1 ) Ini Konsep Syarat Masuk PTN Tahun Depan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/17/08263557/Ini.Konsep.Syarat.Masuk.PTN.Tahun.Depan

Sabtu, 17 November 2012 | 08:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wacana hasil Ujian Nasional (UN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dijadikan salah satu syarat bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) menguat. Tahun depan, rencana ini bakal diterapkan. Oleh karena itu, calon lulusan SMA/SMK diminta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli Zakaria, mengatakan hasil UN akan dijadikan syarat, namun tidak berdiri sendiri. Ujian masuk PTN tetap akan digelar. Namun, ujiannya hanya berisi tes potensi akademik saja. Materi mata pelajaran tidak lagi diujikan dalam ujian masuk ini. “(Tes) mata pelajarannya kan sudah melalui hasil UN. Jadi tidak perlu diujikan lagi. Hanya ada tes potensi saja dan ini biayanya juga akan lebih murah,” kata Ramli kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2012). Oleh karena itu, BNSP sebagai bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengkaji rencana soal UN untuk tahun depan. Sampai saat ini, kisi-kisi soal UN 2013 sudah rampung disusun. Rencananya, Selasa (20/11/2012), kisi-kisi ini sudah dapat diakses oleh para guru melalui situs BSNP atau situs milik Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kisi-kisi sudah selesai. Nanti bisa langsung dilihat di situs kami. Yang pasti tidak akan bergeser jauh dari tahun sebelumnya,” jelas Ramli. “Variasi soal tetap 20 jenis seperti yang telah dibicarakan. Jadi dalam satu kelas, siswa mendapat soal yang berbeda agar tetap konsentrasi mengerjakan,” tandasnya kemudian.

***

2 ) Dampak Kurikulum Baru pada Pelaksanaan UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/17/07405050/Dampak.Kurikulum.Baru.pada.Pelaksanaan.UN

Sabtu, 17 November 2012 | 07:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dipaparkan pada Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Boediono, Selasa lalu, kurikulum baru akan segera diuji publik dengan menawarkan berbagai pilihan terkait struktur kurikulum tiap jenjang maupun teknis penerapannya. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), kurikulum baru ini nyaris merombak keseluruhan sistem pembelajaran. Sebagai dampak, muncul pertanyaan apakah Ujian Nasional (UN) akan tetap dapat dilakukan dengan sistem pembelajaran berbasis tematik integratif ini? Anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli Zakaria, mengatakan bahwa ada kemungkinan UN ditiadakan pada tingkat SD. Namun bisa jadi UN tetap berlanjut dengan pola dan cara yang berbeda dari yang selama ini dijalankan. “Bisa jadi tidak ada UN. Tapi bisa juga UN tetap ada dengan kisi-kisi UN dari nasional tapi soal dibuat oleh sekolah,” kata Ramli kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2012). Sementara untuk jenjang yang lain seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), UN tetap dijalankan seperti biasa. Ia menuturkan bahwa untuk tingkat menengah ini, UN masih dianggap penting sebagai pertimbangan proses seleksi ke jenjang selanjutnya.

…dst

3 ) Mahasiswa Mabuk Jamur, Mengamuk, lalu Tewas
http://regional.kompas.com/read/2012/11/17/18091093/Mahasiswa.Mabuk.Jamur.Mengamuk.lalu.Tewas.

Sabtu, 17 November 2012 | 18:09 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Fahmi Ramadhan (21) seorang mahasiswa Fakultas Teknik Industri, Universitas Diponegoro, tewas setelah mengamuk usai menkonsumsi jamur kotoran sapi, Sabtu (17/11/2012). Fahmi tewas di sebuah rumah kos di Jalan Jatimulyo, Tambalang, Semarang. Penyebab kematian Fahmi diduga karena kehabisan darah setelah lengannya tergores pecahan kaca yang dipecahkannya saat mengamuk. Kejadiannya berawal ketika Fahmi, berkunjung ke rumah kos kawan kuliahnya, Reza Akbar (21). Tak lama satu kawan kuliah lainnya, Faisal datang. Ketiganya memesan magic mushroom atau jamur kotoran sapi secara online. Sekitar pukul 03.00 WIB, Fahmi dan Reza lalu mendatangi pool sebuah perusahaan travel untuk mengambil jamur pesanan. Setelah mendapatkan pesanannya, kedua orang itu kembali dan mengkonsumsi jamur dengan minuman energi. “Belinya tidak banyak. Beli Rp 250.000 dapat satu paket besar,” kata Reza saat dimintai keterangan di Mapolsek Tembalang. Reza menambahkan sebelumnya mereka sudah pernah mencoba namun dalam jumlah kecil sehingga efek memabukkan jamur ini tidak terasa.

