1 ) Langkah Irjen Kemendikbud Lapor KPK Menuai Dukungan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/27/3/126256/Langkah-Irjen-Kemendikbud-Lapor-KPK-Menuai-Dukungan

Minggu, 27 Januari 2013 | 13:11 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Para pengamat dan praktisi pendidikan mendukung langkah Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) melaporkan terjadinya pengendapan tunjangan sertifikasi guru ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka menanggapi rencana Irjen Kemendikbud Haryono Umar melaporkan pengendapan tunjangan sertifikasi guru di daerah-daerah senilai Rp10 triliun ke KPK, Senin (28/1) ini. “Saya dukung langkah Irjen Kemendikbud melaporkan ke KPK agar menjadi pelajaran berharga bagi para pejabat pemerintah daerah. Mereka tidak boleh dibiarkan melakukan penyelewengan sekecil apa pun,” kata pengamat pendidikan Darmaningtyas kepada Media Indonesia, Minggu (27/1). Pimpinan Perguruan Taman Siswa itu menuding Pemprov,Pemkab dan, Pemkot sengaja menahan tunjangan dana profesi guru ke rekening pemerintahannya dengan motif mendapat bunga bank. Ia kemudian mengusulkan pembayaran tunjangan profesi guru dilakukan langsung melekat pada rekening gaji guru. Dengan catatan, guru harus dikontrol agar dana tunjangan digunakan untuk peningkatan profesionalitas, bukan untuk konsumtif dan rekreatif. Pengamat Pendidikan Universitas Paramadina M Abduh Zen menilai terjadinya pengendapan itu merupakan sisi kebijakan yang menunjukkan cara kerja pemerintah tidak sistematik dan saintifik.

…dst

2 ) UNS Segera Buat Pusat Studi Perlindungan Konsumen
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/27/079457155/UNS-Segera-Buat-Pusat-Studi-Perlindungan-Konsumen

Minggu, 27 Januari 2013 | 03:02 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berencana membangun Pusat Studi Perlindungan Konsumen di kampusnya. Rektor UNS Surakarta, Ravik Karsidi mengatakan pusat studi ini bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk membela kepentingan konsumen. “Kami ingin ambil bagian dalam perlindungan konsumen di Indonesia,” kata Ravik di kampus UNS Surakarta, Sabtu 26 Januari 2013. “Sudah seharusnya kampus turut terlibat dalam perlindungan konsumen.” Pusat studi perlindungan konsumen ini, lanjut dia, nantinya akan berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Ravik mencontohkan, kelompok konsumen yang paling rentan dirugikan selama ini adalah petani. Dia menjelaskan, petani dirayu untuk membeli berbagai produk pertanian. Namun ketika masa panen, hasil panen melimpah, dan saat itulah petani justru merugi karena harga jatuh lantaran terlalu banyak pasokan.

…dst

3 ) Pegawai Kemendikbud Terima Remunerasi Separuh Gaji Pokok
http://www.jpnn.com/read/2013/01/27/155833/Pegawai-Kemendikbud-Terima-Remunerasi-Separuh-Gaji-Pokok-

Minggu, 27 Januari 2013 , 05:50:00
JAKARTA – Di antara kementerian yang bakal menerima remunerasi adalah Kemendikbud. Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, muncul kabar bahwa kementerian yang dipimpin Muhammad Nuh itu akan mendapatkan remunerasi sebesar 50 persen dari gaji pokok. “Ini masih kabar yang saya terima. Belum ketetapan dari Kemenkeu (Kementerian Keuangan, red),” kata Haryono, Sabtu (26/1). Haryono menceritakan, usulan mendapatkan remunerasi sebagai kompensasi menjalankan Reformasi Birokrasi dimasukkan Kemendikbud pada awal 2012 lalu. Tetapi mereka akhirnya merevisi karena mendapat tugas baru mengawal program kebudayaan. Mantan pimpinan KPK itu mengatakan, tunjangan remunerasi di Kemendikbud berdampak pada ketatnya aturan pegawai. Di antaranya adalah kewajiban absensi dengan sistem fingerprint dengan jam kerja mulai pukul 07.30 WIB. Sebelum adanya ketentuan absensi digital ini, banyak pegawai Kemendikbud yang baru masuk kerja pukul 10.00 WIB atau bahkan menjelang jam makan siang. (ken/wan)

