1 ) Indonesia Segera Miliki Kurikulum Pendidikan Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/15522270/Indonesia.Segera.Miliki.Kurikulum.Pendidikan.Baru

Rabu, 19 September 2012 | 15:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menyampaikan, kurikulum pendidikan nasional yang baru akan selesai digodok pada Februari 2013. Kurikulum baru itu rencananya segera diterapkan setelah melewati uji publik beberapa bulan sebelumnya. “Pembahasannya masih berlangsung, nanti akan diuji publik, dan Februari 2013 semuanya akan rampung,” kata Nuh, di Jakarta, Rabu (19/9/2012). Ia menjelaskan, kurikulum pendidikan yang baru akan menyentuh semua jenjang pendidikan. Dari pendidikan dasar, sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru itu, tambah Nuh, merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran. Timnya sendiri dibagi dua, tim pertama mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi. “Ini pekerjaan besar, mudah-mudahan bisa rampung sesuai target. Masih dalam pembahasan, dan semua serba mungkin,” jelas Nuh.

…dst

2 ) Alokasi Anggaran Pendidikan 2013 Rp 331,8 T Masih Gelap
http://www.jpnn.com/read/2012/09/19/140208/Alokasi-Anggaran-Pendidikan-2013-Rp-331,8-T-Masih-Gelap-

Rabu, 19 September 2012 , 06:02:00
JAKARTA – Pemerintah sudah memasang ancang-ancang alokasi anggaran pendidikan sebesar Rp 331,8 triliun. Tetapi, rincian penggunaan alokasi anggaran itu masih gelap. Berkali-kali rapat antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Komisi X DPR belum menghasilkan titik terang. Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan, tidak masalah jika sampai saat ini pembahasan anggaran pendidikan masih terus berjalan. Sebab, dia memperkirakan finaslisasi atau pengesahan RUU APBN 2012 baru dilaksanakan bulan depan. “Pada intinya soal anggaran pendidikan yang Rp 331,8 triliun itu sudah tidak ada perbedaan (antara pemerintah dengan DPR, red),” kata dia. Menteri asal Surabaya itu lantas mengatakan, pembahasan yang sampai saat ini masih alot ada soal program pendidikan menengah universal (PMU) atau wajib belajar 12 tahun. Dari berkali-kali rapat kerja antara Kemendikbud dengan Komisi X, anggota dewan kompak mendukung program PMU itu. Rencananya, hari ini Kemendikbud dan Komisi X DPR akan menggelar rapat kerja lagi untuk mebahas alokasi anggaran pendidikan 2013. Nuh mengatakan, dalam rapat-rapat sebelumnya, DPR sudah menunjukkan sinyal positif akan menambah anggaran pendidikan untuk menunjang program PMU sebesar Rp 6 triliun.

…dst

3 ) Mendikbud: Siapa Pun Boleh Diperiksa KPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/15460823/Mendikbud.Siapa.Pun.Boleh.Diperiksa.KPK

Rabu, 19 September 2012 | 15:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh angkat bicara menanggapi pemeriksaan mantan Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar Rusliwa Somantri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Nuh, pemeriksaan Gumilar merupakan hal yang lumrah dan perlu dilakukan demi kejelasan duduk perkara yang dituduhkan. “Ya tidak apa-apa, siapa pun boleh diperiksa untuk meminta keterangan dan seterusnya, demi kejelasan duduk perkaranya,” kata Nuh, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, Rabu (19/9/2012). Nuh mengungkapkan, dirinya tak mau terburu-buru memberi pernyataan lebih jauh. Pasalnya, semua hal yang dituduhkan kepada mantan Rektor UI itu masih pada tahap pemeriksaan. Di luar itu, KPK juga belum menyampaikan hasil pemeriksaan dan menetapkan status hukum yang bersangkutan. “Jangan terburu-buru, belum tentu salah. Karena salah itu kalau sudah keluar vonis hukumnya,” ujar Nuh. Untuk diketahui, pada Selasa (18/9/2012) kemarin, KPK memanggil mantan Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somatri untuk dimintai keterangan terkait penyelidikan pengadaan proyek di UI. Gumilar yang kembali mencalonkan diri sebagai Rektor UI itu diketahui memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 10.00 WIB kemarin.

