1 ) SNM PTN Jalur Ujian Tulis Tidak Jadi Dihapus
Kuota Jalur Ujian Tulis 30 Persen, Jalur Undangan 50 Persen
http://www.jpnn.com/read/2012/10/10/142716/SNM-PTN-Jalur-Ujian-Tulis-Tidak-Jadi-Dihapus-

Rabu, 10 Oktober 2012 , 05:05:00
JAKARTA – Rencana pemerintah menghapus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis dibatalkan. Tahun depan 30 persen dari total kuota mahasiswa baru, sekitar 120 ribu kursi, dialokasikan untuk saringan SNM PTN jalur ujian tulis. Skenario penghapusan SNM PTN jalur ujian tulis sempat mencuat setelah pelaksanaan SNM PTN 2012 beberapa waktu lalu. Saat itu, pemerintah membagi seleksi masuk kampus negeri hanya melewati SNM PTN jalur undangan sebesar 60 persen dari kuota mahasiswa baru nasional dan seleksi jalur mandiri sebesar 40 persen. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menuturkan, skenario awal pembagian saringan masuk calom mahasiswa baru tadi sudah dikoreksi. “Aturan tadi tidak berpihak pada lulusan SMA yang lama (bukan tahun berjalan, red),” ujar dia. Rochmat mengatakan, jika skema tadi dijalankan, maka yang berhak mengikuti SNM PTN jalur undangan hanya lulusan SMA tahun berjalan saja. “Ini tidak adil,” kata dia. Karena menutup kesempatan lulusan SMA dua tahun sebelumnya. Akhirnya, komposisi seleksi masuk kampus negeri diperbaiki. Yaitu, kuota SNM PTN jalur undangan sebesar 50 persen, SNM PTN jalur ujian tulis sebesar 30 persen, dan jalur ujian mandiri (yang dilaksanakan masing-masing kampus) sebesar 20 persen. Rochmat mengatakan, awalnya sempat muncul usulan jika kuota untuk SNM PTN jalur ujian tulis cukup sepuluh persen saja. Namun, usulan ini akhirnya tidak diterima. “Jadi ini sudah tetap. Kuota untuk SNM PTN jalur ujian tulis sebesar 30 persen,” katanya.

…dst

2 ) Pencairan Bantuan Operasional PTN Molor
Dicairkan di DIPA Masing-masing Kampus
http://www.jpnn.com/read/2012/10/01/141485/Pencairan-Bantuan-Operasional-PTN-Molor-

Senin, 01 Oktober 2012 , 06:04:00
JAKARTA – Target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencairkan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BO PTN) senilai Rp 1,4 triliun pada September meleset. Akibatnya seluruh kampus negeri yang mendapatkan alokasi BO PTN, wajib menalangi dulu biaya operasional dari uang mereka sendiri. Keterlambatan pencairan BO PTN ini dipicu dari pembahasan antara Kemendikbud dengan Komisi X DPR yang cukup lama. Duit untuk BO PTN ini sendiri, diambilkan dari anggaran pendidikan yang terdapat dalam APBN-P 2012. Tujuan pengucuran BO PTN ini untuk menekan biaya kuliah yang setiap tahun cenderung naik. Setelah dana ini turun, kampus negeri dilarang menaikkan SPP untuk mahasiswa reguler. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso kemarin (30/9) menjelaskan, pembahasan APBN-P 2012 dengan Komisi X DPR sudah tuntas. Djoko mengatakan, saat ini anggaran BO PTN sudah dimasukkan dalam DIPA (daftar isilan pelaksanaan anggaran) masing-masing kampus. Pencairan DIPA ke setiap kampus, masih dalam pembahasan anggaran Kemendikbud dengan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Jika DIPA ini sudah bisa dicairkan, otomatis BO PTN juga sudah bisa digunakan kampus,” kata mantan rektor ITB itu. Jajaran Kemendikbud berharap kampus penerima BO PTN untuk bersabar. Diantara PTN yang mendapatkan alokasi BO PTN adalah ITB (Institut Teknologi Bandung). Rektor ITB Akhmaloka menuturkan, kampusnya mendapatkan alokasi BO PTN sekitar Rp 70 miliar. Dana ini digunakan untuk membantu pendanaan biaya operasional kampus. “Diantaranya untuk penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya. Karena dana BO PTN belum cair, dia menuturkan pembiayaan operasional masih penuh ditanggung kampus.

…dst

3 ) Pertanyakan Kebijakan Kampus, 2 Mahasiswa YAI Diancam 1 Tahun Kurungan
http://news.detik.com/read/2012/10/10/144905/2059303/10/pertanyakan-kebijakan-kampus-2-mahasiswa-yai-diancam-1-tahun-kurungan?n991102605

Rabu, 10/10/2012 14:49 WIB
Jakarta Masih ingatkah kasus Beta dan Chandra? 2 Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas YAI, Salemba, ini ditahan karena mempertanyakan kebijakan kampus. Siang ini, kedua mahasiswa tersebut menjalankan sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Dalam persidangan yang dipimpin majelis hakim Martin Ponto, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa kedua mahasiswa tersebut dengan pasal pengerusakan. Jaksa mendakwa bahwa kedua mahasiswa tersebut melakukan penghancuran kaca pos satpam YAI pada 26 Juli 2012 lalu. “Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana menurut ketentuan pasal 406 KUHP tentang pengerusakan,” kata JPU, Mustofa, saat membacakan dakwaan dalam sidang di PN Jakpus, Jalan Gadjah Mada, Rabu (10/9/2012).

