1 ) Panlok SBMPTN Jakarta Targetkan 60 Ribu Peserta
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/27/373/798563/panlok-sbmptn-jakarta-targetkan-60-ribu-peserta

Sabtu, 27 April 2013 13:15 wib
DEPOK – Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2013 dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Juni. Ujian tulis SBMPTN akan meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pengetahuan dasar, dan tes bidang studi. “Pada SBMPTN tahun ini, Panlok wilayah Jakarta menyediakan kapasitas 60 ribu kursi kepada peserta ujian SBMPTN,” kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Farida Haryoko kepada wartawan, di Balairung UI, Depok, Sabtu (27/4/2013). UI bersama Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah merupakan panitia lokal (panlok) Jakarta. Ketiga kampus tersebut hari ini menggelar SBMPTN Info Day, yakni ajang sosialisasi SBMPTN bagi para siswa SMA/sederajat maupun alumni yang ingin melanjutkan ke PTN. Farida menjelaskan, calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN 2013 harus mendaftar dan memilih wilayah ujian secara online pada 13 Mei sampai dengan 7 Juni 2013. “Hal itu bisa dilakukan dengan mengunjungi website http://ujian.sbmptn.or.id,” imbuhnya.

…dst

2 ) Mobil Listrik ITS Terbakar saat Perjalanan ke Pameran
http://news.detik.com/surabaya/read/2013/04/27/121612/2231955/466/mobil-listrik-its-terbakar-saat-perjalanan-ke-pameran?n991103605

Sabtu, 27/04/2013 12:16 WIB
Surabaya – Mobil listrik Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) terbakar di tol Banyu Urip km 6.800. Mobil itu terbakar dalam perjalanannya menuju pameran Auto Show di Kediri.”Kejadiannya Jumat (26/4/2013) pukul 22.10 WIB malam,” kata petugas tol Jatim 2 Aiptu Soleh saat dihubungi detikcom, Sabtu (27/4/2013). Soleh menerangkan, saat itu mobil dalam perjalanan dari ITS menuju Kediri. Mobil diangkut menggunakan truk derek. Saat melaju di tol, sopir truk, Sarji, melihat ada asap keluar dari bagian depan mobil. “Takut terjadi apa-apa, sopir dan keneknya menurunkan mobil. Setelah diturunkan, mobil malah terbakar,” tambah Soleh. Api dengan cepat melalap mobil berplat L 1 ITS tersebut. Bagian depan mobil dan jok habis terbakar. Dua PMK yang kemudian datang langsung melakukan pemadaman. Pemadaman dilakukan selama 1 jam. Yang tersisa dari mobil berwarna putih itu hanyalah bagian bawah, roda dan bemper belakang.

…dst

3 ) Pengurusan HKI Dipermudah
http://m.koran-sindo.com/node/311377

27 April 2013
YOGYAKARTA – Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan insentif kepada masyarakat yang akan mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya. Pemberian insentif itu terutama kepada siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku usaha mikro, kecil, menengah, dan pengusaha di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Direktur Merek Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM Faturachman mengatakan insentif yang diberikan berupa permohonan merek, hak cipta, dan paten. Pada 2013, pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp600 juta.”Hal itu dilakukan karena DIY sangat kaya potensi baik di bidang pertanian, perkebunan, UMKM maupun kreativitas lainnya yang sudah dikenal oleh dunia,” ujar Faturachman dalam Peringatan Hari HKI di Yogyakarta kemarin. Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX mengatakan peringatan Hari HKI penting karena dapat menjadi wahana membangun kesadaran tentang arti penting HKI bagi masyarakat DIY.

