1 ) Kontes Nasional Pesawat Tanpa Awak Digelar
http://cetak.kompas.com/read/2012/11/03/04071427/kontes.nasional.pesawat.tanpa.awak.digelar

Sabtu, 03 November 2012
BANDUNG, KOMPAS – Kontes pesawat tanpa awak tingkat nasional digelar kelima kalinya di Bandung, diikuti 26 tim dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat. “Penyelenggaraan ini diharapkan mampu menumbuhkan minat untuk belajar teknologi,” kata Kepala Program Studi Aeronautika dan Astronautika Institut Teknologi Bandung Taufiq Mulyanto, Jumat (2/11). Kontes pesawat tanpa awak mempertandingkan kategori menjatuhkan beban dari ketinggian serta kategori foto udara. Pesawat tanpa awak terdiri dari beberapa komponen, seperti radio untuk pengendali jarak jauh, servo untuk menggerakkan bagian sayap, motor untuk menggerakkan baling-baling, dan baterai sebagai sumber tenaga. Untuk kategori foto udara, pesawat juga dilengkapi kamera hingga perangkat global positioning system (GPS) untuk memastikan lokasi dengan koordinat. Teknologi pesawat tanpa awak dengan dua kategori yang dilombakan sebetulnya bisa diaplikasikan dalam kondisi bencana, yakni menjatuhkan bantuan logistik atau memetakan daerah bencana. Namun, ujar Taufiq, yang sekarang dilakukan masih terlalu jauh dari target itu karena risetnya masih tahap awal dan belum sampai tahap bisa diandalkan. Salah satu peserta dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengikutsertakan pesawat berbahan dasar gabus. Salah satu anggota tim, Rizki Indra Pratama, mengatakan, partisipasi mereka semata-mata didorong oleh ketertarikan di bidang robotika. Pesawat yang menggunakan enam servo ini dirakit dengan biaya Rp 1,5 juta, belum termasuk pengendali jarak jauh.

…dst

2 ) Pesawat tanpa awak
Indonesia lebih unggul dari Malaysia & Singapura
http://daerah.sindonews.com/read/2012/11/03/21/685156/indonesia-lebih-unggul-dari-malaysia-singapura

Sabtu, 3 November 2012 − 13:18 WIB
Sindonews.com – Teknologi pesawat tanpa awak di Indonesia diklaim paling maju di kawasan Asia Tenggara. Misalnya dibandingkan dengan negara Malaysia dan Singapura. “Malaysia masih di bawah kita. Bahkan dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya seperti, Singapura, kita masih lebih bagus,” ungkap Ketua Jurusan Aeronautika dan Astronautika Fakultas Teknik Mesin Penerbangan (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Taufiq Mulyanto, kepada wartawan di Bandung, Sabtu (3/11/2012). Sejak Jumat 2 November hingga Minggu 4 November 2012 mendatang, FTMD ITB menggelar kontes pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) lewat Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) 2012 di Lanud Sulaeman, Soreang, Kabupaten Bandung. Lanjut Taufiq, memang Singapura memiliki resource yang bagus. Namun jika ditelusuri, SDM-nya justru dari Indonesia, misalnya dari ITB. “Malaysia juga belum (UAV-nya belum maju), dapurnya di kita,” tambahnya. Makanya dengan dihelatnya IARC 2012, semangat untuk mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak di Indonesia makin meningkat. “Lewat event ini, bendera kita harus terus berkibar,” terangnya. IARC 2012 merupakan event tahunan FTMD ITB yang sudah digelar sejak 2008.

…dst

3 ) Universitas Brawijaya Gandeng Google Kembangkan ICT
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/03/360248/293/14/Universitas-Brawijaya-Gandeng-Google-Kembangkan-ICT

