1 ) Berita Duka
Prof. Dr. Ir. Thomas Sri Widodo, DEA Meninggal Dunia
http://mti.ugm.ac.id/baru/?p=1357
Telah meninggal dunia Prof. Dr. Ir. Thomas Sri Widodo, DEA, pada hari Senin, 24 September 2012 pukul 07.50 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih. Jenasah akan diberangkatkan dari rumah duka Selasa, 25 September, pukul 12.00 wib untuk disemayamkan di Balairung UGM. Dari Balairung UGM jenasah akan dimakamkan di Pemakaman sawitsari pukul 13.00 wib.
Segenap keluarga besar Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.
Ini Profil Pak Thomas:
http://mgb.ugm.ac.id/View-user-profile.html?user=1061

>>>

2 ) Kemendikbud Sedih Tawuran Merenggut Nyawa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/07151256/Kemendikbud.Sedih.Tawuran.Merenggut.Nyawa

Selasa, 25 September 2012 | 07:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyampaikan rasa prihatinnya terkait tewasnya seorang siswa dalam tawuran antarpelajar. Tawuran antara SMUN 70 dan SMAN 6 itu kembali meletus kemarin siang di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. “Kami sudah menerima laporan terkait peristiwa itu. Yang jelas kami sangat sedih dengan jatuhnya korban jiwa karena seharusnya siswa menikmati hari-harinya sebagai pelajar,” kata Musliar kepada Kompas.com, Senin (24/9/2012) malam, di Jakarta. Mantan Rektor Universitas Andalas itu menyampaikan, terjadinya kasus tawuran pelajar bukan hanya menjadi kesalahan pihak sekolah, melainkan menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk di dalamnya adalah orangtua siswa yang juga diharapkan partisipasinya memberi penyadaran kepada anak didik tentang dampak negatif tawuran.

…dst

3 ) Masih Ada Kekerasan, Mendikbud Minta Maaf
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/16130290/Masih.Ada.Kekerasan.Mendikbud.Minta.Maaf

Selasa, 25 September 2012 | 16:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan ucapan belasungkawa keluarga korban tawuran yang melibatkan pelajar SMAN 6 dan SMAN 70, Senin (24/9/2012). Nuh meminta maaf karena kekerasan masih terjadi dalam dunia pendidikan, bahkan hingga memakan korban jiwa. “Kami turut berbelasungkawa, dan kami meminta maaf karena di dunia pendidikan kita masih terjadi kekerasan,” kata Nuh dalam jumpa pers terkait kasus tawuran itu di SMAN 6 Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2012). Dengan didampingi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Kepala SMAN 6 Jakarta, Kadarwati, dan Kepala SMAN 70 Saksono Liliek Susanto, serta beberapa guru dari kedua sekolah, komite sekolah dan alumni SMAN 6, Mendikbud menyampaikan komitmen untuk memutus sejarah tawuran kedua sekolah ini.

…dst

4 ) Sarana dan Prasarana Minim
Pemerintah Belum Berani Panggil Peneliti RI di Luar Negeri
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/24/373/694448/pemerintah-belum-berani-panggil-peneliti-ri-di-luar-negeri

Senin, 24 September 2012 18:19 wib
MEDAN – Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengaku kesulitan memaksimalkan upaya pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di sektor industri pengolahan karena minimnya tenaga peneliti yang memiliki kompetensi tinggi. Ironisnya, meski pemerintah mengaku memiliki dana untuk memberikan insentif pada peneliti Indonesia yang kini berkarya di luar negeri, namun terkendala dengan sarana dan prasarana pendukung penelitian yang masih sangat minim. “Para peneliti kita yang ada di luar negeri sudah dipanggil. Ternyata mereka masih berkomitmen dengan kita. Namun kami belum berani meminta mereka pulang kampung, karena kami harus sediakan sarana dan prasarana dahulu. Kalau soal insentif kami sudah siapkan,” kata Gusti saat berkunjung ke Medan, Senin (24/9/2012). Gusti mengungkap, saat ini pemerintah telah memiliki Pusat Unggulan Iptek di Sumut, yang diberi nama Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Fungsi dan kinerja PPKS itu dititikberatkan pada penelitian terapan (applied research) dan pengembangan tetap dilakukan untuk menopang penelitian terapan. Namun harus diakui jika tenaga peneliti yang ada belum memadai untuk memberikan hasil yang maksimal.

…dst

5 ) Dana Abadi Pendidikan Dipakai Mulai 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/24/18351894/Dana.Abadi.Pendidikan.Dipakai.Mulai.2013

Senin, 24 September 2012 | 18:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Dana pengembangan pendidikan nasional atau dana abadi pendidikan yang saat ini mencapai Rp 10,617 triliun akan mulai digunakan pada 2013. Pemerintah membentuk badan layanan umum untuk mengelola dana abadi pendidikan tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin (24/9/2012), di Jakarta, mengatakan, dana abadi pendidikan dipisahkan dari dana pendidikan abadi yang diambil dari anggaran fungsi pendidikan di APBN. Dana abadi pendidikan dipisahkan dari anggaran Kemdikbud karena yang dimanfaatkan pengembangan atau bunganya. Penggunaan dana abadi pendidikan hanya diperbolehkan untuk tiga hal, yakni beasiswa pendidikan S-2 dan S-3, penelitian-penelitian untuk skala kepentingan nasional, dan perbaikan infrastruktur pendidikan karena bencana. “Kalau dana abadi pendidikan dikelola atau digabungkan dengan anggaran Kemendikbud, nanti harus dihabiskan. Padahal, dana ini kan dimaksudkan untuk supaya kita bisa menabung dari anggaran fungsi pendidikan setiap tahun,” papar Nuh.

…dst

6 ) Dana Abadi Pendidikan untuk Beasiswa S-2 dan S-3
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/25/079431736/Dana-Abadi-Pendidikan-untuk-Beasiswa-S-2-dan-S-3

Selasa, 25 September 2012 | 12:08 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah berencana akan memanfaatkan dana pengembangan pendidikan nasional atau dana abadi pendidikan yang saat ini mencapai Rp 10,617 triliun pada 2013. Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Khairil Anwar Notodiputro, dana itu untuk beasiswa S-2 dan S-3 bagi non-PNS dan dosen, penelitian skala nasional, dan pembangunan infrastruktur pendidikan bencana alam. “Tapi, yang digunakan bukan dana abadinya, melainkan bunganya, jasa banknya,” kata Khairil, Selasa, 25 September 2012. Sedangkan dana abadinya akan dikembangkan melalui investasi agar nilainya terus bertambah.

