1 ) NYEPI
Umat Hindu Larut dalam Perenungan
http://cetak.kompas.com

12 Maret 2013
DENPASAR, KOMPAS – Umat Hindu di Bali dan sejumlah daerah di Tanah Air larut dalam perenungan menyambut Tahun Baru Saka 1935, Selasa (12/3). Suasana ”Pulau Dewata”, yang biasanya semarak dengan aktivitas pariwisata, benar-benar hening. Selama 24 jam, mulai pukul 06.00, masyarakat setempat menjalani Catur Brata dengan menghindari empat pantangan: amati karya (tidak bekerja), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Tidak tampak aktivitas di luar rumah, kecuali di rumah sakit. Aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai dihentikan sementara. Demikian pula aktivitas penyeberangan dari Jawa menuju Bali. Penerbangan dan penyeberangan baru dibuka kembali pada Rabu pagi ini. Semua itu adalah bagian dari proses evaluasi diri terhadap kehidupan sepanjang tahun lalu, sembari menyiapkan diri menjalani hari-hari berikutnya pada tahun Saka 1935. Sehari menjelang Nyepi, Senin, berlangsung persembahyangan bersama Tawur Agung Kesanga. Ritual yang dipusatkan di halaman Pura Besakih, Karangasem, ini dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Wakil Gubernur Bali Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Hadir pula sejumlah pejabat pemerintah kabupaten/kota di Bali berikut para utusan dari daerah.

…dst

2 ) Beasiswa Bidikmisi Diperluas untuk Pendidikan Profesi Dokter dan Guru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1116

03/12/2013
Surakarta, Jawa Tengah — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji untuk memperluas jangkauan beasiswa Bidikmisi. Jangkauan itu diperuntukkan bagi pendidikan profesi kedokteran, dan kependidikan. Sebanyak Rp 1,4 triliun anggaran akan disediakan untuk beasiswa Bidikmisi bagi 91.400-an mahasiswa tidak mampu di tahun 2013. Anggaran tersebut lebih besar dari tahun lalu, dikarenakan sebagian anggaran tersebut disiapkan bagi mahasiswa kedokteran dan pendidikan agar bisa kuliah sampai menjadi seorang dokter, atau pengajar. “Kan cita-citanya bukan S.Ked, tapi dokter, begitu juga guru. Jadi, negara masih memperpanjang beasiswanya,” ujar Nuh di hadapan 1.800-an mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (11/3). Bidikmisi adalah program afirmatif Kemdikbud yang dipayungi oleh Undang-Undang No 12 Tahun 2012. Program ini mewajibkan alokasi minimal 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari keluarga miskin. (GG)

***

3 ) Tingkatkan Keramahan Sosial Kepada Mahasiswa Tidak Mampu
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1114

03/12/2013
Surakarta, Jawa Tengah — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, bersilaturahmi dengan para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah. Kesempatan silaturahmi ini serangkaian dengan acara peresmian tujuh infrastruktur di kampus tersebut. Sepanjang silaturahmi, suasana kekeluargaan kental terasa antara Mendikbud dan para mahasiswa. Hal itu terlihat saat Mendikbud menanyai pengalaman hidup 20 mahasiswa di antara 1.800 mahasiswa yang hadir. Dan di akhir acara, Mendikbud memberikan dukungan terhadap UNS untuk tetap melakukan keramahan sosial terhadap mahasiswa tidak mampu. “Teruskan, dan tingkatkan keramahan sosial untuk mahasiswa tidak mampu,” himbau Nuh, Senin (11/3). Menteri yang mengambil spesialisasi Teknik Elektro ini bahkan menegaskan UNS untuk tetap membuka pintu lebar-lebar terhadap siswa tidak mampu. “Gelar karpet merah untuk mereka, mahasiswa tidak mampu yang berprestasi. Karena, kemulian UNS terlihat dari banyaknya mahasiswa tidak mampu,” tegas Nuh.