Sabtu, 03 November 2012 14:24 WIB
MALANG–MICOM: Universitas Brawijaya Malang menggandeng Google untuk mengembangkan program information and communication technology (ICT). Kepala Program pengembangan Teknologi Informasi (PPTI) Universitas Brawijaya R Arief Setyawan, Sabtu (3/10), mengatakan pihaknya memilih Google Apps for Education karena sistemnya yang terbuka, mudah diakses dan bisa dihubungkan ke sistem yang ada tanpa harus membeli lisensi baru. “Solusi ini saya rasa memiliki sisi positif, bahkan terdepan, aman dan bisa dipercaya. Dan bagi kampus, Google Apps juga membantu menurunkan biaya teknologi informasi karena menggunakan komputasi awan,” katanya di sela-sela peluncuran Google Apps di kampus setempat. Sementara Indonesia Education Lead Google Asia Pasifik Pepita Gunawan menambahkan pendidikan merupakan inti dari misi Google untuk mendaur informasi dunia agar bisa diakses secara universal dan berguna. Google yang bermitra dengan sekolah dan universitas di 146 negara itu juga berupaya maksimal untuk memberikan pengalaman belajar yang istimewa bagi para siswa, memberdayakan komunitas yang inovatif serta membangun pondasi teknologi dan aksesnya. Menurut dia, pada 2011, sebanyak 16 juta siswa menggunakan Google Apps untuk menunjang pendidikannya. Google Apps untuk pendidikan juga bisa mendorong siswa dan guru mendapatkan keuntungan penuh dari berkolaborasi dalam lingkungan belajar secara interaktif.

…dst

4 ) Wamendag Siap Mundur Jika Terpilih Jadi Rektor IPB
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712888/wamendag-siap-mundur-jika-terpilih-jadi-rektor-ipb

Jum’at, 02 November 2012 16:52 wib
JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mencalonkan diri sebagai Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB). Jika terpilih, Bayu menyatakan siap meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Menteri Perdagangan. “Saya tidak jadi Wamen Perdagangan kalau terpilih,” tegas mantan Wakil Menteri Pertanian ini, kala ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat(2/11/2012). Bayu mengklaim dia telah mendapatkan dukungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. “Pada akhirnya yang memutuskan adalah Mendikbud. Saya kira Pak Mohammad Nuh akan mempertimbangkan,” katanya. Pencalonan dirinya sebagai rektor, menurut Bayu, bukan merupakan inisiatif dirinya melainkan berkat adanya dukungan dari kawan-kawan terdekatnya. Di samping itu, Bayu merasa memiliki tanggung jawab terhadap IPB karena rekam jejaknya sebagai “produk asli IPB”.”Saya dicalonkan oleh teman-teman dosen IPB, S-1 sampai S-3 di IPB. Saya dosen IPB juga. Kalau teman-teman mengusulkan itu, saya ikuti,” tutur Bayu.

…dst

5 ) Kaidah Bahasa Ditinggalkan, Muncullah Bahasa Gaul
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/12/11/02/mcsv9f-kaidah-bahasa-ditinggalkan-muncullah-bahasa-gaul

Kamis, 01 November 2012, 15:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pakar Sosiolinguistik, Prof Fathur Rokhman, mengatakan bahasa Indonesia saat ini hampir tidak menjadi tuan di rumah sendiri. Karena, Bahasa Indonesia sudah mengalami pengurangan fungsi dalam ranah publik. “Sering ditinggalkannya penggunaan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka muncullah bahasa gaul di generasi muda,” katanya. ”Itu sudah masuk ke dalam ranah sekolah dan pendidikan sehingga kondisi Bahasa Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan.” Fathur mengatakan media yang menjadi suatu model bagi perilaku masyarakat ikut memberikan pengaruh besar terhadap pergeseran Bahasa Indonesia. Situasi kebahasaan di Indonesia dengan adanya kontak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta terpaan media dengan berbagai variasi kulturnya telah menyebabkan pergeseran Bahasa Indonesia. Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut mengatakan terjadi sikap berbahasa yang kurang loyal dan positif terhadap Bahasa Indonesia. Masyarakat lebih mengutamakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris.

…dst

6 ) FTI UII Yogyakarta Miliki Cyber Guard
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/03/360159/293/14/-FTI-UII-Yogyakarta-Miliki-Cyber-Guard

Sabtu, 03 November 2012 05:09 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Laboratorium Forensika Digital Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta membentuk unit “UII Cyber Guard” sebagai salah satu kontribusi dalam memberikan solusi bagi ketersediaan tenaga “cyberarmy” di Indonesia. “Melalui unit itu kami akan melakukan pembinaan berkelanjutan kepada kelompok mahasiswa yang memiliki minat dan keterampilan pada bidang keamanan sistem dan jaringan komputer,” kata peneliti pada Laboratorium Forensika Digital Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yudi Prayudi di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, keberadaan unit “UII Cyber Guard” juga diharapkan sebagai sebuah bentuk lain penanaman komitmen bela negara bagi generasi muda melalui pembinaan yang terarah agar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki tidak disalahgunakan untuk hal yang sifatnya negatif, tetapi dapat diarahkan untuk kepentingan yang luas bagi bangsa dan negara Indonesia. “Hal itu penting karena saat ini sejumlah negara sedang berusaha untuk memperbaiki konsep pertahanan dan ketahanan mereka agar sesuai dengan kebutuhan di era komputer. Salah satunya adalah terkait dengan isu pembentukan ‘cyberarmy’,” katanya.

