1 ) SBY Paparkan Dua Langkah Utama Atasi Banjir Jakarta
http://news.liputan6.com/read/492358/sby-paparkan-dua-langkah-utama-atasi-banjir-jakarta

Posted: 20/01/2013 15:37
Liputan6.com, Jakarta : Dua langkah utama dijanjikan segera dilakukan pemerintah pusat dan DKI Jakarta untuk mengatasi banjir di Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, usai rapat terpadu di posko pengungsi di GOR Otista, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2013), langkah pertama dan paling mendesak adalah membuat terusan atau sodetan dari Ciliwung ke arah Kanal Banjir Timur. “Ketika banjir kemarin, Kanal Banjir Barat menampung, sementara Kanal Banjir Timur relatif tidak terisi. Kalau dibagi dua, dampaknya tidak akan seperti ini,” kata SBY dalam jumpa pers di Kampung Kebon Sayur, Bidara Cina, itu. SBY mengatakan, telah dilakukan studi untuk mengerjakan langkah ini. Jika dikerjakan segera, ditergetkan selesai pada Mei 2014. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 500 miliar. Kedua, menata daerah aliran Sungai Ciliwung. Kerja ini membutuhkan kerja sama semua pihak. “Pemerintah DKI Jakarta akan menyediakan lahan dan pendekatan ke masyarakat sekitar,” kata SBY. Biaya yang dialokasikan sebesar Rp 1,2 triliun untuk pengerjaan selama 2 tahun. Menurut SBY, sinergi dibutuhkan karena Jakarta bukan hanya salah satu propinsi dari 33 propinsi di Indonesia. Lebih dari sekadar itu, “Jakarta merupakan pusat pemerintahan, pusat perekonomian, juga pusat hubungan internasional,” ujar SBY. Juga melihat skala bencana banjir ini yang tak bisa ditangani sendiri.

…dst

2 ) Pemuda Indonesia Tolong Kami!
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/19/367/748675/pemuda-indonesia-tolong-kami

Sabtu, 19 Januari 2013 12:10 wib
…cut…hingga saat ini peran pemuda belum terlihat jelas dan nyata dalam membantu para korban banjir. Para pemuda seperti mahasiswa yang merupakan calon pemimpin masa depan negara Indonesia harusnya juga harus turut andil untuk membantu warga masyarakat yang terkena banjir, tidak hanya di wilayah DKI Jakarta maupun juga di berbagai wilayah lainnya di Nusantara. Uluran tangan pemuda Indonesia ini pun tidak sebatas pada musibah banjir, tetapi juga bencana alam seperti tanah longsor yang juga diakibatkan oleh curah hujan yang sedang intens mengguyur wilayah-wilayah di Indonesia. Saat ini bantuan berupa moril maupun materiil sangat dibutuhkan para korban banjir. Kebutuhan-kebutuhan itu antara lain makanan, obat-obatan, pakaian, dan tempat tinggal yang saat ini menjadi faktor penting untuk membantu mereka. Kebutuhan-kebutuhan itu harusnya juga dapat diusahakan oleh para pemuda dan mahasiswa untuk membantu dalam rangka tujuan sosial. Sinergisitas antara para pemimpin dan pemuda seharusnya dapat terjalin untuk mengefektifkan bantuan-bantuan tersebut.

…dst

3 ) Saat Ide-ide Bisnis Mahasiswa Tumpah Ruah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/20/13221316/Saat.Ide-ide.Bisnis.Mahasiswa.Tumpah.Ruah

Minggu, 20 Januari 2013 | 13:22 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com – Jika berkunjung ke kampus Prasetiya Mulya Business School di BSD Serpong, Sabtu (19/1/2013), siapa pun bisa geleng-geleng kepala. Hampir semua stand produk bisnis para mahasiswa dalam acara Entrepreneur Day 2013 diwarnai ide-ide segar dan brilian yang selama ini dipandang sebelah mata atau bahkan terlewatkan. Tentu saja, mereka juga ingin menjadi pemenang dalam ajang ini. Ya, Entrepreneur Day adalah ajang lomba ide dan kreativitas bisnis yang digelar setiap tahun oleh Prasetiya Mulya Business School. Tahun ini, dengan tema “Sustanation”, ajang ini diharapkan tak hanya menginspirasi para remaja untuk berwirausaha tetapi juga memperhatikan alam dan lingkungan sosial.