…dst

4 ) 40 K/L Bakal Terima Remunerasi Tahun Ini
http://www.jpnn.com/read/2013/01/27/155831/40-K/L-Bakal-Terima-Remunerasi-Tahun-Ini-

Minggu, 27 Januari 2013 , 05:05:00
JAKARTA – Kabar baik bagi sejumlah Kementrian/Lembaga (K/L). Tahun ini, Pemerintah berniat menambah jumlah K/L yang menerima tunjangan kinerja atau remunerasi. Wakil Menteri Pendayagunaan Arapatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN dan RB) Eko Prasojo menuturkan, setidaknya ditargetkan 40 K/L tahun ini bakal mendapat remunerasi. “Iya jadi tahun ini akan kita selesaikan 40 K/L untuk menerima fasilitas itu (remunerasi),” papar Eko di Jakarta, Sabtu (26/1). Eko memaparkan, dari 40 K/L yang akan mendapatkan remunerasi. Di antaranya ada Kemenag, Kementrian ESDM, Kemenpera, Kementrian Koperasi dan UKM, Kemenpora dan Kemenakertrans. “Di antaranya kementerian-kementerian itu yang akan mendapat remunerasi. Tapi untuk keseluruhannya, datanya masih ada di kantor, jadi perlu dilihat lagi untuk yang lain,”jelas Eko. Sejauh ini, lanjut Eko, total terdapat 36 K/L yang sudah menerima remunerasi. Fasilitas remunerasi tersebut diprioritaskan untuk melakukan perubahan di delapan area reformasi birokrasi. Antara lain, untuk perubahan organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, Sumber Daya Manusia (SDM), aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik dan pola mikir (mindset) dan budaya kerja (culture set) aparatur.

…dst

5 ) Spesifikasi Mobil Listrik Buatan ITS
“Jarak tempuh dengan baterai penuh mencapai 24 kilometer.”
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/385480-spesifikasi-mobil-listrik-buatan-its

Minggu, 27 Januari 2013, 06:48
VIVAnews – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, berhasil merakit mobil listrik yang dinamai E&C. Kendaraan berkapasitas empat penumpang ini dibangun dengan konsep Battery Management System (BMS). Mobil ini dilengkapi head lamp yang berfungsi sebagai lampu utama, lampu sein, lampu kota, dan lampu kabut. “Semua komponen disesuaikan dengan tujuan konsumsi listrik relatif lebih sedikit dari mobil lain pada umumnya,” jelas dosen pembimbing Fakultas Teknik Listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto. Mobil ini juga dilengkapi back lamp atau trail lamp dengan menggunakan led agar konsumsi energi listrik relatif lebih rendah dari bohlam biasa. “Kaca custom, buatan sendiri.” Di bagian dalam, dashboard terbuat dari plat berukuran 0,5 milimeter. Dan, tampilan panel indikator melalui layar digital ukuran 17″. Sementara, sistem daya disuplai dari baterai tipe Lithium Polymer (LiPo) kapasitas 48 Volt 5 KWh. Mobil ini digerakkan oleh mesin yang mampu mencapai daya maksimal (peak power) sebesar 20 kw, rate power 10 kw, speed rate 80 kw, dan rasio gear box 1:8.