…dst

7 ) Universitas Syiah Kuala kukuhkan dua guru besar
http://www.antaranews.com/berita/341859/universitas-syiah-kuala-kukuhkan-dua-guru-besar

Sabtu, 3 November 2012 15:18 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengukuhkan dua guru besar bergelar profesor di bidang pendidikan dan ekonomi. Pengukuhan tersebut berlangsung dalam rapat senat terbuka yang dipimpin Ketua Senat Unsyiah Prof Samsul Rizal di di Gedung AAC Dayan Dawood, kampus Darussalam, Banda Aceh, Sabtu. Dua guru besar tersebut yakni, Prof DR Mohd Nur Syechhalad MS, dosen Fakultas Ekonomi Unsyiah dan Prof DR Yusrizal MPd, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. Ketua Senat Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan, pengukuhan jabatan dua guru besar tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan pada 2012. “Sejalan dengan bertambahnya usia Unsyiah, jumlah guru besar juga meningkat,” ungkap Prof Samsul Rizal, yang juga Penjabat Rektor Unsyiah. Menurut dia, secara komparatif peningkatan jumlah guru besar di Unsyiah tidak begitu signifikasi karena sebagian dari mereka sudah dan akan memasuki masa pensiun. “Kini, jumlah guru besar yang aktif hanya 38 orang. Namun, secara statistik, jumlah tenaga pengajar Unsyiah yang telah berhasil menduduki jabatan guru besar cukup berarti. Kita harapkan ke depan, jumlah guru besar di Unsyiah terus bertambah,” katanya.

…dst

8 ) Habibie: PNT-PBT dapat tingkatkan nilai produk
http://www.antaranews.com/berita/341623/habibie-pnt-pbt-dapat-tingkatkan-nilai-produk

Kamis, 1 November 2012 20:38 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mantan Presiden BJ Habibie mengatakan untuk meningkatkan nilai suatu produk dapat dilakukan melalui proses nilai tambah yang dilanjutkan proses biaya tambah. “Dengan proses nilai tambah (PNT) maksimal dan proses biaya tambah (PBT) minimal, produk yang ditawarkan akan dapat diterima pasar baik lokal, nasional, regional maupun global,” katanya di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia, pada Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII/2012, untuk dapat memperoleh PNT maupun PBT dibutuhkan teknologi tepat guna, prasarana, sarana, dan sumber daya manusia yang terampil, berdisiplin, dan produktif. “Upaya untuk meningkatkan nilai suatu produk ditentukan oleh hasil pemikiran dan pelaksanaan kualitas secara rinci baik untuk perangkat keras, perangkat lunak maupun perangkat otak,” katanya. Ketiga hal itu, kata dia, ditentukan oleh kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia yang bersangkutan. “Produktivitas dan efisiensi sumber daya manusia itu dalam bekerja dan berkarya ditentukan oleh proses pembudayaan, proses pendidikan, dan wahana jam kerja,” kata Habibie.

…dst

9 ) Terduga Teroris Hasmi Pernah Aktif di HMI
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/29/063438300/Terduga-Teroris-Hasmi-Pernah-Aktif-di-HMI

Senin, 29 Oktober 2012 | 11:20 WIB
TEMPO.CO, Jember – Agus Anton Fiqian, sarjana lulusan Universitas Jember yang ditangkap terkait kelompok Harakah Sunni untuk Masyarakat Indonesia (Hasmi) pada akhir pekan lalu, ternyata pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ketua HMI Jember Jamal Bakhtier mengungkap hal itu, Ahad, 28 Oktober 2012. Menurut Jamal, Agus terlibat di HMI Komisariat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember. “Tapi dia kemudian tidak aktif lagi di HMI karena ikut komunitas radikal bernama Negara Karunia Allah alias NKA,” kata Jamal. Dihubungi terpisah, Rektor Universitas Jember Mohammad Hassan mengatakan sudah meminta jajarannya memeriksa latar belakang Agus semasa berkuliah di Jember. Hassan menilai penting untuk tahu apakah Agus terpengaruh ideologi radikal semasa berkuliah atau setelahnya. Selain itu, kata Hassan, dia juga ingin mengetahui apakah Agus punya jejaring mahasiswa lain yang terpengaruh oleh ideologinya. “Kami tak ingin mahasiswa kami ikut kelompok radikal,” kata Hassan.

