1 ) Sapu Angin UNY Juarai Lomba Desain Kincir
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/01/10512721/Sapu.Angin.UNY.Juarai.Lomba.Desain.Kincir

Selasa, 1 Januari 2013 | 10:51 WIB
BANTUL, KOMPAS.com – Tim Sapu Angin dari Universitas Negeri Yogyakarta meraih juara pertama lomba desain kincir angin tingkat nasional di Pantai Baru Pandansimo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 27-31 Desember 2012. “Tim Sapu Angin dari UNY berhasil menjadi juara pertama karena menghasilkan energi listrik paling besar dari 26 tim peserta lomba lainnya, yakni sebesar 230 watt jam,” kata Ketua Tim Juri Lomba Desain Kincir Angin Nasional, Heru Santosa, Senin (31/12/2012) malam. Ia saat mengumumkan hasil pememang lomba di Pendopo Parasamya, Bantul, menyebutkan juara kedua diraih tim Naga Phasa dari UNY (191 watt jam), juara ketiga tim Garda Tamansiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta (166 watt jam).

…dst

2 ) UAD Kerjasama Dengan Universitas Tiga Negara
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/01/10392186/UAD.Kerjasama.Dengan.Universitas.Tiga.Negara

Selasa, 1 Januari 2013 | 10:39 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada 2013 akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Australia, Korea Selatan, dan Jepang. “Pada 2013 akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan empat universitas di negara-negara tersebut,” kata Rektor UAD Kasiyarno di Yogyakarta, Selasa (1/1/2013). Menurut dia empat perguruan tinggi itu adalah University of Wollongong dan La Trobe University, Australia, Jungwon University, Korea Selatan, dan Shinjuku Japanese Language Institute, Jepang. “Kerja sama dengan perguruan tinggi asing itu akan memfokuskan pada pertukaran mahasiswa dan dosen, penerbitan karya ilmiah, seminar dan lokakarya bersama, penelitian, dan realisasi studi lanjut S3 dosen UAD di luar negeri,” katanya. Ia mengatakan saat ini tercatat 77 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara menempuh pendidikan di UAD. Sebanyak 60 persen dari jumlah mahasiswa tersebut berasal dari China.

…dst

3 ) 85 Beasiswa S-1 hingga S-3 di Rumania
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/01/368/739794/85-beasiswa-s-1-hingga-s-3-di-rumania

Selasa, 01 Januari 2013 13:21 wib
JAKARTA – Pemerintah Rumania menyiapkan 85 beasiswa untuk pelajar internasional. Beasiswa ini tersedia pada jenjang sarjana dan pascasarjana di berbagai perguruan tinggi di Rumania. Meski terbuka pada semua bidang studi, beasiswa akan diprioritaskan kepada pelamar yang memilih bidang ilmu politik dan administrasi, pendidikan, peradaban, dan kebudayaan Rumania, jurnalisme, ilmu teknik, ilmu perminyakan dan gas bumi, agrikultur, kesehatan hewan, arsitektur, dan seni. Beasiswa akan meliputi biaya pendidikan dan akomodasi mahasiswa selama di Rumania. Fasilitas beasiswa juga termasuk biaya bulanan yang besarannya tergantung level studi yang diambil seseorang. Pemerintah Rumania menyiapkan beasiswa untuk tiga level studi:

…dst

4 ) Januari 2013, USN Berubah Status jadi PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/12/29/152249/Januari-2013,-USN-Berubah-Status-jadi-PTN

