1 ) Penyerahan Hasil Test CPNS Kepada Instansi Terkait
http://www1.menpan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=355:penyerahan-hasil-test-cpns-kepada-instansi-terkait&catid=1:berita-terbaru

Friday, 21 September 2012 03:57
Seleksi CPNS 2012 mencatat sejarah baru sebagai seleksi paling transparan dan obyektif. Keberhasilan ini akan menjadi batu ujian bagi pemerintah untuk merancang sistem seleksi CPNS nasional yang lebih baik, cepat, efisien, murah dan mampu menjadi tonggak utama reformasi birokrasi di masa mendatang. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo menegaskan hal itu dalam acara “Penyerahan Hasil Pengolahan Lembar Jawaban Komputer (LJK) Tes Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS Nasional Tahun 2012” di Auditorium BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Jakarta 19 September 2012. Eko Prasojo menambahkan, seleksi CPNS yang melibatkan banyak lembaga pemerintah mulai dalam berbagai tahapan membuktikan koordinasi antar lembaga pemerintah yang lebih baik. Ini adalah modal awal yang bagus untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan birokrasi yang lebih sehat. Diharapkan Eko Prasojo, tahapan selanjutnya masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian tetap menjaga komitmen untuk benar-benar bersih sehingga mendapatkan SDM aparatur kompeten, dan berintegritas tinggi.

…dst

Pengumuman terkait Pengalihan Situs Hasil Tes TKD CPNS Tahun 2012
http://www.menpan.go.id/
Pengunjung yang terhormat,
Sehubungan dengan kendala teknis yang kami alami,
maka kami mengalihkan situs Hasil Tes TKD CPNS Tahun 2012 sbb:

…dst

2 ) Duit Rp 5,7 Miliar Universitas Bengkulu Diduga Digelapkan Karyawan
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/21/079431014/Duit-Rp-57-Miliar-Universitas-Bengkulu-Diduga-Digelapkan-Karyawan

Jum”at, 21 September 2012 | 13:06 WIB
TEMPO.CO, Bengkulu – Universitas Bengkulu dikabarkan kehilangan dana sebesar Rp 5,7 miliar akibat dilarikan Fi, seorang oknum pegawai negeri sipil yang menjabat bendahara di kampus ini. “Informasi hilangnya uang ini sudah lama kami dengar. Entah kenapa pihak rektorat tidak pernah melaporkannya ke aparat penegak hukum,” kata Piet Donisa, salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, Jumat, 21 September 2012. Menurut Piet, uang yang digelapkan oknum bendahara tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi, yakni usaha bisnis batubara dan kelapa sawit. Akibat penyelewengan itu, intensif karyawan dan dosen menjadi tersendat, begitu juga dengan rencana pembangunan fasilitas perkuliahan. Tidak dilaporkannya penyelewengan itu oleh pihak rektorat memicu kemarahan mahasiswa. Beberapa selebaran gelap pun berserakan di kampus tersebut. Isinya, menuding rektor Prof. Zainal Muktamar tutup telinga. Selain itu, di beberapa dinding kampus terdapat tulisan dari pylox berwarna hitam dan merah bertuliskan “Turunkan rektor” dan tulisan lain yang bernada kekecewaan mahasiswa. Pembantu Rektor II Universitas Bengkulu, Prof. Dr M Wachidi, tidak menampik adanya dugaan raibnya uang tersebut, saat ini pihaknya sedang melakukan audit keuangan. “Memang ada selisih saldo di rekening, tapi kami belum merinci,” katanya.

…dst

3 ) DPR-Kemendikbud Bahas Postur Anggaran Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/21/15124612/DPR-Kemendikbud.Bahas.Postur.Anggaran.Pendidikan

Jumat, 21 September 2012 | 15:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat kembali menggelar rapat kerja bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Agenda pembahasan masih terfokus pada pematangan postur anggaran pendidikan 2013, Jumat (21/9/2012). Rapat kerja (raker) hari ini dibuka Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto dan dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto. Pihak pemerintah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh didampingi wakilnya, Wiendu Nuryanti dari Bidang Kebudayaan. Beberapa pejabat eselon I di lingkungan Kemendikbud juga turut hadir, di antaranya Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim, dan semua direktur jenderal di Kemendikbud. Untuk diketahui, dalam raker sebelumnya, Komisi X DPR memberikan kritik keras pada postur anggaran yang disampaikan Mendikbud pada 6 September 2012. Dalam kesempatan itu, DPR menilai paparan mengenai postur anggaran tidak memiliki dasar hukum dan akurasi data yang lemah. Adapun hal-hal yang paling disoroti DPR mengenai keberadaan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) sebesar Rp 5 triliun yang tidak jelas peruntukannya. Di luar itu, alokasi anggaran pendidikan yang disalurkan untuk menggaji seluruh guru tak luput menjadi perdebatan serius.

