1 ) Tawuran Mahasiswa, Kemendikbud Minta Maaf
http://www.kopertis12.or.id/2012/10/11/mendikbud-terbang-ke-makassar-beri-sanksi-pelaku-tawuran.html

***

2 ) Untan Tuan Rumah PEPKI VI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/12/09263949/Untan.Tuan.Rumah.PEPKI.VI

Jumat, 12 Oktober 2012 | 09:26 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com- Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan dan Ekspo Pendidikan Kedokteran ke-6 pada November mendatang. Salah satu isu penting yang akan dibahas adalah mengenai akuntabilitas sosial pendidikan kedokteran. Ketua Panitia PEPKI ke-6, Rini Andriani, Jumat (12/10/2012), mengatakan, akuntabilitas sosial menjadi pembahasan penting mengingat jumlah institusi pendidikan kedokteran makin banyak. Selain itu, masih ada kesenjangan yang cukup jauh antara lulusan institusi pendidikan kedokteran yang satu dengan lainnya di Indonesia. “Kesenjangan itu terlihat dari hasil ujian kompetensi dokter Indonesia. Supaya masyarakat pengguna jasa dokter tidak dirugikan, peningkatan kualitas lulusan dari institusi pendidikan kedokteran harus dilakukan dan itu akan menjadi pembahasan dalam pertemuan nanti,” kata Rini.

…dst

3 ) 3.500 Beasiswa Spesialis Mata dari Kemenkes
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/12/368/703007/3-500-beasiswa-spesialis-mata-dari-kemenkes

Jum’at, 12 Oktober 2012 14:10 wib
BANDUNG-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan beasiswa bagi 3.500 mahasiswa kedokteran yang ingin mendalami ilmu spesialis mata.
“Kami berkomitmen bagi masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan penglihatan. Salah satunya lewat bantuan beasiswa menjadi dokter spesialis mata,” kata Wakil Menteri Kesehatan RI Ali Ghufron Mukti, usai Pencanangan Pemberantasan Kebutaan di Indonesia Dalam Rangka World Sight Day 2012, di RSM Cicendo, Bandung, Jumat (12/10/2012).
Menurut Ali, pihaknya menyediakan beasiswa untuk 3.500 mahasiswa yang ada di berbagai tempat di Indonesia. Ali mengklaim, program beasiswa ini sudah berjalan cukup bagus. “Meski belum semuanya dipakai, baru 1.500,” sebutnya. Meski disediakan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia, program ini diprioritaskan pada daerah-daerah yang membutuhkan dokter mata. “Sebarannya se-Indonesia, terutama daerah perbatasan, kepulauan dan tertinggal,” ujarnya.

…dst

4 ) 3.500 Dokter Spesialis Ditempatkan di Daerah Terpencil
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/11/355058/293/14/3.500-Dokter-Spesialis-Ditempatkan-di-Daerah-Terpencil

Kamis, 11 Oktober 2012 21:50 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Daerah-daerah terpencil, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih kekurangan banyak tenaga kesehatan, termasuk dokter spesialis. Untuk itu, sekitar 3.500 dokter spesialis akan ditempatkan di daerah terpencil oleh Kementerian Kesehatan hingga 2014. “Dokter spesialis yang akan ditempatkan sampai ke daerah terpencil perbatasan dan kepulauan sampai 2014 sekitar 3.500 dokter,” ungkap Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti di Yogyakarta, Kamis (11/10). Tahun ini, terangnya, Kementerian Kesehatan menerima tenaga kesehatan sebanyak 1.614 orang yang akan ditempatkan di daerah terpencil. Mereka antara lain akan ditempatkan di Maluku Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur. Ia menyebut, usulan daerah atas tenaga kesehatan ada sekitar 1.000 tenaga kesehatan. Namun, yang melamar ada mencapai 54 ribu orang. Program tersebut juga menyediakan beasiswa bagi tenaga kesehatan. (AT/OL-04)