…dst

7 ) Teka-teki Terbesar dalam Matematika Terpecahkan
http://sains.kompas.com/read/2012/09/24/19382184/Teka-teki.Terbesar.dalam.Matematika.Terpecahkan

Senin, 24 September 2012 | 19:38 WIB
TOKYO, KOMPAS.com – Teka-teki terbesar dalam matematika, dinamakan Konjektur ABC, terpecahkan. Shinichi Mochizuki, matematikawan dari Kyoto University, memasukkan 4 makalah ilmiah yang menjelaskan konjektur itu secara online. Pembuktian konjektur ABC diuraikan Mochizuki dalam 500 halaman. Data format PDF bisa dilihat di situs web milik Mochizuki dengan nama Teichmuller Theory. The Guardian, Rabu (19/9/2012), menyatakan, Mochizuki butuh waktu sekitar 4 tahun untuk memecahkan teori tersebut. Kalangan matematikawan kini tengah menganalisis uraian Mochizuki untuk bisa dikonfirmasi kebenarannya. Jika terbukti benar, maka pekerjaan Mochizuki akan menjadi pencapaian terbesar dalam matematika di abad ini. Benar tidaknya uraian Mochizuki takkan bisa diketahui dalam waktu cepat. Konjektur ABC pertama kali diajukan oleh matematikawan asal Inggris, David Masser bersama matematikawan Perancis Josep Oesterle pada tahun 1935. Teori tersebut belum berhasil dibuktikan kebenarannya dalam perhitungan matematika.

…dst

8 ) Olimpiade Sains Nasional Pertamina Kelima Dibuka
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/25/350949/293/14/Olimpiade-Sains-Nasional-Pertamina-Kelima-Dibuka

Selasa, 25 September 2012 09:54 WIB
DEPOK–MICOM: Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 yang bertema “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi” dibuka Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Musliar Kasim, Selasa (25/9). Tidak hanya Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang hadir, Pejabat Sementara (Pjs) Rektor UI Prof Djoko Santoso beserta jajaran pimpinan PT Pertamina (Persero) juga turut hadir dalam pembukaan acara yang berlangsung di Balairung UI Depok itu. Pembukaan OSN Pertamina 2012 ditandai dengan dilakukannya ujian seleksi tingkat provinsi yang digelar secara serentak di 37 mitra perguruan tinggi yang terdapat di 33 provinsi seluruh Indonesia. Sedangkan untuk final tingkat provinsi akan diselenggarakan pada 8 Oktober yang akan dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional yang akan dilakukan mulai 26 hingga 30 November. Sebanyak 19.238 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi tersebyt. Tahapan seleksi ini bertujuan untuk menjaring sembilan peserta terbaik untuk setiap bidang yang untuk kemudian mengikuti seleksi nasional. Hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada 1 Oktober mendatang. Para peserta akan memperebutkan hadiah senilai total Rp 2,8 miliar. Jumlah ini meningkat Rp1,8 miliar dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp1 miliar.

…dst

9 ) OSN Pertamina 2012
Para Juara Bakal Dibiayai Sampai Jadi Doktor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/15453521/Para.Juara.Bakal.Dibiayai.Sampai.Jadi.Doktor

Selasa, 25 September 2012 | 15:45 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Para mahasiswa yang berhasil menjadi juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 memeroleh kesempatan untuk meraih gelar doktor dengan beasiswa. VP Corporate Communication PT. Pertamina, Ali Mundakir, mengatakan, langkah ini diambil karena kebutuhan yang besar akan doktor-doktor muda di Tanah Air. “Sebagai pemenang OSN sangat mungkin untuk mereka kami sekolahkan sampai gelar doktor, terutama jika skripsi mahasiswa atau peserta itu tentang energi baru dan terbarukan,” katanya saat menggelar konferensi pers di pusat Administrasi Universitas Indonesia, Kampus Depok, Selasa (25/9/2012). Ali berharap, program ini nantinya bisa menyiapkan calon-calon doktor yang mampu mengembangkan energi baru dan terbarukan. Dengan demikian, mereka bisa mendorong kemajuan produksi energi baru dan terbarukan dalam negeri. Ali juga menambahkan calon doktor nanti akan diminta untuk memfokuskan penelitiannya dalam menghasilkan inovasi sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.

…dst

10 ) 19 Ribu Mahasiswa Bertarung di OSN Pertamina-UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/25/373/694633/19-ribu-mahasiswa-bertarung-di-osn-pertamina-ui

Selasa, 25 September 2012 09:52 wib
DEPOK – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim membuka babak seleski tingkat propinsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN – Pertamina) yang diselenggarakan serentak di 33 provinsi di Indonesia. Sebanyak 19.238 mahasiswa akan berkompetisi memperebutkan total hadiah Rp2,8 miliar. Dalam sambutannya, Musliar mengucapkan terima kasih atas dukungan Pertamina dalam membangun dunia pendidikan. UI, kata dia, sebagai world class university patut diapresiasi karena telah mengikutsertakan perguruan tinggi di daerah. “UI menjadi kebanggaan kita, yang sudah ikutkan perguruan tinggi di daerah untuk ikut OSN ini. Tak semua seperti UI bisa meyakinkan Pertamina,” kata Musliar dalam sambutannya di Balairung UI, Selasa (25/9/2012). Indonesia, lanjutnya, harus terus mengejar ketinggalan dalam dunia penddidikan. Dengan adanya OSN, lanjutnya, inovasi-inovasi akan dapat tercipta untuk mengejar dan bersaing dengan negara maju. “Akan tercetak inovasi baru dari OSN ini, kita masih kejar ketinggalan kita. Pak Dirjen Dikti juga sudah buat program kembangkan SDM, agar jumlah doktor di Indonesia sama dengan negara maju,” tegasnya.

