1 ) Kabar Gembira, Mendikbud Jamin Biaya Kuliah di PTN Turun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/06/mhstl0-kabar-gembira-mendikbud-jamin-biaya-kuliah-di-ptn-turun

Rabu, 06 Februari 2013, 19:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin besaran uang kuliah tunggal (UKT) per semester di 94 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) turun atau lebih murah dari uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP). “Kami sudah putuskan besaran UKT harus lebih rendah dari SPP sekarang sehingga dapat menambah jumlah mahasiswa yang masuk ke PTN tersebut 10 persen. Sudah dibuat estimasinya. Alokasi dana Rp 2,7 triliun dalam BO-PTN itu cukup untuk mengkompensasi semua itu,” tutur Nuh Rabu (6/2). Nuh menambahkan pada Februari ini akan dirilis daftar biaya satuan untuk tiap-tiap prodi per wilayah sehingga besaran UKT tidak melebihi biaya satuan tersebut. “Kalau ada yang melanggar, menetapkan lebih tinggi dari UKT, maka kami kurangi besaran BOPTN tahun depan,” kata Nuh.

…dst

2 ) Tidak Ada Pungutan di Luar UKT
Uang Pangkal PTN Dihapus
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/02/06/214399/Tidak-Ada-Pungutan-di-Luar-UKT

06 Februari 2013
JAKARTA – Mulai tahun akademik 2013/2014, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP tunggal. Dengan demikian, dipastikan tidak akan ada lagi pungutan di luar UKT tersebut. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun dan menentukan besaran unit cost. Unit cost tersebut ditentukan berdasarkan program studi, kemahalan wilayah, dan karakteristik. “Akhir Februari ini akan rampung dan diumumkan. Setiap PTN unit costnya berbeda-beda,” ujar Djoko. Nantinya, unit cost itu yang akan dijadikan patokan PTN untuk menentukan besaran UKT. “Besaran UKT itu tidak boleh lebih dari unit cost. Jika ada PTN yang melanggar, akan diberikan teguran,” tandasnya. UKT sudah meliputi seluruh beban biaya mahasiswa yang harus dibayar per semester, seperti biaya praktikum sampai biaya wisuda. “Jadi, tidak boleh ada lagi pungutan di luar itu,” ungkap mantan Rektor ITB itu. Kekurangan dari unit cost akan ditanggung oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

…dst

3 ) Sistem SPP Tunggal Masih Disetujui Untuk Unhas
Sudah Mendapat Persetujuan Kemenkeu
http://www.jpnn.com/read/2013/02/06/157157/Sistem-SPP-Tunggal-Masih-Disetujui-Untuk-Unhas-

Rabu, 06 Februari 2013 , 06:42:00
JAKARTA – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalankan program SPP tunggal atau uang kuliah tunggal (UKT) di seluruh PTN berjalan lambat seperti siput. Hingga saat ini, usulan penerapan SPP tunggal yang sudah disepakati hanya di Universitas Hasanuddin (Unhas) saja. Kemendikbud sangat gencar mengkampanyekan penerapan sistem pembiayaan model baru itu pada tahun ajaran 2013 ini. Alasannya dengan sistem pembiayaan SPP tunggal ini, Kemendikbud mengklaim biaya kuliah akan semakin murah. Mahasiswa tidak lagi dibebani biaya-biaya “dadakan” di tengah-tengah masa perkualiahan. Sayangnya, program andalan Kemendikbud ini berjalan lambat. Hingga memasuki bulan kedua 2013, hanya ada satu PTN yang usulan sistem SPP tunggalnya disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu). PTN yang telah mendapatkan persetujuan Kemenkeu untuk menerapkan SPP tunggal itu adalah Unhas, Makassar. Rektor Unhas Idrus A. Paturusi kemarin mengatakan, pihaknya sangat bersyukur hitung-hitungan SPP tunggal mereka telah disepakati Kemenkeu. Dengan demikian, mereka siap menjalankan SPP tunggal mulai tahun akademik 2013-2014 pertengahan tahun ini.

