1 ) Pengumuman Hasil Test CPNS Tanggal 19 September
http://www.menpan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=311:pengumuman-hasil-test-cpns-tanggal-19-september&catid=1:berita-terbaru

17 September 2012 10:29
JAKARTA – Sebelum mengumumkan hasil test kompetensi dasar (TKD) CPNS, yang semula direncanakan Senina (17/09), Kementerian PAN dan RB terlebih dahulu akan menyerahkan hasil test dimaksud kepada Pejabat pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi, yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 September 2012. Hal itu dilakukan untuk menghormati instansi pemerintah penyelenggara test CPNS 2012, mengingat yang berwenang mengumumkan memang PPK di masing-masing instansi. Demikian antara lain ditegaskan oleh Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar dalam jumpa pers di kantornya, Senin (17/09). “Setelah diserahkan, sore hari itu juga akan diumumkan di http://www.menpan.go.id, dan http://www.kompas.com,” ujar Menteri yang didampingi Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto, dan Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E.I. Naibaho. Menurut Ramli, sebenarnya pengolahan hasil test PNS di gedung BPPT itu masih on schedule, dan pada tanggal 17 September sudah selesai. “Softcopy-nya sudah diserahkan oleh konsorsium sepuluh PTN ke Panitia Nasional. Tetapi karena menunggu diserahkan ke panitia lokal, maka sementara disimpan dulu di lemari, yang dikunci rapat, sehingga aman,” tambahnya.

…dst

2 ) Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perlu Cermat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/17/16395210/Penguatan.Pendidikan.Tinggi.Vokasi.Perlu.Cermat

Senin, 17 September 2012 | 16:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Penguatan pendidikan tinggi vokasi perlu perencanaan yang matang dengan adanya peta kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang. Dengan acuan ini, pembukaan program studi di pendidikan tinggi vokasi ataupun akademik tidak sekadar mengikuti tren musiman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menguatkan pendidikan vokasi sebagai amanat UU No 12/2012 Tentang Pendidikan Tinggi dengan pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) baru ataupun penegerian perguruan tinggi swasta (PTS). Hal ini juga dalam dalam rangka memperluas akses pendidikan tinggi. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Senin (17/9/2012), mengatakan, pendirian politeknik negeri baru antara lain dikembangkan di Subang yang mulai beroperasi tahun 2013. Pada pekan lalu, dilangsungkan serah terima aset lahan kampus untuk pendirian Politeknik Negeri Subang. Djoko menambahkan, daerah yang menjadi prioritas dalam pendirian PTN baru ataupun penegerian PTS adalah daerah yang berada di kawasan 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dan daerah/provinsi yang memiliki angka partisipasi kasar (APK) yang rendah.

…dst

3 ) Pendidikan Rendah, Tenaga Kerja Indonesia Kalah Bersaing
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/17/1723353/Pendidikan.Rendah.Tenaga.Kerja.Indonesia.Kalah.Bersaing

Senin, 17 September 2012 | 17:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan daya saing dan kemajuan ekonomi Indonesia, perlu ada nilai tambah dari potensi sumber daya yang ada di Indonesia. Peningkatan nilai tambah ini perlu dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi yang jadi fokus pendidikan tinggi. Hal itu dikemukakan izam, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Indonesia, Senin (17/9/2012). Namun, peningkatan nilai tambah dari potensi alam yang ada di Indonesia menghadapi kendala rendahnya produktivitas tenaga kerja Indonesia yang kalah dibandingkan negara lain. “Produktivitas tenaga kerja kita hanya separuh dari Thailand dan seperlima Malaysia. Ini karena pendidikan dan kualitasnya rendah. Dengan peningkatan pendidikan tinggi vokasi, kita harapkan daya saing dan produktivitas bisa meningkat,” tutur Nizam. Angkatan tenaga kerja Indonesia pada 2010 tercatat SD/tidak tamat SD sebanyak 51,5 persen, SMP 18,9 persen, dan SMA 14,6 persen. Adapun SMK masih 7,8 persen, serta diploma dan perguruan tinggi berkisar 7 persen.

