1 ) Kedokteran UMS Beri Kesempatan Kuliah Gratis untuk Anak Papua
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/03/3/143514/Kedokteran-UMS-Beri-Kesempatan-Kuliah-Gratis-untuk-Anak-Papua

Rabu, 03 April 2013 | 16:06 WIB
Metrotvnews.com, Sukoharjo: Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai tahun ini memberi kesempatan kepada dua calon mahasiswa asli Papua untuk kuliah gratis di fakultas kedokteran. “Syaratnya, setelah lulus mereka wajib pulang kampung dan mengabdikan ilmu yang telah diperoleh di daerah asalnya,” kata Rektor UMS Bambang Setiadji di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4). Beasiswa tersebut, jelas Bambang, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UMS untuk ikut membangun Papua. Salah satunya melalui bidang kesehatan, karena itulah yang dipilih adalah fakultas kedokteran. Kesempatan itu difokuskan pada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin. Proses seleksi akan dilakukan di kantor-kantor Muhammadiyah yang ada di Papua. Menurutnya, pelaksanaan seleksi dilakukan di daerah itu agar kompetisi di antara peminat berlangsung fair. Sehingga hasilnya betul-betul valid, sesuai dengan latar belakang diadakannya program beasiswa tersebut. “Kami menginginkan yang berkompetisi itu betul-betul anak-anak Papua,” tegas Bambang.

…dst

2 ) UGM raih akreditasi A
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/03/15/734099/ugm-raih-akreditasi-a

Rabu, 3 April 2013 − 16:47 WIB
Sindonews.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih nilai akreditasi A dari lembaga Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) yang dirilis akhir Februari lalu. Dari daftar delapan Perguruan Tinggi (PT) yang mendapat akreditasi A, UGM merupakan salah satu dari delapan perguruan tinggi yang mendapatkan nilai A. UGM berhasil memperoleh nilai 378 dari maksimal 400. Sedangkan IPB meraih nilai 375 dan ITB dengan nilai 370. Seperti diketahui, dari 30 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang telah diakreditasi AIPT. Delapan PT mendapatkan nilai A, 20 PT mendapatkan nilai B sedangkan dua PT sisanya mendapatkan akreditasi C. Delapan PT yang mendapat nilai akreditasi A yakni, UGM, IPB, ITB, UI, UNHAS, UII, UMY, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof dr Iwan Dwi Prahasto mengatakan, hasil akreditasi institusi tersebut bukanlah tujuan akhir UGM. Nilai yang didapatkan UGM mengindikasikan bahwa proses peningkatan kualitas yang terus menerus dilakukan UGM membuahkan hasil positif. “Proses tersebut akan terus dilakukan secara lebih sistematis sehingga terjadi perbaikan secara kontinyu”, kata Iwan di ruang kerjanya, di Yogyakarta, Rabu (3/4/2013).

…dst

3 ) Standar Lulusan PT Belum Ada
http://m.koran-sindo.com/node/304587

03 April 2013
YOGYAKARTA– Standar kompetensi minimal lulusan perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta sampai sekarang belum ada. Hal ini dikarenakan masingmasing PT memiliki otonomi untuk mengembangkan kurikulum mereka. “Namun, kondisi ini berdampak pada tidak jelasnya kualifikasi potensi lulusan PT di Indonesia. Lulusan PT menjadi tidak bisa diakui di dunia akademisi internasional karena bukan gelar yang dihargai secara internasional, tapi lebih pada kompetensi yang dimiliki oleh lulusan,” ujar Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) DIY Kasiyarno MHum kemarin. Ditemui di sela-sela sosialisasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di STIE YKPN, Kasiyarno menuturkan sejak disahkannya Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI, APTISI DIY mulai melakukan sosialisasi. Sayangnya, kesadaran PTS di DIY tentang pentingnya kerangka penjenjangan kua-lifikasi kompetensi lulusan PT masih rendah. Padahal ukuran kompetensi tersebut menjadi salah satu kesiapan Indonesia sambut ASEAN Community 2015. “Kami ingin agar PTS di Yogyakarta bisa segera merespons Perpres ini dan mulai melakukan perubahan kurikulum mereka sesuai dengan program studi yang ada. Untuk itu, kami juga berharap adanya standar kompetensi minimal yang wajib dimiliki lulusan tiap prodi sebagai dasar atau acuan penyusunan kurikulum. Meski memang untuk dunia internasional sudah ada standar minimal dari WTO,” kata Rektor UAD Yogyakarta ini. Kasiyarno menambahkan, target pelaksanaan kerangka kualifikasi kompetensi tersebut diusahakan tercapai tahun 2017.

