1 ) Zikir Bersama Peringatan 1 Muharam di Masjid Istiqlal

http://www.metrotvnews.com/
Kamis, 15 November 2012 12:04 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun Baru Islam 1 Muharam 1434 Hijriah diperingati umat muslim dengan beragam kegiatan. Di Jakarta, ribuan umat muslim ramai-ramai mendatangi Masjid Istiqlal untuk mengikuti zikir dan taqbir bersama. Sejak Kamis (15/11) pagi, ribuan umat Islam dari berbagai wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi serta Tangerang sudah tiba di Masjid Istiqlal. Mereka akan mengikuti zikir akbar memeringati tahun baru Islam 1 Muharam 1434 Hijriah. Zikir bersama juga dihadiri Duta Besar Timur Tengah, dan juga Menteri Agama Suryadharma Ali. Acara diisi dengan ceramah oleh Munzir al Muzzawa, pimpinan Majelis Zikir Rasulullah. Munzir mengambil tema Hikmah Hijriyah Kita Tingkatkan Kualitas Umat untuk Membangun Indonesia. Umat memanjatkan doa agar bangsa Indonesia dapat terlepas dari bencana korupsi serta bencana lainnya.(DSY)

***

2 ) Tabuik awali tahun baru Hijriyah di Pariaman
http://www.antaranews.com/

Kamis, 15 November 2012 15:03 WIB
Pariaman, Sumatera Barat (ANTARA News) – Warga Pariaman, Sumatera Barat, mengawali tahun baru Hijriyah dengan menggelar ritual budaya Tabuik pada Kamis sore. “Prosesi tersebut dilakukan dalam dua kelompok yaitu kelompok tabuik Pasa dan kelompok tabuik Subarang yang akan diiringi oleh arakan serta ditemani dengan dentuman gandang tasa,” kata Tuo (sesepuh) Tabuik, Nasrul Syam. Ritual yang digelar bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1434 Hijriyah itu dimulai dengan upacara “mambiak tanah,” pengambilan tanah dari dasar sungai yang berbeda dan berlawanan arah oleh dua kelompok Tabuik. Prosesi itu dilakukan oleh seorang laki-laki dari keluarga pengurus tabuik. Dia mengenakan pakaian putih, melambangkan kejujuran kepemimpinan Husein, cucu Nabi Muhammad SAW. “Ritual ini tidak hanya sekedar pengambilan tanah saja, tetapi merupakan simbol dari pengambilan jasad Husein yang mati syahid dalam perang Karbala melawan penguasa Yazid Bin Muawiyah,” tutur dia.

…dst

3 ) Utamakan Introspeksi dan Evaluasi Diri
http://www.seputar-indonesia.com/news/utamakan-introspeksi-dan-evaluasi-diri

Kamis 15 November 2012
PALEMBANG – Gubernur Sumsel,Alex Noerdin, mengajak masyarakat introspeksi dan evaluasi atas kerja dan ibadah yang dijalankan selama ini. Karena pada setiap peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram, manusia selalu diingatkan pada perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk mengevaluasi dan meningkatkan ibadah. “Mari kita menginstrospeksi dan mengevaluasi atas kerja dan ibadah kita selama ini agar lebih bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kami juga mengajak seluruh masyarakat mengevaluasi ibadah kita selama ini,” katanya saat memberikan sambutan pada acara Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1434 H di Masjid Agung tadi malam.

