1 ) Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Sains di AS
http://internasional.kompas.com/read/2012/10/08/1320150/Mahasiswa.Indonesia.Raih.Penghargaan.Sains.di.AS

Senin, 8 Oktober 2012 | 13:20 WIB
KANSAS CITY, KOMPAS.com – Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktor di Universitas Fukui Jepang, mendapat penghargaan ilmiah Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat akhir pekan lalu berkat terobosan dalam bidang teknik analisis atom. SCIX 2012 adalah pertemuan ilmiah internasional terbesar untuk bidang sains analitik dan spektroskopi yang diselenggarakan oleh Federation of Analytical Chemistry and Spectroscopy Societies (FACSS) sejak 1973. Setiap tahun, FACSS memilih paper ilmiah terbaik oleh mahasiswa pasca sarjana. Tahun ini terpilih 1 mahasiswa penerima penghargaan FACSS dan 2 mahasiswa penerima beasiswa The Tomas Hirschfeld Scholar melalui proses seleksi yang sangat ketat. “Tercatat sejak 2006, penghargaan FACSS selalu diraih oleh mahasiswa dari Universitas di Amerika Serikat dan alhamdulillah tahun ini kita bisa meraihnya” kata Khumaeni dalam email pada BBC Indonesia.

…dst

2 ) UI Lahirkan Doktor Termuda Bidang Hukum
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/07/354004/293/14/UI-Lahirkan-Doktor-Termuda-Bidang-Hukum

Minggu, 07 Oktober 2012 23:35 WIB
DEPOK–MICOM: Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan gelar Doktor Ilmu Hukum kepada Ariawan Gunadi sebagai doktor termuda berusia 27 tahun di lingkungan kampus kuning tersebut. Ariawan dikukuhkan saat menyampaikan disertasi Doktornya tentang Perjanjian Perdagangan Bebas Dalam Era Liberalisasi Perdagangan: Studi Mengenai Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) Yang Diikuti Indonesia di Fakultas Hukum UI, Depok. Ia berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan pada sidang disertasi yang dipimpin promotor atau penguji Agus Brotosusilo dan tim penguji Prof Ahmad Zen Umar, Prof Erman Rajagukguk, Prof Rosa Agustina, dan Dr Gunawan Wijaya di Kampus Fakultas Hukum UI, Depok, Sabtu (6/10). Dalam disertasinya, ia meminta Pemerintah Indonesia mengkaji kembali sejumlah perjanjian perdagangan internasional baik di kawasan ASEAN, dengan China serta negara lainnya. Ariawan menekankan dalam era globalisasi dan borderless dewasa ini, semakin banyak perjanjian internasional yang diikuti oleh negara, salah satunya perjanjian perdagangan bebas. Indonesia telah terikat dengan banyak perjanjian perdagangan bebas baik bilateral, regional, maupun multilateral, dan dirasakan Indonesia belum mendapat benefit atau keuntungan, khususnya dalam lingkup ACFTA.

…dst

3 ) Cegah Tawuran, ASKI Dibentuk
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700513/cegah-tawuran-aski-dibentuk

Senin, 08 Oktober 2012 09:05 wib
SEBANYAK 10 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang diwakili para penggiat studi kepemudaan mendeklarasikan Asosiasi Studi Kepemudaan Indonesia (ASKI) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, baru-baru ini. Ini adalah respons atas maraknya aksi tawuran oleh oknum pelajar maupun mahasiswa yang akhir-akhir ini mengundang keprihatinan banyak pihak. “Salah satu alasan pembentukan ASKI ialah sebagai bentuk keprihatinan dan merespons maraknya tawuran pelajar akhir-akhir ini. Bahkan dalam pertemuan kami, bentuk usulan yang muncul adalah perlunya riset sistematis dan komprehensif tentang fenomena perkelahian pelajar, khususnya di kota-kota besar,” kata Direktur Youth Studies Centre (YouSure) UGM Najib Azca, kemarin.Ke-10 perguruan tinggi yang ikut mendeklarasikan ASKI ialah UGM, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Universitas Mataram (Unram), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang,dan Universitas Syah Kuala (Unsyiah).

