1 ) Selamat Jalan Sang Ekonom Andal…!


http://www.seputar-indonesia.com/news/selamat-jalan-sang-ekonom-andal

Selasa, 06 November 2012
MEDAN- Sumatera Utara (Sumut) kembali kehilangan tokoh intelektual di bidang ekonomi. Dialah Jhon Tafbu Ritonga yang meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Materna,Medan, Senin (5/11) sekitar pukul 10.40 WIB. Mewakili keluarga, Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi USU Fahmi Natogor Nasution mengatakan, Jhon Tafbu masuk RS Materna sejak Jumat (2/11) karena mengalami demam tinggi. Namun, kondisinya semakin menurun sehingga Sabtu malam terpaksa masuk ICU dengan indikasi ada masalah di paruparu.” Setelah koma sejak Sabtu, akhirnya Senin sekitar pukul 10.40 WIB, Bapak (JTR) menghembuskan nafas terakhirnya,” tuturnya. Kepergian Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) ini sempat mengundang tanya banyak orang. Grup blackberry wartawan di Kota Medan pun terus berdering menanyakan kepastian wafatnya tokoh intelektual Sumut itu. Maklum, tak ada yang menduga, pria yang akrab disapa JTR, telah dipanggil sang khalik. Pantauan SINDO kemarin, puluhan kerabat dan sahabat almarhum terus berdatangan ke rumah duka di Jalan Tri Darma 124 Kampus USU Medan sejak pukul 11.00 WIB. Mereka terlihat cemas menanti kedatangan jenazah. Dan tepat pukul 12.17 WIB, almarhum pun tiba di rumah duka dibawa ambulance RS Materna. Sekitar pukul 14.00 WIB,jenazah yang sudah disalatkan oleh keluarga dan sabahat langsung dibawa ke kampung kelahirannya di Desa Sigabu Aek Buru, Rantau Parapat.Pemakaman dilakukan di kampung kelahirannya lantaran permintaan JTR saat Idul Adha lalu. Jhon Tafbu meninggalkan satu orang istri (Nurhayati Siregar) dan empat anak masingmasing bernama Haroni Doli, Walad Altsani, Nurfatimah, dan Ahmad Tutamana serta satu orang cucu.

…dst

2 ) PEMAKAMAN DUA MAHASISWI UNDIP KORBAN KECELAKAAN-Esti Dimakamkan Tanpa Dihadiri Orang Tua
http://www.seputar-indonesia.com/news/pemakaman-dua-mahasiswi-undip-korban-kecelakaan-esti-dimakamkan-tanpa-dihadiri-orang-tua

Selasa 06 November 2012
Aula Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, kemarin,tidak seperti hari biasanya. Gedung yang tiap harinya penuh dengan hiruk pikuk kegiatan mahasiswa itu berubah hening.Duka mendalam jelas terpancar sejumlah mahasiswa,dosen,dan sivitas akademika FK Undip.Mereka kehilangan sahabat tercintanya yang tewas dalam tragedi kecelakaan bus di Baturraden, Banyumas,Minggu (4/11) lalu. Di gedung tersebut, disemayamkan dua jenazah mahasiswa FK Undip.Mereka adalah Novitia Lutfiatul Khoriyah, 19,dan Esti Ilma Zakiya,18. Keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2011 atau baru duduk di semester III. Jenazah kedua mahasiswi itu tiba di Gedung Serba Guna FK Undip sekitar pukul 05.00 WIB. Begitu diturunkan dari mobil ambulans, alunan doa dari sahabat dan sivitas akademika Undip terus mengiringi jenazah tersebut. “Gedung Serba Guna itu sering buat menggelar kegiatan mahasiswa,jadi sering ramai. Terakhir baru dua hari kemarin ada kegiatan di sana,”ujar Ketua Angkatan 2011 Program Studi Pendidikan Kedokteran FK Undip,Dimas Susilo,kemarin. Dimas mengaku sangat dekat dengan Esti,salah satu korban yang tewas.”Esti itu orangnya sangat aktif sekali di kampus,dia termasuk mahasiswa yang sangat kritis,”ucapnya. Berdasarkan informasi, kedua korban duduk persis di belakang sopir bus.Dari keterangan Rhea,salah satu mahasiswa FK Undip yang selamat, Novi awalnya duduk di bagian tengah deretan kursi bus. Namun tidak tahu alasannya, Novi pindah ke depan. Dalam kecelakaan itu,Esti dan Novi tampak berpelukan. Afkar,salah satu mahasiswa FK Undip Semester I menutukan, Esti termasuk mahasiswa yang sangat ramah dan bertugas sebagai asisten dosen saat praktikum. “Mbak Esti memang asisten dosen,saat praktikum dia sangat membantu mahasiswa seperti memberikan pengarahanpengarahan,” tuturnya. Dekan FK Undip,Endang Ambarwati mengatakan,jenazah Esti tidak dimakamkan di Bekasi,namun di Boyolali karena orang tua korban saat ini sedang menjalankan ibadah haji diTanah Suci.

