1 ) Di-blacklist, 30 Sekolah tidak Bisa Ikut SNMPTN 2013
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/02/01/3/127786/Di-blacklist-30-Sekolah-tidak-Bisa-Ikut-SNMPTN-2013

Jum’at, 01 February 2013 | 21:25 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Sekitar 30 sekolah terkena blacklist sehingga tidak dapat mengikuti proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013. “Ya, ada sekitar 20-30 sekolah kita blacklist sehingga tidak kita ikutkan pada SNMPTN tahun ini,” ungkap Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka kepada Media Indonesia, Jumat (1/2). Sekolah tersebut hanya setahun ini saja tidak boleh ikut SNMPTN. “Apa saja sekolahnya, kami rahasiakan dan tidak dapat kami informasikan,” ujar Akhmaloka. Sekretaris SNMPTN Rochmat Wahab menambahkan 30 sekolah itu di-blacklist karena telah melakukan pemalsuan data rapor siswanya. “Blacklist berlaku satu tahun, tetapi untuk jalur SBMPTN mereka diperbolehkan ikut serta,” kata Rochmat. Menurutnya, pada tahun 2012 kasus sekolah yang di-blacklist lebih banyak dibandingkan tahun 2011.

….dst

2 ) Perebutan Kursi PTN Semakin Ketat
http://www.jpnn.com/read/2013/02/01/156619/Perebutan-Kursi-PTN-Semakin-Ketat-

Jum’at, 01 Februari 2013 , 16:04:00
JAKARTA – Perebutan kursi perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) pada tahun ini dipastikan semakin ketat. Jumlah peserta SNMPTN diperkirakan meningkat lantaran keran pembatasan terhadap akreditasi sekolah asal peserta dibuka. Artinya, semua sekolah dapat mengajukan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Berbeda dengan tahun lalu dimana peserta SNMPTN dibatasi. Yaitu sekolah berakreditasi A 50 persen, akreditasi B 30 persen, akreditasi C 15 persen, dan tidak terakreditasi 5 persen. Dengan kebijakan baru ini, persaingan peserta lintas akreditasi dan lintas wilayah pun semakin terbuka. Bagaimana cara panitia SNMPTN melakukan seleksi? Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka menyampaikan, seleksi dimulai dari melihat peringkat peserta dari rapor, kemudian melihat peringkat di sekolah, dan peringkat nasional. Selain itu, dilihat juga dari nilai indeks prestasi para alumni di perguruan tingginya. “Kalau akreditasinya A, tetapi lulusannya di DO (drop out) dari PTN-nya, jangan-jangan termasuk kelas yang tidak baik. Akan dilihat semua faktor prestasinya,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/2)). Dengan tidak dibukanya jalur ujian tulis mulai tahun ini, praktis SNMPTN hanya menerima jalur undangan, yang sebelumnya mensyaratkan adanya batasan akreditasi. Seleksi pola jalur undangan dilakukan dengan menjaring prestasi akademik dari nilai rapor dan prestasi lainnya.

…dst

3 ) Hati-Hati Pilih Program Studi PTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1018

02/01/2013 (All day)
Jakarta—Para peserta pelamar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sudah dapat melakukan pendaftaran mulai hari ini Jumat, (1/02/2013). Namun, mereka diminta berhati-hati dalam memilih program studi yang dituju. Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, menyampaikan, peserta SNMPTN wajib membaca ketentuan di PTN yang dituju. Menurut dia, sejumlah program studi memiliki persyaratan tertentu seperti tidak boleh buta warna. Ketentuan lain misalnya, untuk mendaftar pada jurusan psikologi ada universitas yang mensyaratkan pendaftar dari jurusan IPS, tetapi di universitas lain mensyaratkan dari jurusan IPA. “Para peserta harus membaca ketentuan di universitasnya,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/02/2013).

…dst

4 ) Inilah Cara Siswa Mendaftar SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/01/1147104/Inilah.Cara.Siswa.Mendaftar.SNMPTN

Jumat, 1 Februari 2013 | 11:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 oleh siswa dibuka dari 1 Februari hingga 8 Maret. Demikian disampaikan Ketua SNMPTN 2013 Profesor Akhmaloka. “Hari ini adalah hari pertama pendaftaran oleh siswa. Sedangkan untuk sekolah yang belum mendaftarkan diri, masih dibuka hingga 8 Februari mendatang,” ujar Akhmaloka di Jakarta, Jumat (1/2/2013). Siswa yang berhak mendaftar adalah siswa yang berasal dari sekolah yang mempunyai nomor pokok sekolah nasional (NPSN) dan telah mengisi data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Persyaratan siswa yang berhak melamar adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK jelas terakhir yang mengikuti UN pada 2013, memiliki nomor induk siswa nasional (NISN), dan terdaftar pada PDSS. “Siswa tersebut juga harus memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester,” ujarnya.