…dst

4 ) JABATAN KOORDINATOR TANPA ESELON
http://www.kopertis6.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=956:jabatan-koordinator-tanpa-eselon&catid=47:news&Itemid=182

Bendan Duwur – Lahirnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2013, tentang Organisasi dan Tata Kerja Kopertis sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 ayat 4, jabatan Koordinator merupakan tugas tambahan dan bukan pejabat struktural, sehingga tanpa eselon. “Pertama kali diangkat sebagai Koordinator Kopertis VI, saya menduduki eselon IIa. Dengan munculnya kebijakan baru tersebut jabatan Koordinator tanpa eselon, diberlakukan mulai 2 Januari 2013. Karena merupakan tugas tambahan, saya tetap berkewajiban mengajar, minimal 12 -16 SKS. Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Bapak DYP saat melakukan sosialisasi PERMENDIKBUD No.1 Tahun 2013 kepada jajarannya di kantor setempat, baru-baru ini.

…dst

5 ) Penguatan LPTK Perlu Dukungan Pemerintah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/19/07432623/Penguatan.LPTK.Perlu.Dukungan.Pemerintah

Sabtu, 19 Januari 2013 | 07:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Penyiapan calon guru di lembaga pendidikan tenaga kependidikan perlu diperkuat pemerintah jika berkomitmen menghasilkan guru profesional. Karena itu, perlu prioritas terhadap dukungan bagi lembaga pendidikan tenaga kependidikan untuk memiliki pendidik dan sarana prasarana pendidikan yang tak kalah kualitasnya dari perguruan tinggi umum. “Kalau lembaga pendidikan tenaga kependidikan atau LPTK disiapkan untuk mendidik calon guru, berarti pemerintah memang harus menyiapkan dengan baik. Tetapi persoalan sekarang, dosen-dosen di LPTK juga banyak yang tidak kompeten untuk menyiapkan calon guru, demikian juga sarana prasarana di LPTK dibandingkan PT lain. Ya kalah jauh,” kata Aris Winarto, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, yang dihubungi dari Jakarta, Sabtu (19/1/2013).

…dst

6 ) Bulan Depan, Unair Berubah Jadi PTN BH
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/18/373/748361/bulan-depan-unair-berubah-jadi-ptn-bh

Jum’at, 18 Januari 2013 17:16 wib
JAKARTA – Berdasarkan Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN) diinstruksikan untuk mengubah statuta menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) tahun ini. Salah satu dari tujuh kampus yang dipastikan berubah statutanya adalah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sekretaris Unair Hadi Shubhan mengungkap, selain mengubah statuta, UU Dikti No.12/2012 tersebut pun mengamanatkan Unair untuk secara final telah mengatur pengelolaan keuangan internal sebagai PTN BH. “Saat ini memang sedang diproses Unair sebagai PTN BH. Bulan depan (Februari) atau paling lambat pada Maret, Unair akan berubah penuh dari BHMN menjadi PTN BH,” ungkap Hadi, seperti dikutip dari situs Unair, Jumat (18/1/2013).Secara otomatis, statuta baru Unair itu merujuk pada UU Dikti. Namun, lanjut Hadi, diperlukan PP yang akan mengatur perubahan statuta baru tersebut.

…dst

7 ) Ini Keuntungan PTN Sandang Statuta PTN BH
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/18/373/748421/ini-keuntungan-ptn-sandang-statuta-ptn-bh

Jum’at, 18 Januari 2013 18:18 wib
JAKARTA – Perubahan statuta tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) ternyata memberikan sejumlah keuntungan bagi perguruan tinggi tersebut. Salah satunya adalah posisi PTN BH setingkat lebih tinggi secara yuridis dibandingkan PT BHMN. Demikian diungkapkan Sekretaris Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Hadi Shubhan. Menurut Hadi, statuta Unair sebagai PTN BH akan menaikkan posisi Unair satu tingkat lebih tinggi secara yuridis daripada menyandang status BHMN. Sebab, PTN BH ditetapkan oleh UU sementara PT BHMN ditetapkan lewat Peraturan Pemerintah (PP). Sehingga, kata Hadi, statuta ini akan memiliki payung hukum lebih kuat. “Artinya, nanti Unair sbagai PTN BH tidak bisa dibubarkan kecuali bila undang-undang itu dicabut. Bandingkan dengan PP sebagai payung hukum PT BHMN yang lebih mudah dicabut. Kalau mencabut UU kan harus melibatkan DPR,” papar Hadi, seperti dikutip dari situs Unair, Jumat (18/1/2013).