…dst

4 ) Ijazah Palsu Banyak Dipesan PNS
http://www.seputar-indonesia.com/news/ijazah-palsu-banyak-dipesan-pns

Kamis 15 November 2012
PALEMBANG – Setelah diperiksa intensif Satuan Ops Pidana Umum Polresta Palembang. Pembuat ijazah palsu Indiarto, 30,mengungkapkan para pemesan ijazah tersebut didominasi oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan disinyalir, ijazah palsu produksi Indiarto juga digunakan beberapa oknum pejabat di Sumsel. Tak hanya itu,pengguna jasa pria yang kerap disapa Anto itu juga memanfaatkan ijazah palsu untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan. Ijazah strata 1 (S-1) digunakan para konsumen untuk melamar menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan swasta. Sedangkan ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) kebanyakan digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S-1. “Pelaku mengatakan kepada kami, ijazah digunakan oleh pemesan untuk kebutuhan melamar bekerja sebagai PNS atau penyesuaian jenjang karier, swasta dan kebutuhan melanjutkan pendidikan lagi. Tidak menutup kemungkinan juga, ada oknum pejabat yang menggunakan jasa tersangka,” kata Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Djoko Julianto kepada SINDO, di ruang kerjanya kemarin. Terpisah, Humas Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Dian Rianawati mengatakan, pihaknya menyayangkan terjadinya kasus tersebut.

…dst

5 ) IPB Jadikan QS-Apple Pijakan Tingkatkan Kualitas Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/15/363031/293/14/IPB-Jadikan-QS-Apple-Pijakan-Tingkatkan-Kualitas-Pendidikan

Kamis, 15 November 2012 02:52 WIB
NUSA DUA–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadikan Konferensi “Quacquarelli Symonds Asia Pacific Professional Leaders in Education” (QS-APPLE) di Nusa Dua, Bali, 14-16 November, sebagai ajang untuk memperbaiki kualitas pendidikan berkelas dunia. “Oleh karena itu, penunjukan kami sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini merupakan sebuah kehormatan. Kami dapat berkontribusi dalam memfasilitasi perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk membangun kerja sama internasional dan mempromosikan budaya Nusantara,” kata Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto di sela-sela pembukaan Konferensi QS-APPLE di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Rabu (14/11). Acara yang dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim itu merupakan konferensi tahun kedelapan, sedangkan IPB secara aktif berpartisipasi dalam konferensi pimpinan perguruan tinggi di kawasan Asia Pasifik itu sejak 2008. “Sejalan dengan upaya tersebut, IPB memfasilitasi program-program studi untuk memperoleh akreditasi internasional. Sebagai contoh, kurikulum dari program sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan telah disetujui oleh ‘International Food Technologist’ yang bermarkas di Amerika Serikat,” kata Herry.

…dst

6 ) Kopma UGM Sosialisasi UU Koperasi Terbaru
http://www.seputar-indonesia.com/news/kopma-ugm-sosialisasi-uu-koperasi-terbaru

Kamis 15 November 2012
YOGYAKARTA – Pergerakan koperasi di Indonesia sejak satu bulan lalu memiliki perangkat legalitas baru, yakni UU Nomor 12 Tahun 2012 (ralat: yang benar adalah UU Nomor 17 Tahun 2012) tentang Perkoperasian menggantikan UU Nomor 25 Tahun 1992.Untuk memasyarakatkan UU baru tersebut sekaligus upaya mengawal pelaksanaannya, Koperasi Mahasiswa (Kopma) UGM mengadakan Olimpiade Koperasi Nasional (OKN). “Kami ingin memasyarakatkan koperasi dan mengoperasikan masyarakat karena kami ingin masyarakat lebih mengenal koperasi.Apalagi, saat ini cukup banyak kopma yang besar dan berkembang.Sayangnya, belum ada forum komunikasi kopma yang efektif.Padahal kita ingin mengawal UU Koperasi yang baru,” kata Direktur Human Kopma UGM Fajar Kurniawan kemarin. Fajar mengatakan melalui kegiatan yang baru akan digelar untuk pertama kalinya itu, Kopma UGM ingin mengajak 27 kopma se-Indonesia yang telah mendaftar sebagai peserta untuk menyimak UU yang baru dan mengkritisinya. Selain itu, pihaknya ingin melakukan pemetaan kelebihan dan potensi dari tiap kopma di Indonesia. “Secara nonformal kami ingin mengajak peserta berdiskusi dan harapannya di akhir penyelenggaraan OKN telah terbentuk forum kopma nasional. Kami bisa menyampaikan hasil diskusi sebagai pandangan generasi kopma saat ini tentang dunia perkoperasian di Indonesia kepada Kementerian Koperasi dan UKM,” paparnya. O