…dst

3 ) Kecelakaan Maut PO Raharja di Banyumas-Pemilik Bus Bisa Dipidana
http://www.seputar-indonesia.com/news/kecelakaan-maut-po-raharja-di-banyumas-pemilik-bus-bisa-dipidana

06 November 2012
SEMARANG – Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Jawa Tengah menyelidiki dugaan kelalaian pemilik bus PO Raharja dalam kecelakaan beruntun yang merenggut enam korban jiwa di Jalan Raya Baturraden,Desa Rempoah, Kecamatan Banyumas, Minggu (4/11) lalu. Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Naufal Yahya mengatakan,sanksi bisa dijatuhkan ke pihak pengelola bus jika hasil penyidikan terbukti sopir dalam keadaan kelelahan karena melebihi batas ideal mengemudi atau kondisi kendaraan yang tidak layak jalan. “Dinas Perhubungan (Dishub) bisa juga menjatuhkan sanksinya,kami prihatin atas insiden itu,”kata Naufal kemarin. Ditlantas Polda Jateng kemarin sudah menurunkan tim Traffic Accident Analysis (TAA) ke lokasi kejadian untuk menyelidiki penyebab kecelakaan yang menimpa rombongan mahasiswa fakultas kedokteran dari berbagai universitas itu. Tim akan bekerja sekitar dua hari untuk mengumpulkan sejumlah keterangan untuk menguak penyebab insiden maut itu. “Tim diberangkatkan hari ini (kemarin),mereka akan melakukan serangkaian identifikasi, mulai dari memeriksa kondisi kendaraan, terutama bus yang ditumpangi para mahasiswa itu, mengidentifikasi geometri jalan, termasuk memeriksa kir dari bus tersebut. Kami belum bisa memastikan penyebab kecelakaan itu,” papar Naufal kemarin. Tim TAA juga akan mengidentifikasi jasad sopir bus maut itu.

…dst

4 ) Tahun Depan Jumlah Mahasiswa Harus Naik 400 Ribu
Target APK Dikti Kemendikbud
http://www.jpnn.com/read/2012/11/06/145983/Tahun-Depan-Jumlah-Mahasiswa-Harus-Naik-400-Ribu-

Selasa, 06 November 2012 , 04:04:00
JAKARTA – Salah satu tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah status sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri adalah mendongkrak angka partisipasi kasar pendidikan tinggi (APK dikti). Sebab, dibandingkan dengan APK pendidikan dasar dan menengah, APK dikti memang masih jeblok. Dalam paparannya, Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Media Sukemi menyebutkan jika APK dikti harus terus digenjot. Pada 2010 lalu APK dikti tercatat hanya 26,3 persen. Berikutnya pada 2011 APK dikti sebesar 27,1 persen. Tahun ini APK dikti masih belum diputuskan, tetapi ditargetkan naik menjadi 28,3 persen. “Setelah ada program penegerian PTS dan pemberian dana BO PTN (bantuan operasional perguruan tinggi negeri, red) APK dikti tahun depan harus naik,” kata alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu. Sukemi memaparkan, target APK dikti pada 2013 nanti adalah 30,0 persen atau naik 1,7 persen dari tahun ini. “Dari persentase memang naiknya kecil. Tetapi jika dihitung jumlah, itu harus naik sekitar 400 ribu mahasiswa baru,” kata dia.

…dst

5 ) Simulator SIM-KPK Periksa Sukotjo di ITB
http://www.seputar-indonesia.com/news/simulator-sim-kpk-periksa-sukotjo-di-itb