…dst

6 ) Masalah Tanah Hambat Unimor Jadi Universitas Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/27/1750168/Masalah.Tanah.Hambat.Unimor.Jadi.Universitas.Negeri

Minggu, 27 Januari 2013 | 17:50 WIB
KEFAMENANU, KOMPAS.com – Akibat belum memiliki sertifikat tanah, Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur yang selama ini statusnya masih swasta, dipastikan belum bisa menjadi universitas negeri. Padahal, semua kriteria sudah dipenuhi, termasuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud sudah menilai Unimor layak menjadi universitas negeri. Rektor Unimor Kefamenanu, Sirilus Seran, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/1/2013) mengatakan, pihaknya selama ini sudah berjuang dengan keras mempersiapkan segala persyaratan yang diminta Dikti untuk mendapatkan status negeri. “Sebenarnya rencananya tahun 2012 sudah jadi negeri. Dan kami harapkan bertepatan dengan bulan Desember sebagai kado Natal buat kami di Unimor maupun masyarakat TTU pada umumnya. Segala syarat-syarat sudah kita penuhi, tetapi masih kurang satu yakni sertifikat tanah sehingga kita harapkan bantuan dari pemerintah daerah (Pemda) TTU untuk mempercepat proses tukar guling tanah karena itu adalah tanggung jawab pemda TTU,” kata Sirilus.

…dst

7 ) KLH Ajak Undip Perbaiki Rawa Pening
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/26/373/752148/klh-ajak-undip-perbaiki-rawa-pening

Minggu, 27 Januari 2013 10:06 wib
JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengajak Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk melakukan kajian antara mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pemilihan Undip sebagai mitra dengan alasan kampus tersebut memiliki kajian kuat mengenai lingkungan hidup. Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengungkapkan, kekuatan Undip dalam bidang lingkungan hidup akan memberikan kontribusi positif dalam pengambilan kebijakan di bidang tersebut. “Kajian tentang lingkungan hidup dari perguruang tinggi diperlukan, kita membutuhkan keahlian dan kemampuan analisis yang baik untuk mengambil kebijakan yang akurat,” ujar Balthasar, seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (27/1/2013). Melalui kerjasama ini, kedua belah pihak akan melakukan kajian terhadap Rawa Pening. Sebab, menurut Balthasar, Rawa Pening adalah salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional dan revitalisasi Rawa Pening masih menunggu hasil kajian.

…ds

8 ) Bahasa Indonesia Diajarkan di Maroko
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/27/15045537/Bahasa.Indonesia.Diajarkan.di.Maroko.

Minggu, 27 Januari 2013 | 15:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Bahasa Indonesia resmi diajarkan di Universitas Mohamed V-Rabat-Maroko. Untuk semester ganjil ini, perkuliahan dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu. Saat ini terdaftar 31 orang mahasiswa Universitas Mohamed V yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia untuk semester ganjil tahun akademik 2012/2013. Sementara dosen pengajar adalah dari Universitas Negeri Jakarta. Dalam siaran pers Minggu (27/1/2013) dijelaskan perkuliahan Bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V-Rabat telah diprogramkan dalam dua tingkatan, yaitu dasar dan menengah. Program tersebut dilaksanakan setiap semester di Fakultas Sastra dan Humaniora. Bobot perkuliahan untuk setiap tingkatan adalah empat SKS dengan empat kali pertemuan dalam seminggu. Perkuliahan terbuka bagi seluruh mahasiswa Universitas Muhammad V, baik dari tingkat S-1, S-2, maupun S-3. Sistem perekrutan dilakukan secara terbuka dengan menggunakan papan pengumuman yang berada di lokasi kampus.

