa spesial karena mampu menghadirkan dua orang menteri sebagai narasumber. Masa orientasi mahasiswa baru yang di IPB dikenal sebagai Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB), tahun ini dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono. Kedua menteri tersebut hadir dalam penutupan MPKMB pada hari Sabtu (1/9) di Graha Widya Wisuda IPB. “Kami benar-benar bahagia karena beliau dapat hadir di tengah-tengah kita,” ujar Presiden Mahasiswa IPB Muhamad Saefrudin setelah selesainya acara tersebut. Mentan Suswono hadir di kampus IPB sekitar pukul 11.00. Dalam kesempatan tersebut Mentan mengapresiasi riset-riset yang telah dilakukan IPB terutama di sektor pertanian dan pengolahan hasil pertanian. Pada siang harinya sekitar pukul 14.00 Mendikbud Mohammad Nuh tiba di kampus yang teduh oleh pepohonan tersebut. Mendikbud pada kesempatan itu berpesan empat hal kepada para mahasiswa yaitu: 1. pegang teguh kejujuran; 2. gilai ilmu, dan terus haus akan ilmu; 3. utamakan kemanfaatan bagi masyarakat; dan 4. kembangkan tradisi dan budaya akademik.

…dst

2 ) Mendikbud Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa baru IPB
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/612

09/01/2012
Bogor — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyempatkan hadir dalam penutupan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (1/9) di Kampus IPB Darmaga Bogor. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Mendikbud memberikan kuliah umum di hadapan lebih dari 4.000 mahasiswa baru IPB yang memadati Graha Widya Wisuda IPB. Mendikbud merupakan menteri kedua yang hadir dalam acara tersebut setelah pada pagi harinya Menteri Pertanian Suswono juga menyempatkan memberikan arahan dan motivasi kepada para mahasiswa baru. Mendikbud tiba di kampus IPB sekitar pukul 14.00 dan memberikan kuliah umum selama hampir dua jam. Dalam kesempatan tersebut Menteri Nuh mengajak mahasiswa Indonesia untuk menjadi sosok yang dewasa dalam hal pemikiran. “Yang membedakan mahasiswa dengan siswa adalah kedewasaan,” ujar mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya tersebut. Konsekuensi dari kedewasaan tersebut adalah adanya tanggung jawab. Tanggung jawab memegang peranan penting dalam kesuksesan mahasiswa menempuh jenjang pendidikan tinggi, ujarnya menambahkan.

…dst

3 ) Mendikbud Sebut IPB Gudang Inovator
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/09/01/104184/Mendikbud-Sebut-IPB-Gudang-Inovator

02 September 2012
Metrotvnews.com, Bogor: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyebutkan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai gudang inovator. “IPB adalah gudangnya inovator, banyak inovasi yang dihasilkan di kampus ini,” kata menteri saat menutup masa pengenalan kampus mahasiswa baru IPB angkatan 49 sekaligus pembukaan perayaan Dies Natalis di Kampus Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9) sore. Menteri mengatakan, para mahasiswa yang mendapat kesempatan masuk IPB harus bersyukur. Selain melahirkan inovasi, IPB juga memiliki pakar yang ahli di bidangnya. Alumni IPB juga banyak yang menjadi pemimpin seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Semoga ke depan IPB akan melahirkan banyak presiden lainnya,” kata Menteri di hadapan 4.200 mahasiswa baru IPB angkatan 49.

…dst

4 ) 49 Tahun Berdiri, IPB Hasilkan 510 Inovasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/02/m9ouo5-49-tahun-berdiri-ipb-hasilkan-510-inovasi

Minggu, 02 September 2012, 04:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Institut Pertanian Bogor merayakan Dies Natalis ke-49 yang jatuh pada tanggal 1 September, dalam Dies Natalis kali ini IPB mengangkat tema Inovasi IPB untuk ketahanan pangan nasional. “Selama 49 tahun IPB terus bergerak dalam bidang inovasi. Memastikan benih yang ditanam petani kualitasnya bagus dan efisien. Selama ini IPB telah menghasilkan 510 inovasi,” kata Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, usai upacara perayaan Dies Natalis di lapangan rektorat Andi Hakim Nasoetion Kampus Dramaga, Sabtu. Rektor menyebutkan, dari 510 inovasi yang telah dihasilkan IPB, sebanyak 179 inovasi telah mendapat penghargaan dari Kementerian Riset dan Teknologi. Selama lima tahun berturut-turut inovasi IPB selalu mendominasi dalam penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Rektor mengatakan, yang menjadi tantangan IPB kedepan adalah mewujudkan inovasi yang ada agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