…dst

4 ) Mahfud MD Siap Dicalonkan Sebagai Ketua Umum KAHMI
http://news.detik.com/read/2012/11/17/155219/2093290/10/mahfud-md-siap-dicalonkan-sebagai-ketua-umum-kahmi?n991103605

Sabtu, 17/11/2012 15:52 WIB
Jakarta – Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Yogyakarta akan mengusung Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi Ketua umum KAHMI. Mahfud MD dinilai sebagai sosok yang layak menjadi Ketua Umum KAHMI karena bersih dan tegas. “Kami akan mencalonkan Pak Mahfud dalam konggres KAHMI di Pekanbaru, 20 November mendatang,” kata Ketua Forum Alumni KOHATI/ HMI Wati Majelis Wilayah DIY, Retna Susanti pada pertemuan dangan para pengurus KAHMI di University Club (UC) UGM, Sabtu(17/11/2012). Menanggapi hal tersebut, Mahfud MD pun menyatakan tidak akan menolak untuk dicalonkan sebagai apapun di KAHMI. Sebagai warga KAHMI dirinya siap untuk ditempatkan di manapun. “Saya tidak menolak dicalonkan sebagai apapun di KAHMI, termasuk sebagai ketua umum KAHMI,” kata Mahfud MD.

…dst

5 ) KOMPETISI MOBIL LISTRIK NASIONAL- UNY Tiga Tahun Selalu Juara I, Siap Produksi Massal di 2013
http://www.seputar-indonesia.com/news/kompetisi-mobil-listrik-nasional-uny-tiga-tahun-selalu-juara-i-siap-produksi-massal-di-2013

Sabtu 17 November 2012
Tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil kembali mencuri perhatian publik dengan menjadi juara umum dalam Kompetisi Mobil Listrik Nasional (KMLI) yang diselenggarakan DP2M Dikti pada 2–4 November 2012. Gelar juara kali ini merupakan yang ketiga kalinya disabet tim mobil listrik UNY setelah pada 2010 dan 2011 lalu di ajang yang sama juga mampu menjadi yang terbaik. Beranggotakan 10 anggota tim dan satu dosen pembimbing Joko Istianto,mobil bernama FE-MAX Electric Car (Fecar) sukses dirakit sejak Mei 2012.Sedangkan penyelesaiannya pada Oktober 2012 lalu. Kesepuluh mahasiswa tersebut ialah Widodo,Aditya dan Warito dari Pendidikan Teknik Mesin; Rizki Edi,Wasan, dan Muklas dari Pendidikan Teknik Elektronika; Wahyu dari Pendidikan Teknik Automotif; Ranita dari Pendidikan Teknik Informatika; Irma Septiana dari Pendidikan Matematika; dan Niken dari Pendidikan Kimia. “Kesulitan mobil ini ada dikemudi karena harus mengubah kemudi sebelumnya. Kemudian mengembangkannya agar dapat disetel sesuai kemiringan yang diinginkan.Mobil listrik kami keluar sebagai juara umum setelah mendapat poin tertinggi dari hasil kalkulasi lima kategori. Yakni,kecepatan, percepatan,uji tanjakan, pengereman,dan efisiensi,” ujar Widodo yang bertindak sebagai ketua tim kemarin. Diungkapkan Widodo, kelebihan Fecar ialah digunakannya modifikasi controller sehingga memiliki energi mesin kuat dengan top speed 60 kilometer/jam yang dapat dicapai dalam waktu 7–8 detik. “Dengan dimensi mobil panjang 2 meter,lebar 1,28 meter, dan berat 189 kilogream (kg), mobil listrik tersebut menggunakan empat motor BLDC berkapasitas 2.000 watt dan speed controller di atas 2.000 watt sebagai mesin penggerak. Tidak puas hanya mempertahankan gelar juara umum dalam kompetisi tingkat nasional,tahun depan Tim Mobil listrik UNY berencana memproduksi mobil listrik Fecar secara massal dengan harga jual Rp25-30 juta.