…dst

7 ) Undip Segera Bentuk Badan Arsip
http://www.seputar-indonesia.com/news/undip-segera-bentuk-badan-arsip

Kamis 15 November 2012
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) menyadari arti pentingnya arsip atau dokumen- dokumen kampus. Karena itu, perguruan tinggi negeri (PTN) ini segera membentuk Badan Arsip Universitas. Rencana itu tergambar dalam Bedah Buku Sejarah Undip 1957–2010 yang digelar kemarin. Bedah buku bertema “Pergulatan Menuju Universitas Kelas Dunia” tersebut diadakan oleh Magister Ilmu Sejarah Undip di Gedung LP2MP Undip,Tembalang. “Bagi khalayak umum, buku ini menjadi wahana untuk lebih memahami Undip seutuhnya serta meningkatkan kerja sama dan kemitraan yang lebih baik,”kata Rektor Undip Sudharto P Hadi kemarin. Buku itu diterbitkan saat Undip berkomitmen menjadikan sejarah dan arsip sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran. Ini kemudian diwujudkan dengan pembentukan Badan Arsip Universitas. “Pembentukan badan arsip akan menjadi tonggak sejarah pendokumentasian perjalanan dan prestasi Undip menuju universitas unggul berkarakter,” katanya. Sudharto berharap dengan membaca buku ini akan menumbuhkan energi baru di kampus. “Ini juga untuk memantapkan pengabdian kami dalam mewujudkan visi menjadi universitas riset unggul,” ujar Sudharto. Sementara itu, Ketua Tim Penulis Buku Sejarah Undip Djuliati Suroyo mengatakan untuk menyelesaikan buku dibutuhkan perjuangan luar biasa. Mulai dari kendala pendanaan sampai pencarian narasumber hingga 2012.

…dst

8 ) Karya Mahasiswa AMIKOM Sabet Gelar Juara
http://www.seputar-indonesia.com/news/karya-mahasiswa-amikom-sabet-gelar-juara

Kamis 15 November 2012
YOGYAKARTA – Mahasiswa D3 Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta Sarry Yunita berhasil menjadi jawara dalam lomba produk teknologi informasi (TI) tingkat Kopertis Yogyakarta pada 5–6 November lalu di Kantor Kopertis Yogyakarta. Karya Sarry berupa software berjudul Jariku sebagai Metode Pembelajaran Jaritmatika Berbasis Android mendapat penilaian tertinggi ketimbang peserta lainnya. Lomba TI dilaksanakan rutin oleh Kopertis Yogyakarta setiap tahun bersama lomba kreativitas dan inovasi mahasiswa lainnya. Lomba ini sendiri bertujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa di DIY. Khususnya melalui pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis mobile. Mahasiswa semester tiga ini mengatakan lomba penciptaan software aplikasi interaktif 2012 itu diikuti oleh 28 mahasiswa. Mereka berasal dari perguruan tinggi di DIY.Dari jumlah tersebut, setelah diseleksi menyisakan 24 peserta untuk diadu kembali dalam babak presentasi pertama. Lomba dilaksanakan pada Senin (5/11). “Seperti halnya tahap awal, setelah melalui seleksi ketat, akhirnya panitia menetapkan delapan mahasiswa yang lolos ke babak kedua,Selasa (6/11),” ungkap Sarry.