…dst

4 ) Para Pemuda Komitmen Ciptakan Perdamaian Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700670/para-pemuda-komitmen-ciptakan-perdamaian-dunia

Senin, 08 Oktober 2012 16:04 wib
JAKARTA – Perbedaan adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat dielakkan, baik itu perbedaan ras, adat istiadat dan kebudayaan, bahkan perbedaan keyakinan. Namun, ketika hal ini dapat dimaknai secara positif tentu akan menjadi kekayaan dan sebuah kekuatan tersendiri dalam mengusung tujuan dalam rangka turut serta menciptakan perdamaian dunia. Untuk itu, sekira 230 pemuda yang berasal dari 24 negara menghadiri Interfaith Summit 2012 yang berlangsung selama 4-7 Oktober 2012 di Universitas Hindhu Indonesia, Denpasar, Bali. Para peserta ini memiliki kesungguhan untuk terlibat aktif kampanye toleransi dan menciptakan perdamaian dunia. Pertemuan ini diharapkan menjadi sebuah `titik picu’ dalam pembentukan sebuah resolusi baru menyikapi kehidupan keberagaman. Sehingga sesuai dengan tema acara International Interfaith Youth Leadership Confrence, yaitu New Paradigm in The 21’st Century.

…dst

5 ) Politeknik Dituntut Gesit Dekati Dunia Usaha
DiizinkanBekerjasama Mengembangkan Kurikulum
http://www.jpnn.com/read/2012/10/07/142374/Politeknik-Dituntut-Gesit-Dekati-Dunia-Usaha-

Minggu, 07 Oktober 2012 , 05:19:00
JAKARTA – Gairah pemerintah meningkatkan jumlah pendidikan tinggi vokasi atau politeknik, harus mendapatkan respon balik dari pihak pengelola. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta setiap politeknik harus gesit merajut jaringan dengan dunia usaha atau industri. Himbauan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso di Jakarta, Sabtu (6/10). Dia menuturkan jika setiap politeknik harus membangun kesadaran untuk menjalin link dengan dunia industri. Terutama dunia industri yang linier dengan keahlian yang diajarkan. Mantan rektor ITB itu mengatakan, pengelola politeknik tidak boleh belum-belum sudah menjauhi dunia usaha. “Jika ada yang kesulitan memulai membuat jaringan dengan dunia industri, kami (Kemendikbud, red) siap memfasilitasi,” kata dia. Menjalin hubungan baik dengan dunia industri ini menurut Djoko bisa memiliki banyak manfaat. Pertama, bisa menjadi saluran untuk penempatan magang mahasiswa yang akan lulus. Manfaat kedua adalah, bisa menjadi saluran kerja pada alumni politeknik yang bersangkutan. Manfaat berikutnya adalah, pihak industri bisa ikut urun rembuk dalam pengembangan kurikulum. Djoko mengatakan, Kemendikbud mempersilahkan pihak politeknik bersama dunia industri untuk sama-sama mengembangkan kurikulum. Dengan demikian, materi ajar akan matching dengan kebutuhan nyata dunia usaha.

…dst

6 ) Kabupaten/Kota Kunci Peningkatan Kualitas Tenaga Ahli
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/725

10/08/2012
Surabaya — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara ekonomi terbesar ke tujuh di dunia. Hal tersebut disampaikan Mendikbud berdasarkan hasil kajian Mc Kinsey Global Institute yang dikeluarkan pada September 2012. Bahwa Indonesia yang sekarang berada di posisi 16, akan naik berada di posisi 7 pada tahun 2030. Posisi Indonesia tersebut tentu semakin membuat kebutuhan tenaga kerja ahli meningkat. Pendidikan sebagai kata kunci dalam peningkatan kualitas tenaga kerja akan semakin membutuhkan dukungan yang besar dari semua sektor. Dan kabupaten/kota akan menjadi tumpuan untuk mencetak tenaga kerja ahli tersebut. “Pendidikan di Kabupaten/kota adalah kuncinya,” demikian disampaikan Mendikbud usai menyerahkan trophy penghargaan otonomi award Provinsi Jawa Timur grand kategori public service terbaik kepada Bupati Madiun, di Grand City Surabaya, Sabtu (6/10). Penghargaan diserahkan berbarengan dengan penyerahan penghargaan bidang politik dan keuangan bagi kabupaten/kota terbaik di Jawa Timur.