…dst

4 ) Jadi Rektor UI, Harta Gumilar Bertambah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/21163084/Jadi.Rektor.UI.Harta.Gumilar.Bertambah

Selasa, 18 September 2012 | 21:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Rektor Universitas Indonesia Gumilar R Soemantri mengaku harta kekayaannya bertambah selama lima tahun menjadi rektor. Menurut Gumilar, pertambahan nilai harta kekayaannya itu masih tergolong wajar. “Saya kira LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) secara keseluruhan sangat wajar ya, artinya ada peningkatan tapi tidak banyak,” kata Gumilar di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (18/9/2012). Gumilar mengaku selesai melaporkan perubahan LHKPN itu ke KPK. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi Kolusi Nepotisme, setiap pejabat atau penyelenggara negara wajib melaporkan kepada KPK harta kekayaannya dalam bentuk LHKPN baik sebelum dia menjabat maupun setelah menjabat. Tata cara mengenai pelaporan LHKPN tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

…dst

5 ) KPK Minta Keterangan Mantan Rektor UI Gumilar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/17123964/KPK.Minta.Keterangan.Mantan.Rektor.UI.Gumilar

Selasa, 18 September 2012 | 17:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi meminta keterangan mantan Rektor Universitas Indonesia, Gumilar R Soemantri, Selasa (18/9/2012), terkait penyelidikan pengadaan proyek di UI. Juru Bicara KPK, Johan Budi membenarkan pemanggilan Gumilar. “Benar, Gumilar dimintai keterangan terkait penyelidikan KPK soal UI,” kata Johan melalui pesan singkat, Selasa. Gumilar yang kembali mencalonkan diri sebagai Rektor UI itu diketahui memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 10.00 WIB tadi. Menurut Johan, pihaknya mulai menyelidiki proyek pengadaan di UI sejak sekitar tiga bulan lalu. Proyek tersebut diusut berdasarkan laporan Gerakan UI Bersih dan Indonesia Corruption Watch yang disampaikan ke KPK beberapa waktu lalu. Dalam laporan tersebut, Gerakan UI Bersih dan ICW menduga adanya indikasi tindak pidana korupsi di lingkungan UI.

…dst

6 ) DPR Berencana Merevisi UU Sisdiknas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/19370066/DPR.Berencana.Merevisi.UU.Sisdiknas

Selasa, 18 September 2012 | 19:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — DPR berencana merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pengajuan revisi UU Sisdiknas tersebut dimaksudkan untuk menata kembali sistem pendidikan nasional yang dirasakan masih menghadapi sejumlah kendala, termasuk kebijakan-kebijakan pendidikan yang terus menuai pro dan kontra. “Ada keinginan Komisi X untuk berinisiatif mengajukan revisi UU Sisdiknas. Momentum yang diambil ketika UU Sisidiknas memasuki usia 10 tahun, yakni tahun 2013,” kata Zulfadhli, anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Golkar, Selasa (18/9/2012), di Jakarta. Anggota Komisi X, Dedi S Gumilar, menyampaikan hal senanda. “Pengajuan revisi memang belum secara formal. Kami tengah mengkaji pasal-pasal mana saja yang perlu direvisi, terutama yang tidak sesuai konstitusi dan perkembangan pendidikan,” kata Dedi dari Fraksi PDI-P.

…dst

7 ) Dukung Revisi UU Sisdiknas dengan Sejumlah Syarat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/18521268/Dukung.Revisi.UU.Sisdiknas.dengan.Sejumlah.Syarat

Rabu, 19 September 2012 | 18:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan DPR untuk merevisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang baru berusia 10 tahun umumnya disambut baik. Namun, revisi UU tersebut harus semata-mata diarahkan untuk memastikan terciptanya sistem pendidikan nasional yang berkualitas dan berkarakter keindonesiaan seperti diamanatkan dalam UUD 1945 bagi semua warga negara, bukan untuk kepentingan sesaat para politisi dan penguasa. “Hal-hal yang baik dalam UU Sisdiknas harus dipertahankan. Bahkan, kita tuntut pemerintah segera mewujudkannya di seluruh Tanah Air. Sebaliknya, hal-hal yang mengkhianati kebangsaan harus dihapuskan,” kata Ketua Dewan Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia Soedijarto, Rabu (19/9/2012), di Jakarta. Soedijarto mengingatkan supaya semua pihak mengawal revisi UU Sisdiknas untuk memastikan pemerintah dan DPR tidak mengutak-atik pasal-pasal yang memang sudah bagus. Semisal tentang sekolah sebagai pusat pembudayaan dan setiap warga negara dijamin mendapat pendidikan bermutu harus tetap menjadi komitmen.

…dst

8 ) Kemdikbud Siapkan RUU Tata Kelola Kebudayaan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/676

09/18/2012
Yogyakarta — Indonesia memiliki beragam warisan budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Namun, warisan budaya yang mendapat pengakuan dari UNESCO baru sebanyak 14 jenis. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) Kebudayaan sebagai cetak biru tata kelola seluruh warisan budaya Indonesia yang lebih baik. “Tim sudah dibentuk, dan pencatatan warisan budaya secara besar-besaran sedang dilakukan oleh mereka,” ujar Mendikbud Mohammad Nuh saat diwawancarai usai Konferensi Pers Asia Europe Meeting Culture Ministers’ Meeting (ASEM-CMM) ke-5 di Yogyakarta, Selasa (18/9). Pencatatan itu bukan hanya sekadar mencakup peninggalan situs-situs warisan budaya. Jenis permainan tradisional, filosofi dari permainan tradisional, hingga nilai-nilai dari cerita rakyat juga termasuk di dalamnya. Menteri Nuh memberikan salah satu contoh yaitu jenis permainan jaran kepang. Pencatatan sudah dilakukan mulai dari awal muncul jaran kepang, filosofinya, waktu peragaan, hingga penyebab dari unsur magis yang ditimbulkan dari penampilan jaran kepang. “Warisan seperti ini harus terus kita gali, kalau tidak akan hilang,” tegasnya.

