1 ) Kurikulum Baru Diuji Publik Awal 2013
Jam Belajar dan Jumlah Pelajaran Dievaluasi
http://www.kopertis12.or.id/2012/09/20/kurikulum-baru-diuji-publik-awal-2013.html

Kamis,20 September 2012
Jakarta, Kompas – Penyusunan kurikulum pendidikan nasional yang baru diharapkan rampung pada Februari 2013. Sebelum disahkan dan diaplikasikan, pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum itu untuk memperoleh kritik dan masukan dari masyarakat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Rabu (19/9), di Jakarta, mengatakan, dua tim sudah dibentuk dan sedang bekerja. “Hasil kerja dua tim penyusun kurikulum akan diuji publik sebelum Februari 2013. Fase ini tak boleh dilupakan. Pasti akan ada perbedaan pendapat nanti,” ujarnya. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud Suyanto menambahkan, tim pertama bertugas menyusun kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Adapun tim kedua bertugas menyusun kurikulum pendidikan tinggi. “Anggota tim terdiri dari Kemdikbud, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan tokoh-tokoh pendidikan. Para tokoh itu yang tahu masalah dan tantangan bangsa ke depan,” kata Suyanto. Tim penyusun juga mengevaluasi kurikulum yang berlaku saat ini. Misalnya, soal banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari siswa, jam sekolah, hingga mencari penyebab mengapa sering terjadi tawuran siswa, rendahnya kemampuan siswa berbahasa asing, serta berbagai persoalan lain.

…dst

2 ) Polemik Sistem Perkuliahan UKSW Berkepanjangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/20315136/Polemik.Sistem.Perkuliahan.UKSW.Berkepanjangan

Rabu, 19 September 2012 | 20:31 WIB
SALATIGA, KOMPAS.com — Kebijakan Rektor Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, yang mewajibkan semua fakultas dan program studi menerapkan semester antara, selain semester gasal dan semester genap, menuai polemik berkepanjangan.Pihak Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana meminta Rektor UKSW mencabut keputusan tersebut karena telah membuat kondisi kampus tidak kondusif. Sebelumnya, sebagian mahasiswa UKSW, yaitu dari Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, pada Agustus lalu menyatakan penolakan mereka terhadap sistem tersebut. Sekitar 200 mahasiswa mengantarkan surat penolakan kepada rektor. Aksi itu kemudian ditanggapi dengan forum terbuka yang dipimpin oleh Pembantu Rektor III UKSW Yafet Rissy. Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) UKSW Tyas Bani Pamerdi, Rabu (19/9), mengaku tidak menyangka apa yang dilakukannya berdampak begitu besar. Mahasiswa saat itu hanya ingin menyampaikan keluhan bahwa beban yang akan mereka tanggung semakin berat, baik dari materi perkuliahan maupun biaya kuliah yang harus dibayar.

…dst

3 ) Indonesia Butuh Pendidikan Khusus Bangunan
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/19/373/692314/indonesia-butuh-pendidikan-khusus-bangunan

Kamis, 20 September 2012 09:08 wib
JAKARTA – Mengingat Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana gempa bumi, maka diperlukan pendidikan khusus di bidang teknologi bangunan, terutama beton. Namun sayangnya, perhatian terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di bidang teknologi bangunan, khususnya beton, masih jarang dilakukan. Maka, belum lama ini Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menghelat “Seminar on Syllabus of Courses Implementation: Supporting Infrastructure Development in Cost-Competitive and Sustainable Manner of Future Concrete Construction in Indonesia”. Pada kesempatan tersebut, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan (JUTAP) Yoyok Wahyu Subroto menyebut, pengajaran di bidang teknologi bangunan tersebut diperlukan karena adanya tuntutan dari para pelaku di bidang konstruksi bangunan sangat tinggi. Tuntutan tersebut, lanjutnya, terkait dengan metode dalam menjamin mutu desain dan model pemeliharaan konstruksi beton yang rusak akibat bencana atau umur bangunan. “Pengajaran tentang teknologi beton masih minim diajarkan sehingga perlu ditingkatkan,” kata Yoyok, seperti disitat dari situs UGM, Kamis (20/9/2012).

…dst

4 ) Kongres Ilmu Hukum Indonesia di Semarang Bulan Oktober
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/22480538/Kongres.Ilmu.Hukum.Indonesia.di.Semarang.Bulan.Oktober.