…dst

5 ) Rektor UNJ: Sekalipun Beda Jalur Masuk, SPP Mahasiswa Baru Sama
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/01/mhjiis-rektor-unj-sekalipun-beda-jalur-masuk-spp-mahasiswa-baru-sama

Jumat, 01 Pebruari 2013, 18:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Rochmad Wahab MPd MA mengatakan dengan penerapan uang kuliah tunggal maka tidak ada perbedaan uang kuliah antara mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau pun ujian mandiri.”Tidak ada perbedaan uang kuliah. Hanya cara masuknya saja yang berbeda,” ujar Rochmad di Jakarta, Jumat. Sekretaris Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) itu mengatakan kampusnya akan mulai menerapkan uang kuliah tunggal pada tahun ini. Mahasiswa baru membayar uang kuliah per semester sudah termasuk SPP, biaya praktikum, KKN, yudisium hingga wisuda. Besaran variatif, yakni Rp 2,6 juta per semester untuk kelompok IPS, ekonomi dan bahasa, Rp 3 juta per semester untuk MIPA, olahraga dan seni serta Rp 3,5 juta per semester untuk kelompok teknik.

…dst

6 ) BEM UNS Tolak Sistem UKT
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/01/373/755322/bem-uns-tolak-sistem-ukt

Jum’at, 01 Februari 2013 17:03 wib
SOLO – Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas yang tergabung dalam Forum Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar aksi tolak pembayaran SPP secara system Uang Kuliah Tunggal (UKT), di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah. Aksi tolak SPP system UKT yang digelar di area Boulevard UNS tersebut menyoalkan pemberlakuan UKT yang tidak sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Seharusnya UKT baru diberlakukan pada tahun baru akademis 2013, tetapi sudah diberlakukan sejak satu semester lalu. Pemberlakuan UKT yang dimajukan itu jelas membebani mahasiswa,” teriak Koordinator Aksi Arif Fauzi saat berorasi, Jumat (1/2/2013).
Arif menyatakan, ada kegelisahan dari mahasiswa terutama angkatan 2012 yang sudah diwajibkan membayar SPP dengan system UKT. Sebab, berdasarkan perhitungan kasar antara sebelum diberlakukan UKT dengan sesudah, terdapat perbedaan nominal mencapai sekira Rp11 juta lebih untuk delapan semester di Fakultas Kedokteran misalnya.

…dst

7 ) Kuliah “online” mobil listrik 3 Februari
http://www.antaranews.com/berita/355987/kuliah-online-mobil-listrik-3-februari

Kamis, 31 Januari 2013 18:02 WIB
London (ANTARA News) – Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) akan menyelenggarakan acara kuliah tamu secara “online” dengan nara sumber Dr. Danet Suryatama (Elektrik Car, Amerika Serikat) tentang “Mobil Listrik: tantangan dan peluang di masa depan” pada 3 Februari mendatang. Direktur Eksekutif I-4, Achmad Adhitya, kepada ANTARA London, Kamis menyebutkan, selain itu akan digelar kuliah online dengan nara sumber Dr. Deden Rukmana (Savannah State University, Amerika Serikat) tentang “Solusi penanganan banjir di Indonesia” pada 17 Februari 2013. “Kedua topik tersebut saat ini memang sedang hangat dibicarakan di Indonesia. Kuliah tamu online ini adalah salah satu bentuk `sharing` dari I-4 bagi masyarakat Indonesia,” salah satu pengurus bidang Media I-4, Roni Irnawan.

…dst

8 ) Mendikbud: Tak Ada “Hambalangisasi” dalam Kurikulum 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/01/20473891/Mendikbud.Tak.Ada.Hambalangisasi.dalam.Kurikulum.2013

Jumat, 1 Februari 2013 | 20:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Simpang siur masalah anggaran kurikulum yang selama ini dipermasalahkan oleh DPR RI akhirnya diklarifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Klarifikasi ini sekaligus membantah adanya potensi penyelewengan dana dalam perubahan kurikulum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan bahwa penggunaan anggaran terbesar digunakan untuk penggandaan buku siswa dan guru yang ditargetkan sebanyak 72,8 juta eksemplar untuk semua jenjang dari SD hingga SMA dan SMK. Kisaran harga satuan bukunya juga hanya mencapai harga Rp 20.000. “Tidak perlu khawatir ada ‘hambalangisasi’. Kita tidak ingin menambah perkoro. Oleh karena itu, dibahas secara terbuka,” kata Nuh saat konferensi pers terkait Anggaran Kurikulum 2013 di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

…dst

9 ) Modifikasi cuaca berhasil kurangi curah hujan Jakarta
http://www.antaranews.com/berita/356200/modifikasi-cuaca-berhasil-kurangi-curah-hujan-jakarta

Jumat, 1 Februari 2013 20:51 WIB
Bogor (ANTARA News) – Teknologi modifikasi cuaca yang diterapkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sejak Sabtu (26/1) hingga Jumat (1/2) berhasil mengurangi intensitas curah hujan dan resiko banjir di Jabodetabek. “TMC cukup kurangi awan hujan jenuh yang datang dari Selat Sunda sehingga jatuh di sekitar Cilegon dan Merak,” kata perekayasa teknologi cuaca BPPT Hartanto Sanjaya pada press and student Gathering tentang konservasi Sumber Daya Air Atasi Bencana di Daerah Aliran Sungai (DAS) di Bogor, Jumat. Demikian pula awan hujan dari Pandeglang yang dijatuhkan juga di Pandeglang sebelum mencapai Jakarta dan awan hujan dari pantai selatan Jawa Barat yang dijatuhkan di Tasikmalaya dan Ciamis sehingga daerah-daerah tersebut justru yang mendapat hujan yang sangat deras, ujarnya.

…dst