…dst

11 ) Oktober, Pertamina Buka Beasiswa Sobat
http://www.jpnn.com/read/2012/09/25/140916/Oktober,-Pertamina-Buka-Beasiswa-Sobat-

Selasa, 25 September 2012 , 14:51:00
JAKARTA — Pertamina Foundation akan membuka Beasiswa Sobat Bumi di bulan Oktober 2012. Beasiswa secara khusus akan menjaring mahasiswa berprestasi, berwawasan dan berbudaya lingkungan hasil berkerjasama Pertamina Foundation dengan 17 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. “Beasiswa ini tidak saja mensyaratkan nilai akademik, tetapi mahasiswa juga harus dapat membuktikan jejak kepeduliannya di dunia pendidikan dan lingkungan,” kata Direktur Pendidikan Pertamina Foundation, Ahmad Rizali, di Jakarta, selasa (25/9). Dijelaskannya, seleksi penerimaan dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi diantaranya, transkip nilai dengan IPK minimal 3 pada skala 4 di semester ke-4. Kemudian, menyertakan CV serta keterangan sehat. Calon peserta juga akan menjalani proses wawancara dari panelis guna menjaring 205 mahasiswa. “Jumlah tersebut di luar beasiswa Laskar Pelangi,” imbuh Ahmad Rizali. Para penerima Beasiswa Sobat Bumi akan mendapatkan biaya pendidikan meliputi biaya operasional pendidikan (SPP) dan biaya hidup serta pembinaan kepemimpinan. “Total beasiswa yang didapat rata-rata masing-masing mahasiswa sekitar Rp12,3 juta setahun,” katanya.

…dst

12 ) Kurikulum 2013 Fokus pada 4 Pelajaran
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/25/079431750/Kurikulum-2013-Fokus-pada-4-Pelajaran

Selasa, 25 September 2012 | 13:06 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kurikulum baru untuk 2013 yang saat ini sedang digodok di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan difokuskan untuk empat mata pelajaran terlebih dulu. Empat pelajaran yang kurikulumnya akan direvisi adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. “Tapi bukan berarti mata pelajaran lain diabaikan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Khairil Anwar Notodiputro kepada Tempo, Selasa 25 September 2012. Keempat mata pelajaran tersebut dipilih karena dianggap bisa mempengaruhi rasa nasionalisme dan meningkatkan karakter generasi muda. Saat ini, pendidikan di Indonesia dirasa masih terlalu liberal. Menurut Khairil, kurikulum ini akan mengalami banyak perubahan dibanding kurikulum sebelumnya yang dibuat tahun 2006. Selain isi pengajaran, juga mengubah cara penyampaian termasuk penyiapan dan penyediaan buku ajarnya. Kelak empat mata pelajaran itu harus menggunakan buku yang distandarkan oleh kementerian. Sedangkan mata pelajaran lain, boleh menggunakan buku pedoman yang lain namun harus di bawah pengawasan kementerian.

…dst

13 ) Mendikbud Mohammad Nuh:
Leluhur Kita Lampui Batas Struktur Keilmuan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/25/350885/293/14/Leluhur-Kita-Lampui-Batas-Struktur-Keilmuan

Selasa, 25 September 2012 04:09 WIB
BADUNG–MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, “Para leluhur kita telah melampaui batas-batas struktur keilmuan dalam mewarisi sistem irigasi pertanian Subak”. Bila pada zaman sekarang untuk melahirkan sebuah inovasi biasanya diawali dari data, pengetahuan dipadukan dengan kebijaksanaan, maka orang tua dan tokoh-tokoh masyarakat yang mewarisi subak tidak menggunakan struktur keilmuan yang digunakan masyarakat modern tetapi melompat langsung pada “wisdom”, katanya pada acara penyerahan sertifikat Warisan Budaya Dunia : Lansekap Budaya Bali Sistem Subak dari UNESCO, Senin (24/9) malam. UNESCO adalah Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan. “Ada jawaban mengapa para leluhur kita bisa lompat ke nilai wisdom karena usaha didasarkan pada ketulusan untuk sejahterakan warga masyarakat dalam sistem subak itu,” katanya.

…dst

14 ) Mahasiswa Yogya Habiskan Rp 423,8 Miliar per Bulan
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/25/079431758/Mahasiswa-Yogya-Habiskan-Rp-4238-Miliar-per-Bulan

Selasa, 25 September 2012 | 13:45 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Mahasiswa di Yogyakarta menghabiskan Rp 23,1 miliar per bulan untuk biaya rekreasi dan hiburan. Jumlah ini mengalahkan biaya belanja buku yang mencapai Rp 21 miliar per bulan. Total untuk seluruh biaya, para mahasiswa menghabiskan Rp 423,8 miliar per bulan atau rata-rata mahasiswa menghabiskan Rp 1,8 juta per bulan. Khusus untuk biaya makan/minum mencapai Rp 150 miliar per bulan. Adapun biaya berdasarkan domisili asal, mahasiswa asal Sulawesi paling tinggi pengeluarannya yaitu mencapai rata-rata Rp 2,6 juta per bulan. Paling rendah mahasiswa asal Pulau Jawa yang hanya mencapai rata-rata Rp 1,6 juta per bulan. “Ini merupakan potret pembiayaan mahasiswa di Yogyakarta secara umum,” kata Ardito Binadi, salah satu peneliti dari Pusat Studi Ekonomi, Keuangan dan Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Selasa, 25 September 2012.

…dst

15 ) Ada Mahasiswa yang Belum Pernah Menolong Persalinan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/13043841/Ada.Mahasiswa.yang.Belum.Pernah.Menolong.Persalinan

Selasa, 25 September 2012 | 13:04 WIB
PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Di Indonesia terdapat 759 akademi kebidanan, tetapi baru 30-40 persen dari jumlah itu yang terakreditasi. Belum diperolehnya pengakuan terhadap sebagian akademi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi itu membuat mahasiswa belum tentu memperoleh pendidikan yang baik. “Belum semua akademi terakreditasi,” kata Wakil Ketua I Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Emi Nurjasmi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa, (25/9/2012). Akademi pun baru bisa mengajukan akreditasi setelah berdiri selama tiga tahun. Akreditasi menjadi pegangan bagi masyarakat bahwa mutu akademi terkait sudah baik.

