1 ) Herry Suhardiyanto Terpilih lagi Jadi Rektor IPB
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/29/

Kamis, 29 November 2012 20:45 WIB
JAKARTA–MICOM: Sidang Paripurna Majelis Wali Amanat-Institut Pertanian Bogor (MWA-IPB) memutuskan untuk memilih kembali Prof Dr Herry Suhardiyanto sebagai rektor IPB periode 2012-2017. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Semoga dengan sudah terpilihnya rektor baru, ke depan IPB bertambah maju,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh seusai menghadiri sidang MWA yang berlangsung tertutup, pada Kamis (29/11) malam, di Jakarta. Sidang MWA dimulai sekitar pukul 19.00 dan selesai sekitar 19.40 WIB. Rapat pemilihan itu sendiri berlangsung tertutup. Ketua Pemilihan Rektor IPB Prof. Toto Toharmat menjelaskan pemilihan rektor IPB berjalan lancar dan kondusif. Berdasarkan hasil rekapitulasi data, dari total 48 suara yang memilih, petahana Herry Suhardiyanto berhasil mengantongi 23 kartu suara kuning dan 12 kartu suara biru. Dua kompetitornya, yaitu Dr. Asep Saefudin berada diurutan kedua dengan 5 suara kuning dan 4 suara biru dan Prof. Zairin Junior hanya mengumpulkan 1 kartu kuning dan 1 suara biru.

…dst

2 ) Mahasiswa Polines Raih Emas ASEAN Skills Competition
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/879

11/29/2012
Jakarta — Achmadi, mahasiswa jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih medali emas dalam ajang “The 9th ASEAN Skills Competition 2012” di Jakarta baru-baru ini. Ia menjadi salah satu anggota delegasi Indonesia dalam kegiatan 2 tahunan ini. Dalam ajang ini Indonesia mengirimkan 42 peserta dari berbagai perguruan tinggi. Direktur Polines, Totok Prasetyo mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih mahasiswa Polines di kancah international ini. “Terus berkarya dan berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa,” pesannya saat penyambutan juara ASEAN Skill Competition 2012 ini di kampus Polines, Kamis (29/11). Achmadi sangat gembira dengan pencapaiannya dalam ajang bergengsi tersebut. “Alhamdulillah saya bersyukur bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dan bisa membahagiakan kedua orangtua,” ucapnya bangga. Prestasi yang diraih lulusan SMK Negeri 2 Kendal ini diperoleh dalam kategori lomba refrigeneration and air conditioner.

…dst

3 ) Tim ITB Juarai IEEEXtreme 6.0
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/29/19193515/Tim.ITB.Juarai.IEEEXtreme.6.0

Kamis, 29 November 2012 | 19:19 WIB
KOMPAS.com – Tim DongskarPedongi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjuarai kompetisi internasional pemrograman yang diselenggarakan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Mereka menyisihkan 1.941 peserta dari sejumlah negara. Kompetisi yang dimaksud adalah IEEEXtreme 6.0, sebuah kompetisi yang dilakukan secara daring. Dalam waktu 24 jam, peserta menyelesaikan 20 soal dengan membuat program. Nilai tertinggi didapatkan tim yang mampu mengerjakan semua soal dengan algoritma yang sesuai. Tim ITB terdiri atas tiga mahasiswa Teknik Informatika ITB, yakni Gregorius Ronny Kaluge, Irvan Jahja, dan Christianto Handojo. (eld)

***

4 ) Mahasiswa Sains Presentasikan Solusi Masalah Energi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/29/15365564/Mahasiswa.Sains.Presentasikan.Solusi.Masalah.Energi

Kamis, 29 November 2012 | 15:36 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2012 memasuki babak grand final. Sebanyak 24 mahasiswa dari berbagai kampus yang menjadi finalis dari empat kategori teori (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi) serta 8 finalis dari kategori science project mempresentasikan makalah di depan dewan juri nasional di Kampus UI Depok. Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication PT. Pertamina (Persero), Kamis (29/11/2012) menjelaskan, pengumuman pemenang OSN Pertamina Tingkat Nasional dilaksanakan Jumat besok. OSN Pertamina 2012 memperlombakan dua kategori yaitu kategori Theory dan kategori Science Project dengan hadiah total sebesar Rp 2,8 miliar. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, untuk pertama kalinya OSN Pertamina melombakan kategori Science Project sebagai ajang untuk menghasilkan prototype suatu temuan atau invensi berupa alat, proses, metode atau produk iptek maupun teknologi tepat guna yang dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