…dst

9 ) M Nuh: Penting Mengelola Kota Warisan Budaya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/11541530/M.Nuh.Penting.Mengelola.Kota.Warisan.Budaya

Selasa, 18 September 2012 | 11:54 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 140 delegasi yang terdiri dari para menteri kebudayaan, wakil menteri, duta besar, dan pejabat senior dari negara-negara Asia dan Eropa menghadiri pertemuan ke-5 menteri-menteri kebudayaan se-Asia dan Eropa (The 5th Asia-Europe Meeting Culture Ministers Meeting). Pertemuan bertema “Managing Heritage Cities for a Sustainable Future” itu berlangsung di Yogyakarta, 17-20 September 2012. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan pentingnya mengelola kota warisan budaya untuk masa depan yang berkelanjutan. Menurut dia, bukan hanya karena keindahan atau kemegahannya yang patut menjadi kebanggaan generasi yang akan datang. “Hal yang paling penting terkait dengan pengelolaan kota warisan budaya adalah untuk menanamkan pemahaman tentang kondisi yang dapat membuat peradaban puncak,” kata Nuh pada pembukaan acara di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Selasa (18/9/2012).

…dst

10 ) Kekurangan Peneliti, LIPI Minta Rekrutmen
http://sains.kompas.com/read/2012/09/18/23183011/Kekurangan.Peneliti.LIPI.Minta.Rekrutmen

Selasa, 18 September 2012 | 23:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini sedang membutuhkan jumlah peneliti yang lebih banyak lagi dari jumlah yang sudah ada saat ini. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lukman Hakim dalam pidatonya saat acara Pengukuhan Profesor Riset LIPI pada Selasa (18/9/2012) di Auditorium LIPI, Jakarta. “LIPI menghadapi masalah sumber daya manusia. Sudah sekitar tiga tahun ini kami tidak memiliki kesempatan untuk rekrutmen,” kata Lukman Hakim. Ia mengatakan, hal ini sungguh menjadi potret yang memprihatinkan bagi dunia ilmu pengetahuan Indonesia. Bisa dibayangkan di luar sana banyak sekali bibit-bibit peneliti muda yang tidak memiliki kesempatan untuk berkarir dan memperdalam ilmunya. Oleh karena itu, pada kenyataannya, tak jarang bibit-bibit yang potensial itu malah direkrut oleh negara-negara asing atau perusahaan-perusahaan swasta untuk menjadi peneliti.

…dst

11 ) FTK ITS Diapresiasi Perusahaan Kapal Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691608/ftk-its-diapresiasi-perusahaan-kapal-jepang

Selasa, 18 September 2012 16:39 wib
JAKARTA – Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya boleh berbangga hati. Pasalnya, fakultas tersebut mendapat apresiasi dari salah satu perusahaan di bidang klasifikasi kapal terbesar, yakni ClassNK. Bentuk apresiasi tersebut cukup unik, yaitu berupa donasi buku dan award bagi mahasiswa FTK. Class NK merupakan perusahaan di bidang klasifikasi kapal yang terpusat di Jepang dan salah satu yang terbesar di dunia. Perusahaan ini bertugas memeriksa dan mengeluarkan sertifikasi kapal sehingga layak layar. Tidak tanggung-tanggung, Chairman and President & ClassNK Noboru Ueda hadir langsung sebagai perwakilan untuk memberikan penghargaan bagi FTK ITS. Sementara itu, pihak ITS diwakili oleh Darminto selaku Pembantu Rektor IV Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Dekan FTK Eko Budi Djatmiko. Noboru menjelaskan, apresiasi ini diberikan dalam rangka memperingati keberhasilan ClassNK menembus 200 juta Gross Ton (GT). Angka ini merupakan total berat kapal yang pernah ditanggani oleh ClassNK. Selain memberikan apresiasi, dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak turut melakukan penandatangganan Memorandum of Angreement (MoA) untuk Class Award dan Donasi of ClassNK Library.