…dst

AIR MATA IBU…
Tangis Sang Ibu Bagi Mahasiswa yang Dipenjarakan oleh Kampus YAI
http://news.detik.com/read/2012/08/28/055953/2000532/10/tangis-sang-ibu-bagi-mahasiswa-yang-dipenjarakan-oleh-kampus-yai?nd771108bcj

Selasa, 28/08/2012 05:59 WIB
Jakarta – Wanita paruh baya itu berjalan sendiri tertatih-tatih menuju salah satu ruangan Komnas HAM. Murdi (56) datang untuk meminta bantuan keadilan untuk putra tercintanya, Chandra Prasetyo (25), yang tengah mendekam dalam sel Polres Jakarta Pusat (Jakpus). “Saya sedih, anak saya harus masuk penjara. Bergabung bersama perampok, pembunuh, pengedar narkoba, dan penjahat lain,” ujar Murdi saat berbincang dengan detikcom, di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2012). Chandra merupakan mahasiswa Universitas YAI, Salemba, Jakarta Pusat yang kini sedang meringkuk dalam penjara. Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi itu menghabiskan hari-hari dibalik dinginnya sel bukan karena melakukan kejahatan besar seperti merampok atau membunuh orang. Tetapi lantaran ia mempertanyakan kebijakan kampus soal skorsing bagi teman-temannya. Dalam pertemuan itu dia emosi dan mecahkan kaca pos satpam kampus. “Seandainya anak saya salah, saya minta maaf. Saya akan bertanggung jawab atas kesalahan anak saya. Saya akan ganti kerugiannya, tapi bebaskan anak saya,” ujar Murdi sambil meneteskan air mata. Ibu sekaligus ayah ini sangat menyesali tindakan kampus dalam menghukum anaknya. Dia tidak menyangka jika anaknya harus mendekam di penjara atas aduan kampus dia mencari ilmu.

…dst

Penjelasan pihak pengelola kampus YAI yang disampaikan Kepala Biro Humas LPT YAI, Desy S Anas, dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (31/8/2012):
Soal Penahanan Mahasiswa, YAI: Mereka yang Diskors Sering Mabuk di Kampus

***

4 ) Sarjana Mendidik di Daerah Tertinggal Dilindungi Asuransi
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/09/109297/Sarjana-Mendidik-di-Daerah-Tertinggal-Dilindungi-Asuransi/3

Selasa, 9 Oktober 2012 18:21 WIB
Metrotvnews.com, Medan: Tenaga pendidik yang mengajar di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) melalui program “Sarjana Mendidik” mendapat perlindungan asuransi dari pemerintah. Pemberian fasilitas tersebut sebagai salah satu upaya memberikan kenyamanan bagi mereka selama mengabdikan dirinya. Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Ibnu Hajar di Medan, Selasa (9/10), mengatakan tahun ini pihaknya memberangkatkan sebanyak 205 sarjana pendidikan ke beberapa daerah seperti Aceh Timur, Simeulue dan Nias sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. “Selain mendapat honor Rp2 juta per bulan, tenaga pendidik tersebut juga dilindungi asuransi kesehatan selama setahun mengabdi di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan tersebut. Ini salah satu bentuk proteksi yang diberikan pemerintah agar mereka merasa nyaman mengajar di sana,” katanya. Ia mengatakan pemerintah daerah sangat mengharapkan adanya guru yang bersedia mengajar di daerah terpencil. Untuk itu seusai setahun mereka mengabdi di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan, pemerintah daerah harus memberikan kesempatan bagi mereka menjadi guru tetap.

…dst

5 ) Dibuka Jurusan Perfilman di Empat Kota
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/10/03560318/dibuka.jurusan.perfilman..di.empat.kota

09 Oktober 2012
Jakarta, Kompas – Jurusan perfilman akan dibuka di empat institut seni dan budaya yang akan didirikan di empat kota, yakni Banda Aceh, Samarinda, Makassar, dan Jayapura. Pembukaan jurusan perfilman di beberapa daerah itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas perfilman Tanah Air. Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sulistyo S Tirtokusumo mengatakan, para pengajar atau dosen jurusan perfilman itu akan didatangkan, antara lain, dari Institut Kesenian Jakarta dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. “Mereka yang akan membantu mengembangkan jurusan film yang baru itu,” kata Sulistyo. Aktor film Didi Petet mengatakan, penyebab rendahnya kualitas film Indonesia terutama ialah faktor pendidikan, baik pendidikan pemain, sutradara, maupun kru pendukung. Akibat kurangnya jurusan khusus perfilman di perguruan tinggi, jumlah pengajar atau dosen pun minim. “Syarat mengajar di S-1 antara lain dosennya harus berpendidikan S-2 atau S-3. Kualitas dosen seperti itu yang masih kurang,” kata Didi Petet pada konferensi pers Workshop Peningkatan Kualitas Produksi Film bertema “Filmku Bangsaku” di Jakarta, Selasa (9/10). Workshop akan diselenggarakan juga di Bandung, Denpasar, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar, 22 Oktober hingga 30 November 2012. Para narasumber yang akan hadir antara lain Michael Sheridan (sutradara dan dosen perfilman dari Boston University of Arts), Koji Imaizumi (sutradara dari Jepang), Slamet Rahardjo Djarot, Garin Nugroho, Rudi Sujarwo, Didi Petet, Gotot Prakosa, dan Arya Kusumadewa. Sutradara Sudibyo JS mengatakan, kualitas film Indonesia masih kurang karena sebagian besar sineas film hanya meniru bentuk film dari Amerika Serikat dan Eropa. (LUK)