…dst

4 ) Menjadi Profesor di Usia 26, Irwin Yousept Siap Membangun Indonesia
http://news.detik.com/read/2013/03/11/073054/2190860/608/?nd772204topnews

Senin, 11/03/2013 07:38 WIB
Jakarta – Irwin Yousept (31) meraih gelar profesornya di usia yang masih muda yakni 26 tahun. Kini dia bekerja di Technischen Universitat Darmstadt, Universitat in Hessen, Jerman sebagai pengajar. Irwin tidak lupa dengan tanah kelahirannya, Indonesia. Dia mengaku siap jika suatu saat dibutuhkan untuk membangun tanah air Indonesia. “Saya sangat bangga sekali, saya akan siap balik ke Indonesia apabila Indonesia membutuhkan,” saat berbincang dengan sejumlah wartawan termasuk detikcom di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Jerman, Selasa (6/3/2013). Irwin adalah salah satu Diaspora Indonesia yang hadir dalam pertemuan dengan Presiden SBY yang sedang melakukan kunjungan kerja di negara tersebut. Pria yang akrab disapa Yousept ini mengambil jurusan Matematika di Technische Universitas Berlin. Yousept hanya membutuhkan waktu 2,5 tahun untuk merampungkan sarjana strata I dan II, serta 2,5 tahun untuk mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Phd). Usai lulus dari SMA Tarakanita, Pluit, Jakarta Utara, pria kelahiran Jakarta 14 April 1982 ini mengaku mantap memilih melanjutkan studinya di Jerman. Alasannya karena negara ini memiliki teknologi yang jauh lebih baik dari Indonesia.

…dst

5 ) Jurusan Kimia UGM Raih Akreditasi Internasional
http://www.jurnas.com/news/84619/Jurusan_Kimia_UGM_Raih_Akreditasi_Internasional_/1/Sosial_Budaya/Pendidikan

Jumat, 08 Maret 2013 11:47 WIB
Jurnas.com | Program Studi S1 Kimia UGM berhasil menjadi program studi pertama di UGM yang mendapatkan akreditasi internasional dari the Royal Society of Chemistry (RSC), London, England. Demikian siaran pers yang diterima Redaksi Jurnas.com Jum’at (8/2) ini di Jakarta. RSC adalah organisasi internasional terbesar di Eropa yang berbasis di Cambridge, London, Inggris yang memiliki komitmen untuk memajukan ilmu kimia. Selain American Chemical Society, RSC adalah badan akreditasi paling berpengaruh di dunia. Jurnal-jurnal kimia yang diterbitkan oleh RSC memiliki impact factor tertinggi di dunia. RSC juga telah mengakreditasi program studi S1 dan S2 kimia perguruan tinggi ternama di dunia antara lain University of Oxford (THES ranking 4 di dunia), University of Cambridge (THES ranking 6), Imperial College, London (THES ranking 8) dan sampai saat ini sudah mengakreditasi lebih dari 200 program studi S1 dan S2 kimia di seluruh dunia. Dengan akreditasi RSC ini, maka program studi S1 kimia UGM memiliki kualitas yang setara dengan universitas-universitas ternama tersebut. Akreditasi RSC tersebut berlaku lima tahun, sampai dengan Maret 2018.

…dst

6 ) 777 Ribu Orang Berebut 150 Ribu Kursi SNMPTN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/12/3/137780/777-Ribu-Orang-Berebut-150-Ribu-Kursi-SNMPTN

Selasa, 12 Maret 2013 | 15:25 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang sah berjumlah sekitar 777 ribu orang. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan antara 130 ribu hingga 150 ribu tempat di perguruan tinggi begeri (PTN) se Indonesia. Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka di Jakarta, Selasa (12/3), mengatakan jumlah peserta yang belum resmi didaftarkan karena belum mendapatkan rekomendasi kepala sekolah berjumlah 2.000-3.000 orang. Berdasarkan data per Senin (11/3) posisi Universitas Padjajaran (Bandung, Jawa Barat) berada di urutan pertama dengan pendaftar sebanyak 75 ribu orang. Di posisi berikut adalah Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) dengan 72 ribu pendaftar. Sementara Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur) berada di tempat ketiga dengan 71 ribu pendaftar. Seleksi SNMPTN 2013 dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa di sekolah maupun secara nasional baik prestasi formal berupa rapor atau prestasi lainnya. “Kami juga akan melihat track record dari sekolah yang bersangkutan seperti bagaimana tingkat kelulusan peserta di SNMPTN dari tahun ke tahun, akreditasi, dan prestasi sekolah mereka,” jelas Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