Selasa, 06 November 2012
BANDUNG– Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan spesifikasi dan komponen simulator SIM di Laboratorium Termodinamika Ilmu Rekayasa ITB,kemarin. Selain memeriksa spesifikasi dan komponen simulator, KPK juga membawa tersangka kasus korupsi simulator SIM, Korlantas Mabes Polri,Sukotjo Bambang ke ITB. Pemeriksaan yang dilakukan KPK itu untuk melengkapi data penyidikan terkait kasus alat peraga mengemudi yang sedang ditangani lembaga anti korupsi ini. Berdasarkan pantauan SINDO,tim yang berjumlah lebih dari tiga orang itu tiba sekitar pukul 11.30 WIB.Terlihat salah satu tim yang datang menggunakan kendaraan minibus nopol B 1892 UFR.Selain itu juga ada tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kedatangan Sukotjo ke ITB tidak diketahui wartawan. Namun menurut informasi, Sukotjo dijemput dari Rutan Kebonwaru sekitar pukul 09.30 WIB dan dikawal penyidik KPK. Pemeriksaan alat peraga ini berlangsung di Laboratorium TermodinamikaPAUIlmuRekayasa yang terletak di lantai tiga. Sukotjo Bambang didampingi penasihat hukumnya Erik S Paat serta pengawalan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Erik membenarkan,kliennya diberitahu dan dijemput untuk melakukan kroscek terkait alat peraga mengemudi di salah satu laboratorium di ITB. “Ya, katanya ada alat simulator itu di ITB, dan hari ini dilakukan kroscek terkait alat itu, untuk dibedah komponennya,” kata ErikSPaat. Erik menyebutkan,kroscek yang dilakukan di Laboratorium Termodinamika PAU Ilmu Rekayasa ITB itu kemungkinan atas permintaan dari BPK, karena dalam kasus ini disebutkan ada kerugian negara. Proses kroscek itu,menurut dia,untuk mengetahui komponen dan spesifikasi yang digunakan untuk proses produksi alat peraga mengemudi tersebut.

…dst

6 ) Mahasiswa Unsoed Tolak Uang Kuliah Tunggal Mahal
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/06/079439962/Mahasiswa-Unsoed-Tolak-Uang-Kuliah-Tunggal-Mahal

Selasa, 06 November 2012 | 10:48 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto – Pemberlakuan uang kuliah tunggal di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto terus mendapat penolakan dari mahasiswa. Salah satunya datang dari mahasiswa yang menamakan dirinya Gerakan Save Soedirman. “UKT masih terlalu mahal untuk mahasiswa Unsoed,” kata juru bicara Save Soedirman Centre, Pendi Wijanarko, Senin, 5 November 2012. Ia mengatakan, ada banyak laporan mengenai masalah pemberlakuan kebijakan UKT tersebut. “Ternyata masih ada tarikan lain selain UKT, seperti kartu perpustakaan dan buku. Padahal, sebelumnya mereka menjamin tak ada tarikan lain selain UKT,” katanya. Ia juga menyesalkan adanya tarikan sumbangan murni yang dinilai semakin memberatkan mahasiswa. Tarikan sumbangan murni tidak bisa ditolak mahasiswa karena tertulis otomatis di formulir pendaftaran. “Kalau namanya sumbangan mengapa diwajibkan? Ini kan aneh,” kata dia. Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Unsoed, Irfan Irianto, mengatakan, penerapan UKT memberatkan mahasiswa, terbukti dengan banyaknya keluhan yang disampaikan ke BEM Unsoed. “Ada banyak aduan terkait dengan penerapan UKT ini,” katanya.

…dst

7 ) Kapal Tanpa Awak ITS Terbaik Se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/06/373/714260/kapal-tanpa-awak-its-terbaik-se-indonesia

Selasa, 06 November 2012 11:37 wib
JAKARTA – Pada kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional beberapa waktu lalu, kapal cepat tak berawak milik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menyabet predikat Best Design. Mereka juga unggul dan menjuarai kategori remote control. Kemenangan ini dipersembahkan oleh tiga mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan, Arya Javendra Satriananda, Bagus Gelis Pratama Putra dan Alfi Hidayat. Ketiganya mengikuti dua dari tiga kategori yang dilombakan dalam kontes perdana di Universitas Diponegoro (Undip) tersebut, yakni kategori autonomus (berjalan otomatis) dan remote control. Sedangkan satu kategori lainnya adalah kapal berbahan bakar minyak. Ketua tim kontingen ITS, Arya Javendra Satriananda, mengungkap, timnya hanya memiliki waktu sekira dua bulan untuk mempersiapkan kapal jagoan mereka, Barunastra. Waktu yang sangat singkat ini mereka gunakan untuk merancang konsep kapal, membuat proposal pendaftaran, dan mengerjakan prototype kapal. Meski terbilang kilat, Arya mengklaim, hasil kerja mereka sangat memuaskan.