***

5 ) AMIKOM-Unitar Malaysia Jalin Kerja Sama
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/534471/

Friday, 12 October 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Universitas Tun Abdul Razaq (Unitar) Malaysia kemarin. Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyanto dan Manager Director Unitar Malaysia Mohd Hasnul Ismar Mohd Ismail secara resmi menandatangani MoU bidang pendidikan di kampus AMIKOM,kemarin. Suyanto mengatakan kerja samadenganperguruantinggidi luar negeri ini bukan yang pertama kali dilakukan AMIKOM. Sebelumnya juga sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Taiwan, yaitu Asia University dan Lunghua University of Sains Teknology. “Kerja sama dengan perguruan tinggi mancanegara guna mendukung misi AMIKOM sebagai perguruan tinggi yang unggul di dunia, khususnya di bidang teknologi informasi,” kata Suyanto seusai penandatanganan MoU dengan Unitar Malaysia kemarin. Ada empat poin penting dalam MoU, yaitu kerja sama dalam bidang penelitian,pertukaran mahasiswa, publikasi dan informasi akademi, pengembangan staf, dan internasional program. Kerja sama itu semakin mengukuhkan eksistensi AMIKOM dalam bidang TI. Manager Director Unitar Malaysia Mohd Hasnul Ismar Mohd Ismail senang dapat menjalin kerja sama dengan STMIK AMIKOM.Apalagi ini merupakan kerja sama pertama dengan perguruan tinggi di Indonesia. priyo setyawan

***

6 ) Pengenalan Kampus-Unnes Fair Pamer 54 UKM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/534472/

Friday, 12 October 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) memamerkan 54 unit kegiatan mahasiswa (UKM) kepada mahasiswa barunya.Kegiatan bertajuk Unnes Fair itu digelar di sepanjang ruas jalan dalam kompleks Hutan Konservasi Unnes dari 11–12 Oktober. “Kami mengenalkan unitunit kegiatan mahasiswa kepada mahasiswa baru agar mereka ikut kegiatan sesuai bakat atau kesenangannya,” kata Pembantu Rektor III Unnes Masrukhi di sela-sela pembukaan Unnes Fair 2012 kemarin. Dari sekian banyak UKM yang ditampilkan, kegiatan olahraga paling mendominasi. Jumlahnya mencapai 23 UKM. Sisanya adalah UKM bidang teknologi, seni dan budaya, agama,serta UKM kegemaran. “Banyak kegiatan mahasiswa yang meraih prestasi baik tingkat lokal maupun nasional, seperti olahraga bola voli, sepak takraw,bola basket,dan karate. Banyak atlet kami yang sudah berprestasi, “paparnya. Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Unnes Anwar Haryono mengutarakan, selama pelaksanaan Unnes Fair tiga ruas jalan, di antara FMIPA dan FBS kampus Sekaran ditutup.

…dst

7 ) Sosiolog: sistem pendidikan pasar munculkan habitus baru
http://www.antaranews.com/berita/338230/sosiolog-sistem-pendidikan-pasar-munculkan-habitus-baru

Jumat, 12 Oktober 2012 05:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Nia Elvina, MS.i menilai bahwa dunia pendidikan di Indonesia yang terang-terangan menerapkan sistem pasar menimbulkan perubahan yang sangat signifikan, yakni berkembangnya suatu habitus yang baru di kalangan mahasiswa. “Kalau meminjam istilah Jawa, yakni sistem `kulakan` (jualan). Realitas di tingkat mikronya kita bisa melihat berkembangnya suatu habitus yang baru di kalangan mahasiswa, yakni jualan untuk mendanai unit kegiatan mahasiswa (UKM),” katanya di Jakarta, Jumat. Ia mengatakan, jualan untuk mendanai UKM itu, mulai dari badan eksekutif mahasiswa (BEM) sampai ke UKM-UKM lainnya. Menurut dia, tidak bisa ditampik ketika ke kampus, misalnya ke Universitas Indonesia (UI), banyak berjumpa dengan mahasiswa yang menjajakan makanan-makanan kudapan. Kondisi tersebut, kata Sekretaris Program Sosiologi Unas itu, juga berlaku di beberapa universitas lain.

