1 ) Suara Menteri Penentu Rektor Terpilih
http://www.jpnn.com/read/2012/11/22/147753/Suara-Menteri-Penentu-Rektor-Terpilih-

Kamis, 22 November 2012 , 10:42:00
BOGOR-Tiga calon rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) bersaing ketat memperebutkan kursi nomor di kampus kebanggaan masyarakat Bogor itu. Ketiga calon tersebut yakni Prof Herry Suhardiyanto, Prof . Zairin Junior dan Asep Saefudin. Ketiga figur terbaik IPB itu memiliki dukungan seimbang di tingkat Majelis Wali Amanat (WMA). Karenanya, suara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) akan menjadi penentu. Pasalnya, Mendikbud memiliki 35 persen suara. Jadi, siapa pun yang mendapat dukungan suara dari Menikbud, maka dialah yang menjadi rektor IPB periode 2012-2017. Informasi yang dihimpun Radar Bogor (Grup JPNN), calon incumbent, Herry Suhardiyanto peluang lebih besar. Pasalnya, dia selalu mendominasi perolahan suara sejak seleksi calon rektor dimulai Oktober lalu. Sejak seleksi tahap pertama sampai tahap empat, Herry selalu bertengger di urutan pertama.Kendati demikian, keunggulan Herry pada seleksi tahap I-IV tak bisa dijadikan jaminan mutlak untuk bisa memenangkan pertaruangan di tahap akhir. Terlebih, pesaing terberat Herry, Asep Saefudin disebut-sebut memiliki hubungan baik dengan Mendikbud Muhammad Nuh, sehingga besar kemungkinan pilihan sang menteri akan jatuh kepada Asep. Ketua Penitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB, Profesor Toto Toharman mengatakan, Mendikbud akan mempelajari dan menilai visi-misi calon rektor untuk dijadikan acuan dalam menentukan arah dukungannya. Menurut dia, menteri juga akan mempertimbangkan rekam jejak para calon selama mengabdi di IPB. Jadi, semua aspek dinilai secara seksama.

…dst

2 ) Mau Dapat Beasiswa dan Kerja di Astra?
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/368/721650/mau-dapat-beasiswa-dan-kerja-di-astra

Kamis, 22 November 2012 11:18 wib
JAKARTA – PT Astra International Tbk kembali membuka program beasiswa prestasi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) tahun akademik 2013/2014. Program beasiswa ini terbagi menjadi dua, yaitu Program Beasiswa Penuh (bebas biaya pendidikan dan subsidi biaya hidup sebesar Rp800.000 per bulan) dan Program Beasiswa Unggulan (bebas biaya sumbangan pendidikan). Beasiswa ini terbuka untuk warga negara Indonesia, yang berprestasi dan saat ini duduk di kelas 3 SMA/SMK seluruh jurusan. Syaratnya berusia tidak lebih dari 19 tahun pada September 2013. Periode pendaftaran sudah dimulai sejak 5 Oktober lalu. Tapi jangan khawatir, pendaftarannya masih terbuka hingga 4 Januari 2013. Ada empat tahap proses seleksi yang akan dilakukan, yaitu seleksi administrasi, psikotes, wawancara, serta tes kesehatan.

…dst

3 ) Ternyata, Insinyur di Indonesia Tidak Diakui!
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/21/373/721466/ternyata-insinyur-di-indonesia-tidak-diakui