…dst

9 ) UNJ dan Unmul Belajar TI dari Unnes
http://www.seputar-indonesia.com/news/unj-dan-unmul-belajar-ti-dari-unnes

Kamis 15 November 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda menyambangi Universitas Negeri Semarang (Unnes) kemarin.Mereka ingin melihat keberadaan pengembangan teknologi informasi (TI) yang dikembangkan di Unnes. Rombongan UNJ berjumlah 27 orang diketuai Pembantu Rektor II Suryadi.Adapun dari Unmul dipimpin Tri Wahyuningsih selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik. Rombongan disambut langsung oleh Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo di Rektorat Kampus Sekaran. “Silaturahmi dari UNJ dan Universitas Mulawarman ke Unnes ini suatu kehormatan luar biasa. Mudah-mudahan Unnes bisa berbagi. Berbagi ini tidak akan pernah habis. Justru akan berlimpah,” kata Sudijono kemarin. Silaturahmi tersebut untuk berbagi keberadaan teknologi informasi Unnes yang meliputi kelembagaan,manajemen jaringan, manajemen sumber daya manusia,produk berbagai sistem, dan bagaimana mengaplikasikannya ke dalam sistem kampus. Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum UNJ Suryadi berharap paparan yang disampaikan Unnes bisa bermanfaat untuk kampusnya.

…dst

10 ) Ayo, Rebut 5 Beasiswa PPM!
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/15/368/718712/ayo-rebut-5-beasiswa-ppm

Kamis, 15 November 2012 11:33 wib
JAKARTA – Program pascasarjana (S-2) Magister Manajemen PPM School of Management, Jakarta, membuka program beasiswa The Future Leader angkatan V. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lima orang terpilih untuk menempuh studi penuh waktu di PPM School of Management, Jakarta. Selain biaya kuliah, penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku dan buku kuliah. Total nominal beasiswa yang diberikan adalah Rp100 juta. Tertarik mendaftar? Penuhi dahulu syarat-syaratnya. Pendaftar haruslah sudah lulus sarjana (S-1) dengan nilai IPK minimal 2,75. Ketika mendaftar, usia pendaftar tidak lebih dari 25 tahun pada 31 Desember 2012. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan nilai TOEFL minimal 500. Sesuai programmnya, The Future Leader, maka pelamar juga harus memiliki jiwa kepemimpinan.

…dst

11 ) Inilah Dokumen Utama Saat Apply Beasiswa ke Luar Negeri
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/15/373/718688/inilah-dokumen-utama-saat-apply-beasiswa-ke-luar-negeri

Kamis, 15 November 2012 11:13 wib
JAKARTA – Seringkali ketika akan mengajukan permohonan beasiswa ke luar negeri kita mengalami kebingungan mengenai berbagai dokumen yang harus dipersiapkan. Akibatnya, menjelang hari H kita justru kelimpungan untuk memenuhi dokumen tersebut. Sebenarnya, apa saja dokumen yang biasanya harus disiapkan oleh para pelamar beasiswa ke luar negeri? Menurut Buku Pintar Beasiswa karangan Erny Murniasih, terdapat delapan dokumen utama yang harus disiapkan oleh para calon penerima beasiswa ke luar negeri. Ijazah Pendidikan Terakhir .  Siapkan fotokopi ijazah SMA, S-1, maupun S-2 yang telah dilegalisasi institusi tersebut. Jangan lupa, siapkan pula terjemahan ijazah tersebut dalam bahasa Inggris.

…dst

12 ) Uni Eropa dukung peningkatan tata kelola pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/343591/uni-eropa-dukung-peningkatan-tata-kelola-pendidikan

Kamis, 15 November 2012 04:01 WIB
Makassar (ANTARA News) – Program Basic Education Capacity Trust Fund yang didukung Uni Eropa dan Pemerintah Kerajaan Belanda membantu peningkatkan tata kelola pendidikan dasar 50 kabupaten/kota di Indonesia. “Program kerja sama dengan 50 kabupaten/kota ini untuk meningkatkan kemampuan mengelola pendidikan secara transparan dan akuntabel,” kata Operation Officer Bank Dunia Jakarta, Nur Hidayat, di Makassar, Rabu. Dia mengatakan, salah satu komponen program BEC-TF adalah penguatan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) untuk mengaplikasikan TRIMS (Tools for Reporting Information Management by School). Menurut dia, aplikasi tersebut terbilang sederhana namun informatif dan sudah terintegrasi dengan Paket Aplikasi Sekolah (PAS). “Apalagi TRIMS menyediakan informasi status sekolah dalam bentuk grafik dan tabel indikator, termasuk capaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) sebagai bahan penyusunan RPS/RKS,” katanya.