***

6 ) Indonesia akan Buat Museum di Atas Kapal Perang
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/10/109410/Indonesia-akan-Buat-Museum-di-Atas-Kapal-Perang/3

Rabu, 10 Oktober 2012 15:07 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia akan membuat museum angkatan perang di atas kapal perang. Museum angkatan perang dibangun menggunakan sebuah kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Nantinya, museum itu akan ditempatkan di perairan Ancol, Jakarta. Hal itu dikatakan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Surya Helmy di Jakarta, Rabu (10/10). Helmy mengemukakan itu ketika menjadi pembicara acara “Temu Redaktur Kebudayaan Se-Indonesia 2012” di Jakarta. “Kita sedang koordinasikan. Nantinya, TNI Angkatan Laut akan memberikan sebuah kapal perang. Kapal perang itulah yang akan kita jadikan sebagai museum angkatan perang yang akan ditempatkan di Ancol. Ini sebagai bukti bahwa bangsa ini adalah bangsa maratim,” kata Helmy.Selain membangun museum angkatan perang, kata dia, pemerintah juga akan membangun museum perang dunia II Trikora di Moratai. Moratai memiliki sejarah luar biasa. Di sana ada tujuh landasan pesawat terbang yang dibangun Pemerintah Amerika Serikat pada perang dunia II.

…dst

7 ) Kemendikbud Akan Susun Buku tentang Candi Muaro Jambi
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/10/109439/Kemendikbud-Akan-Susun-Buku-tentang-Candi-Muaro-Jambi/3

Rabu, 10 Oktober 2012 18:58 WIB
Metrotvnews.com, Jambi: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerbitkan buku “The Lost Kingdom of Sumatera” yang menceritakan segala sesuatu tentang kerajaan kuno di Jambi dan kaitannya dengan Candi Muarojambi.”Mudah-mudahan buku itu dapat rampung dan terbit pada akhir 2013 mendatang dan dapat mengisi kekosongan literatur tentang sejarah Candi Muarojambi dan Jambi umumnya,” kata Wakil Mendikbud Wiendu Nuryanti di Jambi, Rabu (10/10). Menurut Wiendu, selama ini dia mengetahui cerita tentang Candi Muarojambi justru dari literatur yang ditulis oleh para penulis luar. “Saya mengetahui tentang sejarah Candi Muarojambi justru dari buku-buku berbahasa asing yang ditulis oleh orang luar negeri,” sebutnya. Minimnya literatur sejarah terkait Candi Muarojambi, lanjut Wiendu, harus segera diisi dengan menuliskan buku-buku yang terkait soal tersebut. Apalagi, Candi Muarojambi merupakan peninggalan suatu peradaban yang sangat berharga dan sedang disahakan menjadi salah satu warisan dunia.

…dst

8 ) Wuih, Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah di Maroko
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/10/373/701816/wuih-bahasa-indonesia-jadi-mata-kuliah-di-maroko

Rabu, 10 Oktober 2012 13:02 wib
JAKARTA – Mahasiswa Maroko kini bisa mempelajari Bahasa Indonesia langsung di kampus mereka. Mulai Oktober ini, Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah bahasa pilihan yang bisa diambil para mahasiswa Universitas Mohamed V, Maroko. Kelas Bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V, Maroko, ini terselenggara berkat kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pada pembukaan secara resmi pengajaran Bahasa Indonesia di Maroko, Duta Besar Indonesia untuk Maroko Tosari Widjaja berkata, kedekatan hubungan antara Indonesia dengan Maroko menjadi landasan bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan di berbagai bidang. Penguasaan bahasa, kata Tohari, merupakan faktor penting dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Maroko. “Dalam kaitan ini, saya mengajak masyarakat Maroko pada umumnya dan mahasiswa-mahasiswi Maroko pada khususnya untuk dapat mempelajari dan mendalami lebih lanjut Bahasa Indonesia. Dengan belajar bahasa Indonesia, Anda akan banyak mengenal dan mengetahui tentang Indonesia,” ujar Tohari, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (10/10/2012).

…dst

9 ) Tim Indonesia Terbaik di Pameran Holtikultura Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/10/354570/293/14/Tim-Indonesia-Terbaik-di-Pameran-Holtikultura-Dunia

Rabu, 10 Oktober 2012 09:10 WIB
LONDON–MICOM: Tim Indonesia berhasil tampil sebagai yang terbaik dan meraih penghargaan “The Best Cultural Performance Pavilion” pada pameran holtikultura terbesar di dunia Floriade yang diselenggarakan sepuluh tahun sekali sejak April 2012 lalu. penghargaan itu diberikan kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Dubes RI di Den Haag Retno LP Marsudi yang mewakili pemerintah Indonesia pada saat penutupan Floriade. Indonesia merupakan satu dari 42 negara peserta Floriade, pameran holtikultura yang berlangsung selama enam bulan sejak 5 April hingga 7 Oktober lalu. Floriade yang akan datang diadakan di Aimere pada 2022. Floriade diselenggarakan setiap 10 tahun sekali. Floriade 2012 di Venlo mengangkat tema Be Part of the Theatre in Nature, Get Closer to the Quality of Life digelar di lahan pameran seluas 66 hektare dan diikuti 42 negara.
Selama enam bulan, paviliun Indonesia aktif menampilkan kegiatan seni dan budaya serta melakukan berbagai aktivitas pertemuan bisnis. Aktivitas seni dan budaya yang sangat menonjol ini menyebabkan paviliun Indonesia juga sebagai salah satu paviliun yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung. Setiap harinya rata-rata 6 ribu hingga 7 ribu orang mengunjungi paviliun Indonesia dari rata-rata 11 ribu pengunjung Floriade.