…dst

7 ) Unsyiah: keluarkan peserta SNMPTN pemalsu nilai rapor
http://www.antaranews.com/berita/362742/unsyiah-keluarkan-peserta-snmptn-pemalsu-nilai-rapor

Senin, 11 Maret 2013 20:37 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Samsul Rizal berjanji akan mengeluarkan mahasiswa baru yang terbukti memalsukan nilai rapor saat mengajukan diri sebagai salah satu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2013. “Kami akan mencoret namanya sebagai mahasiswa dan sekolah yang bersangkutan masuk dalam daftar hitam,” kata Samsul Rizal di Banda Aceh, Senin. Dijelaskannya, pencoretan nama sebagai mahasiswa dan “black list” sekolah merupakan sanksi yang akan diterapkan bagi sekolah pemalsu nilai rapor siswa yang diajukan sebagai peserta SNMPTN 2013. “Kami meminta Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat di Aceh tidak berlaku curang terhadap nilai akhir siswa,” katanya. Menurut dia, pembohongan nilai rapor merupakan salah satu tindakan yang tidak baik sebab selain merugikan peserta didik juga akan merugikan sekolah di masa mendatang.

…dst

8 ) SNMPTN, Rasio Diterima di Unair 1:15
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/12/079466502/SNMPTN-Rasio-Diterima-di-Unair-115

Selasa, 12 Maret 2013 | 08:45 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Sebanyak 38.999 calon mahasiswa lolos dalam finalisasi Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dari jumlah tersebut, 38.849 siswa telah mendapat rekomendasi dari kepala sekolah mereka masing-masing. Data yang diperoleh Tempo menyebutkan jumlah calon mahasiswa pendaftar jalur SNMPTN Unair hingga Senin, 11 Maret 2013 sebanyak 39.514. Dari jumlah tersebut, yang menjalani finalisasi hingga Senin ini pukul 12.30 sebanyak 38.999 dan direkomendasi sebanyak 38.849. Jumlah calon mahasiswa tersebut berasal dari 34 provinsi serta lima calon mahasiswa dari luar negeri. Pembantu Rektor 1 Unair Prof Achmad Syahrani mengatakan daya tampung SNMPTN 2013 (Jalur Penjaringan Prestasi Akademik atau Jalur Undangan 2012) di Unair sebanyak 2.532 dikurangi 50 persen dari daya tampung total. Menurut Achmad, jika seluruh pendaftar yang sebanyak 39.514 direkomendasi, maka rasionya 1 dibanding 15,6. Artinya, kata Achmad, 1 kursi akan diperebutkan 15,6 peserta. “Berapa pendaftar yang direkomendasi, baru diketahui malam ini pukul 22.00,” katanya.

…dst

9 ) 30 Calon Berebut 1 Kursi di Teknik Informatika ITS
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/12/079466482/30-Calon-Berebut-1-Kursi-di-Teknik-Informatika-ITS

Selasa, 12 Maret 2013 | 04:03 WIB
TEMPO.CO , Surabaya – Teknik Informatika menjadi program studi yang paling diminati dalam Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Institut Teknogi Surabaya 10 November (ITS) pada 2013 ini dibanding jurusan lainnya di kampus itu. Jumlah peminatnya mencapai 2.964 calon mahasiswa. Kepala Bagian Akademik ITS, Ismaini Zain mengatakan, jumlah tersebut tercatat sebagai pilihan pertama. “Belum termasuk yang menempatkan jurusan ini sebagai pilihan kedua,” katanya. Rasio persaingan pada program studi ini, kata Ismaini, 1 banding 30. Artinya satu kursi diperebutkan 30 orang. Sedangkan urutan kedua yang paling diminati adalah teknik mesin dengan rasio persaingan 1 banding 17. Dan di urutan ketiga paling diminati adalah teknik industri dengan rasio 1 banding 15.