…dst

6 ) UGM Gelar ICCSE- Dukung Solusi Persoalan Masyarakat
http://www.seputar-indonesia.com/news/ugm-gelar-iccse-dukung-solusi-persoalan-masyarakat

Sabtu 17 November 2012
YOGYAKARTA– Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk pertama kalinya menyelenggarakan konferensi internasional di bidang ilmu komputer,elektronika, dan instrumentasi. Kegiatan yang diberi nama International Conference on Computer Science, Electronics and Instrumentation (ICCSE) 2012 tersebut sebagai upaya memberi solusi atas persoalan di tengah-tengah masyarakat. “ICCSE 2012 diselenggarakan untuk menghadirkan perkembangan terbaru, hasil penelitian, penemuan, dan menjalin kolaborasi dari pembicara utama, presenter penelitian, serta peserta seminar. Diadakan bukan hanya sebagai forum ilmiah, tapi juga langkah nyata memberikan solusi masyarakat,” papar Ketua Panitia ICCSE 2012 Mardhani Riasetiawan kemarin. Pihaknya juga mendapat kontribusi peneliti bidang ilmu komputer,elektronika,dan instrumentasi dari Malaysia, Jepang, dan dari dalam negeri. Konferensi juga wujud dukungan bagi UGM sebagai interprestasi world class research university. Mardhani mengutarakan ICCSE 2012 menghadirkan tiga pembicara utama,yaitu Stefan Fenz dari Vienna University of Technology, peneliti dan Kepala Grup Riset Telekomuikasi dari LIPI Mashury Wahab, dan peneliti sekaligus Ketua MTI Indonesia Warsito Purwo Taruno. Stefan Fenz mempresentasikan tentang efisiensi energi pada gedung dan bangunan yang mendorong tercapainya green environment.

…dst

7 ) Perjalanan Mesin Waktu di FestiFrance 2012
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/17/14172155/Perjalanan.Mesin.Waktu.di.FestiFrance.2012

Sabtu, 17 November 2012 | 14:17 WIB
KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati 60 tahun keberadaan program studi Perancis di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Ikatan Keluarga Besar Studi Prancis (IKABSIS) menggelar FestiFrance2012, 20-22 November mendatang. Hampir semua acara digelar gratis untuk umum. Pada hari pertama, panitia akan menggelar pemutaran dan diskusi film berjudul “L’infinité du temps: L’estétique et la nostalgie au passé dans le film” dengan menghadirkan sutradara film Denias, John de Rantau, dan publisis Ade Kusumaningrum. Sementara itu, hari kedua akan diwarnai penyelenggaraan demo memasak dan seminar mengenai gastronomi serta seminar fotografi bertajuk “Recueillez le temps”. Pada hari terakhir, akan ada talkshow bersama Michelin “Cueillez votre jeunesse, Atteignez votre avenir” mengenai konsultasi pendidikan ke Perancis, serta seminar fesyen bertajuk “La Cycle de Mode. Pada seminar ini, akan hadir perancang busana asal Perancis, Dominique Aubry, perancang busana Indonesia Ichwan Thoha, serta Editor Fesyen Harper’s Bazaar Belina Ramadina.