…dst

4 ) Hari Aksara Internasional- Keaksaraan Dapat Picu Perdamaian Dunia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/527176/

Monday, 17 September 2012
PALANGKARAYA – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong terbebasnya buta aksara di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyebut, masyarakat yang melek aksara sangat dibutuhkan untuk menjamin perdamaian di negara berkonflik. Nuh mengungkapkan, berdasarkan data United Nations Educational,Scientific,and Cultural Organization (UNESCO), negara-negara yang mengalami konflik diperkirakan ditempati oleh lebih dari 40% penduduk putus sekolah usia sekolah dasar yang minim dalam pemahaman keaksaraan. Nuh yang menjadi salah satu ketua komisi di UNESCO mengatakan, konflik adalah penyebab terbesar terhambatnya pencapaian pendidikan untuk semua (PUS) sesuai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Dakkar dan MDG’s. Potensi keaksaraan merupakan landasan penting untuk menjadikan setiap warga negara menjadi individu pembelajar sehingga mereka pun dapat mengenal dunia, memahami faktor yang mempengaruhi lingkungan, berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dan demokrasi, serta memperkuat identitas budayanya.

…dst

5 ) Kuliah Lebih Banyak Teori
http://cetak.kompas.com/read/2012/09/17/0229588/kuliah.lebih.banyak.teori

17 September 2012
Jakarta, Kompas – Kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi saat ini lebih banyak memberikan teori. Akibatnya, begitu lulus, banyak lulusan perguruan tinggi gagap menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja. Kenyataan itu melatarbelakangi kegiatan Tantangan Kemampuan Bekerja 2012 yang diadakan British Council. Sejak Juli lalu, British Council berkeliling ke sejumlah universitas di Jakarta untuk menjaring kandidat mahasiswa dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 250 mahasiswa mendaftar dan panitia memilih 80 nomine. Di tingkat akhir, tersisa 20 mahasiswa yang kemudian dibagi menjadi empat tim. Setiap tim diberi tantangan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi empat perusahaan besar di bidang yang berbeda. Andrias Soesilo, ketua panitia, mengatakan, British Council berusaha memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dunia kerja seperti apa.”Karena itu, mahasiswa peserta lomba diminta memaparkan presentasi terhadap solusi masalah yang dihadapi perusahaan-perusahaan yang berbeda,” kata Andrias di Jakarta, Sabtu (15/9). Keith Davis, Country Director British Council, mengungkapkan, dunia kerja yang sangat kompetitif membutuhkan keterampilan dan kemampuan analitis yang kuat. Dengan kemampuan itu, lulusan perguruan tinggi diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. (IND)

***

6 ) AMIKOM Raih Dua Award Inaicta 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690766/amikom-raih-dua-award-inaicta-2012

Senin, 17 September 2012 09:37 wib
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta kembali menorehkan prestasi dalam ajang Indonesia Information and Communication Award (Inaicta) 2012 yang digelar di Jakarta Covention Center (JCC), Jumat dan Sabtu (14-15/9). Dari 17 kategori yang dilombakan, AMIKOM berhasil meraih dua kategori, yakni e-learning dan animation. Kepala Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STMIK AMIKOM Yogyakarta Heri Sismoro mengatakan, kemenangan dalam dua kategori sekaligus ini adalah kali pertama bagi AMIKOM. Dalam pelaksanaan sebelumnya, AMIKOM hanya memenangkan satu kategori. “AMIKOM menjadi pemenang dalam kategori e-learning, lewat karya integrated university dan kategori animation dengan karya 2D Battle of Surabaya,” kata Heri, kemarin. AMIKOM mengikuti Inaicta sejak 2006. Selama keikutsertaannya, sekolah tinggi ternama tersebut selalu mendapatkan nominasi dan memenangkan salah satu kategori. Penyelenggaraan Inaicta bertujuan mencari bibit baru di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ada 17 kategori yang akan dilombakan, di antaranya e-learning, animation, robot aplikatif, digital entertainment, dan bisnis digital.