…dst

8 ) Dua Tim UGM Juara Kontes Robot
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/06/08163839/Dua.Tim.UGM.Juara.Kontes.Robot

Selasa, 6 November 2012 | 08:16 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS — Tim robot Alfarobi Divisi Humanoid Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, meraih perunggu pada kontes robot internasional 2012 di Korea Selatan, 25-28 Oktober. Mereka bersaing dengan peserta lain dari 10 negara. “Keikutsertaan tim robot UGM ini untuk menimba pengalaman dari perkembangan robotika dunia,” kata Alldino Andi Sumbodo, dosen pembimbing tim Alfarobi, kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (5/11/2012). Korea Selatan mengirim 15 tim, Jepang 5 tim, selebihnya Amerika Serikat, China, Inggris, Kanada, Meksiko, Malaysia, dan Myanmar. Ada lima robot dari UGM yang dikirim ke Korea Selatan. Adapun peraih perunggu adalah robot Alfa yang unggul pada penempatan benda di antara beberapa tantangan uji kecakapan yang lain. Robot-robot UGM dibangun dengan dana sekitar Rp 30 juta. “Robot kami memang masih sangat terbatas, kalah dengan robot-robot Korea yang harga pembuatannya sampai Rp 150 juta, sementara robot kami jauh dari nilai itu,” kata Alldino. Tim Korea Selatan secara intens mempelajari robot humanoid sekitar tujuh tahun, sedangkan tim UGM baru satu tahun terakhir. Tim robot humanoid UGM diwakili Hadha Afrisal, Ridwan Wicaksono (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi angkatan 2009), Widhi Yoga S (Teknik Mesin 2009), serta Bryan Novega dan Sigit Diantoro (Elektronika dan Instrumentasi 2009).

…dst

9 ) Robot Kapal Tanpa Awak UGM Juara II Nasional
http://regional.kompas.com/read/2012/11/06/03420218/Robot.Kapal.Tanpa.Awak.UGM.Juara.II.Nasional

Selasa, 6 November 2012 | 03:42 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Robot kapal tanpa awak karya mahasiswa UGM berhasil meraih juara II dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2012 yang diselenggarakan Universitas Diponegoro (Undip) di Pantai Kartini Jepara pada 30 Oktober lalu. Robot kapal tanpa awak yang diberi nama Safinah One itu meraih juara II dalam kompetisi yang diikuti lebih dari 40 perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi yang berpartisipasi di antaranya, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Hasanuddin, UGM, dan Universitas Indonesia. Dalam kontes tersebut, dipertandingkan dua kategori, yaitu autonomous dan remote controle. Robot Safinah One berhasil menang dalam kategori autonomous. Ketua tim robot, Malik Khidir, mengatakan, robot Safinah One merupakan robot kapal tanpa awak yang dirancang untuk dapat memantau dan menjaga pertahanan serta keamanan wilayah perairan laut Indonesia.

…dst

10 ) UGM Siapkan Kapal Pengintai untuk TNI AL
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/06/079439955/UGM-Siapkan-Kapal-Pengintai-untuk-TNI-AL

Selasa, 06 November 2012 | 10:03 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menjajaki kerja sama dengan TNI Angkatan Laut dalam pemakaian kapal tanpa awak, Safinah.One yang merupakan pemenang kontes Roboboat 2012. “Kapal ini bisa bermanfaat untuk memantau situasi laut lepas yang jauh dari pangkalan, serta bisa mengirim gambar wilayah jelajahnya ke komputer markas angkatan laut lewat jaringan seluler,” ujar Malik Khidir, koordinator tim UGM, saat memperlihatkan cara operasi kapal Safinah.One kepada wartawan di danau lembah UGM, Senin, 5 November 2012. Kapal ini menjadi juara kedua kompetisi Roboboat 2012 yang diadakan Universitas Diponegoro di Pantai Kartini, Jawa Tengah, pada akhir Oktober lalu. Dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2012 itu, tim mahasiswa UGM merancang dua kapal, yakni kapal autonomous atau tanpa kontrol Safinah.One dan kapal dengan remote control Gama Nave.

…dst

11 ) Gandeng Unibraw, Google Buat Pendidikan Online
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/05/079439738/Gandeng-Unibraw-Google-Buat-Pendidikan-Online

Senin, 05 November 2012 | 12:16 WIB
TEMPO.CO, Malang – Perusahaan digital Google meluncurkan layanan pembelajaran online melalui Google Apps Education. Google menggandeng Universitas Brawijaya Malang untuk mengintegrasikan sistem manajemen pendidikan mereka dengan berbasis dalam jaringan (daring/online). Berbagai fitur bisa dimanfaatkan dalam program ini, mulai dari surat elektronik, kalender, hingfa video. “Semua gratis,” kata Manajer Program Google Indonesia, Pepita Gunawan, pada peluncuran alat kolaborasi berbasis teknologi komputasi di Universitas Brawijaya, Sabtu, 3 November 2012. Dia yakin Google Apps akan membawa manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Mahasiswa, pelajar, dan guru didorong berinovasi dan berselancar untuk tujuan komparasi kurikulum, maupun tujuan lain tanpa batas. Pepita berharap seluruh elemen pendidikan di Universitas Brawijaya bisa membuat terobosan berupa konten lokal di Google Apps yang bisa diakses oleh siapa pun di seluruh penjuru dunia. Para pengguna aplikasi ini juga bisa berbagi cerita dan inspirasi ke seluruh pelaku pendidikan di dunia. Google Apps bisa diakses oleh elemen pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi di lebih dari 146 negara.