…dst

4 ) Uang Kuliah Tunggal-UGM Mengkaji, UIN Terapkan Sistem Lama
http://www.seputar-indonesia.com/news/uang-kuliah-tunggal-ugm-mengkaji-uin-terapkan-sistem-lama

Rabu 06 Februari 2013
YOGYAKARTA – Sesuaiinstruksi Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai tahun ajaran 2013/2014 semua perguruantinggi negeri (PTN) diwajibkan mengimplementasikan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Termasuk di dalamnya Universitas Gadjah Mada (UGM). Namun, berbeda dengan UNY yang telah menentukan nominalnya, UGM sampai saat ini masih terus mengkaji besaran yang akan diberlakukan. “Besarannya berapa, kami masih finalisasi.Mungkin baru pekan depan bisa diketahui pasti. Karena nantinya nominal UKT akan berbeda di tiap program studi (prodi).Penetapannya kami lakukan berdasarkan besaran unit cost setiap prodi. Dan itu jelas membutuhkan waktu,” kata Kepala Bidang Humas UGM Wijayanti saat ditemui di UGM kemarin. Wiwit, sapaan akrab Wijayanti menjelaskan,UGM tidak menggolongkan nominal UKT untuk eksak atau noneksak seperti kebijakan UNY. Kepala Bidang Humas UIN Sunan Kalijaga Maharani menjelaskan, kampusnya belum akan memberlakukan UKT untuk tahun ajaran 2013/2014.

…dst

5 ) Pemberlakuan Uang Kuliah Tunggal Beragam
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/18474487/Pemberlakuan.Uang.Kuliah.Tunggal.Beragam

Rabu, 6 Februari 2013 | 18:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Dorongan pemerintah agar perguruan tinggi negeri memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT), masih disiapkan sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Ada PTN yang sudah memastikan siap mengimplementasikan UKT pada tahun ajaran 2013/204, dan sudah memutuskan besaran UKT yang dibayar siswa setiap semester. Namun sejumlah PTN lainnya belum memastikan. Tri Yogi Yuwono, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Rabu (6/2/2013), mengatakan, pihaknya sudah menghitung kebutuhan biaya kuliah mahasiswa hingga selesai. Kebutuhan biaya kuliah mahasiswa di ITS berkisar Rp 25 juta-Rp 30 juta per tahun. “Kami masih menghitung dulu, berapa yang bisa ditarik dari mahasiswa. Biaya kuliah mahasiswa itu kan juga mendapat subsisi dari pemerintah dan perguruan tinggi. Jika nanti sudah ada petunjuknya secara resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, kami berharap bisa mengimplementasikan juga tahun ini,” ujar Tri Yogi.

…dst

6 ) Pendataan Siswa Calon Peserta SNMPTN Kedodoran
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/06/079459606/Pendataan-Siswa-Calon-Peserta-SNMPTN-Kedodoran

Rabu, 06 Februari 2013 | 20:28 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta- Kepala Bagian Humas, Promosi dan Protokol Universitas Negeri Yogyakarta, Anwar Effendi menyatakan baru 289 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah memasukkan datanya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Padahal, kata dia ada 406 SMA, SMK dan MA yang mesti memasukkan data ke PDSS, yang tenggat akhirnya pada 8 Februari 2012 atau dua hari lagi, agar siswanya bisa mendaftar sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. “Rinciannya baru ada 132 SMA, 36 MA dan 121 SMK yang sudah memasukkan data ke PDSS,” kata Anwar pada Rabu, 6 Februari 2013. Sejak Desember 2012 lalu Kemendikbud telah meminta sejumlah kampus negeri mengawal sekolah agar pemasukan data siswa ke PDSS bisa dipercepat. Di DIY, UNY mengawal proses pemasukan data sekolah dari Sleman dan Kulonprogo, UGM untuk sekolah di Kota Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga di Bantul dan Gunungkidul. “Sekolah yang belum masuk datanya ke PDSS merata, dari sekolah di kawasan pinggiran hingga kota,” kata Anwar. Menurut Anwar banyak sekolah kesulitan memasukkan data rekam akademis siswanya selama lima semester terakhir karena belum memiliki petugas khusus untuk urusan administrasi ini. Padahal kebanyakan sekolah selama ini tak memiliki sistem pengelolaan data nilai yang terkomputerisasi secara menyeluruh. “Jadi pasti kesulitan kalau tak ada petugas khusus yang memindahkan data dari berkas hard copy ke soft copy, sementara waktu yang dimiliki hanya dari Desember sampai awal Februari ini,” ujar Anwar …cut… Pendataan siswa di PDSS, kata Anwar, menjanjikan kemudahan untuk pemantauan data rekam akademik siswa yang akan memasuki masa kuliah. Dia optimistis semua sekolah bisa melaksanakan kewajiban ini jika sistem informasi akademisnya telah berhasil dikomputerisasi dengan baik. “Saat ini kesulitan, sebab sistem PDSS ini baru saja diaktifkan dan kesannya agak mendadak,” kata dia.

