1 ) Kuliah Kelas Jauh Dibubarkan
Kemendikbud Minta Polisi Turun Tangan
http://www.jpnn.com/read/2012/12/03/148984/Kuliah-Kelas-Jauh-Dibubarkan-

Senin, 03 Desember 2012 , 04:47:00
JAKARTA – Maraknya kampus yang membuka kelas jauh berdampak negatif. Tidak sedikit di antara mereka itu ternyata kampus abal-abal dan melansir ijazah ilegal. Alhasil, banyak masyarakat menjadi korban. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang menyiapkan peraturan pemerintah (PP) untuk membubarkan praktek kuliah kelas jauh. Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Achmad Jazidie mengaku kesulitan menertibkan kampus-kampus yang membuka kelas jauh. “Kita sulit menindak karena tidak memiliki cantolan hukumnya,” ujar guru besar Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) itu. Saat ini Kemendikbud mewacanakan untuk mengakhiri praktek kuliah kelas jauh. Jalannya adalah dengan menyiapkan peraturan pemerintah (PP) yang merujuk ke Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Dikti). Secara tegas PP ini mengatur tentang pendirian, perubahan, dan penutupan perguruan tinggi (PT). Jazidie mengatakan draf PP tersebut sudah matang. Tinggal tahap harmonisasi lintas kementerian. Dengan PP itu, Ditjen Dikti memiliki “senjata” untuk menindak kampus-kampus bandel yang masih tetap menjalankan praktek kelas jauh. Mulai dari menegur hingga menutup. Jazidie menegaskan bahwa pembukaan kelas jauh ini sudah masuk ranah pidana karena mengandung unsur penipuan. Karena itu, kepolisian sejatinya bisa menindak kampus-kampus nakal tersebut. Sayangnya, sejauh ini polisi belum mengambil tindakan apa pun.

…dst

2 ) Mendikbud Klaim Pengangguran Intelektual Menurun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/12/12/03/meg8qz-mendikbud-klaim-pengangguran-intelektual-menurun

Senin, 03 Desember 2012, 16:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh membantah pengagguran intelektual mengalami peningkatan. Ia justru memperlihatkan data sebaliknya. “Jadi, kalau kita lihat, sebenarnya ada penurunan,” katanya saat ditemui di Kantor Presiden, Senin (3/12). Ia mengatakan berdasarkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) berdasar jenjang tahun pendidikan, sejak 2010 hingga 2011 ada perubahan signifikan. Pada 2010, jumlah pengangguran dari universitas utamanya strata satu ada 0,7 juta atau 8,5 persen sedangkan pada 2011 mengalami penurunan ada 0,5 juta atau 6,4 persen. Hal serupa juga terjadi untuk jumlah pengangguran tingkat diploma yang semula 0,4 juta menjadi 0,2 juta. “Ada perbaikan,” katanya. Menurutnya, faktor perbaikan itu tak lain karena lulusan perguruan tinggi semakin bagus dan memiliki kompetensi yang memadai. Mereka semakin bisa diterima di lapangan pekerjaan.

…dst

3 ) ITS rangkul 23 universitas kembangkan riset unggulan
http://www.antaranews.com/berita/346646/its-rangkul-23-universitas-kembangkan-riset-unggulan

Senin, 3 Desember 2012 20:07 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya merangkul 23 universitas di kawasan Indonesia Timur untuk mengembangkan riset unggulan, terkait potensi universitas dan provinsi setempat. “Kerja sama antaruniversitas selama ini bersifat pendidikan, namun kami memilih kerja sama riset untuk pengembangan sumberdaya manusia (universitas) dan sumberdaya alam (provinsi),” kata Pembantu Rektor IV (Bidang Kerja Sama) ITS Prof Darminto di Surabaya, Senin. Oleh karena itu, pihaknya mengundang lembaga penelitian (lemlit) pada ke-23 universitas di Kalimantan, Sulawesi, Madura, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. “Mereka sangat senang, karena biasanya mereka mendatangi universitas yang akan diajak kerja sama,” katanya. Namun, katanya, ITS justru mengundang mereka, bahkan ITS juga mengirim tim pendahulu yang justru mendatangi pimpinan dari 23 universitas di kawasan Indonesia Timur itu. “Mereka sangat membahas riset yang akan dikerjasamakan di Rektorat ITS pada 1-2 Desember,” katanya.

…dst

4 ) Pemerintah Tengahi Penyelesaian Masalah Usakti
http://www.dikti.go.id/?p=7310&lang=id

03 December 2012
Jakarta, 3 Desember 2012-“Kalau dibiarkan berlarut-larut konfliknya tak akan selesai,” ujar Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dit. Lemkerma, Ditjen Dikti, Kemdikbud), Achmad Jazidie dalam diskusi publik terkait penyelesaian masalah penyelenggaraan pendidikan di Universitas Triskati (Usakti) di Gedung D Lantai 2, Komplek Kemdikbud.Beberapa pihak yang turut hadir dalam diskusi ini diantaranya pihak yayasan, rektorat dan BEM Usakti, Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi X Bidang Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pakar hukum, perwakilan karyawan, dosen, alumni, orang tua mahasiswa serta undangan lainnya.