…dst

12 ) Mahasiswa UAD Menang Lomba Foto di Malaysia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/06/md108f-mahasiswa-uad-menang-lomba-foto-di-malaysia

Selasa, 06 November 2012, 02:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta meraih juara pertama dan kedua lomba fotografi bertema lanskap yang diselenggarakan Universiti Utara Malaysia. “Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dinda Ayu Lestari Priyono meraih juara pertama kategori foto hitam dan putih, sedangkan Firsto Adi Prasetya juara kedua kategori foto berwarna,” kata Wakil Rektor III UAD Muchlas di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, objek foto lanskap yang diambil mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris dan mahasiswa Teknik Informatika UAD itu adalah air mancur di depan Perpustakaan Sultanah Bahiyah Universiti Utara Malaysia (UUM). “Lomba foto yang diselenggarakan dalam rangkaian ‘workshop’ fotografi tersebut, merupakan upaya untuk mempererat hubungan kerja sama UAD dengan UUM yang selama ini telah terjalin,” katanya. Ia mengatakan selain menjuarai lomba fotografi di UUM, Dinda juga meraih juara pertama regional Yogyakarta bertema Indahnya Yogyakarta dalam ajang Canon Photomarathon Indonesia (CPI) 2012.

…dst

13 ) Unsri Genjot Prodi Miliki Akreditasi
http://www.jpnn.com/read/2012/11/06/146022/Unsri-Genjot-Prodi-Miliki-Akreditasi-

Selasa, 06 November 2012 , 10:38:00
PALEMBANG – Menggenjot setiap program studi (prodi) yang ada untuk memiliki akreditasi A, setidaknya langkah ini diambil Universitas Sriwijaya (Unsri) terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kinerja dan mutu lulusan. Hal ini ditegaskan rektor Unsri, Prof Dr Badia Perizade MBA, melalui pembantu rektor I, Dr Ir H Anis Saggaff MSCE, kepada wartawan koran ini, Senin (5/11). Menurutnya, setiap prodi yang ada di Unsri wajib memiliki akreditasi. Jika tidak, tentunya tak bisa menamatkan (mewisuda,red) mahasiswa. “Dari 88 prodi di Unsri, yang sudah mengantongi akreditasi A mencapai 40 persen, akreditasi B mencapai 50 persen, dan akreditasi C mencapai 10 persen. Kami terus berupaya melakukan pendampingan dan pembinaan bagi setiap prodi yang ada di fakultas untuk mampu memiliki akreditasi A. Sedangkan yang sudah mencapai akreditasi A, untuk terus bertahan,” ujarnya. Ia mengatakan, untuk memperoleh akreditasi, dilakukan penilaian institusi kinerja maupun kelengkapan data, keperluan administrasi, mendengarkan paparan, wawancara, pengolahan data yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Biasanya ada tim dari BAN-PT yang melakukan penilaian secara langsung,” terangnya.

…dst

14 ) Beasiswa Eiffel ke Negara Asal Eiffel, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/06/13571623/Beasiswa.Eiffel.ke.Negara.Asal.Eiffel.Mau

Selasa, 6 November 2012 | 13:57 WIB
KOMPAS.com – Berniat melanjutkan studi Anda ke negara tempat Menara Eiffel berada? Berarti, jangan lewatkan penawaran Program Beasiswa Unggulan Eiffel 2013/14 dari Pemerintah Perancis. Beasiswa Eiffel ditawarkan untuk jenjang S-2 dan S-3 yang diprioritaskan untuk bidang teknik (S-2), ilmu sains (S-3), ekonomi dan manajemen serta hukum dan ilmu politik. Berminat? Kandidat harus berusia kurang dari 30 tahun jika hendak melamar beasiswa master dan kurang dari 35 tahun jika hendak mendaftar program doktorat. Pastikan pula sebelumnya, kandidat belum pernah menerima beasiswa apapun dari pemerintah Perancis dan belum pernah mendaftar beasiswa ini. Pasalnya, penyelenggara tidak memberi ijin untuk ikut pada kandidat yang gagal dalam proses seleksi program beasiswa ini sebelumnya.