…dst

8 ) Cari Inspirasi Desain di Fresh n’ Brite Binus University
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/12/373/702955/cari-inspirasi-desain-di-fresh-n-brite-binus-university

Jum’at, 12 Oktober 2012 12:57 wib
JAKARTA – Pameran hasil karya tugas akhir mahasiswa School of Design Universitas Bina Nusantara (Binus) mampu menarik perhatian para pengunjung. Berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, sekira 100 karya mahasiswa tersebut ramai dikunjungi para Binusian serta masyarakat umum. Karya-karya tersebut merupakan hasil kreasi mahasiswa tiga jurusan yang ada pada School of Design Binus, yakni Desain Komunikasi Visual (DKV) New Media, Animasi, dan Desain Interior. Ragam karya menarik dan inovatif itu ternyata merupakan tugas akhir mahasiswa di tiga jurusan yang berhasil meraih nilai A dan A+ ketika sidang. Ketua Panitia Penyelenggara Kadek Satria mengungkap, Fresh n’ Brite merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan memamerkan karya-karya lulusan terbaik School of Design. “Kami sengaja memilih mal agar karya-karya mahasiswa ini bisa diketahui oleh masyarakat luas mengingat jurusan desain di Indonesia masih terbilang baru,” ujar Kadek kepada Okezone di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2012).

…dst

9 ) Belanda Beri Beasiswa Pelatihan Online Database
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/12/201924/Belanda-Beri-Beasiswa-Pelatihan-Online-Database-

12 Oktober 2012
JAKARTA – Pemerintah Belanda memberikan 16 beasiswa StuNed (Studeren in Nederland – Studi di Belanda) untuk pelatihan Online Database Management Training for Public Information, dalam bentuk kelompok atau tailor-made training kepada Kementerian Perdagangan Indonesia. Beasiswa yang diberikan melalui lembaga Nuffic Neso Indonesia ini, merupakan beasiswa penuh meliputi biaya pendidikan, perjalanan internasional, serta biaya hidup, dan asuransi selama menempuh pendidikan di Belanda. Para penerima beasiswa semuanya merupakan anggota Tim Jejaring Kehumasan dan Informasi Publik. Management and Development Foundation (MDF) selaku penyelenggara training akan memberikan pelatihan intensif yang mencakup teori dan praktik. Training diberikan pada 14 Oktober – 2 November di Ede, Belanda. Para penerima beasiswa juga akan melakukan benchmarking pelayanan informasi ke berbagai institusi Belanda yang dianggap memiliki sistem database online yang baik, terutama untuk pengadaaan informasi publik.

…dst

10 ) Foto Launching Kelas Bahasa Indonesia di Kampus Maroko
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/11/373/702655/foto-launching-kelas-bahasa-indonesia-di-kampus-maroko

Kamis, 11 Oktober 2012 17:56 wib
JAKARTA – Bahasa Indonesia makin dilirik sebagai bahasa pengantar hubungan bilateral antara dua negara. Salah satunya dibuktikan oleh pemerintah Maroko. Untuk mempererat hubungan antara kedua negara, sebuah perguruan tinggi prestisius di Maroko membuka kelas bahasa Indonesia bagi para mahasiswanya. Mulai Oktober ini, Universitas Mohamed V memasukkan mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan dengan beban empat SKS. Selain bahasa Indonesia, mata kuliah bahasa pilihan lainnya di antara China, Urdu, dan Turki. Pembukaan pengajaran bahasa Indonesia di kampus yang juga dikenal sebagai King University ini dilakukan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Maroko Tohari Widjaja. Dalam acara tersebut juga ditampilkan berbagai kesenian adat Indonesia. Foto-foto acara pembukaan pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V, Maroko, dapat dilihat di laman ini. (rfa)