…dst

5 ) Pemerintah Ambil Alih Universitas Trisakti
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/03/079445569/Pemerintah-Ambil-Alih-Universitas-Trisakti

Senin, 03 Desember 2012 | 14:50 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah akhirnya memutuskan mengambil alih pengelolaan Universitas Trisakti setelah kampus tersebut menjadi rebutan yayasan dengan rektorat. “Sebab, kalau dibiarkan berlarut-larut, konfliknya tak akan selesai,” kata Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Achmad Jazidie, Senin, 3 Desember 2012. Jazidie menjelaskan, banyak pihak mendukung pemerintah untuk menyelesaikan konflik di Universitas Trisakti. Dukungan juga terlihat dalam pertemuan hari ini di Kemendikbud antara pihak yayasan dan rektorat Universitas Trisakti, pakar hukum, dan Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia. Rencananya, setelah ini Ditjen Pendidikan Tinggi akan segera melapor ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dan menggelar pembicaraan lebih lanjut dengan pemangku kepentingan, di kantor Komnas HAM. “Kami akan rekonsiliasi karena, kan, sekarang kami sudah mengantongi restu dari sejumlah pihak.”

…dst

6 ) Unpad Menuju Kampus Internasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/12/03/meg2es-unpad-menuju-kampus-internasional

Senin, 03 Desember 2012, 14:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, Universitas Padjadjaran bakal menginternasionalisasi seluruh fakultasnya untuk menuju World Class University. Wakil Rektor III Unpad, Setiawan, mengungkapkan spektrum kerja sama dengan dalam dan luar negeri mutlak diperlukan dalam internasionalisasi kampus Unpad. Pasalnya, kerjasama sebagai alat untuk meningkatkan citra institusi dan peningkatan kualitas institusi tersebut. Internasionalisasi pendidikan di Unpad sudah mulai terjadi dengan dibukanya beberapa universitas yang berafiliasi dan beberapa universitas yang menjalani program dual degree keluar negeri. “Unpad terus mengejar agar terakreditasi secara internasional dengan menghasilkan publikasi internasional, peningkatan kualifikasi dosen dan staf dan peningkatan kompetensi kelulusan,”jelasnya saat Lokakarya Internasionalisasi Fakultas di lingkungan Unpad, Senin (3/12).

…dst

7 ) Kemendikbud-Oracle Academy Sediakan Tenaga Kerja IT Terampil
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/03/373/726544/kemendikbud-oracle-academy-sediakan-tenaga-kerja-it-terampil

Senin, 03 Desember 2012 15:04 wib
JAKARTA – Menyadari pentingnya bagi masyarakat untuk memiliki kemampuan dalam Information Communication Technology (ICT), maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng PT Oracle Indonesia untuk mengimplementasikan Oracle Academy Kurikulum Pengenalan Ilmu Komputer. Salah satu bagian penting dalam kurikulum Oracle Academy, yakni Java Fundamentals dan pelatihan “Getting Started with Java Using Alice” pada program pengembangan Kemendikbud di 500 sekolah. Upaya ini akan memungkinkan Kemendikbud untuk membangun fondasi yang kuat dari program teknologi, membantu mendorong pengetahuan dan minat siswa pada ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan melatih 1.000 guru. Dengan demikian, para guru tersebut dapat mempersiapkan 50 ribu siswa di sekolah menengah di seluruh Indonesia agar sukses berkarir sebagai praktisi TI handal untuk memenuhi permintaan lokal terhadap tenaga kerja teknologi yang sangat terampil.

…dst

8 ) Uji Publik Kurikulum 2013: Penyederhanaan, Tematik-Integratif
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1

Posted Mon, 12/03/2012
Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada 13 November 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada 22 November 2012. Ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui saluran daring (on-line) pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013. Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

…dst

9 ) Rektor asal Bali Dukung Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/12/367232/293/14/Rektor_asal_Bali_Dukung_Penyempurnaan_Kurikulum_Pendidikan

Senin, 03 Desember 2012 11:32 WIB
DENPASAR–MICOM: Rektor Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar Sri Darma menyambut positif penyempurnaan kurikulum pendidikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Ia menilai hal itu sebagai terobosan untuk mengejar ketertinggalan, sekaligus meningkatkan daya saing bangsa. “Pendidikan yang berbasis pada kompetensi dan pengembangan karakter bangsa menjadi tuntutan dalam menghadapi persaingan global tahun 2020,” katanya di Denpasar, Senin (3/12). Menurut dia, penyempurnaan kurikulum itu memang sudah seharusnya dilakukan karena mempunyai peran penting untuk menjadikan Indonesia mampu memenangkan persaingan di era global itu. “Kurikulum mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan kejuruan yang diterapkan selama ini sangat kemungkinkan para anak didik mengejar nilai semu, tanpa melihat moral,” ujar Sri Darma.

