PROGRAM DISEMINASI PENGETAHUAN
Sejumlah Laman Keilmuan Diluncurkan
http://cetak.kompas.com/read/2013/01/10/02401359/sejumlah.laman.keilmuan.diluncurkan.

Kamis, 10 Januari 2013
Jakarta, Kompas – Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, meluncurkan sejumlah laman keilmuan. Hal itu sebagai upaya mencerdaskan masyarakat, terutama membantu pengembangan masyarakat di daerah terpencil.
Demikian dikemukakan Ketua Scientific Board Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Laksono Trisnantoro kepada wartawan, Rabu (9/1), di Jakarta. Dalam hal ini, PMPK melaksanakan Program Penyebaran Ilmu (Knowledge Dissemination Program) dengan menyebarluaskan berbagai ilmu pengetahuan di bidang kebijakan dan manajemen kesehatan lewat jaringan internet.

Laman-laman itu adalah www.kebijakankesehatanindonesia.net, www.manajemenrumahsakit.net, www.manajemen-pelayanankesehatan.net, www.manajemen-pembiayaankesehatan.net, www.manajemen-pendidikankedokterankesehatan.net, www.bencana-kesehatan.net, www.kesehatan-ibuanak.net, www.desentralisasi-kesehatan.net, dan www.mutupelayanankesehatan.net. Selain itu ada dua jurnal, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (www.jmpk-online.net) dan Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia (www.jurnal.kebijakankesehatanindonesia.net). Pada umumnya laman bisa diakses secara gratis. Namun, pada laman Manajemen Rumah Sakit ada bagian yang berbayar untuk bisa mengakses modul pelatihan, diskusi jarak jauh, reportase, dan literatur khusus..

Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Sutoto, saat dihubungi Rabu malam, menyambut baik peluncuran laman-laman tersebut. “Bagus sekali. Banyak informasi dalam konteks Indonesia sehingga bermanfaat bagi proses pembelajaran, tidak saja bagi pengelola rumah sakit di perkotaan, tetapi juga di daerah terpencil,” katanya. Jika konten bermanfaat, ia yakin, rumah sakit tak berkeberatan menjadi pelanggan. Apalagi laman bisa diakses staf rumah sakit. Laman-laman itu juga bermanfaat bagi pengelola dinas kesehatan, asuransi kesehatan, pendidikan kesehatan, mahasiswa, dan masyarakat. (ATK)

***