…dst

5 ) Beras Analog IPB Bukti Indonesia Mampu Berinovasi
http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2012/09/01/344968/291/7/Beras_Analog_IPB_Bukti_Indonesia_Mampu_Berinovasi

02 September 2012
BOGOR–MICOM: Menteri Pertanian Suswono mengatakan hadirnya beras analog karya Institut Pertanian Bogor membuktikan Indonesia mampu berinovasi menciptakan banyak mode pangan. “Beras analog ini salah satu inovasi IPB, bahan utamanya berasal dari negeri sendiri seperti singkong, sagu dan jagung. Ini adalah bukti, bahwa Indonesia mampu menciptakan, mode pangan berbeda,” kata Menteri saat meluncurkan beras analog dalam acara Dies Natalis IPB ke-49, di Kampus Darmaga, Bogor, Sabtu (1/9). Menteri mengatakan, Indonesia merupakan negara yang memproduksi beras terbesar di dunia. Namun, Indonesia juga mengkonsumsi beras terbesar sehingga kebutuhan akan beras menjadi sangat besar. Hadirnya inovasi beras analog, lanjut Menteri, dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Karena lanjut menteri sumber karbohidrat tidak hanya dari beras tapi banyak sumber lainnya.

…dst

6 ) MB-IPB Siap Tingkatkan Prestasi ASEAN dan Dunia
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/09/02/104253/MB-IPB-Siap-Tingkatkan-Prestasi-ASEAN-dan-Dunia/3

Sosbud | Minggu, 2 September 2012 09:46 WIB
Metrotvnews.com, Bogor: Sekolah Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB) akan mempertahankan prestasi di berbagai bidang yang diraih pada 2012. Mereka siap meningkatkan prestasi di tahun berikutnya. Ini untuk menjawab tantangan dan kepercayaan terhadap lembaga pendidikan tersebut. “Kami betul-betul mensyukuri akumulasi berbagai capaian yang diperoleh MB-IPB pada periode ini,” kata Direktur Program Pascasarjana MB-IPB Arief Daryanto pada acara halalbihalal di Bogor, Jawa Barat, Ahad (2/9). Setelah berhasil melalui audit internal dengan baik, MB-IPB kembali tersertifikasi ISO 9001:2008 tanpa hambatan yang berarti. “Hal ini menunjukkan upaya kami memberi pelayanan yang terbaik dengan perbaikan tanpa henti (continuous improvement) sudah semakin menjadi budaya bagi kami,” katanya. Program reakreditasi program Magister Manajemen (MM) yang dirasa lebih berat karena Badan Akrditasi Nasional (BAN) menggunakan sistem dan indikator baru yang lebih rumit, juga berhasil dilalui dengan perolehan hasil Akreditasi A.

…dst

7 ) Djoko Santoso Bilang Gumilar belum Daftar Calon Rektor UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/01/344961/293/14/Djoko-Santoso-Bilang-Gumilar-belum-Daftar-Calon-Rektor-UI