Rabu, 19 September 2012 | 22:48 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Untuk menyadarkan adanya pergeseran paradigma di dunia science yang berimplikasi pada ilmu hukum, serta menumbuhkan kesadaran dan sensitivitas pluralistik dan menempatkan pentingnya pendekatan holistik dalam ilmu hukum, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, akan menggelar Kongres Ilmu Hukum Indonesia pada bulan Oktober mendatang.Kongres yang mengusung tema “Refleksi dan Rekonstruksi Ilmu Hukum Indonesia” digagas Asosiasi Sosiologi Hukum Indonesia (ASHI) dan Institut Satjipto Rahardjo ini merupakan bagian dari gagasan dan rencana dari Prof Satjipto Rahardjo (alm) semasa hidupnya, saat mengabdi hingga akhir hayatnya di Fakultas Hukum Undip. “Sudah lama kami ingin mewujudkan Kongres Ilmu Hukum Indonesia ini sebagai penghormatan kepada almarhum Prof Satjipto Rahardjo, baru sekarang kesampaian,” ungkap Ketua Panitia Kongres Ilmu Hukum Indonesia Prof Dr Esmi Warassih Pujirahayu SH MS, didampingi Wakil Ketua Panitia Kongres Prof Dr Suteki SH MHum, saat berkunjung ke Kompas Perwakilan Jateng di Semarang, Rabu (19/9/2012).

…dst

5 ) UI Career Expo Jembatani Pencari Kerja
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/20/373/692599/ui-career-expo-jembatani-pencari-kerja

Kamis, 20 September 2012 12:21 wib
DEPOK – Siapa yang tidak menginginkan untuk bekerja? Setiap orang pasti ingin bekerja. Tetapi yang jadi pertanyaan kedua, adakah tempat kerja yang sesuai dengan jurusan dan penghasilan sesuai dengan apa yang kita inginkan? Pernyataan tersebut dilontarkan salah satu wakil perusahaan dalam pembukaan Universitas Indonesia (UI) Career and Scholarsip Expo XIV. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UI M Anis bertutur, fokus perhelatan ini adalah menjembatani alumni perguruan tinggi, khususnya UI, dalam mencari pekerjaan serta meniti karier sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika duduk di bangku perkuliahan. “Kegiatan ini bukti nyata sebagai bentuk perhatian kepada para lulusan perguruan tinggi dalam mencari kerja. Saya berharap, UI menjadi PTN terdepan dan relevan dalam mencetak alumninya,” ujar Anis di Balairung UI, Depok, Kamis (20/9/2012). Anis mengklaim, berdasarkan riset yang dilakukan UI, para lulusannya hanya menganggur paling lama tiga bulan, setelah sebelumnya selama lima bulan.

…dst

6 ) UT Tawarkan Beasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/20/373/692446/ut-tawarkan-beasiswa

Kamis, 20 September 2012 08:21 wib
TANGERANG – Universitas Terbuka (UT) mulai tahun ini menjaring calon mahasiswa melalui seleksi khusus bagi siswa SMA yang baru lulus. Seperti perguruan tinggi pada umumnya, kini UT juga mengincar siswa berprestasi sejak kelas XI. “Bagi para siswa lulusan SMA ini disediakan beasiswa, baik beasiswa Bidik Misi maupun dari perusahaan mitra dalam bentuk corporate social responsibility (CSR),” kata Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka (UT) Maximus Gorky Sembiring di sela Roadshow Program Sosialisasi Edukasi Masyarakat Umum Mengenai Sistem Jarak Jauh di Universitas Terbuka, di Tangerang Selatan, kemarin. Gorky yang juga mantan Pembantu Rektor (PR) IV UT bidang Kerja Sama, Humas, dan Pengembangan Institusi ini mengatakan, tahun ini perguruan tinggi yang berkantor pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan itu akan memberikan 150 Bidik Misi. Namun, kata Gorky, tahun depan beasiswa tersebut akan ditambah lagi. Beasiswa tersebut hanya akan diberikan kepada siswa yang baru lulus SMA.
“Ini dalam rangka upaya kami membidik calon mahasiswa yang fresh graduate,” kata Gorky.

…dst

7 ) Mengejar Beasiswa Amerika itu Gampang-gampang Susah!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/19/21213942/Mengejar.Beasiswa.Amerika.itu.Gampang-gampang.Susah.

