Kemendikbud Apresiasi Surat Pencairan Bidik Misi

Selasa, 09 April 2013 | 20:00 WIB

isailah.50webs.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu, Selasa (9/4), akhirnya meneken surat izin pembukaan rekening Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tentang Bidik Misi.

“Ya Selasa pagi surat izin pembukaan DIPA Bidik Misi sudah ditandatangani. Saya berterima kasih kepada Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu atas tindakan cepat mengeluarkan surat izin pembukaan DIPA rekening ini,” kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Illah Sailah ketika dihubungi, Selasa (9/4).

Menurut Illah yang juga dosen IPB, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu karena standar operational prosedur (SOP) biasanya lima hari kerja surat baru dibalas. “Nah, ini baru hari kedua sudah dibalas, rupanya yang membuat lama itu di seksi lainnya karena surat harus diagendakan dan orang yang sedang bertugas tidak di kantor dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sebelumnya Illah Saillah menyatakan ancamannya akan mogok makan karena banyak mahasiswa yang sudah tidak punya uang untuk makan dan memenuhi kebutuhan lainnya akibat tertundanya pencairan Bidik Misi tersebut, yang juga dialami ribuan mahasiswa UI, UGM, dan IPB.

“Saya malu kalau saya tidak bisa mengurus mereka. Saya tahu persis mayoritas mereka tidak mampu, apalagi kalau sampai tiga bulan tidak ada uang. Beruntung kalau PT-nya menalangi, tapi banyak yang tidak bisa menalangi dengan berbagai alasan. Belum lagi mereka yang yatim piatu. Apakah para pejabat di Kementerian Keuangan tidak merasakan penderitaan mahasiswa bidik misi,” papar Illah.

Menurut Illah, dengan ditandatanganinya surat tersebut pihaknya tinggal membuka rekening dengan meminta pencairan dana ke Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN). “Lalu nanti bank penyalur akan menyalurkan ke rekening mahasiswa. Bagi Perguruan Tinggi (PT) yang telah menalangi nanti bank penyalur yang akan mengirimkan ke PT terkait,” ungkapny (Syarief Oebaidillah)

Editor: Agus Tri Wibowo