…dst

4 ) UKT Sengsarakan MahasiswaHome
http://m.koran-sindo.com/node/311369

27 April 2013
YOGYAKARTA – Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh terkait penerapan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru tahun di perguruan tinggi negeri (PTN) terus mendapat penolakan dari kalangan mahasiswa. Sistem yang menyamaratakan biaya perkuliahan itu dianggap hanya menguntungkan orang kaya. Kemarin, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (BEM UNY) menggelar aksi penolakan UKT di Bunderan Universita Gadjah Mada. “UKT hanya menguntungkan orang kaya, kebijakan ini merupakan kebijakan prematur. Universitas sudah berani menerapkannya untuk mahasiswa baru,” ucap koordinator umum aksi, Solikhin. Dia mengeluhkan tingginya biaya kuliah yang akan dibebankan kepada mahasiswa baru bila UKT benar diterapkan. Biaya masuk kuliah memang tidak ada, tapi biaya per semester menjadi sangat tinggi. Dia mencontohkan, biasanya satu semester hanya dikenakan Rp750.000, maka saat UKT diberlakukan bisa berubah menjadi Rp2.600.000. Mahasiswa kecewa dengan pihak rektorat yang tidak memberi kejelasan mengenai UKT saat audiensi digelar beberapa waktu lalu. Kalau kebijakan ini tetap diterapkan, dia menginformasikan bakal ada aksi besar- besaran seluruh mahasiswa PTN pada 2 Mei mendatang. Dikonfirmasi kepada Rektorat UNY, mereka mengaku sudah memberi penjelasan kepada mahasiswa. UKT justru menjadi alternatif agar tidak terjadi pungutan liar.

…dst

5 ) Mahasiswa-Sekuriti Unhas Bentrok, 1 Luka
http://m.koran-sindo.com/node/311199

27 April 2013
MAKASSAR – Puluhan demonstran yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Untuk Keadilan (AMUK) bentrok dengan pihak pengamanan Kampus Unhas, Tamalanrea, siang kemarin. Akibat insiden tersebut, seorang mahasiswa mengalami pendarahan pada bagian wajahnya, terkena bogem mentah dari sekuriti Kampus Merah ini. Bentrokan ini bermula saat puluhan mahasiswa melakukan unjuk rasa di depan Rektorat Unhas menuntut penghapusan skorsing terhadap enam orang mahasiswa Fakultas Sastra. Hanya saja, saat melakukan orasi, entah siapa yang memulai, tiba-tiba kedua pihak saling serang hingga di pelataran gedung rektorat. Bentrokan ini baru mereda setelah beberapa petinggi kampus turun tangan, dan memisahkan kubu mahasiswa dan pengamanan kampus yang terlibat bentrok. Pembantu Rektor (PR) III Unhas Nazaruddin Salam yang turun menenangkan mahasiswa mengatakan, insiden saling serang ini diakibatkan ulah oknum mahasiswa yang mengeluarkan perkataan yang menyinggung sekuriti kampus. “Kasus ini akan kami usut. Tidak sepantasnya mahasiswa mengeluarkan perkataan yang tidak sopan. Itulah yang memancing keributan,” jelasnya kemarin.

…dst

6 ) Mahasiswa UB Tawarkan Judicial Preview ke MK
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109119/mahasiswa-ub-tawarkan-judicial-preview-ke-mk

26 Apr 2013 17:47:28
Mahasiswa UB Tawarkan Judicial Preview ke MK
Malang (Antara Jatim) – Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya menawarkan konsep “Judicial Preview” ke Mahkamah Konstitusi sebagai langkah progresif untuk meminimalkan, sekaligus menekan jumlah Undang-Undang yang bertentangan dengan UUD 1945. “Kami prihatin akan banyaknya masyarakat yang mengajukan judicial review terhadap produk Undang-undang yang diajukan ke mahkamah konstitusi (MK),” kata Achmad Aprianto, salah satu mahasiswa yang menawarkan konsep tersebut di Malang, Jatim, Jumat. Konsep yang ditawarkan tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ke MK tersebut, dipresentasikan dalam kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 2013 yang digelar di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Karya Ilmiah yang diberi judul “Urgenitas Judicial Preview oleh MK” tersebut menyabet juara pertama LKTI bidang hukum tingkat nasional. Selain dikerjakan Achmad Aprianto, karya ilmiah tersebut juga dibuat oleh Tegar Wira Pambudi dan Andryan Arif Sanjaya.