…dst

7 ) Stipram Pilot Project Joint Degree
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690765/stipram-pilot-project-joint-degree

Senin, 17 September 2012 09:15 wib
YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (Stipram) Yogyakarta untuk melaksanakan program joint degree pendidikan kepariwisataan. Joint degree yang akan dimulai pada Oktober 2012 tersebut dilakukan dengan Bhurapha University Bangkok, Thailand. Ketua Stipram Yogyakarta Suhendroyono menjelaskan, joint degree adalah program perkuliahan di dua perguruan tinggi dan negara berbeda. Namun, masih dalam satu program studi. “Nantinya, mahasiswa kami akan menempuh perkuliahan enam semester awal di Stipram dan dua semester akhir di Thailand,” kata Suhendroyono, kemarin. (ratih keswara)( (koran Sindo)/Koran SI/mrg)

***

8 ) PTN Tetap Pilihan Utama
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/17/199054/PTN-Tetap-Pilihan-Utama

17 September 2012
SEMARANG – Ketertarikan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) terbilang cukup tinggi. Kondisi itu terlihat dari banyaknya pengunjung Loyola Education Fair 2012 yang mencari informasi di stan PTN, Sabtu-Minggu (15-16/9), di SMA Kolose Loyola Semarang. Pengunjung yang mayoritas siswa SMA baik yang datang sendiri maupun bersama orang tuanya mencoba menanyakan tentang cara mendaftar, jurusan yang diminati hingga biaya kuliah di stan tersebut. PTN yang terlibat dalam pameran pendidikan itu di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Edria, siswi SMA Karangturi Semarang misalnya, ditemani ibunya rela antre di stan ITB. Siswa kelas XII IPA itu hendak menanyakan tentang Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Hayati yang tersedia di PTN tersebut. “Saya ini menanyakan bagaimana peluang untuk masuk ke Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Hayati di ITB. Sebab, di sana kan ada beberapa jalur bagi mahasiswa baru,” tuturnya.

…dst

9 ) PTN Harus Bantu Mahasiswa dari Keluarga Kurang Mampu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/203697

Senin, 17/09/2012 – 03:54
SUMBER, (PRLM).- Pemerintah mengharuskan perguruan tinggi negeri (PTN) menerima dan membantu mahasiswa dari kalangan kurang mampu. Hal itu sesuai dengan ketentuan UU No. 12/2012 tentang perguruan tinggi. “Saya yakin 20 persen mahasiswa kurang mampu itu sebagian besar dari kalangan Muslim,” kata Mendikbud, Prof. Dr.H.Mohammad Nuh, di depan para peserta munas alim ulama di Pesantren Kempek, Palimanan, Cirebon, Minggu (16/9). Selain itu, pada tahun depan Kemendikbud akan meluncuirkan pendidikan menengah universal sehingga anak-anak miskin bisa tetap sekolah di SMA/SMK/MA. “Kita berikan akses khusus agar anak_anak kurang mampu bisa menikmati pendidikan karena dengan pendidikan bisa mengubah kondisi kehidupannya,” katanya yang menyebutkan 150.000 mahasiswa kurang mampu bisa kuliah di PTN secara gratis. Nuh juga mengajak kalangan pesantren untuk membina lulusan MA/SMA pesantren agar bisa masuk PTN secara gratis. “Kita tinggal membuat jembatan antara pesantren dengan PTN,” katanya.(A-71/A-147)

***

10 ) Atasi Angin Topan Antarkan ITS Raih Juara di Korea
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690835/atasi-angin-topan-antarkan-its-raih-juara-di-korea