…dst

7 ) UGM: KPK harus diselamatkan
http://www.antaranews.com/berita/337564/ugm-kpk-harus-diselamatkan

Senin, 8 Oktober 2012 19:24 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus diselamatkan dari segala bentuk kriminalisasi untuk melindungi pemberantasan korupsi di Tanah Air, kata Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Pratikno. “Kita harus memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak dilemahkan, karena menyelamatkan KPK berarti juga menyelamatkan negeri ini dari kehancuran akibat korupsi,” katanya, di Yogyakarta, Senin. Menurut dia ketegangan antara KPK dengan kepolisian membuat prihatin banyak pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi. Ketegangan tersebut dinilai telah melemahkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, melemahkan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian, dan menurunkan harapan serta optimisme masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurut Pratikno, fenomena itu semakin menjauhkan dari keadaan yang dibutuhkan dalam pemberantasan korupsi, yang seharusnya “pertarungan” terjadi antara KPK termasuk kepolisian melawan koruptor. “Namun, masyarakat disuguhi `pertarungan` KPK dan kepolisian, yang seharusnya kedua institusi tersebut secara bersama-sama melawan koruptor,” katanya.

…dst

8 ) 5 Tuntutan UGM Terkait KPK vs Polri
http://news.detik.com/read/2012/10/08/111017/2057076/10/5-tuntutan-ugm-terkait-kpk-vs-polri?nd771108bcj

Senin, 08/10/2012 11:10 WIB
Yogyakarta Mahasiswa, dosen, guru besar, dan Rektor UGM beramai-ramai menggelar aksi mendukung KPK. Mereka menyampaikan 5 tuntutan. “Pertama, pertarungan KPK dan Polri hanya akan menjadi kemenangan bagi para koruptor. Karenanya kami menolak berbagai bentuk tekanan terhadap anggota dan upaya pelemahan KPK,” kata Rektor UGM Prof Dr Pratikno, di kantor Pusat Kajian Antikorupsi (PUKAT), kampus Bulaksumur, Yogyakarta, Senin (8/10/2012). Kedua, mendesak berbagai pihak menghentikan upaya pelemahan demi menjaga penegakan hukum antikorupsi dan menjaga optimisme rakyat. Ketiga, mendesak Presiden mengambil langkah cepat untuk mendukung KPK dan mengupayakan penguatan posisi KPK. Keempat, mendesak DPR menghentikan revisi UU KPK yang melemahkan KPK. “Kelima, meminta warga Indonesia waspada terhadap upaya kriminalisasi dan pelemahan gerakan pemberantasan korupsi yang bisa muncul sewaktu-waktu,” katanya. Pratikno menandatangani kain putih yang nantinya dikirim ke KPK dan menulis ‘Berantas Korupsi, Selamatkan KPK’. Selain Rektor, Guru Besar UGM, dosen, aktivis LSM, mahasiswa, dan lain-lain, ikut menandatangani dan menuliskan kalimat sebagai bentuk dukungan terhadap KPK.

…dst

9 ) Bentang Kain Putih, UGM Dukung KPK
http://regional.kompas.com/read/2012/10/08/12433541/Bentang.Kain.Putih.UGM.Dukung.KPK.

Senin, 8 Oktober 2012 | 12:43 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seusai membacakan pernyataan sikap di kantor Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat), Senin (8/10/2012), Rektor Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Pratikno, Direktur Pukat UGM Zainal Arifin Mukhtar, guru besar UGM beserta mahasiswa membubuhkan tanda tangan di atas kain putih. Tanda tangan di atas kain putih itu merupakan simbolisasi dari dukungan moral kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam fungsinya memberantas korupsi. “Rakyat menaruh harapan besar agar KPK terus melakukan tugasnya meski banyak upaya penggembosan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terancam karena gebrakan yang dilakukan oleh KPK selama ini,” kata Zainal. Zainal menambahkan, UGM dan Pukat sebagai pusat kajian antikorupsi akan terus memantau dan berjuang bersama masyarakat dalam menyelamatkan Republik Indonesia ini dari para koruptor. “Korupsi secara tidak langsung telah memiskinkan rakyat. Tugas pemberantasan korupsi bukan lagi hanya menjadi tugas KPK. Namun, seluruh instansi dan masyarakat harus bersama-sama mengawal gebrakan ideologi antikorupsi yang sedang santer-santernya disuarakan di seluruh Indonesia,” tegas Arie Sudjito dalam penyataan sikap UGM pagi tadi.