…dst

10 ) Wisata Kesehatan
Indonesia Kembangan Layanan Pengobatan Tradisional
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1922795/indonesia-kembangan-layanan-pengobatan-tradisional

Sabtu, 3 November 2012 | 10:15 WIB
Kini Indonesia tengah mengupayakan peningkatan kualitas layanan kesehatan baik dari segi teknologi medis hingga pengobatan tradisional untuk menarik para wisatawan singgah ke Indonesia tak hanya sekadar berlibur, namun juga belanja ‘kesehatan’ “Pengembangan ke arah health tourism cukup memungkinkan bagi Indonesia, yang memiliki banyak setra wisata, infrastruktur perhotelan yang tersebar, sentra pengobatan tradisional, dan rumah sakit,” kata Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Untung Suseno, dalam acara temu media heatlh Tourism Indonesia, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jumat (2/11). Untung menjelaskan konsep health tourism diarahkan menjadi satu core pemerintah dalam mempromosikan Indonesia. Dengan health tourism, wisatawan bisa berobat, merawat kesehatan, sekaligus mendapatkan relaksasi perjalanan wisata sebagai pendukung kesembuhan. Pelayanan kesehatan tradisional berpotensi menjadi daya tarik untuk mengundang wisatawan asing untuk melakukan wisata kesehatan di Indonesia. Spa asal Indonesia, lanjutnya dianggap sebagai jasa pelayanan spa terbaik di dunia. Indonesia juga sudah dinobatkan sebagai pusat spa dunia sejak dua tahun lalu.

…dst

11 ) Ada Oknum yang Mengubah Draft Proyek Hambalang
http://news.liputan6.com/read/449666/ada-oknum-yang-mengubah-draft-proyek-hambalang

Posted: 03/11/2012 14:17
Liputan6.com, Jakarta: Muncul dugaan ada yang mengubah draft anggaran proyek Pusat Pelatihan Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang di Bogor, Jawa Barat. Yakni dari yang sebelumnya merupakan proyek single years menjadi proyek multiyears sebelum ditandatangani menteri keuangan. “Iya benar ada oknum (yang mengubah draft proyek Hambalang dari single years menjadi multiyears),” kata anggota Panja Hambalang DPR RI Zulfadhli saat ditemui di Warung Daun Cikini, Jakarta Psuat, Sabtu (3/11). Lebih lanjut anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya ini menjelaskan hingga saat ini Komisi X DPR RI maupun Panja Hambalang DPR RI tak pernah sama sekali membahas proyek korupsi Hambalang, ini merupakan proyek multiyears melainkan proyek single years. “Sampai sekarang enggak ada pembahasan di Komisi X untuk membahas proyek multiyears, dan semestinya proyek multiyears itu harus mendapat persetujuan dari DPR,” terang Zulfadhli. Karena itu Zulfadhli berharap agar BPK mendalami hasil audit proyek Hambalang. Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus mengusut oknum yang bermain dalam perubahan draft anggaran proyek Hambalang itu.

…dst

12 ) Giliran Pengusaha yang Mengancam Berhenti Beroperasi
http://news.liputan6.com/read/449683/giliran-pengusaha-yang-mengancam-berhenti-beroperasi

Posted: 03/11/2012 18:09
Liputan6.com, Jakarta: Unjuk rasa ribuan buruh dengan menutup jalan tol yang merugikan kepentingan umum hingga mogok kerja seakan menjadi pemandangan yang biasa saat mereka menuntut kesejahteraan. Hal ini dikecam para pengusaha yang tergabung dalam asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo). Dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (3/11), 23 asosiasi industri mengancam akan mogok berproduksi jika pemerintah dan kepolisian tidak segera menghentikan aksi buruh yang melakukan intimidasi dan blokade jalan. “Jika pemerintah tidak berikan hak kemanan, lockout,” ujar Ketua Apindo, Anton Supit kepada Liputan 6 SCTV. Anton menegaskan, ancaman mogok produksi dari asosiasi yang membawahi sekitar 3.000 pabrik ini harus jadi perhatian meski pihaknya tidak berunjuk rasa seperti halnya buruh. Menurutnya, asosiasi juga ingin agar suara mereka didengar, misalnya untuk penetapan upah minimum regional yang kerap menjadi masalah.

…dst