…dst

7 ) Mendikbud: Pengabaian Hasil UN Belum Tentu Diterima
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109181/mendikbud-pengabaian-hasil-un-belum-tentu-diterima

27 Apr 2013 15:54:34
Mendikbud: Pengabaian Hasil UN Belum Tentu Diterima
Surabaya (Antara Jatim) – Mendikbud Mohammad Nuh menilai pengabaian hasil ujian nasional (UN) 2013 untuk SMA dan sederajat yang diusulkan Komisi X DPR belum tentu diterima oleh peserta UN, baik dari provinsi yang melaksanakan serentak maupun tidak. “Usulan itu kami terima, tapi akan kami kaji. Bayangkan kalau diabaikan, tentu 22 provinsi yang nggak ada masalah dengan UN akan menolak, bahkan yang digeser (tidak serentak waktunya) pun menolak karena punya harga diri,” katanya di Surabaya, Sabtu. Dalam konperensi pers setelah membuka diskusi panel bertajuk “Profil Dokter Gigi Indonesia yang Holistik dan Membumi” yang diselenggarakan FKG Unair Surabaya dalam rangka Lustrum XVII, ia menjelaskan serentak-tidaknya pelaksanaan UN 2013 bukan substansial. “DPR boleh saja memberi masukan, tapi hal yang subtansial adalah kerahasiaan soal UN, bukan soal serentak-tidak-nya. Kalau tidak serentak, tapi tidak bocor ya masih sah, karena itu kami tidak ingin serta merta mengabaikan hanya soal beda waktu,” katanya.

…dst

8 ) Presiden Minta Laporan Lengkap Tim Investigasi Keterlambatan Ujian Nasional
http://setkab.go.id/berita-8428-presiden-minta-laporan-lengkap-tim-investigasi-keterlambatan-ujian-nasional.html

Oleh : DESK INFORMASI Jumat, 26 April 2013 – 16:04 WIB
Setibanya dari lawatan ke sejumlah negara di Asia Tenggara, Jumat (26/4) siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) langsung memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh guna memastikan bahwa Ujian Nasional (UN) 2013 yang masih berlangsung saat ini tidak ada masalah lagi. Sebelumnya Presiden telah menerima laporan dari Mendikbud tentang keterlambatan UN di 11 provinsi tingkat SMTA sederajat. Presiden menyesalkan hal itu dan meminta maaf pada rakyat. Dalam konperensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden SBY mengatakan, saat ini ia tengah menunggu hasil investigasi dari tim tentang keterlambatan UN. “Saya minta laporan lengkap hasil investigasi 11 provinsi untuk dijadikan pelajaran dan mengapa terjadi dan bila ada yang lalai diberikan sanksi,” kata Presiden. Presiden mengatakan, dari laporan Mendikbud masalah tersebut dapat diatasi dan pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama sejauh ini berlangsung dengan baik.

…dst

9 ) Presiden: beri sanksi bila ada yang lalai kelola UN
http://www.antaranews.com/berita/371488/presiden-beri-sanksi-bila-ada-yang-lalai-kelola-un

Jumat, 26 April 2013 15:17 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melaporkan hasil investigasi penyebab keterlambatan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas dan memberikan sanksi pada pihak yang terbukti lalai. “Saya minta laporan lengkap hasil investigasi 11 provinsi untuk dijadikan pelajaran dan mengapa terjadi dan bila ada yang lalai diberikan sanksi,” kata Presiden saat memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat. Ia menjelaskan pula bahwa menurut laporan yang sudah diterima masalah dalam penyelenggaraan UN sudah bisa diatasi dan pelaksanaan UN tingkat sekolah menengah pertama berjalan dengan baik.”Dilaporkan pada saya masalah sudah bisa diatasi dan ujian nasional SMP pada prinsipnya bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.

…dst

10 ) Di Twitter, SBY nomor 1 di Asia
http://www.antaranews.com/berita/371136/di-twitter-sby-nomor-1-di-asia

Rabu, 24 April 2013 22:35 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Akun Twitter Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono @SBYudhoyono menjadi yang paling populer dibandingkan akun Twitter para pemimpin di Asia lainnya.Jumlah follower SBY mencapai 1,56 juta lebih. Ini melamapui “juara bertahan” Perdana Menteri Malaysia dengan total pengikut 1,49 juta, padahal akun Twitter SBY baru berusia sebelas hari. Laman techinasia.com mencatat @SBYudhoyono mengalahkan jumlah follower akun Twitter Presiden Filipina Beniqno Aquino III yang mencapai 1,46 juta.Akun SBY ini memiliki cover picture yang mirip dengan akun Twitter milik Presiden Amerika Barack Obama.