…dst

10 ) Civitas Academica Unika Atma Jaya Minta Pelemahan KPK Dihentikan
http://news.detik.com/read/2012/10/08/143143/2057307/10/civitas-academica-unika-atma-jaya-minta-pelemahan-kpk-dihentikan?n991102605

Senin, 08/10/2012 14:31 WIB
Jakarta Dukungan terus mengalir untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini dukungan bagi KPK datang dari 300 orang civitas academica Universitas Katolik Atma Jaya. Mereka meminta agar segala bentuk upaya pelemahan KPK dihentikan. “Kami menolak pelemahan KPk dalam berbagai wujud termasuk dengan cara-cara intimidatif,” kata Rektor Unika Atma Jaya Prof Lanny Pandjaitan dalam pernyataan sikapnya di Hall Karol Wojtyla, Universitas Atma Jaya, Semanggi, Jakarta, Senin (8/10/2012). Lanny meminta Presiden secara tegas membela KPK dari upaya pelemahan yang saat ini terjadi. Dia juga meminta agar seluruh elemen masyarakat ikut dalam upaya pemberantasan korupsi. “Kami mendukung KPK untuk terus mendapatkan legitimasi penuh secara legal untuk terus melakukan upaya-upaya yang semakin progresif, sistematis, dan objektif serta berdasarkan hukum dalam pemberantasan korupsi,” tuturnya.

…dst

11 ) Atma Jaya desak Presiden bela KPK
http://www.antaranews.com/berita/337527/atma-jaya-desak-presiden-bela-kpk

Senin, 8 Oktober 2012 17:13 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Universitas Atma Jaya menyatakan member dukungan moral kepada upaya pemberantasan korupsi dengan salah satunya mendesak Presiden Republik Indonesia membela Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Meminta presiden baik sebagai Kepala Negara maupun sebagai kepala pemerintahan secara tegas menyatakan posisinya untuk membela KPK,” kata Rektor Universitas Atma Jaya, Lenny Pandjaitan saat membacakan pernyataan sikap kampusnya, di Jakarta siang ini. Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Atma Jaya, Prasetyantoko Presiden seharusnya menyatakan dukungan eksplisit terhadap perseteruan Polisi dan KPK. Dia menganggap keadaan pemberantasan korupsi sudah begitu genting, terlebih lagi setelah upaya jemput paksa penyidik KPK oleh polisi Jumat malam pekan lalu. Selain mendesak Presiden RI, Universitas Atmajaya juga menyatakan akan mendukung KPK dalam mendapatkan legitimasi legal secara penuh dalam memberantas korupsi. Mereka juga menolak pelemahan KPK, serta mengajak seluruh elemen masyarakat sipil khususya kampus-kampus lain untuk ikut menyatakan dukungannya.

…dst

12 ) Alumni ITS Ajak Semua Pihak Dukung KPK
http://news.detik.com/read/2012/10/08/114223/2057099/10/alumni-its-ajak-semua-pihak-dukung-kpk?n991102605

Senin, 08/10/2012 11:42 WIB
Jakarta Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir deras. Salah satunya dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ada di belakang KPK. “Mengajak semua kalangan masyarakat maupun elite politik untuk memberikan dukungan penuh kepada KPK, demi terbebasnya generasi mendatang dari budaya korupsi,” ujar Sekretaris Jenderal IKA ITS, Bambang Joedopramono, dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (8/10/2012). ITS mendukung penuh agar KPK tidak diganggu boleh kerjanya dalam menangani perkara korupsi. Mereka juga berharap, pemerintah bisa mengawal KPK agar tidak terhambat kinerjanya. “Mendesak pemerintah untuk tegas proaktif menghentikan tindakan aparat pemerintahan yang ingin menghambat kerja KPK, agar pemberantasan korupsi dapat berlangsung lebih efektif,” tulisnya. Pengurus Besar Pemuda Al-Irsyad juga menyuarakan hal yang sama. Melalui Ketua Umumnya, Abdullah Hasyim Baraja, lembaga ini meminta supaya janji Presiden SBY bakal menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi dapat dibuktikan.

…dst

13 ) Mahfud MD beri dukungan kepada KPK
http://www.antaranews.com/berita/337470/mahfud-md-beri-dukungan-kepada-kpk

Senin, 8 Oktober 2012 11:30 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD datang ke KPK untuk memberikan dukungan untuk pemberantasan korupsi.”Saya datang bukan atas nama MK, saya tidak pakai pin,” kata Mahfud saat datang ke KPK Jakarta sekitar pukul 08.30 WIB pada Senin. Mahfud datang sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA-UII) Yogyakarta untuk memberikan dukungan terhadap pemberantasan korupsi. “Kami memberikan dukungan bukan pada institusi tapi pemberantasan korupsi karena musuh utama kita adalah merajalelanya korupsi,” ungkap Mahfud. Ia mengungkapkan pihak yang bergembira dan bertepuk tangan adalah para koruptor. “Sebaiknya urusan salah-tidak salah dikesampingkan, seharusnya KPK dan Polri bersinergi, kami juga akan mendukung Polri untuk mendukung KPK, jangan soal teknis dijadikan alasan berkonflik,” tambah Mahfud. Dalam pemberantasan korupsi menurut Mahfud memiliki tiga pilihan: berkompetisi, bersinergi saling menguatkan dan konfrontasi. “Kami melihat saat ini ada konfrontasi tidak sehat, kedua institusi dapat menyelesaiakn masalah ini agar para koruptor tidak bercabang,” jelas Mahfud.