Senin, 17 September 2012 14:08 wib
JAKARTA – Lagi, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, dua mahasiswa Jurusan Teknik Informatika berhasil meraih juara dua e-Learning International Contest of Outstanding New ages (e-ICON) World Contest di Incheon dan Seoul, Korea. Adalah Raden Aditya Brahmana dan Maranu Toto Negoro. Mahasiswa angkatan 2011 ini telah berjuang selama seminggu di Korea sejak Minggu 9 September lalu bersama 20 tim lain dengan total 96 peserta dari 11 negara. Seleksi awal e-ICON dilakukan dari proposal yang mereka kirimkan pada awal Agustus. Dinyatakan lolos, Pemerintah Korea membiayai semua akomodasi mereka menuju venue perlombaan. ”Dulu kita cuma iseng cari lomba di internet, lalu ikut saja,” ujar Maranu, seperti dilansir dari ITS Online, Senin (17/9/2012). Uniknya, dalam lomba ini, mereka hanya diberi waktu selama tiga hari untuk membuat program pembelajaran dengan media e-learning. Beruntung, mereka telah mempersiapkan konsep ide yang akan digunakan sejak masih di Indonesia. ”Sehingga di sana kami bisa mengerjakannya langsung,” kata Adit menerangkan.

…dst

11 ) 2 Mahasiswa Usakti Bersinar di Kancah Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690827/2-mahasiswa-usakti-bersinar-di-kancah-internasional

Senin, 17 September 2012 13:07 wib
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) patut berbangga karena telah mencetak mahasiswa berprestasi bahkan menembus skala internasional. Adalah Sannia Mareta yang merupakan mahasiswi jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Usakti yang masuk empat besar finalis dalam Skill For Employability Challenge yang diselenggarakan oleh British Council. Rektor Usakti Thoby Mutis mengatakan, Usakti senantiasa memberi dukungan penuh kepada mahasiswa yang berprestasi. Bukan hanya di bidang akademik saja, melainkan pada setiap prestasi lainnya seperti dibidang seni, budaya, olahraga dan teknologi. Menanggapi prestasi yang diraih mahasiswanya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H I Komang Suka’arsana mengatakan, bentuk dukungan kampus kepada para mahasiswanya bisa dalam bentuk beragam. “Bisa berupa beasiswa, keringanan untuk mengikuti kegiatan diluar kampus yang bersifat prestasi, hingga pembiayaan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tingkat internasional tersebut,” kata Komang dalam siaran pers kepada Okezone, Senin (17/9/2012).

…dst

12 ) Rektor Undip: Pejabat yang Baik Harus Mau Mendengar
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690910/rektor-undip-pejabat-yang-baik-harus-mau-mendengar

Senin, 17 September 2012 18:06 wib
JAKARTA – Seorang pemimpin harus memiliki karisma dan disegani oleh para bawahannya. Namun, pejabat yang baik itu harus bersedia untuk mendengar. Sebab dengan mendengar akan jauh lebih bisa memahami, berempati, dan mengerti. Demikian, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi saat melantik 32 pimpinan program studi (prodi) dan 10 pejabat administrasi di lingkungan Undip belum lama ini. Dia menyebutkan, sebagai pemimpin mendengar itu akan mengurangi potensi konflik, selain bisa dipergunakan untuk lebih mengerti anak buah, melalui mendengar pemimpin bisa mengambil keputusan yang baik. “Para pejabat yang dilantik mempunyai tugas utama menjadi dosen yang harus menjalankan tugas mengajar. Selain itu, pimpinan juga harus mampu menjadi teladan bagi staf yang dipimpin,” ujar Sudharto, seperti dilansir dari laman Undip, Senin (17/9/2012).