…dst

12 ) Mahasiswa FK UGM Luncurkan 185 Rumah Bebas Asap Rokok
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/373/692140/mahasiswa-fk-ugm-luncurkan-185-rumah-bebas-asap-rokok

Rabu, 19 September 2012 18:06 wib
JAKARTA – Asap rokok memiliki efek berbahaya bagi kesehatan tidak hanya bagi si perokok tapi juga orang-orang di sekeliling mereka. Berdasarkan kepedulian tersebut, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun mendeklarasikan Rumah Bebas Asap Rokok di dusun Kemloko, Desa Srimartani, Piyungan, Bantul.
Tidak tanggung-tanggung, mereka mendeklarasian 185 rumah bebas asap rokok dengan menunjuk 14 kader yang ditugaskan untuk mengawasi rumah-rumah tersebut. Anggota Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UGM Dyah Ratna Ningrum menyebut, program perintisan rumah bebas asap rokok dimaksudkan untuk mengajak para perokok untuk tidak merokok di sembarang tempat, khususnya di dalam rumah dan pertemuan warga. Bahkan mereka juga diajak untuk tidak merokok di dekat ibu hamil dan anak-anak. “Tidak dekat ibu hamil dan anak-anak. Soalnya anak-anak dalam proses pertumbuhan sehingga mereka berisiko kena penyakit. Kalau di dekat ibu hamil kasihan kesehatan janinnya,” kata Dyah, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (19/9/2012).

…dst

13 ) UNY kembangkan bio-baterai dari lumpur aktif
http://www.antaranews.com/berita/333971/uny-kembangkan-bio-baterai-dari-lumpur-aktif

Rabu, 19 September 2012 06:53 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mengembangkan bio-baterai dari lumpur aktif sebagai alternatif energi listrik di masa depan. “Lumpur aktif mengandung lebih dari 300 jenis bakteri. Kandungan mikroorganisme itu dapat mengantarkan arus listrik, sehingga memungkinkan lumpur aktif dimanfaatkan sebagai elektrolit bio-baterai,” kata Ketua Tim Atini Wahyu Utami di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, lumpur aktif adalah flok yang terbentuk oleh mikroorganisme terutama bakteri, partikel inorganik, dan polimer exoselular yang mengendap di tangki penjernihan. Lumpur aktif biasa digunakan dalam pengolahan air limbah. “Tahapan pengembangan dimulai dengan mengambil sampel lumpur aktif pada kolam fakultatif I Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT Sari Husada Tbk Yogyakarta. Sampel yang diperoleh telah diuji secara kualitatif di laboratorium tersebut,” katanya. Ia mengatakan dari uji karakterisasi jenis bakteri, fungi, protozoa, cilliata, dan rotifiers dalam lumpur aktif tersebut terbukti sampel mengandung bakteri-bakteri aerob yakni pseudomonas, alkaligenes, dan paracoccus.

…dst

14 ) Minat Riset di FMIPA UGM Meningkat
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/373/692194/minat-riset-di-fmipa-ugm-meningkat

Rabu, 19 September 2012 16:30 wib
YOGYAKARTA – Minat melakukan penelitian oleh civitas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) terus meningkat. Pada 2012 ini, tercatat 156 judul penelitian yang melibatkan sekira 80 persen dosen pengajar di kampus tersebut. Peningkatan signifikan terlihat jika jumlah tersebut dibandingkan dengan jumlah penelitian pada 2011 lalu yang hanya 123 judul. “Keaktifan dosen dalam penelitian ini meningkat 10 persen. Tahun lalu hanya 70, tahun ini mencapai sekira 80 persen,” jelas Dekan FMIPA UGM Dr. Chairil Anwar dalam rapat senat fakultas peringatan dies natalis ke-57 UGM, di kampus UGM, Yogyakarta, Rabu (19/9/2012).Dari data Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM, jumlah riset itu mampu menempatkan FMIPA di posisi ketiga dari sisi jumlah kegiatan maupun dana di UGM. FMIPA berada dibawah Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran.

…dst

15 ) UNM Tawarkan Konsep SMK Industri Sutra
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/373/692217/unm-tawarkan-konsep-smk-industri-sutra

Rabu, 19 September 2012 16:50 wib
SOPPENG – Sentra budidaya murbai untuk dikembangkan menjadi kain sutra di Kabupaten Soppeng menarik perhatian rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Arismunandar. Rektor pun menawarkan konsep Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Industri Sutra kepada Bupati Soppeng. Sekolah tersebut nantinya mendidik siswa untuk mengembangkan ide dan kreativitas dalam melukis kain sutera. “Konsepnya bukan bagaimana siswa memelihara dan mengembangbiakkan murbai, tetapi di sini diajarkan bagaimana melukis kain sutera sehingga menghasilkan karya seni yang bernilai ekonomi tinggi,” papar Prof. Arismunandar. Ungkapan itu dibeberkan kepada Bupati dan sejumlah Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Soppeng saat melakukan supervisi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Angkatan V di Kabupaten Soppeng, belum lama ini. Prof. Arismunandar menyebut, sudah saatnya ada sekolah yang mampu mengolah potensi sumberdaya alam yang dimiliki suatu daerah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Lagi pula siswa yang dihasilkan akan memiliki kemampuan untuk berwirausaha.