…dst

14 ) “Pimpinan KPK tidak punya akun di media sosial”
http://www.antaranews.com/berita/337482/pimpinan-kpk-tidak-punya-akun-di-media-sosial

Senin, 8 Oktober 2012 12:57 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan hanya mempunyai satu akun Twitter resmi dan satu akun Facebook yang dikelola Biro Hubungan Masyarakat KPK. “Hingga saat ini, seluruh pimpinan KPK tidak memiliki akun twitter dan Facebook,” sebut Juru Bicara KPK, Johan Budi, dalam situs resmi KPK. Johan menyebut KPK tidak tahu-menahu dan tidak bertanggung jawab atas informasi yang disampaikan oleh akun-akun yang mirip atau mengatasnamakan KPK atau pejabat KPK. Akun Twitter resmi yang diakui KPK adalah @KPK_RI sedangkan akun Fanspage Facebooknya adalah KomisiPemberantasanKorupsi. “Informasi yang dikelola terkait kegiatan, produk dan kebijakan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi, maupun hal-hal lain yang dipandang perlu untuk disampaikan kepada masyarakat,” sebut Johan. KPK meminta masyarakat, terutama para pengguna media jejaring sosial Twitter dan Facebook agar melakukan verifikasi setiap informasi dan sumber informasi tentang lembaga itu.

…dst

15 ) 10 Mahasiswa Unnes Studi Sandwich-Like ke Amerika
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/08/201400/10-Mahasiswa-Unnes-Studi-Sandwich-Like-ke-Amerika

08 Oktober 2012
SEMARANG- Sepuluh mahasiswa program Doktor (S-3) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (10/10) akan bertolak ke Amerika untuk mengikuti program Sandwich-Like selama tiga bulan di Ohio State University (OSU) di Kota Columbus, negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Akhir pekan lalu mereka didampingi Direktur Pascasarjana (PPs) Unnes Prof Dr Samsudi MPd dan Asisten Direktur Bidang Akademik PPs Prof Dr Rernat Wahyu Hardyanto berpamitan kepada Rektor Unnes yang diwakili Pembantu Rektor IV (Bidang Pengembangan dan Kerja Sama) Prof Dr Fatkhur Rokhman MHum. Koordinator mahasiswa sandwich-like Unnes Wirawan Sumbodo mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut dibutuhkan proses panjang, mulai proses pendaftaran ke Dikti sekitar Maret 2012, seleksi administrasi, seleksi wawancara, hingga pengumuman dan pemeriksaan berkas. “Tidak selesai pada proses tersebut, kami melanjutkan untuk mengikuti pembekalan di Yogyakarta selama dua hari oleh Dikti dan pembuatan paspor, visa, serta surat-surat pendukung lainnya. Selama tiga bulan ke depan peserta akan dibiayai oleh Dikti dengan tujuan utama mendapat bimbingan tambahan oleh pembimbing (profesor) di Amerika guna pendalaman literatur, metodolog penelitian, melakukan seminar, dan sejumlah kegiatan akademik lainnya,” ungkap dosen Fakultas Teknik Unnes ini.

…dst

16 ) UGM Memasyarakatkan Teh Premium
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700523/ugm-memasyarakatkan-teh-premium

Senin, 08 Oktober 2012 10:06 wib
YOGYAKARTA – Teh di Indonesia masih dianggap minuman komoditas yang dapat dinikmati oleh siapa pun. Bahkan harganya di pasaran terbilang murah. Apalagi potensi teh premium di Tanah Air cukup besar dengan cita rasa yang tidak kalah dengan teh terbaik di dunia. Perlu diingat, bangsa ini menjadi negara keenam terbesar penghasil teh. Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Industri Dewan Teh Nasional Rachmad Gunadi di sela-sela Festival Teh Internasional di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), kemarin. Pengembangan industri semakin hari harus kian maju karena biaya produktivitas teh juga semakin meningkat. “Kalau harga teh tetap murah dan biaya produksi makin tinggi, tentu produsen bahkan petani teh semakin sedikit keuntungannya. Inilah mengapa kemudian membuat kami terpikir memproduksi teh berkualitas baik dengan harga cukup tinggi,” ungkap dosen Fakultas Pertanian UGM ini.