…dst

10 ) Undip-Prancis Kembangkan Double Degree
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/533801/

Wednesday, 10 October 2012
SEMARANG– Universitas Diponegoro (Undip) Semarang segera merealisasikan kerja sama dengan 10 universitas di Prancis untuk pengembangan Program Double Degree.Rencana tersebut disampaikan Rektor Undip Sudharto P Hadi sebelum menghadiri Joint Working Group Indonesia- France kemarin. Kegiatan yang akan di selenggarakan di Toeloese, Prancis pada 10–12 Oktober 2012 itu,Undip tidak sendirian.Ada sejumlah universitas lokal yang akan ikut, di antaranya ITS, ITB, UGM, Unhas, UI, UNM,USU,dan Unpad. Di pertemuan nantinya Undip menjadi Ketua Bidang Lingkungan Rektor. Pada Forum JWG Indonesia-Prancis akan dibahas penjajakan kerja sama di bidang pendidikan tinggi antarkedua negara, serta merancang program strategis dan kemitraan untuk beberapa tahun mendatang.Undip selama ini telah menjalin kerja sama Double Degree Magister Perencanaan Wilayah dan Kota dengan 10 perguruan tinggi di Prancis, yaitu La Rochele University, Lyon University, Paris 1–10 University, Toeloese University, Poiters University, Brest University, dan Sorbone University.

…dst

11 ) Gandeng Theys Group, UII Kembangkan Jaringan Antaruniversitas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/08/mbl2eq-gandeng-theys-group-uii-kembangkan-jaringan-antaruniversitas

Senin, 08 Oktober 2012, 23:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Pengelolaan database di Indonesia hingga saat ini belum maksimal sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada lemahnya interkoneksi data yang ada, kata Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Edy Suandi Hamid.”Kondisi itu tidak hanya menjadi persoalan yang dihadapi oleh bidang industri, tetapi juga oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia,” kata Edy di Yogyakarta, Senin, terkait pertemuannya dengan pimpinan Thesys Group Hungaria beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, menurut dia, Universitas Islam Indonesia (UII) sepakat menjalin kerja sama dengan Thesys Group. UII akan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama dalam implementasi kerja sama yang diinisiasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) dan Thesys Group.”Kerja sama yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut juga akan memperoleh perhatian dari pemerintah Indonesia dan Hungaria,” kata Edy yang juga Ketua Umum Aptisi.

…dst

12 ) Wisuda, STAN Luluskan 12 Mahasiswa Brilian
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/10/373/701789/wisuda-stan-luluskan-12-mahasiswa-brilian

Rabu, 10 Oktober 2012 12:27 wib
JAKARTA – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) mewisuda 3.546 mahasiswa. Para wisudawan dan wisudawati tersebut dari berbagai program diploma keuangan. Pelaksanaan sidang senat terbuka itu dilakukan pagi tadi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Dalam prosesi wisuda sekolah tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin secara khusus mewisuda para wisudawan terbaik yang jumlahnya 12 orang dari masing-masing spesialisasi Program Diploma Keuangan.

…dst

13 ) Ratusan Mahasiswa Unair Antusias Ikuti Diskusi SPS
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/10/079434805/Ratusan-Mahasiswa-Unair-Antusias-Ikuti-Diskusi-SPS

Rabu, 10 Oktober 2012 | 09:51 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Ratusan Mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya, memadati Aula Lantai 3 Gedung C, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Selasa, 9 Oktober 2012. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti acara talkshow “Buka Mata, Mari Bekerja di Media” yang disampaikan oleh Direktur Bisnis Tempo Media Group, Toriq Hadad; GM Head Corporate Communication Telkomsel, Ricardo Indra; serta Wakil kepala Customer Management dan Marketing Division BNI, Donny Bima Talkshow ini dibuka dengan sebuah prolog dari Redaktur Jawa Pos Tomy Cahyo sebagai pemandu acara ihwal Dahlan Iskan yang pernah mengungkapkan rasa pesimisnya dengan media cetak di tengah gempuran media televisi dan online. Dahlan Iskan, bekas CEO Jawa Pos yang kini menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara, pernah mengumpulkan wartawannya pada 2007. Saat itulah Dahlan Iskan menyatakan rasa pesimisnya. Dahlan Iskan, kata Tomy, juga sempat mempersilakan wartawannya untuk mengambil kesempatan bekerja sebagai jurnalis online karena saking pesimisnya saat itu. Namun, kekhawatiran tersebut tidak terbukti. “Zaman batu boleh berganti menjadi zaman logam tapi, toh, batu tetap ada,” kata Tomy.