***

11 ) 3 Bahasa Terpopuler di Indonesia
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/12/079435218/3-Bahasa-Terpopuler-di-Indonesia

Jum”at, 12 Oktober 2012 | 05:07 WIB
TEMPO.CO , Surakarta – Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sugiyono mengatakan di Indonesia terdapat 726 bahasa daerah. Dari jumlah itu, ada 3 bahasa yang paling banyak digunakan orang untuk bertutur sapa. Tiga bahasa itu adalah bahasa Jawa, Sunda, dan Madura. “Bahasa Jawa dituturkan oleh 84,3 juta orang,” kata Sugiyono saat menghadiri seminar internasional ”Strategi Pelestarian dan Pengembangan Budaya Lokal dalam Bingkai Global” di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Kamis 11 Oktober 2012. Penutur bahasa Sunda, kata dia, tercatat sebanyak 34 juta jiwa penutur dan bahasa Madura dengan 13,6 juta jiwa penutur. Sugiyono mencatat sebanyak 139 bahasa terancam punah. Bahasa yang hampir punah tersebut tersebar di Kalimantan (1 bahasa), Maluku (22 bahasa), Papua Barat dan Kepulauan Halmahera (67 bahasa), Sulawesi (36 bahasa), Sumatera (2 bahasa), dan Timor-Flores dan Bima-Sumbawa (11 bahasa).

…dst

12 ) Kemendikbud Didesak Bentuk Badan Perfilman Indonesia
http://www.jpnn.com/read/2012/10/12/143010/Kemendikbud-Didesak-Bentuk-Badan-Perfilman-Indonesia-

Jum’at, 12 Oktober 2012 , 07:20:00
JAKARTA – Tokoh perfilman Indonesia, Deddy Mizwar mendorong Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk bisa melahirkan sebuah badan perfilman Indonesia sebagai lembaga untuk menghadang masuknya arus film luar yang kebanyakan memiliki konten tidak mendidik. “Saya berharap di awal tahun (2013) ada badan perfilman indonesia yang diamanatkan Undang-undang untuk menghadang film-film luar. Kemendikbud sudah pada tempatnya untuk melihat konten isi dan visi film,” kata Deddy Mizwar saat menghadiri diskusi media mengenai Jambore Film Pendek dan fasilitasi produksi film Pendek dan dokumenter di Kemendikbud, Kamis (11/10). Menurut Deddy, bicara masalah dunia perfilman nasional terutama film pendek atau indie yang menggarap konten budaya dan pendidikan karakter tidak sepenuhnya diserahkan ke pihak swasta. Harus ada peran pemerintah, karena pada budaya itu ada jati diri bangsa. Makanya diperlukan peran pemerintah untuk membina sineas-sineas muda sampai bisa mandiri. “Di dunia pendidikan, film bisa dimasukkan dalam workshop dan ekskul. Sehingga bisa menyentuh hingga ke pelosok daerah,” tambahnya. (fat/jpnn)

***

13 ) Mendikbud: UN Tak Bertentangan dengan UU
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/12/07021670/Mendikbud.UN.Tak.Bertentangan.dengan.UU

Jumat, 12 Oktober 2012 | 07:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kontroversi penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) sebagai penentu kelulusan terus berlanjut. Kali ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhadapan dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang menilai bahwa UN bertentangan dengan undang-undang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membenarkan adanya kontroversi terkait penyelenggaraan UN pada 2013 mendatang. Menurut DPD, UN dianggap bertentangan dengan undang-undang secara legal yuridis. “Tapi, menurut Kemendikbud, UN ini tidak bertentangan dengan undang-undang. Landasan legalitasnya jelas pada UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas,” kata Nuh, saat jumpa pers mengenai Penyelenggaraan UN 2013 di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