…dst

13 ) 27 koperasi mahasiswa ikuti Olimpiade Koperasi Nasional
http://www.antaranews.com/berita/343492/27-koperasi-mahasiswa-ikuti-olimpiade-koperasi-nasional

Rabu, 14 November 2012 17:26 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Sebanyak 27 koperasi mahasiswa se-Indonesia akan mengikuti Olimpiade Koperasi Nasional di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 16-18 November 2012. “Masing-masing koperasi mahasiswa (kopma) akan mengirimkan tiga peserta untuk ikut tiga kategori lomba, yakni pemasaran produk, cerdas cermat koperasi, dan debat koperasi,” kata Koordinator Humas Kopma UGM Fajar Kurniawan di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia Olimpiade Koperasi Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam gerakan berkoperasi sekaligus meningkatkan komunikasi dan saling berbagi pengalaman antarkopma. “Komunikasi antarkopma belum berjalan efektif. Olimpiade Koperasi Nasional sebagai batu loncatan untuk menghidupkan gerakan koperasi yang sudah ada,” katanya. Ia mengatakan tidak semua kopma di perguruan tinggi bisa berkembang dan menghasilkan insan pegiat koperasi yang andal di tengah masyarakat. “Tidak adanya komitmen pimpinan perguruan tinggi dan minimnya minat mahasiswa menjadi beberapa kopma mati suri,” katanya.

…dst

14 ) LIPI usung bioteknologi untuk pemanfaatan SDA
http://www.antaranews.com/berita/343208/lipi-usung-bioteknologi-untuk-pemanfaatan-sda

Selasa, 13 November 2012 11:49 WIB
Bogor (ANTARA News) – Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar seminar internasional Bioteknologi 2012 dihadiri 120 orang peserta yang membahas peran bioteknologi sebagai kunci pemanfaatan sumber daya alam (SDA). “Bioteknologi merupakan salah satu upaya efektif dalam memaksimalkan sumber daya alam di Indonesia yang sangat berlimpah,” kata Kepala Pusat Penelitian (P2) Bioteknologi LIPI, Dr Ir Witjaksono, saat membuka seminar yang digelar di IPB International Convention Center, Bogor, Selasa. Witjaksono mengatakan, cakupan keilmuan bidang bioteknologi sangat luas, meliputi bioteknologi pertanian, bioteknologi pangan, bioteknologi farmasi dan kesehatan, bioteknologi lingkungan, bioteknologi industri serta bioinformatika. Menurutnya, upaya memaksimalkan pemanfaatan bidang bioteknologi dan mencari solusi atas tantangan saat ini akan dikupas dalam Seminar Internasional Bioteknologi 2012 yang diselenggarakan di Bogor selama dua hari 13-14 November.

…dst

15 ) Kurikulum Baru Segera Diuji Publik
http://www.seputar-indonesia.com/news/kurikulum-baru-segera-diuji-publik