…dst

14 ) Menjadi Rektor, Amanah Besar Sofia Alisjahbana
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/09/417/701519/menjadi-rektor-amanah-besar-sofia-alisjahbana

Rabu, 10 Oktober 2012 08:48 wib
JAKARTA – Lahir dan besar di keluarga pendidik membuat Sofia Alisjahbana tertular menjadi pendidik juga. Dimulai dari mengajar teman-teman sekolah, Sofia kini memegang tampuk pemimpin di Universitas Bakrie. Memimpin kampus yang menyandang nama besar Bakrie memang tidak mudah. Terlebih, ketika dilantik pada 2010 lalu, Sofia juga harus mengondisikan perubahan dari status Bakrie School of Management menjadi sebuah universitas dengan variasi ilmu pengetahuan yang lebih luas. Sofia mengaku, didikan orangtua yang merupakan pendidik, pengalamannya mengajar sejak masih menjadi mahasiswa S-2 di University of Wisconsin, Amerika Serikat (AS), hingga merintis dan membesarkan program pascasarjana Teknik Sipil di Universitas Tarumanagara (Untar) ikut menjadi bekal dalam menahkodai kampus di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, tersebut. Tidak hanya itu, pengalaman Sofia bekerja paruh waktu sebagai loper koran dan cleaning service saat merantau di AS ikut membentuk karakter pantang menyerah pada dirinya. “Saya orang yang berkomitmen dan memulai pekerjaan saya dari bawah,” kata Sofia, ketika ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

…dst

15 ) Sebelum Ngajar, Sofia Jadi Loper Koran & Cleaning Service
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/09/417/701375/sebelum-ngajar-sofia-jadi-loper-koran-cleaning-service

Selasa, 09 Oktober 2012 16:04 wib
JAKARTA – Tekad kuat Sofia Alisjahbana melanjutkan studi di Amerika Serikat membuatnya mantap meninggalkan kuliah magister yang baru dijalaninya satu semester di National University of Singapore (NUS). Berbekal tunjangan dari orangtua selama satu semester, Sofia pun menginjakkan kaki di Negara Paman Sam, dan mulai merintis kariernya sebagai pengajar. Sofia lulus dari Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1986. Alumnus ITB angkatan ’81 ini menyelesaikan kuliahnya selama 4,5 tahun, masa studi yang tergolong cepat pada waktu itu. Dari sekira 150 mahasiswa seangkatannya, hanya Sofia dan tiga rekannya yang mampu lulus dalam masa kurang dari lima tahun. “Biasanya teknik itu lama, minimal enam tahun,” kata Sofia kepada Okezone, belum lama ini. Lulus dari ITB, Sofia sempat kuliah di NUS selama satu semester dengan beasiswa. Tapi cita-cita Sofia yang sebenarnya adalah melanjutkan kuliah di Amerika Serikat (AS). “Sebab, rasanya ada kebanggaan tersendiri jika bisa menempuh studi di sana, terlebih lagi zaman saya dulu,” kenang Sofia. Sofia bercerita, begitu kuatnya keinginan belajar di Negeri Paman Sam, Sofia sampai nekat “menodong” kedua orangtuanya. Waktu itu, kata Sofia, dia meminta ke orangtuanya untuk memberikan biaya hidup dan kuliah selama satu semester saja. “Kemudian, setelah satu semester, saya akan mencari biaya kuliah sendiri melalui beasiswa dan bekerja untuk mendapatkan biaya hidup,” ujarnya mantap.

…dst

16 ) Juara Science Project OSN Pertamina Regional IV
Kembangkan Nano Teknologi di Sel Surya
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/10/201617/Kembangkan-Nano-Teknologi-di-Sel-Surya

10 Oktober 2012
PENGEMBANGAN energi baru dan terbarukan memberi inspirasi bagi dua mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip untuk meneliti solar cell (sel surya). Science project karya Singgih Wibowo (22) dan Muslimin (23) itu pun ditetapkan sebagai juara I Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina Regional IV. Riset yang mereka ulas mengenai pembuatan material Cnt:N (carbon nano technology) TiO2 (titanium dioksida) dan Uji Sensitivitasnya Untuk Aplikasi Dye Sensitized Solar Cell (Dssc). Menurut keduanya, material tersebut memiliki keunggulan jauh lebih efisien. Solar sel pada umunya hanya mampu mengaktivasi sinar ultraviolet (UV). Namun pada penelitian tersebut, Cnt TiO2 ini juga mampu menangkap intensitas cahaya matahari. “Sebagai perbandingan, aktivasi UV dalam sel tenaga surya hanya mampu menyumbang kekuatan lima persen. Namun jika mampu menangkap cahaya yang tampak, bisa menyumbang kekuatan sampai 45%,” terang Singgih.

…dst

17 ) Wakil Ketua KPK Kuliahi Mahasiswa Antropologi se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/10/373/701826/wakil-ketua-kpk-kuliahi-mahasiswa-antropologi-se-indonesia

Rabu, 10 Oktober 2012 13:21 wib
BANDUNG – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjodjanto memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Jurusan Antropologi se-Indonesia di Bale Sawala, Universitas Padjajaran (Unpad), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/10/2012). Dalam kuliahnya, Bambang sempat memutar film pendek berjudul “Selamat Siang, Risa!” sebagai pembuka diskusinya. Film yang berdurasi sekira 10 menit itu beralur cerita mengenai keluarga miskin yang mencoba melawan korupsi. “Film sebagai medium alternatif nanti akan dikembangkan oleh KPK untuk sosialisasi antikorupsi,” tuturnya di sela-sela kuliah. Selain mempertontonkan film dan iklan karya KPK, Bambang juga memaparkan tiga jenis korupsi yang ada selama ini, terutama di Indonesia. Dia menjelaskan, korupsi pertama disebut corruption by need atau korupsi yang dilakukan secara terpaksa karena ingin memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari yang tidak tercukupi.