…dst

4 ) Masa Tunggu Kerja Lulusan UI Tiga Bulan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/20/20103422/Masa.Tunggu.Kerja.Lulusan.UI.Tiga.Bulan

Kamis, 20 September 2012 | 20:10 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Pusat Pengembangan dan Karir atau Career and Development Center UI (CDC) Universitas Indonesia (UI) memperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia, tracer study online atau studi pelacakan jejak lulusan/alumni secara online. Data terakhir berdasarkan tracer study UI 2011 oleh CDC UI diketahui bahwa masa tunggu kerja lulusan UI adalah tiga bulan yang berarti meningkatnya employability lulusan UI serta baiknya daya serap dunia kerja lulusan UI. Hal itui diungkapkan Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Anis, pada pembukaan UI Career & Scholarship Expo ke-14 di Kampus UI Depok, Kamis (20/9/2012). Hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatanan Tenaga Kerja, Kementerian Tenaga Kerja, Firdaus Badrun . Selain itu, pada 22-25 Oktober 2012, CDC UI juga turut berpartisipasi sebagai panitia dalam kegiatan International Conference mengenai tracer study bertajuk Experiences with Link and Match in Higher Education.

…dst

5 ) Proses Pemilihan Rektor UI Ditunda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/20/18335912/Proses.Pemilihan.Rektor.UI.Ditunda

Kamis, 20 September 2012 | 18:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Panitia Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) menunda kelanjutan proses pemilihan rektor periode 2012-2017. Proses pengajuan bakal calon rektor ke Senat Akademi Universitas (SAU) dan Majelis Wali Amanat (MWA) ditunda hingga ada hasil keputusan islah dan penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengumuman penundaan proses pemilihan rektor UI tercantum dalam laman http://www.pemilihanrektor.ui.ac.id yang dipantau pada Kamis (20/9/2012). Dalam laman ini panitia menyebutkan keputusan untuk menunda proses pemilihan rektor yang sedang berjalan itu berdasarkan keputusan rapat paripurna MWA pada 18 September. Penundaan proses pemilihan rektor disebutkan sebagai kesadaran untuk menghormati putusan PTUN Nomor 37/G/2012/PTUN-Jkt pada 11 September 2012. MWA sedang berupaya untuk memfasilitasi tercapainya islah (perdamaian) antara pihak yang berbeda pendapat (penggugat dan para tergugat), dan mengusahakan agar hasil islah dapat disahkan di pengadilan sehingga berkekuatan hukum.

…dst

6 ) MWA IPB Sudah Terima Nama-nama Calon Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/20/20592233/MWA.IPB.Sudah.Terima.Nama-nama.Calon.Rektor

Kamis, 20 September 2012 | 20:59 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor sudah menerima nama-nama bakal calon rektor untuk periode 2012-2017 yang diusulkan oleh unit-unit kerja dan himpunan alumni perguruan tinggi negeri itu. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB Prof Dr MA Chozin, Kamis (20/9/2012), mengatakan, hasil penjaringan tersebut sudah masuk ke MWA melalui panitia pemilihan rektor. Namun, untuk sementara belum dapat diumumkan karena masih dalam proses pengumpulan data. “Insya Allah besok (Jumat) saya akan sampaikan,” kata Chozin kepada Antara. Rektor IPB saat ini, Prof Dr Herry Suhardiyanto, akan mengakhiri masa bakti periode pertamanya pada Desember 2012. Seperti diberitakan sebelumnya, agenda pemilihan rektor IPB berlangsung selama lebih kurang dua bulan, yakni mulai dari 11 September hingga pada hari pemilihan, yakni 16 November 2012.

…dst

7 ) Unair Miliki 407 Profesor
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/21/373/693039/unair-miliki-407-profesor

Jum’at, 21 September 2012 09:44 wib
SURABAYA – Jumlah guru besar (gubes) di Universitas Airlangga (Unair) bertambah lagi. Kali ini tiga dosen senior dinobatkan menjadi guru besar ke-405, 406, dan 407. Mereka adalah Gubes Ilmu Kedokteran Farmakologi Prof. Dr. H Achmad Basori, Drs. Apt. MS.; Gubes Ilmu Fisiologi Reproduksi pada Fakultas Kedokteran Hewan Prof. Dr. Pudji Srianto, MKes. drh. Gubes ketiga adalah Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS. Apt. Pada upacara pengukuhan Sabtu besok, Prof. Achmad Basori akan membawakan orasi ilmiah bertajuk “Aspek Chirality di Dalam Farmakologi Suatu Tantangan Farmakoterapi di Masa Depan”. Basori akan menjelaskan tentang efek terapi suatu obat. Menurutnya, ada empat fase yang harus dilalui, yakni farmasetik, farmakokinetik, farmakodinamik dan farmakoterapi. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi berbagai fase tersebut adalah chirality. Dia menyebut, di AS, obat yang diizinkan beredar adalah yang yang mengandung senyawa chiral 60-80 persen. “Jadi chirality ini mempengaruhi proses absorpsi, distribusi, metabolisme, eliminasi obat, dan interaksi obat dengan reseptor di dalam tubuh,” terangnya.