…dst

8 ) Biaya Operasional Bakal Naik, BOS Tetap
Setelah Pemerintah Memastikan Jumlah Jam Belajar Ditambah
http://www.jpnn.com/read/2012/11/17/147164/Biaya-Operasional-Bakal-Naik,-BOS-Tetap-

Sabtu, 17 November 2012 , 06:18:00
JAKARTA – Pada kurikulum 2013 nanti sudah dipastikan jam belajar akan ditambah untuk semua jenjang. Dengan penambahan jam belajar itu, biaya operasional di setiap sekolah bakal naik. Namun pemerintah belum merencanakan menaikkan unit cost dana bantuan operasional sekolah (BOS). Kepastian penambahan jam belajar tidak akan mempengaruhi unit cost dana BOS ini disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim. “Penambahannya kan tidak signifikan, jadi belum sampai mempengarui biaya operasional secara signifikan juga,” ujarnya kemarin (16/11). Musliar mencontohkan, untuk kelas I, IV, V, dan VI SD lama jam belajar bertambah empat jam pelajaran per pekan (1 jam pelajaran setara 35 menit). Sedangkan untuk jenjang SMP jam belajar naik 6 jam pelajaran per pekan (1 jam pelajaran setara 40 menit). Sementara untuk tingkat SMA masih digodok.

…dst

9 ) 14.000 Situs Bersejarah Belum Tercatat
Cagar Budaya Tidak Bergerak di Jateng Baru Tercatat 1.779
http://cetak.kompas.com/read/2012/11/17/0231400/14.000.situs.bersejarah.belum.tercatat

17 November 2012
Temanggung, Kompas – Sekitar 14.000 situs bersejarah di berbagai pelosok Tanah Air belum tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akibat belum tercatat dan terdata rinci, situs-situs cagar budaya tersebut kerap menjadi sasaran pencurian.”Laporan kehilangan benda cagar budaya dari situs-situs yang belum terdata tersebut banyak kami terima dari wilayah Indonesia timur,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (16/11). Mempertimbangkan hal itu, Wiendu mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berupaya menuntaskan pencatatan situs sekitar 2-3 tahun mendatang. Dalam jangka waktu tersebut diharapkan seluruh situs telah tersertifikasi dan memiliki kode tertentu. Selama ini pendataan situs tidak bisa tuntas dilaksanakan karena terkendala banyak hal. Selain karena keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia, hal ini juga terkendala masalah akses jalan menuju situs yang sering kali sulit dijangkau. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah Sri Ediningsih mengatakan, di Jawa Tengah, jumlah cagar budaya tidak bergerak yang sudah tercatat sebanyak 1.779 benda atau bangunan cagar budaya. Adapun jumlah cagar budaya bergerak yang sudah tercatat mencapai sekitar 20.000 cagar budaya.

…dst

10 ) Pemkot Antisipasi Penggunaan Ijazah Palsu
http://www.seputar-indonesia.com/news/pemkot-antisipasi-penggunaan-ijazah-palsu

Sabtu 17 November 2012
PALEMBANG – Banyaknya pegawai negeri sipil (PNS) yang diduga menjadi pemesan ijazah palsu, yang sindikatnya berhasil diungkap baru-baru ini di Kota Palembang, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berpikir cepat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Husni Thamrin memastikan,ke depan akan ada pengawasan lebih ketat dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). “Penerimaan CPNS yang akan datang tentu akan lebih berhati-hati terhadap penggunaan ijazah palsu,” tegas Husni kepada SINDO kemarin. Menurut Husni, dalam penerimaan CPNS umumnya melampirkan legalisir ijazah dari lembaga pendidikan terkait. Hal ini tentu dapat menekan penggunaan ijazah palsu dari si pelamar.Tapi, kalau memang ditemukan CPNS yang menggunakan ijazah palsu,tentu hal tersebut akan menjadi pertimbangan untuk tidak diloloskan. “Tapi, kalau untuk pengangkatan dan jenjang karirnya, bisa saja ada upaya curang itu (penggunaan ijazah palsu). Tapi, PNS itu banyak, bukan hanya di lingkup Pemkot (Palembang) saja,”katanya. Dihubungi terpisah,Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang Agus Kelana mengatakan, untuk mengantisipasi penggunaan ijazah palsu, baik oleh dalam rekrutmen CPNS maupun jenjang karir PNS,pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak perguruan tinggi,termasuk lembaga koordinasi perguruan tinggi swasta (kopertis). “Kalau pun ada (PNS) yang lolos dengan ijazah palsu, dipastikan akan cepat ketahuan nantinya.