…dst

10 ) Pendaftar SNMPTN Unpad Melonjak 400 Persen
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/12/079466582/Pendaftar-SNMPTN-Unpad-Melonjak-400-Persen

TEMPO.CO, Bandung – Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 jalur undangan ke Universitas Padjadjaran melonjak 4 kali lipat dibanding tahun lalu. Kini peminatnya mencapai 141.864 orang. Adapun daya tampung lewat jalur tersebut hanya 3.733 orang. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Engkus Kuswarno mengatakan, peminat yang menjadikan Unpad sebagai kampus negeri pilihan pertama berjumlah 80. 977 orang. Sisanya, 60.887 orang menjadikan Unpad sebagai pilihan kedua.”Berdasarkan data Unpad sebagai PTN pilihan pertama, prioritas program studi (prodi) pilihan pertama berjumlah 42.538 pendaftar dan pilihan prodi kedua berjumlah 38.439 orang,” kata Engkus. Data itu berdasarkan rekapitulasi pendaftaran SNMPTN yang telah ditutup 8 Maret lalu.

…dst

11 ) Tawaran Kuliah di Selandia Baru
http://www.jpnn.com/read/2013/03/12/162347/Tawaran-Kuliah-di-Selandia-Baru-

Selasa, 12 Maret 2013 , 15:30:00
JAKARTA – Kedutaan Besar (Kedubes) Selandia Baru untuk Indonesia akan menyelenggarakan Pameran Pendidikan Selandia Baru di tiga kota di antaranya Jakarta, Medan, dan Surabaya. Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia David Taylor mengatakan, pameran akan berlangsung pada pekan depan yaitu, pada 16 Maret di Medan, 17 Maret di Jakarta, dan 20 Maret di Surabaya. Ajang pameran yang digelar dalam rangka mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru di bidang pendidikan ini dapat dimanfaatkan oleh keluarga atau calon siswa yang ingin melanjutkan studi di Negeri Kiwi tersebut. Pada pameran ini akan hadir representatif dari 25 universitas, politeknik dan institusi pendidikan yang akan langsung menjelaskan mengenai keunggulan pendidikan di Selandia Baru. Di antara 25 universitas tersebut, juga akan hadir delapan universitas negeri di Selandia Baru yang memiliki peringkat 500 besar di dunia. Pameran pendidikan New Zealand tersebut akan diselenggarakan di Marriott Hotel Medan pada Sabtu (16/3). Kemudian di Hotel Grand Hyatt Jakarta pada Minggu, (17/3), dan Rabu, (20/3) di Marriott Hotel Surabaya.

…dst

12 ) Mendikbud Resmikan Tujuh Bangunan Infrastruktur UNS
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1113

03/12/2013
Surakarta, Jawa Tengah — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan tujuh bangunan infrastruktur sarana prasarana layanan pendidikandi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Ketujuh bangunan itu adalah gedung asrama mahasiswa, gedung program pascasarjana, renovasi Masjid Nurul Huda, gedung pusat pengembangan usaha dan bisnis, gedung pusat pendidikan dan pelatihan, gedung jurusan pendidikan teknik kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan stadion UNS. Untuk stadion, renovasi dilakukan dengan penambahan sesuai standarisasi bertaraf internasional. Rektor UNS Ravik Karsidi berharap dengan adanya penambahan fasilitas gedung di UNS ini dapat mendorong peningkatan layanan pendidikan dan meningkatkan kualitas lulusan. Hal itu yang disampaikan Ravik saat memberikan kata sambutan di depan halaman masjid Nurul Huda UNS, Senin (11/3) . Peresmian ditandai dengan penandataanganan ketujuh prasasti bangunan oleh Mendikbud. Turut menyaksikan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, para dekan UNS, ketua program studi UNS, dan pemangku kepentingan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (GG)

***

13 ) Uang Kuliah tunggal PTN Tak Boleh Lampaui Biaya Kuliah
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/12/079466594/Uang-Kuliah-PTN-Tak-Boleh-Lampaui-Biaya-Kuliah

