1 ) Wapres dan Gagasan Kuliah “Online”
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/14/12473894/Wapres.dan.Gagasan.Kuliah.Online

Kamis, 14 Februari 2013 | 12:47 WIB Oleh Budi Widianarko
KOMPAS.com – Dalam pembukaan Konvensi Kampus Ke-9 dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang, Januari lalu, Wakil Presiden Boediono mengangkat sebuah gagasan yang layak dikaji oleh kalangan pendidikan tinggi di negeri ini. Demi meningkatkan mutu dan daya saing di ranah internasional, Wapres Boediono menyarankan agar perguruan tinggi Indonesia memanfaatkan mata kuliah online yang banyak tersedia saat ini. Menurut Wapres, “Materi dan proses pengajaran itu umumnya disusun dan diolah oleh pendidik dan pengajar dari lembaga-lembaga pendidikan ternama di dunia di luar negeri. Oleh karena itu, standarnya dijamin memenuhi standar internasional.” Gagasan Wapres terkesan menjanjikan. Alih-alih menunggu tersedianya dosen bermutu nan mumpuni di kampus-kampus seluruh Nusantara, mengapa kita tidak langsung saja “mengudap” hasil ramuan para pengajar hebat dari kampus-kampus ternama di luar negeri. Wapres rupanya terpikat tawaran Massive Open Online Courses (MOOCs), sebuah wabah yang sedang melanda bisnis pendidikan tinggi internasional, terutama di Amerika Serikat. Apalagi, saat ini MOOCs umumnya tersedia secara prodeo

…dst

2 ) Uang Kuliah Tunggal Diterapkan Mulai Tahun Pelajaran Baru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1062

02/14/2013
Kota Depok — Uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi negeri (PTN) akan diberlakukan mulai Tahun Pelajaran 2013/2014, Agustus mendatang. Hal tersebut dipastikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso, usai penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/02). Meski masih dilakukan dalam beberapa bulan, Djoko mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya adalah menyiapkan standar satuan biaya operasional pendidikan tinggi. “Dalam unit cost ada dua bagian yaitu standar biaya dan tarif maksimum, atau yang dikenal dengan harga eceran tertinggi (HET),” kata Djoko. Standar yang akan keluar secara periodik ini ditetapkan dengan mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah.

…dst

3 ) Sekolah Tak Punya NSPN, Siswa Tak Bisa Ikut SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/14/18462216/Sekolah.Tak.Punya.NSPN.Siswa.Tak.Bisa.Ikut.SNMPTN

Kamis, 14 Februari 2013 | 18:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kebijakan Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mengharuskan sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), menguak tidak beresnya persoalan administratif banyak sekolah di berbagai daerah. Ada sekolah yang tidak bisa mengakses PDSS di laman resmi www.snmptn.ac.id, karena tidak memiliki nomor pokok sekolah nasional (NSPN). Akibatnya, siswa kelas XII SMA/MA/SMK di sekolah yang tidak punya NSPN, tidak bisa mendaftar ke SNMPTN yang mulai tahun ini gratis. Para siswa hanya bisa “gigit jari” melewatkan peluang untuk dapat menembus 61 PTN di seluruh Indonesia. Akhmaloka, Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Kamis (14/2/2013), di Jakarta, mengatakan, untuk dapat terdaftar di PDSS sekolah wajib punya NSPN. Demikian juga siswa harus memiliki nomor induk siswa nasional (NISN). Ternyata, tidak semua sekolah memiliki NSPN dan tidak semua siswa memiliki NISN. Sesuai dengan ketentuan, sekolah yang tidak punya NSPN tidak bisa mengakes PDSS. Akibatnya siswa tidak bisa ikut SNMPTN.