…dst

4 ) Terlalu Lama, Gubes FHUI Resign dari Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/03/373/785703/terlalu-lama-gubes-fhui-resign-dari-pilrek

Rabu, 03 April 2013 15:32 wib
DEPOK – Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengundurkan diri sebagai bakal calon rektor UI. Pengunduran diri itu dilakukan lantaran Hikmahanto karena dirinya merasa tidak siap menjalankan tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh Panitia Seleksi. Alasan lainnya, yakni karena tiga alasan mendasar. Menurut Hikmahanto, proses Pilrek UI terlalu lama dan terkatung-katung. Hingga kini bahkan aturan pengelolaan universitas (statuta UI) rampung. “Belum dihentikan tanpa ada kejelasan kapan akan dimulai sehingga tidak ada kepastian,” kata Hikmahanto dalam rilisnya kepada wartawan, Rabu (3/4/2013). Surat pengunduran diri itu telah dilayangkan Hikmahanto pada Selasa, 2 April yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Endriartono Sutarto. Surat itu juga ditembuskan kepada Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat UI, Pjs Rektor UI, Plh Rektor UI dan Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik Universitas dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas UI dan Sekretaris Pansel.

…dst

5 ) PLH Rektor UI Minta Kemendikbud Segera Rampungkan Statuta Pilrek
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/03/3/143387/PLH-Rektor-UI-Minta-Kemendikbud-Segera-Rampungkan-Statuta-Pilrek

Rabu, 03 April 2013 | 07:04 WIB
Metrotvnews.com, Depok: Pelaksana Harian (PLH) Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis menyatakan pihaknya kembali belum bisa memastikan waktu pemilihan rektor (pilrek) UI. Pasalnya, hingga saat ini, statuta sebagai syarat utama pilrek belum rampung. “Kemarin kan katanya statuta sudah akan rampung April sehingga pilrek bisa segera dilaksanakan. Tapi sampai sekarang masih digodok Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ujar Anis saat ditemui di sela-sela kegiatannya di kampus UI Depok, Selasa (2/4). Anis mengaku belum dapat memastikan kapan statuta sebagai dasar persyaratan pilrek tersebut bisa dirampungkan. “Kita sih harus positif thinking saja ya semoga secepatnya ya mungkin bisa bulan April ini atau Mei,” papar Anis. Meski belum tahu pasti kapan pilrek dilaksanakan, Anis berharap secepatnya statuta tersebut dikeluarkan Kemendikbud.

…dst

6 ) “Ilmuwan Indonesia di Luar Negeri Bakal Pulang Kampung”
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/03/417/785617/ilmuwan-indonesia-di-luar-negeri-bakal-pulang-kampung

Rabu, 03 April 2013 13:34 wib
BANDUNG – Fenomena ilmuwan Indonesia yang kerja di luar negeri tidak lepas dari kurangnya dukungan sistem pengembangan sains dan teknologi di Tanah Air. Seandainya sistem tersebut terbangun, tentu para ilmuwan Indonesia akan nyaman bekerja dan melakukan penelitian di negeri sendiri. Namun Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengaku tidak khawatir dengan fenomena itu. Justru keberadaan ilmuwan Indonesia di luar negeri akan berdampak positif. Selain itu, mereka juga tidak bisa dicegah atau dilarang bekerja di negara asing. Akhmaloka menuturkan pengalamannya ketika baru lulus kuliah di Inggris pada 1990-an. Saat itu, dia mengambil jurusan genetic engineering, bidang studi yang masih sangat asing di Indonesia. Akhmaloka pun langsung ditawari kerja selama tiga tahun di Inggris. Tetapi setelah meminta pendapat kepada profesornya di ITB, Akhmaloka akhirnya menolak tawaran itu. Meskipun di Tanah Air Akhmaloka belum tentu bisa mempraktikkan ilmunya, mengingat masih langkanya genetic engineering.