Kamis, 22 November 2012 08:15 wib
JAKARTA – Indonesia saat ini tengah kekurangan tenaga insinyur. Ironisnya, negara lain justru memberdayakan para engineering untuk memajukan negaranya. Mengapa demikian? Menurut Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Said Didu, ada empat hal mendasar yang membuat profesi engineering bertitel insinyur kian tidak dilirik. “Pertama, pengakuan profesi insinyur tidak memiliki landasan undang-undang (UU). Di Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) kita juga tidak mengenal insinyur. Jadi profesi itu hilang dengan sendirinya,” ujar Said Didu saat berbincang dengan Okezone, Kamis (22/11/2012). Alasan yang kedua, karena tidak ada UU-nya, maka perlindungan negara atas profesi ini tidak ada. Selanjutnya yang ketiga, ujar mantan Sesmeneg ini, penghargaan insinyur di dalam negeri menjadi menurun. “Ini terlihat dari sistem penggajian bagi insinyur. Di Indonesia, gaji insinyur yang memegang peranan penting dan inti di perusahaan, lebih kecil dibanding gaji yang lainnya,” beber Said. Keempat, pada akhirnya, karena tidak ada UU yang mengatur mengenai insinyur maka semua orang bisa melakukan tugas insinyur, meski mereka bukan orang yang kompeten. “Ibaratnya mau operasi, kan ada aturannya. Harus bertitel dokter, kalau tidak ya tidak bisa mengoperasi orang,” jelas dia.

…dst

4 ) Insinyur RI 2 Kali Hengkang Besar-besaran
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/373/721625/insinyur-ri-2-kali-hengkang-besar-besaran

Kamis, 22 November 2012 10:42 wib
JAKARTA – Punahnya para pemilik gelar insinyur di Indonesia merupakan buntut panjang dari hengkangnya para ahli engineering ke luar negeri. Mereka angkat kaki dalam dua gelombang besar. Menurut Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Said Didu, mereka eksodus besar-besaran pada saat lahirnya Orde Baru. Pada era Bung Karno, beberapa pelajar sengaja disekolahkan di beberapa negara. Mereka dikirim dengan alasan Indonesia membutuhkan tenaga engineering untuk membangun bangsa. “Mereka ada yang dikirim antara lain Jerman dan Jepang, serta wilayah blok Timur, Rusian,” cerita Said Didu. Namun, begitu Presiden Soeharto naik tahta salah satu siswa yang disekolahkan, yakni BJ Habibie, dipanggil pulang ke Indonesia untuk mengembangkan pesawat terbang. “Hanya dia. Sementara yang dari Blok Timur tidak ada yang dipulangkan. Mereka tidak pulang karena lahan engineering memang sengaja ditutup,” tutur insinyur jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB). Gelombang hengkangnya para insinyur yang kedua, lanjut Said adalah pada saat lahirnya Era Reformasi. “Pada saat itu, BPPT ‘dimatikan’. Menristek saat itu, malah meminta BPPT meneliti jin hantu,” beber Said. Dengan situai seperti itu, banyak para ahli engineering Indonesia yang memilih untuk bekerja di luar negeri, di mana pemikiran dan keahliannya diberdayakan.

…dst

5 ) Insinyur RI Digaji Rp6 Juta, di Malaysia Dihargai Rp80 Jt
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/373/721550/insinyur-ri-digaji-rp6-juta-di-malaysia-dihargai-rp80-jt

Kamis, 22 November 2012 08:34 wib
JAKARTA – Bagaikan langit dan bumi, demikianlah kiasan yang pas untuk menggambarkan penghargaan para insinyur di Indonesia. Rendahnya penghargaan, membuat para insinyur bertitel tersebut memilih bekerja di negeri rantau ketimbang di Tanah Air. Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Said Didu menyebutkan, fakta di lapangan menyebutkan, gaji insinyur di Malaysia dan Singapura mencapai Rp80 juta per bulan. Sementara di Jepang angkanya lebih fantastis, mencapai Rp150 juta sampai Rp180 juta per bulan. “Di Indonesia insinyur berstatus PNS hanya Rp6 juta. Itu dengan catatan kalau renemurasi disahkan,” ujar Said Didu saat berbincang dengan Okezone, di Jakarta, Rabu 21 November kemarin. Said pun bercerita, para insinyur yang sedang menimba ilmu atau bekerja di luar negeri sebagai engineering, banyak yang menanyakan perkembangan kondisi di Indonesia kepada dirinya.