…dst

16 ) Lulusan Perguruan Tinggi Diarahkan Berwirausaha
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/680

09/19/2012
Jakarta — Potensi untuk pengembangan sektor kewirausahaan di Indonesia masih terbuka luas. Dominasi sektor informal juga menjadi salah satu faktor yang mendukung potensi sektor kewirausahaan Indonesia. Karakteristiknya yang tidak tergantung pada modal besar telah membuktikan ketangguhan sektor ini untuk bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi global pada tahun 2008 lalu. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri mendorong para mahasiswa untuk berpikir wirausaha dengan menyelenggarakan National Lecturer Series (NLS) tahun 2012. Kegiatan ini merupakan upaya dari kedua instansi ini untuk memberi motivasi kepada mahasiswa dalam mengembangkan kreativitasnya dengan berwirausaha. Acara ini diselenggarakan di gedung D Kemdikbud (19/09), dengan narasumber Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso, CEO PT Kelola Mina Laut M. Nadjikh, pemenang wirausaha muda mandiri 2009 Denni Deliandri, dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Illah Sailah.

…dst

17 ) Perdalam Social Tehcnopreneur, ITS Undang Pakar dari AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691645/perdalam-social-tehcnopreneur-its-undang-pakar-dari-as

Selasa, 18 September 2012 17:38 wib
JAKARTA – Menjadi seorang wirausaha ternyata tidak melulu hanya berorientasi pada keuntungan. Selain mencari keuntungan dari usaha, seorang wirausaha juga konsen terhadap masalah pengembangan masyarakat. Pemahaman inilah yang dianut oleh seorang social tehcnopreneur. Mengajak mahasiswa lebih memahami social tehcnopreneur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun menggelar seminar mengenai hal tersebut. Tidak tanggung-tanggung, ITS pun menggandeng Konsulat Jendral (Konjen) AS dan menghadirkan seorang pakar social tehcnopreneur asal AS Adnan Mahmud sebagai pembicara. Adnan mengungkapkan, pada intinya social tehcnopreneur merupakan konsep kewirausahaan yang berbasis pada kesejahteraan masyarakat. ”Tidak ada definisi yang tetap untuk konsep ini. Apabila usaha yang dilakukan punya tujuan mulia untuk mengembangkan masyarakat, maka itulah social technopreneur,” ujar Adnan, seperti disitat dari ITS Online, Selasa (18/9/2012).

…dst

18 ) Penelitian Jangan Hanya Berakhir di Tumpukan Kertas
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691719/penelitian-jangan-hanya-berakhir-di-tumpukan-kertas

Selasa, 18 September 2012 19:12 wib
JAKARTA – Sering kali hasil penelitian kalangan akademisi baik mahasiswa maupun dosen hanya berakhir pada tumpukan kertas. Maka, hendaknya, hasil penelitian harus diinovasi untuk kepentingan masyarakat. Demikian diungkapkan Lektor Kepala Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang Lilik Setyobudi dalam acara Konferensi Nasional Kewirausahaan Pengembangan Kewirausahaan Masa Lalu, Masa Sekarang dan yang Akan Datang di Gedung Paska Sarjana FEB, Selasa (18/9/2012). Lilik mengatakan, selama ini hasil penelitian yang ada di UB sudah sangat berlimpah. Namun sayangnya masih banyak yang belum diterapkan untuk kepentingan masyarakat. “Inovasi ilmu pengetahuan dan teknolgi (iptek) yang dihasilkan oleh UB setiap tahun berlimpah, namun sangat minimal yang menjadi komersial,” kata Lilik, seperti disitat dari laman UB, Selasa (18/9/2012). Untuk menggiatkan inovasi penelitian yang berbasis pengabdian masyarakat, lanjut Lilik, model yang cocok diterapkan untuk UB adalah social entrepreneur model, yakni bentuk inovasi yang berbasis pada pengabdian masyarakat. Salah satu tokoh social entrepreneur adalah penerima penghargaan nobel perdamaian, yakni Muhammad Yunus dan Madam Theresa.

…dst

19 ) Beasiswa Unggulan untuk Entrepreneur Muda
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/368/691924/beasiswa-unggulan-untuk-entrepreneur-muda

Rabu, 19 September 2012 10:19 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam program beasiswa khusus bagi entrepreneur muda. Bertajuk Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga, program ini ditujukan bagi para mahasiswa yang juga merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang melandaskan usahanya pada prinsip sosial dan lingkungan (eco-social entrepreneurship). Persyaratan umum program ini adalah, pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI) berusia maksimal 25 tahun saat mengikuti program BUTIK. Program ini terbuka bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Pendaftar adalah mahasiswa semester lima untuk jenjang S-1 dengan IPK minimal 2,75 selama empat semester berturut-turut, dan semester tiga untuk jenjang pendidikan vokasi dengan IPK minimal 2,75 selama dua semester berturut-turut.

…dst

20 ) Profesor Belanda Dianugerahi “Soegijapranata Award”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/16480961/Profesor.Belanda.Dianugerahi.Soegijapranata.Award.