…dst

7 ) Unej Raih Indonesia MDGs Award 2012
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107512/unej-raih-indonesia-mdgs-award-2012

03 Apr 2013 14:51:38
Jember (Antara Jatim) – Program “Community Development” (Comdev) Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, dalam membina petani kopi diumumkan sebagai pemenang dalam Indonesia MDGs Award 2012 untuk kategori peserta organisasi pemuda bidang pendidikan. “Anugerah Indonesia MDGs Award 2012 menjadi pengakuan bahwa Unej mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar Kabupaten Jember,” kata Rektor Unej, Moh. Hasan, Rabu. Indonesia MDGs Award diberikan kepada 18 pelaku pembangunan terbaik dari seluruh Indonesia dan dua media dengan pemberitaan terbaik seputar isu pembangunan mendapatkan penghargaan Indonesia MDG Awards 2012 yang disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Tanjung Benoa Bali pada 26 Maret 2013.”Kita memang tidak ingin penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa berhenti di tataran publikasi ilmiah saja, namun harus dapat dirasakan oleh masyarakat juga,” tuturnya.

…dst

8 ) 13 April Posko UN Kemdikbud Dibuka
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1184

04/03/2013
Jakarta — Terkait dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 15 April 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuka posko UN mulai tanggal 13 April 2013. “Ada empat posko UN yang dipersiapkan, yaitu posko UN PIH, BSNP, Inspektorat Jenderal, dan Balitbang,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, saat memberikan pembekalan petugas posko UN Pusat Informasi dan Humas (PIH), di Jakarta, hari ini Rabu (3/4/2013). Mengingat ada cukup banyak perbedaan antara pelaksanaan UN tahun ini dengan tahun sebelumnya, Khairil memandang perlunya pembekalan kepada petugas posko UN sangat penting dilaksanakan. PIH Kemdikbud hari ini melaksanakan pembekalan kepada petugas yang nantinya akan melayani masyarakat melalui posko UN.Posko UN Kemdikbud dibuka untuk melayani pertanyaan-pertanyaan, pengaduan, saran-saran, dan aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan UN. “Untuk posko UN PIH, dibuka dari pukul 7.00 hingga 16.00,” ujar Ibnu Hamad, Kepala Pusat Informasi dan Humas.

…dst

9 ) Mendikbud janji jelaskan anggaran kurikulum 2013
http://www.antaranews.com/berita/366776/mendikbud-janji-jelaskan-anggaran-kurikulum-2013

Rabu, 3 April 2013 13:22 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh berjanji akan menjelaskan anggaran untuk Kurikulum 2013 secara transparan, baik anggaran perencanaan hingga pelaksanaan. “Anggaran akan saya jelaskan nanti,” katanya singkat di sela-sela Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2013 Regional Tengah yang dibuka Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi SpA MPH di Surabaya, Rabu. Ia mengemukakan hal itu ketika dikonfirmasi ANTARA menanggapi pernyataan anggota Komisi X DPR RI Herlini Amran bahwa ada yang ganjil dari pernyataan Mendikbud menjelang rapat kabinet terbatas bidang pendidikan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2/4). “Terasa ganjil, ketika Pak Mendikbud berkata ada atau tidak kurikulum baru, proyek pengadaan buku dan pelatihan guru jalan terus. Jika benar itu program rutin Kemdikbud yang tidak perlu dipermasalahkan lagi, semestinya Desember 2012 pun, Kemdikbud punya laporan realisasi program dan evaluasi kurikulum sebelumnya,” kata Herlini.

…dst