…dst

8 ) FK Unair Luncurkan Majalah & Jurnal Online
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/20/373/692836/fk-unair-luncurkan-majalah-jurnal-online

Jum’at, 21 September 2012 09:06 wib
JAKARTA – Sejalan dengan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pun melakukan pengembangan, khususnya di bidang penelitian. Hal ini dibuktikan lewat peluncuran Majalah Journal of Emergency dan Indonesian Journal of Tropical Medicine and Hygiene (IJTMH). Di kalangan dosen, publikasi karya ilmiah digunakan sebagai media untuk mengomunikasikan hasil pemikiran ilmiah mereka dalam menunjang kualitas sebagai seorang pendidik. Sayangnya, hal ini seringkali terhalang oleh minimnya kemampuan menuangkan hasil penelitian ke dalam tulisan jurnal. Minimnya kemampuan menulis karya ilmiah menjadi salah satu alasan melemahnya minat menulis sehingga mempengaruhi kuantitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan. Untuk menyiasatinya, FK Unair pun menyediakan media jurnal online dan majalah jurnal untuk menumbuhkan minat menulis karya ilmiah di lingkungan kampus.

…dst

9 ) ITS Akan Wisuda 410 Mahasiswa Cumlaude
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/21/373/693133/its-akan-wisuda-410-mahasiswa-cumlaude

Jum’at, 21 September 2012 13:02 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menggelar wisuda ke-105 pada 22 September mendatang. Pada wisuda tersebut, ITS akan meluluskan 3.412 mahasiswa. Kepala Badan Akademik ITS Ismaini Zain mengungkap, jumlah wisudawan kali ini tidak berbeda jauh dari jumlah wisudawan sebelumnya. Namun kali ini, ITS mampu meluluskan 410 mahasiswa cumlaude. ”Jumlah ini cukup besar bila dibandingkan dari tahun sebelumnya yang hanya 376 mahasiswa,” ujar Ismaini, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (21/9/2012). Meski demikian, terdapat beberapa perbedaan pada prosesi wisuda kali ini. Salah satunya adalah tidak semua wisudawan dapat menghadiri wisuda tersebut pasalanya banyaknya lulusan yang mengikuti program Fast Track Join Degree ke Thailand dan Perancis. ”Jadi praktis hanya peserta Join Degree Jerman dan mahasiswa reguler yang mengikuti wisuda,” ungkapnya.

…dst

10 ) ITS Bangun Pusat Riset
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/21/373/693134/its-bangun-pusat-riset

Jum’at, 21 September 2012 14:07 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai mewujudkan misinya menjadi universitas riset berskala internasional. Salah satunya dengan mulai membangun gedung pusat riset ITS. Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tri Joko Wahyu Adi, gedung pusat riset ITS ini rencananya akan ditempati oleh 14 lembaga riset di ITS. Lembaga-lembaga ini nantinya juga akan digenjot untuk menyukseskan ITS sebagai kampus riset. ”Saat ini, lembaga-lembaga tersebut memang tersebar di beberapa gedung di ITS,” ujar Tri Joko, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (21/9/2012). Tri Joko menyebut, sesuai rencana, gedung tersebut akan dibangun 11 lantai. Pembangunannya pun memakan waktu yang relatif singkat, yakni tiga tahun. Bahkan, menurutnya, pembangunan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu satu tahun. ”Pembangunannya tergantung keberadaan dana,” ungkapnya.

…dst

11 ) Buku Ketua Apkasi jadi Acuan di Program Magister UI
http://www.jpnn.com/read/2012/09/21/140522/Buku-Ketua-Apkasi-jadi-Acuan-di-Program-Magister-UI-

Jum’at, 21 September 2012 , 06:16:00
JAKARTA – Buku berjudul “Politik Otonomi Daerah Untuk Penguatan NKRI” karya Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor memberikan sumbangsih positif dalam kajian di dunia akademik. Buku yang dikarang oleh Isran yang juga bupati Kutai Timur itu akan menjadi acuan dalam Program Magister FISIP Universitas Indonesia (UI). Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Iberamsjah menyatakan buku tersebut dijadikan acuan karena berisi data-data empirik yang bisa menjadi rujukan baik di kalangan kampus maupun bagi yang berpraktek di bidang politik. “Buku ini sangat layak jadi acuan,” kata Iberamsjah pada peluncuran buku di Ball Room Hotel Sultan, Jakarta, (20/9). Hal yang sama diungkap Ketua Forum Rektor Prof Dr Usman Rainse. Rektor Universitas Haluoelo Kendari ini berjanji akan membawa pemikiran Isran Noor yang terangkum dalam buku tersebut dalam setiap seminar maupun Forum Rektor yang ia pimpin. “Buku ini adalah buku yang komperehensif mengenai otonomi daerah dan buku ini menyumbang sangat banyak untuk bukan saja untuk perpolitikan daerah, khususnya yang menyangkut dinamika politik lokal terkait dengan penguatan NKRI,” kata Usman.