Sabtu, 29 Desember 2012 , 14:13:00
KOLAKA – Kado indah diakhir tahun bagi Universitas 19 November (USN). Penantian bertahun-tahun untuk meningkatkan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan terjawab pada 3 Januari 2013. Saat itu, Pemkab Kolaka akan menyerahkan aset USN ke Kemendiknas untuk dijadikan PTN. Bupati Kolaka Buhari Matta mengatakan, Pemkab Kolaka tinggal menunggu surat resmi dari Kemendiknas untuk hal tersebut. “Yang jelas, informasi saya terima secara lisan dari Kementriaan Pendidikan, pada 3 Januari Pemkab Kolaka, USN serta dari pihak DPRD sendiri akan menghadiri pertemuan itu untuk membicarakan status USN yang bakal menjadi universitas negeri di Kolaka,” kata Buhari seperti yang dilansir Radar Kolaka (JPNN Group), Sabtu (29/12). Jika rencana itu terwujud, maka USN akan tercatat dalam sejarah sebagai universitas pertama yang berstatus negeri di tingkat kabupaten se Sulawesi. “Jika USN jadi universitas Negeri. Maka secara tidak langsung dapat menjadikan sejarah baru bagi Kolaka,” tuturnya. Sementara itu rektor USN Kolaka Azhari saat dihubungi melalui selulernya membenarkan hal tersebut. Pada 3 Januari USN akan ada penyerahan aset USN kepada Kementerian Pendidikan Nasional. “Insya allah serah terima aset, penandatanganan berita acara dan MoU antara pemerintah kabupaten Kolaka, USN dengan Menteri Pendidikan dilaksanakan tanggal 3 Januari 2013 mendatang,” ungkapnya.

…dst

5 ) Sekolah Akreditasi A Wajib Ikut Unas
http://www.jpnn.com/read/2013/01/01/152570/Sekolah-Akreditasi-A-Wajib-Ikut-Unas

Selasa, 01 Januari 2013 , 07:50:00
JAKARTA – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) mengusulkan supaya sekolah terakreditasi A tidak perlu ikut ujian nasional (unas). Sayangnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) keberatan dengan usul tersebut. Seluruh sekolah tetap wajib mengikuti unas. BAN-S/M mengusulkan sekolah terakreditasi A tidak perlu ikut unas bukan tanpa alasan. Mereka mengusulkan itu sebagai bentuk apresiasi terhadap sekolah yang sudah mampu mengejar persyaratan akreditasi A. Dengan usul ini, semakin banyak sekolah yang termotivasi memenuhi akreditasi A. Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, secara resmi usul dari BAN-S/M itu masih wacana di internal mereka. “Belum sampai ke kami,” tuturnya kemarin (31/12). Meski secara resmi usulan tadi belum masuk, Musliar mengatakan Kemendikbud tidak akan menjalankannya. Dia menyebut, posisi unas itu sangat strategis. Khususnya untuk kepentingan siswa di tingkat SMA/sederajat. Sebab, nilai unas dan rapor menjadi acuan siswa yang bersakutan diterima kuliah di kampus negeri melaui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). “Syarat mendaftar SNM PTN kan mengacu pada nilai rapor dan hasil unas. Jika sekolah akreditasi A tidak mengikuti unas, berarti tidak memenuhi persyaratan SNM PTN,” tambah mantan rektor Universitas Andalas, Padang, itu.

…dst

6 ) Mendikbud: Ujian Nasional Bisa Berubah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/01/10251444/Mendikbud.Ujian.Nasional.Bisa.Berubah

Selasa, 1 Januari 2013 | 10:25 WIB
BANGKALAN, KOMPAS.com – Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan bahwa ujian nasional (UN) akan bisa berubah bila Kurikulum 2013 sudah benar-benar diterapkan. “Tahun ini (2013), UN masih tetap, karena perubahan kurikulum masih Juni 2013, sedangkan UN akan dilaksanakan pada April-Mei 2013,” katanya dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 di Bangkalan, Senin (31/12/2012). Dalam sosialisasi di hadapan sejumlah ulama se-Madura di Pesantren Al-Hikam, Burneh, Bangkalan, ia mengemukakan “proses” dan “output” dalam Kurikulum 2013 itu sama-sama penting. “Karena itu, proses dan output harus dikombinasikan, sehingga UN ke depan akan bisa berubah, tapi perubahan itu bukan sekarang, sebab Kurikulum 2013 masih tahap uji publik,” katanya. Menurut dia, perubahan Kurikulum 2013 itu tidak dilandasi kepentingan politik sama sekali, melainkan murni dengan landasan akademik, karena itu pihaknya melakukan uji publik Kurikulum 2013.