Rabu, 19 September 2012 | 16:48 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Profesor AML Coenen dari Radboud University-Nijmegen Belanda dianugerahi Soegijapranata Award oleh Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang atas dedikasinya terhadap kampus tersebut. “Penghargaan ‘Soegijapranata Award’ ini yang kedua kalinya kami berikan kepada tokoh yang berjasa pada kampus,” kata Rektor Unika Soegijapranata Prof Budi Widianarko setelah penyerahan penghargaan itu di Semarang, Rabu (19/9/2012). Ditanya pertimbangan pemberian penghargaan itu, ia menjelaskan sosok Prof Coenen dinilai berjasa dalam pengembangan kampus Unika Soegijapranata, di samping sumbangsihnya yang besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.”Coenen yang membuka peluang kerja sama antara dua perguruan tinggi, yakni Unika Soegijapranata dengan Radboud University-Nijmegen Belanda, terutama dalam bidang pengembangan kualitas dosen,” katanya. Awalnya, kata dia, pengembangan dosen yang dilakukan dengan melanjutkan studi ke universitas di Belanda itu dilakukan dosen Fakultas Psikologi, tetapi pada perkembangannya banyak dosen dari fakultas lain ikut.

…dst

21 ) Dalami Bahasa & Budaya RI, Mahasiswa Jerman ke UMY
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/373/692142/dalami-bahasa-budaya-ri-mahasiswa-jerman-ke-umy

Rabu, 19 September 2012 19:07 wib
JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi destinasi terakhir dari kunjungan para mahasiswa Universitas Passau Jerman ke Indonesia. Kunjungan yang dilakukan sejak Agustus lalu itu bertujuan mengenalkan budaya dan bahasa Indonesia. Sebelumnya, delapan mahasiswa yang ikut dalam kunjungan ini telah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama dua semester di kampus mereka. Namun, untuk mengenal lebih dalam kebudayaan Nusantara, mereka pun melakukan kunjungan tersebut. Demikian diungkapkan oleh Dosen dari Universitas Passau Jerman Lita Priyatna dalam “Sharing and Discussion” yang bertempat di gedung pertemuan Magister Ilmu Pemerintahan UMY. Lita menambahkan, kunjungan rombongan mahasiswa Jerman ini ke UMY adalah untuk melihat seperti apa kegiatan yang dilakukan selama ini di UMY terkait dengan kegiatan internal maupun eksternal.

…dst

22 ) 50 Mahasiswa se-ASEAN Belajar Jadi Diplomat yang Baik
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691726/50-mahasiswa-se-asean-belajar-jadi-diplomat-yang-baik

Selasa, 18 September 2012 19:38 wib
JAKARTA – Sebagai pilar bangsa mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD). Untuk itu, para generasi muda harus memiliki daya saing yang kuat untuk membawa nama diri pribadi ataupun membawa nama negara di kancah nasional maupun internasional. CIMB Young Leaders ASEAN Summit 2012 menjadi salah satu sarana bagi kawula muda untuk mengenal lebih dekat negara lain di segala bidang kehidupan. Sebanyak 50 peserta yang mewakili 10 negara ASEAN memperoleh kesempatan, untuk bertukar pandangan dan gagasan, serta membentuk hubungan persaudaraan yang kuat. “Mereka di sana berdebat membicarakan roda perekonomian yang terus bergulir dan diharapkan calon pemimpin bangsa dari setiap negara yang berbeda bisa menjaga tali persilaturahmian serta membawa nama negaranya ke ekonomi yang maju,” ujar Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak-Group dalam press conference yang digelar di Gedung KTT, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2012).

…dst

23 ) Menteri Nuh Minta Sumber Konten Porno Dibatasi
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/19/079430394/Menteri-Nuh-Minta-Sumber-Konten-Porno-Dibatasi

Rabu, 19 September 2012 | 07:15 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran konten pornografi di kalangan siswa didik. Pertama, membatasi sumber konten tersebut. “Sumber-sumber pornois itu (harus) dibatasi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa, 18 September 2012. Upaya kedua, Nuh melanjutkan, adalah dengan menekankan kepada anak-anak tentang pentingnya menghindari sumber-sumber konten untuk orang dewasa itu. “Bukan sekedar tidak boleh, tapi harus diisi dengan pola pikir dan kegiatan yang positif,” ujar dia. Sementara upaya ketiga, adalah membuat kegiatan-kegiatan yang bisa menghindarkan anak-anak dari perilaku porno. Menurut Nuh, penyebaran konten pornografi di lingkungan anak didik menjadi masalah yang sangat serius. Soalnya, dampak konten semacam ini tak hanya kepada personal anak saja, tapi juga memiliki beberapa turunan yang mempengaruhi perilaku anak. “Misalkan saja kalau dia (anak didik) sudah kecanduan, padahal belum punya pendapatan, akibatnya pasti menyimpang,” ucapnya. Ia mengatakan, penyimpangan pasti memiliki dampak negatif dari sisi etika dan keagamaan. Sebagai contoh seusai menyaksikan konten porno, anak didik akan mengekspresikannya dan akan terbangun pola ide porno yang kemudian terwujud dalam tindakan. “Muncul pelecehan, muncul perkosaan.”