…dst

16 ) 480 Sarjana UNM Ikuti Program SM-3T
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/25/373/694626/480-sarjana-unm-ikuti-program-sm-3t

Selasa, 25 September 2012 09:43 wib
MAKASSAR – Dari 1.638 peserta program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM-3T), 480 di antaranya sarjana lulusan Universitas Negeri Makassar (UNM). Keberhasilan UNM itu menjadi rekor tertinggi bagi sebuah universitas menempatkan lulusannya di program ini. Secara total, Ditjen Dikti Kemendikbud RI menyediakan kuota 2.990 sarjana dalam program SM-3T di seluruh Indonesia. Saat ini masih tersedia 1.352 kuota yang harus dipenuhi para sarjana di Tanah Air. Disyaratkan bagi yang lolos seleksi untuk bersedia ditugaskan selama satu tahun di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal di wilayah Indonesia. Sedangkan kawasan yang menjadi tujuan SM-3T, antara lain, Kabupaten Biak Numfor (Papua), Kabupaten Manggarai Timur dan Sumba Timur (Nusa Tenggara Barat), Kabuapaten Raja Ampat, Teluk Bintuni, Sorong, Manokwari, dan Merauke (Papua Barat), Simeleuki (Nanggroe Aceh Darussalam), dan beberapa kabupaten di Kalimantan Barat dan Kaltim.

…dst

17 ) 20 Mahasiswa Belajar ‘Bernarasi di Tanah Deli’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/09/24/mauwxr-20-mahasiswa-belajar-bernarasi-di-tanah-deli

Senin, 24 September 2012, 21:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai lembaga penerbitan perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat lanjutan nasional bertema ‘Bernarasi di Tanah Deli’ yang digelar di Parapat, Sumatera Utara, 24-29 September 2012. “Pelatihan penulisan narasi ini merupakan agenda rutin pers mahasiswa Suara USU yang diadakan tiap tahunnya, dan ini adalah kali kelima acara yang sama kami gelar sejak 2008,” kata Pemimpin Suara USU Harry Yassir Elhadidy Siregar di Medan, Senin (24/9). Ia mengatakan pelatihan tersebut diadakan salah satunya untuk meningkatkan kualitas pers mahasiswa di Indonesia melalui Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN). Selain itu, pelatihan tersebut juga diharapkan mampu mempererat silaturrahim antarinsan pers mahasiswa di Indonesia.

…dst

18 ) Mahasiswa Unira Protes Jual Beli Sertifikat Ordik
http://regional.kompas.com/read/2012/09/25/13342686/Mahasiswa.Unira.Protes.Jual.Beli.Sertifikat.Ordik

Selasa, 25 September 2012 | 13:34 WIB
PAMEKASAN, KOMPAS.com – Dugaan adanya praktik jual beli sertifikat orientasi pendidikan (Ordik) di kampus Universitas Madura (Unira ) Pamekasan, Jawa Timur, menuai protes dari kalangan aktivis kampus. Pasalnya, praktik jual beli sertifikat itu dianggap mendidik mahasiswa baru untuk hidup dalam situasi yang tidak akademis. Selasa (25/9/2012), puluhan mahasiswa Unira ini menggelar unjuk rasa di depan kantor rektorat kampus Unira. Ujuk rasa mahasiswa diawali dari depan pintu masuk kampus dengan membakar ban mobil bekas sambil membentangkan poster dan spanduk berisi kecaman terhadap praktik jual beli sertifikat yang dilakukan oleh oknum organisasi kemahasiswaan Unira. Selain itu, mahasiswa juga meminta pihak rektorat tidak membiarkan praktik tersebut berlanjut karena sudah menciderai Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kalau pihak rektorat membiarkan praktik tersebut, sama saja mereka terlibat dalam praktik busuk itu,” kata Fery Hermawan, koordinator aksi.

…dst

19 ) Unej Kukuhkan Tiga Guru Besar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/13403258/Unej.Kukuhkan.Tiga.Guru.Besar.

Selasa, 25 September 2012 | 13:40 WIB
JEMBER, KOMPAS.com- Universitas Jember mengukuhkan tiga guru besar sekaligus dalam waktu bersamaan yang digelar pada rapat senat yang dipimpin Rektor M Hasan di Aula Soetardjo, Jamber, Jawa Timur, Selasa (25/9/2012). Mereka adalah Prof Bambang Sugiharto (bidang Ilmu Biokimia Tanaman, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama, Prof Joko Waluyo, dan Prof Achmad Subagio. Pengukuhan tiga guru besar ini dihadiri Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan yang juga menyampaikan kuliah umum mengenai Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Pangan dan Pertanian Indonesia. “Setelah saya berkomunikasi dengan para dosen di sini, hampir semua paham mengenai pertanian, meski terdiri dari berbagai disiplin ilmu,” ungkap Rusman Heriawan. Rusman mengaku baru kali ini menginjakan kaki di Kabupaten Jember. Sangat terasa sekali nuansa bidang pertanian setelah berada di lingkungan kampus yang rindang dan teduh.

…dst

20 ) Ini Dia 55 Nama Balon Rektor IPB
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/10575193/Ini.Dia.55.Nama.Balon.Rektor.IPB

Selasa, 25 September 2012 | 10:57 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Panitia Pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) telah menetapkan 55 bakal calon yang akan mengikuti proses pemilihan rektor periode 2012-2017. Ke-55 nama tersebut sudah dirilis di situs resmi pemilihan rektor setelah penjaringan dilakukan 19 September lalu. Nama-nama yang tak asing lagi di IPB bercokol di daftar tersebut, seperti nama rektor petahana, Herry Suhardiyanto. Bahkan, nama Ketua Panitia Pemilihan Rektor IPB 2012-2017, Toto Toharmat, juga masuk dalam daftar balon rektor IPB. Ke-55 balon rektor itu sudah memasuki tahap awal pemilihan rektor, yaitu mengisi dokumen, menyusun rencana strategi pengembangan IPB, dan menyerahkannya kepada panita paling lambat 8 Oktober mendatang.
Berikut ini adalah ke-55 nama balon rektor IPB:

…dst

21 ) Pemilihan Rektor UI Belum Dilanjutkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/12050422/Pemilihan.Rektor.UI.Belum.Dilanjutkan

Selasa, 25 September 2012 | 12:05 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Proses pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2012-2017 yang terhenti beberapa waktu lalu hingga saat ini belum ada kepastian kapan dilanjutkan. Pihak UI masih mengupayakan islah atau perdamaian. “Sekarang ini sedang diupayakan islah/perdamaian. Syukur sudah ada komunikasi dengan berbagai pihak. Namun, memang belum bisa dipastikan kapan dilanjutkan kembali. Kita berharap secepatnya,” kata Djoko Santoso, Pejabat Sementara Rektor UI, seusai pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina di kampus UI Depok, Selasa (25/9/2012). Djoko mengatakan belum dapat memastikan Rektor UI definitif terpilih sesuai jadwal pada 9 Oktober mendatang. “Sekarang sedang diupayakan terus untuk berkomunikasi,” ujar Djoko.