…dst

5 ) Beasiswa S-2 Vaksinologi di Italia
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/29/368/724845/beasiswa-s-2-vaksinologi-di-italia

Kamis, 29 November 2012 11:00 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran University of Siena, Italia, menawarkan beasiswa magister (S-2) dalam bidang vaksinologi dan farmasi klinis. Program beasiswa bertajuk Master Programme in Vaccinology and Pharmaceutical Clinical Development ini merupakan kerjasama Fakultas Kedokteran University of Siena, dengan Novartis Vaccines and Diagnostics, Novartis Vaccines Institute for Global Health (NVGH), dan Advanced Immunization Technologies (Aditec). Beasiswa akan diberikan kepada pelamar yang memenuhi kualifikasi, termasuk para peneliti yang terlibat dalam pengembangan vaksin yang didanai European & Developing Countries Clinical Trials Partnership (EDCTP). Peserta program akan mengikuti perkuliahan selama satu tahun di University of Siena dan enam bulan magang di Novartis. Program ini akan memberikan mereka yang tertarik pada kesehatan publik dan penyakit menular kesempatan untuk mempelajari pemanfaatan vaksin untuk mencegah penyakit, dampak imunisasi, pengembangan vaksin dan peran para stakeholder dalam kebijakan tentang vaksin dan imunisasi, dengan fokus kajian pada negara-negara berkembang.

…dst

6 ) Kacung Marijan Jadi Pelaksana Tugas Dirjen Kebudayaan
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/877

11/29/2012
Jakarta — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, sekarang tidak lagi rangkap jabatan sebagai pelaksana tugas (plt) Direktur Jenderal Kebudayaan. Mendikbud Mohammad Nuh telah menunjuk Kacung Marijan sebagai Plt Dirjen Kebudayaan yang baru. Saat ini Kacung juga menjabat sebagai Staf Ahli Mendikbud Bidang Kerja Sama Internasional. “Jumat lalu pagi-pagi saya ditelepon Pak Sesjen, diberitahu bahwa saya diminta Pak Menteri jadi plt Dirjen Kebudayaan. Karena Bu Wiendu sudah banyak kerjaannya. Kebudayaan perlu diurus lebih serius lagi. Karena itu untuk pembagian tugas secara umum, saya lebih teknis untuk kebudayaan,” ujar Kacung saat ditemui usai jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, (28/11). Guru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga tersebut mengatakan, ia akan menjalankan program kebudayaan, yaitu tiga plus satu.

…dst

7 ) IPB Bangun Pusat Informasi Kehutanan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/29/17254214/IPB.Bangun.Pusat.Informasi.Kehutanan

Kamis, 29 November 2012 | 17:25 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) bakal mendirikan Pusat Informasi Kehutanan yang berlokasi di dalam area kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Pembangunan Pusat Informasi Kehutanan IPB ini mendapat dukungan Tanoto Foundation senilai Rp 8,36 miliar. Keberadaan pusat informasi yang dinamakan Tanoto Forestry Information Center (TFIC) IPB tersebut diharapkan menjadi wahana diseminasi informasi dan teknologi di bidang kehutanan kepada masyarakat luas. Sosialisasi dan diseminasi membutuhkan sarana dan fasilitas canggih untuk menghimpun dan menyebarluaskan informasi serta dapat menjangkau pengguna dalam kemasan dan waktu yang tepat. Informasi ini membutuhkan outlet, seperti jendela informasi dan jejaring untuk menjangkau pengguna seperti mahasiswa, alumni, pelaku usaha, praktisi, pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga non-pemerintah.