…dst

6 ) RUU Insinyur Didesak Cepat Tuntas
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/21/373/721126/ruu-insinyur-didesak-cepat-tuntas

Rabu, 21 November 2012 13:39 wib
JAKARTA – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mendesak agar rancangan undang-undang (RUU) Keinsinyuran bisa cepat diketok. Harapan ini diutarakan oleh Ketua Umum PII Said Didu dalam sambutannya di makalah Kongres XIX-2012, seperti dikutip Okezone, Rabu (21/12/2012). Said berharap, PII bersama DPR bisa menyelesaikan rancangan tersebut menjadi UU secara bersama-sama. “Kami berharap agar bulan-bulan ini,” Said mengimbuhkan. Sekadar diketahui, saat ini RUU Keinsinyuran tengah dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. RUU ini, di antaranya untuk mewujudkan tenaga ahli insinyur dalam negeri. Tujuannya untuk menjaga standar dan kompetensi di kancah internasional, antara lain melalui mekanisme sertifikasi.(rhs)

***

7 ) Kemdikbud buka peluang sarjana mengajar daerah terpencil
http://www.antaranews.com/berita/344660/kemdikbud-buka-peluang-sarjana-mengajar-daerah-terpencil

Rabu, 21 November 2012 21:00 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka peluang bagi 2.630 orang mengikuti program sarjana mendidik di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (SM-3T) untuk menempati posisi di seluruh Indonesia selama satu tahun untuk mengatasi kekurangan guru. “Kabupaten Biak, misalnya, bagi guru yang ingin kembali ke daerahnya akan diterima dan akan diangkat menjadi PNS di sana. Hal itu disampaikan oleh Bupatinya,” kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud Supriadi Rustad dalam penjelasannya di hadapan peserta Sarjana Mendidik (SM-3T), di Jakarta, Rabu. Tahun 2012 jumlah peserta yang mengikuti program SMT-3T meningkat dibanding 2011 sebanyak 2.479 orang, kini bertambah menjadi 2.630 orang. Peningkatan itu terjadi karena Kemdikbud terus melaksanakan penambahan lokasi yang dijadikan program SM-3T ke propinsi-propinsi lain, seperti Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara tetangga, Pulau Nias, dan Sulawesi Utara, kata Supriadi.

…dst

8 ) Terjunkan Mahasiswa Tingkat Akhir Praktik Mengajar di SMK
Atasi Kelangkaan Guru Produktif
http://www.jpnn.com/read/2012/11/22/147820/Terjunkan-Mahasiswa-Tingkat-Akhir-Praktik-Mengajar-di-SMK-

Kamis, 22 November 2012 , 21:01:00
JAKARTA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia ternyata masih minim guru-guru yang produktif. Untuk mengatasinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menerjunkan mahasiswa tingkat akhir untuk mengajar di SMK yang masih kekurangan guru produktif. “Dari 161.656 guru SMK, baru 22 persen guru produktif yang ada di SMK-SMK,” kata Surya Dharma, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Kemdikbud, dalam konferensi pers Peringatan Hari Guru di Kemdikbud, Kamis (22/11) petang. Dia menjelaskan, SMK sebagai pencetak lulusan berbasis keterampilan harus memiliki jumlah guru produktif yang memadai. Idealnya, minimal 50 persen dari total guru SMK merupakan guru produktif. Sementara kriteria guru produktif ialah para guru yang mengajarkan praktik keterampilan di SMK, seperti industri, mesin, otomotif, atau keterampilan lainnya. “Banyak terjadi kekurangan di bidang tekhnologi informasi, kelautan, kesehatan,” ungkap Surya. Kemdikbud sendiri sebenarnya telah menghitung jumlah kekurangan guru produktif untuk SMK. Untuk itu kementerian yang dipimpin Muhammad Nuh itu telah meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk menambah kuota rekrutmen guru SMK.