…dst

15 ) Studi Berkualitas dan Murah, ke Perancis Aja!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/05/16222713/Studi.Berkualitas.dan.Murah.ke.Perancis.Aja.

Senin, 5 November 2012 | 16:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Negara-negara di Eropa terkenal dengan standar hidup yang tinggi sehingga untuk melakukan apa saja di sana pasti dikenai biaya mahal termasuk pendidikan. Namun hal itu tidak terjadi di Perancis, banyaknya subsidi dari pemerintah setempat dalam bidang pendidikan dan beberapa bantuan lainnya membuat biaya studi di negara ini paling terjangkau di dunia. Perwakilan dari CampusFrance, Mini Riandini, mengatakan bahwa subsidi dan bantuan lain dari pemerintah Prancis ini diperuntukkan bagi semua siswa baik siswa Prancis maupun asing. Namun untuk subsidi ini, hanya diberikan untuk anak-anak yang memilih pendidikan negeri untuk studinya. “Memang diutamakan untuk institusi negeri terlebih dahulu. Tapi sebagian besar mahasiswa Indonesia juga memilih institusi negeri untuk melanjutkan studi di luar,” jelas Mini, di 4th European Higher Education Fair (EHEF) di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Minggu (4/11/2012).

…dst

16 ) Ayo, Daftar Beasiswa Chevening
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/06/368/714176/ayo-daftar-beasiswa-chevening

Selasa, 06 November 2012 09:30 wib
JAKARTA – Setiap tahun, program beasiswa Chevening menyediakan bantuan studi bagi para pelajar internasional untuk menempuh pendidikan pascasarjana di berbagai kampus di Inggris. Beasiswa ini diberikan selama satu tahun dalam berbagai bidang studi, termasuk politik, pemerintahan, bisnis, media, lingkungan, ilmu sipil, religi dan pendidikan. Program beasiswa Chevening tidak mensyaratkan batasan umur. Tetapi, seseorang haruslah memiliki kemampuan berbahasa Inggris sesuai standar minimal untuk studi ketika melamar program ini. Pelamar juga harus memiliki pengalaman kerja sedikitnya dua tahun per 30 September 2012. Awardee Chevening Scholarship akan menerima bantuan biaya studi; biaya transportasi dari negara asal ke Inggris, dan rute sebaliknya; biaya akomodasi kedatangan di negara tujuan; hibah dana penelitian tesis atau disertasi; biaya kelebihan bagasi; biaya visa masuk; biaya hidup bulanan mencakup biaya akomodasi dan kebutuhan sehari-hari. Besaran biaya hidup ini tergantung pada pilihan tempat studi penerima beasiswa, yakni di dalam atau di luar London. Saat ini, tiap awardee akan menerima 917 poundsterling per bulan jika studi di luar London, dan 1.134 poundsterling per bulan untuk studi di dalam London.

…dst

17 ) Seribu Mahasiswa Unpad Terima Bantuan Biaya Skripsi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/210162

Selasa, 06/11/2012 – 17:25
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Padjadjaran akan memberikan bantuan biaya penulisan skripsi bagi mahasiswa S1 yang mengalami masalah keuangan. Mulai tahun ajaran 2012 ini telah disiapkan bantuan bagi seribu mahasiswa dengan dana masing-masing sebesar Rp 1 juta.Hal tersebut dikemukakan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Ganjar Kurnia dalam Wisuda Lulusan Gelombang I Tahun Akademik 2012/2013 di Aula Unpad Graha Sanusi Hardjadinata, Jln. Dipati Ukur, Kota Bandung, Selasa (6/11/12). Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Engkus Kuswarno menjelaskan para mahasiswa yang mendapat bantuan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria. Antara lain dilihat dari kemampuan finansial, jenis penelitian di lapangan maupun dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). “Tentunya untuk penelitian yang studi literatur dengan yang penelitian di laboratorium kebutuhannya berbeda, karena yang di laboratorium harus membeli alat-alat dan lain sebagainya. Dana ini juga dapat digunakan untuk membeli alat-alat, mencetak skripsi maupun biaya penelitian di lapangan,” kata Engkus. Engkus menambahkan, untuk tahun ajaran 2012 bantuan baru diperuntukan untuk mahasiswa S1. Akan tetapi, dengan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BO-PTN) yang akan diterima pada 2013 diharapkan tahun mendatang dapat juga diberikan pada mahasiswa program diploma (D3).

