Kemdikbud Siapkan Afirmasi untuk Aceh, Malut dan NTT

Peserta Afirmasi Papua

Oleh Dinna Handini – 24 October 2012

Jakarta, 23 Oktober 2012-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti, Kemendikbud) akan memperluas jangkauan program afirmasi pendidikan tinggi.

Nantinya program ini tidak hanya diperuntukkan bagi putra asal Papua saja, tetapi juga untuk daerah lain. “Afirmasi juga akan dibuka untuk Aceh, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur,” ujar Menteri pendidikan dan kebudayaan M Nuh. Nuh berharap kaum muda di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) lain juga mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan tinggi.

Nuh mengungkapkan tiga hal penting yang menjadi perhatian program afirmasi. Pertama, sistem rekrutmen diserahkan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kedua, terkait pendanaan. “Jangan sampai ketika sampai ke tempat tujuan, mereka tidak mendapat uang saku,” ucap Nuh. Terakhir adalah pembinaan dan pendampingan dari PTN agar para peserta mampu beradaptasi dengan kultur budaya di daerah tujuan.

Program afirmasi merupakan kerja sama antara Ditjen Dikti, Kemdikbud dan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B). Setidaknya ada 770 putra-putri asli Papua dan Papua Barat yang telah lolos seleksi yang telah kuliah di 40 program studi yang mereka pilih sendiri, diantaranya Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Teknik Informatika dan Pertanian.

Berita terkait  Program Affirmasi untuk Putra/Putri asal Papua:

UP4B Berhasil Menjaring 747 Calon Mahasiswa Asli Papua Untuk Kuliah

Surat UP4B Tentang Program Affirmasi OAP di PTN Tahap I

Daftar Calon Mahasiswa OAP Lolos Seleks Tahap I Program Affirmasi Dikti 2012