…dst

13 ) Fisikawan Unair Teliti Cahaya untuk Matikan Jerawat
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690780/fisikawan-unair-teliti-cahaya-untuk-matikan-jerawat

Senin, 17 September 2012 11:07 wib
SURABAYA – Fisikawan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suryani Diah Astuti meneliti fotodinamika yang memanfaatkan cahaya tampak untuk mematikan bakteri patogen pada kulit yang menyebabkan jerawat. “Cahaya yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah cahaya tampak yang didapat dari lampu laboratorium, jadi tidak ada efek langsung pada kulit,” kata Suryani di sela-sela Seminar Nasional Fisika Terapan III yang diikuti 121 fisikawan se-Indonesia di kampus setempat, kemarin. Di sela-sela pertemuan fisikawan berskala nasional dan internasional yang dibuka Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) Djoko Santoso pada Sabtu (15/9), dosen dan peneliti Unair itu menjelaskan penelitian yang dilakukan masih dalam tahapan mengerjakan prototipe dan pengujian secara in vitro. “Semoga, penelitian kami bisa rampung seutuhnya sesuai rencana pada 2014,” ungkapnya. Sementara Ketua Panitia Seminar Nasional Fisika Terapan III Moh Yasin menyebutkan, fisika memang memiliki ilmu fisika dasar dan fisika terapan. Sehingga kontribusi keilmuan fisika terhadap kemajuan teknologi serta peningkatan kualitas hidup manusia itu sebenarnya dapat lebih nyata.

…dst

14 ) Lindungi Ekositem Pesisir Laut, Unhas Gandeng Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690778/lindungi-ekositem-pesisir-laut-unhas-gandeng-jerman

Senin, 17 September 2012 10:03 wib
UNIVERSITAS Hasanuddin (Unhas) Makassar bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Center for Tropical Marine Ecology University of Bremen, Jerman menggelar studi tentang perlindungan ekosistem pesisir laut Indonesia atau Science for the Protection Indonesian Coastal Ecosystem (SPICE). Kegiatan tersebut digelar di Kampus Unhas Tamalanrea dan akan berlangsung hingga 24 Sepetember mendatang. Unhas akan diwakili dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unhas, Pusat Penelitian, dan Pengembangan Laut, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (Puslitbang) Unhas, sementara Jerman sudah mengirimkan 10 utusannya. Dalam kunjungannya, salah satu perwakilan tim dari Jerman Dr. Sebastian Ferse mengungkapkan, kedatangannya beserta rombongan untuk menyukseskan program kolaborasi riset SPICE yang akan memperkenalkan sampling design penelitian. “Kami juga akan mendiskusikan riset kolaborasi tersebut melalui ekspedisi bersama yang baru pertama kali dilakukan, dan Pulau Barang Lompo menjadi rencana destinasi riset dalam ekspedisi lapangan tersebut,” papar Sebastian.

…dst

15 ) Ingin Tampil Prima, ITS Curi Start Hadapi Pimnas XXVI
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690813/ingin-tampil-prima-its-curi-start-hadapi-pimnas-xxvi

Senin, 17 September 2012 12:05 wib
JAKARTA – Turun peringkat di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXV lalu membuat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mempersiapkan diri lebih awal. Gerakan 5.000 mahasiswa ITS pembuat Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) telah digulirkan guna mengawali langkah ITS menuju Pimnas yang akan datang. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM ) ITS Dhanar Such Rufi Fajri mengatakan, ITS tidak bisa lagi santai dalam meyongsong Pimnas yang akan datang. ”Harus curi start, walaupun saat ini pedoman pelaksanaan PKM untuk Pimnas XXVI masih belum keluar,” ujar Dhanar, seperti dilansir dari ITS Online, Senin (17/9/2012). Dhanar menjelaskan, euforia untuk membuat PKM dan menjadi juara di Pimnas kini telah banyak terjadi di kampus-kampus besar di Indonesia. Oleh karena itu, ITS harus lebih cepat dan sigap dalam mempersiapkan diri sehingga dapat mempertahankan posisi ITS di zona tiga besar yang sekaligus berpeluang menjadi juara umum. ”Hasil dari PimnasXXV lalu telah membuat banyak perguruan tinggi bersikap lebih serius untuk Pimnas XXVI,” ungkapnya.