Sabtu, 01 September 2012 22:35 WIB
JAKARTA–MICOM: Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) Djoko Santoso mengatakan bahwa saat ini pemilihan Rektor UI periode 2012-2017 sedang dalam proses menjaring sebanyak mungkin calon Rektor UI. “Data terakhir yang saya ketahui, sudah ada 16 orang yang mendaftar, lima di antaranya sudah memenuhi syarat. Mudah-mudahan nambah lagi, hingga 7 Sept 2012 mendatang Panitia masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendaftar,” ujarnya kepada wartawan di Ruang Rektorat Kampus UI, Sabtu (1/9). Terkait incumbent, pihaknya mengatakan bahwa hingga saat ini Gumilar R Soemantri belum mendaftar kembali. “Belum sampai saat ini. Lagipula, siapapun yang mendaftar dan persiapan apa yang ia lakukan itu hak bagi yang mendaftar. Nah, terkait seleksinya bagaimana itu hak dari panitia (MWA),” ujarnya. Djoko mengaku setelah dirinya menjabat sebagai Pjs Rektor di UI, suasana universitas dinilainya aman dan tentram. “Ternyata memang tidak ada apa-apa. Pemilihan ya pemilihan saja. Masa jabatan Rektor habis bukan berarti dekan juga habis. Fungsi harus tetap berjalan. Nanti, setelah Rektor definitif diputuskan, baru ditentukan pemilihan dekan,” pungkasnya.

…dst

8 ) Muhammad Anis Maju Calon Rektor UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/09/344960/293/14/Muhammad_Anis_Maju_Calon_Rektor_UI

Sabtu, 01 September 2012 22:26 WIB
JAKARTA–MICOM: Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan UI Dr Ir Muhammad Anis, M Met mengaku akan mencalonkan diri untuk maju menjadi Rektor UI 2012-2017. “Saya sejujurnya masih dalam pertimbangan, sampai saat ini belum matang. Kepastiannya, lihat senin besok saja,” ujarnya. Anis juga mengaku lebih nyaman menjadi dosen karena cita-cita yang belum direalisasi, yakni memiliki pusat pengelasan. Namun keinginan itu belum terwujud karena ia lebih terfokus pada jabatan struktural. Anis sudah 20 tahun masuk dalam struktural UI sejak tahun 1992. “Saya punya mimpi untuk mengembangkan apa yang saya miliki dari pengetahuan. Selain itu, faktor kesehatan juga menjadi pertimbangan saya, karena menjadi Rektor itu harus bersedia bekerja 26 jam” pungkasnya. Selain meminta petunjuk dari Sang Pencipta, Anis juga mendapat dukungan dari pihak keluarga.

…dst

9 ) Delapan Dekan UI yang Sempat Diberhentikan kembali Bertugas
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/09/344955/293/14/Delapan_Dekan_UI_yang_Sempat_Diberhentikan_kembali_Bertugas

Sabtu, 01 September 2012 21:51 WIB
JAKARTA–MICOM: Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) Djoko Santoso bertemu dengan delapan dekan yang sebelumnya sempat diberhentikan Mantan Rektor UI Gumilar R Somantri awal Agustus lalu bersama dengan Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan Dr Ir Muhammad Anis, M Met, Sabtu (1/9). Delapan nama dekan tersebut antara lain, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Bambang Wibawarta), Dekan fakultas Teknik (Bambang Sugiarto), Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (Bambang Wispriyono), Dekan fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (Adi Basukriadi), Dekan fakultas Kedokteran Gigi (Bambang Irawan), Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan (Dewi Irawaty), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Bambang Shergi Laksmono) dan Dekan Fakultas Kedokteran UI (Ratna Sitompul). Pihaknya mengatakan setelah dilakukan rapat MWA 27 Agustus 2012 lalu, SK yang sempat dikeluarkan Gumilar terkait pemberhentian sejumlah dekan di UI telah ditarik. “Sejak 28 Agustus 2012 kemarin, semua dekan sudah kembali menjabat di fakultas masing-masing,” ujar Djoko di Ruang Rektorat UI lantai 2, Sabtu (1/9).

…dst

10 ) Peneliti Indonesia kembangkan peta posisi ikan
http://www.antaranews.com/berita/330584/peneliti-indonesia-kembangkan-peta-posisi-ikan