…dst

7 ) Sekolah Ingin Klarifikasi Soal Sanksi Larangan SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/20022138/Sekolah.Ingin.Klarifikasi.Soal.Sanksi.Larangan.SNMPTN

Rabu, 6 Februari 2013 | 20:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pihak SMA Negeri 84 Jakarta ingin melakukan klarifikasi terkait sanksi larangan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Sekolah berharap ada waktu duduk bersama antara pihak universitas, panitia SNMPTN dan juga siswa yang dinilai telah melakukan kecurangan pendaftaran SNMPTN tahun lalu untuk meluruskan duduk perkaranya. Kepala Sekolah SMA Negeri 84 Jakarta, Puji Raharjo, mengatakan bahwa berdasarkan penelusuran diketahui ada kesalahan yang dilakukan siswanya saat mengisi nilai untuk mendaftar SNMPTN tahun lalu. Untuk itu, pihaknya membutuhkan klarifikasi lagi dengan duduk bersama antara pihaknya, anak yang bersangkutan, pihak universitas dan panitia SNMPTN. “Kami minta ada klarifikasi bersama semacam itu sehingga jelas duduk perkaranya,” kata Puji kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2013). Sejauh ini, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan tersebut pada pihak universitas dan panitia SNMPTN. Kemudian dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga sudah membantu dengan mengirim surat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) supaya ada keringanan bagi siswa kelas XII yang hendak mengikuti SNMPTN 2013.

…dst

8 ) SMAN 84: ‘Di-Blacklist’ karena Ulah Siswa Tahun Lalu
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/19360829/SMAN.84.Di-Blacklist.karena.Ulah.Siswa.Tahun.Lalu

Rabu, 6 Februari 2013 | 19:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – SMA Negeri 84 Jakarta membenarkan bahwa para siswa kelas XII di sekolahnya tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Hal ini dikarenakan ada satu siswa yang diketahui memasukkan nilai yang tidak sesuai dengan rapor asli. Kepala Sekolah SMA Negeri 84 Jakarta, Puji Raharjo, mengatakan bahwa siswa tersebut didapati menuliskan nilai yang tidak sama dengan rapor asli saat mendaftar SNMPTN pada 2012 lalu. Sementara pihak sekolah mengaku bahwa data yang dimasukkan untuk kemudian diverifikasi siswa tersebut sesuai dengan rapor aslinya. “Prosedur yang ada kami jalankan dengan baik. Tapi memang anak ini saat diminta menuliskan nilai, yang dimasukkan berbeda dengan rapor asli,” kata Puji kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

…dst

9 ) 50 Persen Mahasiswa Baru Unud Lewat SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/21290434/50.Persen.Mahasiswa.Baru.Unud.Lewat.SNMPTN

Rabu, 6 Februari 2013 | 21:29 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com – Sebanyak 50 persen dari kuota jumlah mahasiswa baru Universitas Udayana (Unud) pada tahun akademik 2013/2014 akan diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Kapasitas penerimaan mahasiswa di Unud untuk tahun ini pada program reguler tidak berbeda jauh dibandingkan tahun sebelumnya yakni sekitar 3.483 orang. Itu belum termasuk mahasiswa dari luar negeri,” kata Rektor Universitas Udayana Prof Dr Made Bakta, di Denpasar, Rabu (6/2/2013). Secara umum, jelas dia, setiap tahun Unud menerima mahasiswa berkisar dari 3.500 hingga 4.000 orang. Sementara untuk seleksi penerimaannya tahun ini melalui dua jalur yakni jalur nasional dan mandiri.