…dst

9 ) Sidang Perdana Skripsi Berbahasa Arab
http://www.jpnn.com/read/2013/01/27/155845/Sidang-Perdana-Skripsi-Berbahasa-Arab-

Minggu, 27 Januari 2013 , 09:28:00
Banda Aceh – Dekan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Dr. A. Rani Usman M.Si, Sabtu (26/1) menargetkan, pada tahun 2016 mendatang akan banyak para lulusan membuat skripsi dalam bahasa asing. Pada Sabtu, untuk pertama kali, Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry menyidangkan skripsi mahasiswa yang berbahasa Arab. Mahasiswa tersebut bernama Wahyu Rezeki dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Ia mempresentasikan skripsinya dalam bahasa Arab berjudul “Washaaya Khuthabil Jumu’ah (Bahtsu Tahlili `ala Muhtawayaati Khuthabil Jumu’ah fi Masaajidi Banda Atsyih)”. Target tahun 2016, kata dia, adalah dalam rangka meningkatkan kualitas ke depan. Apa lagi tahun 2012 kemarin telah dibuka dua kelas internasional, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Lebih lanjut ia berharap tidak hanya Wahyu Rezeki saja yang menulis skripsi dalam bahasa Arab, tetapi dianjurkan kepada mahasiswa-mahasiwa lain dan mengimbau kepada masyarakat untuk menitipkan putra-putri mereka di Fakultas Dakwah untuk dididik keahlian komunikasi, konseling, manajemen dahwah, serta kedua bahasa asing tersebut.

…dst

10 ) Latihan Pra-menwa, Seorang Praja IPDN Tewas
http://cetak.kompas.com/read/2013/01/27/02000789/latihan.pra-menwa.seorang.praja.ipdn..tewas.

Minggu, 27 Januari 2013
Manado, Kompas – Yonoli Untajana (20), seorang praja Jurusan Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri, meninggal dalam latihan menjelang menjadi anggota resimen mahasiswa atau pra-menwa di kampus perguruan tinggi tersebut di Tomohon, Sulawesi Utara, Jumat (25/1) sore. Yonoli tewas saat masuk dalam kubangan air ketika mengikuti latihan pra-menwa bersama belasan praja senior angkatan tahun 2010 di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu. Korban tenggelam beberapa saat sebelum ditolong rekan-rekannya. Ia sempat dibawa ke Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon, tetapi tak tertolong. Jenazahnya kemudian diotopsi di Rumah Sakit Prof Kandouw Malalayang, Manado. Sabtu lalu, jenazah Yonoli disemayamkan di gereja IPDN di Tampusu. Hadir belasan keluarga Yonoli dan puluhan praja. Direncanakan hari ini jenazah dimakamkan di Tual, Maluku Tenggara. Bob Mariam, paman Yonoli, mengungkapkan, kematian korban menambah duka keluarga. Sebab. dua pekan lalu, ayah Yonoli, Joubert Untajana, juga meninggal karena sakit. Yonoli adalah anak tunggal Joubert dan Nona Batkunde. Terkait kematian Yonoli, Bob menyesalkan pihak IPDN yang tidak memberi tahu keluarga saat keponakannya mendapat musibah. Menurut Bob, ia justru diberi tahu mengenai kematian Yonoli oleh teman-teman Yonoli, Sabtu dini hari. “Semestinya Yonoli tak boleh mengikuti pelatihan itu mengingat dia baru menjalani operasi karena penyakitnya. Ini karena pengawasan kurang,” tuturnya tanpa memerinci penyakit Yonoli. Tentang kubangan yang membuat Yonoli tenggelam, menurut Bob, kedalamannya mencapai sekitar 2 meter dan terdapat semak belukar.

…dst

11 ) Tekan 110 untuk Laporkan Kejahatan ke Polisi
http://nasional.kompas.com/read/2013/01/27/15511814/Tekan.110.untuk.Laporkan.Kejahatan.ke.Polisi