Kamis 15 November 2012
JAKARTA– Draf revisi kurikulum baru sudah mendapat persetujuan Wakil Presiden untuk diterapkan. Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera menggelar uji publik untuk mendapatkan evaluasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan Wakil Presiden Boediono selaku ketua perubahan kurikulum baru meminta agar draf tersebut diuji publik. Selain itu, dipresentasikan pada sidang kabinet sehingga ada masukan dari kementerian lain. “Terutama pada Kementerian Agama yang menaungi pendidikan agama,”katanya di Jakarta kemarin. Menindaklanjuti instruksi Wakil Presiden, Mendikbud akan meminta masukan dari masyarakat selama dua hingga tiga minggu. Setelah itu diharapkan ada evaluasi sebelum akhirnya diterapkan pada tahun ajaran baru 2013. Dalam uji publik ini masyarakat dapat memberikan pandangan tentang bagaimana implementasinya. Uji publik juga menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat sehingga masyarakat pun mempunyai rasa memiliki yang kuat. Pemerintah akan mencari pilihan dari beberapa alternatif penerapan, yakni apakah akan dipilih beberapa kelas di seluruh Indonesia sebagai pilot project atau hanya di beberapa sekolah dan hanya di jenjang tertentu, tetapi secara merata di seluruh Indonesia. “Pada 2016 kurikulum baru ini bisa diterapkan secara utuh (nasional),” katanya. Mendikbud menerangkan, revisi kurikulum yang paling menjadi perdebatan panjang ialah di jenjang sekolah dasar (SD).

…dst

16 ) Mutu Guru Wajib Ditingkatkan
http://www.jpnn.com/read/2012/11/14/146941/Mutu-Guru-Wajib-Ditingkatkan-

Rabu, 14 November 2012 , 19:29:00
JAKARTA – Pengamat pendidikan, Prof Arief Rachman, menilai rencana Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kurikulum baru 2013 dengan menghilangkan pelajaran IPA dan IPS tidak ada persoalan. Rencananya, Kemendikbud akan menghilangkan dua pelajaran itu dari kurikulum SD, dengan meleburnya ke dalam mata pelajaran dasar yang masih ada (tematik integratif), di antaranya Bahasa Indonesia, PPKN. “Tidak masalah kalau untuk SD. Sebab itu hanya pengetahuan dasar,” kata Arief Rachman saat dikonfirmasi JPNN, Rabu (14/11) di Jakarta. Namun demikian, Arief Rachman mengingatkan bahwa yang terpenting harus dibenahi adalah proses pembelajarannya. Meskipun kurikulum baru diterapkan nantinya, sementara proses pembelajaran tetap seperti sekarang ini, tetap saja tidak akan berhasil. Lantas apa yang harus dilakukan? Menurut Arief Rachman, yang membuat sukses atau tidaknya sebuah kurikulum itu adalah guru. Maka mutu dan kualitas guru ituah yang harus diperbaiki. “Yang membuat suskes kurikulum itu mutu guru, perbaiki mutu dan kualitas guru. Supaya interaksi anaknya aktif, partispasi bagus, proses belajar mengajar menyenangkan,” pungkasnya.(fat/jpnn)

***

17 ) Pemerintahan akan hadapi “big data” pada 2015
http://www.antaranews.com/berita/343312/pemerintahan-akan-hadapi-big-data-pada-2015

Selasa, 13 November 2012 20:07 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sektor pemerintahan akan menghadapi limpahan data digital (big data) tidak terstruktur pada 2-3 tahun mendatang, selain sejumlah industri seperti perbankan, asuransi, kesehatan, dan retail. “Jika pemerintah merekam data berupa gambar orang dalam kegiatan imigrasi misalnya, mereka tentu akan mengolah data dalam jumlah besar,” kata Vice President Systems & Technology Group IBM ASEAN, Han Chung Heng, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa. Han mengatakan pengelolaan ‘big data’ oleh pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun daerah, bergantung pada tipe data yang direkam dalam jangka panjang seperti video, gambar, ataupun suara. “Data yang didapat pemerintah misalnya terkait prakiraan cuaca, transportasi, pelayanan kesehatan, atau imigrasi dengan ukuran terabit (TB) hingga zettabit (ZB),” kata Han. Analisa data berukuran zettabit itu, menurut Han, dimungkinkan jika pemerintah menggunakan closed-circuit television (CCTV) untuk mengawasi pelayanan kesehatan ataupun pelayan lain pemerintahan seperti yang akan diterapkan Pemerintah Provinsi DKI. “Jika CCTV itu diterapkan sekerang, mungkin mereka (Pemprov DKI) akan hadapi ‘big data’ pada dua tahun lagi,” katanya. Perusahaan riset IDC memperkirakan konten digital tidak terstruktur (unstructured) atau ‘big data’ secara global akan melonjak hingga 8 zettabit pada 2015 dengan 22 miliar perangkat terkoneksi Internet.
(I026)