…dst

10 ) Kini Indonesia Punya Situs Web Database Abstrak dan Sitasi antar Perguruan Tinggi di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/06/373/757758/kini-indonesia-punya-situs-jurnal-ilmiah

Rabu, 06 Februari 2013 17:08 wib
JAKARTA – Perguruan tinggi di Nusantara kini mewiliki wadah bagi jurnal dan artikel ilmiah yang dilakukan segenap civitas academica kampus tersebut. Proyek kerjasama antara Dirjen Dikti sebagai inisiator dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB) selaku pelaksana teknis itu melahirkan Indonesian Citation Index. Indonesian Citation Index merupakan sebuah situs web database abstrak dan sitasi dalam skala nasional yang bersumber dari seluruh jurnal, paper, atau artikel dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pembuatan situs ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan jurnal dan artikel di Indonesia. Melalui situs tersebut, semua sitasi dari paper-paper yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan tercatat. Semakin banyak suatu artikel atau paper disitasi, maka semakin baik kualitas paper tersebut. Bahkan akan lebih baik jika artikel atau paper tersebut mampu menembus akreditasi jurnal internasional. Hingga saat ini, ada 12 jurnal internasional terbitan Indonesia dengan empat di antaranya merupakan jurnal terbitan ITB. Jumlah tersebut dikatakan sangat minim jika dibandingkan dengan Singapura yang memiliki 94 jurnal internasional, Malaysia 45 jurnal, dan Filipina dengan 13 jurnal. Demikian, seperti dilansir situs ITB, Rabu (6/2/2013).

…dst

11 ) Akademisi: banyak fosil Indonesia dipelajari bangsa lain
http://www.antaranews.com/berita/356817/akademisi-banyak-fosil-indonesia-dipelajari-bangsa-lain

Rabu, 6 Februari 2013 02:05 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Banyak fosil Indonesia dipelajari oleh bangsa lain, karena peneliti di negeri ini yang mempelajari masalah paleoantropologi masih sedikit, kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Prof Etty Indriati PhD.”Oleh karena itu, untuk menumbuhkan minat belajar tentang paleoantropologi, perlu dibuat tulisan yang lebih populer, di antaranya dalam bentuk komik,” katanya di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia saat mengenalkan komik karyanya berjudul Warisan Budaya dan Manusia Purba Indonesia Sangiran, Indonesia kaya dengan keragaman budaya dan peninggalan benda-benda purbakala. Namun, kata dia, pengetahuan budaya dan purbakala itu lebih banyak diajarkan di dalam kelas. Belum banyak yang menuangkannya dalam bentuk buku cerita termasuk komik.”Buku cerita termasuk komik cocok untuk siswa sekolah dasar (SD) hingga mahasiswa, khususnya mahasiswa arkeologi yang meneliti hewan maupun tumbuhan yang hidup ratusan juta tahun lalu,” katanya.

…dst

12 ) Mahasiswa UNY ubah “smartphone” jadi robot pemantau
http://www.antaranews.com/berita/356810/mahasiswa-uny-ubah-smartphone-jadi-robot-pemantau

Selasa, 5 Februari 2013 23:20 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Wahyu Privantoro melakukan inovasi mengubah telepon seluler android “smartphone” menjadi alat pemantau yang diberi nama “mobile robot pemantau”. “Robot pemantau benda mencurigakan itu memanfaatkan android `smartphone` sebagai IP Webcam dengan komunikasi bluetooth dan Wi-Fi berbasis mikrokontroler ATmega8,” kata Wahyu di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia dirinya memanfaatkan perangkat andorid “smartphone” karena saat ini hampir semua orang memilikinya sebagai perangkat telekomunikasi. “Telepon seluler atau handphone semacam itu memiliki kemampuan Wi-Fi thetering sebagai IP Webcam yang kemudian dihubungkan dengan Wi-Fi laptop operator oleh pengguna sehingga mampu menampilkan audio video secara `realtime`,” katanya.