…dst

4 ) Sejumlah PTN Terancam Gagal Penuhi Target Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/02/14/215156/Sejumlah-PTN-Terancam-Gagal-Penuhi-Target-Mahasiswa

14 Februari 2013
SOLO – Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terancam gagal memenuhi target pendaftar Seleksi Nasional Masuk Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)2013. Sebab, dari 2.702 sekolah di Jateng, 851 di antaranya tidak mengunggah data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan 159 sekolah gagal menyelesaikannya. Ketua SNMPTN 2013 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Drs Sutarno MSc PhD mengemukakan, sekolah yang tidak mengunggah data ke PDSS ataupun gagal menyelesaikannya maka secara otomatis siswanya tidak bisa mendaftar SNMPTN. Dia berharap, banyaknya sekolah yang tidak mengikuti PDSS ataupun gagal mendaftar dalam PDSS tidak memengaruhi jumlah pendaftar. `’Prediksi kami pendaftar tetap tinggi. Namun mungkin target UNS mendulang 40.000 pendaftar SNMPTN 2013 tampaknya bakal sulit tercapai,” kata Sutarno.

…dst

5 ) Kejaksaan Sita Mobil Rektor Unsoed
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/14/063461394/Kejaksaan-Sita-Mobil-Rektor-Unsoed

Kamis, 14 Februari 2013 | 21:02 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto – Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah menyita satu unit mobil Toyota Innova milik Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Prof. Edy Yuwono. Mobil dengan nomor R 8599 ZA itu diduga merupakan hasil korupsi proyek kerjasama Unsoed dengan PT. Aneka Tambang. “Kami masih verifikasi kepemilikan surat-suratnya,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Purwokerto, Hasan Nurudin Achmad Kamis 14 Februari 2013. Ia mengatakan, mobil diambil dari rumah dinas rektor. Saat ini mobil tersebut diparkir di halaman Kejaksaan Negeri Purwokerto bersama tiga mobil Daihatsu Terios yang sudah terlebih dahulu disita dari tiga pejabat Unsoed lainnya dalam kasus yang sama.

…dst

6 ) Indonesia – Belanda kerja sama riset logistik
http://www.antaranews.com/berita/358339/indonesia–belanda-kerja-sama-riset-logistik

Kamis, 14 Februari 2013 12:30 WIB
Delft, Belanda (ANTARA News) – Sejumlah universitas dan perusahaan dari Indonesia dan Belanda menjalin kerja sama riset di bidang logistik bernama Living Lab Logistics, yang diprakarsai Nuffic (Netherlands Universities Foundation for International Cooperation), lembaga Belanda untuk kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi. Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, dalam pernyataanya yang diterima di Delft, Belanda, Kamis mengatakan, program ini memadukan riset dan praktik langsung di dunia kerja nyata yakni di beberapa perusahaan logistik di Indonesia dan Belanda. “Melalui Living Lab Logistics, para pelajar, dosen, dan peneliti dari institusi pendidikan tinggi yang memiliki keahlian di bidang logistik dihubungkan dengan perusahaan yang bergerak di bidang serupa,” jelas Bakker.Dengan demikian pembangunan SDM semakin pesat karena proses alih pengetahuan berjalan efektif dan mendalam, sehingga memacu inovasi mutakhir industri serta mendukung pengembangan akademik bagi universitas.

…dst

7 ) Setahun, 50 Penelitian Dipatenkan LIPI
http://www.jpnn.com/read/2013/02/14/158362/Setahun,-50-Penelitian-Dipatenkan-LIPI-

Kamis, 14 Februari 2013 , 08:40:00
CIBINONG—Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Bogor. Salah satunya dengan menyumbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), melalaui program inkubasi teknologi. “Per tahun kita menghasilkan 50 penelitian yang sudah bisa dipatenkan,” tegas Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof Bambang Subyanto saat peresmian Gedung Inovasi di Cibinong Sciense Center (CSC), Rabu (13/2). Gedung itu, lanjut Bambang, untuk melahirkan berbagai usaha atau perusahaan berbasis teknologi, terutama teknologi yang berasal dari hasil-hasil riset LIPI. Gedung ini mewadahi bebagai kegiatan yang bersifat mengakselerasi adopsi hasil-hasil riset LIPI oleh para stakeholder.”Di gedung Inovasi ini pun ada program inkubasi teknologi yang bertujuan untuk memfasilitasi komersialisasi hasil-hasil penelitian dan juga akusisi maupun pemanfaatan teknologi unggul.