…dst

16 ) Biolog Berperan dalam Pembangunan
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/15/373/690295/biolog-berperan-dalam-pembangunan

16 September 2012
JAKARTA – Pembangunan di Tanah Air sejatinya juga dipengaruhi oleh ekosistem hayati. Di sinilah letak peran para biolog. Menurut Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Prof. Rubianto Wisman, Indonesia adalah pusat mega biodiversitas dunia. “Karena 17 persen spesies dunia ada di Indonesia itulah maka biolog punya peran vital dalam proses pembangunan di Indonesia,” kata Rubi, seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (15/9/2012). Meski demikian, Rubi menyayangkan inovasi dan daya saing bangsa yang masih minim di tengah melimpahnya sumber daya hayati Indonesia. Dia bertutur, global competitiveness index (GCI) Indonesia berada pada peringkat 54 dari 131 negara. Selain itu, indeks kinerja industri kompetitif Indonesia ada di posisi 38 dari 93 negara, sementara indeks kemampuan berinovasi Indonesia ada di peringkat 87 dari 117 negara. Bahkan, dalam knowledge economy, indeks Tanah Air jauh tertinggal dibandingkan negara-negara ASEAN.

…dst

17 ) Mahasiswa Diajak Jadi Pengajar PAUD
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/672

09/17/2012
Palangkaraya — Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Erman Syamduddin mengajak mahasiswa menjadi pengajar pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam program Pendamping PAUD. Program ini bagian dari strategi Paudisasi untuk mencapai angka partisipasi kasar (APK) PAUD 75 persen pada 2015. “Selagi menulis skripsi misalnya, dalam masa 3-4 bulan itu mahasiswa bisa mengajar PAUD,” ujar Erman. Orang tua akan senang bila anak-anak usia dini mereka diajar oleh para pemuda atau mahasiswa, kata Erman dalam Talkshow Hari Aksara Internasional (HAI) ke-47 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/9). Erman mengusulkan program ini menjadi bagian dari kuliah kerja nyata (KKN) tematik, yang bernilai angka kredit bagi mahasiswa. Dengan ini, tidak harus berjurusan PAUD, mahasiswa dari bidang pendidikan apa pun bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan PAUD. “Sebagai bantuan, mereka bisa mendapatkan uang transportasi dan honor,” kata Erman.

…dst

18 ) 21 PT Meriahkan PSMPTM se-Indonesia di Unismuh Makassar
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690818/21-pt-meriahkan-psmptm-se-indonesia-di-unismuh-makassar

Senin, 17 September 2012 10:38 wib
MAKASSAR – Sebanyak 21 perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia mengirimkan ratusan mahasiswanya untuk adu bakat di bidang kesenian dalam acara Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSMPTM) se-Indonesia I. PSMPTM I digelar di kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mulai 14 hingga 17 September mendatang. “Muhammadiyah harus mewujudkan seniman Islami yang mengembangkan seni karena berdasarkan Al Qur’an dan sifat Allah yang Maha Indah dan menyukai keindahan berdasarkan kesenian yang mengangkat martabat manusia,” ungkap Ketua Majelis Seni Budaya dan Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Sukrianto AR saat membuka acara PSMPTM se-Indonesia, akhir pekan lalu. Dia menegaskan, Unismuh Makassar menjadi penyelenggara pertama yang diharapkan bisa mewarnai PSMPTM se-Indonesia ini. “Saya yakin sekiranya Makassar mampu mengembangkan keindahan seni budaya secara maksimal akan terkenal ke seluruh dunia sama halnya Bali lebih terkenal dibanding Indonesia,” kata Sukrianto.