…dst

11 ) 2 Oknum Mahasiswa Teknik UIM Ditangkap
Tujuh Perusak Kantor NU Masih Diburu
http://www.jpnn.com/read/2012/11/17/147156/2-Oknum-Mahasiswa-Teknik-UIM-Ditangkap-

Sabtu, 17 November 2012 , 03:47:00
MAKASSAR – Dua orang oknum mahasiswa Universitas Islam Makassar, inisial AN dan AL, ditangkap petugas Polsekta Tamalanrea, di rumahnya di Jalan Mangga III, Jumat (16/11). Keduanya ditangkap karena diduga terlibat perusakan kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, beberapa waktu lalu. Penangkapan kedua orang tersebut bermula dari keterangan dua orang rekannya yang terlebih diamankan, akhir pekan lalu. Dari keterangan keduanya, AN dan AL, juga terlibat dalam insiden tersebut. Hingga kemarin, petugas belum mengetahui motif dibalik penyerangan kantor NU tersebut. “Dua orang pelaku perusakan kantor NU kembali kami tangkap. Masing-masing, AN dan AL. Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Teknik UIM,” papar, Kapolsekta Tamalanrea, Kompol Amiruddin, melalui Kanitreskrim Polsekta Tamalanrea, AKP Salim Datang, sore kemarin. Menurut, Salim Datang, pasca penangkapan kedua orang mahasiswa tersebut petugas masih melakukan pengejaran terhadap tujuh orang pelaku perusakan kantor NU lainnya. “Masih ada tujuh orang lagi yang kami kejar. Untuk sementara motif penyerangan masih dikatakan spontan. Masih kami dalami lagi,” paparnya.

…dst

12 ) Kurikulum Baru, Ada Wacana Buku Pelajaran Gratis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/17/14212599/Kurikulum.Baru.Ada.Wacana.Buku.Pelajaran.Gratis

Sabtu, 17 November 2012 | 14:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk kurikulum baru yang diterapkan pada Juni 2013 nanti dikabarkan buku-buku pelajaran akan diberikan secara gratis pada guru dan siswa. Tentunya hal ini membuat penerbit buku merasa khawatir dengan kebijakan yang diperkirakan berlaku pada 2013 ini. Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, Diah Harianti, mengatakan bahwa pihaknya masih menyiapkan model buku dan belum mengetahui perihal masalah percetakan. Namun ia mengakui wacana untuk memberikan buku pelajaran secara gratis memang ada. “Kami siapkan saja semuanya. Dicetak oleh negara atau swasta, kami masih belum tahu. Tapi untuk buku gratis itu memang ada rencana,” kata Diah kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2012). Terkait wacana ini, ia mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mengingatkan pada para penerbit agar tidak bergantung pada pembuatan buku pelajaran sekolah saja. Pasalnya, suatu hari nanti buku pelajaran sekolah ini memang akan digratiskan untuk para guru dan siswa.

…dst

13 ) PGRI Gembleng Guru dengan Kode Etik Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/11/15/147039/PGRI-Gembleng-Guru-dengan-Kode-Etik-Baru-