…dst

17 ) Mahasiswa UGM Gelar Aksi Simpatik Sambut 18 Dekan Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/08/mbkk98-mahasiswa-ugm-gelar-aksi-simpatik-sambut-18-dekan-baru

Senin, 08 Oktober 2012, 17:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Sebanyak 18 dekan baru dan Direktur Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dilantik oleg Rektor setempat, Pratikno di Balai Senat, Senin (8/10). Para dekan baru dan direktur sekolah vokasi ini merupakan hasil pemilihan dekan di fakultas masing-masing. Mereka akan bertugas dari 2012 hingga 2016 mendatang. Pelantikan dekan baru di tubuh kampus UGM ini juga mendapat dukungan dari para mahasiswa setempat. Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen di kampus tersebut menggelar aksi simpatik di halaman Balairung setempat. Mereka mendesak para pimpinan baru UGM untuk menciptakan iklim demokrasi yang melibatkan mahasiswa secara penuh. Mereka juga berharap para dekan baru di UGM tersebut menyelesaikan berbagai masalah mahasiswa di kampus itu. “Kami berharap semua Dekan untuk membuka diri berdiskusi dengan para mahasiswa dan menyelesaikan masalah mahasiswa secara demokratis. Karena masalah mahasiswa adalah masalah kita semua,” tandas Pratikno saat menemui para mahasiswa bersama para dekan baru di UGM tersebut. Mahasiswa UGM juga memberikan rangkaian bunga kepada para pimpinan baru UGM tersebut.

…dst

18 ) Guru Besar dari Teheran Beri Kuliah Umum di Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700968/guru-besar-dari-teheran-beri-kuliah-umum-di-unhas

Senin, 08 Oktober 2012 19:12 wib
MAKASSAR – Saat ini, 27 persen dari riset sains yang berkembang di dunia berasal dari Amerika Serikat. Sementara 12 persen lainnya berasal dari China. Padahal, pada hakikatnya, pengembangan sains ialah tanggung jawab dari semua pihak, bukan hanya sebagian orang saja. Lebih dari itu sains merupakan milik masyarakat, sehingga harus disebarluaskan. Dibubuhi pembahasan mengenai bagaimana pengembangan ilmu pengetahuan atau sains dapat makin disemarakkan di lingkungan perguruan tinggi, Prof. Ali Mosavi Movahedi dari Universitas Teheran memberi kuliah umum. Kuliah umum Prof. Ali digelar Universitas Hasanuddin di ruang rapat B, lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Senin (8/10/2012). Guru besar dari Universitas Teheran, Iran, tersebut tampil di muka majelis intelektual Unhas sebagai langkah awal bagi kedua perguruan tinggi itu untuk membangun upaya kerjasama. Kuliah umumnya dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 dari Fakultas MIPA. Turut hadir, Wakil Rektor I Unhas, Prof. Dr. Dadang Suriamihardja.

…dst

19 ) UNY Perkenalkan Rumah Adat Lewat Lampu Hias
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/02222297/UNY.Perkenalkan.Rumah.Adat.Lewat.Lampu.Hias

Senin, 8 Oktober 2012 | 02:22 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperkenalkan rumah adat di Indonesia melalui inovasi pembuatan lampu hias yang diberi nama Decorative Lighting Traditional House atau Delight TH. “Delight TH merupakan suatu karya inovatif yang memadukan desain rumah adat di Indonesia yang beraneka ragam yang dibuat dalam bentuk lampu hias berbahan dasar fiberglass,” kata Ketua Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Desiana Nur Fajari di Yogyakarta, Minggu (7/10/2012). Menurut dia lampu hias berbahan dasar fiberglass itu memiliki banyak keunggulan di antaranya sangat fleksibel dan bisa dibuat menjadi bentuk apapun, ringan, kuat, berbentuk stabil, perawatannya mudah, dan tahan lama. “Delight TH selain sebagai lampu hias yang dapat digunakan untuk menghiasi interior rumah juga dapat digunakan sebagai alat pengenalan budaya khususnya rumah adat kepada masyarakat,” kata mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) UNY itu.