…dst

12 ) 17 Universitas Ternama Tawarkan Kursus Gratis
http://www.pikiran-rakyat.com/node/204284

Jumat, 21/09/2012 – 07:36
CALIFORNIA, (PRLM).- Sebanyak 17 universitas ternama di Amerika Serikat dan negara-negara lain akan mulai menawarkan kursus-kursus gratis di dunia maya lewat sarana edukasi dunia maya bernama Coursera, ujar perusahaan tersebut. Pernyataan dari Coursera yang berbasid di Mountain View, California, menggarisbawahi pertumbuhan pesat dari MOOC, atau kursus daring terbuka masif, yang membentuk kembali lanskap pendidikan tinggi. Coursera, perusahaan yang didirikan oleh dua profesor ilmu komputer di Universitas Standford, akan menawarkan lebih dari 200 kurus dari 33 lembaga yang terbuka untuk siapa saja yang memiliki akses Internet. Pejabat perusahaan mengatakan bahwa situs tersebut telah memiliki 1,3 juta mahasiswa di seluruh dunia. Mitra-mitra baru Coursera termasuk Universitas Brown, Columbia, Emory, Vanderbilt dan Wesleyan, serta Berklee College of Music dan Fakultas Kedokteran Mount Sinai. Universitas asing yang ikut program ini adalah Universitas Hebrew di Yerusalem, Universitas British Columbia, Universitas London, Universitas Melbourne, dan Universitas Sain dan Teknologi Hong Kong, menurut Coursera. Penambahan baru termasuk lima lembaga publik: Universitas Negeri Ohio, Universitas Florida, Universitas Pittsburgh, Universitas Maryland dan Universitas California di Irvine.

…dst

13 ) Polines Siap Jadi Pusat Penelitian Terapan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/21/08300775/Polines.Siap.Jadi.Pusat.Penelitian.Terapan

Jumat, 21 September 2012 | 08:30 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com- Menyusul disahkannya Undang-Undang Pendidikan Tinggi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) bersiap menjadi pusat penelitian terapan. Langkah ini dilakukan karena UU tersebut mengatur bahwa pendidikan politeknik sebagai perguruan tinggi vokasi yang berhak untuk menyelenggarakan program diploma hingga doktor terapan.
Dalam siaran pers Direktur Politeknik negeri Semarang (Polines) Dr Totok Prasetyo BEng MT, kemarin, Polines bersiap menjadi pusat penelitian terapan. Selain diisi orasi ilmiah, pada acara Dies Natalis Polines kemarin juga diserahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. Menurut Totok, untuk menjadi pusat penelitian terapan, diperlukan suatu industri pendidikan, sebagaimana fakultas kedokteran memiliki rumah sakit pendidikan.

…dst

14 ) UMI-ITS Jajaki Kerjasama di Bidang Riset
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/20/373/692888/umi-its-jajaki-kerjasama-di-bidang-riset

Kamis, 20 September 2012 18:37 wib
MAKASSAR – Penjajakan kerjasama digagas antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar. Gagasan tersebut dibawa langsung oleh Ketua LPPM ITS Lily dan Ketua LP2S UMI Ma’ruf Hafid. Keduanya bertemu dalam kunjungan pihak LPPM ITS ke Kampus UMI Makassar, Kamis (20/9/2012). Pertemuan itu turut dihadiri civitas academica UMI seperti Rektor UMI Masrurah Mokhtar, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Abdul Makhsud, Dekan Fakultas Pertanian UMI Hatta Fattah, dan lain-lain. Kerjasama yang dijajaki meliputi penelitian LPPM ITS dengan LP2S UMI dalam berbagai penelitian dengan bantuan anggaran baik dalam maupun luar negeri. “UMI merupakan salah satu perguruan tinggi yang termasuk kategori madya dalam bidang penelitian yang telah ditetapkan oleh Dikti, karena itu, tentu UMI telah memiliki pengalaman dalam pengembangan penelitian sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dalam upaya menjadikan UMI sebagai research university sebagai universitas kelas dunia,” ujar Lily.