…dst

22 ) Dies Natalis Ke-49, IPB Beri Empat Penghargaan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/25/11544816/Dies.Natalis.Ke-49.IPB.Beri.Empat.Penghargaan

Selasa, 25 September 2012 | 11:54 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Merayakan Dies Natalis Ke-49, Institut Pertanian Bogor memberikan empat penghargaan kepada empat sivitas akademika yang berprestasi. Penghargaan diserahkan Rektor IPB Herry Suhardiyanto dalam Sidang Terbuka IPB, Selasa (25/9/2012). Keempat sivitas akademika yang memperoleh penghargaan itu adalah Prof Dr Ir Sriani Sujiprihati Msc, Dr Dra Dyah Iswantini M Agr, Prof Dr Ir Nastiti Siswi Indrasti, Rio Aditya. Rio adalah satu-satunya mahasiswa yang mendapat penghargaan. Almarhumah Prof Dr Ir Sriani Sujiprihati Msc sebelumnya menjadi tenaga pendidik pada Departemen Agronomi dan Hortikultural Fakultas Pertanian IPB. Semasa hidunya, almarhumah berprestasi dalam pengembangbiakan berbagai varietas pepaya unggul. Dr Dra Dyah Iswantini M Agr adalah tenaga pendidik Departemen Kimia Fakultas Matematika dan IPA IPB. Dyah sebelumnya meraih penghargaan sebagai Dosen Berprestasi I Tingkat Nasional.

…dst

23 ) Wapres hadiri sidang terbuka Dies Natalis IPB
http://www.antaranews.com/berita/335038/wapres-hadiri-sidang-terbuka-dies-natalis-ipb

Selasa, 25 September 2012 10:20 WIB
Bogor (ANTARA News) – Wakil Presiden Boediono menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis Institut Pertanian Bogor ke-49 yang digelar di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Dramaga, Selasa. “Wapres akan menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Transformasi struktural sektor pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan nasional,” kata Kepala Bidang Humas IPB, Henny Windarti. Henny mengatakan, Sidang Terbuka merupakan rangkaian acara memperingati Dies Natalis IPB ke-49 yang mengangkat tema “Inovasi IPB untuk ketahanan pangan nasional”. Sidang terbuka Dies Natalis IPB ke-49 dibuka secara resmi oleh Rektor Prof Herry Suharyanto, MSc. Hadir dalam Sidang Terbuka Dies Natalis IPB ke-49 ini seluruh civitas akademika IPB, anggota Majelis Wali Amanat, Badang Pengawas, Dosen, dan mahasiswa. “Hadir juga sejumlah tamu undangan seperti dari kalangan menteri, Wakil Gubernur Jawa Barat, perwakilan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, duta besar dan mitra IPB,” katanya.

…dst

24 ) Peresmian Fakultas Keperawatan Universitas Andalas
http://www.dikti.go.id/?p=6000&lang=id

25 September 2012
Rektor Unand, Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA meresmikan Fakultas Keperawatan pada hari Jumat, tanggal 14 September 2012 bertempat di Gedung Fakultas Keperawatan Kampus Unand Limau Manis. Fakultas Keperawatan merupakan Fakultas ke-14 setelah sebelumnya Rektor meresmikan Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Hadir pada peresmian ini Wakil Rektor II, Prof. Dr. Herri, SE, MBA, Direktur Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisan Medik Kemenkes RI, Yuni Suhartati, S.Kp, M.Kes, Direktur RSUP dr. M.Jamil , Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Propinsi Sumatera Barat, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Keperawatan, Dekan Fakultas Ekonomi, Ketua PPNI, Wadek Fakultas Keperawatan, para Dosen undangan serta Staf Fakultas Keperawatan.

…dst

25 ) PT Antam bantu pengembangan universitas Khairun Ternate
http://www.antaranews.com/berita/335028/pt-antam-bantu-pengembangan-universitas-khairun-ternate

Selasa, 25 September 2012 09:18 WIB
Ternate (ANTARA News) – PT Aneka Tambang (Antam) membantu pengembangan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate sebagai bentuk kepedulian perusahan milik negara itu dalam pengembangan pendidikan di Maluku Utara (Malut). Rektor Unkhair Ternate Gufran Ibrahim di Ternate, Selasa, mengatakan bantuan dalam pengembangan Unkhair tersebut telah diformalkan dalam bentuk penandatanganan kerja sama antara PT Antam dan Unkhair beberapa waktu lalu. Bantuan PT Antam tersebut di antaranya dalam bentuk pemberian beasiswa kepada mahasiswa Unkhair serta bantuan lainnya yang diarahkan untuk peningkatan kualitas akademik dan sarana penunjang di perguruan tinggi tersebut. Ia mengatakan, Unkhair terus berupaya sejajarkan diri dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia, oleh karena itu adanya bantuan dari berbagai pihak, seperti dari PT Antam itu sangat mendukung upaya Unkhair dalam mencapai sasaran tersebut. Unkhair Ternate sebelumnya juga melakukan kerja sama dengan PT Weda By Nikel, perusahaan tambang asal Prancis yang beroperasi di Malut, di bidang pengembangan kebudayaan serta bantuan bagi dosen di Unkhair yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

…dst

26 ) Pendidikan Berbasis Karakter Jadi Pilihan Undana
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/25/350864/293/14/Pendidikan-Berbasis-Karakter-Jadi-Pilihan-Undana-

Selasa, 25 September 2012 00:46 WIB
KUPANG–MICOM: Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur, selama dua bulan terakhir ini, sudah mulai menerapkan program pendidikan berbasis karakter kepada para mahasiswa. Pendidikan berbasis karakter ini tidak disiapkan dalam satu kurikulum khusus, tetapi menjadi bagian dari pendidikan pada setiap fakultas di perguruan negeri di NTT, kata salah satu koordinator program pendidikan berbasis karakter Universitas Nusa Cendana, Prof. Dr Feliasianus Sanga, di Kupang, Senin (24/9), terkait penerapan kurikulum berbasis karakter. “Di NTT, saya belum melihat pendidikan berbasis karakter diterapkan di sekolah-sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai SLTA, tetapi di Undana sudah kami terapkan. Memang baru berlangsung kurang lebih dua bulan ini tetapi yang penting adalah kami sudah memulai, karena keberhasilan program ini membutuhkan waktu yang lama,” katanya.