Jumat, 31 Agustus 2012 22:37 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Para peneliti di Indonesia terus mengembangkan teknologi yang memudahkan nelayan, salah satunya dengan membuat peta perkiraan daerah penangkapan ikan (PPDPI) yang dipublikasikan setiap hari. “Peta perkiraan ini menggunakan pendekatan remote sensing yakni memanfaatkan data satelit penginderaan jauh,” kata Dr Agus Setiawan, Kepala Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL) Badan Litbang Kelautan dan Perikanan. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa penelitian peta perkiraan daerah penangkapan ikan disusun sejak 2005 berdasarkan tiga indikasi yaitu suhu permukaan air laut, ketersediaan klorofil A atau pitoplankton, dan altimetri atau tinggi muka laut. “Peta ini utamanya memperkirakan keberadaan ikan-ikan pelagis seperti tuna sirip kuning, cakalang, dan lemuru,” kata pria yang pernah berkarir di BPPT itu. Peta perkiraan posisi ikan pelagis dibagi menjadi tiga kelas, yaitu peta nasional, peta untuk pelabuhan, dan peta untuk wilayah khusus. Peta nasional dirilis tiga kali seminggu, tiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sementara peta untuk pelabuhan disebarkan ke 11 pelabuhan di Indonesia setiap hari. Demikian pula peta untuk wilayah khusus yaitu Selat Bali, Laut Sawu, dan Kutai Kartanegara.

…dst

11 ) Sebabkan Ribuan Korban Disabilitas, Perusahaan Farmasi Minta Maaf
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/09/01/104154/Sebabkan-Ribuan-Korban-Disabilitas-Perusahaan-Farmasi-Minta-Maaf/3

Sosbud | Sabtu, 1 September 2012 14:54 WIB
Metrotvnews.com, Muenchen: Pabrik pembuat obat sejenis morfin thalidomide telah meminta maaf kepada ribuan orang yang mengalami disabilitas sejak lahir karena ibu mereka mengonsumsi obat itu. Permintaan maaf disampaikan Kepala Eksekutif Gruenenthal, Harald Stock, Jumat (31/8). Kepala Eksekutif perusahaan farmasi asal Jerman itu mengaku sangat menyesal karena selama ini tidak mengeluarkan pernyataan apapun berkaitan dengan masalah tersebut. Obat-obatan itu dijual untuk mengatasi rasa sakit yang dialami dipagi hari oleh ibu hamil pada 1950an dan 1960an. Stock menyampaikan permintaan maaf ketika membuka selubung patung perunggu yang menggambarkan seorang anak meninggal tanpa anggota badan karena thalidomide. “Kami meminta maaf selama hampir 50 tahun kami tidak menemukan cara untuk menjangkau Anda,” kata dia dalam upacara yang digelar di bagian barat Kota Stolberg, Jerman, kantor pusat perusahaan itu. “Kami mohon Anda menghargai diam kami yang berlangsung sangat lama, sebagai kami sangat terguncang, nasib Anda disebabkan oleh kami.”

…dst

12 ) Sampang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/522679/38/

oleh SARLITO WIRAWAN SARWONO Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Sunday, 02 September 2012- Tepat di Hari Lebaran Ketupat, Minggu, 26 Agustus 2012, terjadi tragedi Sampang II (yang pertama terjadi bulan Desember 2011). Sejumlah santri Syiah dari Desa Karanggayam, Sampang, yang akan kembali ke pondok pesantren di Jawa, tiba-tiba dicegat oleh serombongan orang. Mereka digiring kembali ke rumahnya dan berbuntut bentrokan. Santri-santri kocar-kacir, satu atau dua tewas, banyak yang luka bacok dan kabarnya masih ada yang terjebak di hutan dalam keadaan terluka. Pemerintah pusat bergerak cepat. Presiden SBY memberi komando, beberapa menteri, Kapolri,dan Panglima TNI bergerak menuju TKP. Gubernur, bupati, polda, dan polres dilibatkan. Juga Ketua PBNU pusat. Kesimpulannya, ini bukan konflik antarsekte Syiah lawan Sunni. Ini kriminal murni. Hanya buntut dari percekcokan kakak beradik Tajul Muluk (pimpinan Syiah lokal) dengan Roisul (Sunni) dan jalan keluarnya duduk bersama serta dialog. Kalau tidak, ya umat Syiah direlokasi (ditransmigrasikan) saja. Waduh,gawat.Kalau pengelola negara dari yang paling top sampai akar rumput cara berpikirnya seperti itu,saya jamin masalah ini akan berlarutlarut.

…dst