…dst

18 ) Tifatul: Persoalan Global adalah Pemanfaatan Teknologi
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/06/373/714301/tifatul-persoalan-global-adalah-pemanfaatan-teknologi

Selasa, 06 November 2012 12:39
MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) menggelar seminar nasional bertajuk “Peningkatan Potensi Lokal Melalui Inovasi Menuju Kesejahteraan Masyarakat” di gedung Ipteks Unhas. Seminar ini merupakan rangkaian dari acara Indonesian Youth Festival of Science (Inovasi) yang digelar oleh UKM KPI. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Ir. Tiffatul Sembiring, hadir dalam seminar ini didampingi Rektor Unhas Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Wakil Rektor I Bidang Administrasi dan Akademik, Prof. Dr. Eng. Dadang Ahmad Suriamiharja, M. Eng. yang bertindak sebagai moderator dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. Nasaruddin Salam, MT, menjadi salah satu pembicara.

…dst

19 ) Alumni serukan pemilihan Rektor IPB momentum perubahan
http://www.antaranews.com/berita/342136/alumni-serukan-pemilihan-rektor-ipb-momentum-perubahan

Senin, 5 November 2012 19:04 WIB
Bogor (ANTARA News) – Wakil Ketua Kompartemen Advokasi dan Hukum, DPP Himpunan Alumni (HA) IPB Bayu Asih Yulianto menyerukan semua pihak sebaiknya menggunakan momentum pemilihan rektor 2012–2017 di kampus itu sebagai momentum perubahan dan pembenahan segala hal.”Termasuk memperhatikan isu-isu krusial yang muncul dalam proses pemilihan yang telah berlangsung beberapa waktu ini,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Senin. Pemilihan raya (Pemira) bakal calon rektor IPB yang baru saja selesai pada 31 Oktober 2012, saat ini akan memasuki tahap penentuan dari enam calon menjadi tiga calon oleh Senat Akademik (SA) IPB. Enam bakal calon rektor yang lolos tersebut adalah Prof Herry Suhardiyanto (Rektor IPB saat ini), Dr Asep Saefudin, Prof Zairin Junior, Dr Bayu Krisnamurti, Prof Roedhy Poerwanto, dan Prof Indra Jaya. Masing-masing anggota SA IPB yang terdiri atas perwakilan guru besar fakultas yang jumlahnya lebih dari 50 orang itu akan bersidang dari tanggal 5 sampai 7 November 2012 guna menentukan siapa tiga orang calon rektor IPB yang akan diajukan ke Majelis Wali Amanat (MWA) IPB.

…dst

20 ) USAID Bantu Akses Pendidikan Berkelas Dunia
http://regional.kompas.com/read/2012/11/06/18552089/USAID.Bantu.Akses.Pendidikan.Berkelas.Dunia

Selasa, 6 November 2012 | 18:55 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Jawa Barat yang merupakan provinsi terbesar jumlah pendudunya di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam bidang pendidikan. Tantangan itu meliputi masalah pemerataan akses pendidikan yang berkualitas terhadap siswa dan peningkatan profesionalisme guru. Terkait kedua masalah tersebut, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya melaksanakan program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS). Program itu mengutamakan pembaruan, inivasi, dan kesempatan bagi guru tenaga kependidikan dan siswa. “USAID akan membantu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan madrasah di Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan berkelas dunia,” kata Manajer Program USAID Jalu Cahyanto, Selasa (6/11/2012) di Bandung, Jawa Barat. USAID berharap program ini akan membantu siswa di Jawa Barat untuk mengembangkan potensi terbaiknya dan menempatkan mereka pada jalan menuju kesuksesan.

…dst

21 ) Mahasiswa Susun Rencana Gerakan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/06/08213841/Mahasiswa.Susun.Rencana.Gerakan

Selasa, 6 November 2012 | 08:21 WIB
KOMPAS.com — Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional XI di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan yang berlangsung pada 5-9 November ini selain mengevaluasi kegiatan selama satu tahun terakhir juga membahas rencana gerakan mahasiswa ke depan. Koordinator BEM SI Muhammad Tanri Arrizasyifaa mengatakan, keberadaan dan gerakan mahasiswa masih terus diperlukan untuk mendobrak kebuntuan. (WER)

***

22 ) 53 Orang Juarai Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/795

11/05/2012
Jakarta — Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988. Tahun 2012 merupakan penyelenggaraan yang ke-24. Tahun ini Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara mengumumkan nama 53 pemenang dalam upacara penyerahan hadiah di Hotel Arya Duta, Jakarta, (5/11). Penyerahan hadiah dilakukan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, didampingi Kepala Balitbang Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, dan Kepala Puskurbuk, Diah Harianti. Dalam sambutannya, Wamendikbud berharap sayembara ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan minat membaca dan menulis di kalangan siswa dan tenaga pendidik. Ia juga berharap sayembara serupa bisa diselenggarakan di daerah-daerah. ” Kita dorong kabupaten dan kota lakukan sayembara seperti ini,” ujarnya.