…dst

24 ) Mendikbud miliki tiga kiat antisipasi pornografi pada anak
http://www.antaranews.com/berita/333935/mendikbud-miliki-tiga-kiat-antisipasi-pornografi-pada-anak

Selasa, 18 September 2012 22:54 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengaku memiliki tiga kiat untuk mengantisipasi penyebaran pornografi pada anak-anak. “Ada tiga kiat yaitu batasi sumber, pola pikirnya, dan aktivitasnya. Pertama, membatasi sumber. Sumber-sumber pornografi itu dibatasi,” kata Mendikbud di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa. Yang kedua, kata dia, adalah menekankan pada anak-anak tentang pentingnya menghindari sumber-sumber pornografi tadi. “Tapi bukan sekedar tidak boleh, tidak boleh, tapi harus diisi dengan pola pikir, pola pikir kegiatan yang positif,” katanya. Sedangkan yang ketiga, menurut M Nuh adalah menciptakan kegiatan-kegiatan yang bisa menghindarkan anak dari perilaku itu. Sementara itu saat ditanya mengenai hasil survei yang menyebutkan bahwa 90 persen siswa SMA simpan konten pornografi, M Nuh menggarisbawahi perlunya menyikapi hasil survei itu dengan bijak. “Membaca hasil survei harus utuh, misal pertanyaannya seperti apa, logika nalarnya seperti apa? Karena dari itulah kita bisa menyimpulkan apakah anak-anak itu sudah sangat (terpapar) pornografi atau hanya sekedar mengetahui apa itu pornografi,” katanya.

…dst

25 ) Jawaban Nuh Terkait Politisasi Guru dalam Pilkada DKI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/11234959/Jawaban.Nuh.Terkait.Politisasi.Guru.dalam.Pilkada.DKI

Rabu, 19 September 2012 | 11:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh enggan berkomentar banyak menanggapi isu yang berkembang tentang politisasi guru dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta. Menurutnya, Kemdikbud tidak memiliki kewenangan untuk menyusup dalam kancah perpolitikan. “Kemdikbud tak punya tangan langsung ke situ (politik). Paling banter, kita menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas,” kata Nuh, seusai membuka Indonesian Science Festival, di Jakarta, Rabu (19/9/2012). Ia menegaskan, sesuai aturan yang berlaku, semua guru tak dapat dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Baik itu pemilihan kepala daerah, ataupun pemilihan presiden. “Kalau sosialisasi dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau tim sukses tertentu untuk memberikan pemahaman menggunakan hak pilih, itu boleh. Tapi kalau diarahkan untuk memilih calon tertentu, itu yang salah,” tegasnya.

…dst

26 ) Ini Kemudahan Belajar di Perancis!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/05245515/Ini.Kemudahan.Belajar.di.Perancis

Rabu, 19 September 2012 | 05:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Melanjutkan studi ke luar negeri sudah bukan impian lagi sebab ada banyak jalan dan kemudahan yang bisa Anda kejar untuk mengemban tingkat pendidikan di luar sana. Salah satunya adalah Perancis. Negara dengan lambang Menara Eiffel ini telah menjadi tujuan studi favorit bagi banyak pelajar di seluruh negeri, termasuk Indonesia. Dengan tekad bulat dan kerja keras yang mantap, negara Perancis ternyata mendukung calon pelajar asing yang bersungguh-sungguh melanjutkan studi ke sana dengan memberi banyak kemudahan. “Jika kamu memilih Perancis sebagai negara tujuan untuk mengejar cita-cita kamu, kenapa tidak? Menjadi siswa asing di Perancis itu menyenangkan, bahkan pemerintah memudahkan jalannya,” ujar Mini Riandini, Koordinator Konsultasi dan Administrasi CampusFrance Indonesia, kepada Kompas.com di Salemba, Jakarta, Selasa (18/9/2012).

…dst

27 ) Persiapan Bahasa untuk Studi ke Perancis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/22415449/Persiapan.Bahasa.untuk.Studi.ke.Perancis

Selasa, 18 September 2012 | 22:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Masuk perguruan tinggi negeri di Peancis akan menjadi lebih mudah jika calon siswa yang berasal dari luar negeri, terutama Indonesia, telah mempunyai bekal dan kemampuan berbahasa Perancis. Kemampuan berbahasa Perancis ini dapat menjadi persyaratan yang akan memudahkan siswa asing meraih kemudahan belajar. Sebab, Perancis sebagai salah satu negara Eropa memberikan subsidi pendidikan secara merata bagi warga yang menghormati tradisi, terutama dalam penggunaan bahasa ibu. “Pemerintah Perancis memberikan subsidi tuition fee bagi seluruh siswa di universitas negeri. Jadi, latihlah kemampuan berbicara Perancis-mu dari sekarang,” ujar Mini Riandini, koordinator Konsultasi dan Administrasi Campus France Indonesia, Selasa (18/9/2012). Kemampuan berbicara bahasa Perancis ini harus dilatih minimal satu tahun sebelum berangkat menempuh pendidikan di sana. Jika sudah menempuh pelatihan selama satu tahun, siswa berhak mengikuti ujian internasional untuk mendapatkan ijazah Diploma de Langue Francaise (DELF) atau DALF yang akan berlaku seumur hidup.