…dst

8 ) Rektor UPI Minta Tinjau Kembali Implementasi UU Sisdiknas
http://www.pikiran-rakyat.com/node/213299

Kamis, 29/11/2012 – 15:23
BANDUNG, (PRLM).- Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Sunaryo Kartadinata mengatakan perlu adanya pengkajian ulang terhadap implementasi UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No 20 tahun 2003. Dia menilai esensi UU Sisdiknas tidak melekat pada kebijakan pendidikan di lapangan. Ini dikarenakan pemahaman yang tidak utuh terhadap UU. “Kita perlu kaji ulang UU Sisdiknas apakah sudah dilaksanakan secara konsisten atau belum.Apakah jiwa kandungan UU Sisdiknas sudah terjadwalkan dalam kandungan kebijakan dan regulasi pendidikan secara konsisten. Ini harus didasarkan pada pemaknaan yang utuh. Kita harus revitalisasi, bangun kembali penyelenggaraan pendidikan sejalan dengan kandungan jiswa UU Sisdiknas,” kata Prof Sunaryo dalam Seminar Nasional “Revitalisasi Pendidikan dalam Menyiapkan Generasi Madani” di Aula Gedung BPU Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis (29/11/12).

…dst

9 ) Unpad Akan Masukkan Kurikulum Kewirausahaan
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/29/079444885/Unpad-Akan-Masukkan-Kurikulum-Kewirausahaan

Kamis, 29 November 2012 | 19:29 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Universitas Padjadjaran Bandung berencana memasukkan materi kewirausahaan dalam kurikulum akademiknya. “Ini diharapkan bisa melahirkan lulusan mahasiswa pencipta lapangan kerja, bukan pencari kerja alias pengangguran,” kata Wakil Rektor Universitas Padjadjaran Bidang Kerja Sama dan Sistem Informatika Med Setiawan kepada Tempo pada Kamis, 29 November 2012. Konsep kewirausahaan berbasis ekonomi digulirkan Sharifah Hapsah Syed Hasan Shahabudin, professor asal Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), yang menerima anugerah gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) dalam bidang Manajemen Pendidikan Tinggi dari Unpad. Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul Universiti Penyelidikan dalam Era Ekonomi Berteras Inovasi, Sharifah mengatakan konsep kewirausahaan ini dilakukan dengan menerapkan budaya inovasi dan kewirausahawanan melalui tiga strategi.

…dst

10 ) KKN Unhas Sosialisasikan Pencegahan Narkoba di Wilayah Perbatasan
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/876

11/29/2012
Nunukan, Kalimantan Timur — Peserta kuliah kerja nyata (KKN) tematik kerja sama Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) melaksanakan sosialisasi pencegahan narkoba di posko TNI Yonif 407, akhir bulan November 2012. Kegiatan digelar di Desa Aji kuning kecamatan sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan timur. Kegiatan ini dihadiri oleh 80 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kesehariannya melaksanakan kegiatan pengawasan dan penjagaaan perbatasan Indonesia dan Malaysia di pulau sebatik. Kegiatan sosialisasi narkoba ini berlangsung selama 3 hari di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di pulau tersebut. Tujuan kegiatan sosialisasi ke kalangan akademi ini adalah untuk mengajarkan mengenai bagaimana pengaruh negatif dari senyawa narkoba sehingga mereka terhindar dari penyalahgunaan narkoba sejak dini.

…dst

11 ) HI Undip Rekrut Dosen Kontrak
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/29/207062/HI-Undip-Rekrut-Dosen-Kontrak

29 November 2012
SEMARANG – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Diponegoro (Undip) membutuhkan dua dosen kontrak. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengatakan, pendaftaran dibuka hingga 12 Desember. `’Dua formasi dosen kontrak yang dibuka untuk Ilmu Hubungan Internasional dan Kriminologi. Masing-masing mensyaratkan minimal S-2 dan ijazahnya linier dengan S-1,” katanya. Persyaratan lainnya mencakup IPK lebih dari 3,25 dan usia maksimum 30 tahun. Selain itu, mereka dituntut menguasai salah satu bahasa asing secara aktif. Lamaran ditujukan kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip Jl Prof H Soedarto Tembalang.