…dst

11 ) Nuh Minta DPR Tak Pedulikan Tudingan Dipo Alam
http://www.jpnn.com/read/2013/04/26/169214/Nuh-Minta-DPR-Tak-Pedulikan-Tudingan-Dipo-Alam-

Jum’at, 26 April 2013 , 21:39:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta Komisi X DPR tidak menyikapi berlebihan pernyataan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam yang menyebut Komisi X tidak bekerja menyikapi kekisruhan Ujian Nasional (UN). Hal ini disampaikan Nuh dalam RDP Kemdikbud dengan Komisi X, Jumat (26/4). RDP itu sendiri sengaja digelar Komisi X untuk meminta pertanggung jawaban Mendikbud atas kekacauan UN. “Kami berharap kalau ada pejabat yang menyampaikan Komisi X kok anteng-anteng saja, saya kira tidak perlu dipedulikan soal itu. Karena kami tau kita (Kemendikbud-Komisi X) sama-sama sedang bekerja,” kata Nuh. Pernyataan Dipo Alam yang menyebut Komisi X tidak berbuat apa-apa atas kekacauan UN membuat anggota komisi pendidikan itu mencak-mencak. Bahkan mereka menyebut Dipo telah menuduh mereka terlibat dengan anggaran UN.

…dst

12 ) Inilah Kesimpulan Raker Komisi X-Mendikbud soal UN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/27/1209384/Inilah.Kesimpulan.Raker.Komisi.X-Mendikbud.soal.UN

Sabtu, 27 April 2013 | 12:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh beserta jajarannya yang berlangsung Jumat kemarin sejak pukul 14.30 WIB hingga pukul 00.30 berlangsung alot saat penyusunan kesimpulan hasil rapat kerja.Pembahasan untuk bagian kesimpulan saja menghabiskan waktu satu jam dengan 10 menit rehat. Seusai rehat pun, masih terjadi perdebatan dan perbedaan pendapat. Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak sependapat dengan satu poin pada kesimpulan.Berikut kesimpulan lengkap hasil rapat kerja khusus tentang ujian nasional (UN).
I. Sikap Komisi X dan Kemdikbud terhadap pelaksanaan UN tingkat SMA dan sederajat.
1. Menyesalkan pelaksanaan UN tingkat SMA dan sederajat tahun 2013 yang tidak dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah sehingga berpotensi melahirkan ketidakadilan dan memberikan dampak psikologis terhadap peserta ujian dan implikasi anggaran.

…dst

13 ) KPK Telusuri Dugaan Penyelewengan Anggaran Kemendikbud
http://www.jpnn.com/read/2013/04/26/169208/KPK-Telusuri-Dugaan-Penyelewengan-Anggaran-Kemendikbud-

Jum’at, 26 April 2013 , 20:34:00
JAKARTA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan, saat ini KPK tengah menelusuri dugaan penyelewengan anggaran Ujian Nasional dan kurikulum di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Menurutnya, saat ini tim Pengaduan Masyarakat (Dumas) tengah melakukan pengumpulan bahan keterangan. “Terkait dengan pengunaan anggaran yang berkaitan dengan UN dan kurikulum,” katanya, dalam keterangan pers di Kantor KPK, Jumat (26/4). Kendati demikian, Jubir menjelaskan telaah yang dilakukan KPK bukan terkait dengan mundurnya pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/sederahat) di beberapa provinsi. Namun, ia menerangkan, KPK menelaah pengunaan anggaran yang berkaitan dengan UN dan kurikulum. “Jadi bukan soal mundurnya pelaksanaan ujian nasional,” terangnya. Ia menambahkan, KPK sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Kemendikbud dalam membantu proses pulbaket. “KPK sudah ada koordinasi dengan Itjen Kemendikbud,” kata Johan. (boy/jpnn)

***

14 ) 2013 BKN Tidak Lagi Terbitkan Karpeg
http://www.bkn.go.id/in/berita/2346-mulai-tahun-2013-bkn-tidak-menerbitkan-karpeg-baru.html