Minggu, 27 Januari 2013 | 15:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai bulan Februari 2013, masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan polisi tanpa biaya, hanya dengan menelepon 110 di mana pun berada. Aktifnya nomor 110 ini menjadi acuan respon cepat polres-polres se-Indonesia, mana yang tercepat mendatangi tempat kejadian perkara dan menanganinya. “Call center Polri 110 akan diluncurkan bulan Februari bersamaan dengan Rapat Pimpinan Polri 2013,” jelas Kepala Baharkam Polri Komisaris Jenderal Oegroseno dalam milis Polri, seperti disampaikan administrator milis, Pangestu, kepada Kompas, Minggu (27/1/2013). “Pengaktifan kembali nomor layanan Polri 110 sudah saya laporkan Kapolri. Ide kembali ke nomor 110 dari sebelumnya nomor 112 adalah ide dan pemikiran murni Pak Kapolri,” jelas Oegroseno, yang menambahkan sudah membahas hal ini dengan Asrena Kapolri dan Kepala Divisi Teknologi Informasi Polri.Menurut Oegroseno, pemanfaatan kembali call center 110 diharapkan merupakan lahirnya kembali (reborn) Pelayanan Terbaik dan Tercepat Polri kepada masyarakat. Call center 110 akan dilayani oleh operator Telkom didampingi perwira Polri. Pusat pelayanan Polri 110 langsung dihubungkan dengan seluruh Polres, Polresta, Polda, Puskodalops Polri dan piket Polisi Perairan dan udara (khusus untuk antisipasi perompakan di laut) di seluruh Indonesia.

…dst

12 ) Mahfud MD: Keadilan di Indonesia Mati Suri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/13/01/27/mhacl7-mahfud-md-keadilan-di-indonesia-mati-suri

Minggu, 27 Januari 2013, 20:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai keadilan di Indonesia sedang mati suri, karena keadilan tidak berdiri tegas. “Siapa yang mempunyai uang bisa membeli hukum,” katanya pada orasi kebangsaan dalam peringatan hari lahir ke-87 Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Magelang, Minggu….cut… “Bagaimana memberantas korupsi dan bagaimana seorang koruptor tidak diberi kesempatan untuk menyuap sehingga hukumannya menjadi ringan, bagaimana orang korupsi ratusan miliar rupiah hanya dihukum 4,5 tahun, sedangkan orang mencuri ayam dihukum tujuh tahun. Ini tugas kita untuk menjaga kelestarian NKRI,” katanya. Ia menegaskan, bangsa ini tidak usah takut kepada Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang atau siapa pun karena mereka tidak akan menyerang, yang sedang menyerang bangsa ini adalah ketidakadilan.

…dst

13 ) Pelaku Pasar Masih Samakan Redenominasi & Sanering
http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1951644/pelaku-pasar-masih-samakan-redenominasi-sanering#.UQUgfvLdYuQ

Minggu, 27 Januari 2013 | 16:58 WIB
INILAH.COM, Jakarta – Pelaku pasar keuangan ternyata masih mengkhawatirkan penerpaan kebijakan redenominasi yang sedang direncanakan pemerintah. Managing Director Currency Management Group, Farial Anwar menyatakan masih menerima berbagai keluhan di lapangan terutama dari para pelaku pasar. Mereka mengkhawatirkan soal redenominasi karena masih menganggap sama dengan sanering. “Itu suka masuk ke pesan blackberry saya terutama orang-orang kaya yang mengkhawatirkan wacana redenominasi karena belum mengerti, akhirnya mereka mencari aman dengan menukarkan rupiah ke dolar AS,” ujarnya kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (27/1/2013). Kenyataan-kenyataan di lapangan itu, menurut dia, bisa lebih buruk lagi jikalau pemerintah tidak gencar memahamkan masyarakat soal redenominasi sehingga berakibat inflasi. Ia mengkhawatirkan bisa saja banyak yang memanfaatkan redenominasi ini untuk kepentingan pribadi. “Misalnya (dengan redenominasi) terjadi manipulasi harga dari pedagang sehingga terjadi gejolak. Itu bisa berpengaruh terhadap inflasi, atau juga manipulasi uang palsu dengan menggunakan uang baru,” terangnya.

…dst