…dst

8 ) Unsoed Beri Beasiswa untuk Transmigran
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/14/373/761643/unsoed-beri-beasiswa-untuk-transmigran

Kamis, 14 Februari 2013 12:02 wib
JAKARTA – Transmigrasi adalah langkah pemerintah untuk menyelesaikan masalah pemerataan penduduk dan kemiskinan. Kini, program tersebut diperluas dengan upaya pemberian beasiswa bagi para anak transmigran. Salah satu kampus yang berpartisipasi dalam program beasiswa anak transmigran ini adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah. Dalam acara penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Unsoed dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI belum lama ini terungkap, Kemenakertrans akan memberikan beasiswa bagi para anak transmigran berprestasi yang sedang menuntut ilmu di Unsoed.

…dst

9 ) Beasiswa Untuk Penghafal Al Quran
http://www.jpnn.com/read/2013/02/14/158357/Beasiswa-Untuk-Penghafal-Al-Quran-

Kamis, 14 Februari 2013 , 08:14:00
MALANG – Beasiswa kuliah bagi penghafal Al Quran, kini tidak hanya dikapling perguruan tinggi islam seperti UIN Maliki, Unisma dan lain-lain. Tapi, mulai tahun ini Universitas Merdeka (Unmer) Malang juga melakukan hal yang sama. Rencananya tahun ini akan dibuka 50 kuota untuk mahasiswa baru (maba) jalur tahfizh ini. “Ini baru kali pertama Unmer memberikan beasiswa kepada orang-orang yang hafal Al Qur”an,” ungkap Humas Unmer, Rahmat, Rabu (13/2). Pelaksanaan seleksi maba jalur tahfizh ini akan dilaksanakan bekerjasama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam. Dengan harapan maba yang akan terjaring sesuai dengan kriteria yang diharapkan Unmer. Yang dinyatakan lolos seleksi maka bisa menempuh studi di semua program studi sesuai pilihannya dengan beasiswa penuh dari Unmer.

…dst

10 ) Mahasiswa Desain Interior 21 Perguruan Tinggi Rembug Kearifan Lokal
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/02/13/3/130875/Mahasiswa-Desain-Interior-21-Perguruan-Tinggi-Rembug-Kearifan-Lokal

Rabu, 13 February 2013 | 23:38 WIB
Metrotvnews.com, Solo: Mahasiswa desain interior dari 21 perguruan tinggi di Indonesia merembug ragam kearifan lokal Nusantara sebagai potensi untuk meningkatkan daya saing desain interior khas di masa mendatang. Pertemuan berlangsung di Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Solo, Jawa Tengah, dan dikemas dalam kegiatan Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII). Pertemuan dijadwalkan berlangsung hingga 16 Februari mendatang itu dibuka oleh Rektor UNS Ravik Karsidi, Rabu (13/2). Dekan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Riyadi Santoso dalam sambutannya menegaskan pertemuan memiliki arti sangat penting karena penggalian kearifan lokal akan memacu proses berkarya sekaligus meningkatkan kualitas. Menurutnya, di masa mendatang kearifan diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi karya-karya desain kekinian.

…dst

11 ) UGM Bahas Kerjasama Beasiswa Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/14/373/761952/ugm-bahas-kerjasama-beasiswa-internasional

Kamis, 14 Februari 2013 18:44 wib
JAKARTA – Skema beasiswa Norad’s Programme for Master Studies (NOMA) di antara perguruan tinggi tentu menghasilkan berbagai konsekuensi. Guna membahas permasalahan yang mungkin timbul terkait program tersebut, maka Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar kegiatan bertaraf internasional, yakni NOMA Project Coordinator Seminar. Koordinator acara Purwo Santoso menyatakan, salah satu permasalahan yang dibahas dalam kegiatan tahunan itu ialah dukungan terhadap pengembangan jaringan pendidikan master negara selatan-selatan. Dia menambahkan, pendidikan tinggi di negara selatan-selatan diharapkan saling memperkuat dan memberi perhatian lebih besar agar pendidikan tingkat master di berbagai perguruan tinggi di Norwegia berjalan lebih menarik.