…dst

18 ) Prof Barry Marshall: Anak Muda Indonesia Brilian
http://news.detik.com/read/2012/10/09/182348/2058667/158/prof-barry-marshall-anak-muda-indonesia-brilian

Selasa, 09/10/2012 18:23 WIB
Jakarta Anak muda Indonesia sangat brilian dan suka ilmu pengetahuan. Demikian pujian yang dilontarkan peraih penghargaan nobel di bidang psikologi dan pengobatan pada tahun 2005, Profesor Barry J Marshall. Pujian itu disampaikannya dalam acara Science For Our Future Festival yang diadakan di Exhibition Hall, Universitas Bina Nusantara, Jalan Kebon Jeruk Raya No 27, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. “Murid-murid yang brilian. Jadi mereka tidak perlu takut dengan yang namanya akademis. Lakukanlah hal-hal yang kalian suka karena di situ akan timbul hal-hal baru yang akan kalian suka,” kata Marshall. Berikut ini wawancara wartawan dengan Marshall, Selasa (9/10/2012):

…dst

19 ) Hasil Penelitian Jadi Tiket Masuk PT
BOSM Bisa Biayai Penelitian
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/10/201622/Hasil-Penelitian-Jadi-Tiket-Masuk-PT

10 Oktober 2012
JAKARTA – Hasil penelitian siswa SMA dapat dijadikan sebagai tiket untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi supaya dapat dikembangkan sehingga menghasilkan produk yang berguna. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan jalan bagi siswa SMA yang memiliki potensi luar biasa di bidang penelitian sekaligus membangun budaya meneliti di lingkungan sekolah. “Hasil penelitian siswa-siswi itu kita kembangkan sehingga kita harap mereka bisa punya tiket atau kredit poin untuk masuk ke perguruan tinggi. Itu sebagai wujud penghargaan kita kepada para calon peneliti muda,” ujar Nuh di sela-sela pembukaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin. Pada Tahun Ajaran 2013/2014 Nuh mengaku akan menggelontorkan bantuan operasional sekolah menengah (BOSM) yang dapat digunakan untuk membiayai penelitian para siswa. “BOSM itu bisa dimanfaatkan untuk penelitian, tapi sangat tergantung pada sekolah masing-masing. Kita tidak akan menetapkan. Kalau ditetapkan, bagi sekolah yang belum tumbuh tradisi penelitiannya kemudian dipaksakan, bisa tidak bagus. Tapi bagi yang sudah, dana itu bisa dimanfaatkan,” ungkap mantan Rektor ITS itu. Dengan begitu, lanjut dia, semangat untuk meniliti mulai ditumbuhkan sejak SMA. “Dengan adanya hal tersebut kela siswa akan berlomba-lomba untuk membuat penelitian. Sayang kalau tidak dibangun sejak dini,” ujar Nuh. Terkait dengan besaran dana BOSM, pemerintah telah menganggarkan 4,9 triliun untuk tahun 2013. Adapun besarannya satu juta rupiah per siswa per tahun. Jumlah siswa jenjang pendidikan menengah yang akan menerima dana BOSM 11 juta anak, terdiri atas 9 juta siswa di bawah Kemdikbud dan 2 juta siswa di bawah Kementerian Agama.

…dst

20 )  Pentingnya Rekam Jejak Penyelenggaraan OPSI
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/734

10/09/2012
Jakarta — Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjaring siswa yang memiliki motivasi, kreasi, dan inovasi dalam meneliti. Tahun 2012 ini merupakan penyelenggaraan OPSI yang ke empat. Meski baru tahun ke empat, olimpiade penelitian bukanlah sesuatu yang baru di kalangan pelajar. Karena sebelum OPSI, sejak tahun 1977 perhelatan bagi siswa peneliti ini telah dilakukan dengan nama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kegiatan semacam ini harus terus dikembangkan. Untuk itu, agar penyelenggaraan OPSI dari tahun ke tahun bisa dievaluasi harus ada rekam jejaknya. Rekam jejak dimaksudkan agar ada evaluasi kualitas dari penyelenggaraan, baik kualitas penelitian maupun kualitas peserta. “Dalam inovasi itu harus ada tiga hal yang dipenuhi, yaitu kebaruan, kekhasan, dan kemanfaatan, itulah kenapa rekam jejak menjadi penting,” demikian disampaikan Mendikbud saat membuka OPSI di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Selasa (9/10).

…dst

21 ) Biaya Penelitian Diambil dari BOS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/09/18342627/Biaya.Penelitian.Diambil.dari.BOS

Selasa, 9 Oktober 2012 | 18:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekolah boleh memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pendidikan menengah universal yang akan diluncurkan tahun depan untuk menumbuhkan budaya meneliti siswa SMA. Selain untuk penelitian, dana itu juga bisa digunakan untuk kegiatan seni budaya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengemukakan hal itu seusai membuka Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2012, Selasa (9/10/2012), di Jakarta. “Ada satu item lagi yang ditambahkan di komponen BOS yang bisa dipakai untuk biaya penelitian,” ujarnya. Dana penelitian itu diharapkan akan menumbuhkan minat meneliti siswa SMA. “Untuk pendidikan menengah, tidak ada ketentuan berapa alokasinya. Bagi sekolah yang sudah punya budaya penelitian, diimbau untuk memanfaatkan,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad.