…dst

7 ) Guru tak Lagi Dibebani Membuat Silabus
Yang Teladan jadi Master Teacher
http://www.jpnn.com/read/2013/01/01/152607/Guru-tak-Lagi-Dibebani-Membuat-Silabus

Selasa, 01 Januari 2013 , 17:01:00
JAKARTA – Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum baru 2013 masih diragukan banyak pihak, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meyakinkan bahwa skenario pelatihan sudah disiapkan. Salah satunya dengan menyiapkan Master Teacher yang jumlahnya mencapai 300 ribu-an. “Pelatihan guru sudah disiapkan, dengan master teacher,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemdikbud, Ibnu Hamad saat dikonfirmasi JPNN, Selasa (1/01). Terkait guru yang akan menjadi implementor perubahan kurikulum 2013 ini, Kemdikbud akan mempersiapkan guru dalam dua hal. Pertama guru saat mengajar dan kedua, persiapan guru sebelum mengajar. Pada saat guru mengajar, dengan kurikulum baru ini guru-guru tidak lagi dibebani dengan berbagai hal yang dapat megganggu konsentrasi guru. Contohnya, guru tidak lagi dibebani membuat silabus seperti pada kurikulum KTPS. Mendikbud Mohammad Nuh akhir pekan kemarin juga menyampaikan hal serupa, bahwa kewajiban guru membuat silabus akan membuat guru tambah ‘mumet’. “Oleh karena itu, guru tidak usah mikir, kita kasih bukunya (buku babon), dilatih cara gunakan bukunya. Guru kita ajari konsepsi dan pendekatannya,” kata Mohammad Nuh.

…dst

8 ) Finalisasi Internal Uji Publik Kurikulum Baru Segera Rampung
http://www.jpnn.com/read/2013/01/01/152605/Finalisasi-Internal-Uji-Publik-Kurikulum-Baru-Segera-Rampung

Selasa, 01 Januari 2013 , 16:28:00
JAKARTA – Uji publik perubahan kurikulum pendidikan 2013 memang telah usai. Namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih harus melakukan sejumlah tahapan lagi. Yakni finaliasai internal yang kemudian diserahkan kepada tim narasumber kurikulum. Uji publik sendiri berhasil menjaring sekitar 7000 masukan. Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemdikbud, Ibnu Hamad saat dikonfirmasi JPNN, Selasa (1/01) menyebutkan, Mendikbud Mohammad Nuh  dalam rapat pimpinan Jumat akhir pekan kemarin sudah menginstruksikan agar Kepala Balitbang Kemdikbud melakukan finalisasi atas hasil uji public tersebut. “Targetnya tanggal 3 Januari sudah ada finalisasi di internal Kemdikbud. Hasil itulah yang nantinya akan dibawa kepada tim narasumber kurikulum tanggal 4 Januari untuk pengamblan keputusan,” kata Ibnu Hamad. Sebelumnya Mendikbud Mohammad Nuh juga menyampaikan bahwa dalam finalisasi hasil uji public kurikulum 2013 yang tengah dilakukan, tim akan menyaring 7000 masukan selama uji publik. Hal itu untuk memilih masukan-masukan yang dapat diakomodir dalam perubahan kurikulum. “Setelah itu akan disampaikan kepada Pak Wapres, presentasi di Kabinet dan terakhir disinergikan dengan hasil pembahasan Panja (Panitia Kerja Kurikulum) DPR, baru diputuskan,” pungkasnya.(fat/jpnn)

***
9 ) Peneliti Temukan Petunjuk soal Sel Kebaikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/31/373324/293/14/Peneliti-Temukan-Petunjuk-soal-Sel-Kebaikan

Senin, 31 Desember 2012 11:01 WIB
JAKARTA–MICOM: Peneliti menemukan sel otak yang hanya bergejolak saat monyet berbagi, yang bisa menjadi pentunjuk tentang syaraf yang mendasari altruisme, kebaikan. Menurut hasil studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience edisi 23 Desember 2012, sel-sel otak pada monyet objek penelitian bergejolak saat mereka memberikan jus, yang mewakili sifat kebaikan dan perilaku tidak egois. “Dorongan primitif untuk melakukan kebaikan pada binatang mungkin berkembang menjadi altruisme yang kita lihat pada manusia sekarang,” kata salah satu penulis studi tersebut, ahli syaraf Michael Platt dari Duke University. Namun memahami kerja altruisme di otak cukup rumit. Saat orang melakukan sesuatu yang tidak egois seperti beramal, sirkuit yang biasa bergejolak saat makan coklat atau melakukan sesuatu yang menyenangkan jadi aktif,” kata Platt kepada LiveScience.

…dst