Selasa, 12 Maret 2013 | 16:42 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso, mengatakan, uang kuliah tunggal (UKT) tidak boleh lebih tinggi dibanding biaya kuliah. Sebab, biaya kuliah tunggal ditalangi dari Bantuan Operasional Pendidikan Tinggi Negeri, hibah penelitian, dan juga uang kuliah tunggal yang ditanggung oleh mahasiswa. “Uang kuliah tunggal ini akan diberlakukan mulai masa kuliah yang akan datang,” kata Djoko ketika dihubungi Selasa, 12 Maret 2013. Menurut dia, uang kuliah tunggal yang akan diterapkan pada tahun akademik 2013/2014 dimaksudkan untuk meringankan beban yang ditanggung mahasiswa baru. Untuk itu, perguruan tinggi negeri memiliki kewajiban untuk memberlakukan UKT ini. Di hadapan DPR bulan lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, konsep UKT berdasarkan realitas uang yang ditarik dari mahasiswa tersebut terlalu banyak. Selain biaya kuliah per semester, mahasiswa masih dibebani pelbagai sumbangan dari pembangunan gedung, biaya praktikum, dan masih banyak lagi. “Kalau SPP saja, itu murah. Tapi ada sumbangan yang macam-macam membuat aliran dana susah dikendalikan,” kata Nuh.

…dst

14 ) Mahfud: Menyontek Awal dari Korupsi
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/11/063466459/Mahfud-Menyontek-Awal-dari-Korupsi

Senin, 11 Maret 2013 | 21:33 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi Muhammad Mahfud Md menilai kampus harus bersikap tegas menindak kasus plagiarisme di perguruan tinggi. Menurutnya, mereka yang melakukan plagiarisme untuk mendapatkan gelar atau untuk naik pangkat, sama saja sudah melakukan perbuatan mencuri. “Kalau nanti mereka jadi pejabat, pasti akan mencuri uang rakyat,” katanya saat menyampaikan orasi ilmiah di peringatan Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin, 11 Maret 2013. Dia meminta perguruan tinggi benar-benar memperhatikan perihal plagiarisme. Jika perguruan tinggi membenarkan plagiarisme, sama saja sudah mencetak bibit-bibit koruptor.

…dst

15 ) Rektor Ajak Siswa Bersikap Tenang Hadapi UN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/12/01051214/Rektor.Ajak.Siswa.Bersikap.Tenang.Hadapi.UN

Selasa, 12 Maret 2013 | 01:05 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Samsul Rizal mengajak siswa Sekolah Menengah Atas/sederajat di Provinsi Aceh untuk tenang dalam menghadapi ujian nasional tanpa harus dihantui rasa takut. “Ketenangan yang ada dalam setiap diri siswa akan mampu membuka pikiran dalam menyelesaikan setiap soal ujian yang ada dihadapan peserta didik,” kata Samsul Rizal di Banda Aceh, Senin (11/3/2013). Menurut dia, ketakutan dan rasa was-was yang terbangun dalam diri akan menjadi sebuah beban yang berdampak tidak maksimalnya kinerja otak untuk berpikir. Karena itu ia mengajak kepada seluruh peserta didik dan sekolah untuk mempersiapkan seluruh peserta didik dalam menghadapi ujian yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Tanah Air.

…dst

16 ) Pemerintah Beri Rp7 Juta bagi Dokter PTT di Perbatasan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/12/3/137783/Pemerintah-Beri-Rp7-Juta-bagi-Dokter-PTT-di-Perbatasan

Selasa, 12 Maret 2013 | 15:55 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan memberikan insentif tambahan senilai Rp7 juta per bulan di luar gaji pokok bagi para dokter pegawai tidak tetap (PTT) yang bertugas di pulau terluar. “Pemerintah pusat juga akan memberikan dukungan lain, yaitu fasilitas internet, bahan pangan, dan perbaikan fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari,” kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Jakarta, Senin (11/3). Nafsiah menambahkan, kementeriannya telah memiliki sejumlah program pembangunan kesehatan untuk daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Kegiatan itu terdiri dari flying health care di Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Selain itu juga peningkatan sarana prasarana di 99 Puskesmas dan jaringannya di daerah perbatasan, dan penempatan tenaga kesehatan di DTPK sebanyak 2.445 orang. Selanjutnya, kata Menkes, pemerintah juga memberikan peningkatan bantuan operasional kesehatan (BOK) Provinsi Maluku dan Maluku Utara senilai Rp200 juta per puskesmas tiap tahun dan Provinsi NTB, NTT, Papua, Papua Barat senilai Rp250 jutaper puskesmas tiap tahun. (Cornelius Eko Susanto)