…dst

12 ) 3 Mahasiswa Unpad Promo Budaya & Pencak Silat di ASEAN
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/14/373/761941/3-mahasiswa-unpad-promo-budaya-pencak-silat-di-asean

Kamis, 14 Februari 2013 17:55 wib
JAKARTA – Tiga mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung berkesempatan mewakili Indonesia dalam “ASEAN Youth Camp 2013.” Di hadapan para peserta dari negara lain, mereka mempromosikan kekayaan budaya Nusantara. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Taufik Nurhidayatulloh, Rinaldi Yudakusumah, dan Achmad Dima. Pada kegiatan yang berlangsung di Phra Nakhon Rajabhat University, Thailand, akhir Januari lalu itu delegasi Unpad tidak sendirian. Bersama mereka hadir pula perwakilan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, IAIN, dan STAIN Abdurrachman Siddiq. “Di sana, kami berkesempatan untuk mempresentasikan kebudayaan Indonesia di hadapan para delegasi dari sembilan negara ASEAN lainnya. Selain presentasi, kami juga berkesempatan menampilkan seni pencak silat di hadapan peserta,” ujar Taufik, seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (14/2/2013).

…dst

13 ) UII Luncurkan Pusat Studi Kejahatan Ekonomi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/14/mi7smv-uii-luncurkan-pusat-studi-kejahatan-ekonomi

Kamis, 14 Februari 2013, 21:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (14/2), meluncurkan Pusat Studi Kejahatan Ekonomi (PSKE) di Fakultas Hukum UII. “Pendirian PKSE merupakan salah satu langkah kongkret Fakultas Hukum UII untuk ikut aktif dalam upaya pemecahan permasalahan bangsa Indonesia terkait maraknya kejahatan ekonomi,” kata Dekan Fakultas Hukum UII, Rusli Muhammad, di Yogyakarta, Kamis (14/2). Dijelaskan Rusli, korupsi sangat erat hubungannya dengan tindak pidana pencucian uang. Pelaku pada umumnya menempatkan uang hasil korupsinya pada penyedia jasa keuangan. Hal ini dimaksudkan untuk menyembunyikan asal usul kekayaan yang diperolehnya sehingga seolah-olah diperoleh dari usaha legal. “Dalam kasus yang demikian, penanganan korupsi memerlukan rezim anti-pencucian uang yang didasarkan pada prinsip //follow the money, follow the suspects// (penelusuran transaksi keuangan dapat mempermudah membongkar skandal korupsi,” kata Rusli.

…dst

14 ) UNY-Usaid Kerjasama Peningkatan Akses Pendidikan Dasar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/14/mi7qk7-unyusaid-kerjasama-peningkatan-akses-pendidikan-dasar

Kamis, 14 Februari 2013, 20:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Negeri Yogyakarta dan USAID Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administration and Students (PRIORITAS) menjalin kerja sama dalam program peningkatan akses pendidikan dasar berkualitas.”Fokus program itu adalah membuat pembelajaran di SD/MI dan SMP/MTs menjadi lebih menarik dan relevan, sedangkan manajemen sekolah menjadi lebih partisipatif, akuntabel, dan terfokus pada peningkatan pembelajaran,” kata Direktur USAID PRIORITAS Jakarta Stuart Weston di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia pada penandatanganan nota kesepahaman UNY-USAID PRIORITAS, prinsip kerja institusinya adalah memberikan bantuan teknis, bukan bantuan dana, dan terfokus pada perubahan dengan banyak berpraktik.

…dst

15 ) Pemilihan Sekolah Ditentukan Daerah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/14/10194356/Pemilihan.Sekolah.Ditentukan.Daerah

14 Februari 2013 | 10:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013 mulai Juli ini dipilih secara proporsional oleh setiap daerah. Di semua jenjang pendidikan, baru 30 persen sekolah yang menerapkan kurikulum baru itu. Di jenjang sekolah dasar, kurikulum baru akan diterapkan di 44.609 sekolah dari total 148.361 SD yang ada. Adapun di SMP 36.434 sekolah dengan jumlah siswa kelas VII sebanyak 3.250.717 siswa. Untuk jenjang SMA, ada 11.535 sekolah dengan jumlah siswa kelas X sebanyak 1.420.933 siswa dan 9.875 SMK dengan 1.131.549 siswa kelas X yang akan menerapkan kurikulum baru. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan hal itu dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013 yang berakhir Selasa (12/2) malam di Bojongsari, Depok. “Meski sudah ditetapkan sekolahnya, tetap boleh diganti tergantung kesiapan sekolah,” ujarnya.

…dst