Jumat, 26 April 2013 09:35
Jakarta-Humas BKN, Mulai tahun 2013 BKN tidak lagi menerbitkan Kartu Pegawai (Karpeg) baru. Demikian ditegaskan Deputi Informasi Kepegawaian (Inka) BKN Yulina Setiawati pada Workshop Human Resource Management System dan Implementasi Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik di Hotel Topas Galeria Bandung, Rabu (24/4). Deputi Bidang Informasi Kepegawaian BKN Yuliani Setiawati (depan-dua dari kiri) memberikan pengarahan. Sebagai penggantinya, menurut Yulina, BKN menerbitkan Kartu Pegawai Negeri Sipil elektronik (KPE). Lebih jauh terkait penerapan KPE secara optimal, Yulina Setiawati mengharapkan supaya program kerja BKD harus disinkronkan dengan BKN Pusat dan Kantor Regional BKN.

…dst

15 ) Lelang Jabatan di DKI, Azyumardi Azra: Birokrasi Bisa Kacau
http://news.liputan6.com/read/571007/lelang-jabatan-di-dki-azyumardi-azra-birokrasi-bisa-kacau

Posted: 25/04/2013 16:58
Liputan6.com, Jakarta : Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra menilai konsep lelang terbuka untuk posisi lurah dan camat ala Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama adalah langkah baik. Meski begitu, di sisi lain keputusan tersebut akan merusak birokrasi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Sebetulnya itu idenya bagus ya, tapi itu akan terjadi kekacauan di dalam birokrasi dan dalam jenjang karir seseorang. Tapi menurut saya, lelang jabatan itu boleh dalam skala terbatas dan tidak terbuka seperti ini,” kata Azyumardi di Gedung Smesco UKM, Jakarta , Kamis (25/4/2013). Rektor Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjelaskan, seharunya lelang jabatan camat dan lurah dilakukan dengan cara terbatas di kalangan internal kelurahan dan kecamatan melalui pembentukan tim pencari bakat. Lantaran, lelang jabatan terbatas ini dapat mempercepat karir seseorang. “Itu lebih baik mempromosikan bawahannya dari pada lelang terbuka ini yang nantinya akan mengacaukan karir orang di dalam masa depan orang, dan nantinya akan kontraproduktif bagi Pemda DKI secara keseluruhan,” jelas Azyumardi.

…dst

16 ) Bungkuk Bisa Diobati
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1983056/bungkuk-bisa-diobati#.UXutpUovdn4

27 April 2013
INILAH.COM,Jakarta- Kifosis atau bungkuk kini tak lagi dianggap sesuatu yang harus diterima sebagaikonsekuensi dari bertambahnya usia. Sama seperti penyakit lainnya ini bisa dicegah dan diobati. “Dulu kalau ada pasien yang datang mengeluh, `aduh dok tulang saya ,sudah mulai bungkuk’, Dokter akan berkata, `ya sudah terima saja,memang kalau sudah tua ya tulang sudah mulai menurun kinerjanya’. Tapi sekarang tidak seperti itu,kifosis adalah bagian dari penyakit (osteoporosis), karena ini penyakit pasti bisa dicegah dan setiap penyakit tentu ada obatnya,’ ujar dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR, Departmen Rehabilitasi Medik RSCM-FKUI dalam talkshow ‘Kenali Kifosis, Jauhi Penyebabnya;Osteoporosis, Demi Esok Yang Lebih Baik’ di Jakarta. Kifosis merupakan kelainan yang terjadi pada tulang belakang manusia yang ditandai dengan melengkung ke belakang lebih dari 50 derajat. Salah satu penyebab kifosis yaitu osteoporosis, atau berkurangnya masa kepadatan tulang seiring pertambahan usia. Honi menjelaskan, begitu namanya akrab disapa, kifosis akan menjadi permanen jika tidak dilakukan tindakan seperti pencegahan dan pengobatan. Pengobatan yang bisa dilakukan sebelum kifosis ditemukan parah yaitu dengan terapi latihan fisik yang bisa membantu mengembalikan tulang kembali tegak.

…dst