…dst

13 ) Mahasiswi Rancang Kalender Turunkan Obesitas
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/21431142/Mahasiswi.Rancang.Kalender.Turunkan.Obesitas

Rabu, 6 Februari 2013 | 21:43 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Mahasiswi Pascasarjana Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) Dewi Rahmawati merancang kalender edukasi yang dapat memotivasi pemilik kalender itu untuk menurunkan obesitas/kegemukan hingga 2-3 kilogram dalam tiga bulan. “Ya, kalender meja yang saya sebut ‘modul pocket activity’ itu mendorong pemiliknya untuk tahu cara-cara mencegah obesitas dan selalu merancang agenda olahraga secara teratur,” katanya di kampus setempat, Rabu (6/2/2013). Mahasiswi Farmasi Klinis itu menjelaskan kalender rancangannya itu memuat edukasi tentang upaya mengatasi obesitas melalui olahraga yang sederhana, seperti berjalan cepat, bersepeda, berenang, dan mengurangi aktivitas tanpa gerak, seperti naik “lift”.

…dst

14 ) Presiden Resmikan Asrama Mahasiswa Al Azhar Kairo
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/06/mhspd6-presiden-resmikan-asrama-mahasiswa-al-azhar-kairo

Rabu, 06 Februari 2013, 18:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pembangunan asrama mahasiswa Indonesia di Universitas Al Azhar, Kairo, Rabu. Peletakan batu pertama asrama yang terdiri dari empat bangunan seluas 1.200 m2 dengan 324 kamar itu dilakukan Kepala Negara dengan disaksikan Wakil Syaik Besar Al Azhar Syaik Abdu Tawab Qutub dan Wakil Rektor Farid Hamada serta Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar. Puluhan mahasiswa Indonesia di Mesir hadir dengan melambaikan bendera merah putih. Di Mesir, jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 4.600 orang yang tersebar di berbagai universitas, termasuk Al Azhar. Dalam sambutannya, SBY mengaku senang bisa berkunjung ke Universitas Al Azhar yang telah menghasilkan kader-kader pemimpin di dunia.

…dst

15 ) Beasiswa Studi ke Jepang untuk Lulusan SMA, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/06/13520676/Beasiswa.Studi.ke.Jepang.untuk.Lulusan.SMA.Mau

Rabu, 6 Februari 2013 | 13:52 WIB
KOMPAS.com – Baru lulus sekolah dan ingin melanjutkan kuliah ke Jepang? Mungkin kok…Program beasiswa Mitsui-Busan menanggung studi kandidat sampai tahun 2019. Pasalnya, beasiswa ini meliputi studi selama 4 tahun di Jepang plus persiapan selama 1,5 tahun untuk mempersiapkan kandidat dengan kemampuan bahasa Jepang di Japanese Language School. Jadi, jika tak bisa bahasa Jepang, jangan khawatir. Karena selain persiapan bahasa selama 1,5 tahun di Jepang, sebelum berangkat, penerima beasiswa akan menerima pelatihan selama dua bulan di Indonesia mengenai bahasa Jepang, budaya, sejarah dan kehidupan di Jepang. Beasiswa ini meliputi tunjangan hidup sebesar 145.000 yen per bulan selama 5,5 tahun, tiket pulang-pergi Indonesia-Jepang, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 yen, biaya kursus bahasa, dan asuransi. Program beasiswa ini diperuntukkan untuk para kandidat asal Indonesia yang sudah atau baru akan lulus SMA dan berusia kurang dari 20 tahun pada tanggal 12 April 2013. Untuk mendaftar, kandidat juga harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah SMA asal kandidat.

…dst

16 ) Kaltim Kembangkan Beasiswa Sistem Online
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/02/06/mhsl7k-kaltim-kembangkan-beasiswa-sistem-online

Rabu, 06 Februari 2013, 16:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN–Jumlah beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim yang pendaftarannya dengan sistem online (dalam jaringan) senilai Rp 97,5 miliar, sementara jumlah penerimanya mencapai 23.212 orang baik yang bestatus pelajar maupun mahasiswa.”Sebenarnya total beasiswa dari Program Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 mencapai Rp149 miliar, tetapi yang kami kelola dengan sistem online hanya sebesar Rp97,5 miliar, kemudian selebihnya langsung ditangani oleh Dinas Pendidikan Kaltim,” ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang H Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu. Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini mengatakan bahwa beasiswa yang senilai Rp 97,5 miliar itu terbagi menjadi delapan penerima, yakni untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, untuk program Diploma, program Sarjana atau Diploma IV, dan program Magister. Kemudian untuk program doktor, program internasional, program siswa dan mahasiswa berprestasi, serta untuk program siswa dan mahasiswa anak cucu veteran.