…dst

28 ) Ilmuwan Bangun Kamera Pemburu Dark Energy
http://www.jpnn.com/read/2012/09/19/140281/Ilmuwan-Bangun-Kamera-Pemburu-Dark-Energy-

Rabu, 19 September 2012 , 17:41:00
FLORIDA – Astronom menyiapkan kamera beresolusi tinggi untuk memindai sekitar 300 juta galaksi dalam lima tahun mendatang. Kamera ini bakal digunakan untuk mencari benda misterius di langit, seperti dark energy dan keberadaan lubang hitam. Saking tinggi resolusi yang digunakan, para ilmuwan mengklaim kamera tersebut sebagai kamera dengan resolusi tertinggi di dunia yang pernah dibuat. Dark Energy Camera atau DECam berkemampuan sekitar 570 juta pixel. Sementara kamera-kamera umum biasanya hanya 10 sampai 12 megapixel. Menurut laman BBC, DECam akan melakukan perburuan untuk menemukan sifat energi gelap, yang menurut teori ilmuwan, bertanggung jawab atas ekspansi alam semesta. Pada awal September ini, kamera tersebut difokuskan pada gugus galaksi Fornax. Kegiatan survei hasil kolaborasi antara astronom AS, Inggris, Brasil, Spanyol dan Jerman ini bakal mempelajari kluster-kluster galaksi. DECam dipasang pada teleskop M 4m Victor Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory di padang pasir Atacama Chili. DECam sangat sensitif terhadap cahaya merah dan inframerah, untuk lebih mempelajari benda-benda kosmis jauh yang berjarak sekitar delapan miliar tahun cahaya. Ilmuwan meyakini peningkatan kecepatan ekspansi disebabkan adanya energi gelap. Energi ini diperkirakan turut membentuk lebih dari 70 persen alam semesta.

…dst

29 ) Masih Ditemukan Penambahan Bahan Kimia Obat dalam Obat Tradisional
http://sains.kompas.com/read/2012/09/18/17425970/Masih.Ditemukan.Penambahan.Bahan.Kimia.Obat.dalam.Obat.Tradisional.

Selasa, 18 September 2012 | 17:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan masih menemukan obat tradisional yang ditambahi dengan bahan kimia obat. Penambahan bahan kimia obat ke dalam obat tradisional berbahaya bagi konsumen dan dilarang di Indonesia. Hal itu terungkap dalam jumpa pers soal obat tradisional mengandung bahan kimia obat, Selasa (18/9/2012). Kasubdit Inspeksi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplementer, Mauizzati Purba mengatakan, setiap tahunnya BPOM memeriksa 14.000 hingga 20.000 sampel obat tradisional. Sampai dengan pertengahan tahun ini, dari jumlah sampel yang diperiksa, 3,12 persen diantaranya terdapat kandungan bahan kimia obat. Persentase itu bisa berubah pada akhir tahun karena masih terus diadakan pemeriksaan. Tetapi, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, temuan sekitar 2-3 persen, ujar Mauizzati. BPOM menargetkan pada tah un 2014, temuan bahan obat dalam obat tradisional hanya 1 persen. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplementer Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), T Bahdar J Hamid mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel sepanjang tahun 2012 oleh BPOM, penambahan bahan kimia obat rematik dan penghilang rasa sakit menjadi tren.

…dst

30 ) Jamu Berbahan Kimia Bisa Sebabkan Kematian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/19/349294/293/14/Jamu-Berbahan-Kimia-Bisa-Sebabkan-Kematian

Rabu, 19 September 2012 06:12 WIB
JAKARTA–MICOM: Obat tradisional mengandung bahan kimia obat (OT/jamu-BKO) disinyalir masih banyak dijual di pasaran. Kesimpulan itu didapat dari hasil audit rutin Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang dilakukan pada setiap tahun. Beredarnya OT BKO tidak hanya berpotensi menggerus laba jamu legal yang tahun lalu mencapai omzet hingga Rp17 triliun. Jamu yang dicampur dengan bahan kimia tanpa dosis yang tepat tentu membahayakan jiwa orang yang rutin mengonsumsinya. “Sildenafil sitrat yang kerap dicampur dengan jamu disfungsi ereksi bisa menyebabkan gangguan pengelihatan, nyeri dada dan kematian,” kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM Bahdar J Hamid di Jakarta, Selasa (18/9). Selain itu, natrium diklofenak yang dipakai sebagai obat anti-rematik dapat memicu vertigo, perdarahan tukak dan gangguan darah.

…dst