…dst

27 ) Belajar Musik Gratis di Los Angeles
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/24/368/694280/belajar-musik-gratis-di-los-angeles

Senin, 24 September 2012 15:15 wib
JAKARTA – Punya minat dan bakat dalam bidang musik? Mengapa tidak mengasahnya lagi melalui pendidikan di sekolah musik melalui beasiswa ini? Los Angeles (LA) Music Academy menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional yang berminat mempelajari musik. Beasiswa ini akan mengantarkan penerimanya mendalami pendidikan musik di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Syaratnya, semua pelamar beasiswa haruslah sudah lebih dahulu diterima sebagai siswa di LA Music Academy. Ada banyak beasiswa yang mereka tawarkan, tetapi peminat cukup mengirim satu aplikasi saja. Semua pendaftar juga akan dipertimbangkan untuk semua lowongan beasiswa yang tersedia di LA Music Academy. Pemberian beasiswa ini akan dilakukan melalui saringan Komite Beasiswa milik sekolah tersebut.

…dst

28 ) 37 WNI terima beasiswa S2 dari USAID
http://www.antaranews.com/berita/334946/37-wni-terima-beasiswa-s2-dari-usaid

Senin, 24 September 2012 18:44 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sebanyak 37 Warga Negara Indonesia (WNI) menerima beasiswa dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana di Amerika Serikat dan Indonesia. “Prioritas utama Amerika Serikat di Indonesia adalah pendidikan,” kata Pejabat Sementara Wakil Direktur Misi USAID/Indonesia, Nancy Fisher-Gormley, dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin. Beasiswa dan program pendidikan AS merupakan bagian dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia sebagai komitmen yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010 untuk meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan antara kedua negara. “USAID dengan bangga mendukung 37 penerima beasiswa saat ini yang akan menjadi pemimpin masa depan di Indonesia. Kita tahu bahwa setelah lulus dari program magister dan doktor, mereka akan kembali ke Indonesia untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan Indonesia,” katanya.

…dst

29 ) Pendidikan IPS Mulai Bergeser
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/24/373/694172/pendidikan-ips-mulai-bergeser

Senin, 24 September 2012 18:05 wib
JAKARTA – Saat ini, pengertian dan rumusan tujuan pendidikan ilmu pengetahuan sosial (IPS) sudah sangat umum. Semua pihak yang berkepentingan dengan pendidikan IPS pun sudah sepakat dan tidak ada perbedaan persepsi. Akan tetapi dalam pelaksanaannya ternyata timbul berbagai versi dan pandangan yang kecenderungannya tidak kontekstual dan kurang sinkron dengan maksud dan tujuan pendidikan IPS.Demikian, disampaikan Mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sardiman dalam Dies Natalis ke-47 FIS UNY, belum lama ini. Dalam orasi ilmiahnya, Sardiman pun menegaskan beberapa hal untuk meneguhkan kembali jati diri IPS. “Pertama, IPS merupakan salah satu pelajaran dasar di jenjang pendidikan persekolahan. Kedua, pendidikan IPS di sekolah merupakan integrated social sciences,” papar Sardiman, seperti dilansir dari situs UNY, Senin (24/9/2012).

30 ) Mahasiswa Harus Cerdas Intelektual dan Spriritual
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/25/350896/293/14/Mahasiswa-Harus-Cerdas-Intelektual-dan-Spriritual

Selasa, 25 September 2012 05:50 WIB
JAKARTA–MICOM: Motivator kondang, pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian mengajak mahasiswa Indonesia agar sukses dalam kuliah, sukses mengabdi pada agama dan Tuhan juga mencintai Tanah Air dan nasionalisme. “Mari kita kobarkan semangat nasionalisme kita dengan lagu Berkibarlah Benderaku,” kata Ary Ginanjar saat menyampaikan kuliah perdana dihadapan 3.500 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Jakarta, Senin (24/9). Ia pun memimpin lagu Berkibarlah Benderaku dengan semangat di ikuti mahasiswa dan didampingi Rektor Uhamka, Suyatno. Ary Ginanjar yang telah melahirkan ribuan alumni ESQ di dalam dan luar negeri ini memotivasi mahasiswa agar berpikir besar dan berjiwa besar. “Sebagai mahasiswa kita harus sukses kuliah, sukses mengabdi bagi bangsa, agama dan Tuhan serta cinta Tanah Air kita,” kata pria kelahiran Bandung, 24 Maret 1965 itu.

…dst

31 ) Urbtion, Solusi Berkebun di Lahan Sempit Apartemen
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/25/372/694607/urbtion-solusi-berkebun-di-lahan-sempit-apartemen

Selasa, 25 September 2012 09:05 wib
SURABAYA – Lahan bercocok tanah di Surabaya semakin sempit. Hal itulah yang membuat mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Farika Mirna Listyo mencari solusi mengembangkan tanaman tanpa membutuhkan lahan yang banyak. Farika mengaku sangat hobi bercocok tanam atau berkebun. Hobinya dan ritme kehidupan urban menjadi inspirasi mahasiswa Desain Manajemen Produk ini menciptakan urban gardening, yakni cara bercocok tanam modern. Umumnya, masyarakat metropolitan tinggal di apartemen atau kos-kosan di mana sulit untuk menyalurkan hobi berkebun . Tentu menjadi suatu hal yang sulit untuk menyalurkan hobi itu. “Dengan Urbtion (Urban Solution, bagi yang tinggal di apartemen) untuk tetap ingin berkebun ini kita bisa menyalurkan hobi menanam bunga, tanpa perlu repot memikirkan lahannya. Karena Urbtion ini juga tak banyak memakan lahan. Saya berusaha menciptakan produk ini dengan seefisien mungkin,” tutur Farika. Remaja berparas ayu ini menjelaskan, Urbtion karyanya ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan bercocok tanam. Mulai dari gardening pot, planting tool, watering tool, gardening gloves, hingga dispenser tool.