…dst

23 ) Laporan dari Delft
Dijual: Delft University of Technology’
http://news.detik.com/read/2012/11/06/184240/2083736/1148/dijual-delft-university-of-technology?n991101605

Selasa, 06/11/2012 18:42 WIB
Delft – ‘Ibunya ITB’ di Belanda yakni Delft University of Technology atau beken disebut TUDelft (Technische Universiteit Delft) dijual dengan harga berapa saja asal cocok. Langkah tersebut dilakukan oleh perhimpunan mahasiswa Vereniging voor Studie- en Studentenbelangen te Delft/VSSD (Perhimpunan Mahasiswa dan Kepentingan Mahasiswa di Delft, red) sebagai jawaban atas rencana kebijakan efisiensi anggaran oleh kabinet baru. Pada fakultas Elektrotechniek, Wiskunde en Informatica (Teknik Elektro, Matematika dan Informatika) penawaran penjualan itu dipasang tepat di bawah banner universitas, yang terbaca jelas pada malam hari. Selain itu juga dipasang spanduk di aula dan papan tanda “TUDelft Dijual” diberbagai lokasi. Rencananya hari ini, Selasa (6/11/2012) VSSD akan memperbanyak papan tanda “TUDelft Dijual” di sekitar kampus salah satu universitas tertua di Belanda itu. Aksi VSSD tentu tidak secara harfiah bermaksud menjual kampus tercintanya, melainkan untuk menarik perhatian terhadap aspirasi mereka. Mereka memprotes rencana kebijakan kabinet baru yang menghapus beasiswa dasar untuk setiap mahasiswa dan mengubahnya menjadi pinjaman. Selain itu kartu OV-Jaarkaart untuk mahasiswa, yang memungkinkan mahasiswa gratis naik kendaraan umum, dihapuskan dan diganti dengan kartu korting atau discount saja.

…dst

24 ) Rekruitmen CPNS hanya 40 Persen dari Total Pensiun
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/11/06/112789/Rekruitmen-CPNS-hanya-40-Persen-dari-Total-Pensiun/173

Selasa, 6 November 2012 14:14 WIB
Metrotvnews.com, Makassar: Rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) hanya sekitar 30 sampai 40 persen dari total pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun. “Kalau setiap tahun terdapat 130 ribu orang pegawai yang pensiun, maka rekrutimen CPNS hanya 30-40 persen saja dari jumlah yang pensiun,” kata Kepala Humas Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Gatot Sugiharto, Selasa (6/11). Gatot mengatakan itu pada Training tentang Penguatan Pola Komunikasi Lembaga Negara dengan Media Massa di Makassar, Sulawesi Selatan. Menurutnya, kebijakan itu ditempuh akibatnya jumlah rasio pegawai negeri sudah melampaui jumlah yang ideal, dilihat dari segi kinerja dan beban kerjanya. Karena itu, lanjut dia, jumlah pegawai yang ada saja akan ditingkatkan kinerja maupun kualitasnya. Sedangkan untuk kuantitas CPNS akan ditekan untuk menormalkan rasio jumlah pegawai dan kinerjanya. Karena itu, dia menambahkan rekruitmen CPNS akan lebih diperketat dan harus memenuhi tiga kategori untuk kompetensi dasar.

…dst

25 ) Jusuf Kalla Dukung Dahlan Iskan
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/06/063440008/Jusuf-Kalla-Dukung-Dahlan-Iskan

Selasa, 06 November 2012 | 13:46 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, memberikan apresiasi dan mendukung upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, dalam membeberkan kasus pemerasan yang diduga dilakukan oleh oknum anggota DPR RI. Pernyataan Jusuf Kalla disampaikan untuk menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri acara Wisuda ke-32 Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma Universitas Muhamadiyah Surabaya, di Islamic Centre, Selasa, 6 November 2012. “Saya terkesan dengan Pak Dahlan,” ujarnya pula. Namun, kata Jusuf Kalla, langkah Dahlan untuk membeberkan pemerasan di BUMN itu harus disertai dengan bukti yang kuat. “Tidak ada orang, termasuk anggota DPR, yang tidak bisa dihukum. Semua bisa dihukum,” ucapnya. Saat ditanya ihwal langkah Dahlan Iskan ini sebagai sebuah pencitraan, Jusuf Kalla berkata, “Bukan saya lho yang ngomong.”

…dst