***

18 ) 500 Pustakawan Nasional Kongres di Palembang
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/14/079441648/500-Pustakawan-Nasional-Kongres-di-Palembang

Rabu, 14 November 2012 | 03:52 WIB
TEMPO.CO , Palembang – Ratusan pustakawan nasional akan menggelar Kongres Pustakawan Nasional se-Indonesia yang ke-XII di Palembang, Sumatera Selatan pada 27 – 30 November 2012. “Ratusan pustakawan itu terdiri dari pustakawan kabupaten/kota, provinsi, perguruan tinggi juga pondok-pondok pesantren,” kata Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Supryanto, Selasa 13 November 2012. Selain kongres, ia menambahkan, ada juga pameran buku dan seminar. Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mendukung pelaksanaan kongres tersebut. Kepada Ketua IPI, Alex berjanji memberikan beasiswa pendidikan strata dua (S2) kepada Pustakawan yang akan mengikuti pendidikan di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM) ataupun ke Hawai, Amerika Serikat (AS). Selain beasiswa, kepada Supryanto, Alex ingin untuk mewujudkan perpustakaan yang lengkap di Sumatera Selatan. “Saya punya cita-cita membangun perpustakaan seperti yang ada di Chicago,” katanya menirukan ucapan Alex.

…dst

19 ) Indonesia ladang jual beli online terbesar se-Asia
http://www.antaranews.com/berita/343124/indonesia-ladang-jual-beli-online-terbesar-se-asia

Senin, 12 November 2012 19:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia memiliki potensi menjadi negara dengan laman jual beli online atau e-commerce terbesar se-Asia, menyusul perekonomian negara yang terus meningkat dan populasi yang terus berkembang. “Indonesia memiliki potensi pasar e-commerce terbesar di Asia karena pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat,” kata Chairman dan Kepala Eksekutif Rakuten.Inc Hiroshi Mikitani ketika membuah Rakuten Expo Jakarta di Jakarta pada Senin (12/11). Kepala Eksekutif MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan penetrasi Internet di Indonesia tumbuh sebesar 20 persen pada tahun ini dan dua-tiga tahun lagi akan tumbuh 40 persen. Tentunya, tingginya penetrasi Internet akan menggenjot pertumbuhan laman jual beli online. Faktor kedua, kata Hary, populasi di Indonesia terus naik terutama populasi yang berusia muda atau di bawah 40 tahun. Hebatnya, masyarakat usia muda itu sangat cerdas dan melek Internet yang masing-masing memiliki ponsel pintar. Faktor ketiga, timbulnya masyarakat kelas menengah sebanyak 130 juta di Indonesia. “Populasi muda Indonesia sebesar 70 persen dan masyarakat kelas menengah terus naik naik 130 juta,” katanya.

…dst

20 ) Palsukan Data, Rangking George Washington University Dicabut
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/15/373/718748/palsukan-data-rangking-george-washington-university-dicabut