…dst

19 ) 39 Mahasiswa dari 24 Negara Kuliah di ISI Denpasar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/17/mah8am-39-mahasiswa-dari-24-negara-kuliah-di-isi-denpasar

Senin, 17 September 2012, 11:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR — Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menerima 39 mahasiswa dari 24 negara yang memanfaatkan program Dharmasiswa pemerintah Indonesia dalam tahun akademik 2012/2013. Dari 39 mahasiswa mancanegara itu yang sudah tiba 23 orang, sisanya 16 orang diharapkan menyusul dalam waktu dekat, kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S.MA ketika menerima mahasiswa asing tersebut yang disatukan dengan penerimaan mahasiswa baru sebanyak 432 orang di kampus setempat, Senin. Ia mengatakan, mahasiswa asing kali ini berasal dari Amerika Serikat, Argentina dan Jepang masing-masing empat orang, menyusul Inggris dan Polandia masing-masing tiga orang. Sementara Australia, Firlandia, Lithuania masing-masing dua orang dan masing-masing seorang lainnya berasal dari Brazil, Belanda, Ceko, Chile, Equador, Namibia, Francis, Rusia, Romania, Serbia, Selandia Baru, Slovakia, Turki, Ukraina dan Yunani. “Mahasiswa asing itu masing-masing akan mengukuti kuliah di lembaga pendidikan tinggi seni itu selama dua semester,” ujar Prof Rai yang didampingi seluruh pembantu rektor dan dekan di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

…dst

20 ) Bidik Fresh Graduate, UT Tawarkan Beasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/17/373/690843/bidik-fresh-graduate-ut-tawarkan-beasiswa

Senin, 17 September 2012 11:31 wib
JAKARTA – Universita Terbuka (UT) mulai tahun ini menjaring calon mahasiswa melalui seleksi khusus bagi siswa SMA yang baru lulus. Seperti halnya perguruan tinggi pada umumnya, kini UT juga mengincar siswa berprestasi sejak kelas XI. “Bagi para siswa lulusan SMA ini disediakan beasiswa, baik beasiswa Bidikmisi maupun dari perusahaan mitra dalam bentuk corporate social responsibility (CSR),” kata Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka (UT) Maximus Gorky Sembiring di sela Roadshow Program Sosialisasi Edukasi Masyarakat Umum Mengenai Sistem Jarak Jauh di Universitas Terbuka yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Qur’aniyah di Tangerang Selatan, Banten, kemarin. Gorky yang juga mantan Pembantu Rektor (PR) IV UT bidang Kerjasama, Humas, dan Pengembangan Institusi ini mengatakan, untuk tahun ini perguruan tinggi yang berkantor pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini, tahun ini akan memberikan 150 Bidikmisi. Namun untuk tahun depan, kata Gorky, beasiswa tersebut akan ditambah lagi. Beasiswa tersebut, kata dia, hanya akan diberikan kepada siswa yang baru lulus SMA. “Ini dalam rangka upaya kami membidik calon mahasiswa yang fresh graduate,” ujar Gorky.

…dst

21 ) Pelatihan Sains Antariksa Internasional Digelar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/17/mah9oe-pelatihan-sains-antariksa-internasional-digelar

Senin, 17 September 2012, 11:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar pelatihan sains antariksa internasional International Space Weather Initiative (ISWI) & Magnetic Data Acquisition System (MAGDAS) School on Space Science 2012. Kegiatan pelatihan yang diikuti berbagai peneliti sains antariksa dari berbagai negara ini berlangsung pada 17-26 September 2012 di Wisma Pendawa, Ciloto, Cianjur, Bogor. Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Y Yatini, mengatakan ISWI merupakan program kerjasama internasional untuk mengembangkan sains antariksa, khususnya tentang cuaca antariksa, dan memberikan hasil-hasilnya kepada publik dan kepada pelajar. Sementara itu, seminar MAGDAS membahas pengamatan dan analisis data medan magnet bumi. “Seminar MAGDAS akan diberikan oleh International Center for Space Weather Science and Education (ICSWSE) Kyushu University,” ujar Clara Senin (17/9). Clara menjelaskan, ISWI bertujuan untuk membangun pemahaman tentang sains antariksa dan lingkungan antariksa dekat Bumi. Pemahaman ini, kata Clara, meliputi instrumentasi pengamatan, data, analisis data, pemodelan, pendidikan, dan layanan masyarakat.

…dst