Kamis, 15 November 2012 , 21:41:00
CIKOPO – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menggelar pelatihan kepemimpinan di Puncak, Jawa Barat, sejak hari ini (15/11) hingga Minggu (18/11) mendatang. Ketua Umum PGRI, Sulistyo, menyatakan bahwa pelatihan itu dimaksudkan agar para guru memahami “Kode Etik Guru” yang akan diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari ulang tahun PGRI, 28 November mendatang. “Kita ingin para guru ke depan dapat lebih profesional lagi. Untuk itu sebagai langkah pertama, kita gelar pelatihan bagi para pengurus PGRI terlebih dahulu. Sehingga dalam menjalankan roda organisasi, mereka memiliki jiwa kepemimpinan,” ujar Sulistyo, Kamis (15/11). Menurutnya, pelatihan kepemimpinan ini sangat dibutuhkan. Sebab, selama ini cukup banyak guru yang mengalami intimidasi saat bertigas di lapangan. Karenanya, PGRI sebagai wadah par guru harus dapat memberikan kontribusi yang maksimal. Namun jika para pengurus belum memiliki wawasan yang luas, tentu hal tersebut sangat sulit dilakukan. “Makanya dalam pelatihan kali ini, itu kita beri materi wawasan kepemimpinan, wawasan pemahaman akan organisasi profesi, wawasan kebangsaan dan terutama wawasan akan etika profesi serta pemahaman akan isu-isu aktual yang mengemuka saat ini. Karena tanpa dibekali hal tersebut, akan sangat sulit organisasi dapat berperan maksimal bagi para anggota”, katanya.

…dst

14 ) JK: Tudingan Dipo Alam Tak Sesuai Prosedur
http://nasional.kompas.com/read/2012/11/17/17131448/JK.Tudingan.Dipo.Alam.Tak.Sesuai.Prosedur

Sabtu, 17 November 2012 | 17:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menyayangkan manuver politik yang dilakukan oleh Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Menurut JK, langkah Dipo mengungkap tiga kementerian yang terlibat kongkalikong dengan DPR tidak sesuai dengan prosedur. “Seperti keluarga saja, melaporkan itu sama saja saudara melaporkan saudaranya ke polisi bahwa saudaranya mencuri,” ujar pria yang akrab disapa JK kepada wartawan seusai menghadiri perayaan ulang tahun Kompasiana di Lantai 3 Gandaria City, Jakarta, Sabtu (17/11/2012). Menurut pria yang kini menjabat Ketua Palang Merah Indonesia tersebut, sekretaris seharusnya kabinet terlebih dahulu melaporkan dugaan kongkalikong yang belum dijelaskan itu kepada pemimpin negara, dalam hal ini presiden. JK menilai langkah yang sudah telanjur ditempuh itu dapat membuat kekacauan birokrasi di pemerintahan Indonesia. “Kan, tentu ditanya bapaknya (presiden) dulu dong, baru dipanggil. Itu suatu cara secara umum oke, tetapi caranya diperbaiki supaya pemerintah tidak kacau,” ujar JK.

…dst

15 ) Utang Negara Tambah USD 300 juta
Untuk Bangun Infrastruktur Desa
http://www.jpnn.com/read/2012/11/17/147157/Utang-Negara-Tambah-USD-300-juta-

Sabtu, 17 November 2012 , 02:33:00
JAKARTA – Program jangka panjang masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) makin deras menyedot pertambahan utang luar negeri Pemerintah. Salah satunya Asian Development Bank (ADB) yang menggelontorkan pinjaman program sebesar USD 300 juta, yang diperuntukkan pengurangan kesenjangan infrastruktur, dan memperkuat akses di pedesaan Indonesia. Wakil Kepala Kantor Perwakilan ADB Indonesia Edimon Ginting mengatakan, pinjaman tersebut diberikan kepada pemerintah Indonesia untuk membuka jalan pertumbuhan ekonomi yang sustainable atau berkelanjutan, serta inklusif. “Konektivitas yang kurang baik, kendala infrastruktur, dan biaya logistik yang tinggi, menghalangi “Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” kata Edimon, Jumat (16/11). Adanya disparitas kesejahteraan di Indonesia, ungkap Edimon, sangat terlihat pada ekonomi sektor riil, khususnya dalam hal konektivitas dan infrastruktur.”Dia mencontohkan, sekitar 70 persen perbedaan harga beras di daerah di seluruh Indonesia, merupakan ekses dari biaya pengiriman. “Adanya disparitas itu merupakan cerminan dari kondisi buruknya jalan, “pelabuhan yang padat, dan belum berkembangnya sistem transportasi antar pulau,” paparnya.

…dst