…dst

15 ) PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH – Diwakili Mahasiswa Berbakat, UAD Boyon
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/528578/

Friday, 21 September 2012
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali mencetak prestasi.Kali ini prestasi di bidang kesenian menjadi sasarannya. Tujuh medali berhasil diboyong para mahasiswa UAD dari Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang digelar Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Makassar pada 16–18 September 2012 kemarin. UAD mengirim 14 mahasiswa berbakat di bidang seni. Dari tujuh kemenangan yang dibawa pulang,lima kemenangan di antaranya adalah juara satu.Dua piala lainnya untuk kemenangan juara kedua dan ketiga. Peksiminas PT Muhammadiyah ini baru pertama kalinya digelar dan diikuti oleh 22 PT Muhammadiyah se-Indonesia. UAD sendiri mengikuti 11 perlombaan dari 12 kategori lomba yang diadakan. UAD menjuarai kategori lomba baca puisi putri,baca puisi putra,nyanyi pop Islam putri,penulisan puisi,dan kaligrafi lukis. Untuk juara kedua diraih pada lomba monolog serta juara tiga untuk kategori nyanyi putra.”Saya sendiri suka menyanyi sejak berusia tiga tahun.Tidak sangka bisa meraih juara satu karena latihan resmi pun saya lakukan tiga hari sebelum berangkat ke Makassar,”ujar Trisia Mayang Sari,juara satu lomba nyanyi putri. Mahasiswa Jurusan Farmasi ini mengungkapkan dalam kompetisi final dirinya bersaing dengan 17 peserta lainnya.

…dst

16 ) Gunakan Ijazah Palsu UNJ, Enam Guru Direkomendasikan Dipecat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/20/manktu-gunakan-ijazah-palsu-enam-guru-direkomendasikan-dipecat

Kamis, 20 September 2012, 21:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SERANG – Sanksi pemecatan terhadap para guru yang menggunakan ijazah palsu ternyata bukan hanya omong kosong belaka. Setidaknya tindakan tersebut, dapat dilihat dari rekomendasi Dinas Pendidikan Provinsi Banten kepada pihak sekolah setempat.”Berdasarkan keterangan keenam guru tersebut memang menggunakan ijazah palsu dalam proses pemberkasan sertifikasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Hudaya di Serang, Kamis (20/9). Keenam guru tersebut diduga menggunakan ijazah palsu Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Menurut dia rekomendasi sanksi pemecatan tersebut diputuskan setelah pihak Dinas Pendidikan Banten meminta keterangan kepada enam guru yang diwakilkan pihak sekolah dan dinas pendidikan setempat. Dengan demikian, kata Hudaya, secara kelembagaan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Banten memberikan tiga rekomendasi. Selain pemecetan oleh pihak sekolah tempat mengajar, rekomendasi lain yakni didiskualifikasi dari proses sertifikasi guru. “Kami juga meminta kepada UNJ untuk menindaklanjuti kasus ijazah palsu tersebut ke ranah hukum,” kata Hudaya.

…dst

17 ) Revisi UU Sisidiknas Angin Segar Perubahan UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/21/12472167/Revisi.UU.Sisidiknas.Angin.Segar.Perubahan.UN

Jumat, 21 September 2012 | 12:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Keinginan DPR untuk merevisi UU No 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisidiknas) bisa jadi angin segar untuk perubahan kebijakan ujian nasional. Hingga saat ini, pelaksanaan UN sebagai salah satu penentu kelulusan siswa terus menuai pro-kontra. Soedijarto, Pengamat Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Jumat (21/9/2013), mengatakan, revisi UU Sisidiknas seharusnya hanya untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang atau belum pas. Termasuk, persoalan UN yang terus disorot. “Sebab, di dalam UU Sisidiknas sudah diatur tentang evaluasi yang dilaksanakan oleh sekolah. Namun, tanpa dasar yang jelas, pemerintah dan Badan Standar Nasional Pendidikan mengatur UN dalam peraturan pemerintah yang tidak sejalan dengan UU Sisidiknas,” kata Soedijarto.

…dst

18 ) Mendesak, Revisi UU Sisdiknas
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/20/349863/293/14/Mendesak-Revisi-UU-Sisdiknas

Kamis, 20 September 2012 19:56 WIB
JAKARTA–MICOM: Pengamat pendidikan Baskoro menyambut baik adanya keinginan Komisi X DPR RI untuk merevisi Undang-Undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Menurutnya, sejak awal disahkan pada 2003 lalu, UU tersebut memang sudah kontroversial. Baskoro mengatakan pasal-pasal di UU tersebut saling bertabrakan sehingga membuat implementasi UU tersebut tidak berjalan efektif. “UU tersebut dari awal sudah tidak beres sehingga turunan kebijakannya juga tidak beres,” terangnya saat dihubungi Kamis (20/9). Menanggapi komentar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh, yang mengatakan ujian nasional (UN) dan Rintisan Sekolah Berstandar International (RSBI) tidak perlu diubah secara sistematik, Baskoro menyatakan hal tersebut tidak sejalan dengan adanya keinginan untuk membawa dunia pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Kedua program tersebut, lanjut Baskoro, harus ikut direvisi karena hanya menghambur-hamburkan uang pemerintah tanpa memberikan hasil yang jelas.