Rabu, 19 September 2012 | 21:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mengejar beasiswa tidak segampang yang dibayangkan, tetapi juga tidak sesulit yang dipikirkan. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. There’s a will there’s a way! Begitu pula Anda, bisa memilih beasiswa pendidikan luar negeri, misalnya di Amerika. Mengejar beasiswa dari negara adikuasa ini tampaknya memang sulit, tapi percayalah kesempatan itu bisa datang, apalagi jika kamu kejar, ya. Mereka akan semakin mendekat. Seperti dikatakan Advisor education USA Ninda Daianti, bahwa mengejar beasiswa ke Amerika membutuhkan kerja keras yang besar, mental yang kuat, dan intelejensia tinggi. “Saya tidak mengatakan itu gampang, tetapi memang membutuhkan kerja keras yang lebih dari biasanya,” ujar Ninda di pusat kebudayaan Amerika Serikat, Pacific Place lantai 3, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2012). Tidak bermaksud membuat semangat para pelajar Indonesia menyusut, apa yang disampaikannya merupakan saran nyata bahwa persaingan beasiswa di Amerika sangat ketat.

…dst

8 ) 14 Mahasiswa Asing Belajar di Unnes
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/528249/

Thursday, 20 September 2012
SEMARANG– Sebanyak 14 mahasiswa asing menempuh kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada tahun ajaran baru ini.Mereka berasal dari banyak negara. Antara lain, dari Slovakia 1 mahasiswa, Lithuania (2 mahasiswa),Ukraina (2 mahasiswa), Hungaria (1 mahasiswa), Madagaskar (1 mahasiswa), Spanyol (1 mahasiswa), dan Jepang (2 mahasiswa). Mereka studi di Unnes melalui program Dharmasiswa Republik Indonesia di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain mereka, pada program yang sama, sejumlah mahasiswa asing lainnya juga akan menyusul di antaranya dari Ceko, Timor Leste,dan Ethiopia. Pembantu Rektor bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Fathur Rokhman mengatakan para mahasiswa asing selama di Unnes dapat mempelajari berbagai bidang ilmu.”Mahasiswa asing dapat belajar bahasa Indonesia, kesenian Jawa,musik,dan batik,” ujarnya di sela penyambutan mahasiswa asing di Kampus Unnes kemarin.

…dst

9 ) M Nuh: RSBI Itu Ibarat Rumah yang Kursinya Rusak
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/19/349565/293/14/M-Nuh-RSBI-Itu-Ibarat-Rumah-yang-Kursinya-Rusak

Rabu, 19 September 2012 20:59 WIB
JAKARTA–MICOM: Rencana DPR Komisi X untuk merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) ditanggapi positif oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh. Dalam beberapa poin yang diajukan DPR seperti revisi terkait wajib belajar 9 tahun dan soal pendidikan anak usia dini (PAUD). “DPR tentu saja punya hak untuk mengajukan revisi perubahan atau membuat UU baru, kami menghargai ini untuk membangun sistem yang lebih baik, nanti juga toh ada pembahasan bersama,” ujar Muhammad Nuh kepada Media Indonesia, Rabu (19/9). Terkait wajib belajar, M Nuh mengaku, pihaknya sendiri telah menyepakati penambahan wajib belajar selama 12 tahun, diistilahkan dengan pendidikan menengah universal yang akan dimulai programnya pada 2013. “Pemerintah sendiri sudah melihat ini sebagai sebuah urgensi bahwa wajib belajar 9 tahun sudah tidak relevan lagi,” ujar Nuh. Karena itu, memang diperlukan payung hukum untuk menjamin pendidikan menegah tersebut. Hal lainnya yang menjadi konsentrasi pemerintah menurut Nuh yakni pembenahan sistem terkait PAUD.

…dst

10 ) Jam Belajar Jadi 30 Jam Seminggu
Tambahan Pendidikan Karakter
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/19/199265/Jam-Belajar-Jadi-30-Jam-Seminggu

19 September 2012
YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menambah jam pelajaran di sekolah untuk pendidikan moral dan karakter. Ini menjadi bagian dari penataan dan penyempurnaan kurikulum, terkait semakin lunturnya nilai karakter peserta didik. “Jam pelajaran akan ditambah menjadi 30 jam per minggu. Sebelumnya peserta didik hanya diwajibkan sekolah 26 jam per minggu. Dengan tambahan jam belajar ini siswa akan lebih lama di sekolah. Tambahan jam belajar tidak harus dalam bentuk belajar di kelas, namun bisa berupa penanaman nilai-nilai moral,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di sela-sela Asia Europe Meeting Culture Ministers Meeting (ASEM CMM) di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Selasa (18/9). Menurut Nuh, pembenahan kurikulum dibutuhkan karena nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah seringkali tidak dibarengi dengan pendidikan di masyarakat. “Padahal, proses pendidikan harus dinilai secara komprehensif dan melibatkan banyak pihak, seperti masyarakat dan keluarga,” imbuhnya.