…dst

14 ) “Penyakit” UKG yang Berulang di Gelombang Kedua
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/12/06274259/.Penyakit.UKG.yang.Berulang.di.Gelombang.Kedua

Jumat, 12 Oktober 2012 | 06:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Laporan yang dihimpun Forum Komunikasi Guru Indonesia (FSGI) dari daerah menunjukkan masih banyaknya masalah dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang kedua yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 2 Oktober lalu. Sekjen FSGI, Retno Listyarti, menyebutkan laporan dari 14 daerah menunjukkan kesalahan yang pernah terjadi pada UKG gelombang satu kembali terulang pada UKG gelombang kedua.”Persoalan substansi yang terjadi kembali yaitu persoalan salah ketik soal, tidak adanya jawaban, kemudian soal yang merujuk gambar, tabel, atau bagan gambar tidak muncul pada layar, sehingga peserta pun bingung menjawab, dan yang terakhir, persoalan teknis berupa minimnya sosialisasi dan tidak terkoneksi dengan server pusat juga masih terjadi,” ungkap Retno kepada Kompas.com, Kamis (11/10/2012) sore.

…dst

15 ) Gedung Baru KPK
Anggaran Gedung Baru KPK Rp 61 Miliar
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/12/13540363/Anggaran.Gedung.Baru.KPK.Rp.61.Miliar

Jumat, 12 Oktober 2012 | 13:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akhirnya sepakat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komisi bidang hukum ini menyepakati membuka blokir atas pos anggaran yang dikeluarkan Kementerian Keuangan RI untuk gedung KPK sebesar Rp 61.099.880.000 untuk tahap pertama. Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika, Jumat (12/10/2012), di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. “Hasil rapat tadi malam memutuskan pembukaan blokir, pencabutan tanda bintang terkait pemblokiran alokasi anggaran tahun 2012 sebesar Rp 61.092.880.000 untuk kegiatan penyelenggaraan operasional KPK,” ujar Pasek. Dia menjelaskan, pembangunan gedung baru KPK itu akan dilakukan secara multi years mulai tahun 2013 dengan total biaya yang diperlukan mencapai Rp 168 miliar. Pasek menilai, disepakatinya alokasi anggaran untuk gedung baru KPK diharapkan bisa meningkatkan kinerja KPK dalam memberantas korupsi.

…dst

16 ) Pelatihan ESQ untuk sekolah terlibat tawuran
http://www.antaranews.com/berita/338211/pelatihan-esq-untuk-sekolah-terlibat-tawuran

Kamis, 11 Oktober 2012 23:40 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Presiden Direktur ESQ Leadership Centre Ary Ginanjar Agustian akan menawarkan pelatihan ESQ kepada sekolah yang masih terlibat tawuran, seperti SMK Yake dan SMK Karya Zeni. “Tahap pertama, setelah pelatihan ESQ kepada siswa kelas 1 SMAN 6 dan SMAN 70, kami akan menawarkan pelatihan serupa kepada SMK Yake dan SMK Karya Zeni,” kata Ary Ginanjar di sela-sela acara pelatihan di Jakarta, Kamis. Ia mengatakan program pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi dan mencegah tawuran di antara siswa-siswa SMA di DKI Jakarta.”Kami dari ESQ dan alumninya bisa mengadakan pelatihan secara gratis. Namun, tentu kemampuan kami terbatas. Jadi, kami mengajak pemerintah dan swasta, seperti BUMN dan lembaga-lembaga tertentu untuk ikut bekerja sama menggelar pelatihan ini untuk mengurangi tawuran yang kerap terjadi,” kata dia. Menurut dia, setelah pelatihan kelas 1 di kedua SMA 70 dan SMA 6, ESQ Leadership Centre juga akan menggelar pelatihan yang sama untuk kelas 2 dan 3.

…dst