…dst

9 ) PT dan Industri Harus Bersinergi
http://www.seputar-indonesia.com/news/pt-dan-industri-harus-bersinergi

Kamis 22 November 2012
BANDUNG- Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, perguruan tinggi (PT) perlu menjalin kerja sama dengan industri. Hal ini diperlukan supaya bisa mensinergikan pengetahuan yang dimiliki perguruan tinggi dan mengaplikasikannya di dunia industri. “ITB harus bermitra dengan industri,karena tentunya tidak bisa hanya mengandalkan text booksaja.Lewat kerjasama dengan industri akan memperkaya pengetahuan bagi pengajar dan pengetahuan langsung bagaimana saat sebuah ilmu diterapkan sehingga bisa dishare,” katanya saat ditemui pada penyerahan beasiswa PT Candra Asri di Rapim A Gedung Rektorat ITB Jalan Ganeca Kota Bandung kemarin. Dia mencontohkan, penerapan manajemen lingkungan untuk industri. Menurutnya ITB memiliki kompetensi mengenai berbagai bidang yang menyebar luas pada beberapa program fakultas. Kerjasama dengan industri membuat pengetahuan yang dimiliki ITB tersebut bisa dibagikan dan dikembangkan oleh industri. “Kalau seperti itu,selain dosen punya pengetahuan yang kaya, kemampuan mahasiswa juga akan semakin banyak, baik itu hard skill ataupun soft skill-nya. Ini tentunya berguna saat mereka terjun di dunia kerja,”urainya. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 10 mahasiswa ITB yang berasal dari program studi (prodi) Teknik Kimia dan Teknik Mesin mendapatkan beasiswa sebesar Rp350 juta dari PT Candra Asri Petrochemical. Selain beasiswa,mahasiswa tersebut juga akan menjalani ikatan dinas selama dua tahun.

…dst

10 ) UGM Pertahankan Juara 1 ATLAS Sejak 2009
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/373/721822/ugm-pertahankan-juara-1-atlas-sejak-2009

Kamis, 22 November 2012 17:32 wib
JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih juara pertama dalam Ajang Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional (ATLAS) 3rd Brawijaya Law Fair besutan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Dengan demikian, UGM mengukuhkan diri sebagai juara bertahan selama tiga tahun berturut-turut. Adalah M Gibran Sesunan dan Daisyta Mega Sari. Dalam kompetisi karya tulis ilmiah nasional bertema Reformasi Birokrasi dalam Bingkai Pancasila: Solusi Mengatasi Bencana Korupsi itu keduanya mengangkat “Prismatika Hukum Pancasila dalam Re-desain Kelembagaan Polri dan KPK sebagai Bentuk Reformasi Birokrasi dalam Pemberantasan Korupsi”. Menurut salah seorang dosen pembimbing Dian Agung Wicaksono, karya tulis dari tim FH UGM berhasil lolos ke babak final setelah bersaing dengan 27 naskah karya tulis lainnya. “Pada babak final inilah delapan karya tulis yang lolos kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri dan tim peserta lain,” kata Dian, seperti dilansir dari situs UGM, Kamis (22/11/2012).

…dst

11 ) Juarai YORECO, Mahasiswa UNM Sisihkan 30 Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/373/721712/juarai-yoreco-mahasiswa-unm-sisihkan-30-kampus

Kamis, 22 November 2012 12:32 wib
JAKARTA – Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil merebut juara pertama pada ajang Young Indonesian Researcher Competition (YORECO). Tismi Dipalaya dan Mutmainnah Latif mengungguli peserta lainnya dengan memaparkan penelitian mengenai metode pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap perilaku siswa. Tismi menyebutkan, pada ajang tahunan tersebut, mereka mempersentasekan penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Siswa Pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. “Penelitian inilah yang menghantarkan kami merebut juara 1,” ujar Tismi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (22/11/2012). Dia mengaku bangga atas prestasi yang dicapai melalui ajang tersebut. Apalagi, mereka harus bersaing dengan 30 tim yang berasal dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. “Kami bersyukur UNM dapat diwakili oleh dua tim dan salah satunya bisa menjadi yang terbaik dibanding peserta lainnya,” kata pengurus Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penelaran UNM itu.