…dst

32 ) Mahasiswa UNY manfaatkan tembelek untuk lotion antinyamuk
http://www.antaranews.com/berita/335020/mahasiswa-uny-manfaatkan-tembelek-untuk-lotion-antinyamuk

Selasa, 25 September 2012 07:30 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan tanaman tembelek (Lantana camara) untuk bahan pembuatan lotion antinyamuk yang aman bagi kulit. “Tembelek merupakan tanaman liar yang banyak ditemui dan mudah ditanam di Indonesia. Daun dan bunga tembelek berpotensi sebagai insektisida nabati,” kata Ketua Tim Maisel Priskila Sisilia di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, daun dan bunga tembelek mengandung lantadene A, lantadene B, lantanolic acid, lantic acid, humule (minyak atsiri), b caryophyllene, g terpidene, a pinene, dan rcymene. “Serangga tidak menyukai itu, sehingga tanaman tembelek berpotensi sebagai penolak serangga,” kata mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY itu. Ia mengatakan tahap pembuatan lotion antinyamuk berbahan tembelek meliputi persiapan, ekstraksi, dan pembuatan lotion. Tahap ekstraksi tanaman tembelek dilakukan dengan memetik daun dan bunga tembelek.

…dst

33 ) Kemenristek Siapkan 9 Pusat Unggulan Iptek
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/24/373/694442/kemenristek-siapkan-9-pusat-unggulan-iptek

Senin, 24 September 2012 18:09 wib
MEDAN – Setelah mendirikan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sebagai bagian dari Pusat Ungguan (PU) Iptek di Sumatera Utara, Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Kemenristek) akan menambah delapan hingga sembilan unit PU Iptek lainnya di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Penambahan ini diakui sebagai langkah untuk mendukung upaya pemerintah merevitalisasi industri pengolahan dalam negeri. Menristek Gusti Muhammad Hatta menyebut, 50 jenis penelitian yang telah dihasilkan di PPKS Sumatera Utara, menjadi pilot project yang tergolong berhasil dan harus juga dilakukan di daerah-daerah lain di Indonesia. Sehingga potensi khas di setiap daerah dapat digarap secara maksimal untuk seluas-luasnya kemakmuran rakyat. Gusti menilai, Sumut memiliki potensi luar biasa, bukan hanya kelapa sawit, tetapi juga kopi dan karet. Bahkan, ujar Gusti, Belanda sudah lama melihat potensi ini. Gusti mengaku, meski agak terlambat, sangat baik jika Sumut yang juga merupakan bagian dari koridor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di sektor kelapa sawit ini direvitalisasi.

…dst

34 ) Wacana UN Tanpa Pengawas Dikritik
Kunci Kecurangan Moralitas Siswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/25/199930/Wacana-UN-Tanpa-Pengawas-Dikritik

25 September 2011
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melontarkan wacana meniadakan pengawas ruang ujian dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2013. Dasarnya, pemerintah akan membuat 20 variasi naskah soal UN, sehingga diyakini tidak akan terjadi kecurangan contek-mencontek antarsesama peserta UN. Menanggapi wacana tersebut, anggota Komisi X DPR RI Tubagus Dedi Gumelar mengatakan, pendidikan di Indonesia sampai saat ini belum berhasil menciptakan siswa yang berkarakter dan bermoral baik. Wacana tersebut justru akan membuka peluang terjadinya kecurangan. “Diawasi saja kecolongan, apalagi kalau tidak diawasi,” ujar Dedi di Gedung DPR, kemarin. Menurutnya, yang harus dilakukan pemerintah adalah menciptakan metode pembelajaran yang dapat melahirkan siswa-siswa yang semakin berkarakter. Pendidikan di Indonesia harus menyiapkan mental, spiritual, dan kemampuan kognitif peserta didik. “UN itu bukan hanya meluluskan siswa, tapi harus dijadikan pemetaan pendidikan. Kalau selama ini tidak ada kejujuran, maka yang harus ditingkatkan itu pendidikan kejujuran,” ungkapnya.

…dst

35 ) Puluhan penelitian jadi finalis kompetisi ilmiah LIPI
http://www.antaranews.com/berita/335067/puluhan-penelitian-jadi-finalis-kompetisi-ilmiah-lipi

Selasa, 25 September 2012 13:50 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sebanyak 93 karya ilmiah hasil penelitian peserta dari berbagai sekolah di Indonesia, berhasil menjadi finalis dalam Kompetisi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2012. Menurut Kepala Bagian Peningkatan Kemampuan Ilmiah Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan IPTEK (BKPI) LIPI, Yusuar, selalu ada peningkatan jumlah peserta dan kebaruan tema penelitian di setiap tahunnya. “Tahun ini, ada 93 karya ilmiah baik individu maupun kelompok yang menjadi finalis dalam empat kategori lomba,” kata Yusuar di Gedung LIPI, Jakarta, pada Selasa. Keempat kategori tersebut didasarkan pada tingkatan umur peserta dan bidang penelitian, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-44, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-11, dan National Young Inventor Awards (NYIA) ke-5. “Kecuali untuk NYIA, tidak ada pembagian umur maupun bidang penelitian. Semuanya terkelompok menjadi satu,” kata Yusuar.

…dst

36 ) Sepertiga populasi dunia sudah ‘online’
http://www.antaranews.com/berita/334890/sepertiga-populasi-dunia-sudah-online

Senin, 24 September 2012 13:19 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sekitar 30 persen penduduk Bumi sekarang telah mengakses Internet, demikian laporan terbaru International Telecommunications Union (ITU) yang dirilis, Senin. Saat ini, sekitar 20,5 persen rumah tangga di negara-negara berkembang telah memiliki akses terhadap Internet. Sementara ITU menargetkan angka ini naik menjadi 40 persen pada tahun 2015. Laporan bertajuk “State of Broadband 2012” itu mengevaluasi lebih dari 170 negara di dunia dan memantau perkembangan akses masyarakat terhadap Internet serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain pertumbuhan akses Internet yang sangat pesat, ITU juga mencermati penggunaan bahasa selain Bahasa Inggris yang kian marak di Internet. Penggunaan bahasa China saat ini sangat tinggi, dan diprediksi bakal mengalahkan jumlah mereka yang menggunakan Internet dengan Bahasa Inggris per tahun 2015.