…dst

19 ) Empat Komponen yang Meningkatkan Kualitas Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/20/manhwm-empat-komponen-yang-meningkatkan-kualitas-pendidikan

Kamis, 20 September 2012, 20:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Pendidikan di Indonesia ditengarai akan lebih berkualitas, jika ditopang oleh empat komponen yang memainkan peranannya dengan baik. Empat komponen itu adalah pemerintah baik eksekutif maupun legislatif, perusahaan mitra atau pendukung, relawan pendidikan, serta pihak yang berpengaruh seperti media massa atau perangkat teknologi. Demikian disampaikan praktisi pendidikan Bambang Irianto di sela diskusi ‘Gerakan Indonesia Berkibar’ di Surabaya, Kamis (20/9). Untuk kompoenen pertama, peran pemerintah menurut dia, sangat tinggi untuk meningkatkan pendidikan karena berperan sebagai pelaku dan pembuat peraturan pendidikan. Selain itu, lanjut dia, yang tidak kalah pentingnya adalah peran perusahaan yang bersedia membantu pendanaan, khususnya dalam bidang pembangunan sarana prasarana sekolah. Selain itu, adanya relawan pendidikan yang bersedia membantu sistem pengajaran sangat dibutuhkan, serta peran media massa sebagai pihak yang mempengaruhi masyarakat menjadi lebih baik.

…dst

20 ) Tak Dipekerjakan, tapi Digaji – 145 Mantan Sekolah Tuntut Kejelasan http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/528638/

Friday, 21 September 2012
BANDUNG – Sebanyak 145 mantan kepala sekolah tingkat SD se-Kota Bandung saat ini tidak memiliki kejelasan status. Mereka tidak diangkat menjadi pengawas, tidak juga ditugaskan sebagai guru. Karena itu, mereka menuntut Dinas Pendidikan segera memberikan kepastian. Seorang mantan kepala sekolah SD Babakan Ciparay 18, Etty Suhartati, mengaku setelah serah-terima jabatan dari kepala sekolah lama ke kepala sekolah baru pada 18 Maret 2012 lalu,belum ada surat keputusan (SK) yang mampu menjelaskan status dan tempatnya bekerja. “Sejak enam bulan lalu, status kami enggak jelas,kepala sekolah enggak,gurujuga enggak. Kami ingin dihargai secara etika, jangan habis manis sepah dibuang.” “Ingin diposisikan dan minta SK-nya di mana penempatan saya,” ungkap Etty dalam konferensi pers di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung,kemarin.
Meski tidak memiliki kejelasan status, namun Etty dan mantan kepala sekolah lain masih menerima gaji dan tunjangan kepala sekolah.Kondisi ini membuatnya merasa tidak nyaman.” Saya merasa dosa karena makan gaji buta. Ini bertolak belakang dengan hati nurani saya. Selama ini tidak ada kegiatan di sekolah, tapi kalau ada kelas kosong, saya isi saja untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam,”ujarnya.

…dst

21 ) Indonesia Urutan Empat Praktik Suap Perusahaan AS
http://regional.kompas.com/read/2012/09/21/13225618/Indonesia.Urutan.Empat.Praktik.Suap.Perusahaan.AS

Jumat, 21 September 2012 | 13:22 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) memiliki undang-undang antikorupsi yang ditujukan pada perusahaan swasta yang melakukan praktik suap untuk mendapatkan proyek. undang-undang tersebut memberikan sanksi tegas tidak hanya pada oknum, tapi juga denda cukup besar hingga mencabut izin operasi sebuah perusahaan. Sementara di Indonesia, belum adanya aturan hukum yang mengatur hal tersebut menyebabkan tidak munculnya efek jera bagi banyak perusahaan yang melakukan praktik suap untuk mendapatkan proyek. “Bahkan di Amerika, bagi perusahaan yang bekerjasama dalam mencegah praktik suap justru akan mendapat insentif dari pemerintah,” kata praktisi hukum antikorupsi Amerika Serikat, Danforth Newcomb, dalam peluncuran matakuliah klinik antikorupsi di Fakultas Hukum UGM, Jumat (21/9/2012). Dia menambahkan, aturan hukum tersebut tidak hanya berlaku pada praktik suap di dalam negeri Amerika saja, namun juga berlaku di luar Amerika, dimana perusahaan internasional tersebut beroperasi. “Semua perusahaan internasional Amerika yang beoperasi di luar negeri bisa dijerat dengan undang-undang antikorupsi itu,” katanya.