…dst

22 ) Siswa SMK Mampu Bersaing di Level Perguruan Tinggi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/533798/

Wednesday, 10 October 2012
YOGYAKARTA – Siswa SMK memiliki kelebihan kompetensi keterampilan dibandingkan rekannya di SMA. Namun,kompetensi siswa asal SMK dan SMA ini dinilai mampu bersaing saat mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Secara teoritis, siswa SMA jelas lebih unggul dari siswa SMK. Namun dengan mendapat pendidikan teori di bangku kuliah, siswa SMK bisa bersaing. Bahkan lebih unggul karena kemampuan keterampilan mereka sudah terasah sejak dini,” kata Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Wasis Wildan kemarin. Dia menambahkan, siswa SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi akan berusaha keras di tahun pertama untuk mengejar ketertinggalan teori. Ditemui pada acara Kompetisi Teknik Automotif Nasional tingkat SMK di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM,Wasis mengaku melalui kompetisi tersebut, pihaknya berharap siswa SMK mampu menambah wawasan, jaringan,dan keterampilannya untuk mewujudkan program pemerintah “SMK BISA”.
Wasis berharap melalui kemampuannya, siswa SMK bisa mampu bersaing tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga global. “Negara kita membutuhkan sekelompok ahli lulusan sarjana, ahli madya, dan juga ahli lulusan SMK.Dengan kolaborasi kompetensi kelompok ini, negara kita bisa maju pesat,” paparnya.

…dst

23 ) Banyak Sarjana Menganggur
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/533824/

Wednesday, 10 October 2012
YOGYAKARTA – Jumlah pengangguran di DIY cukup tinggi. Dinas Tenaga Kerja dan Transmitrasi DIY mencatat angka pengangguran mencapai 3,97% dari jumlah penduduk 3,45 juta jiwa. Ironisnya, banyak pengangguran ini masuk usia produktif dan sarjana. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Budi Antono mengakui jumlah pengangguran didominasi generasi muda. Pengangguran tertinggi disumbang lulusan SMK sebanyak 22.547 jiwa,SMA (19.491 jiwa), dan sarjana (11.338 jiwa). “Sebanyak 70 persen pengangguran kita berusia di bawah29tahun,” imbuh Budi dalam pembukaan job fair di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta kemarin. Menurut dia, pengangguran yang ada merupakan pengangguran terbuka produktif. Terbanyak berada di Kabupaten Sleman dengan angka 31.152 jiwa. Pameran yang dilaksanakan hingga Jumat (12/10) nanti itu diharapkan bisa menampung 10.000 calon pekerja dan diikuti 50 perusahaan.

…dst

24 ) K-pop di mata Mendikbud
http://www.antaranews.com/berita/337925/k-pop-di-mata-mendikbud

Rabu, 10 Oktober 2012 16:47 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Marak K-pop (pop Korea) di Indonesia membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh berkomentar.”Budaya K-pop, Suju (super junior), sopo Suju iki (siapa Suju ini), kok begitu kuatnya,” kata Mohammad Nuh saat memberi sambutan pada temu redaktur kebudayaan di Jakarta. Nuh mengatakan dirinya heran saat melihat “mereka mau datang ke Indonesia, di Bandara anak-anak kita bawa spanduk ‘we love Suju’, begitu tahu Suju keluar lewat pintu lain, mereka histeris menangis padahal Suju itu bukan saudara, bukan tetangga.” Mendikbud mengemukakan hal tersebut untuk menunjukkan salah satu tren peradaban yaitu peradaban yang kuat akan mengakuisisi peradaban yang lemah. Dia mengemukakan di era informasi dan teknologi, tidak terelakkan bahwa peradaban bangsa-bangsa berbaur. “Tapi kita tidak boleh mendominasi, yang lain pun tidak boleh mendominasi kita agar tidak ada benturan,” katanya. Nuh mengatakan dirinya baru saja bertemu Dubes Korea Selatan dan salah satu poin dalam pembicaraan itu adalah soal kerjasama budaya. “Karena kita tidak ingin kebudayaan kita didominasi,” katanya.

…dst

25 ) “Ada tiga skema ancam peradaban”
http://www.antaranews.com/berita/337869/ada-tiga-skema-ancam-peradaban

Rabu, 10 Oktober 2012 12:33 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan ada tiga skema yang bisa mengancam peradaban bangsa Indonesia. Ini merupakan tanda-tanda yang harus dihadapi Indonesia sebagai calon bangsa besar di dunia. “Tiga skema itu adalah dominasi peradaban besar terhadap peradaban kecil, bentrokan antarperadaban, dan kovergensi peradaban,” kata Mendikbud Mohammad Nuh, di Jakarta, Rabu. Ia mengemukakan hal itu pada pembukaan acara “Temu Redaktur Kebudayaan Se-Indonesia 2012”, yang diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jakarta. Hadir dalam pertemuan yang akan berlangsung di Jakarta hingga 11 Oktober itu adalah utusan redaktur kebudayaan dari berbagai media massa dari seluruh Indonesia, kecuali Maluku Utara. Nuh menjelaskan, skema pertama adalah dominasi peradaban besar. Pada skema ini bisa dilihat dari masuknya pengaruh budaya luar seperti musik Korea ke Indonesia.

…dst

26 ) Kemdikbud Siap Selenggarakan Gelar Budaya Nusantara 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/736

10/10/2012
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan yang bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggelar sebuah acara bertajuk “Gelar Budaya Nusantara 2012”. Dengan mengambil tema ‘Ritus Budaya Pangan Nusantara’, acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 27-29 Oktober 2012 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Gelar Budaya Nusantara adalah acara yang menampilkan kesenian dan budaya dari beberapa daerah di Indonesia. Di acara ini, kita bisa melihat keunikan dan pesona kebudayaan dari tiap daerah di Nusantara. “Kita tidak akan membiarkan seni tradisi mati ditelan zaman, melalui acara ini kita akan terus memperkuat seni tradisi di dalam negeri,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam jumpa pers Gelar Budaya Nusantara 2012 di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, TMII, Jakarta Timur, (9/10). Nantinya, Gelar Budaya Nusantara 2012 akan menampilkan upacara-upacara yang berkaitan dengan pangan dari delapan komunitas adat. Di antaranya dari Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang dari Banten, Paninjauan asal Sumatera Barat, dan Tutup Ngisor dari Jawa Tengah.