…dst

20 ) Baru Berdiri, Satu Fakultas di Unipas Dihapus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/11221465/Baru.Berdiri.Satu.Fakultas.di.Unipas.Dihapus

Senin, 8 Oktober 2012 | 11:22 WIB
TERNATE, KOMPAS.com – Yayasan Perguruan Morotai yang mendirikan Universitas Pasifik (Unipas) di Morotai, Maluku Utara akhirnya menghapus sebuah fakultas dan satu program studi. Pengahpusan ini terkait dengan persyaratan mendirikan sebuah universitas. Fakultas yang dihapus itu yakni Fakultas Ilmu Kesehatan dan satu program studi yakni Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Politik. Ketua Yayasan Perguruan Morotai Mohdar S Arif belum lama ini mengatakan segala persyaratan administrasi untuk mendirikan sebuah universitas telah dipenuhi pihak yayasan. Namun ada sedikit kekeliruan dalam penempatan fakultas. Di mana seharusnya ada perbandingan antara jurusan eksata dan non eksata antara 30:70. “Kita memang sudah penuhi itu tapi ternyata dari Dikti tidak mengakui jurusan matematika dan sebagainya itu sebagai jurusan eksata karena dia tergabung dalam fakultas keguruan. Semestinya jurusan-jurusan ini tersendiri fakultasnya,” ungkap Mohdar S Arif. Karena itu, untuk memenuhi kembali persyaratan tersebut, pihak yayasan terpaksa mengambil kebijakan dengan melebur beberapa jurusan dan menambahkan beberapa jurusan lagi. Meski ada fakultas dan program studi yang dihapus, namun ada pula beberapa jurusan yang akan ditambahkan, di antaranya jurusan Teknik Informatika, Teknik Hasil Perikanan dan Teknik Lingkungan. Jurusan-jurusan ini bernaung di bawah fakultas teknik.

…dst

21 ) Belum Kuliah, Mahasiswa Unipas Makin Membeludak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/13443517/Belum.Kuliah.Mahasiswa.Unipas.Makin.Membeludak

Senin, 8 Oktober 2012 | 13:44 WIB
TERNATE, KOMPAS.com – Sedianya Universitas Pasifik (Unipas) yang baru dibuka di Kabupaten Pulau Morotai akan memulai aktivitas perkuliahannya mulai 8 September 2012 lalu. Namun, hingga kini belum juga terlaksana. Di sisi lain, jumlah calon mahasiswa semakin membeludak. Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unipas, Ramli Yaman, belum lama ini menyebutkan, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Unipas sudah mencapai lebih dari 1.600 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah menyusul animo masyarakat yang berkeinginan kuliah di universitas baru tersebut. Dibanding total pendaftar yang resmi ditutup panitia saat penerimaan sejak 1-30 Juli 2012 lalu hanya sebanyak 1.024 orang. Seiring waktu, calon mahasiswa makin membeludak karena panitia masih tetap mengakomodasi pendaftar baru. “Sekarang sudah seribu enam ratus lebih karena setelah penutupan pendaftaran ternyata masih ada pendaftar lagi,” ungkap Ramli Yaman.

…dst

22 ) Peneliti RI-Australia Saling Beberkan Pengalaman
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700778/peneliti-ri-australia-saling-beberkan-pengalaman

Senin, 08 Oktober 2012 15:18 wib
JAKARTA – Menumbuhkan minat untuk melakukan penelitian dalam jiwa generasi muda saat ini bukanlah hal mudah. Apalagi untuk menjadi seorang peneliti yang sukses membutuhkan usaha dan niat yang kuat. Untuk itu, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia bersama University of Western Australia menggelar Young Researcher Forum. Dalam kesempatan tersebut, para peneliti ahli dari Indonesia dan Australia membeberkan pengalaman mereka dalam menggeluti dunia penelitian.Duta Besar (Dubes) Australia Greg Moriarty mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak terutama dalam membantu generasi muda yang memang ingin terjun dan mencintai dunia penelitian. “Terima kasih kepada University of Western Australia yang mau berbagi bagaimana cara menjadi seorang peneliti yang sukses kepada para peneliti muda ini,” ujar Moriarty di Kedubes Australia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2012).

…dst

23 ) Bebas Biaya Kuliah 45% di London, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/368/700579/bebas-biaya-kuliah-45-di-london-siapa-mau

Senin, 08 Oktober 2012 11:05 wib
JAKARTA – Inggris masih menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar asing untuk melanjutkan pendidikan. Sayangnya, biaya kuliah maupun biaya hidup yang sangat tinggi kerap kali membuat para pelajar mengurungkan niat untuk menempuh pendidikan di negeri tersebut.  Beruntung, School of Business and Law (SBL) yang merupakan associate college dari University of Gloucestershire menyediakan program beasiswa bagi kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di UK. Program ini berbentuk beasiswa parsial sebesar 45 persen dari total biaya kuliah yang harus ditanggung oleh mahasiswa. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (8/10/2012). Untuk program S-1 di bidang Business Studies dan Accounting, pelajar menempuh pendidikan selama dua tahun dengan memanfaatkan waktu libur menjadi waktu aktif belajar di kampus. Dengan adanya program beasiswa ini, pelajar hanya membayar sebesar 6.950 poundsterling atau Rp105 juta (Rp15 ribu per poundsterling) untuk meraih gelar sarjana di bidang bisnis dan akunting.

