Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013
Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013 Resmi Dibuka

02/11/2013
Kota Depok — Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2013 yang merupakan ajang pertemuan tahunan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan resmi dibuka oleh Wakil Presiden Boediono hari ini, Senin (11/02). Acara ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Februari 2013, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Kemdikbud, Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat.Tema yang diambil pada RNPK 2013 ini adalah ‘Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014?, ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Dari tema di atas dijabarkan menjadi lima tema yang diangkat dalam sidang-sidang komisi.Pembagian tema dalam sidang-sidang komisi yaitu Komisi I membahas implementasi Kurikulum 2013, Komisi II membahas akademi komunitas dan BOPTN, Komisi III membahas kebudayaan, Komisi IV membahas tata kelola pendidikan dan kebudayaan, serta di Komisi V membahas pendidikan menengah universal (PMU).

Lebih lanjut Mendikbud menyampaikan, harapan atau ekspektasi masyarakat terhadap layanan di dunia pendidikan dan kebudayaan sangat besar. Hal ini dilatarbelakangi tiga alasan. Pertama, kata Menteri Nuh, semakin tingginya kedasaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Kedua, pada akhirnya tidak ada orang Indonesia yang tidak bersentuhan dengan dunia pendidikan dan ketiga alokasi anggaran pendidikan yang sangat tinggi. “Oleh karena itu, menuntut kepada kita semua untuk terus menerus kerja keras, kerja cerdas, serta ikhlas untuk memberikan layanan dunia pendidikan,” katanya.

Wapres Boediono berpandangan, ada dua fokus pengembangan SDM sebagai kunci peningkatan kualitas bangsa yaitu pendidikan dan kesehatan. Kedua hal itu dia ibaratkan sebagai perangkat keras dan perangkat lunak di bidang komputer. “Dua-duanya harus match kapasitasnya kalau tidak manusianya bisa hang,” katanya.

Wapres menilai, forum RNPK sangat penting untuk menyatukan pandangan menyangkut isu penting bagi kemajuan bangsa. Dirinya merasa sebagai bagian dari komunitas pendidikan. “Saya menyambut baik rembuknas ini,” katanya. (NW, JS)

***
Berita lain :

Pengadaan Buku Kurikulum SD Ditanggung Pusat
Sidang Pleno RNPK 2013 Bahas Reformasi Birokrasi
Guru Sasaran Pelatihan Kurikulum 2013 Telah Ditetapkan
Pangkas Angka Putus Sekolah dari Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi
Kepala Dinas Pendidikan Berperan Penting Tingkatan Kualitas Pendidikan
Mendikbud : Kontribusi di Dunia Global Penting, Kualitas Lebih Penting
Mendikbud Ajak Buka Posko untuk Kurangi Siswa Putus Sekolah
Wapres: Implementasi Kurikulum 2013 Jangan Molor
Wapres: SDM sebagai Motor Penggerak
Penandatanganan Kontrak Kinerja di Rembuk Nasional Kemdikbud 2013

***

Kemdikbud akan gelar Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013

02/08/2013
Jakarta—Dalam rangka menciptakan sinergi dan kesamaan visi dalam pelaksanaan pembangunan di bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 bertempat di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Bojongsari, Depok pada tanggal 10-13 Februari 2013 dengan Tema: “Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014

Dengan tema  ini, seluruh peserta yang terdiri dari semua pengelola pendidikan dan kebudayaan yang antara lain para pejabat Kemdikbud Pusat, Kepala Dinas, Rektor, Praktisi Pendidikan, Pejabat Kementerian dan Lembaga terkait, para Atase Pendidikan di Luar Negeri  serta para Pemangku  kepentingan di bidang pendidikan lainnya yang berjumlah lebih 900 orang untuk bersama-sama melakukan koordinasi  dan membangun komitmen untuk menuntaskan program prioritas pendidikan dan kebudayaan tahun 2013-2014.