…dst

12 ) Tiga Mahasiswa UNS Temukan Messenger Ala Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/372/721879/tiga-mahasiswa-uns-temukan-messenger-ala-indonesia

Kamis, 22 November 2012 16:34 wib
SOLO – Berawal dari kekesalan sering troublenya messenger yang saat ini ada, seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger What’s APP, Blackberry Messenger, tiga mahasiwa dari Fakultas Olahraga, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, menemukan inovasi dalam berkomunikasi yang mereka beri nama Gold Messenger. Zandra Dwanita Widodo salah satu penemu mengatakan, cara kerja Gold Massenger ini tidak berbeda dengan messenger yang selama ini ada. Hanya saja yang membedakan dengan messenger yang ada yaitu keberadaan servernya. Bila What’s APP, Blackberry Messenger keberadaan servernya ada di luar negeri, sedangkan Gold Messenger ini servernya ada di dalam negeri tepatnya di Kota Solo,Jawa Tengah. “Jadi bila penduduk Indonesia beralih menggunakan Gold Messenger, maka kita telah berhemat sebesar Rp 7 triliun setiap harinya. Tanpa kita ketahui, negara setiap tahunnya membayar royalti Rp7 triliun kepada negara lain atas messenger yang selama ini kita pakai,” jelasnya kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (22/11/2012).

…dst

13 ) 30 Tim Mahasiswa Bertarung Mobil Irit di IEMC
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/22/373/721806/30-tim-mahasiswa-bertarung-mobil-irit-di-iemc

Kamis, 22 November 2012 16:00 wib
JAKARTA – Kawula muda Indonesia semakin kreatif dan inovatif dalam menghasilkan hasil karya, tidak terkecuali di bidang otomotif. Maraknya mobil irit karya mahasiswa yang berlaga di kancah internasional mendorong Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) menggelar kompetisi mobil irit dalam skala nasional, Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC). Pada penyelenggaraan kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya didapuk sebagai tuan rumah. Tepat pada esok hari, Jumat, 23 November 2012, sirkuit Kenjeran Park akan menjadi saksi lahirnya mobil-mobil irit karya mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. ”IEMC ini dicanangkan menjadi event tahunan Dirjen Dikti,” ujar Penanggung Jawab IEMC Indra Sidharta, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (22/11/2012). Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS dipercaya untuk menjadi penyelenggara pertama kompetisi yang terinspirasi dari kompetisi serupa Shell Eco Marathon (SEM) itui. Prestasi ITS dan perguruan tinggi lain di Indonesia dalam kompetisi SEM menjadi alasan utama diadakannya kompetisi bertaraf nasional ini.

…dst

14 ) 427 Calon Mahasiswa Indonesia Lulus Seleksi Masuk Mesir
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/22/364565/293/14/427-Calon-Mahasiswa-Indonesia-Lulus-Seleksi-Masuk-Mesir

Kamis, 22 November 2012 02:53 WIB
KAIRO–MICOM: Sebanyak 427 dari 2.800 calon mahasiswa Indonesia tersaring untuk melanjutkan kuliah di Universitas Al Azhar di Mesir.
“Dalam tahun akademik 2012/2013, tercatat 427 calon mahasiswa Indonesia belajar di Mesir setelah mereka lulus tes di Jakarta dari 2.800 orang calon,” kata Atase Pendidikan KBRI Kairo Prof Dr Sangidu, Rabu (21/11). Para calon mahasiswa dari berbagai pesantren di Indonesia itu lulus tes di Jakarta yang dilakukan langsung oleh tim dosen dari Universitas Mesir bekerja sama dengan Kementerian Agama Indonesia. Menurut Sangidu, tes pertama diadakan oleh Ikatan Alumni Al Azhar Internasional Cabang Indonesia yang diketuai Prof Dr Quraish Shihab di berbagai provinsi, dan tes kedua di Jakarta. “Tes pertama terjaring 600 orang, dan tes kedua meloloskan 427 orang, dan semuanya telah tiba di Mesir,” katanya.