…dst

27 ) Wamendikbud: Pendidikan Harus Menyenangkan
http://www.antaranews.com/berita/337869/ada-tiga-skema-ancam-peradaban

Rabu, 10 Oktober 2012 05:45 WIB
Metrotvnews.com, Jambi: Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Kebudayaaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, pendidikan itu harus menyenangkan utamanya pendidikan sejarah dan budaya agar generasi muda tertarik untuk mendalaminya.”Pendidikan sejarah itu harus menyenangkan. Jangan sampai pendidikan sejarah hanya menghafal nama dan tahun terjadinya sejarah, hal ini jelas akan sangat membosankan,” katanya di Jambi Selasa malam. Karenanya, kata Wiendu, siswa harus diajak untuk melihat dan melawat langsung objek-objek kajian sejarah yang ada di Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) ke 10 tahun 2012 di Provinsi Jambi. Menurut Wiendu, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan revitalisasi perubahan kurikulum dengan basis karakter.

…dst

28 ) Kemenkominfo: aksi peretas belum sampai merusak jaringan
http://www.antaranews.com/berita/337965/kemenkominfo-aksi-peretas-belum-sampai-merusak-jaringan

Rabu, 10 Oktober 2012 19:50 WIB
Bandung (ANTARA News) – Aksi para peretas di dunia maya yang terus terjadi dan semakin menguat di Indonesia belum menyebabkan kerusakan pada situs atau jaringan yang diserang, kata Dirjen Aplikasi Telematika Kementerian Kominfo Ashwin Sasongko di Bandung, Rabu. “Serangan peretas di Indonesia jumlahnya cukup besar, namun sejauh ini belum baru pada tahap yang belum destruktif, belum merusak situs atau jaringan yang mengakibatkan kekacauan sistem TI di perusahaan atau instansi,” katanya pada seminar dan konferensi internasional “Kewaspadaan Terhadap Potensi Ancaman Keamanan Informasi” di Bandung, Rabu. Meski belum ada pengaruh yang signifikan, namun semua pihak harus waspada dan terus melakukan antisipasi untuk menjaga agar sampai peretas tidak sampai menimbulkan `kekacauan` bagi jaringan TI di Indonesia. Ia menyebutkan, para peretas itu tidak hanya dilakukan pemain lokal di dalam negeri yang jumlahnya cukup besar, namun juga oleh para peretas dari luar negeri.

…dst

29 ) Babak Pertama Pengembangan Komputer Kuantum
http://sains.kompas.com/read/2012/10/10/10505389/Babak.Pertama.Pengembangan.Komputer.Kuantum

Rabu, 10 Oktober 2012 | 10:50 WIB
KOMPAS.com – Serge Haroche dari Perancis dan David Wineland dari Amerika Serikat diumumkan sebagai pemenang Nobel Fisika 2012 pada Selasa (9/10/2012). Keduanya dianggap berjasa dalam menguak misteri dunia fisika kuantum. Kemenangan keduanya memberi jawaban pada prediksi peraih Nobel Fisika tahun ini. Sebelumnya, nobel itu diperkirakan akan diraih oleh peneliti partikel Higgs. Namun, hasil riset partikel Higgs yang diumumkan 4 Juli 2012 lalu mungkin terlalu dini untuk mendapatkan nobel. Panitia nobel menyatakan bahwa riset Haroche dan Wineland dipilih karena memberi sumbangan besar. “Metode mendasar mereka memungkinkan penelitian ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan komputer super cepat tipe terbaru berdasarkan fisika kuantum.” “Penelitian ini juga menjadi permulaan untuk mengkonstruksi jam atomik yang super tepat yang bisa menjadi standar waktu di masa depan,” demikian pernyataan panitia nobel di situs webnya, Selasa kemarin.

…dst

30 ) Laba-laba 100 juta tahun terperangkap di batu amber
http://www.antaranews.com/berita/337656/laba-laba-100-juta-tahun-terperangkap-di-batu-amber

Selasa, 9 Oktober 2012 10:54 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Beberapa peneliti menemukan fosil laba-laba langka dari zaman purba yang terperangkap di batu amber. Laba-laba itu sedang menangkap seekor lebah yang tersangkut di jaringnya. Batu amber itu ditemukan di sebuah pertambangan di Myanmar. Dalam batu itu, terdapat 15 helai jaring laba-laba. Peneliti memperkirakan fosil itu berasal dari zaman Kretaseus Awal, sekitar 97-110 juta tahun yang lalu. “Laba-laba muda itu bermaksud memakan lebah parasit kecil itu, tapi tidak berhasil,” kata profesor zoologi dari Oregon State University George Poinar Jr. dalam pernyataan. “Lebah jantan itu terperangkap di jaring laba-laba. Itu menjadi mimpi terburuk di lebah, dan tidak pernah berakhir. Si lebah sedang melihat laba-laba, seperti akan diserang ketika getah dari pohon mengalir dan menangkap mereka,” jelasnya. Poinar dan Ron Buckley, kolektor batu amber dari Kentucky, menjelaskan meski sudah ada beberapa temuan serangga yang terperangkap di jaring, “belum ada temuan fosil laba-laba yang menyerang mangsanya yang terjerat.”

…dst