…dst

17 ) Delegasi UI Siap Berdiplomasi di HMUN 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/06/373/757761/delegasi-ui-siap-berdiplomasi-di-hmun-2013

Rabu, 06 Februari 2013 17:17 wib
JAKARTA – Seperti apa rasanya mewakili Indonesia dalam sebuah sidang tingkat internasional? Lima mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini akan merasakan serunya menjadi “diplomat RI” pada persidangan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Tentu saja, apa yang akan mereka lakukan bukan benar-benar menjadi delegasi PBB. Tetapi, lima mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI tersebut akan berpartisipasi dalam ajang simulasi sidang PBB terbesar dan tertua di dunia, Harvard Model United Nation (HMUN) 2013. Pada 14-17 Februari 2013 mendatang, Miranda E Manurung, Putri Eva Mayangsari, Gemintang Mallarangeng dan Derry Fahrizal Ulum dengan steering comitte Chairunissa Purliasih akan mengikuti rangkaian HMUN ke-59 di Boston, Amerika Serikat.

…dst

18 ) UMSB Kembangkan Hari Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/06/mhss61-umsb-kembangkan-hari-mahasiswa

Rabu, 06 Februari 2013, 19:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,PADANG–Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat meluangkan waktu khusus untuk “Hari Mahasiswa” dan “UMSB days” yang dimanfaatkan sebagai pendampingan secara intensif terhadap mahasiswa serta peningkatkan kualitas ajar dan kemapanan para dosen dalam memberikan kuliah. Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Dr H. Shofwan Karim Elha di Padang, Rabu, mengatakan, pada hari yang telah ditetapkan satu kali dalam sebulan itu dilaksanakan berbagai kegiatan positif serta evaluasi terhadap pengembangan pendidikan di kampus tersebut. “Pada dua hari khusus ini pihak manajemen kampus melaksanakan berbagai kegiatan termasuk workshop agar dapat menjadikan civitas akademika UMSB mengarah pada yang lebih baik,” ujarnya.

…dst

19 ) Pembentukan Organisasi Profesi Guru, Kemdikbud Tunggu Masukan Komunitas Guru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1025

02/06/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini menunggu masukan dari komunitas dan organisasi guru terkait penataan organisasi profesi guru. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, organisasi profesi memiliki kaidah tersendiri, baik menyangkut etika profesi, pengembangan, maupun perlindungan. Jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh guru maka ada majelis atau dewan yang mengaitkan pelanggaran tersebut dengan pelaksanaan hak dan kewajiban guru. “Jadi kalau nanti ada seorang guru melakukan pelanggaran tidak serta merta dikaitkan dengan kriminalitas. Kami mengajak komunitas atau organisasi guru untuk memberi pandangan terhadap organisasi profesi guru,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (6/02). Mendikbud mengatakan, hak berserikat sebagai warga negara yang dijamin undang-undang dasar agar dibedakan dengan serikat sebagai profesi. Guru, kata dia, sebelumnya bukan profesi. Namun, sejak terbitnya Undang-Undang No 14 tahun 2005, guru merupakan sebuah profesi. “Bedakan guru sebagai profesi dengan guru sebagai anggota masyarakat biasa,” katanya.