…dst

22 ) Indonesia Hanya Miliki 2 % Orang Jenius
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/21/373/693139/indonesia-hanya-miliki-2-orang-jenius

Jum’at, 21 September 2012 12:30 wib
DENPASAR – Berdasar prediksi Mensa Indonesia, dari populasi jumlah penduduk di Tanah Air saat ini, hanya dua persen yang dikategorikan sebagai orang jenius. Mensa adalah perkumpulan orang ber-IQ tinggi. Seperti disampaikan Presiden Mensa Indonesia Sahat Simarmata, orang-orang ber-IQ tinggi hanya sebagian kecil dari populasi penduduk, tepatnya sekira dua persen saja. Sayangnya, sebagian dari orang jenius itu justru berkiprah di luar negeri ketimbang di Tanah Air. Menurut Sahat, kini berbagai upaya terus dilakukan untuk membangun masyarakat Indonesia agar memiliki tingkat intelegensia yang tinggi. Dengan begitu, jumlah orang jenius di Tanah Air bisa bertambah banyak. “Di masa sekarang, produktivitas intelektual jauh lebih tinggi nilainya dibandingkan produktivitas,” kata Sahat di sela Asian Mensa Gathering 2012, di Swiss Belhotel Bayview Hotel, Nusa Dua, Bali, Jumat (21/9/2012).

…dst

23 ) Unhas Beri Gelar Honoris Causa untuk Pangeran Jordania
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/20/373/692806/unhas-beri-gelar-honoris-causa-untuk-pangeran-jordania

Kamis, 20 September 2012 16:54 wib
MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada His Royal Highness (HRH) Pangeran El Hassan bin Talal dari Yordania. Inaugurasi pemberian gelar tersebut dilisankan oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Idrus Paturusi yang disepakati oleh Rapat Senat Terbuka Luar Biasa (RSTLB) di ruang senat lantai II Gedung Rektorat Unhas, Kampus Merah, Makassar, Kamis (20/9/2012). RSTLB dibuka oleh ketua senat Unhas Prof. Dr. Idrus Paturusi yang dilanjutkan pembacaan pengantar anugerah Doktor Honoris Causa oleh Prof. Dr. Tahir Kasnawi selaku promotor. Setelah pidato tersebut, RSTLB menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa dari Unhas kepada HRH Pangeran El Hassan bin Talal dalam bidang Multicultural Communication for Human and Nations Development. “Pemberian gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang tersebut disebabkan HRH Prince El Hassan bin Talal telah memberikan sumbangsih yang besar dalam perkembangan ilmu, teknologi, dan seni,” ungkap Prof. Idrus.

…dst

24 ) Ketua BEM FISIP UM Tak Tahu Ada Rencana Demo
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/21/373/693161/ketua-bem-fisip-um-tak-tahu-ada-rencana-demo

Jum’at, 21 September 2012 13:15 wib
JAKARTA – Aksi demonstrasi yang terjadi di depan gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) oleh sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ternyata tidak diketahui oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UM Linggar. Linggar mengaku, belum mendengar adanya kabar mengenai aksi demo yang melibatkan beberapa mahasiswa dari kampusnya tersebut. “Saya tidak tahu ada demo karena saya masih di sekolah. Ada praktik mengajar dari kampus. Setelah salat Jumat saya baru ke kampus,” ujar Linggar ketika dihubungi Okezone, Jumat (21/9/2012). Dia menyebut, tidak menerima SMS maupun pemberitahuan akan adanya aksi tersebut. “Jika akan melibatkan mahasiswa FISIP, saya akan diberi tahu. Tapi ini tidak ada pemberitahuan sama sekali. Insya Allah tidak ada mahasiswa FISIP yang ikut dalam demo tersebut,” paparnya.

…dst

25 ) Mahasiswa Demo Kemendikbud, Senayan ke Semanggi Macet
http://news.detik.com/read/2012/09/21/103819/2028933/10/mahasiswa-demo-kemendikbud-senayan-ke-semanggi-macet

Jumat, 21/09/2012 10:38 WIB
Jakarta Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Perguruan Nusantara dari Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya memprotes profesi guru bisa diikuti dari kalangan non pendidikan. Akibat aksi ini, lalu lintas dari Bundaran Senayan mengarah ke Semanggi macet. Aksi mahasiswa itu dilakukan di Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2012). Mereka menuntut pemerintah merevisi pasal 9 UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Pasal ini mengatur tentang pendidikan profesi guru yang bisa diikuti oleh sarjana pendidikan dan non pendidikan. Pendemo pun menutup Jl Jenderal Sudirman di jalur lambut arah ke Semanggi/Bundaran HI. Akibatnya kemacetan terjadi dari Bundaran Senayan hingga FX Mal. Motor harus masuk jalur cepat. “Kita mau perjuangkan profesi guru. Jangan sampai yang non kependidikan asal yang bersangkutan lulus pendidikan profesi guru bisa menjadi guru,” ujar salah satu orator yang menggunakan megafon kecil.