…dst

12 ) Mendongkrak Kualitas Insinyur RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/29/373/724979/mendongkrak-kualitas-insinyur-ri

Kamis, 29 November 2012 13:59 wib
JAKARTA – Tanggung jawab untuk kembali menumbuhkan minat dan kecintaan terhadap profesi insinyur tidak hanya dirasakan oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang baru Bobby Gafur Umar tapi juga Wakil Ketua PII Hermanto Dardak. Dia menyatakan, fokus utama peningkatan insinyur ditinjau dari dua sisi, yakni kuantitas dan kualitas. Hermanto menyebutkan, dari segi kuantitas, pembangunan dua institut teknik yang dicanangkan pemerintah merupakan langkah pendukung yang tepat untuk meningkatkan jumlah sarjana teknik di Indonesia. Apalagi, lanjutnya, letak kedua institut tersebut sangat strategis dengan program pembangunan yang direncanakan pemerintah. “Dua institut teknik itu baik dan dekat lokasi, konsenterasi pembangunan. Dan pembangunan itu memerlukan tenaga yang lebih intensif. Maka, kedua institut ini akan membantu memproduksi tenaga insinyur yang dibutuhkan itu,” papar Hermanto ketika berbincang dengan Okezone belum lama ini.

…dst

13 ) Indonesia Perjuangkan Noken Warisan Dunia Unesco
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/29/366273/293/14/Indonesia-Perjuangkan-Noken-Warisan-Dunia-Unesco

Kamis, 29 November 2012 06:23 WIB
JAKARTA–MICOM: Pemerintah Indonesia akan berjuang dalam sidang Unesco di Paris, Prancis pada 4 Desember mendatang untuk menjadikan “noken” atau tas rajutan khas Papua diakui sebagai warisan budaya dunia. “Usulan noken sebagai warisan dunia sudah dilakukan sejak empat tahun terakhir dengan beberapa kali revisi dan pada 4 Desember nanti kami akan memperjuangkan di hadapan 26 anggota komite warisan dunia yang dihadiri wakil dari 189 negara,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti kepada pers di Jakarta, Rabu (28/11). Unesco adalah Badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. Setiap tahun, ujar Wiendu, pihaknya berusaha untuk menjadikan minimal satu budaya menjadi warisan budaya dunia. Tahun ini Subak sudah diakui sebagai warisan dunia. Kemudian tenun, dan noken,” katanya.

…dst

14 ) Sistem Pendidikan Indonesia Terendah
Wamendikbud: Jangan Mudah Percaya Survei-survei
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/29/09124469/Wamendikbud.Jangan.Mudah.Percaya.Survei-survei

Kamis, 29 November 2012 | 09:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menanggapi hasil penelitian yang dilakukan oleh firma pendidikan Pearson, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya begitu saja. Pasalnya, banyak bukti yang menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia memiliki standar yang baik. “Jangan mudah percaya. Sekarang, siapa saja bisa membuat survei dengan mengatasnamakan lembaga internasional. Kita lihat buktinya saja sekarang, anak-anak kita banyak yang berprestasi,” kata Musliar kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2012). Seperti hari ini, pihaknya baru saja memberikan penghargaan kepada 46 siswa sekolah dasar (SD) yang berprestasi di ajang olimpiade matematika dan sains tingkat internasional. Anak-anak ini berhasil menyabet medali emas, perak, dan perunggu dalam olimpiade yang digelar di Romania, Hongkong, Taiwan, dan India.

…dst

15 ) Uji Publik Kurikulum 2013 Digelar Tiga Hari
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/29/20425726/Uji.Publik.Kurikulum.2013.Digelar.Tiga.Hari.

Kamis, 29 November 2012 | 20:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Uji publik pengembangan kurikulum 2013 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dimulai di Jakarta, Kamis (29/11/2012) malam ini, mengundang 383 orang dari berbagai unsur. Pada pembukaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberi pengarahan dan presentasi kurikulum 2013. Mereka yang dilibatkan dalam uji publik yang berlangsung hingga 1 Desember nanti yakni anggota Komisi X DPR, nara sumber Wakil Presiden, Kemendikbud, Kementerian Agama, perguruan tinggi, unsur perwakilan agama, himpunan profesi, kepala dinas pendidikan provinsi, kopta/kabupaten, tim pengembang kurikulum, satuan pendidikan, serta unsur lain yang relevan. Khairil Anwar Notodiputro, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, mengatakan, konsep pengembangan kurikulum pada tingkat nasional dilakukan dengan menyusun kurikulum, panduan pelaksanaan kurikulum, dan pembelajaran, serta model teks buku pelajaran.

…dst