…dst

20 ) Komnas HAM: Revisi PP Tentang Guru Langgar HAM
http://www.jpnn.com/read/2013/02/06/157228/Komnas-HAM:-Revisi-PP-Tentang-Guru-Langgar-HAM-

Rabu, 06 Februari 2013 , 14:17:00
JAKARTA – Komisioner Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigay menegaskan draft revisi Peraturan Pemerintah (PP) 74/2008 tentang guru sangat berpotensi melanggar hak azasi manusia. Ia menunjuk pada pasal 44 ayat 3 yang dianggap mengekang guru dalam berserikat. “Setelah pelajari revisi PP 74/2008 pasal 44 ayat 3 itu sangat berpotensi memberangus kebebasan berserikat bagi guru, dan pelanggaran HAM, karena mereka (Kemdikbud) berorientasi menggiring kebebasan pribadi guru ke komunal,” kata Natalius di gedung Komnas HAM, Rabu (6/1). Sedianya hari ini Komnas HAM akan meminta klarifikasi kepada Mendikbud Mohammad Nuh terkait permasalahan dalam revisi PP 74/2008. Sayangnya, hingga Rabu siang, Mendikbud belum memenuhi undangan Komnas HAM.Jika tidak hadir hari ini, Komnas HAM akan kembali mengagendakan pemanggilan ulang Nuh tanggal 18-19 Februari 2013. Kalau pemanggilan itu tetap diabaikan maka tanggal 20 Februari Komnas HAM akan mengeluarkan rekomendasi ke Presiden, Komisi X DPR, dan Menteri Pendidikan Nasional.

…dst

21 ) Dipanggil Komnas HAM, Mendikbud Mangkir
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/06/079459526/Dipanggil-Komnas-HAM-Mendikbud-Mangkir

Rabu, 06 Februari 2013 | 16:34 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh tidak hadir saat dipanggil oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia terkait dengan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008. “Kami berpikir positif saja, mungkin surat pemanggilannya belum diterima,” ujar Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, Rabu, 6 Februari 2013.
Muhammad Nuh sedianya hadir siang tadi untuk memberikan keterangan mengenai peraturan itu, yang dinilai melanggar hak asasi manusia. Dalam salah satu revisi pasalnya, terdapat aturan bagi serikat guru, yang mengharuskan kepengurusan minimal 25 persen untuk tingkat kabupaten dan kota, serta 75 persen dari kepengurusan di tingkat nasional.

…dst

22 ) Sebuah asteroid mendekati Bumi tengah bulan ini
http://www.antaranews.com/berita/356495/sebuah-asteroid-mendekati-bumi-tengah-bulan-ini

Senin, 4 Februari 2013 12:28 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sebuah asteroid berukuran sekitar 45 meter yang dinamai 2012 DA14 akan melintas sangat dekat dengan Bumi pada 15 Februari dan bisa disaksikan oleh pengamat antariksa di Indonesia pada Sabtu, 16 Februari 2013, sekitar pukul 02.26 WIB. “Titik terdekat dengan bumi itu hanya berjarak sekitar 21.000 kilometer, di wilayah orbit satelit-satelit GPS,” kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Prof Dr Thomas Djamaluddin kepada ANTARA di Jakarta, Senin. Menurut dia, perlintasan asteroid tersebut tidak akan berdampak apapun pada Bumi, tidak akan mengganggu kerja satelit-satelit di Bumi di orbit. Tetapi 97 tahun lagi atau tepatnya 16 Februari 2110 asteroid itu diperkirakan akan menumbuk Bumi, kata Thomas Djamaluddin.

…dst

23 ) Fakta tentang asteroid 2012 DA14
http://www.antaranews.com/berita/356671/fakta-tentang-asteroid-2012-da14

Selasa, 5 Februari 2013 12:33 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Berikut fakta tentang asteroid 2012 DA14 yang akan mendekat ke Bumi pada 15 Februari 2013 seperti dikutip dari laman resmi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).
1. Asteroid 2012 DA14 adalah obyek dekat Bumi dengan diameter sekitar 45 meter dan masa sekitar 130.000 metrik ton.
2. Asteroid 2012 DA14 ditemukan oleh La Sagra Sky Survey yang dioperasikan oleh Astronomical Observatory of Mallorca di Spanyol pada 23 Februari 2012. Jarak asteroid ini sekitar 4,3 juta kilometer saat dideteksi.
4. Pelintasan asteroid 2012 DA14 tahun 2013 sampai sekarang merupakan perlintasan asteroid yang terdekat dengan Bumi dalam beberapa dekade. Perlintasan asteroid dekat dengan Bumi lagi akan terjadi pada 16 Februari 2046, saat asteroid melintas tidak lebih dekat dari sejuta kilometer dari pusat Bumi.

…dst