…dst

8 ) Pengisian PDSS SNMPTN Berjalan Lancar
http://www.jpnn.com/read/2013/01/19/154988/Pengisian-PDSS-SNMPTN-Berjalan-Lancar-

Sabtu, 19 Januari 2013 , 07:43:00
JAKARTA – Proses seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 berjalan efektif sejak Kamis (17/1) lalu. Yakni masing-masing sekolah mulai meng-entry data di pusat data sekolah dan siswa (PDSS) SNM PTN 2013. Sekretaris Umum (Sekum) Panitia Pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab mengatakan, masa-masa awal pengisian atau entry data di PDSS SNM PTN 2013 berjalan normal. “Tidak ada laporan gangguan yang signifikan. Mungkin karena ini masih berjalan dua hari,” tandasnya tadi malam. Guru besar sekaligus rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan, pengisian data di PDSS SNM PTN 2013 ini berjalan sejak 17 Januari lalu hingga 8 Februari nanti. Setelah pengisian data siswa dan sekolah di PDSS berjalan lancar, Rochmat mengatakan pihak sekolah bisa langsung mendaftarkan siswanya yang ingin mengikuti SNM PTN 2013. Pendaftaran ini dibuka sejak 1 Februari hingga 8 Maret nanti. Rochmat berharap supaya seluruh sekolah tingkat SMA/sederajat di Indonesia disiplin dalam mengisi data di PDSS SNM PTN 2013. Dia sangat mewanti-wanti pihak sekolah tidak mengulur-ngulur waktu dalam memasukkan data siswanya. “Seperti yang telah saya katakana dulu, kalau perlu pihak sekolah harus lembur untuk menyelesaikan pendataan ini,” tandasnya.

…dst

9 ) JK: Jaga Standar Keilmuan
http://www.seputar-indonesia.com/news/jk-jaga-standar-keilmuan

Minggu 20 Januari 2013
SEMARANG – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau akrab disapa JK meminta Forum Rektor Indonesia (FRI) mampu menjaga standar-standar keilmuan yang dikembangkan kalangan perguruan tinggi. “Ilmu kan selalu berkembang. Forum Rektor ini harus mampu mendorong perguruan tinggi untuk selalu berkembang, dan standar keilmuannya terjaga,” katanya,usaiMusyawarah Nasional FRI 2013 di Semarang, kemarin. Menurutnya, peran FRI dalam memberikan dan meningkatkan spirit pada mahasiswanya untuk kemajuan teknologi keilmuan sangat penting. Ketua FRI periode 2013 Laode M Kamaluddin mengatakan perguruan tinggi diharapkan tak hanya fokus mengembangkan sarana fisik,tetapi juga sarana untuk pengembangan teknologi. Rektor Unissula Semarang itu mengingatkan perguruan tinggi harus mempersiapkan perangkat teknologi untuk memfasilitasi mahasiswa. ?ant

***

10 ) Kuliah S-1 Hingga S-3 Gratis di Brunei
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/15/368/746544/kuliah-s-1-hingga-s-3-gratis-di-brunei