…dst

26 ) Pasca Tawuran yang Tewaskan 1 Mahasiswa, UMI Makassar Diliburkan
http://news.detik.com/read/2012/09/21/125415/2029263/10/pasca-tawuran-yang-tewaskan-1-mahasiswa-umi-makassar-diliburkan?n991101605

Jumat, 21/09/2012 12:54 WIB
Jakarta Pasca tawuran antar mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang menewaskan Ibrahim, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, UMI meliburkan mahasiswanya. Aktivitas perkuliahan akan dimulai lagi pada Senin (24/9/2012) mendatang. “Kami mengambil kebijakan sementara perkuliahan diliburkan, untuk cooling down dan memberi kewenangan pada aparat kepolisian menyelidiki bentrokan yang menewaskan seorang mahasiswa kami,” tegas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof Ahmad Gani saat ditemui detikcom, Jumat (21/9/2012). Situasi kampus UMI di Jalan Urip Sumoharjo sendiri tampak lengang. Hanya terlihat petugas kepolisian yang berjaga-jaga di dalam kampus. Pihak kepolisian menjaga ketat pasca tawuran sejak malam hari untuk mengantisipasi terjadinya bentrok susulan di dalam kampus.

…dst

27 ) Indonesia-Belanda Rancang Digitalisasi Manuskrip Warisan Budaya
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/684

09/21/2012
Yogyakarta — Naskah-naskah kuno (manuskrip) sangat penting untuk pelestarian budaya. Saat memberikan pernyataan pers penutupan Asia Europe Meeting Cultural Ministers Meeting (ASEM-CMM) ke-5, Rabu (19/9), Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti membahas kerja sama Indonesia-Belanda mengenai pengelolaan manuskrip milik Indonesia yang berada di Belanda. Direktur Jenderal Warisan Budaya Belanda, Sander Bersee, mengatakan tujuan program kerja sama adalah agar kedua negara bisa saling gunakan untuk penelitian, dan pembelajaran. Wiendu juga menyatakan kerja sama akan dilakukan dalam bentuk digitalisasi manuskrip Indonesia.

…dst

28 ) Kemdikbud Lepas Tiga Tim Olimpiade Internasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/682

09/20/2012
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengirim tiga tim untuk berpartisipasi dalam tiga ajang bergengsi, yaitu International Earth Science Olympiad di Olavarri, Argentina, International Olimpyad In Informatics ke-24 di Sirmione, Italia, dan International Astronomy Olympiad (IAO) di Gwangju, Korea. Pelepasan tim olimpiade tersebut dilakukan Rabu (19/9), di Kantor Kemdikbud Cipete Jakarta Selatan. The 6th International Earth Science Olympiad (IESO) di Argentina akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 Oktober 2012. Tim IESO terdiri dari empat orang siswa, yaitu Dovian Emely Suteja (SMK 1 Penabur, Jakarta), Ratika Benita Nareswari (SMA Dwiwarna, Bogor), Thomas Teguh Wijaya (SMK Petra Surabaya), dan Fenin Rega Randitama (SMAN 1 Banjarnegara). Para siswa tersebut akan didampingi beberapa pembina yaitu Dr. D. Hendra Amijaya (Jurusan Teknik Geologi UGM), Drs. Zadrach L. Dupe, MSc (Prodi Meteorologi ITB), dan Dr Chatief Kunjaya (Prodi Astronomi ITB).

…dst

29 ) Pakar: tsunami tak selalu didahului laut surut
http://www.antaranews.com/berita/334059/pakar-tsunami-tak-selalu-didahului-laut-surut

Rabu, 19 September 2012 15:45 WIB
Padang (ANTARA News) – Para pakar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Earth Observatory of Singapore (EOS) menyatakan, tsunami yang terjadi akibat gempa tidak selalu ditandai dengan surutnya air laut. “Pemodelan tsunami yang sudah kami lakukan bersama rekan-rekan Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan DKP menunjukkan bahwa air surut tidak terjadi,” ungkap pakar dari EOS, Jamie Mc Caughey, saat Pelatihan Penyusunan Rencana Kontinjensi Mennghadapi Bencana Tsunami di Kota Padang yang dilangsungkan di Hotel Rocky Padang, Rabu. Ia mengatakan, hal ini disebabkan karena ketika gempa terjadi, hampir seluruh dasar perairan di Barat Padang, langsung terangkat sehingga gelombang tsunami yang terbentuk langsung naik. Hal itu diungkapkan, setelah adanya penelitian ilmiah terkait adanya kemungkinan terjadinya gempa dengan kekuatan 8,8 Skala Richter yang berpusat di patahan “Sunda Megathrust”yang terletak di antara Pulau Siberut dan Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Baat.

…dst