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan ini dimaksudkan sebagai langkah dan tindakan konkret pemerintah pusat, pemerintah daerah dan unsur  terkait lainnya dalam upaya mengoptimalkan pencapaian output dan outcome pelaksanaan program dan kegiatan melalui percepatan realisasi anggaran tahun 2013 serta mewujudkan opini WTP dan penguatan pelaksanaan zona integritas pada seluruh satuan kerja pendidikan dan kebudayaan. Dalam Rembuk Nasional ini peserta juga akan merumuskan kebijakan terkait dengan pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Melalui Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 ini diharapkan seluruh jajaran pendidikan dan kebudayaan di pusat dan daerah memiliki komitmen atas pencapaian target  kinerja program prioritas yang telah ditetapkan dalam Renstra Kemdikbud 2010-2014 sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat guna memenuhi dan meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian layanan pendidikan serta melestarikan dan memperkukuh kebudayaan Indonesia.

Dalam Rembuk Nasional 2013 ini para peserta akan mendapatkan arahan dari Wakil Presiden RI Boediono dan Menteri  Pendidikan Kebudayaan, Mohammad Nuh yang akan dilanjutkan dengan sidang pleno dan sidang-sidang komisi sesuai jadwal yang sudah di tentukan panitia. (js)

***

Lima Fokus Bahasan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013

02/08/2013
Jakarta — Ada lima prioritas pendidikan dan kebudayaan yang akan diangkat dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013. Kelima prioritas tersebut merupakan bahasan penting yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2010-2014 yang akan segera berakhir.

“Menjelang akhir RPJMN ini kita harus melihat kembali apa saja terget-target kita dan sudah sejauh mana capaiannya,” kata Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, pada jumpa pers RNPK 2013 di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/02).

Dari lima prioritas tersebut salah satunya adalah kurikulum 2013. Dalam RNPK 2013 ini akan dibahas bagaimana implementasi kurikulum 2013, termasuk di dalamnya penyiapan guru dan penyiapan buku. Kedua, RNPK akan membahas implikasi atas berlakunya undang-undang pendidikan tinggi yang disahkan pada Desember 2012 lalu. Bagaimana perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan tinggi bisa tercapai. Misalnya, bagaimana mekanisme penyaluran Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), penyaluran bantuan mahasiswa, mendirikan perguruan tinggi di daerah terpencil dan pendirian akademi komunitas.

…dst

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Bahas Bantuan Operasional PTN

02/08/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai Senin (11/2/2013) depan akan menggelar kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013. Salah satu agenda yang dibahas adalah implikasi dari Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, pada sidang komisi akan membahas bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) dan tarif pembiayaan di pendidikan tinggi. BOPTN merupakan instrumen kontrol finansial untuk menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa. “Tujuan akhirnya adalah meringankan beban yang harus ditanggung oleh mahasiswa,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Mendikbud mengatakan, pada akhir bulan ini pemerintah akan merilis standar satuan biaya operasional pendidikan tinggi. Standar satuan biaya ini menjadi dasar untuk mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk PTN, “Nanti SPP tidak boleh lebih tinggi dari unit cost,” katanya.

Standar yang akan keluar secara periodik ini ditetapkan dengan mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah. Kegiatan rembuk, yang ditutup pada Selasa (12/2/2013), juga akan membahas persiapan pelaksanaan kurikulum 2013, penyiapan akademi komunitas, pelestarian kebudayaan, penguatan tata kelola, dan implementasi pendidikan menengah universal. (ASW).

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013

Posted Thu, 01/31/2013 – 10:10 by sidiknas

rembuknas-2013

Tema    : Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014

Tempat : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jl. Raya Cinangka Km.19 Bojongsari, Depok

Telp. 021-7490411 Pes.700. Faks. 021-7491174

Waktu   : 10-13 Februari 2013

Menu Rembuknas

Rembuknas Dikbud 2013

Denah dan Petunjuk Lokasi

Topik Bahasan

Rambu-Rambu Diskusi

Unduh Formulir

Jadwal