…dst

15 ) Usakti jalin kerjasama dengan dua universitas Malaysia
http://www.antaranews.com/berita/344687/usakti-jalin-kerjasama-dengan-dua-universitas-malaysia

Rabu, 21 November 2012 23:50 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Rektor Universitas Trisakti (Usakti) Prof Dr Thoby Muthis menandatangani kesepakatan kerjasama dengan beberapa universitas ternama di Malaysia yakni Universitas Malaysia Trengganu dan Universitas Teknologi Mara Malaysia. Penandatangan kerjasama tersebut berlangsung di sela-sela acara bertajuk “The 1st International Conference on The Global Economic Crisis and The ASEAN Economy” di Gedung Hendriawan Sie Lantai 8 Kampus Usakti, Jakarta, Rabu. Prof Thoby Muthis yang menandatangani MoU dan disaksikan oleh Wakil Rektor (Warek) II Usakti Prof Dr Itjang D Gunawan, menyatakan kepada tamu undangan dan perwakilan 2 universitas ternama Malaysia tersebut tentang perlunya untuk lebih mengedepankan bahasa Melayu. “Antara bangsa Indonesia dan Malaysia adalah satu rumpun yang saling menguatkan dan menjalankan konsep Bung Karno yakni konsep Gotong Royong, dan mari kita kedepankan Bahasa Melayu,” kata Rektor Usakti.

…dst

16 ) ISNPM 2012, Kembali ke Pengobatan Alami
http://www.pikiran-rakyat.com/node/212306

Kamis, 22/11/2012 – 14:53
BANDUNG, (PRLM).-Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan International Seminar in Natural Product Medicines (ISNPM) 2012 ‘Current issues on future researches and applications of natural product medicienes’ di Aula Barat ITB, Jln. Ganesha, Kota Bandung, Kamis (22/11). Ketua Acara ISNPM 2012 Dr. Elfahmi mengatakan seminar ini diselenggarakan untuk berbagai informasi dan hasil penelitian mengenai penggunaan obat herbal di berbagai negara. “Di dunia saat ini kecenderungan tengah merngarah ke pengobatan back to nature. Kami upayakan obat-obat herbal ini untuk dapat legunakan dibanding obat formal pada umumnya,” kata Elfahmi.

…dst

17 ) Kongres Pertama Bahasa Perancis di Asia Tenggara
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/22/11241443/Kongres.Pertama.Bahasa.Perancis.di.Asia.Tenggara

Kamis, 22 November 2012 | 11:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kongres pertama Bahasa Perancis di Asia Tenggara digelar selama dua hari, 21-22 November 2012, di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta. Kongres ini melibatkan 10 negara ASEAN dan diikuti 200 peserta dari berbagai kalangan. Peserta kongres terdiri dari para pengajar bahasa Perancis di perguruan tinggi, SMA, Institut Français dan Alliances Française; para Presiden Asosiasi Pengajar Bahasa Perancis; para kepala jurusan bahasa Perancis dari berbagai universitas; para direktur kursus dan penanggung jawab pengajaran dari Institut Français, para atase bahasa Perancis dan koordinator bidang linguistik dari Kedubes Perancis se-ASEAN; para profesional penutur bahasa Perancis; para penanggung jawab pendidikan di 10 negara ASEAN, dan penanggung jawab Organisasi Frankofoni Internasional (OIF).