Kamis, 15 November 2012 13:08 wib
WASHINGTON – George Washington University (GWU) tidak lagi menempati posisi ke-51 dalam daftar Kampus Terbaik versi US News & World. Pencoretan GWU dari daftar bergengsi itu disebabkan skandal pemalsuan data yang dilakukan GWU selama lebih dari satu dekade. GWU terbukti bersalah setelah menaikkan tingkat lulusan sekolah menengah atas (SMA) yang meminati kampus tersebut. Mereka melaporkan ke US News bahwa 78 persen lulusan SMA pada perhitungan ranking 2011 lalu adalah para siswa yang menempati 10 persen teratas lulusan. Angka sebenarnya jauh dari itu, yakni di bawah 58 persen. Pada Rabu, 14 November, waktu setempat, direktur riset data pada US News Robert Morse menjelaskan pada sebuah postingan blog resmi bahwa majalah tersebut memutuskan untuk menurunkan peringkat GWU dari 51 ke daftar “tidak ada peringkat”. “Status ini akan bertahan hingga publikasi pada 2014, dan hingga GWU mengonfirmasi bahwa data mereka berikan akurat dan sesuai dengan ketentuan US News,” ujar Morse, seperti dilansir Huffington Post, Kamis (15/11/2012). Peringkat lulusan SMA yang meminati suatu perguruan tinggi dapat menjadi pertimbangan betapa kampus tersebut menyeleksi calon mahasiswanya.

…dst

21 ) Dipo Alam Laporkan Tiga Kementerian ke KPK
http://www.seputar-indonesia.com/news/dipo-alam-laporkan-tiga-kementerian-ke-kpk

Kamis 15 November 2012
JAKARTA – Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam akhirnya mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melaporkan dugaan permainan proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang melibatkan staf khusus kementerian kader partai politik dan anggota DPR. Dalam laporannya, Dipo menyebut adanya tiga kementerian yang berpotensi melakukan kongkalikong lewat penyusunan anggaran proyek APBN. Hanya sayang, tokoh yang sering mengeluarkan pernyataan kontroversial itu tidak bersedia mengungkapkan kementerian dimaksud. Namun dia menegaskan kesiapannya dipanggil Badan Kehormatan (BK) DPR untuk memberi penjelasan atas persoalan tersebut. “Bahwa ini (yang berpotensi kongkalikong) diserahkan kepada KPK, laporan tersebut dengan dokumen-dokumen yang terlampir, saya serahkan kepada KPK malam ini. Dengan demikian, nanti kalau saya pulang diundang oleh BK DPR, tapi saya tidak mengharap betul, saya siap saja. Itu ada banyak, sekarang tiga kementerian,” kata Dipo seusai menyampaikan laporan di Gedung KPK Jakarta tadi malam.

…dst

22 ) Ubi Jalar Dinilai Potensial Ganti Beras di Papua
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/14/058441824/Ubi-Jalar-Dinilai-Potensial-Ganti-Beras-di-Papua

Rabu, 14 November 2012 | 18:40 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ketergantungan masyarakat Papua pada beras dikhawatirkan akan menciptakan krisis pangan. Pasalnya selama ini, sebagian besar kebutuhan beras masyarakat Papua dikirim dari luar pulau. Karena itu, ubi jalar dinilai lebih potensial untuk menjadi bahan pangan pokok masyarakat di sana. “Ubi jalar adalah bahan makanan utama orang Papua sejak dulu,” kata staf Oxfam, Kiloner Wenda, yang menulis buku berjudul `Ubi Jalar, si Manis Pemberi Kehidupan’ yang Rabu 14 November 2012 siang tadi, diluncurkan di Jakarta. “Kandungan gizinya tinggi, dan bisa dibudidayakan sendiri oleh orang Papua,” katanya. Secara turun-temurun, ubi jalar dan daging babi telah menjadi makanan pokok dan simbol persatuan serta perdamaian adat di Papua. “Jika ada tamu, atau upacara bakar batu, keluarga dan suku di Papua menyediakan ubi dan babi,” katanya. Masalahnya, belakangan ini tradisi itu berubah. Pada 2001, ketika Kiloner Wenda pulang dari studinya di Malang, Jawa Timur, keluarganya di Wamena, menyediakan nasi dalam upacara penyambutannya. “Kenapa tidak ubi jalar?” katanya bertanya-tanya. Dia menyaksikan perubahan ini tidak hanya dialami keluarganya, tapi banyak orang Papua lain.

…dst