…dst

11 ) Rencana Penambahan Jam Belajar SD Masih Digodok
Jam Belajar SD di Negara Maju Empat Jam Lebih Banyak Dari Indonesia
http://www.jpnn.com/read/2012/09/20/140331/Rencana-Penambahan-Jam-Belajar-SD-Masih-Digodok-

Kamis, 20 September 2012 , 04:48:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memang menggulirkan wacana ingin menambah jam belajar siswa SD. Tetapi sampai saat ini, ketentuan jam belajar baru itu masih tahap penggodokan. Kemendikbud terus mengkaji dampak aturan baru ini dengan beberapa pakar pendidikan dan psikologi. Plt Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Suyanto di Jakarta, Rabu (19/9) mengatakan, ada banyak konsekuensi terkait rencana penambahan jam belajar ini. Selain konsekuensi psikologis, juga ada konsekuensi teknis pembelajaran. “Jika nanti jadi ditambah (jam belajar SD, red), maka konsekuensinya ada mata pelajaran yang harus dikurangi,” katanya. Dengan cara ini, bisa menekan potensi siswa SD kelelahan secara psikologis dalam mengikuti pembelajaran. Suyanto juga mengatakan jika nantinya jam belajar SD jadi ditambah, maka model belajarnya juga harus dirubah menjadi lebih tematik dan segar. Mantan rektor Universitas Negeri Yogyakarta itu menuturkan, saat ini jumlah mata pelajaran yang harus dihadapi siswa SD tidak bisa disebut sedikit. Dia mengatakan jika siswa SD saat ini menghadapi sembilan mata pelajaran. Selanjutnya untuk siswa SMP ada 12 mata pelajaran, dan siswa SMA ada 16 mata pelajaran.

…dst

12 ) Jerman minta warga tidak pakai internet explorer
http://www.antaranews.com/berita/334007/jerman-minta-warga-tidak-pakai-internet-explorer

Rabu, 19 September 2012 11:57 WIB
Frankfurt (ANTARA News) – Pemerintah Jerman mendesak warganya untuk sementara waktu berhenti menggunakan Internet Explorer keluaran Microsoft Corp, Selasa (18/9). Peringatan itu terjadi setelah temuan kerusakan yang belum diperbaiki di Web browser itu. Pembuat perangkat lunak mengatakan kerusakan itu menyebabkan komputer rentan terhadap serangan peretas. Seorang peneliti mengaku menemukan bukti yang menunjukkan bahwa peretas yang memanfaatkan cacat dalam program tersebut berusaha untuk menyerang kontraktor pertahanan. Microsoft mengatakan penyerang dapat memafaatkan cacat dalam Internet Explorer yang digunakan di ratusan juta komputer, untuk menginfeksi PC yang mengunjungi situs berbahaya dan mengambil alih komputer korban. Pemerintah Federal Keamanan Informasi (BSI) Jerman mengatakan mereka waspada terhadap sasaran serangan dan peretas memancing penjelajah internet mengunjungi suatu website yang telah terkontaminasi bahaya.

…dst

13 ) Utang Pemerintah Naik Lagi Jadi Rp1.957,2 Triliun
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/09/20/75580/utang_pemerintah_naik_lagi_jadi_rp19572_triliun/#.UFq5Rq7dZ6E

Kamis, 20 September 2012
Jakarta, (Analisa). Total utang pemerintah Indonesia hingga Agustus 2012 mencapai Rp 1.957,2 triliun. Sampai akhir tahun ini, utang pemerintah diperkirakan Rp 1.989,92 triliun, atau nyaris Rp 2.000 triliun.
…cut…
Berikut catatan utang pemerintah pusat dan rasionya terhadap PDB sejak tahun 2000:
* Tahun 2000: Rp 1.234,28 triliun (89%)
* Tahun 2001: Rp 1.273,18 triliun (77%)
* Tahun 2002: Rp 1.225,15 triliun (67%)
* Tahun 2003: Rp 1.232,5 triliun (61%)
* Tahun 2004: Rp 1.299,5 triliun (57%)
* Tahun 2005: Rp 1.313,5 triliun (47%)
* Tahun 2006: Rp 1.302,16 triliun (39%)
* Tahun 2007: Rp 1.389,41 triliun (35%)
* Tahun 2008: Rp 1.636,74 triliun (33%)
* Tahun 2009: Rp 1.590,66 triliun (28%)
* Tahun 2010: Rp 1.676,15 triliun (26%)
* Tahun 2011: Rp 1.803,49 triliun (25%)
* Agustus 2012: Rp 1.957,2 triliun (27%)