…dst

37 ) Reformasi Birokrasi
Kelak-kelok Rekrutmen CPNS
http://nasional.kompas.com/read/2012/09/24/10564684/Kelak-kelok.Rekrutmen.CPNS

Senin, 24 September 2012 | 10:56 WIB
KOMPAS.com – Ketar-ketir penuh harap sekitar 165.000 anak muda calon pegawai negeri sipil harus terempas. Rencana pengumuman hasil tes kompetensi dasar yang sedianya pada 17 September diundur menjadi 19 September. Namun, situs http://www.menpan.go.id/ yang sedianya menampilkan hasil tes kompetensi dasar para pelamar tidak mampu menampilkan apa pun. Server down!Hingga 21 September, situs hanya menampilkan permohonan maaf karena ada kendala teknis. Pengunjung situs diminta mengakses situs http://www1.menpan.go.id/ yang ternyata juga tidak bisa diakses. Padahal, pengumuman bahwa “Hasil tes kemampuan dasar (TKD) CPNS tahun 2012 dapat dilihat Rabu (19/9) setelah jam 15.00 WIB di http://cpns.menpan.go.id/dan www.kompas.com” tetap terpampang.

…dst

38 ) 125 Ribu Peserta Tes CPNS Tak Lulus Passing Grade
http://www.jpnn.com/read/2012/09/25/140849/125-Ribu-Peserta-Tes-CPNS-Tak-Lulus-Passing-Grade-

Selasa, 25 September 2012 , 06:23:00
JAKARTA – Kemampuan peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) sungguh memprihatinkan. Dari total peserta yang mencapai 165 ribu orang, hanya 40 ribu atau sekitar 35 persen yang lulus passing grade alias nilai ambang batas. Padahal, nilai ambang batas yang ditetapkan tidak terlalu tinggi. Passing grade untuk pelamar lulusan SMP/sederajat, misalnya, hanya ditetapkan skor 25 untuk bidang kataristik pribadi. Sedangkan untuk bidang intelegensi umum dan wawasan kebangsaan hanya diperlukan bobot skor 5. Dengan setiap butir soal yang memiliki nilai 0,5 jika benar, sejatinya tidak terlalu sulit mengejar passing grade tersebut. Apalagi jumlah soal yang diujikan ada 200 butir. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Ramli E. Naibaho mengatakan, ada sejumlah instansi yang menuntut passing grade diturunkan. Namun, permintaan itu tidak akan dituruti. “Wakil Presiden sudah menegaskan agar passing grade tidak diturunkan,” katanya setelah rapat koordinasi dengan 41 instansi penyelenggara tes CPNS di Jakarta kemarin (25/9).

…dst

39 ) Hanya 40 Ribu CPNS Lolos Tes Kompetensi Dasar
http://www.jpnn.com/read/2012/09/24/140800/Hanya-40-Ribu-CPNS-Lolos-Tes-Kompetensi-Dasar-

Senin, 24 September 2012 , 17:27:00
JAKARTA – Dari sekitar 165 ribu peserta tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2012, hanya sekitar 40 ribu atau sekitar 35 persen yang memenuhi ambang batas (passing grade) kelulusan. Meski jumlah peserta yang lulus belum bisa memenuhi formasi jabatan yang ada, namun pemerintah tidak akan menurunkan passing grade yang telah ditetapkan.
“Wakil Presiden sudah menegaskan agar passing grade tidak diturunkan. Kalau ada instansi yang minta menurunkan untuk jabatan tertentu, saya tidak merekomendasikan,” ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Ramli Naibaho dalam rapat koordinasi dengan 41 instansi penyelenggara rekruitmen CPNS, di Jakarta, Senin (25/9). Pascapenyerahan hasil pengolahan lembar jawaban komputer (LJK) tes kompetensi dasar (TKD) di BPPT, Rabu (19/9) lalu, sebenarnya instansi penyelenggara rekrutmen CPNS diharapkan segera mengumumkan hasilnya. Namun ternyata sejumlah instansi menyikapinya secara beragam.

…dst

40 ) Ribuan Peserta Tes CPNS Gagal Karena Faktor Teknis
http://www.jpnn.com/read/2012/09/24/140803/Ribuan-Peserta-Tes-CPNS-Gagal-Karena-Faktor-Teknis-

Senin, 24 September 2012 , 17:41:00
JAKARTA–Peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2012 banyak yang invalid. Alhasil panitia harus menggugurkan peserta yang jumlahnya ribuan. “Selain passing grade, ada hal lain yang bisa menggugurkan peserta yaitu invalid. Tes tahun ini, ada ribuan peserta yang invalid,” ungkap Asisten Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Nurhayati di Jakarta, Senin (24/9). Keinvalidan ini, jelasnya, terjadi antara lain karena tidak ada tandatangan di daftar hadir, kurang lengkap pengisian lembar jawaban kerja (LJK), terbukti melakukan kecurangan dalam ujian tulis, bisa juga karena LJK tidak terbaca oleh komputer ketika proses scanning di BPPT. “Jadi hal-hal teknis ini yang mengakibatkan ribuan peserta gagal,” ujarnya.

…dst

41 ) Tes CPNS 2013 Digelar Setiap Hari
Janji Pemerintah Jika Program Computer Assisted Test (CAT) Sudah Berjalan
http://www.jpnn.com/read/2012/09/21/140463/Tes-CPNS-2013-Digelar-Setiap-Hari-

Jum’at, 21 September 2012 , 05:05:00
JAKARTA – Setelah sukses menjalankan tes CPNS 2012, pemerintah mulai menatap rencana tes serupa untuk periode 2013. Pemerintah sudah berancang-ancang jika tes CPNS 2013 yang dialokasikan untuk tenaga honorer kategori II itu bisa dijalankan setiap hari. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, tes CPNS tahun depan bisa dilaksanakan setiap hari asalkan program Computer Assisted Test (CAT) sudah berjalan. “Pengadaan CPNS dengan sistem ini lebih transparan, akuntabel, dan hemat biaya,” katanya. Eko mengatakan, saat ini pemerintah sudah berhasil mendirikan CAT sebanyak 12 unit. Seluruh CAT itu ada di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat dan BKN regional. Setiap program CAT yang sudah berdiri ini, memiliki kapasitas 50 peserta ujian.

…dst

42 ) Berita terkait rekrutmen CPNS yang lain dapat diikuti dalam topik “CPNS 2012”
http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2062/CPNS.2012