…dst

18 ) Pemerintah beri tunjangan khusus 53.038 guru
http://www.antaranews.com/berita/344849/pemerintah-beri-tunjangan-khusus-53038-guru

Kamis, 22 November 2012 20:52 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan tunjangan khusus bagi guru-guru yang bersedia ditempatkan di daerah terkait upaya mengatasi kekurangan guru, kata Direktur Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Sumarna Surapranata. “Jadi kami buat skema, guru yang mau mengajar di desa, kami berikan tunjangan khusus,” kata pria yang akrab disapa Pranata ini saat jumpa pers Hari Guru Nasional 2012 di Jakarta, Kamis. Menurut dia, jika dilihat secara keseluruhan, jumlah guru di Indonesia berlebih. Tetapi mayoritas terkonsentrasi di sekolah-sekolah di perkotaan. “Masalahnya para guru tidak mau dipindah ke desa,” katanya. Dengan adanya stimulus tunjangan khusus, hingga saat ini telah ada sebanyak 53.038 guru SD hingga SMP yang tersebar di berbagai pelosok negeri.

…dst

19 ) 66 Persen Daerah Terpencil Kurang Guru
http://www.jpnn.com/read/2012/11/22/147804/66-Persen-Daerah-Terpencil-Kurang-Guru-

JAKARTA – Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengatakan, dari sisi jumlah, ketersediaan guru di Indonesia sudah mencukupi. Bahkan rasio murid dengan guru sudah mengalahkan Jerman dan Korea Selatan. “Jumlah guru di Indonesia tahun 2012 mencapai sekitar 2,9 juta jiwa dengan ratio guru dan murid sekitar 1:18. Ratio tersebut mengalahkan Jerman (1:20) dan Korea Selatan (1:30),” kata Raihan Iskandar, dalam rapat kerja dengan jajaran Kemdikbud di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (22/11). Permasalahaan ketersediaan guru yang dihadapi Indonesia saat ini, lanjut Raihan, lebih disebabkan karena penyebarannya tidak merata. Di Aceh misalnya, ada satu kecamatan yang guru PNS-nya hanya 18 orang. “Padahal ada sembilan SD Negeri di situ. Mereka meminta kepada saya untuk menambah jumlah guru di sana. Ini satu bukti daerah kekurangan guru yang disebabkan oleh penyebaran yang tidak merata tadi,” bebernya.

…dst

20 ) Lagi, Ribuan Sarjana Disebar di Daerah Terpencil
http://www.jpnn.com/read/2012/11/21/147646/Lagi,-Ribuan-Sarjana-Disebar-di-Daerah-Terpencil-

Rabu, 21 November 2012 , 18:51:00
JAKARTA – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), kembali menyebar sebanyak 2.630 orang Sarjana Mendidik ke 34 daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T). Di antaranya Aceh, Nusa Tengara Timur, Papua, dan Papua Barat. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti, Supriadi Rustad menjelaskan, jumlah Sarjana Mendidik jumlah peserta SM-3T tahun ini meningkat dibanding 2011 yang hanya sebanyak 2.479 orang. “Kenapa bertambah? karena kita ekspan ke daerah-daerah yang lain. Misal Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara tetangga, Pulau Nias, Sulawesi Utara. Ada tambahan di sana,” kata Supriadi Rustad di sela-sela workshop media tentang SM-3T, di Jakarta, Rabu (21/11). Saat ini, program SM-3T masih berlaku jangka pendek, dimana pesertanya hanya berada di daerah selama satu tahun. Namun demikian, Supriadi menilai banyak manfaat yang diperoleh dari peserta SM-3T, sebagai masukan bagi Kemendikbud, terutama tentang kebutuhan pendidikan di daerah 3T tersebut. Keberadaan Sarjana Mendidik di daerah 3T juga diklaim telah membantu memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di wilayah pengabdiaannya. Total 4996 peserta SM-3T yang turun ke lapangan dalam dua tahun ini juga telah menjadi guru multifungsi.

…dst