…dst

24 ) Wah, Ada 6 Beasiswa S-2 Humaniora di Oxford!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/10150820/Wah.Ada.6.Beasiswa.S-2.Humaniora.di.Oxford.

Senin, 8 Oktober 2012 | 10:15 WIB
KOMPAS.com – Universitas Oxford di Inggris menawarkan Mica and Ahmet Ertegun Graduate Scholarship Programme di bidang humaniora untuk tahun ajaran 2013-14. Progam beasiswa ini ditujukan untuk menumbuhkan dialog lintas disiplin akademik, lintas budaya, dan lintas generasi. Lulusan program beasiswa ini diharapkan siap menjadi pemimpin yang tidak hanya menguasai bidang yang dipilih, tetapi juga membentuk seorang pemimpin yang memiliki pemikiran, pandangan global, dan aksi positif untuk kemajuan umat manusia.Tersedia enam beasiswa untuk program pascasarjana satu atau dua tahun. Beasiswa ini akan menanggung seluruh biaya kuliah dan kebutuhan akademik serta memberikan uang saku untuk hidup sebesar 13.590 poundsterling. Penerima beasiswa juga berhak atas akses ke Ertegun House yang memberikan keleluasaan kepada penerima beasiswa untuk menulis dan melakukan penelitian, berpartisipasi dalam sejumlah acara sosial, kuliah umum, dan aktivitas lain untuk membangun kualitas lulusan beasiswa ini sesuai tujuan.

…dst

25 ) Evaluasi Kurikulum Pendidikan Masih Digodok
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/01020221/Evaluasi.Kurikulum.Pendidikan.Masih.Digodok

Senin, 8 Oktober 2012 | 01:02 WIB
PASURUAN, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, evaluasi kurikulum pendidikan nasional masih digodok. “Insya Allah pada Desember mendatang sudah bisa dipublikasikan,” kata Mohammad Nuh saat mengunjungi Pondok Pesantren Terpadu Bayt Al Hikmah, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (7/10/2012). Ia mengatakan, publikasi materi kurikulum hasil evaluasi tersebut dimaksudkan untuk uji publik. Untuk itu, kata dia, semua pihak diharapkan bisa memberikan krirtik, serta saran sebagai masukan. Menurut dia, evaluasi kurikulum pendidikan nasional dilakukan karena ada penilaian bahwa kurikulum pendidikan saat ini terlalu membebani siswa. “Dari evaluasi nanti diharapkan bisa ditemukan formulasi sesuai standar kompetensi,” katanya. Nuh mengunjungi Pondok Pesantren Terpadu Bayt Al Hikmah karena hubungan emosional. Ia sudah kali kesekian mengunjungi pondok pesantren asuhan KH Idris Abdul Chamid ini.

…dst

26 ) Mendikbud Buka Lomba Cipta Seni Pelajar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/08/354087/293/14/Mendikbud-Buka-Lomba-Cipta-Seni-Pelajar

Senin, 08 Oktober 2012 12:14 WIB
CIPANAS–MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh membuka lomba cipta seni pelajar 2012 di Hutan Jati Putih Kawasan Hutan Lindung, Istana Kepresidenan Cipanas, Jawa Barat, Senin (8/10). Lomba tersebut diikuti 231 peserta yang terdiri atas 99 orang di tingkat sekolah dasar dan 132 di tingkat menengah pertama yang telah lolos seleksi di tingkat provinsi. Dalam lomba cipta seni pelajar kali ini, lima kategori diperlombakan yaitu lomba cipta lagu, cipta puisi, cipta lukis, mendesain motif batik, dan membatik di kain mori. Lomba cipta seni tersebut merupakan acara tahunan yang telah dimulai sejak 2006. Ini merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara kemampuan logika, analisa, dengan estetika anak didik. Selain itu, menurut M Nuh, kegiatan lomba cipta seni tersebut dapat mengeskplorasi bakat dan potensi anak didik sehingga dapat berkembang dengan baik. Acara yang berlangsung di Istana Kepresidenan Cipanas tersebut akan ditinjau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono.

…dst