***

17 ) Dokter PTT bakal Ditempatkan di Pulau Terluar
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/12/3/137782/Dokter-PTT-bakal-Ditempatkan-di-Pulau-Terluar

Selasa, 12 Maret 2013 | 15:48 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan memperbaiki pembangunan sarana dan SDM kesehatan di 27 pulau terluar di Indonesia. Peningkatan dilakukan dengan pemberian Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pengiriman dokter berstatus pegawai tidak tetap (PTT) ke wilayah-wilayah tersebut. “Pengiriman dokter PTT ke wilayah tersebut nanti akan kami luncurkan. Mereka akan bertugas selama 2 tahun 5 bulan dengan mendapat insentif gaji khusus dari pemerintah,” sebut Menteri Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) Helmy Faishal Zaini di Jakarta, Senin (11/3). Menurut dia, dari 92 pulau terluar yang ada, sebanyak 27 di antaranya berpenghuni. Daerah yang berpenghuni itu yang bakal mendapat program peningkatan pembangunan kesehatan. Berdasarkan pemetaan KPDT, semua pulau terluar yang berpenghuni diberi label biru. Artinya wilayah tersebut belum memiliki sarana kesehatan dan SDM yang layak. Dengan pengiriman tenaga dokter baru lulus ke sejumlah daerah pelosok tersebut, lanjut Helmy, angka kematian ibu/anak pascapersalinan diharapkan bisa diturunkan.

…dst

18 ) Masa Kerja Dokter PTT di Daerah Tertinggal akan Diperpanjang
http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/03/12/6/173035/Masa-Kerja-Dokter-PTT-di-Daerah-Tertinggal-akan-Diperpanjang

Selasa, 12 Maret 2013 | 09:00 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pelayanan kesehatan yang baik seolah masih menjadi barang langka bagi warga yang hidup di daerah tertinggal di Indonesia. Kesenjangan pelayanan daerah di Indonesia mendorong dua kementerian meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah tertinggal. Upaya ini ditempuh kementerian pembangunan daerah tertinggal bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, dengan cara meminta partisipasi aktif pada tujuh universitas di Indonesia. Mereka diminta menyediakan tenaga medis yang siap ditempatkan di daerah tertinggal, terutama di pulau-pulau terluar yang berpenghuni. Wujud lain kerjasama ini adalah dengan memperpanjang masa kerja dokter PTT di daerah tertinggal menjadi dua tahun, dan mulai akan diberlakukan tahun ini. Saat ini ada 183 kabupaten yang tergolong tertinggal.

…dst

19 ) FITRA Minta Proyek UN 2013 Diselidiki
http://www.jpnn.com/read/2013/03/12/162336/FITRA-Minta-Proyek-UN-2013-Diselidiki-

Selasa, 12 Maret 2013 , 12:36:00
JAKARTA – Direktur Investigasi dan advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi menilai proses lelang pengadaan dan distribusi bahan Ujian Nasional (UN) 2013 sarat keanehan. Terutama dalam penentuan pemenang lelang. Selain itu, penghematan yang bisa dilakukan Balitbang Kemdikbud sekitar Rp25,5 miliar dari total anggaran Rp120,4 miliar masih terlalu kecil. Karena sejatinya penghematan minimal yang bisa dilakukan bisa mencapai Rp32,8 miliar. Karena itu, Seknas FITRA mendesak DPR agar meminta pertanggung jawaban dari Balitbang Kemdikbud tentang terlalu mahalnya penggandaan dan distribusi bahan UN yang diduga ada indikasi mark up harga. “Jadi, sekali lagi, kami meminta DPR serius berpikir untuk mengungkap kasus ini, dan pikirannya jangan hanya untuk jalan-jalan ke luar negeri,” tegas Uchok kepada JPNN, Selasa (12/3). Seknas FITRA juga meminta aparat hukum baik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, dan kejaksaan untuk masuk ke penyelidikan proyek penggandaan dan distribusi bahan UN karena ada indikasi mark up harga.

…dst