Selasa, 15 Januari 2013 15:00 wib
JAKARTA – Pemerintah Brunei Darussalam membuka program beasiswa kuliah untuk tahun ajaran 2013/2014. Penerima beasiswa akan menempuh studi di Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (Unissa) dan Institut Teknologi Brunei (ITB) mulai Juli/Agustus mendatang. Warga negara Brunei Darussalam tidak diperbolehkan melamar beasiswa ini. Pelamar haruslah berusia 18-25 tahun untuk jenjang sarjana, dan maksimal 35 tahun untuk jenjang pascasarjana. Beasiswa akan diberikan selama empat tahun untuk jenjang sarjana, satu hingga dua tahun untuk jenjang S-2, dan tiga tahun untuk studi doktoral. Seperti dilansir laman resmi pemerintah Brunei Darussalam, Selasa (15/1/2013), beasiswa ini akan menanggung seluruh biaya studi dan biaya administrasi lain yang ditentukan pihak kampus. Scholar juga akan mendapatkan fasilitas transportasi pesawat udara kelas ekonomi dari negara asal ke Brunei Darussalam sesuai persetujuan Brunei Mission Abroad. Setelah masa studi usai, penerima beasiswa bisa mendaftar untuk mendapatkan tiket kepulangan ke negara asal.

…dst

11 ) BMKG terima beasiswa Belanda tentang ketahanan pangan
http://www.antaranews.com/berita/353926/bmkg-terima-beasiswa-belanda-tentang-ketahanan-pangan

Sabtu, 19 Januari 2013 11:12 WIB
Delft, Belanda (ANTARA News) – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) menerima sembilan belas beasiswa pelatihan khusus selama satu bulan dari pemerintah Belanda melalui lembaga Nuffic Neso Indonesia untuk studi perubahan iklim dan ketahanan pangan di Universitas Twente. “Topik pelatihan ini sejalan dengan bidang prioritas dari kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Belanda,” Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, di Delft, Jumat. Beasiswa tersebut diberikan sebagai bagian dari program yang dikenal dengan Studeren in Nederland (Stuned) yaitu program beasiswa kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda. Program beasiswa yang bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia Indonesia ini meliputi pendidikan strata dua bagi pelamar individu dan kursus singkat di Belanda untuk lembaga.

…dst

12 ) Nasib RSBI dibahas 21 Januari
http://www.antaranews.com/berita/354009/nasib-rsbi-dibahas-21-januari

Sabtu, 19 Januari 2013 22:50 WIB
Malang (ANTARA News) – Pemerintah akan membahas mengenai nasib keberadaan sekolah-sekolah berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) pada 21 Januari nanti bersama dinas-dinas pendidikan kabupaten/kota. “Saya sudah bertemu Ketua MK, apakah RSBI yang ada harus langsung bubar atau ada transisi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh disela Sosialisasi Kurikulum 2013 kepada ribuan guru se-Malang Raya di Grha Universitas Negeri Malang, Sabtu. Dalam pertemuan itu, ia mengibaratkan putusan MK tentang RSBI itu layaknya orang yang shalat menghadap kiblat yang tiba-tiba ada perintah menggeser kiblat, maka shalat itu langsung digeser arahnya tanpa membatalkan shalatnya. “Jadi, RSBI yang ada saat ini tetap bisa jalan terus dengan sedikit menggeser orientasi sebagaimana harapan MK. Untuk nasib selanjutnya akan kami bahas pada 21 Januari itu,” katanya.

…dst

13 ) Kurikulum 2013 berlaku penuh 2014
http://www.antaranews.com/berita/354022/kurikulum-2013-berlaku-penuh-2014

Sabtu, 19 Januari 2013 23:56 WIB
Malang (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan bahwa Kurikulum 2013 akan berlaku penuh di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2014, sementara tahun ini ditargetkan pemberlakukannya mencakupi 30 persen wilayah. “Penerapan yang nggak total itu khusus untuk sekolah dasar atau SD, yakni minimal 30 persen dari SD yang ada di setiap kabupaten, tapi tahun berikutnya (2014) sudah harus 100 persen,” katanya di Malang, Sabtu. Setelah berbicara dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 di hadapan guru se-Malang Raya di Grha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), ia menjelaskan penerapan minimal 30 persen itu tidak menutup kemungkinan penerapan dengan jumlah lebih dari itu. “Kalau ada daerah yang bisa 100 persen seperti Surabaya ya silakan saja, karena penerapan 30 persen itu sifatnya minimal. Penerapan minimal itu kami lakukan karena sumber daya manusia Kemendikbud yang terbatas, tapi 2014 sudah harus berlaku total dan di seluruh Indonesia,” katanya.

…dst