…dst

10 ) Universitas Negeri Semarang Gelar Sinden Idol
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/03/367205/293/14/Universitas-Negeri-Semarang-Gelar-Sinden-Idol

Senin, 03 Desember 2012 08:36 WIB
SEMARANG–MICOM: Rektor Universitas Negeri Semarang Sudijono Sastroatmodjo berpendapat ajang Sinden Idol yang digelar universitas tersebut merupakan salah satu wujud konservasi budaya. “Konservasi tidak hanya dalam bentuk fisik, seperti penghijauan, tetapi juga konservasi nilai, salah satunya Sinden Idol ini,” katanya di sela Grand Final Sinden Idol 2012 di Semarang, Minggu (2/12) malam. Menurut dia, regenerasi sinden perlu dilakukan untuk mempertahankan kesenian tradisional yang dimiliki masyarakat Jawa itu agar tidak hilang, apalagi selama ini belum ada ajang pencarian bakat sinden. Jangan sampai, kata dia, bangsa Indonesia kebakaran jenggot ketika bangsa lain mengklaim sinden sebagai budayanya karena tidak dirawat, dikembangkan, dan diwariskan kepada generasi muda.

…dst

11 ) Mahasiswa Fateta Unand Usung Keranda
http://regional.kompas.com/read/2012/12/03/1942182/Mahasiswa.Fateta.Unand.Usung.Keranda.

Senin, 3 Desember 2012 | 19:42 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Senin (3/12/2012), kembali melakukan demonstrasi menuntut mundurnya dekan fakultas tersebut. Mahasiswa mengusung keranda hitam sebagai simbol matinya kepemimpinan di fakultas itu. Sebelumnya, pada Kamis lalu, mahasiswa fakultas tersebut juga menggelar demonstrasi dengan tuntutan serupa. Mereka menuntut kejelasan pengelolaan keuangan fakultas tersebut. Selain mengusung keranda, para mahasiswa dalam demonstrasi itu juga melaksanakan upacara secara simbolis. Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Andalas, Azmy Uzandy, mengatakan, untuk sementara pihak rektorat merespons tuntutan mahasiswa dengan mengambil alih tugas dekan. “Rektor mengambil alih tugas dekan, dan keputusan selanjutnya akan dibicarakan bersama dengan seluruh dosen pada Rabu mendatang,” ujar Azmy.

…dst

12 ) Siswa SMA Disubsidi Rp 1 Juta Setahun
http://www.jpnn.com/read/2012/11/04/145746/Siswa-SMA-Disubsidi-Rp-1-Juta-Setahun-

Minggu, 04 November 2012 , 05:54:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya menekan biaya pendidikan di tingkat SMA/SMK. Tahun depan pemerintah memberikan subsidi biaya operasional kepada lebih dari 9,9 juta siswa SMA/SMK. Staf Khusus Mendikbud Sukemi mengatakan, dana bantuan operasional siswa sekolah menengah dipatok sebesar Rp 1 juta per siswa per tahun. Dengan demikian, dibutuhkan Rp 10 triliun dari anggaran pendidikan. Kalau digabung dengan siswa SMA/SMK yang berada di bawah Kemenag, jumlah siswanya bisa lebih dari 11 juta orang sehingga dibutuhkan Rp 11 triliun. “Dana BOS (bantuan operasional sekolah) sekolah menengah ini akan mampu mencukupi kebutuhan 80 persen biaya pendidikan, khususnya biaya sumbangan pembangunan pendidikan dan uang pangkal sekolah,” katanya. Khusus untuk siswa yang berasal dari keluarga miskin, Kemendikbud juga akan mengalokasikan anggaran biaya bantuan pendidikan. Tahun depan dialokasikan bantuan biaya pendidikan bagi 1.172.844 siswa SMA/SMK. “Dengan pemberian bantuan siswa miskin ini, diharapkan tidak ada lagi kesan siswa miskin dilarang sekolah,” terang Sukemi.

…dst

13 ) Defisit anggaran membengkak
http://www.antaranews.com/berita/346641/defisit-anggaran-membengkak

Senin, 3 Desember 2012 19:38 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, defisit anggaran berpotensi melebar dari yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 2,23 persen akibat bertambahnya beban subsidi energi yang akan ditanggung pemerintah. “Jumlah defisit anggaran akan lebih dari 2,23 persen. Secara fiskal kondisi baik, namun subsidi BBM bisa lewat Rp200 triliun,” ujarnya di Jakarta, Senin. Menkeu memperkirakan defisit anggaran tersebut akan berada pada kisaran 2,3 persen hingga 2,4 persen akibat kelebihan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang diprediksi hingga mendekati 46 juta kiloliter. Untuk itu, ia terus meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral agar menjaga volume BBM bersubsidi dan melakukan upaya pengendalian, karena akan menambah beban anggaran subsidi energi pada 2013.

…dst